Home EV RESMI : AHM Merilis New Honda ICON e: & Honda CUV e:...

RESMI : AHM Merilis New Honda ICON e: & Honda CUV e: . . . Produksi Lokal

4

TMCBLOG.com – Hari ini Rabu 9 Oktober 2024, berlokasi di Astra Honda Motor Safety Riding & Training Centre kawasan Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat, TMCBlog langsung meliput dari venue melaporkan bahwa PT. Astra Honda Motor telah resmi merilis satu lagi produk baru mereka di tahun 2024 ini yakni generasi terbaru dari sepeda motor full 100% tenaga listrik yakni Honda ICON e: dan Honda CUV e: untuk dijual di pasar domestik Indonesia. Acara hari ini untuk kedua produk ini merupakan agenda perilisan tingkat dunia yang pertama atau world premier.

Honda mengumumkan model CUV e: dan ICON e: , model komuter pribadi listrik model terbaru yang diperkenalkan sebagai model ke-10 dan ke-11 sesuai dengan rencana Honda untuk mengumumkan 30 model listrik yang akan diluncurkan secara global pada tahun 2030. Honda memberikan pilihan yang beragam sesuai dengan kebutuhan konsumen, dengan mengumumkan model baterai tetap selain model yang kompatibel dengan Honda Mobile Power Pack e: .

Honda telah memposisikan tahun 2024 sebagai tahun pertama untuk ekspansi global sepeda motor listrik dan akan mulai masuk secara penuh ke pasar sepeda motor listrik. Honda menganggap waktu ini hingga 2026 sebagai periode masuk pasar, dari 2026 hingga 2030 sebagai periode ekspansi bisnis, dan dari 2030 sebagai periode ekspansi bisnis skala penuh.

CUV e: dan ICON e: merupakan model kesepuluh dan kesebelas dari “30 model listrik yang akan diluncurkan secara global pada tahun 2030”, yang diumumkan pada acara 2023 Briefing on Honda Electric Motorcycle Business yang diselenggarakan pada tanggal 29 November 2023, dimana Honda terus mengalami kemajuan.

Honda berencana untuk memproduksi CUV e: dan ICON e: di Indonesia, di lokasi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing daerah, dan akan diperluas dari Indonesia ke wilayah lain secara global. Peningkatan jajaran produk komuter listrik tidak hanya mencakup model yang dilengkapi dengan Honda Mobile Power Pack e:, tetapi juga model dengan baterai tetap, sehingga menambah variasi pilihan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan membuat sepeda motor listrik menjadi lebih mudah diakses.

Honda akan mempercepat upayanya untuk mengembangkan jajaran lengkap sepeda motor listrik, termasuk komuter, untuk memenuhi kebutuhan lebih banyak konsumen, dan akan terus membangun berbagai macam sepeda motor listrik.

CUV e:

CUV e: adalah model setara 110cc yang ditenagai oleh dua baterai Honda Mobile Power Pack e: yang dapat ditukar (swap battery), dan merupakan hasil pengembangan dari SC e: Concept, yang dipamerkan sebagai world premiere di JAPAN MOBILITY SHOW 2023 yang diadakan di Tokyo Big Sight pada tahun 2023.

CUV e:

Penamaan CUV e: diambil dari CUV ES (Clean Urban Vehicle Electric Scooter), skuter listrik pertama yang dijual secara sewa oleh Honda pada tahun 1994. CUV e: dikembangkan dengan konsep city commuter yang sama dengan CUV ES, sebagai skuter listrik yang mewujudkan mobilitas yang nyaman bagi banyak orang di perkotaan, dan dengan “e:” yang menandakan bahwa itu adalah kendaraan listrik Honda, diposisikan sebagai komuter pribadi era baru.

Desainnya mengusung konsep Premium Futuristic yang menampilkan gaya yang sederhana dan ramping yang menjadi ciri khas skuter listrik, serta lampu kombinasi depan dan belakang yang ikonik yang membuatnya langsung dikenali sebagai CUV e:.

Honda CUV e: ditenagai motor listrik dengan tenaga maksimum 6 KW, dengan klaim top speed 83 km/jam, dan jarak jelajah maksimum 80,7 Km. Dibekali sumber daya dari dua unit baterai Honda Mobile Power Pack e: yang dapat ditukar atau di-charge sendiri dengan off-board charger. Pengisian baterai dari kosong hingga penuh memakan waktu enam jam, dan 2,7 jam (160 menit) untuk pengisian dari 25% ke 75%.

Dua baterai Honda Mobile Power Pack e: yang dapat diganti-ganti digunakan sebagai sumber daya CUV e:, dan motor yang dikembangkan sendiri oleh Honda berkontribusi pada peningkatan daya jelajah dengan mengoptimalkan sirkuit dan struktur magnetik untuk mencapai efisiensi yang lebih tinggi.

