Wednesday, 2 October 2024

BOSCH Umumkan Sistem Safety Berbasis Radar Generasi Terbaru

TMCBLOG.com – Baru Baru ini, Bosch mengumumkan enam sistem bantuan pengendara berbasis radar generasi berikutnya yang diklaim dapat membantu membuat berkendara sepeda motor lebih aman dan nyaman. Keenam sistem ini – lima di antaranya diklaim Bosch sebagai yang pertama di dunia – menawarkan langkah lebih maju dari kendali jelajah adaptif berbasis radar. Bosch juga mengonfirmasi bahwa empat sistem (semuanya melibatkan sensor radar yang menghadap ke depan) akan memulai debutnya pada model baru dari KTM yang akan memulai debutnya pada bulan November 2024.

Menurut Bosch, teknologi baru ini dapat mencegah sebanyak satu dari enam kecelakaan di jalan raya Jerman, dibandingkan dengan satu dari tujuh kecelakaan dengan teknologi radar generasi sebelumnya. Keenamya adalah :

  • Adaptive Cruise Control Stop and Go (ACC S&G)
  • Group Ride Assist (GRA)
  • Riding Distance Assist (RDA)
  • Emergency Brake Assist (EBA)
  • Rear Distance Warning (RDW)
  • Rear Collision Warning (RCW)

Adaptive Cruise Control Stop and Go (ACC S&G)| Kendali jelajah adaptif BOSCH yang didukung radar selangkah lebih maju dengan fungsi Stop and Go yang baru. ACC yang ada dirancang untuk menjaga jarak tertentu antara sepeda motor dan kendaraan di depan, tetapi tetap memerlukan intervensi penuh pengendara saat kendaraan itu berhenti. Fungsi baru ini memungkinkan ACC untuk menghentikan sepeda motor secara terkendali sepeda motor dengan sistem Iddling Stop.

Sistem ini dioptimalkan untuk sepeda motor dengan transmisi otomatis Dimana sistem akan mengendalikan kopling dan menurunkan gigi secara otomatis untuk menghentikan sepeda motor. Saat lalu lintas mulai bergerak lagi, pengendara dapat menggerakkan sepeda motor lagi, baik dengan menyentuh tombol atau dengan sedikit menginjak gas.

Group Ride Assist (GRA) | Sistem Generasi Sebelumnya tidak berfungsi dengan baik untuk sepeda motor yang dikendarai secara berkelompok karena tidak memperhitungkan pengendaraan dalam formasi yang tidak teratur. Fungsi Group Ride Assist menggunakan algoritma yang mendeteksi jika Anda berada dalam formasi, menerapkan ACC untuk mengatur kecepatan guna menjaga jarak aman dari sepeda motor berikutnya di depan dan sepeda motor yang berada tepat di depan Anda.

Riding Distance Assist (RDA) | sistem ini akan memantau lalu lintas di depan untuk memastikan Anda berada pada jarak yang telah ditetapkan, sama seperti ACC, tetapi berfungsi saat ACC mati dan pengendara memegang kendali gas. Saat sistem mendeteksi Anda mendekati kendaraan yang bergerak lebih lambat, sistem secara otomatis mengurangi akselerasi atau, jika diperlukan, mengaktifkan rem. Saat ini terjadi, pengendara dapat tetap mengabaikan deselerasi dengan mengaktifkan gas untuk menyalip.

Emergency Brake Assist (EBA) | Sementara RDA didasarkan pada upaya menjaga jarak aman di depan, Emergency Brake Assist melangkah lebih jauh dengan memberikan intervensi saat mendeteksi risiko tabrakan dan pengendara tidak memberikan tekanan rem yang cukup untuk menghindarinya. EBA akan meningkatkan tekanan rem roda untuk mengurangi kecepatan secepat mungkin.

Rear Distance Warning (RDW) | Rear Distance Warning mirip dengan RDA, tetapi menggunakan sensor radar yang menghadap ke belakang untuk mendeteksi kendaraan yang datang dari belakang. Saat mendeteksi kendaraan lain datang terlalu dekat, sistem akan menampilkan peringatan pada layar sepeda motor, memberi tahu pengendara untuk mengambil tindakan.

Rear Collision Warning (RCW) | Peringatan bagi pengendara jika ada kendaraan lain yang mendekat hanyalah separuh dari tugas. Rear Collision Warning memberi peringatan kepada pengemudi kendaraan di belakang saat mendeteksi adanya tabrakan dari belakang, yang mengaktifkan lampu hazard di bagian belakang sepeda motor. Tentu saja, efektivitas RCW bergantung pada seberapa terganggunya orang lain.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP