Bro sekalian Yamaha bekerja sama dengan Polda Metro Jaya rencananya pada Oktober ini akan memulai lagi program sosialisasi Daytime running Light (DRL) atau apalah namanya, dimana Motor yang dikendarakan harus menyalakan lampu depannya baik siang maupun malam. Dan rencananya Mulai November 2010 Motor yang kedapatan tidak menyalakan Lampu Utama di siang Hari akan ditindak tegas dengan cara ditilang . . . wedew, ampuun pak pulisi 🙂
Saat TMCblog.com konfirmasi ke General Manager Promotion and Motorsport Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Bapak Paulus Firmanto dengan pertanyaan : “apa peran Yamaha di progran ini” Pak Pulus menjawab “Sebagai Partner PolDa Metro Jaya dan dukungan kami untuk program Safety riding ” Saat ditanya tentang kabar bahwa motor Standar pabrikan Yamaha akan dibuat otomatis menyala saat mesin dihidupkan, Pak paulus menjawab “Iya mulai Tahun depan secara bertahap” woow, sebuah kabar bagus bagi pengiat aman berkendara niih
Bicara mengenai attitude para biker indonesia, saya menilai sebenarnya Biker kita itu penurut . . . bila regulasi sudah menyatakan bahwa itu harus, mudah-mudahan semua bisa melakukannya secara keseluruhan. Ingat tentang keharusan turun saat mengisi bensin di Shell? semua nurut kan karena itu memang peraturan . .. nah saya optimis bila para regulator dan pelaksana tugas dilapangan bisa tegas dan tanpa kompromi, tentunya didahului dengan sosialisasi yang maksimal, semua motor tentu akan bisa maksimal menyalakan lampu disiang hari, inget bro Pasal 293 UULLAJ No. 22 tahun 2009 berbunyi mengendarai sepeda motor di jalan tidak menyalakan lampu utama pada siang hari akan dipidana kurungan 15 hari denda Rp 100.000 woow
silahkan share komentar bro semua . . . semoga berguna
iya nih ,, kynya lebih musti waspada sama bohlam kalo mati di jalan bisa berabe,, pulisi juga kan langsung nilang tanpa tau sebab (masabodo teuing),,, beli lampu bohlam dluu dah yang cakep biar g mati d jalan
Sebenarnya ribet juga, apalagi kalo dah panas jd semakin menyilaukan.
Untuk wilayah Indonesia rasanya kurang efektif, kecuali saat hujan, atau kalo berkendara malam tanpa lampu, bener2 bisa membahayakan…
iya kalo nyala lampu senja aja gmn?
apa kena tangkep?
secara saia ga punya motor c,,
ga ngaruh jg ma neh artikel,,
tapi poto paling atas,, mantapp..!!
ngeliat nya jadi pengennn,,
poto nomor 3 cantik,,
tapi di bgr lom pernah papasan ma tuh motor..
btw kang taufik,, dah liad byson di ekalos?
keliatan nya bantet gt ya? ga panjang,,
peraturan tahun depan
1.helm SNI
2.lampu harus hdp disiang hr
3.ban harus baru (usia ban max 8bln)
4.motor harus br (th 2000 keatas)
5.harus pake jaket kulit dan sepatu kulit
6.harus kaya biar g telat bayar pajak
7.harus motor sendiri (g boleh pinjam)
iya kalo nyala lampu senja aja gmn?
apa kena tangkep?
secara saia ga punya motor c,,
ga ngaruh jg ma neh artikel,,
tapi poto paling atas,, mantapp..!!
ngeliat nya jadi pengennn,,
poto nomor 3 cantik,,
tapi di bgr lom pernah papasan ma tuh motor..
btw kang taufik,, dah liad byson di ekalos?
keliatan nya bantet gt ya? ga panjang,,,
Pasal 293 UULLAJ No. 22 tahun 2009 berbunyi mengendarai sepeda motor di jalan tidak menyalakan lampu utama pada siang hari akan dipidana kurungan 15 hari denda Rp 100.000
======
kurungan 15 hari dan denda Rp 100.000
atau
kurungan 15 hari atau denda Rp 100.000 ???
Kalo di luar negri kayaknya emang wajb menyalkan lampu.. Makanya moge moge import lampunya gak bisa dimatiin… CBR 150 yang baru aja nggak ada switch lampunya…
Setuju2 aja asal emg bener2 diterapken, nda setengah2, apalagi seperempat2…..Klo DRL si di eropa sana mobil pun uda suru ngidupin juga, contoh coba liat New Mercedes Benz E-Class 2010 ini, uda ada lampu DRL berupa LED di deket bagian foglampnya, yang mobil mewah aja ngikut, gimana bikers?
contoh kasus :
gimana nih,, pas kita dari rumah mau ke kantor (pagi jam 07:30)lampu sudah dalam keadaan menyala,,, tiba2 pas ditengah jalan lampu putus tanpa sepengetahuan kita,, (karena sudah terang,, jadi nggak ketauan kalo lampu putus/mati beda kalo putus/mati di malam hari) trus tiba2 om paul nyetop,, nilang kita karena lampu depan katanya nggak nyala,,, trus si om paul ngotot mau nilang kita,,, 🙁 🙁 🙁
mercon…tetep ditilang…gw pernah dibonceng….cmn pas belok..ada jeglokan…mati dah tuch lampu….langsung di setop!…sialnya ada polisi berdiri deket situ…..pas dah lewat…tuch lampu…mati idup..mati idup….
@Smile
emang ngaruh yah klo siang2 pake ngidupin lampu..
keliatan idup sih! tp nga’ ngefek apa2…
=======================================
Yang saya tahu tuh manfaatnya kalau kita nyalain lampu dan kita ada dibelakang mobil apalagi truck kita akan terlihat lewat spion mobil/truck tersebut..apalagi angkutan antar kota/bus sering parkir/menurunkan penumpang salah satunya
– “promo” polisi ini sangat baik buat kesehatan dan umur panjang
– bisa dianggap bagi2 rejeki buat polisi..
– hanya orang bodoh mau bagi “rejeki” ke polisi..
– bohlam stanley memang 100rebu, tp kan osram cuma 12rebu..bayangkan..
– nyawa dan obat ga sebanding harga bohlam+accu..
– ingat semua every body…kalo mau ditilang pulisi…liat dulu noooh…motor pulisi lampunya juga dah nyala blom…
– ingat doang loch yaah…
yg ditilang yg ga ada lampunya dulu, dismoke/lampu silau mika putih lah remnya.
malem ga nyalain lampu, atau cuma depan doank atau belakang aja yang nyala. ITU dulu jauh lbh berhabaya daripada yang sang2 ga pake lampu yg notabene udah ada matahari yang super terang
lahan obyekan baru,emang se terang apa sih nyalain lampu siang, trus kalo putus di jalan tiba2 di setop gimana tuh,,lumayan kan buat pemasukan minimal 50rb melayang..peraturan goblok
halah…. paling2 anget2 to**i doank… sama aja lah, siapin dulu deh aparat2 nya jangan kayak sterilisasi jalur bus way, pagi di jagain, sore atau kalo ujan di antepin gitu aja yang masuk jalur buswaynya.. apalagi kalo yang masuk banyak… hehehe aparatnya cuma bisa melototin doank.. payah
yes or not.
Siapa yg kuat dia yg mnang
biker cuma orang lemah,mau bela diri aja susah..kadang2 ada aja pulisi yg ga mau dnger pnjlasan dari kita,tpi g smua plisi d kita gitu.so terserah…
soal ngaruh ga ngaruh tuh lampu di idupin,,
ngaruh banget buat yang bawa mobil,,
jadi kalo mo ke kanan ato ke kiri,, pas liad spion,,
keliatan ada yang bersinar2 dikit,,
jadi tau kalo ada motor jadi berhati2,,
*semisal motor ada di blind spot*
buat yang bawa motor sendiri c ga ada ngaruh nya,,
siang dah terang gt,, nyalain lampu ga ada ngaruh,,
inti nya,,
pengen punya motor,, tapi lom kebeli,, 🙁
tapi kalo liad yang bawa motor suka kesel sendiri,,
ga pada tau aturan,, huft,,
dah gt kalo pul kerja liad yang bawa motor,,
bused,, banyak bangett,, kalo ane beli satu,, +macet aje,,
Yang jadi masalah adalah kalo menghidupkannya 50 meter sebelum ada polisi, tetep kena perkara nggak. Kan pelanggaran semacam ini tidak seperti tidak memakai helm, tidak membawa SIM, yang dengan mudah dinyalakan begitu saja.
@Mercon: Kalo mati kan bukan tidak menghidupkan lampu.
Ada seorang pecinta lingkungan tidak mau menyalakan lampu motornya di siang hari, langsung saja polisi menyuruhnya menepi …
Polisi : Kenapa Anda tidak menyalakan lampu?
Pecinta lingkungan : Lagi hemat energi pak !
kalo biker siang hari harus nyalain lampu… gmn kalo mobil malam hari juga nyalain lampu kabin… biar lebih terlihat… kayaknya lebih safety tuh…
===================>
terlihat ama garong kampak merah…….ndas-mus..panjulll
@kausar,
lahan obyekan baru,emang se terang apa sih nyalain lampu siang, trus kalo putus di jalan tiba2 di setop gimana tuh,,lumayan kan buat pemasukan minimal 50rb melayang..peraturan goblok
===============================>
– ini bocah ketahuan ga pernah bawa mobil dan liat spion ke belakang…
– putus di setop..ya apes kwadrat..
