TMCBLOG.com – Pada awalnya, Race Direction bertugas menjatuhkan penalti kepada para rider dan tim yang melanggar regulasi Grand Prix. Namun, FIM selaku federasi olahraga balap motor, mencabut tugas ini dari mereka pada 2016, dan menyerahkannya kepada badan baru, yakni FIM Stewards Panel. Tugas Race Direction adalah memastikan pekan balap berjalan aman dan efisien, serta berjalan tepat waktu sesuai dengan regulasi. Mereka juga erat bekerja sama dengan para marshal atau petugas trek yang bertugas mengawasi kondisi lintasan. Jika terdapat bahaya, petugas trek harus melapor kepada Race Direction.

Biro Permanen (Permanent Bureau), yang terdiri dari FIM dan Dorna, menegaskan struktur Race Direction di Kejuaraan Dunia FIM MotoGP sebelum race weekend perdana di Lusail dihelat. Mike Webb akan tetap sebagai Race Director. Ini sekarang akan mencakup balapan Sprint di hari Sabtu. Graham Webber tetap sebagai Race Director Moto2 dan Moto3. George Massaro akan menjalani tahun kedua sebagai Race Director Rookies Cup dan Talent Cup.

Oleh karena itu, tim Race Director untuk Kejuaraan Dunia FIM MotoGP yang beranggotakan tiga orang akan terdiri dari:
• MotoGP™ Race Director – Mike Webb
• Moto2™, Moto3™ & MotoE™ Race Director – Graham Webber
• Red Bull MotoGP Rookies Cup & Talent Cup Race Director – George Massaro

Tim yang berpengalaman dan kompak ini akan diharapkan dapat memastikan kesinambungan sepanjang kompetisi di paddock Grand Prix, dengan masing-masing membawa pengetahuan khusus mereka ke kelas masing-masing dan memastikan kesuksesan olahraga satu tahun lagi untuk MotoGP. Sementara itu Berikut daftar lengkap ofisial dan badan tetap FIM Grand Prix World Championship 2024:

Race Direction:
Race Director and Chairman: Mike WEBB
FIM Representative: Bartolome ALFONSO
Dorna Representative: Loris CAPIROSSI

Event Management Committee:
Race Director and Chairman: Mike WEBB
Deputy Race Director: Graham WEBBER
FIM Safety Officer: Bartolome ALFONSO
FIM Medical Director: Giancarlo di FILIPPO
GP Technical Director: Danny ALDRIDGE
FIM GP Technical Representative: Dominique HEBRARD

FIM Stewards Panel yang dibentuk mulai 2016, juga terdiri dari tiga orang, yakni Steward Chairman yang dinominasikan IRTA (Freddie Spencer), serta dua stewards yang dinominasikan FIM (Andres Somolinos dan Tamara Matko). Berbeda dengan Race Direction yang tugasnya lebih banyak, FIM Stewards Panel hanya punya satu tugas, yakni menjatuhkan penalti kepada para pembalap atau tim yang melanggar regulasi Grand Prix.

Orang-orang yang dipilih menjadi FIM Stewards harus menganalisis setiap peristiwa yang terjadi dalam balapan, begitu juga perilaku para pembalap di trek. Jika ketahuan melanggar, para pembalap dan tim akan mereka jatuhi penalti.

FIM MotoGP Stewards Panel 2024:
FIM MotoGP Steward Chairman (dinominasikan oleh IRTA): Freddie SPENCER
FIM MotoGP Stewards (dinominasikan oleh FIM): Andrès SOMOLINOS dan Tamara MATKO

FIM Appeal Stewards Panel: Panel ini terdiri dari Anggota Komisi Balap Sirkuit FIM (CCR) yang disebutkan di bawah ini secara bergilir dan anggota yang mewakili Federasi Nasional yang Berafiliasi dengan FIM.

• Ralph BOHNHORST
• Raffaele De FABRITIIS
• Stuart HIGGS
• Franco UNCINI
Sebagai cadangan atau untuk penggantian di menit-menit terakhir:
Paul DUPARC
Paul KING

Grand Prix Commission:
DORNA representative and Chairman: Carmelo EZPELETA
FIM representative: Paul DUPARC
IRTA representative: Hervé PONCHARAL
MSMA representative: Biense BIERMA

Permanent Bureau:
DORNA CEO: Carmelo EZPELETA
FIM President: Jorge VIEGAS

10 COMMENTS

  1. Kubu kubuan gini apa gak bahaya ta? Takutnya kubu koalisi yg ga terpilih akan mengganggu/mengguncang kekuasaan yg terpilih atau sebaliknya

    Kayak kubu redbull Milton Keynes&thailand vs kubu redbull austria

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here