CUV e: dilengkapi dengan tiga mode berkendara (STANDARD, SPORT, dan ECON) yang dapat disesuaikan dengan berbagai situasi berkendara sesuai keinginan konsumen, serta mode mundur yang dapat digunakan untuk berbelok di tempat yang sempit. Selain itu, tersedia pula model yang dilengkapi dengan Honda RoadSync Duo®, yaitu layanan unik dari Honda yang memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan dan menggunakan fitur navigasi dengan menghubungkan sepeda motor ke smartphone melalui Bluetooth®.

Tiga pilihan warna Honda CUV e:, yakni Stellar Matte White, Stellar Matte Silver, dan Stellar Matte Black. Lalu untuk Honda CUV e: RoadSync Duo ditawarkan pilihan warna Quantum Matte White, Quantum Matte Silver, dan Quantum Matte Black. Honda CUV e: akan dipasarkan dengan range harga Rp53 juta hingga Rp57 juta (unit sepeda motor Rp 33-37 juta ditambah dua unit baterai MPP e: Rp 10 juta /unit baterai). Sedangkan untuk Honda CUV e: tipe RoadSync Duo akan dipasarkan pada pada range harga Rp57 juta-Rp61 juta (unit sepeda motor Rp 37-41 juta ditambah  dua unit baterai MPP e: seharga Rp10 juta /baterai), semua harga untuk kondisi on the road Jakarta.

ICON e:

ICON e: adalah model baru yang didasarkan pada EM1 e:, dilengkapi dengan Honda Mobile Power Pack e:, dan setara dengan motor bebek Kelas 1 di Jepang. Komponen listrik utama termasuk baterai telah diubah, dan eksteriornya telah didesain ulang untuk Indonesia. Desain yang mungil mengusung konsep Advance Compact membuat ICON e: cocok untuk berkendara di ruang perkotaan padat yang butuh manuver gesit dan lincah.

Sumber tenaga ICON e: adalah baterai lithium-ion terner, yang banyak digunakan di Cina, dan dapat diisi ulang dengan dua cara: di dalam ICON e: atau sebagai baterai terpisah. Motor in-wheel yang ringkas digunakan untuk roda belakang, dan unit kontrol daya secara efisien mengontrol output motor untuk mencapai jarak jelajah lebih dari 50 km per pengisian daya. Pengisian baterai ICON e: dari kondisi daya kosong hingga daya penuh membutuhkan waktu 7 jam 20 menit, dan dari 25 % ke 75% membutuhkan waktu hanya 3 jam 30 menit.

ICON e:

ICON e: juga memiliki ruang penyimpanan di bawah jok untuk helm, serta kompartemen bagasi untuk barang-barang kecil. Selain itu, rak bagian dalam depan dan soket USB Type-A yang nyaman untuk mengisi daya perangkat seluler merupakan perlengkapan standar. ICON e: menyertakan berbagai fitur yang mudah digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Lampu utamanya memiliki desain permukaan rata yang sederhana, menciptakan tampilan yang ikonik. LED dengan kecerahan tinggi memberikan rasa aman saat berkendara di malam hari. Dashboard ICON e: memiliki fitur pengukur digital penuh pada layar LCD negatif. Selain speedometer dan jam, berbagai informasi, seperti tingkat daya baterai yang tersisa, ditampilkan pada tata letak yang sederhana, berkontribusi pada visibilitas yang sangat baik.

PT. AHM menjual Honda ICON e: dengan lima pilihan warna, Iconic Mint, Iconic Orange, Iconic Red, Iconic White, dan Iconic Matte Black. Akan dipasarkan pada range harga Rp28 juta hingga Rp32 juta on the road Jakarta, dan harga tersebut termasuk unit charger.

 

Honda CUV ES 1994

4 COMMENTS

  1. Untuk saat ini mending bikin produk hybrid aja yg rangenya bs sampe 100 km/L keatas, hybridnya buat yg mild dgn mengandalkan regeneratife dan lbh bagus ada opsi juga untuk charge baterainya,…full ev msh susah berkembangnya n msh dkuasai sm produk china yg dilokalkan dgn range 10 sampe 20 jtan sdh dpt motor listrik untuk commuteran, mkanya motor listrik lokal nya pada laku

  2. please Ymh ga usah ikut ikutan, bukan hanya karena harganya yang membuat mondang mending, tapi kendala utama adalah jarak tempuh. Saya udah punya motor listrik selama 1 tahun aja ganti lagi ke motor bakar. Indonesia ga bisa disamakan dengan negara maju. lebih baik budget risetnya dialihkan buat yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version