– yang bodoh tuh mau ngasih 50rb ke pulisi…tawar dong…12rb…atau 15rb…
– biasakan, motor gak kumplit…bawa uang sedikit aje…kasih liat pulisi noh dompet..
ane punya penglman ma yg namany plsi,wktu itu ane lg mau plang k bdg lwat krwang,cuma gara2 nyalain lmpu sein knan..ane kira rambu yg ada d jln ntu buat k bdg via jlur altrnatif makanye dari jrak 20m ane idupin tuh lmpu sein knan eh pas udah dket taunya via tol trus ane matiin tuh lmpu sein jdi ambil lurus aje..eh ga taunye ada 2mtr plisi ngejar,trus d tlang dngn alsan nylain lmpu sein knan tpi g jd blok knan..pdhal udah lngsung d matiin trus yg lbih prahny kndsi d jln sepi bnget d blakang g ada sama skli kndrbn laen.wktu itu jam 3pagi.jdi mnurut ane ga trlalu mngangu pengguna jln yg laen.dalem ati..bilang aje nyari buat sarapan.
Itu yg gue mksud plsi g prnh mau dnger pnjlsn.taunye cuma duit..duit.kalo ane nekad belok knan masuk tol tnpa menghiraukn rmbu2 jln baru masuk akal ane d tilang.bukannya ngasih tau jln orang mau nyasar.mana aplikasi dr slalu siap mlyni msyrkt.
halahhhhh silup pancen mblegedesssss…
kakean peraturan… sithik sing diterapk’e.
Sak janya Silup gak usah kakean cangap,
Sing gak pake helem dulu ditertibkan, yang ngelanggar lampu merah termasuk marka2 ditertibkan, lha kok mecolot gak karuan… apa mereka memang sengaja memperluas celah untuk mendapatkan uang sarapan ??
Maklum Silup2 njaga jalan kalo pagi doang… siangan dikit pada ngiyup .. wedhi meleng2.
kalo langsung ditilang mungkin ane kurang begitu setuju… ambil contoh begini, bohlam lampu kan ada umurnya. semisal kita siang2 ga nyadar bohlam lampu depan kita putus padahal saklar lampu dalam posisi on, apa nggak nyesek tuh tiba2 di sumprit pak polisi. mungkin ada baeknya begini dibuat sebuah regulasi yg lebih memihak bikers, kan aturan tsb ada juga demi kebaikan bikers juga. untuk kasus diatas dari pihak polisi mungkin bisa memberikan surat tilang sementara minimal diberi waktu buat bikers tersebut untuk mengganti lampu di bengkel terdekat. setelah itu baru si bikers tsb kembali ke tempat dia di tilang td untuk menukar surat tilangnya dengan stnk atau sim yang ditahan oleh polisi td. dengan syarat lampune dah nyala kembali tentunya. win-win solution menurut ane, dan insya allah tujuan utama peraturan tersebut akan lebih mengena pada bikers.. jadi gak asal maen tilang gitu…
Lampunya terang jalanya masih banyak yang berlubang…. Sama aja
==================>
– ada2 sahajaaa….
– lampu siang bukan buat cari lobang om…itu mah di kramat tunggak aja kaleee…
– lampu siang buat HIGH SPEED om…high speeed..
Sharusny ni aturan dbuat local project dulu…..Utk langkah ptamany d jln2 protokol/ tmpt yg rawan (misal jln raya bogor,cawang atau grogol) dulu……bwt pnelitian hub antara pgunaan d lmpu siang hr sm pnurunan kcelakaan d jln……klo hsilny positif bs jd contoh sm msyarakat……
pengalaman saya malah kalo nyalakan lampu depan mobil-mobil tambah galak seperti mau mepet. mgkn yg naek mobil seperti ditantang “emangnya kalo pake lampu gua harus minggir!!” monggo dicoba sendiri nyalakan lampu siang hari.
katanya hemat energi, katanya mencegah global warming, ini yang salah yang mbuat undang2 ato undang2nya, lagunya slank betul tuh UUD (Ujung Ujungnya Duit) setubuh saudara saudara…..
banyak bngt ya praturan buat biker,ga kaya mobil yg jarang denger kabar yg ga enak.
klo lampu utama nyala disiang hari kan seenggaknya lampu dipanel speedometer jg nyala tuh,kan mubazir lampu speedo nyala tp ga ada manfaatnya tp malah jd tekor listrik disiang hari.
coba ada sensornya yg kaya dihandphone klo kena cahaya,lampu speedonya mati trus klo gelap dia nyala deh.
yang paling ngeri kalau yamaha menjadi partner seakan menjadi spongsor, ini artinya yamaha sangat mendukung program tersebut. Bagusnya pragram ini safety dan mungkin akan bagus di mata loyalis lampu siang.
namun bila banyak yang kontra dengan peraturan ini tentu boleh jadi FBH akan bertambah banyak karena tak setuju dengan aksi yamaha mendukung kebijakan ini.
peraturan bisa apa aja.. tapi kalo yang bikin peraturan asal bikin dan tanpa di jalani dengan benar (termasuk adanya reward and punishment yang jelas) akan sama juga sami mawon..
yang namannya para pemimpin negara ini kan paling jago “membuat” tapi untuk menjalankannya dan merawat paling bego..
liat aja berapa banyak penunjuk tingkat polusi udara yang dah jadi tugu butut..? halte busway yang dah kek kandang sapi.. beuhhhhhh gemesss gw
@ 84. pies
@udien
pa polisi ngeles:
jawabnya :knapa lu pake kuda besi klo lg hemat energi ga sekalian pake kuda asli.
======
Kudan aslinya lagi diservice di bengkel pak …
semoga saja segera berlalu,
seperti yang sudah2.
bulan ini ada aturan baru,
bulan baru udah ga berlaku.
lagian kalo disetop sih mending ngabur.
ngapain setor duit ama pak pol.
Hayo para FBY, siap belum ngikuti programe Yamaha?
Kalau saya sih, sudah tidak pernah matiin lampu utama. Sekaligus sudah tidak pernah mikir nyalain, baik siang ato malam.
Tapi belum pernah ngalami Lampu putus, sih. Kalau ini memang repot juga. Pasti pengendara tidak tahu kalau lampunya putus pas berkendara siang hari.
Bagi yang ketangkep,Bagaimana kalau solusinga, suruh nyalain lampu dim/lampu jauh, kalau masih nyala, berarti memang belum lama putusnya. Yang seperti ini pak polisi bisa memberi bohlam baru, kalau perlu ada jasa pemasangannya.(bagi-bagi helm saja mampu)
Tapi jika ternyata, setelah dicek, seluruh lampu yernyata menyala, atau sebaliknya, tidak menyala, ya tilang saja, tanpa kompromi.
Bagaimana kalau pak polisi nyiapi bohlam, bagi pengendara yang baru mengalami putus lampu?
Imdikasinya, lampu jauh masih bisa dinyalakan.
Biar kagak dituduh yang tidak-tidak.
Peraturan menyalakan lampu di siang hari menurut saya bukan sebuah langkah yang efektif untuk alasan mengurangi kecelakaan di jalan raya.
Peraturan tersebut mungkin sebuah solusi tapi bukan solusi yang lebih baik. Jika di skala 1-10 mungkin cuma di posisi 1. Sebab menurut saya masih banyak solusi jitu lainnya yang bisa di terapkan baik oleh aparat penegak hukum maupun masyarakat pengguna jalan raya.
dari sisi pengguna jalan raya :
– berkendara dalam kondisi sadar dan sehat (tidak sedang sakit apalagi mabuk)
– mengenakan perlengkapan perlidungan standar seperti helm, sepatu tertutup (bagi pengendara R2)
– mematuhi rambu-rambu lalu lintas.
– berkendara dalam kecepatan yang wajar
– memastikan seluruh komponen kendaraan berfungsi dengan baik terutama rem.
dari sisi penegak hukum :
– perbanyak sosialisasi yang mengarah pada pemahaman dan pendidikan dan bukan sekedar pengetahuan.
– proses pembuatan sim harus lebih selektif
– perbanyak jumlah personil di jalan raya
– tidak memberi contoh buruk kepada masyarakat dengan ikut ugal-ugalan di jalan raya.
itu adalah beberapa solusi yang lebih baik menurut saya dibandingkan dengan peraturan menyalakan lampu di siang hari.
pemerintah sendiri menghimbau untuk memadamkan listrik pada rentang jam tertentu untuk menghemat energi, sementara di jalan raya terjadi pemborosan energi sepanjang hari dengan menyalakan lampu kendaraan. apakah ini tidak kontradiktif ???
mungkin hal ini lebih baik sebagai himbauan bukan sebagai peraturan yang ada hukumannya. jika di langgar sebaiknya petugas bersikap mengingatkan untuk berhati-hati dan menghimbau kalau boleh menyalakan lampu untuk lebih aman.
hampir semua kecelakaan di jalan raya di sebabkan oleh pengendara yang tidak tertib dalam berkendara.
si boy naek motor siang hari
karena melamun ditinggal kekasihnya, dia lupa menyalakan lampu motornya, langsung disuruh menepi oleh polisi …
Polisi : Kenapa Anda tidak menyalakan lampu ?
Boy : Eeehh… lampunya putus pak (ngeles sambil terus melamun)
Polisi : Kenapa bisa putus
Boy (yang masih melamun) : Bukan salah saya pak, si Susi pacar saya yang mutusin …. (sambil raut wajahnya mau mewek)
Memang pantas, kalau pengembangan motor masih dipercayakan pada Thailand. Ternyata secara budaya tertib dan disiplin, mereka lebih dari kita.
Bayangkan, di sana , mesin mootor nyala, lampu langung nyala. Nah, kalau kita?
Peraturan menyalakan lampu di siang hari menurut saya bukan sebuah langkah yang efektif untuk alasan mengurangi kecelakaan di jalan raya.
