Bro sekalian, dari Judul sudah jelas banget bahwa Dalam Acara Workshop Injeksi Warung Yamaha Kemarin bahwa Yamaha sudah memulai Kampanye pengenalam Product Knowledge tentang Sistem Injeksi Yamaha Yang bernama YMJET-Fi. Sistem Injeksi ini cukup berbeda dengan Sistem Injeksi yang di benamkan di Yamaha V-Ixion. Apa Aja Bedanya Bro . . . Okeh kita mulai bersama ya . . .
🙄 Ada dua jalur aliran Udara
Karakteristik Pertama adalah Sistem ini punya dua Jalur air intake (jalur udara) Bro bisa lihat di Gambar atas bahwa Udara Yang akan digunakan untuk pembakaran memiliki dua passage atau dua Jalur Yakni . . . Main Intake Passage dan Air Assist Pasage. Lho pake dua dua segala . . . emang apa sih Fungsinya bro? jadi gini Air Assist passage digunakan saat motor berada dalam keadaan Iddle atau rpm rendah atau saat Pelintiran Gas ditutup.Tujuannya apa? Biar pembakaran saat Iddle nggak terlalu hambur hambur alias boros . . . So Misinya adalah . . . EFESIENSI BAHAN BAKAR !!
🙄 di Intake manifold ada dua Klep
Lha Koq Motor tau aje sat mesin Iddle? Nah kalo itu tugasnya sensor dah . .. Yang pasti Saat Iddle atau rpm rendah udara masuk ke ruang bakar nggak liwat main passage tapi jalur lain yang lebih kecil. Lha gimana caranya udara nggak masuk ke Main passage . . . Nah ini adalah penjelasan dari Karakteristik ke dua yakni Sistem ini memiliki dua klep Throttle yakni Upstream dan Downstream Throttle Valve . . . nggak mudeng juga? silahkan simak Video berikut ini 😀
[youtube=http://www.youtube.com/watch?feature=player_detailpage&v=TLfjpUA2ZJU]
Saat rpm rendah, Klep DownStream nutup, Klep Upstream tetep kebuka sehingga udara masuk Via Air Assist Pasage. Nah baru deh saat gas dibetot, udara masuk Via Main Air Intake Passage karena Klep downstream kebuka . . . Wah . . . sistem tahu kapan saat betot gas menghasilkan performa tinggi dan sistem tau kapan kudu harus hemat bahan bakar . . . smart !!
🙄 beda hasil semprotan antara Injeksi biasa dan YMJET-FI
tunggu dulu belom selesai . . . di sistem yamaha M-Jet Fi ini sistem dan pola penyemprotan bahan bakar oleh Injector pun berbeda dengan V-Ixion ataupun sistem Injeksi konvensional lainnya . . . Jika sistem Injeksi Konvensional semprotan bbm dari Injector serupa dengan rintik rintik hujan . . . namuan di sistem Yamaha Jet Fi . . . hasil semprotannya lebih seperti asap dengan tingkat atomisasi lebih kecil. Bentuk sebarannya tidak satu dimensi namun lebih berupa swirl atau turbulensi . . . Nah usaha men-swirl kan semprotan bbm di ruang bakar ini sebenarnya nggak terlalu asing. Di Sistem Karburator Suzuki kita pernah tau namanya Sistem TSCC atau twin swirl Combuston Chamber dan sistem serupa juga ditemukan di sistem pengabutan nya motor Bajaj yakni DTS-SI
🙄 Injector langsung mencorong menuju ke ruang bakar
Lha emang kelebihan adanya twin Swirl apaan sih? Atomisasi hasil Pengabutan Udara-BBM lebih kecil (lebih berukuran mikro) . . . sehingga pembakaran bisa lebih sempurna dan emisi lebih baik !! mantabb . .. . Gimana Bisa begini? Yup bisa bro lihat . .. itu arah semprotan Injector langsung menuju ke ruang bakar, berbeda dengan beberapa sistem injeksi konvensional yang berada di saluran Intake.
