TMCBLOG.com – Ternyata Kawasaki Ninja ZX-4RR tidak sendirian di segmen market motor Supersport empat silinder 400-an cc. Brand asal negara Cina yang sekarang lagi jor-joran di WSBK yakni Kove juga memiliki produk yang secara umum memang lebih head to head dengan ZX4RR yakni Kove 450 RR.

Kove 400 RR . . . Curi Start dari ZX-4R

Sebelum ini kita ketahui bahwa Kove memiliki Kove 400RR dan dirilis sebelum Kawasaki merilis ZX-4R. Setelah ketahuan bahwa Ninja ZX4RR resmi dirilis dan memiliki power mesin yang lebih tinggi dari Kove 400RR, brand ini tidak tinggal diam, gercep langsung bikin varian baru yang secara kubikasi mesin memang di atas Kove 400RR yakni Kove 450RR.

Performa mesin Kove terbaru ini juga telah ditingkatkan, sehingga namanya berubah sejak tahun lalu. Awalnya ditampilkan dengan mesin 399cc inline-four, versi produksi yang terlihat di sini memiliki mesin versi 443cc, menghasilkan tenaga 70 hp yang diklaim pada 13.000 rpm dan torsi 29 lb.-ft. torsi pada 10.500 rpm menuju redline 16.000 rpm yang menjerit.

Asupan udara (ram air) sentral (posisinya di tengah) pada hidung — sangat menonjol pada Kove 400RR, tetapi hampir tersembunyi pada versi produksi Kove 450RR. Info dari Kove dorongan ram-air pada kecepatan 150 km/jam diklaim dapat menambah power sebanyak 3 hp lagi.

Di luar mesin, ternyata Kove 450RR juga memiliki desain fisik yang berbeda dibandingkan Kove 400RR. Sementara 400RR memiliki gaya yang khas, brutal, dengan bagian depan yang tajam dan lampu depan terkesan tegas, pada produksi massal 450RR telah mengadopsi penampilan yang jauh lebih konvensional dengan pengaruh desain Ducati yang sangat kuat. 

Secara umum desain bodywork Kove 450RR ini lebih cantik secara konvensional daripada desain aslinya Kove 400RR, tetapi juga kurang khas dan lebih cenderung berpotensi melanggar tuduhan “meniru” yang sering dilontarkan pada sepeda motor buatan China. – @tmcblog

30 COMMENTS

  1. bener kata wak haji, desainnya lebih acceptable tapi tidak ada ciri khas dan lebih menyerupai motor lain

  2. Ini sih bukan lawan head to head ZX4RR, tapi head to toe V4R versi panda ato boleh lah dibilang spaghetti bikinan koki yg biasa bikin dandanmian wkwkwk

    Tapi jujur aje, desainnya tjakep. Tumben kali ini org China punya selera Italia.

  3. Keren sih, tapi memang veri 400rr nya sangat berkarakter secara desain.

    Kayanya senjata andalannya tetep di harga sih ya. Karna mau maksa teknologi permesinan, Jepang punya tetep bisa jauh lebih efisien. Ga kaya Ngeropah yang jago nya kelihatan banget klau bikin motor yg gede dan mahal doang

    • Tergantung spesifikasi pesanan user.
      Hampir semua alat elektronik kita semua dibikin di sana.
      Iya apa iya?
      Urusan desain dan penemuan teknologi mungkin masih dibelakang. Tapi urusan mass produk, berkuasa. Bukan membela dan fanatik, tapi kenyataan.

    • produk cina harganya murah, volume penjualan jauh lebih banyak, akhirnya produk negara lain yang lebih bagus jadi kalah saing. nah negara yang ngerasa lebih hebat dari cina akhirnya ga dapet apa2 selain barang dagangan numpuk di gudang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here