Peraturan tersebut mungkin sebuah solusi tapi bukan solusi yang lebih baik. Jika di skala 1-10 mungkin cuma di posisi 1. Sebab menurut saya masih banyak solusi jitu lainnya yang bisa di terapkan baik oleh aparat penegak hukum maupun masyarakat pengguna jalan raya.
dari sisi pengguna jalan raya :
– berkendara dalam kondisi sadar dan sehat (tidak sedang sakit apalagi mabuk)
– mengenakan perlengkapan perlidungan standar seperti helm, sepatu tertutup (bagi pengendara R2)
– mematuhi rambu-rambu lalu lintas.
– berkendara dalam kecepatan yang wajar
– memastikan seluruh komponen kendaraan berfungsi dengan baik terutama rem.
dari sisi penegak hukum :
– perbanyak sosialisasi yang mengarah pada pemahaman dan pendidikan dan bukan sekedar pengetahuan.
– proses pembuatan sim harus lebih selektif
– perbanyak jumlah personil di jalan raya
– tidak memberi contoh buruk kepada masyarakat dengan ikut ugal-ugalan di jalan raya.
itu adalah beberapa solusi yang lebih baik menurut saya dibandingkan dengan peraturan menyalakan lampu di siang hari.
pemerintah sendiri menghimbau untuk memadamkan listrik pada rentang jam tertentu untuk menghemat energi, sementara di jalan raya terjadi pemborosan energi sepanjang hari dengan menyalakan lampu kendaraan. apakah ini tidak kontradiktif ???
mungkin hal ini lebih baik sebagai himbauan bukan sebagai peraturan yang ada hukumannya. jika di langgar sebaiknya petugas bersikap mengingatkan untuk berhati-hati dan menghimbau kalau boleh menyalakan lampu untuk lebih aman.
hampir semua kecelakaan di jalan raya di sebabkan oleh pengendara yang tidak tertib dalam berkendara
Rider menggerung2kan knalpotnya yang super brisik
Tetangga menegur : “Punten jang jangan di sini, ada bayi lagi tidur”
Rider : “Motor aing, kumaha aing”
Lalu dia pergi dan kebut-kebutan di komplek perumahan
Satpam mencegat dan menegurnya : “Maaf kang, jangan kebut-kebut di sini”
Rider : “Motor aing kumaha aing”
Akhirnya rider ke jalan raya dan lupa menyalakan lampunya, polisi mencegat dan menyuruhnya menepi
Polisi : “Kenapa Anda tidak menyalakan lampu”
Rider : “Motor aing kumaha aing”
Polisi melayangkan bogemnya, hiuuuukkk jelebet ……. modar siah …
136. nhd – Oktober 12, 2010
Sikat dulu tuh yang suka pakai lampu belakang warna putih.
Biasanya motor yang nungging-nungging dan suka pethakilan, yang sering pakai.
——————————————————
setuju!!!!seharusnya yang begini yang dihajar duluan..lampu utama dibikin redup/atau warna warni ga jelas..eh lampu rem diubah warna putih..dasar alay xixi..
wah kalo YAMAHA lampunya otomatis nyala terus selama motor nyala, bisa diomelin orang kalo lewat gang malem2 pas di situ banyak yg orang nongkrong..
GAK SETUJU sama YAMAHA, tp setuju dgn peraturan lampu nyala siang dan malam.
bahaya tuh apa lg kalo ujan walaupun siang coz mobil gak bs liat pengendara belakang dr spion kcuali ada sinar lampunya
146. Yanesui
Yah, bagaimana mau nuruti yang seabreg gitu, kalau yang tinggal klik saja, masih banyak ngeles. Mental tidak taat aturannya itu yang paling utama.
wah mas ..bukankan spd motor di negri ini masih banyak yg pake sistem ac? alias nya kl nyalain lampu bisa menurunkan daya motor ato bisa dibilang tambah boros bbm ? kmdian panas yg dihasilkan lampu itu sendiri bila harus slalu hidup di siang bolong?? perlu di rombak dulu semua tuh motor agar gak boros bbm nya bila harus hidup lampunya…spt pada motor laki kebanyakan..
ane pribadi sih g keberatan soalnya ane dah nyalain lampu motor semenjak 2 tahun yg lalu dan ampe sekarang g masalah sama aki nya, bohlam juga masih awet tuh padahal sehari ane bs make motor 2jam-an yah mungkin g seberapalah dg pengguna kendaraan roda 2 lain yg lbh senior. tp nyalain lampu tuh bener2 kerasa gunanya, ane dah bbrp kali terselamatkan gr2 lampu nyala soalnya srg bgt mobil yg lg muter suka g liat2 dlu ato memang g keliatan gr2 blind spot tp dg lampu nyala mereka sadar ada motor di deket mobil tsb
Soal global warming?? wah ane smpe skrg msh bingung apa hubungannya global warming sm penggunaan lampu kendaraan di siang hari klo listrik di rumah ok lah tp klo lampu kendaraan? kan dari aki, ap msh pengaruh ke global warming ya? klo gitu motor listrik tuh g ramah lingkungan karena pake listrik dr aki kan??
klo soal aki bekasnya itu kan udah ada regulasi dr pemerintah setiap negara bagaimana cara mendaur ulang nya, dan cuma bbrp perusahaan yg diberi izin untuk mendaur ulangnya, itupun pengawasannya ketat.
@ all
Ada yg tahu nggak, bohlam led yg awet, kayaknya banyak yg butuh nih. Selama ini aku pakai lampu osram 18w di kiri utk siang, 35w di kanan buat malam. Tapi ya gitu, yg kiri nggak pakai lama menghitam, terus mati.
Yg bilang bohlam awet walau nyala siang malam berarti jarang pakai tuh, atau nyala kalau di depan polisi saja. Dibanding hanya nyala malam saja, umurnya nggak sampai sepertiga utk tipe bohlam yg sama.
@mas taufik
Bicara mengenai attitude para biker
indonesia, saya menilai sebenarnya Biker
kita itu penurut .
———————————————
Wah buat pernyataan yg satu ini ga berlaku di medan dan sebagian kota d pulau sumatra lainnya…
Jangankan disuru nyalain lampu, sukur2 lampunya ada…
sukur2 jg klo tu motor ada stop lamp…
Klo disuru pake helm jawabannya… ” ngapain pulak awak pakek helm..gak maen la….kepala awak lebih keras lg dr helm itu.. Cemananyaaa inii”
kenapa kalian ribut dan jd rada bego?kalau memang tujuanya baik knp tdk dicoba?apalagi sdh menjadi UU.hasilnya tentu akan ada evaluasi.kalau bs mengurangi jumlah kecelakaan roda dua ya dilanjut aja.
@ Awakku
ane setuju man ente.
ane heran dengan aturan di Indonesia, banyak banget tpi pelaksanaannya nol, mang bener yg bikin aturan tuh DPR, tp kan DPR punya hak mengawasi, di bogor pembonceng ga pake helm lewat depan polisi biasa ja, kaif?
kl baca tulisannya arie slight, mang kita harus intropeksi, jgn banyakin aturannya, tp mulailah konsisten menjalankan aturan yg dah ada, jangan-jangan ni undang-undang cuma buat alasan rapat sidang ma study banding. yg menghasilkan. semoga ga terlalu su’udzon.
Sudah saatnya ATPM nasional memproduksi motor dengan kunci kontak “mesin hidup lampu utama” juga hidup bersamaan (contohnya CBR 150cc). Masih ada saja yang pemilik Ciber tadi memodifikasi lampu utama (head lamp) supaya bisa dimatikan saat kunci kontak diposisi “ON”.
Faktor keselamatan bersama jadi prioritas utama setelah masuk liang lahat.hehehehe
Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali melaksanakan nyala lampu utama siang hari ini. Aku dukung pak Polisi aja. Supaya lampu utama tidak cepat mati/bikin buram kaca/panas, sebaiknya bola lampu ganti jenis LED.
kalau dipikir2 ternyata adanya aturan2 baru lebih disebabkan ketidak mampuan om paul dalam tugasnya…coba waktu ngurus sim testnya dilaksanakan benar2 sesuai prosedur yg ada pasti yg lulus yah sbagian besar adalah orang2 yang bener2 tau aturan lalin…yg anehnya ada sopir angkot ga fasih baca tulis bisa punya sim???lha…
fakta brikutnya, om paul lebih suka nongkrong dipersimpangan yg lampu rambu2 nyala dibanding yg ga nyala…lha??
benerin dulu aparatnya tuh sbelum nerapin aturan…
logikanya gini bro mo masuk silop butuh dana yg g sedikit(uda jd rahasia umum bro). jadi di otak oknum silop tuh gimana caranya duit tuh balik modal…
y uda dilupain deh pedoman POLRI yg melindungi dan mengayomi masyarakat….
jd ktemu mereka di lapangan tuh kaya ngeliat atm berjalan, pikirannya gimana caranya duit biker tuh keluar, uda g punya kejaksanaan n rasa kemanusiaan mereka!!
tilang yg bener walaupun kita nitip ke polisi, tetap dpt kwitansi n uang titipan kita ditulis dg benar…
coba ente liat oknum POLANTAS yg dilapangan bisa g ente baca namanya?pasti di tutup2in ama tuh HT, klo pun kita ditilang nama terang mereka ditulis g jelas!!
nyalain lampu disiang hari..hmm.. itu ditujukan untuk pengendara mobil saja ( imto ) jadi di spion mereka ( pengendara mobil ) kita ( pengendara motor) akan kelihatan, untuk pengendara motor yang berlawanan arah… itu menyilaukan… bagaimana coba ?
Tuuu…
Artikel yg mbahas “masalah ini” sudah
ditampilkan foto² Yamaha n Kawasaki…
Jadi jangan pada gelap mata menuduh
ada condong karena iklan pada side bar
🙂
Btw,
Suruh matikan lampu…no problem
Suruh nyalakan lampu…no problem
Aq sudah terbiasa menyalakan lampu sejak
digembar-gemborkan UU tersebut. Jadi
nggak canggung or bingung. Meski tidak
100% (kan liat² kondisi) nyalakan lampu
aq dukung program ini…
Lampu On siang hari untuk SAFETY.
