Monday, 23 September 2024

RESMI : YAMAHA MT-09 Jadi Produk Pertama Teknologi Matik Y-AMT

TMCBLOG.com – Sesuai dengan informasi TMCBlog sebelumnya, akhirnya resmi sudah bahwa Yamaha MT-09 menjadi produk pertama yang dibekali teknologi matik Y-AMT. Yamaha MT-09 Y-AMT dikembangkan dengan platform MT-09 plus teknologi transmisi baru Yamaha. Menampilkan mesin tiga silinder 890cc CP3 yang diakui secara kritis seperti MT-09 yang baru diluncurkan, MT-09 Y-AMT adalah sepeda motor pertama yang menggunakan Transmisi Manual-Otomatis Yamaha.

Mempertahankan semua kualitas yang menjadikan MT-09 sebagai pemimpin di kelasnya, MT-09 Y-AMT menggabungkan penanganan tangkas mesin standar dan kinerja penuh semangat dengan sistem transmisi transformasional yang memungkinkan pengendara untuk memilih antara transmisi manual yang dioperasikan dengan jari, menawarkan pengalaman berkendara yang lebih menarik, dan kenyamanan murni dari pergantian gigi yang sepenuhnya otomatis.

Pengoperasian kopling dan perpindahan gigi masing-masing digerakkan oleh motor listrik, sehingga menghilangkan kebutuhan akan tuas kopling tradisional dan pemindah gigi yang dioperasikan dengan kaki, sehingga pengendara dapat lebih fokus pada arus berkendara.

Transmisi manual (MT) MT-09 Y-AMT menawarkan cara yang benar-benar baru untuk merasakan sensasi motor CP3 Yamaha yang terkenal. Dengan koneksi yang lebih dekat dan halus ke otak dibandingkan dengan kaki, tangan adalah salah satu alat paling taktil dan kuat yang dimiliki tubuh manusia.

Perpindahan gigi dengan tangan saja, dibandingkan dengan kombinasi kaki-dan-tangan, tidak hanya lebih cepat, namun juga membutuhkan lebih sedikit waktu berpikir, memungkinkan pengendara untuk sangat fokus pada penggunaan throttle dan rem, sudut kemiringan, posisi tubuh dan tingkat cengkeraman ban untuk melakukan perpindahan gigi. mengintensifkan perjalanan, terutama saat menikung.

MT telah dikembangkan dengan mempertimbangkan gaya berkendara yang sporty, memungkinkan perubahan yang lebih cepat dan konsisten seiring dengan upaya pengendara untuk memaksimalkan setiap tingkat performa.

Pergantian gigi diaktifkan melalui saklar jungkat-jungkit yang ditempatkan dengan nyaman di ujung jari kiri pengendara. Pengendara dapat menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk menaikkan gigi dengan tuas plus, dan menurunkan gigi dengan tuas minus, atau memilih pengoperasian satu jari untuk berkendara yang lebih sporty.

Hanya menggunakan jari telunjuk untuk berpindah gigi dengan menarik tuas plus untuk berpindah gigi ke atas, dan mendorongnya untuk berpindah ke bawah untuk pengalaman berkendara yang paling sporty.

Tanpa kopling yang dapat dioperasikan, pengendara dapat lebih mudah mengatur waktu perpindahan gigi sambil fokus pada jalur dan kontrol lainnya. Tanpa pedal shift yang dipasang secara tradisional, pengendara juga lebih mampu memposisikan tubuh bagian bawah mereka saat berbelok – memberikan rasa stabilitas yang sangat baik saat menikung dan menciptakan koneksi yang lebih meyakinkan dengan sepeda motor.

Saat berhenti dan kecepatan rendah, sistem Y-AMT mengontrol pengoperasian kopling dan girboks sehingga motor lebih mudah dikendalikan saat bergerak, bermanuver, dan dalam lalu lintas padat. Sistem sepenuhnya mengambil alih fungsi perpindahan gigi saat berada di salah satu dari dua mode AT, namun dapat diganti menggunakan tuas.

Mode D+ mengeluarkan karakter terkenal motor CP3, mempertahankan putaran lebih tinggi lebih lama saat berpindah naik dan turun melalui transmisi enam kecepatan. Sebagai alternatif, mode D menghadirkan perpindahan gigi otomatis yang lebih lembut dan lebih percaya diri untuk membantu pengendaraan pada kecepatan rendah dan perkotaan, ideal untuk bepergian dan dalam perjalanan di mana pengendara ingin menikmati pengendaraan yang lebih santai.

Jika gearbox otomatis generasi sebelumnya hanya ditujukan untuk kenyamanan dan kemudahan, Y-AMT bangga dapat meningkatkan torsi dan kelincahan MT-09 – memberikan pengalaman yang lebih menarik bagi pengendara. Beralih antara mode MT dan AT sangatlah mudah dan dapat dilakukan saat bepergian dengan mengaktifkan tombol di switchgear sebelah kanan, memungkinkan pengendara untuk mengubah sifat MT-09 Y-AMT dalam sekejap. – @tmcblog

16 COMMENTS

  1. Wah klo dicangkokan di mesin sport 155 dan 250 YIMM bakal mantep bgt nih…..motor sport ga harus pegel juga kali ya

  2. Not bad sebenarnya, cocok buat orang tua atau perempuan yg mungkin ingin lebih merasakan kemudahan, tinggal nunggu review dr jurnalis2 otomotif

  3. kalo bisa kaya mobil enak sih, jadi setiap motor bisa milih mau praktis pake m/t atau kalau mau fun to drive bisa milih a/t

  4. Alasan pake matik itu praktis dan gk bikin pegel, kl alasan pake matik itu biar lebih fokus ke arus jalan, kyk ada aneh ma alasan ini. Apa selama ini orang yg pake manual fokusnya agak berkurang? Saya rasa mlh kebalikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP