TMCBLOG.com – Pramac Racing akan mengakhiri hubungan hampir dua dekade dengan Ducati sebagai tim satelit untuk menerima tawaran yang diberikan Yamaha, sebuah rumor yang awalnya dihembuskan Sky Sports dan terus menguat di awal race weekend GP Assen 2024 dimana updatenya adalah : konfirmasi bahwa keputusan telah diambil dan pengumuman resmi akan dilakukan akhir pekan ini di Assen, tempat digelarnya Grand Prix Belanda, perhentian kedelapan dalam kalender MotoGP 2024. Dan ternyata hal ini melegakan buat Alex Rins.

Tidak mengatakannnya secara langsung, namun dengan bertambahnya tim Yamaha tahun depan, potensi seat yang akan tersedia untuk pembalap seperti Alex Rins tetap hadir. Pramac sendiri setelah melepas Jorge Martin ke Aprilia, diperkirakan juga akan melepas Franco Morbidelli yang logikanya akan pindah ke VR46 Ducati.

“Akan ada banyak perubahan tahun depan. Juga, mungkin, dalam beberapa jam atau beberapa hari, seseorang akan mengumumkan dua motor pabrikan lagi di grid. Ini adalah hal yang baik bagi kami. Kami bisa berkembang, kami bisa meningkatkan motor kami. Menarik…” Begitu Rins berkata kepada jurnalis di Assen yang terkesan menebar sinyal mengenai bergabungnya Pramac ke Yamaha.

Rins memiliki kontrak dengan Yamaha yang akan habis tahun ini namun peluang bertahan di Yamaha akan semakin besar jika Pramac bernar-benar resmi nanti bergabung di keluarga Yamaha “Saya memiliki kesempatan,” kata Rins. “Saya diberkati untuk ini. Saya sangat berterima kasih. Kami melakukan pekerjaan yang baik dengan mereka, seluruh grup, untuk meningkatkan motornya. Tetapi ini adalah pekerjaan untuk manajer saya, bukan untuk saya! Mari kita lihat bagaimana kelanjutannya.” @tmcblog

22 COMMENTS

  1. bisa kontek ducati mungkin? udah ada seat tuh kayanya, 2025-2026 pake yang udah jadi aja, 2027 baru gamble lagi.

  2. di 2023 memilih antara toprak dan rins
    akhir nya ditetapkan rins, ternyata tidak sesuai harapan alias amsyong
    disaat yg sama toprak gacor bin gemilang bersama bmw, ini sedikit banyak menyadarkan mereka “kyknya kita salah ambil keputusan”, makanya ada rumor yamaha kembali akan coba tarik toprak ke motogp

    • Fabio aja masih amsyong… walaupun ya lebih baik dari Rins overall…

      Intinya, belum membuktikan bahwa ambil Rins itu salah dibanding ambil Toprak.

      Gw bicara gt sebagai fans Fabio dan Toprak. Fair enough.

      • Yup sependapat…
        Tidak masuk akal mengembangkan motor dengan pembalap yg belum pernah membalap di motogp, jadi keputusan waktu itu sudah tepat.

    • realitanya rins dan yamaha tidak berhasil
      realitanya toprak dan bmw berhasil padahal prediksi awal karir toprak akan berakhir
      yg belum jadi realita kombinasi toprak dan yamaha
      apakah toprak dan yamaha akan lebih baik dari rins?
      sebagai fans dan pengamat abal2 seperti nya akan lebih baik dan sukses

      • Ga fair bro bandingin motogp lgsg dgn wsbk,

        Yamaha musim kemaren kan ketinggalan beberapa langkah dari ducati

        Musim ini sdh tepat sih duet fabio dan rins, makin berkembang ke arah yg baik

        Blm tentu klw dibawa toprak lgsg oke

      • Realitanya kita tidak benar2 tahu perkembangan yg ada di dalam tim, terlalu cepat menyimpulkan kombinasi rins dan yamaha tidak berhasil, sedangkan rins ikut memberikan kontribusinya baru setengah musim.
        Sebesar apa progres yg bisa diharapkan dalam setengah musim dan ini adalah pabrikan jepang yg secara teknis pengembangannya lebih lambat dari eropa?

    • Rins bisa loh bawa motor terbusuk se-grid saat ini untuk juara seri musim kemarin.

      Kalo Toprak? boro-boro. Catatan waktunya di tes privat Jerez 2023 aja masih lumayan dibawah sama beberapa test rider pabrikan.

      • di test private motogp, request toprak tidak di akomodir, bahkan pilihan ban pun terbatas (ada beritanya di gpone)

        lagi pula apa yg bisa di harapkan dari test yg hanya 2 jam dimana ga pernah naik motogp
        laptime nya langsung mengesankan?

        • Realitanya ketoprak skill nya diragukan di motor prototye berdasarkan data tes, time limitnya jauh dibawah rata rata pembalap motogp dan mereka lebih tahu dibanding kita, makanya tidak pernah ditawarin kontrak ke motogp, fix no debat.

    • Sbg fans Rins42 dan Toprak54 tidak bisa ngomong Rins gagal di yamaha dimana dia jg masih proses penyembuhan cedera, liat jg dong 2 seri terakhir udah terlihat progress Rins setidaknya di kualifikasi. Musim lalu jg satu2nya yg ngasih juara buat Honda, title contender selama di Suzuki, Rins sebagus itu lo bro.
      Kalo Toprak mmg sudah seharusnya ke MotoGP tp tetap perlu dilihat dulu dg pabrikan apa buat bisa perform

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here