TMCBLOG.com – Kami melihat kehadiran Honda Stylo 160 ini sangat berbeda bila dibandingkan kehadiran PCX 160, ADV 160 dan bahkan Vario 160 . . Menurut TMCBlog daya gedor untuk meraih hati konsumen dengan memanfaatkan sisi emosional-nya bisa sangat besar bila AHM berhasil menggunakan strategi yang tepat. Salah satu yang terlintas dalam pemilkiran kami hari ini adalah bagaimana jika AHM bisa meng-emulasi dengan lebih masif hal hal yang selama ini telah dilakukan Honda di Thailand dengan Cub House -nya atau Vespa dengan varian varian edisi khusus/Special Edition/Limited Edition mereka.

Penyematan embel embel Special atau Limited Edition merupakan pembeda bagi suatu produk yang diproduksi dalam jumlah terbatas dengan tujuan memberikan kesan eksklusifitas, keunikan, dan nilai tambah kepada pelanggan dan jika Stylo 160 memiliki hal ini maka paling tidak tiga value di atas berpotensi bisa diraih.

Honda Rilis Monkey 125 Edisi Special Monkey-King

Produk edisi khusus ini biasanya memiliki desain khusus, fitur unik, atau bahan yang langka. Secara teori, keunikan ini akan menciptakan persepsi bahwa produk tersebut istimewa dan sulit didapatkan. Dengan kata lain, limited edition menjadi simbol status dan gaya hidup bagi sebagian konsumen tentunya.

Namun harus diingat, bahwa produk limited edition adalah sebuah strategi penjualan produk dengan jumlah terbatas, bukan merupakan sebuah strategi yang membuat pabrikan hanya menyediakan produk terbatas, so jangan sampai strategi Stylo 160 edisi terbatas ini mempengaruhi jalur produksi Stylo 160 regulernya. Dengan merilis produk limited edition, AHM dapat menciptakan keinginan dan antusiasme pelanggan.

Penawaran Stylo 160 yang terbatas dan langka memberikan dorongan bagi konsumen untuk segera membeli produk ‘sebelum kehabisan’. Strategi ini berpotesi mujarab untuk menciptakan sense of urgency yang efektif untuk mengetuk sisi emosional konsumen.

Stylo 160 limited edition jika memang didesain dengan strategi dan perencanaan yang matang dan diakhiri dengan finalisasi produk yang memang bagus cenderung terjual lebih cepat karena keterbatasan pasokan dan penawaran yang menarik. Produk limited edition yang terjual habis juga dapat menciptakan efek keinginan dan kebanggaan di antara konsumen Honda yang berhasil mendapatkannya.

Bisa dibayangkan misalnya Honda Stylo versi Hot Wheels misalnya hadir hanya 50 unit untuk seluruh indonesia, atau Honda Stylo Marvel, Tahi Lalat . . ahhhh you name it. Produk limited edition sering kali memiliki harga yang lebih tinggi daripada produk reguler.
Harga yang lebih tinggi ini memberikan persepsi kepada pelanggan bahwa produk tersebut memiliki nilai tambah yang lebih tinggi.

Dan jangan lupa dengan edisi spesial Honda Stylo maka strategi marketing ini dapat juga digunakan sebagai alat yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan konsumen. Membuat bagaimana konsumen menjadi lebih ‘Satu Hati’ dengan Honda dan dengan produk-produknya. Semisal saja ada semacam acara adu kreatifitas grafis konsumen untuk menentukan grafis edisi spesial di satu saat tertentu, semisal, Sumpah Pemuda, atau Kemerdekaan RI 17 Agustus, misalnya.

Dengan kesempatan ini AHM dapat melibatkan pelanggan dalam proses perancangan dan pengembangan produk limited edition dari Stylo ini. AHM bisa melakukan dengan mengadakan survei, kompetisi desain, atau meminta masukan konsumen untuk memilih elemen produk seperti warna atau fitur yang diinginkan. Dengan melibatkan konsumen, pabrikan dapat menciptakan hubungan yang lebih kuat dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Lagi lagi, konsumen merasa lebih ‘Satu Hati’ dengan pabrikan.

Satu lagi AHM sejalan dengan memanfatkan momentum produk baru, AHM bisa menjadikan strategi ini sebagai Pilot Project dari hal hal yang mungkin selama ini belum pernah dilakukan dan untuk direplikasi ke produk lain baik calon produk baru lagi maupun produk yang sudah eksis duluan seperti misalnya Genio atau Scoopy.

Dengan ke-berkalaan kehadiran produk unit spesial dan terbatas ini – semisal tiga bulan sekali, atau empat bulan sekali – AHM memiliki potensi untuk bisa terus menjaga awareness dari publik (konsumen) dengan baik baik untuk brand secara umum dan model produk secara khusus.

