Home MotoGP Lin Jarvis Konfirmasi Yamaha V4 MotoGP Akan Hadir di Pertengahan 2025

Lin Jarvis Konfirmasi Yamaha V4 MotoGP Akan Hadir di Pertengahan 2025

10

TMCBLOG.com – Secara umum kita telah mendengar dan sempat membahas di artikel sebelumnya bahwa Yamaha punya rencana untuk memulai era baru MotoGP 850 cc di musim 2027 menggunakan mesin dengan konfigurasi V4 yang berbeda dari apa yang selama ini mereka pakai semenjak musim pertama MotoGP 4-tak yakni mesin empat silinder segaris atau Inline-4. Akhirnya menjelang Misano 2 Yamaha mengonfirmasi rencana tersebut.

Adalah Lin Jarvis yang mengonfirmasi bahwa Yamaha tengah menggarap mesin V4 untuk proyek MotoGP mereka. Lin mengatakan hal ini kepada track reporter MotoGP – Jack Appleyard yang hadir Kamis kemarin bahwa hal itu diharapkan terjadi pada suatu saat di tahun 2025.

“Dari Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor, Saya pikir kami tidak mendapatkan klip persisnya, namun saya yakinkan bahwa Ia (Jarvis) mengonfirmasi bahwa Yamaha sedang melanjutkan pengembangan mesin V4 setelah sekitar 20-30 tahun lebih berkutat di mesin inline-4 “ Begitu kata Jack.

“Lin mengatakan bahwa pada pertengahan tahun depan (2025) mereka akan memiliki mesin V4 tersebut di frame Yamaha,” Begitu kira-kira Jack menambahkan sedikit time frame dari rencana hadirnya mesin V4 Yamaha MotoGP ini.

Disinyalir Yamaha Akan Pakai Mesin V4 Mulai MotoGP 2027

Namun untuk memperjelas, time frame ini bukan berarti mesin V4 Yamaha akan dipaka pada tengah musim kompetisi Grand Prix. Mungkin hanya berada di test-bench atau terbatas pada sebuah sesi pengujian privat terutama jika Yamaha masih tetap memilki kemudahan konsesi.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

10 COMMENTS

  1. Efek bawa kru Ducati/Aprilia ternyata bisa gacor juga ngembangin mesin nya ya… Penasaran apa nanti tetap pake nama M1 apa nama baru ya buat motornya?

  2. Gokil juga Yamaha, mengingat V4 terakhir yang diterjunkan di GP waktu era 2 tak dan bukan 4 tak. Sebenarnya, mungkin tidak ya misalnya factory monster yamaha pakai inline lalu satelite atau factory lainnya kaya pramac gini pakai V4? Scr regulasi bagaimana ya? ada yang tau?

    • Maintenancenya Over bro, garap 2 mesin berbeda Konfigurasi. Satunya Inline-4 CP satunya V4 Big Bang. Inputnya juga malah berantakan nantinya. Secara ambil Miguel Olivera dan Jack Miller di kubu Pramac Yamaha bisa buat masukan untuk pengembangan Mesin V4 di Factory dan Satelit.

  3. Suatu keputusan yg cukup radikal. Saya kira inline 4 tdk cocok dng regulasi saat ini, tp melihat situasi Honda dng V4 yg sama” tertatih saat ini, dan Fabio yg justru lebih unggul dibanding 4 Honda, sepertinya inline 4 bkn mutlak penyebab Yamaha msh blm berprestasi skrg..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version