Walaupun siang pandangan biker ataupun supir TETAP tidak fokus pada kendaraan di depan /samping or di belakang.
Lampu On membantu pengemudi, baik itu mobil+motor untuk mengukur posisi + speed kendaraan sendiri, kirikanan +depan.
manfaat positif sdh sy rasakan… jauh sebelum rame2 lampu hrs nyala.
1.Lawan dari depan bisa melihat kita.
2.Supir didepan tahu keberadaan kita di ki/ka belakang mobilnya (lwt spion)
Lampu gak pernah putus koq, kalau sering putus ityumah kelistrikan motornya/kabel yang gak beres
Yachh … tinggal masalah HABIT aja dan ATTITUDE untuk safety.
188. linoxs –
Bagaimana kalau sudah ugal-ugalan dan gak nyala pula.
Masih lebih bagus yang ugal-ugalan tapi masih mau nyalain lampu, minimal orang lain bisa mengantisipasi.
195. Marcus
gue demen ama komen elu,bro. Konsep nyala lampu siang terkandung sifat terlihat dan melihat pada suatu obyek yang menyala sehingga akan membuat otak merespon suatu benda bergerak. Unsur safety tetap jadi prioritas. Kalo mau peduli sama keselamatan di jalan raya, maka nyalakan saja lampu di siang hari selama di perjalanan. Mari kita kesampingkan dulu soal kelakuan oknum aparat,sparepart cepat rusak,tingkah biker ngawur di jalan,soal penghematan energi,pemanasan global,dll dsb.
Selain lampu dan aki yg mudah mati,reflektor/rmh lampu juga cpt hangus krn t’lalu panas cz lampu ON nonstop ciank dan mlm,jdi pabrikan jga hrs memperhatikan mutu reflektor mtr yg akan dikeluarkan nantinya.Reflektor mtr yg ori lumayan mahal chuy,sedang pake yg imitasi lampu jadi kurang terang dan cahaya kurang fokus kedepan.
sebenarnya sih setuju aja dengan peraturan baru, tpi juga harus bener2 dikaji dlu sebelum diterapkan,masalah belok kiri ikuti isyarat lampu aja ternyata malah menambah macet bukan memperlancar jalan.
memang maksudnya baik tapi kalo gak dikaji dan diuji dlu yg ada cuma bikin petaka…..
coba deh benahi dlu angkutan umum biar murah, aman, nyaman dan cepat spy orang pindah ke angkutan umum jd berkurang tu masalah kemacetan. dan juga kalo bikin aturan harusnya antar r2 dan r4 harus adil, karena ada kesan r4 di indo anak emas sedang r2 cuma tukang buat rusuh dan gara2, padahal sebenarnya gara2 pendidikan dan attitude pemakai jalan yg sebenarnya bejat krn di”karbit”, mungkin baiknya pihak yang berwenang bener2 mengkaji dlu sebelum nanti diterapkan malah menyusahkan orang banyak, mungkin sih gak terasa akibatnya tapi kalo dianiaya terus bisa pada anarkis semua kan repot semua akhirnya….
Pola dan kebiasaan masyarakat indonesia emang kudu berubah. mudah-mudahan campaign safety firstnya Honda dapat memberik pemahaman kepada masyarakat, krn yang keliatan kampanye safety nya cuma HONDA..
pertamax!!
2
keduax
yes…dpt podiumm….
baru baca…
salam one heart
4
Apa gak jadi pendek usia aki ❓
setuju kang….
bila ga nyala kena denda? Sanksi pelanggaran atau ditegur saja nantinya?
PERTAMAX diamankan…
wah siap2 lampu cepet mati…hehe
selap selip…
asal jangan angin – anginan saja….
klo dijalan bohlamnya mati gimana aturannya…?
biasa aja tuh.. dah biasa nyalain lampu..
Kalo nyala lampu senja aja bagaimana ya ?
Soalnya kebiasaan saya selalu nyalain biar gak ditubruk dari belakang mlulu.
Berkah buat yang jualan bohlam sama aki bakal banyak yang beli nih laris…lariss 😀
absenn
iya nih ,, kynya lebih musti waspada sama bohlam kalo mati di jalan bisa berabe,, pulisi juga kan langsung nilang tanpa tau sebab (masabodo teuing),,, beli lampu bohlam dluu dah yang cakep biar g mati d jalan
nyalain lampu sein dan klakson jg
Sebenarnya ribet juga, apalagi kalo dah panas jd semakin menyilaukan.
Untuk wilayah Indonesia rasanya kurang efektif, kecuali saat hujan, atau kalo berkendara malam tanpa lampu, bener2 bisa membahayakan…
iya kalo nyala lampu senja aja gmn?
apa kena tangkep?
secara saia ga punya motor c,,
ga ngaruh jg ma neh artikel,,
tapi poto paling atas,, mantapp..!!
ngeliat nya jadi pengennn,,
poto nomor 3 cantik,,
tapi di bgr lom pernah papasan ma tuh motor..
btw kang taufik,, dah liad byson di ekalos?
keliatan nya bantet gt ya? ga panjang,,
kok sepi yah..
wew
100.000??
cm gara2 g nyalain lampu??
terpaksa dah,
xixixi
-ins@ne-
hheemm,, siap siap bawa lili nih,,,
peraturan tahun depan
1.helm SNI
2.lampu harus hdp disiang hr
3.ban harus baru (usia ban max 8bln)
4.motor harus br (th 2000 keatas)
5.harus pake jaket kulit dan sepatu kulit
6.harus kaya biar g telat bayar pajak
7.harus motor sendiri (g boleh pinjam)
yang copot mika lampu belakang tilang juga tuh, silau man
iya kalo nyala lampu senja aja gmn?
apa kena tangkep?
secara saia ga punya motor c,,
ga ngaruh jg ma neh artikel,,
tapi poto paling atas,, mantapp..!!
ngeliat nya jadi pengennn,,
poto nomor 3 cantik,,
tapi di bgr lom pernah papasan ma tuh motor..
btw kang taufik,, dah liad byson di ekalos?
keliatan nya bantet gt ya? ga panjang,,,
rezeki buat p.pol
tak tambahin,,
8.harus kredit,,, kalo kes,, harus nunggu lama,,,
Pasal 293 UULLAJ No. 22 tahun 2009 berbunyi mengendarai sepeda motor di jalan tidak menyalakan lampu utama pada siang hari akan dipidana kurungan 15 hari denda Rp 100.000
======
kurungan 15 hari dan denda Rp 100.000
atau
kurungan 15 hari atau denda Rp 100.000 ???
Kalo di luar negri kayaknya emang wajb menyalkan lampu.. Makanya moge moge import lampunya gak bisa dimatiin… CBR 150 yang baru aja nggak ada switch lampunya…
@salman pedrosa
nyalain lampu sein dan klakson jg
=================================
kalau konvoi ntar 2014 pilpres 😀
uda terang hari malah pake nyalain lampu segala… nanti aturannya juga harus ditambah..
malam hari harus mematikan lampu kendaraan.. 😛
wah motor2 bakalan turun harga nih gara2 saklarnya diilangin satu…hehehe…
Di Surabaya suda sering saya lihat polisi menilang gara gara cuman lupa menyalakan lampu apa lg pada saat jam berangkat kantor….panen tuh polisi ^_^
Wih… Vixie R15 dmunculin lagee nih.. Manas2in YMKI nih mas Taufik euyy..
@uDien
kurungan 15 hari atau denda 100.000,,jd klo ga kuat bayar 100.000 y dikurung deh 15 hari di polsek/polres trdekat dari tkp,,wehehe
ane setuju aj sih lampu depan nyala,,
YMH memang sepatutnya jadi sponsor
secara pelanggaran di jalan itu kebanyakan motor garputala ….
*clungak clinguk liat fby ….
kabuuuurrrrr
bs nego ga nih..?,,,,hihihihihi.
kudu siap bawa senter kalo-kalo lampu motor bohlame mati…
setuju dah …..
@ pearl
thanks bro …
boleh2 aja nilang, tapi sebelum nilang pak polisi kudu nunjukin surat perintah tilangnya dia dulu :p
@ artan
sekalian bawa obor … kikikikik
*jusqding
ON terus..
apa efektif tu peraturanya….
Kalo motor dikasih/ditambah foglamp truz yang dinyalain foglampnya bukan lampu utama bawaannya boleh ngga ya?!
Lumayan daped 100rb buat nyate.
wah .. banyak aki-aki yang dehidrasi dong ..
wkwkwkwkwk….
Setuju2 aja asal emg bener2 diterapken, nda setengah2, apalagi seperempat2…..Klo DRL si di eropa sana mobil pun uda suru ngidupin juga, contoh coba liat New Mercedes Benz E-Class 2010 ini, uda ada lampu DRL berupa LED di deket bagian foglampnya, yang mobil mewah aja ngikut, gimana bikers?
kasih strobo sama klakson kapal gan…
biar lebih safety… 🙂
contoh kasus :
gimana nih,, pas kita dari rumah mau ke kantor (pagi jam 07:30)lampu sudah dalam keadaan menyala,,, tiba2 pas ditengah jalan lampu putus tanpa sepengetahuan kita,, (karena sudah terang,, jadi nggak ketauan kalo lampu putus/mati beda kalo putus/mati di malam hari) trus tiba2 om paul nyetop,, nilang kita karena lampu depan katanya nggak nyala,,, trus si om paul ngotot mau nilang kita,,, 🙁 🙁 🙁
foto yg nomor 1 keren mas bro kayak pelem Bikers Boys versi Indonesia…xixixi…
Hasim gak menyalakan lampu karena belum tau UU-nya
Polisi : He, mana sim ?
