Monday, 23 September 2024

[Tech Talk] Detail Ground Effect Jadi Salah Satu Faktor Penyebab Ducati GP24 Lebih Baik dari GP23

TMCBLOG.com – Salah satu perbedaan nyata dan sangat signifikan antara GP23 dan GP24 adalah pada Desmosedici terbaru GP24 Ducati menggabungkan solusi aerodinamika downwash duct yang sudah mereka kenal sejak lama dengan solusi detil gembungan/cembungan konveks fairing ground effect. Sementara GP23 hanya mengandalkan solusi downwash duct saja. Namun Ducati nggak hanya asal kombinasi begitu saja, ada beberapa hal detail yang mereka hadirkan di sana.

Bisa dibilang Ducati melakukannya dengan cara yang sangat rapi, dengan saluran downwash duct yang tidak mengorbankan ukuran dan efeknya. Fairing samping ground effect yang menonjol masuk dengan rapi di belakang dari posisi downwash duct.

Dan bahkan Ducati memikirkan detail kehadiran lubang saluran masuk kecil untuk memungkinkan udara mengalir deras di atas saluran downwash dan di bawah sayap sidepod untuk menyaring fairing samping ground effect itu sendiri, daripada dikeluarkan ke luar dan mengganggu aliran udara di sekitar fairing samping.

Ketika ke-empat pembalap di Team Lenovo Ducati dan Pramac Racing ditanya tentang fairing samping yang baru tersebut, semua memberikan feedback yang sangat positif tentangnya. Ke-empat rider (Pecco, Bastianini, Martin dan Morbidelli) berkomentar bahwa saluran downwash membantu saat awal menikung – mungkin karena hambatan yang ditimbulkannya – dan tentu saja membantu di tengah tikungan juga.

Sementara hal positif terbesarnya dari desain fairing GP24 adalah dengan kehadiran detil menonjol menggembung konveks dari fairing samping benar-benar membantu menghasilkan cengkeraman yang lebih baik ketika motor berada di tengah tikungan yang lebih cepat. Downforce yang dirasakan sehingga membuat ban ngegrip saat menyapu tikungan menurut pembalap GP24 lebih baik daripada ketika fairing hanya memiliki saluran downwash saja.

Namun di sektor winglet utama mungkin, tahun 2024 ini adalah tahun pertama di mana kita hanya melihat sedikit perubahan. Sidepod tetap tidak berubah, tetapi set sayap atas menerima sedikit perubahan profil. Sudut-sudutnya dibuat lebih tajam dan lebih rapi dan angle of attack diperkecil. Feedback dari pembalap mengatakan bahwa GP24 sedikit lebih cepat di jalur lurus daripada GP23, mungkin disebabkan karena faktor drag/hambatan yang lebih sedikit yang dibuat karena angle of attack yang lebih rendah menjadi salah satu faktornya.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

11 COMMENTS

  1. Ducati ini memanfaatkan detail detail kecil, jika digabungkan detail detail itu menambah laju 0,5 – 1 detik/lap dari pabrikan lain, dikali 20 lap lebih jadi berapa kan gapnya.. mantap ini

  2. tulisan saat ketik komen dan hasil komen di versi desktop sangat kecil, tolong diperkecil lagi biar sekalian ga keliatan 🤣

  3. Ducati terdepan dalam hal tersebut wak haji. Mereka benar-benar fokus untuk membuat motornya dapat kencang saat belok dan maupun saat lurus. Itu keren.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP