Monday, 23 September 2024

Perbedaan Winglet Stego-fin Aprilia RS-GP Dibandingkan Ducati Desmosedici

TMCBLOG.com – Selama ini bicara soal winglet di bagian buritan motor, Aprilia selalu berbeda dengan Ducati. Ducati teguh dengan model winglet ala sirip di punggung stegosaurus, sementara Aprilia lebih ke ala ala shark-fin (sirip hiu) atau bahkan ke model wing biasa seperti model yang dipakai pada sayap pesawat udara. Namun berbicara tentang sayap dinosaurus ini, Aprilia meresmikan versi mereka akhir pekan lalu di Austria khususnya untuk pembalap Trackhouse Racing tetapi, desainnya memang tetap sedikit berbeda dengan yang di desain untuk buritan Desmosedici.

Winglet buritan Aprilia terdiri dari sepasang bilah sementara sayap stego Ducati umumnya dua pasang bilah wing di kanan dan kiri. Lalu dari posisi kemiringan, sayap buritan Aprilia duduk jauh lebih tegak, cukup banyak vertikal, bukan pada sudut 25° atau lebih bahwa sayap stego milik Ducati Desmosedici.

Perbedaan utama itu berarti bahwa sementara sayap stego Ducati akan duduk paralel ke permukaan aspal sirkuit ketika sepeda berada pada sudut lean/kemiringan penuh dan membentuk fungsi sayap seperti umumnya untuk menghasilkan downforce.

Sementara sayap/winglet buritan Aprilia tidak demikian. Detil perbedaan ini menunjukkan bahwa tujuan mereka bukan untuk menghasilkan downforce pada ban belakang saat pembalap menyapu bagian tengah tikungan. Salah satu spekulasi fungsinya mungkin  untuk stabilitas saat pengereman.

8 COMMENTS

  1. Tampilan blog ini jauh lebih baik dari versi yang terakhir wak… versi yang terakhir di HP kacau layout nya… ini mantap 👍👍

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP