TMCBLOG.com – Hari Kamis 25 Mei 2024, Aleix Espargaro ( Aprilia Racing MotoGP Team ) mengadakan Konferensi Press Khusus di Press Room Sirkuit Catalunya – Spanyol. Dalam penjelasannya Aleix Espargaro Menyatakan bahwa ia akan PENSIUN dari Posisi pembalap reguler full time Kelas MotoGP di akhir Tahun 2024.

Aleix Espargaró memilih balapan kandangnya, di Barcelona, ​​​​untuk mengumumkan pengunduran dirinya dari MotoGP pada akhir musim. Dia memilih trek ini karena dia besar di Granollers, beberapa kilometer dari paddock, dan karena di sini tahun lalu dia menulis salah satu halaman terbaik dalam sejarah Aprilia Racing dengan mencetak dua podium terdepan bersama Maverick.

” Saya senang bisa mengumumkan pensiun saya sebagai pengemudi penuh waktu. ini adalah 20 tahun yang indah di paddock ini dan saya sangat senang dan bangga dengan apa yang telah kami lakukan bersama Aprilia. Kami membuat sejarah dan ini tidak akan pernah terlupakan. Saya bersenang-senang dan kami menciptakan kelompok manusia yang luar biasa. Kami memiliki akhir pekan yang sangat menyenangkan di depan kami, di trek yang saya sukai dan yang saya kendarai dengan cepat, dan masih banyak balapan hingga Valencia yang kompetitif. “

Aleix Espargaro Villa adalah pembalap MotoGP Spanyol Kelahiran Granollers, 30 Juli 1989 atau di akhir Juli 2024 ini akan berusia 35 Tahun. Ia adalah Juara FIM CEV 125cc ( sekarang Bernama FIM JuniorGP ) Spanyol 2004. Ia Mulai Menjadi Pembalap Grand Prix tahun 2005 bersama Honda Seedorf Racing GP125.

Selama Berkarir di GP125 dan GP250 ia tidak pernah merasakan Podium sama sekali. Dari GP250 ia Naik ke MotoGP bersama Pramac Racing 2009/2010 walau di 2011 ia kembali turun ke Kelas Moto2. Podium Grand Prix Pertama Aleix Diperoleh ketika membalap bersama Pons Kalex Moto2 di GP Catalunya tahun 2011.

2012 Ia kembali Naik ke Kelas MotoGP dan meraih Podium pertamanya di Kelas Primer pada tahun 2014 bersama Forward Racing ketika ia Bisa finish posisi Podium dua di MotoGP Aragon yang dimenangkan Jorge Lorenzo dan Aleix mengakhiri Musim tersebut di Posisi 7.

Kemenangan Grand Prix Pertama Aleix Espargaro Baru tiba di tahun 2022 atau Musim Granprixnya yang ke 23 bersama Aprilia Racing ketika ia memenangkan gelaran Balap Kelas MotoGP Argentina di Termas De Rio Hondo. Sementara Sampai gelaran MotoGP Catalunya 2024 ini Aleix Espargaro telah Memenangkan tiga Balapan Grand Prix dimana dua lainnya ia tambahkan di Musim 2023 yang lalu.

Karir Aleix sangat terkait dengan Aprilia Racing, ia telah membalap bersama tim Italia selama delapan musim, menandai momen terbaik dalam sejarah baru-baru ini, dengan tiga kemenangan grand prix (Argentina 2022, Silverstone dan Barcelona 2023), sebuah kemenangan di Aprilia Racing. sprint (Barcelona 2023), selain 3 pole dan 10 podium. Namun cerita tidak berhenti sampai disini, masih ada musim yang panjang di depan, dimulai dari Barcelona dimana Aleix dan Aprilia Racing selalu menjadi protagonis.

Dalam Tanggapanannya direktur Aprilia Racing massino Rivola mengatakan ” Terima kasih Aleix, karena bersama Anda kami telah membangun kisah yang luar biasa. Terima kasih karena tidak menyerah di masa-masa sulit dan telah menjadi teladan yang baik bagi kita semua. Anda mendapatkan ban kapten di lapangan melalui prestasi. Anda memberi kami podium pertama, pole position pertama, kemenangan pertama di sini di Barcelona dan double pertama bersama Maverick.

Semangat Anda, dengan naik turunnya, dengan karakter Anda, mencerminkan energi tim ini dan seluruh Noale. Saya tidak tahu apa yang akan Anda lakukan di masa depan, tetapi Anda akan selalu menjadi pebalap Aprilia. Mulai hari ini lembaran baru terbuka untuk pasar pebalap dan Aprilia Racing tentunya tidak akan tinggal diam. Dengan gaya kami, kami akan menjamin masa depan yang cerah untuk tim ini, yang telah Anda bantu untuk menjadikan tim top sejati.”

In The end, satu seat Factory yang punya banyak sekali Potensi kosong untuk tahun depan. Patut ditunggu apakah seat khusus ini akan segera ditutup sebelum Pengumuman Ducati atau tetap butuh menunggu Keputusan Gigi Dall’Igna mengenai tandem Pecco Bagnaia nanti.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

23 COMMENTS

  1. Terimakasih telah menjadi pembalap Aprilia bertahun-tahun dan percaya terhadap progress aprilia, Selamat menjalani kehidupan yang baru Pol!

  2. Selanjutnya:
    -Miller, gak ngerti lagi nih orang maunya apa?
    -Morbidelli, semenjak cedera udah gak perform lagi.
    -Nakagami, emang gak cocok naik ke MotoGP.
    -Zarco, karirnya sudah tamat semenjak ke Honda.
    -Duo Track House, salah satu bakal didepak buat masukin Joe Roberts.

    • Dl ada yg hujat,waktu sy komen zarco ke Honda bakal flop😁,faktanya yg muda aj ngeflop apalgi yg sudah berumur,mereka berdalih ndaho progres nya bakalan hebat berkembang pesat😂😂

  3. Warga Andorra dan sekitarnya sejak 2025 nanti udah bisa bebas minta surat pengantar ke kelurahan dll kalau weekend, ga pergi pergi ke luar negeri buat balapan soalnya

  4. The real microphone warrior akhirnya retired juga. Old Lex udh nunjukin kalau berkarir dimotogp gaperlu bagus2 amat. Cukup modal ktp dan ordal bisa berkarir puluhan tahun. Keren kamu lex.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here