TMCBLOG.com – Baru baru ini saja, Kawasaki mengumumkan model 2024 dari model homologasi Balap WSBK “Ninja ZX-10RR” di Amerika Utara. Secara detail, jeroan Mesin ZX-10RR ini menggunakan corong pemasukan bergerak yang disebut dengan sistem VAI (Variable Air Intake system). Sistem VAI yang dipasang di airbox dapat memperpanjang atau memperpendek saluran masuk dengan menaikkan dan menurunkan corong VAI menggunakan servo elektrik.

Menaikkan corong VAI akan mempersingkatn jalur udara yang akan melewati saluran masuk dan akan berguna ketika mesin berkinerja di rpm tinggi yang optimal. Dan saat corong VAI diturunkan, saluran masuk melewati saluran sepanjang 35 mm. Efekya mesin akan meningkatkan kinerja pada kecepatan (rpm) sedang-rendah. Ini memungkinkan output maksimum di semua rentang putaran.

Perlu diketahui bahwa Walaupun secara Hardware Corong dan Servo electricnya sudah ada dalam keadaan ZX-10RR Sandar, namun sistem VAI tidak aktif jika Konsumen membeli ZX-10RR dalam keadaan standar untuk berkendara di jalan umum. Untuk mengaktifkan sistem VAI, diperlukan suku cadang kit balap tertentu seperti ECU kit balap dan sub-kontroler.

Taufik Of BuitenZorg | @tmcblog

 

11 COMMENTS

  1. Karena mereka udh merasa hopeless gajadi bikin superbike bergaya ZX-RR sesuai sesumbar mereka 4 taon lalu, akhirnya ngais2 risetan lama buat ngakalin performa mesin uzur mereka. Asli ini Kawak cemen bgt skrg gamau spent money dan takut rugi mulu, awal fokus WSBK gembar-gembor mo fokus di produk massal ampe ampir tiap taon update minor, giliran dikalahin Ducati bukannya ngebales bikin motor yg sepadan malah anyep aje biarpun kepala teknisnya udh panas pgn bikin motor baru sambil sesumbar#. Kalo kaga krn Rea dikontrak dgn harga fantastis utk ukuran WSBK, kayanya udh dari 2020 mereka di papan bawah nemenin CBR ame M1000RR akibat ditinggal Rea.

    • makjleb bgt komennya si akang,, tapi gw setuju sih, cara yg paling keren buat ngelawan Ducati ya bikin motor tandingan yg sepadan dgn V4R,
      cara yg paling murah tentu lobi Dorna utk merubah bbrp regulasi atau memberikan kembali rpm mereka yg disunat,

      • Sangat bisa ditandingi kalau niat mah. Motor ngeropah homologasinya harga mentok tapi jualan dikit. Counter aja pake harga masi di bawah ngeropah tapi jualannya lebih banyak. Ducati aja ketutup mosok Kawak yg jualannya lebih banyak kaga sanggup

  2. Saya mikirnya itu add-on yg sepertinya menggunakan elektrik yg bisa jadi akan terancam dilarang melalui “revisi” regulasi…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here