Hasim : Ke Alun-alun pak
Polisi : Mana sim ? (nada tinggi)
Hasim : Ke Alun-alun pak
Polisi (marah) : Kutilang kau !!!
Hasim (tersinggung) : Perkutut kau !
itulah akibat sosialisasi kurang …
(bodor.garing.com)
emang ngaruh yah klo siang2 pake ngidupin lampu..
keliatan idup sih! tp nga’ ngefek apa2…
ada2 aja nih…
46
mercon…tetep ditilang…gw pernah dibonceng….cmn pas belok..ada jeglokan…mati dah tuch lampu….langsung di setop!…sialnya ada polisi berdiri deket situ…..pas dah lewat…tuch lampu…mati idup..mati idup….
(kejadian malema hari)
kira2 mundur lagi ga ya.. :mregren:
dah always pak polisi..
@mercon & ashley :
buat persiapan bawa lampu senter aja.. jadi kalau mati, tinggal dikaretin di stang 😀 jos gandos tho
@Smile
emang ngaruh yah klo siang2 pake ngidupin lampu..
keliatan idup sih! tp nga’ ngefek apa2…
=======================================
Yang saya tahu tuh manfaatnya kalau kita nyalain lampu dan kita ada dibelakang mobil apalagi truck kita akan terlihat lewat spion mobil/truck tersebut..apalagi angkutan antar kota/bus sering parkir/menurunkan penumpang salah satunya
foto nomor pertama di atas itu
mereka club ninja 250 R yang sedang diskusi mencari warteg … soalnya dari pagi belum pada makan … xixixixi…
(jusqding.doang.)
susah untuk ‘like’ pada artikel ini karena kecenderungan ‘mendzalimi’ bikers sangat terlihat. trus angkot2 yg liar dan ugal2an gimana?
yang penting harus hitam atau putih, jangan abu2….
– “promo” polisi ini sangat baik buat kesehatan dan umur panjang
– bisa dianggap bagi2 rejeki buat polisi..
– hanya orang bodoh mau bagi “rejeki” ke polisi..
– bohlam stanley memang 100rebu, tp kan osram cuma 12rebu..bayangkan..
– nyawa dan obat ga sebanding harga bohlam+accu..
– ingat semua every body…kalo mau ditilang pulisi…liat dulu noooh…motor pulisi lampunya juga dah nyala blom…
– ingat doang loch yaah…
kekkekeke ^_^
mulai november ya, november emang bulan2 sibuk tutup laporan tahunan (nah loh oot) hehe….
stanley 100rebu..
osram 10-an rebu..
nyawa ?
obat..?
harga diri..?
entahlah….^_^
klo emang udah undang2 seharusnya di terapkan seluruh wilayah nkri, tp sekarang mungkin di br kota2 tertentu sj
@ 53 kang uDien
aya deui kang ngebodorna? engke ari nggeus seueur, tiasa ngarerejanten buku humor kitu…….
yg ditilang yg ga ada lampunya dulu, dismoke/lampu silau mika putih lah remnya.
malem ga nyalain lampu, atau cuma depan doank atau belakang aja yang nyala. ITU dulu jauh lbh berhabaya daripada yang sang2 ga pake lampu yg notabene udah ada matahari yang super terang
lahan obyekan baru,emang se terang apa sih nyalain lampu siang, trus kalo putus di jalan tiba2 di setop gimana tuh,,lumayan kan buat pemasukan minimal 50rb melayang..peraturan goblok
tinggal menyalahkan lampu aja apa susahnya sih.
mari kita dukung untuk kepentingan diri sendiri & orang lain.
kapan lagi berbuat baik.
Horeee gw jualan bohlam. Wah bakalan laris ne 😀
Horeee gw jualan bohlam. Wah bakalan laris ne 😀 wkwkwkwk bisa kaya gw
Masukan Buat produsen motor nih; 💡
1.Buat indikator display kalau lampu utama mati,
2.Tiap motor disediakan tempat bohlam cadangan,
Itu kalau dari pabriknya sudah disetting lampu nyala terus..
halah…. paling2 anget2 to**i doank… sama aja lah, siapin dulu deh aparat2 nya jangan kayak sterilisasi jalur bus way, pagi di jagain, sore atau kalo ujan di antepin gitu aja yang masuk jalur buswaynya.. apalagi kalo yang masuk banyak… hehehe aparatnya cuma bisa melototin doank.. payah
wah semakin gendut sama oknum polisi…
yes or not.
Siapa yg kuat dia yg mnang
biker cuma orang lemah,mau bela diri aja susah..kadang2 ada aja pulisi yg ga mau dnger pnjlasan dari kita,tpi g smua plisi d kita gitu.so terserah…
kalo biker siang hari harus nyalain lampu… gmn kalo mobil malam hari juga nyalain lampu kabin… biar lebih terlihat… kayaknya lebih safety tuh…
soal ngaruh ga ngaruh tuh lampu di idupin,,
ngaruh banget buat yang bawa mobil,,
jadi kalo mo ke kanan ato ke kiri,, pas liad spion,,
keliatan ada yang bersinar2 dikit,,
jadi tau kalo ada motor jadi berhati2,,
*semisal motor ada di blind spot*
buat yang bawa motor sendiri c ga ada ngaruh nya,,
siang dah terang gt,, nyalain lampu ga ada ngaruh,,
inti nya,,
pengen punya motor,, tapi lom kebeli,, 🙁
tapi kalo liad yang bawa motor suka kesel sendiri,,
ga pada tau aturan,, huft,,
dah gt kalo pul kerja liad yang bawa motor,,
bused,, banyak bangett,, kalo ane beli satu,, +macet aje,,
Yang jadi masalah adalah kalo menghidupkannya 50 meter sebelum ada polisi, tetep kena perkara nggak. Kan pelanggaran semacam ini tidak seperti tidak memakai helm, tidak membawa SIM, yang dengan mudah dinyalakan begitu saja.
@Mercon: Kalo mati kan bukan tidak menghidupkan lampu.
@ Kang Arif
Ada seorang pecinta lingkungan tidak mau menyalakan lampu motornya di siang hari, langsung saja polisi menyuruhnya menepi …
Polisi : Kenapa Anda tidak menyalakan lampu?
Pecinta lingkungan : Lagi hemat energi pak !
mobil juga ya?@#$$
@momod
enak d elu ga enak d gua.
Moga aje ada diskon dr elu mod
@anton : nah itu dia masalahnya masbro,, kadang om paul ada yang nggak mau ngerti penjelasan biker,,
@udien
pa polisi ngeles:
jawabnya :knapa lu pake kuda besi klo lg hemat energi ga sekalian pake kuda asli.
Yg jelas uu d kt g prnh jelas,lmpu d nyalain tpi yg bwa mbil or mtor ga ati2,te2p kclakan bs trjdi.jd nu pnting mah titi dj n titi kamal.
@ terong amnesia ,
kalo biker siang hari harus nyalain lampu… gmn kalo mobil malam hari juga nyalain lampu kabin… biar lebih terlihat… kayaknya lebih safety tuh…
===================>
terlihat ama garong kampak merah…….ndas-mus..panjulll
^_^
jayalah bangsaku…
macetlah jakarta…
^_^
Ni peraturan seluruh indonesia or jakarta aja kang taufik ?
@kausar,
lahan obyekan baru,emang se terang apa sih nyalain lampu siang, trus kalo putus di jalan tiba2 di setop gimana tuh,,lumayan kan buat pemasukan minimal 50rb melayang..peraturan goblok
===============================>
– ini bocah ketahuan ga pernah bawa mobil dan liat spion ke belakang…
– putus di setop..ya apes kwadrat..
– yang bodoh tuh mau ngasih 50rb ke pulisi…tawar dong…12rb…atau 15rb…
– biasakan, motor gak kumplit…bawa uang sedikit aje…kasih liat pulisi noh dompet..
^_^
menyalakan lampu depan saat siang hari hanya akan memboroskan energi.
Sebaiknya kita mengurangi hal-hal yang dapat memercepat global warming.
“OUR EARTH NEED TO BE SAVED”
Waow
100rb
15 hari
Diterapkan dimana itu mas taufik????
Kalo di malang ya sudah mulai dilaksanakan dari kemaren2. tapi ya tetep aja banyak yang tidak menghiraukan.
klo lmpu dpn mati,,pasangin lampu teplok aja…
xixixixixiixixix………..
ane punya penglman ma yg namany plsi,wktu itu ane lg mau plang k bdg lwat krwang,cuma gara2 nyalain lmpu sein knan..ane kira rambu yg ada d jln ntu buat k bdg via jlur altrnatif makanye dari jrak 20m ane idupin tuh lmpu sein knan eh pas udah dket taunya via tol trus ane matiin tuh lmpu sein jdi ambil lurus aje..eh ga taunye ada 2mtr plisi ngejar,trus d tlang dngn alsan nylain lmpu sein knan tpi g jd blok knan..pdhal udah lngsung d matiin trus yg lbih prahny kndsi d jln sepi bnget d blakang g ada sama skli kndrbn laen.wktu itu jam 3pagi.jdi mnurut ane ga trlalu mngangu pengguna jln yg laen.dalem ati..bilang aje nyari buat sarapan.
Itu yg gue mksud plsi g prnh mau dnger pnjlsn.taunye cuma duit..duit.kalo ane nekad belok knan masuk tol tnpa menghiraukn rmbu2 jln baru masuk akal ane d tilang.bukannya ngasih tau jln orang mau nyasar.mana aplikasi dr slalu siap mlyni msyrkt.
halahhhhh silup pancen mblegedesssss…
kakean peraturan… sithik sing diterapk’e.
Sak janya Silup gak usah kakean cangap,
Sing gak pake helem dulu ditertibkan, yang ngelanggar lampu merah termasuk marka2 ditertibkan, lha kok mecolot gak karuan… apa mereka memang sengaja memperluas celah untuk mendapatkan uang sarapan ??