Kenapa sih Yamaha butuh sistem kayak beginian . . . Pak Eko Prabowo GM Promosi Menjelaskan satu alasan Utamanya yakni . . . Yamaha Pnya DNA Mindset Performa yang Kuat, so bagaimana bisa menghasilkan suatu Motor yang bisa efesien sehingga Ramah Lingkungan secara emisi namun Secara Performa tetep Jago . . . nahhh YMJet-FI salah satu Solusinya . . . Gak kebayang V-Ixion yang segitu iritnya kalo pake sistem Injeksi YMJET-Fi
silahkan dikomentari dan semoga Berguna
Taufik of BuitenZorg
yang pasti tandingannya PGMFI
http://pertamax7.wordpress.com/2011/12/23/diy-pasang-sendiri-kipas-chasing-komputer/
1st
baru Baca
Kelihatannya mantab..
Wew
plajaran baru..
waow ini baru tekhnologi
oo..gitu ya..
mantappp podium. yamaha semakin di depan
Spare part injeksinya lebih mudah dirawat dan lebih murah dari pabrikan tetangga nggak?
sip
@10. hi hi hi
yang pasti yamaha meng klaim sudah siap dengan 3 jenis perawatan terhadap mesin Injeksi mas bro . . .kita bahas berikutnya ya 😀
update . . .
Video telah ditambahkan . .. monggo di kunyah kunyah
ternyata lebih maju dari Vixion, tapi gak tau berapa langkah, anyone?
waduh puseng..
ini yg harusnya disebar ke pembaca… bukan malah ngomporin si Y siap, si H ngekor si S bengong… zzzzz
atomisasi,, turbulensi,,,
hmm,,
mesti pake bbm yg benar benar bersih ni,,,
atau harus sering sering bersihin filter,,
😉
@ken167…si K gmna dunk…he..he…
yeah pas.. upgrade vixion 2012. New V-Ixion (bukan facelift lagi) tapi memakai ymjet-fi (tenaga meningkat sedikit, namun lebih irit lagi) dan aplikasi rear disk brake.. mantap deh hasilnya
ups jgn lupa bannya jgn cungkring2 :p
Tapi namanya Motor yang Jelas iritnya ya…Honda..
Manx iritnya gmn…?
@16. ken167
setuju mas bro . . . diskusi jadi membangun, nggak usah klaim meng klaim 😀
siap2 inden Mio J dah…
mio j gak ada inden kok….
Honda dikenal dengan Programed Full Injection….
Yamaha dengan Yamaha Jet Full Injection….
emang H n Y nggak ade matinye….
klo diliat2 sistem idlenya mah sama aja dgn vixion sekarang, saat valve nutup udara masuk keatas TB lewatin screw langsam itu, makanya bisa distel lagsam dari udara yg masuk kesana..
bedanya mungkin di saat RPM ” mungkin ” 6000 kebawah valve downstreemnya belum kebuka , setelah 6000 rpm keatas baru ke buka, mirip super kips di ninja kyknya..:D
sistem pengkabutannya bagus, mirip gas, cuman resiko nya tinggi tuch, secara lubang2 injectornya pasti tambah halus, dari sekarang, riskan untuk tersumbat, palagi ini motor2 premium apa nggak gampang mampet tuch injectornya..?
posisinya yg langsung ke mesin itu bagus, lebih efisient
ada fitur auto corection gas buang nggak kang haji..? atau sensor O2 nya..?
TQ
sensor o2ny ada om…
kalo masalah injector tu masalah gampang om,skrgkn dbengkel resmi udah ada injector cleaner,jd tiap 15.000 km rajinlah cuci injector dan throttle bodynya….oke bro
ups nyangkut
skrg memang musimnya injeksi yah…
http://setia1heri.wordpress.com/2011/12/23/mulianya-giat-bekerja/
WOW YMJET-FI…
yah semoga aja harga nya mio-J yg akan brojol nanti gak nggilani harga nya…soal fitur dan bentuk dh dapat tinggal nuggu harga nya aja nih nanti, klo harga nya bagus siap utk meminang klo gak bagus harganya buang jauh2 hasrat utk meminang…
MX ada rencana pakai fi gak?
wait n see
mas taufik,,,,sistem ini bakalan di terapin ke vixion ga,,,kan secara berbeda gto,,,,mohon pencerahan,,,,
kok ga ada komen ane,,
artikel yg sangat2 informatif,,,,,biar ga gagap ma injeksi,,
Tapi masih canggih dual Injektor ala honda kan ? 😆
honda apa yang pakek dual injektor ….?
