TMCBLOG.com – Tidak seperti Ride Height Devices yang akan dilarang total, berbicara soal aerodinamika pada motor MotoGP, sepertinya regulasi teknis masa depan dari kejuaraan balap motor prototipe pasca tahun 2026 masih akan tetap mencangkup detail hardware ini. Aerodinamika winglet pun masih akan tetap diurukan ke produk produk massal sepeda motor masa depan dengan alasan bahwa efek fisika (downforce) yang dihasilkan tidak akan pernah bisa digantikan secara persis oleh setup elektronik apapun yang ditemukan manusia saat ini. . . Dan ini juga yang dilihat di Aprilia bahwa via satu foto tampak bahwa RSV4 dan Tuono V4 generasi mendatang juga sepertinya akan memakai winglet yang desainnya lebih dekat dengan Aprilia RSGP MotoGP.

Yes dari foto yang dijepret pada bulan Mei 2023 ini terlihat jelas hadir dua model teratas Aprilia saat ini, superbike RSV4 dan hyper naked-bike Tuono V4. Tampaknya kedua unit produk atau mungkin calon produk ini difoto sebagai prototipe di bengkel atau juga pada paddock box trek balap sebagai proving ground mereka.

Dan fitur teraru yang lebih mencolok dapat dilihat pada kedua Aprilia hitam yang tidak mencolok: winglet spoiler depan yang besar untuk meningkatkan aerodinamika serta downforce yang lebih besar dan tekanan kontak yang lebih kuat pada roda depan pada kecepatan tinggi.

Desainnya asli deehh . . . Aprilia RS-GP banget!! Tidak jelas dari foto apakah secara dimensi benar-benar mirip walaupun jelas disesuaikan dengan fairing dari kedua produk ini. .

Dan juga mengenai material dari winglet tersebut masih belum diketahui apakah juga terbuat dari karbon ringan atau terbuat dari plastik PE. Tapi, bagaimanapun, itu jelas adalah RSV4 dan Tuono V4 dimana dapat diidentifikasi sebagai model seri legal jalan raya dengan hadirnya beberapa detail lain mulai dari lampu depan hingga perlengkapan stang hingga silencer knalpot.

Jika memang project update aerodinamika ini benar-benar akan hadir di RSV4 dan Tuono V4 generasi mendatang, maka TMCBlog yakin bahwa model winglet ini akan hadir juga di iterasi varian lainnya seperti misalnya RS660 dan Tuono 660 yang jauh lebih masif target pasarnya bahkan sampai ke Indonesia.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

24 COMMENTS

    • Karna fokus energi ama duitnya geser ke motogp, ngapain mikirin meras motor sekuat pusing kepala, naikin ke cc offside 100, beres wkwkw

  1. Kok menurut ane itu bukan RSV4, tapi itu Aprilia RS660, ya, hehehe, soalnya headlampnya setahu saya memang mirip2 dengan Tuono. Dan juga dari foto kelihatan lebih ramping dan kek beda aja dengan RSV4.

  2. bagus aja, no komen klu design ini di aplikasi jalan raya.

    justru jadi modal modifikator indo untuk dibuat vesi aerox beat dll

  3. Winglet membuat tampilan moge jadi jelek ,pendapat saya. Juga motor skeg ,begini bikin moge kliatan ramping semua kyk motor 250cc. Gak brasa naik moge. Pendapat pribadi seh. Semua ngejar aero aero aero buat motogp dan wsbk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here