Maklum Silup2 njaga jalan kalo pagi doang… siangan dikit pada ngiyup .. wedhi meleng2.
Lampunya terang jalanya masih banyak yang berlubang…. Sama aja
kalo langsung ditilang mungkin ane kurang begitu setuju… ambil contoh begini, bohlam lampu kan ada umurnya. semisal kita siang2 ga nyadar bohlam lampu depan kita putus padahal saklar lampu dalam posisi on, apa nggak nyesek tuh tiba2 di sumprit pak polisi. mungkin ada baeknya begini dibuat sebuah regulasi yg lebih memihak bikers, kan aturan tsb ada juga demi kebaikan bikers juga. untuk kasus diatas dari pihak polisi mungkin bisa memberikan surat tilang sementara minimal diberi waktu buat bikers tersebut untuk mengganti lampu di bengkel terdekat. setelah itu baru si bikers tsb kembali ke tempat dia di tilang td untuk menukar surat tilangnya dengan stnk atau sim yang ditahan oleh polisi td. dengan syarat lampune dah nyala kembali tentunya. win-win solution menurut ane, dan insya allah tujuan utama peraturan tersebut akan lebih mengena pada bikers.. jadi gak asal maen tilang gitu…
@awakku,
rasis_jawir_detected.com 🙂
nasib ujung tombak …
siap” beli reflektor lampu, bohlam ma aki.
mung iso ngelus dodo
@ Hafifi,
Lampunya terang jalanya masih banyak yang berlubang…. Sama aja
==================>
– ada2 sahajaaa….
– lampu siang bukan buat cari lobang om…itu mah di kramat tunggak aja kaleee…
– lampu siang buat HIGH SPEED om…high speeed..
aya2 waaahaaeee…^_^
Kapan ya terakhir kali baca ngaji di Blog?
siap” tuku reflektor sing leleh kepanasen, bohlam ‘n aki.
Mung iso ngelus dodo
Sharusny ni aturan dbuat local project dulu…..Utk langkah ptamany d jln2 protokol/ tmpt yg rawan (misal jln raya bogor,cawang atau grogol) dulu……bwt pnelitian hub antara pgunaan d lmpu siang hr sm pnurunan kcelakaan d jln……klo hsilny positif bs jd contoh sm msyarakat……
Kalo di tempat saya bulan agustus dah main tilang aja, coz saya sendiri kena tilang gara2 spion tunggal tapi didepan saya kena gara2 lampu
mendingan kurungan 15 hari ….
kebijaksanaan tolol sedunia.., diskriminatif, boros energi
kena jebakan uya kuya… mangstab gan hehehe
@noboy…
kapak merah apa sih di crb ga musim… disini musimnya mangga gedong gincu…
pengalaman saya malah kalo nyalakan lampu depan mobil-mobil tambah galak seperti mau mepet. mgkn yg naek mobil seperti ditantang “emangnya kalo pake lampu gua harus minggir!!” monggo dicoba sendiri nyalakan lampu siang hari.
maap yah mas taufik…..
eh disni ada desainer yg masih nganggur gak?….serius neh…..
katanya hemat energi, katanya mencegah global warming, ini yang salah yang mbuat undang2 ato undang2nya, lagunya slank betul tuh UUD (Ujung Ujungnya Duit) setubuh saudara saudara…..
ayo kita pilih kurungan 15 hari wae.. gae peraturan ra bjaji..
@noboy…
pengemudi mobilnya krukupan kam*es merah aja biar aman…
banyak bngt ya praturan buat biker,ga kaya mobil yg jarang denger kabar yg ga enak.
klo lampu utama nyala disiang hari kan seenggaknya lampu dipanel speedometer jg nyala tuh,kan mubazir lampu speedo nyala tp ga ada manfaatnya tp malah jd tekor listrik disiang hari.
coba ada sensornya yg kaya dihandphone klo kena cahaya,lampu speedonya mati trus klo gelap dia nyala deh.
kalo lagi panas tambah menyilaukan…menurut saya tetep kurang efisien.
tapi peraturan ini cocok kalo lg musim ujan.
(mungkin…)
yang paling ngeri kalau yamaha menjadi partner seakan menjadi spongsor, ini artinya yamaha sangat mendukung program tersebut. Bagusnya pragram ini safety dan mungkin akan bagus di mata loyalis lampu siang.
namun bila banyak yang kontra dengan peraturan ini tentu boleh jadi FBH akan bertambah banyak karena tak setuju dengan aksi yamaha mendukung kebijakan ini.
Wah emang berguna banget, baru saya sadari ketika saya baru bisa naik mobil, kalo motor nyalain lampu pasti langsung keliatan di spion mobil…
semoga bohlam di rumah saya juga larismanis
aseen
yang paling ngeri kalo polisi berpantre dengan para bonsai ers……
tambah belanja bohlam neh !
Lampu DRL pake LED pasti keren dah, kayak di Bus-bus ta0n 2010.
peraturan bisa apa aja.. tapi kalo yang bikin peraturan asal bikin dan tanpa di jalani dengan benar (termasuk adanya reward and punishment yang jelas) akan sama juga sami mawon..
yang namannya para pemimpin negara ini kan paling jago “membuat” tapi untuk menjalankannya dan merawat paling bego..
liat aja berapa banyak penunjuk tingkat polusi udara yang dah jadi tugu butut..? halte busway yang dah kek kandang sapi.. beuhhhhhh gemesss gw
Setuju sekali dengan peraturan ini,
Di daerah saya juga naik motor wajib menyalakan lampu pada siang hari,
Mantap,
Dan jangan lupa pakai Helm.
One HEART…….Bravo Honda
Gw jualan bohlan euy…Bkalan laris ne 😀
Setuju aja selama berkaitan dgn program safety riding, tapi selalu aja ada peraturan baru, padahal hal-hal lain msh bnyk yg blm diterapkan dgn baik..
Siap siap ngitung laba aaachhh 😀
Berkat bohlam n accue, gue bkalan jd orang kaya euy 😀
ikut aja bang opik, daripada daripada hehe..
@ 84. pies
@udien
pa polisi ngeles:
jawabnya :knapa lu pake kuda besi klo lg hemat energi ga sekalian pake kuda asli.
======
Kudan aslinya lagi diservice di bengkel pak …
buihihihihi ….. 😀
seorang newbie siang hari lupa menyalakan lampu
ketangkap polisi, sontak saja gemeter …
Polisi : Kenapa lampunya gak dinyalakan ?
Newbie (bingung) : Eh … anu pa, eh, .. apa yah, o iya pak … ada gangguan dari PLN ….
mbhu hahahahahahhahaha
masih banyak janda2 muda bertebaran eh motor pulisi lampunya gak dinyalahin……kena ga tuh ama BM…^_^
motor penting, harus ngalah…
pake protes segala..boroslah ..apalah..tengiiill…
gw aje nyala non stop lampu depan gara2 switch on offnya macet karatan jadi pas hidup lampu langsung nyala ga bisa dimatii …oke2 beibeeeehh…..
paling banter, air aki turun wajar…
timah kaki bohlam kepanasan…tinggal solder…
ato ganti LED, awet dan murah, paling awalnya dulu mahal,
gak masalah…
mau sehat …
mau modal…
mau coba..
^_^
@udien,
kagak lucu Dien, jgn dipaksakan…
ingat…pesan orangtua..
humor thole..murahan..
humor thole..terlalu dipaksakan..
humor thole..bisa diabaikan..
yang lucu dikit napa….
^_^
semoga saja segera berlalu,
seperti yang sudah2.
bulan ini ada aturan baru,
bulan baru udah ga berlaku.
lagian kalo disetop sih mending ngabur.
ngapain setor duit ama pak pol.
😆
Hayo para FBY, siap belum ngikuti programe Yamaha?
Kalau saya sih, sudah tidak pernah matiin lampu utama. Sekaligus sudah tidak pernah mikir nyalain, baik siang ato malam.
Tapi belum pernah ngalami Lampu putus, sih. Kalau ini memang repot juga. Pasti pengendara tidak tahu kalau lampunya putus pas berkendara siang hari.
Bagi yang ketangkep,Bagaimana kalau solusinga, suruh nyalain lampu dim/lampu jauh, kalau masih nyala, berarti memang belum lama putusnya. Yang seperti ini pak polisi bisa memberi bohlam baru, kalau perlu ada jasa pemasangannya.(bagi-bagi helm saja mampu)
Tapi jika ternyata, setelah dicek, seluruh lampu yernyata menyala, atau sebaliknya, tidak menyala, ya tilang saja, tanpa kompromi.
Bagaimana kalau pak polisi nyiapi bohlam, bagi pengendara yang baru mengalami putus lampu?
Imdikasinya, lampu jauh masih bisa dinyalakan.
Biar kagak dituduh yang tidak-tidak.
@ noboy
lupa pake (bodor.garing.com)
kikikikikik ….
Sikat dulu tuh yang suka pakai lampu belakang warna putih.
Biasanya motor yang nungging-nungging dan suka pethakilan, yang sering pakai.
@udien : hahahahahaha,,, lucu,,,
*menghargai yang bikin humor,,,
Peraturan menyalakan lampu di siang hari menurut saya bukan sebuah langkah yang efektif untuk alasan mengurangi kecelakaan di jalan raya.
Peraturan tersebut mungkin sebuah solusi tapi bukan solusi yang lebih baik. Jika di skala 1-10 mungkin cuma di posisi 1. Sebab menurut saya masih banyak solusi jitu lainnya yang bisa di terapkan baik oleh aparat penegak hukum maupun masyarakat pengguna jalan raya.
dari sisi pengguna jalan raya :
– berkendara dalam kondisi sadar dan sehat (tidak sedang sakit apalagi mabuk)
– mengenakan perlengkapan perlidungan standar seperti helm, sepatu tertutup (bagi pengendara R2)
– mematuhi rambu-rambu lalu lintas.
