TMCBLOG.com – Jika kemarin kita masih bertanya-tanya soal versi mesin berkubikasi berapakah untuk Kawasaki Eliminator yang akan dirilis dan dijual oleh PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI), maka per hari ini terjawab sudah, via informasi dari website resminya, KMI sudah fix akan menjual Kawasaki Eliminator dengan versi mesin baru yakni 450cc.

Kawasaki Eliminator dan Eliminator SE 2024 yang ditulis tanpa nomenklatur tambahan yang biasanya menjelaskan kubikasi mesinnya secara umum per hari ini masih belum dirilis harganya oleh KMI walaupun mereka sudah mulai membuka pendaftaran pre-order via pemesanan inden online.

Mesin yang dipakai bisa dibilang cukup baru dan belum pernah dipakai oleh varian sport Kawasaki manapun walaupun secara umum basis mesinnya masih berbasis mesin twin Ninja 400. Dimensi dari bore × stroke = 70.0 × 58.6mm. Yang pasti mesin twin paralel yang digunakan secara platform dan desain fisik mirip seperti mesin pada Ninja 400 dan Z400 tetapi memiliki stroke yang lebih panjang 6,8mm daripada model sport.

Peningkatan angka dimensi panjang stroke ini meningkatkan kubikasi silindernya menjadi 451cc. Kawasaki mengklaim mesin stroke-up ini menghasilkan torsi maksimum sebesar 31,7 lb.-ft. pada 7.500 rpm tanpa menjelaskan secara resmi angka berapa powernya untuk sementara ini.

Rangka tipe teralis yang ringan dirancang agar secara umum Eliminator ini memiliki platform model sport cruiser sekaligus boober yang panjang dan rendah untuk handling yang ringan. Swingarm dari material aluminium dan baut pelat pemasangan ke bagian belakang mesin (mirip dengan Ninja series) hadir di Eliminator terbaru.

Garpu suspensi depan model teleskopik dengan diameter as 41mm menawarkan travel roda sejauh 4,7 inci dan shock suspensi ganda di belakang memberikan travel sejauh 3,5 inci di belakang. Rem depan memiliki cakram depan semi-floating 310mm dan kaliper piston ganda, sedangkan rem belakang dilengkapi dengan cakram 220mm dan kaliper piston ganda.

Secara umum dari gaya berkendara yang ditampilkan Kawasaki Eliminator 450 ini sangat berbeda bila dibandingkan dengan Kawasaki Vulcan series yang menggunakan mesin twin 650cc ( sekarang dibanderol 215 juta Rupiah). Oleh karena itu Kawasaki sepertinya akan tetap percaya diri bahwa di market baik Eliminator maupun Vulcan walaupun sama-sama bermodel sport cruiser, namun tetap ada irisan market yang membuat keduanya terdiferensiasi secara alami.

Yang menarik adalah TMCBlog memilih kata Cruiser Bobber pada model cruiser ini dimana mungkin kita bisa melihat ada beberapa kesamaan dengan Honda Rebel 500 (saat ini dibanderol Rp. 201.688.000) terutama mungkin dari sisi ergonomi berkendaranya.

Melihat kubikasi murni mesin Rebel ada di angka 471,03 cc itu artinya perbedaan kubikasi antara Rebel dengan Eliminator sekarang cuma selisih 20 cc doang sementara Rebel menghasilkan torsi maksimum 33,9 lb.-ft atau 2,2 lb.ft lebih tinggi dari Eliminator. Tinggal tunggu harganya aja nih, sepertinya akan di bawah harga Vulcan S, namun apakah Eliminator 450 sanggup dijual di bawah harga 200 juta Rupiah?

Taufik Of BuitenZorg | @tmcblog

11 COMMENTS

  1. 250 cc inline dong…biar bisa dibeli bkn hny org kaya saza…hrgnya 70 jt….pk bodi eliminator 175 jg gpp

  2. Klau royal enfield super meteor 350 sama 650 kemaren berapa ya ? Klau harga mungkin bersaing nya harus dgn royal enfield

  3. kenapa yg model standar / street fighter kelas 650 2 cyl gak dijual lagi ya di indonesia oleh semua brand jepang? adanya yg cruiser.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here