Merilis produk limited edition yang unik dan eksklusif dapat meningkatkan citra Honda sebagai brand. Kehadiran edisi spesial Stylo 160 dapat mencerminkan inovasi, kreativitas, dan keunggulan Honda dalam memenuhi kebutuhan pelanggan. Citra merek yang positif akan memberikan keuntungan jangka panjang bagi bisnis, termasuk peningkatan kepercayaan konsumen dan daya tarik yang lebih besar ke Honda secara umum.

Jangan sampai momentum lepas karena dengar dengar Yamaha sedang menyiapkan produk retro classic modern dengan mesin 155 cc VVA yang sebaru mesin Lexi LX 155 dengan menggandeng nama Fino 155 bisa bisa siap menyerang jika Honda lengah sedikit saja.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

32 COMMENTS

  1. Ini kan merk jepang, collab sama bandai. Beeuuh, wibu militan siap menyerbu. Honda jual grafis produk bandai, bandai jual diecast atau plastik model untuk stylo. Atau collab sama tamiya. Wuih… Ngerakit plastik model esaf seru kali. Wkwkwk

  2. Sbnernya agak curiga dari awal, harga segitu ahm ngasi bodi alusnya sangat banyak, sekilas cat nya bagus dari biasanya, ga ngahaem banget.

    Kalau jadi beneran mah, yakin ini tuh bukan sekedar ide doang. Emang bocor alus ala warung ini akwkakwk

  3. Sebenarnya ahm Kampanyekan aja dulu pembaruan rangka esaf nya,, baru bikin plan berkesinambungan, Jangan sampai limited edition hanya sebatas tampilan luar tapi tiba² rangka patah

    • kampanye update esaf itu dari kacamata marketing sama aja mengakui rangka esaf lama mereka bermasalah.
      makanya mereka terlihat lebih aktif ngomongi garansi rangka, itupun yg di garansi pembelian baru/ rangka yg baru (dikasih bintang kecilllll banget)

    • Betul! Pada nonton dulu reviewnya Ridwan Hanif. Reviewnya jujur, soalnya unit di beli pake uang sendiri, bukan pinjeman ahm.

  4. Penasaran sama fino 155, mau dipasang harga berapa ? Dan positioningnya bagaimana ?
    Yamaha terlalu pede sama filano dan harga filano lux hampir 30jt an untuk otr jakarta. Ada gap yang lumayan antara fazzio dan filano, harusnya filano dan fazzio dimepetin. Kaya genio dan scoopy, jadi fino 155 bisa diposisikan 30jt an dibenturin sama stylo 160.

  5. Percuma klo digoreng sama sales juga akhirnya, mau beli cash dipersulit, mau credit baru deh hari ini juga dikirim wkwkwkkwk….

    • Wkwk perasaan gak ada yang digoreng goreng deh sama sales. Jimi kali ahh yg digoreng wkwk
      Pernah nanya di clara motor kebon jeruk beli cash kalo pun inden paling lama 2 minggu dan harga sesuai otr gak ada upping price. Digrup stylo juga gak ada isu gorengan, cuma yg warna ijo abs unitnya inden mau cash ataupun kredit tp otr normal.

  6. Ijin pendapat pribadi pak haji.. kalau saya pikir, untuk produk special/limited edition rasanya tidak mungkin dilakukan dalam waktu 3-4 bulan sekali.tentu dalam hal ini cost production-nya akan sangat berbenturan dengan harga jual produk..terlebih (biasanya) konsumen yang telah mendapatkan produk special/limited tersebut akan “lebih” sulit mendapatkan (ketersediaan) suku cadang produk ketika terjadi kerusakan, semisal body motor atau stiker akibat laka dsb.

    Untuk menjaga nilai “pretige” dari produk, paling tidak cukup setahun sekali jika ingin mengambil kebijakan produksi terbatas tersebut. Agar momen dan temanya “berkesan” bagi tiap konsumen. Mungkin demikian. 🙂🙏🙏🙏

    • bernar, berkala bisa 3 bulan, 4 bulan atau 6 bulan sekali atau melihat sikon kesempatan . . yang penting ada semacam ke konsistenan strategi

  7. Pertebal dulu bahan rangka dan perbaiki kualitas cat nya.. Sama lurusin spakbor belakang dengan ban nya. Coba cek pujian.. kritik dan masukan dari Channel Ridwan Hanif. Pabrikan yang satu ini kok kurang sensitif ya sama keinginan konsumen..

  8. berlaku jg buat semua pabrikan sih wak, jangan hanya jualan tapi beri customer sesuatu yg beda dari yg lain pasti bakal lebih berkesan.. apalagi persaingan di media sosial jg sangat tinggi.. udah saatnya market kita bukan hanya jadi lahan jualan.

  9. Nunggu spesial edition rangka tubular aza.. selagi esaf no aza deh. Kapok 2 biji drmh ga ada recall dari ahm. Masa recall nggu kejadian banyak yg patah dulu. 🙏

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here