– berkendara dalam kecepatan yang wajar
– memastikan seluruh komponen kendaraan berfungsi dengan baik terutama rem.
dari sisi penegak hukum :
– perbanyak sosialisasi yang mengarah pada pemahaman dan pendidikan dan bukan sekedar pengetahuan.
– proses pembuatan sim harus lebih selektif
– perbanyak jumlah personil di jalan raya
– tidak memberi contoh buruk kepada masyarakat dengan ikut ugal-ugalan di jalan raya.
itu adalah beberapa solusi yang lebih baik menurut saya dibandingkan dengan peraturan menyalakan lampu di siang hari.
pemerintah sendiri menghimbau untuk memadamkan listrik pada rentang jam tertentu untuk menghemat energi, sementara di jalan raya terjadi pemborosan energi sepanjang hari dengan menyalakan lampu kendaraan. apakah ini tidak kontradiktif ???
mungkin hal ini lebih baik sebagai himbauan bukan sebagai peraturan yang ada hukumannya. jika di langgar sebaiknya petugas bersikap mengingatkan untuk berhati-hati dan menghimbau kalau boleh menyalakan lampu untuk lebih aman.
hampir semua kecelakaan di jalan raya di sebabkan oleh pengendara yang tidak tertib dalam berkendara.
Banyak yang kebakaran alis, solae gak punya jenggot, hayo siapa tuh, hari gini masih sulit diajak tertib.
si boy naek motor siang hari
karena melamun ditinggal kekasihnya, dia lupa menyalakan lampu motornya, langsung disuruh menepi oleh polisi …
Polisi : Kenapa Anda tidak menyalakan lampu ?
Boy : Eeehh… lampunya putus pak (ngeles sambil terus melamun)
Polisi : Kenapa bisa putus
Boy (yang masih melamun) : Bukan salah saya pak, si Susi pacar saya yang mutusin …. (sambil raut wajahnya mau mewek)
(bodor.garing.com)
noboy boleh tidak tertawa ….
kakakakakakak
Wah,katanya klo nyalain lampu d siang hari nyebabin bohlam leleh y???
Memang pantas, kalau pengembangan motor masih dipercayakan pada Thailand. Ternyata secara budaya tertib dan disiplin, mereka lebih dari kita.
Bayangkan, di sana , mesin mootor nyala, lampu langung nyala. Nah, kalau kita?
Safety riding, YES.
Pungli, NOW.
motor aing kumaha aing.!!
nyangkut…
Peraturan menyalakan lampu di siang hari menurut saya bukan sebuah langkah yang efektif untuk alasan mengurangi kecelakaan di jalan raya.
Peraturan tersebut mungkin sebuah solusi tapi bukan solusi yang lebih baik. Jika di skala 1-10 mungkin cuma di posisi 1. Sebab menurut saya masih banyak solusi jitu lainnya yang bisa di terapkan baik oleh aparat penegak hukum maupun masyarakat pengguna jalan raya.
dari sisi pengguna jalan raya :
– berkendara dalam kondisi sadar dan sehat (tidak sedang sakit apalagi mabuk)
– mengenakan perlengkapan perlidungan standar seperti helm, sepatu tertutup (bagi pengendara R2)
– mematuhi rambu-rambu lalu lintas.
– berkendara dalam kecepatan yang wajar
– memastikan seluruh komponen kendaraan berfungsi dengan baik terutama rem.
dari sisi penegak hukum :
– perbanyak sosialisasi yang mengarah pada pemahaman dan pendidikan dan bukan sekedar pengetahuan.
– proses pembuatan sim harus lebih selektif
– perbanyak jumlah personil di jalan raya
– tidak memberi contoh buruk kepada masyarakat dengan ikut ugal-ugalan di jalan raya.
itu adalah beberapa solusi yang lebih baik menurut saya dibandingkan dengan peraturan menyalakan lampu di siang hari.
pemerintah sendiri menghimbau untuk memadamkan listrik pada rentang jam tertentu untuk menghemat energi, sementara di jalan raya terjadi pemborosan energi sepanjang hari dengan menyalakan lampu kendaraan. apakah ini tidak kontradiktif ???
mungkin hal ini lebih baik sebagai himbauan bukan sebagai peraturan yang ada hukumannya. jika di langgar sebaiknya petugas bersikap mengingatkan untuk berhati-hati dan menghimbau kalau boleh menyalakan lampu untuk lebih aman.
hampir semua kecelakaan di jalan raya di sebabkan oleh pengendara yang tidak tertib dalam berkendara
salam.
ha…ha….ha….(ketawa bos2 jaman baheula..di film2 dono)
Rider menggerung2kan knalpotnya yang super brisik
Tetangga menegur : “Punten jang jangan di sini, ada bayi lagi tidur”
Rider : “Motor aing, kumaha aing”
Lalu dia pergi dan kebut-kebutan di komplek perumahan
Satpam mencegat dan menegurnya : “Maaf kang, jangan kebut-kebut di sini”
Rider : “Motor aing kumaha aing”
Akhirnya rider ke jalan raya dan lupa menyalakan lampunya, polisi mencegat dan menyuruhnya menepi
Polisi : “Kenapa Anda tidak menyalakan lampu”
Rider : “Motor aing kumaha aing”
Polisi melayangkan bogemnya, hiuuuukkk jelebet ……. modar siah …
(bodor.garing.com)
Usul buat yang bikin motor kalau begitu.. agar di permudah buka kap lampunya, kalo bohlamnya mati biar gampang gantinya
136. Yanesui – Oktober 12, 2010
nyangkut…
Bhuahahahhaaha…… tumben yamaha teriak sefti raiding……. kemana aja selama ini???? yemehek..yemehek…. ngembek aja yg di tongolin…
@udien : hahahahahaha,,,, lucu,,,,
*menghargai yang bikin humor,,,,
giliran mengembek sefti raiding, iklan baru si meong di potong tu aksi ngejamping jembatan reot….. mbeeekkkk………
Fbh :
Kenapa Ymh berencana bekerja sama dengan Polda Metr* J*ya pada Oktober ini untuk memulai lagi program sosialisasi Daytime running Light (DRL)??
Petinggi Ymh :untuk sefty riding …
Fbh : hahahahahahahhahahahha
Petinggi Ymh :Kenapa Anda tertawa
Fbh : untuk menghargai yang bikin humor …
(bodor.garing.com)
ga lucu..
( thole mode : on )
136. nhd – Oktober 12, 2010
Sikat dulu tuh yang suka pakai lampu belakang warna putih.
Biasanya motor yang nungging-nungging dan suka pethakilan, yang sering pakai.
——————————————————
setuju!!!!seharusnya yang begini yang dihajar duluan..lampu utama dibikin redup/atau warna warni ga jelas..eh lampu rem diubah warna putih..dasar alay xixi..
alay soulny sedang sick
wah kalo YAMAHA lampunya otomatis nyala terus selama motor nyala, bisa diomelin orang kalo lewat gang malem2 pas di situ banyak yg orang nongkrong..
GAK SETUJU sama YAMAHA, tp setuju dgn peraturan lampu nyala siang dan malam.
bahaya tuh apa lg kalo ujan walaupun siang coz mobil gak bs liat pengendara belakang dr spion kcuali ada sinar lampunya
146. Yanesui
Yah, bagaimana mau nuruti yang seabreg gitu, kalau yang tinggal klik saja, masih banyak ngeles. Mental tidak taat aturannya itu yang paling utama.
tapi serius…lampu menyala walau siang lebih terlihat drpada enggak loh…percaya deh…
154. uDien D’Kabayan
Saya juga tertawa..Hahahaha, tumben.
149. Tukang Dodolan
Setujuh, masak pasang bhlam saja harus ke bengkel?
161 setuju bro, seperti aku yg udah pandangan tak jelas ini, jadi lebih jelas je!
Disinyalir petinggi Y-m-h- akan banyak diprotes konsumennya. Tau kenapa?
^^^^^
Bikin program yang gak match.
wah mas ..bukankan spd motor di negri ini masih banyak yg pake sistem ac? alias nya kl nyalain lampu bisa menurunkan daya motor ato bisa dibilang tambah boros bbm ? kmdian panas yg dihasilkan lampu itu sendiri bila harus slalu hidup di siang bolong?? perlu di rombak dulu semua tuh motor agar gak boros bbm nya bila harus hidup lampunya…spt pada motor laki kebanyakan..
nyangkut 😀 hehehe
ah, paling anget2 t@i ayam
ane pribadi sih g keberatan soalnya ane dah nyalain lampu motor semenjak 2 tahun yg lalu dan ampe sekarang g masalah sama aki nya, bohlam juga masih awet tuh padahal sehari ane bs make motor 2jam-an yah mungkin g seberapalah dg pengguna kendaraan roda 2 lain yg lbh senior. tp nyalain lampu tuh bener2 kerasa gunanya, ane dah bbrp kali terselamatkan gr2 lampu nyala soalnya srg bgt mobil yg lg muter suka g liat2 dlu ato memang g keliatan gr2 blind spot tp dg lampu nyala mereka sadar ada motor di deket mobil tsb
Soal global warming?? wah ane smpe skrg msh bingung apa hubungannya global warming sm penggunaan lampu kendaraan di siang hari klo listrik di rumah ok lah tp klo lampu kendaraan? kan dari aki, ap msh pengaruh ke global warming ya? klo gitu motor listrik tuh g ramah lingkungan karena pake listrik dr aki kan??
klo soal aki bekasnya itu kan udah ada regulasi dr pemerintah setiap negara bagaimana cara mendaur ulang nya, dan cuma bbrp perusahaan yg diberi izin untuk mendaur ulangnya, itupun pengawasannya ketat.
@ uDien D’Kabayan
Kreatif bener, makan apa tadi? Bohlam ya? 🙂
@ all
Ada yg tahu nggak, bohlam led yg awet, kayaknya banyak yg butuh nih. Selama ini aku pakai lampu osram 18w di kiri utk siang, 35w di kanan buat malam. Tapi ya gitu, yg kiri nggak pakai lama menghitam, terus mati.
Kok masuk jaring yah?
Yg bilang bohlam awet walau nyala siang malam berarti jarang pakai tuh, atau nyala kalau di depan polisi saja. Dibanding hanya nyala malam saja, umurnya nggak sampai sepertiga utk tipe bohlam yg sama.
@mas taufik
Bicara mengenai attitude para biker
indonesia, saya menilai sebenarnya Biker
kita itu penurut .
———————————————
Wah buat pernyataan yg satu ini ga berlaku di medan dan sebagian kota d pulau sumatra lainnya…
Jangankan disuru nyalain lampu, sukur2 lampunya ada…
sukur2 jg klo tu motor ada stop lamp…
Klo disuru pake helm jawabannya… ” ngapain pulak awak pakek helm..gak maen la….kepala awak lebih keras lg dr helm itu.. Cemananyaaa inii”
167. MAZMAN
Makanya beli motor yang irit BBM
@ Joko
Makan avatarnya thole … xixixixixi…
kenapa kalian ribut dan jd rada bego?kalau memang tujuanya baik knp tdk dicoba?apalagi sdh menjadi UU.hasilnya tentu akan ada evaluasi.kalau bs mengurangi jumlah kecelakaan roda dua ya dilanjut aja.
@ Awakku
ane setuju man ente.
ane heran dengan aturan di Indonesia, banyak banget tpi pelaksanaannya nol, mang bener yg bikin aturan tuh DPR, tp kan DPR punya hak mengawasi, di bogor pembonceng ga pake helm lewat depan polisi biasa ja, kaif?
kl baca tulisannya arie slight, mang kita harus intropeksi, jgn banyakin aturannya, tp mulailah konsisten menjalankan aturan yg dah ada, jangan-jangan ni undang-undang cuma buat alasan rapat sidang ma study banding. yg menghasilkan. semoga ga terlalu su’udzon.
Orang kita pasling susah diajak disiplin, solusinya ya bikin lampu DRL….
Jadi ngikut negeri tetangga Thai dunk…
Di Pare sudah dilakukan tilang di tempat.
Cekidot infonya=====>>>>
http://touringrider.wordpress.com/2010/10/13/nyala-atau-dendatilang/
Kediri sudah melaksanakan : “Nyala atau Denda Tilang”
=================
http://touringrider.wordpress.com/2010/10/13/nyala-atau-dendatilang/
Sudah saatnya ATPM nasional memproduksi motor dengan kunci kontak “mesin hidup lampu utama” juga hidup bersamaan (contohnya CBR 150cc). Masih ada saja yang pemilik Ciber tadi memodifikasi lampu utama (head lamp) supaya bisa dimatikan saat kunci kontak diposisi “ON”.
Faktor keselamatan bersama jadi prioritas utama setelah masuk liang lahat.hehehehe
Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali melaksanakan nyala lampu utama siang hari ini. Aku dukung pak Polisi aja. Supaya lampu utama tidak cepat mati/bikin buram kaca/panas, sebaiknya bola lampu ganti jenis LED.
kalau dipikir2 ternyata adanya aturan2 baru lebih disebabkan ketidak mampuan om paul dalam tugasnya…coba waktu ngurus sim testnya dilaksanakan benar2 sesuai prosedur yg ada pasti yg lulus yah sbagian besar adalah orang2 yang bener2 tau aturan lalin…yg anehnya ada sopir angkot ga fasih baca tulis bisa punya sim???lha…
fakta brikutnya, om paul lebih suka nongkrong dipersimpangan yg lampu rambu2 nyala dibanding yg ga nyala…lha??
absen gaan, langsung ketawa ah..
huahahhaha….akhirnya
udien lucu juga…
huahahahha…..
^_^
mudah2an ini bisa diterapkan kesmua pelosok Indonesia… salam One Heart
benerin dulu aparatnya tuh sbelum nerapin aturan…
logikanya gini bro mo masuk silop butuh dana yg g sedikit(uda jd rahasia umum bro). jadi di otak oknum silop tuh gimana caranya duit tuh balik modal…
y uda dilupain deh pedoman POLRI yg melindungi dan mengayomi masyarakat….
jd ktemu mereka di lapangan tuh kaya ngeliat atm berjalan, pikirannya gimana caranya duit biker tuh keluar, uda g punya kejaksanaan n rasa kemanusiaan mereka!!
tilang yg bener walaupun kita nitip ke polisi, tetap dpt kwitansi n uang titipan kita ditulis dg benar…
coba ente liat oknum POLANTAS yg dilapangan bisa g ente baca namanya?pasti di tutup2in ama tuh HT, klo pun kita ditilang nama terang mereka ditulis g jelas!!
mending tilang bro, dr pd titip duit
bravo POLRI
@anton,
mending nego kalo masih bisa..
dan
mending tilang kalo gak mau dinego..
bukan begitu bro..?
^_^
Biar nyalain lampu 100 biji juga kalo cara bawa nya ugal2an ya sama aja. (_ _”)
nyalain lampu disiang hari..hmm.. itu ditujukan untuk pengendara mobil saja ( imto ) jadi di spion mereka ( pengendara mobil ) kita ( pengendara motor) akan kelihatan, untuk pengendara motor yang berlawanan arah… itu menyilaukan… bagaimana coba ?
ikut mendukung light on..
To: all, (Gambar no 1 di-atas) Where is Taufik?? 😀
Tuuu…
Artikel yg mbahas “masalah ini” sudah
ditampilkan foto² Yamaha n Kawasaki…
Jadi jangan pada gelap mata menuduh
ada condong karena iklan pada side bar
🙂
Btw,
Suruh matikan lampu…no problem
Suruh nyalakan lampu…no problem
Aq sudah terbiasa menyalakan lampu sejak
digembar-gemborkan UU tersebut. Jadi
nggak canggung or bingung. Meski tidak
100% (kan liat² kondisi) nyalakan lampu
aq dukung program ini…
ijin ripos ya om mpiiik…..
trararengkyu…
pabrik bohlam laris manis … CMIIW
Lampu On siang hari untuk SAFETY.
Walaupun siang pandangan biker ataupun supir TETAP tidak fokus pada kendaraan di depan /samping or di belakang.
Lampu On membantu pengemudi, baik itu mobil+motor untuk mengukur posisi + speed kendaraan sendiri, kirikanan +depan.
manfaat positif sdh sy rasakan… jauh sebelum rame2 lampu hrs nyala.
1.Lawan dari depan bisa melihat kita.
2.Supir didepan tahu keberadaan kita di ki/ka belakang mobilnya (lwt spion)
Lampu gak pernah putus koq, kalau sering putus ityumah kelistrikan motornya/kabel yang gak beres
Yachh … tinggal masalah HABIT aja dan ATTITUDE untuk safety.
188. linoxs –
Bagaimana kalau sudah ugal-ugalan dan gak nyala pula.
Masih lebih bagus yang ugal-ugalan tapi masih mau nyalain lampu, minimal orang lain bisa mengantisipasi.
195. Marcus
gue demen ama komen elu,bro. Konsep nyala lampu siang terkandung sifat terlihat dan melihat pada suatu obyek yang menyala sehingga akan membuat otak merespon suatu benda bergerak. Unsur safety tetap jadi prioritas. Kalo mau peduli sama keselamatan di jalan raya, maka nyalakan saja lampu di siang hari selama di perjalanan. Mari kita kesampingkan dulu soal kelakuan oknum aparat,sparepart cepat rusak,tingkah biker ngawur di jalan,soal penghematan energi,pemanasan global,dll dsb.
Selain lampu dan aki yg mudah mati,reflektor/rmh lampu juga cpt hangus krn t’lalu panas cz lampu ON nonstop ciank dan mlm,jdi pabrikan jga hrs memperhatikan mutu reflektor mtr yg akan dikeluarkan nantinya.Reflektor mtr yg ori lumayan mahal chuy,sedang pake yg imitasi lampu jadi kurang terang dan cahaya kurang fokus kedepan.
Gambar atasnya kok malah Ninja 250 bro taufik, nggak Yamahanya yg dipajang. btw Siip artikelnya.
sebenarnya sih setuju aja dengan peraturan baru, tpi juga harus bener2 dikaji dlu sebelum diterapkan,masalah belok kiri ikuti isyarat lampu aja ternyata malah menambah macet bukan memperlancar jalan.
memang maksudnya baik tapi kalo gak dikaji dan diuji dlu yg ada cuma bikin petaka…..
coba deh benahi dlu angkutan umum biar murah, aman, nyaman dan cepat spy orang pindah ke angkutan umum jd berkurang tu masalah kemacetan. dan juga kalo bikin aturan harusnya antar r2 dan r4 harus adil, karena ada kesan r4 di indo anak emas sedang r2 cuma tukang buat rusuh dan gara2, padahal sebenarnya gara2 pendidikan dan attitude pemakai jalan yg sebenarnya bejat krn di”karbit”, mungkin baiknya pihak yang berwenang bener2 mengkaji dlu sebelum nanti diterapkan malah menyusahkan orang banyak, mungkin sih gak terasa akibatnya tapi kalo dianiaya terus bisa pada anarkis semua kan repot semua akhirnya….
Halah aneh2 aj TMC, mau cari duid jajan tambahan kali ni pa polny :p
Pola dan kebiasaan masyarakat indonesia emang kudu berubah. mudah-mudahan campaign safety firstnya Honda dapat memberik pemahaman kepada masyarakat, krn yang keliatan kampanye safety nya cuma HONDA..