@25: iya bro MX juga harus pake YMJET-FI biar makin melesat dan irit..
sip,, makin canggih aja teknologinya,, yg jadi pertanyaan adalah selalu tak lain tak bukan.. msh rela minum premium,, ato kudu harus pertamax,, atau bisa kedua2nya?? Yang pasti semakin kecil ukuran partikel bensinnya makin bagus dan efisien pembakarannya.. #sokngertifisika
http://warungbaksosabar.wordpress.com/2011/12/22/jaran-elektrik-masih-cuma-jadi-prototipe-wajaarrrrr/
@Dendy
tpi diterapin ke motor2 hondut yg brojol disini gak??? itu aja pertanyaan nya
mantab deh teknologinya, gak penting itu injeksi step 1, 2, 3, 4 dst
yg penting aftersalesnya juga harus mantab
Apakah akan dipakai di new vixi juga?
artikel yg sangat2 informatif,,,,,biar ga gagap ma injeksi,,
==============================================
Betul, Artikelnya nambah Pengetahuan tentang Injeksi..
Mantap mzbro…
injeksi konfensional…? kaya PGMFI maksudnya…?
PGM FI udah generasi ke 4 lagi…
Sensor o2,sensor gas buang di knalpot,sensor kevakuman intake manipol,,sensor temperatur mesin….
Denger2 mau kluar generasi ke 5,
sensor “knocking” untuk memperkaya “subsidi”bahan bakar kalo ada pembakaran dini(kaya mobil)
Kalo ini dipertanyakan,ruang bakar kecil gitrhu sensornya gimana?
APa kuad nahan tekanan pembakaran?
🙂
CMIIW-AKu hanya manusia biasa yang bisa melakukukan kesalahan dan belajar untuk menjadi lebih baik
Apik apik….
Kira2 perbedaan harga dengan sistem injeksi lama brp ya kang haji?
mangtaaafff #sambil garuk2 kepala#
mangssstaaabhhhhhh…….
nitip brother
http://blogbikers.wordpress.com/2011/12/22/honda-mau-sampai-kapan-produksi-tiger/
Emang mantap kalee ya, YMJet..
Gelar irit bisa boyongan pindah kantor nih…
Teknologi Yamaha mantap2, bikin fairing tahan oblak, bikin tangki tahan bocor, bikin rantai anti brisik, sekarang bikin injeksi canggih super irit tenaga joss, beginilah seharusnya yg musti dibrojolin bukan hanya gonta ganti baju, siap2 ada pabrikan latah siap ngekor hehehehe
Lagi” pencerdasan otomotip, yamaha 2012, mtor desain mantap di+ irit, why not
jadi lebih jelas mahaminya . . nice vidio 😀
ijin nitip kang haji
http://areeya2.wordpress.com/2011/12/23/harusnya-suzuki-thunder-kayak-begini-kedepannya/
wis manteb… apa efek akhirnya sekeren namanya… 😕
YMJet-F salah satu solusinya. Motor ramah lingkungan memang kita tunggu karena kendaraan bermotor adalah salah satu penyumbang terbesar terhadap polusi udara . Bila tidak di tekan maka akan semakin berbahaya lingkungan kita. Dengan YMJet-F mungkin sanagat tepat untuk di pakai.
waduh, vixion gw ternyata injeksinya masih konvensional
ha ha ha xD
======================================================
quote :
Gimana Bisa begini? Yup bisa bro lihat . .. itu arah semprotan Injector langsung menuju ke ruang bakar, berbeda dengan beberapa sistem injeksi konvensional yang berada di saluran Intake.
======================================================
Yakin udah direct injection pak Haji taufik ?????????????????????
Kejauhan kalee buat diaplikasi di motor…
================================================
quote :
Gimana Bisa begini? Yup bisa bro lihat . .. itu arah semprotan Injector langsung menuju ke ruang bakar, berbeda dengan beberapa sistem injeksi konvensional yang berada di saluran Intake.
=====================================================
yakin udah direct injection pak haji taufik ???????????
kejauhan kaleee lompatan teknologinya buat motor..
======================================================
quote :
Gimana Bisa begini? Yup bisa bro lihat . .. itu arah semprotan Injector langsung menuju ke ruang bakar, berbeda dengan beberapa sistem injeksi konvensional yang berada di saluran Intake.
======================================================
yakin udah direct injection nih pak haji taufik ????????????
kejauhan kaleee teknologinya buat motor
1.sistem idlenya sama kyk vixion skrang, cuman saluran udaranya didalam TB ngak terpisah gitu
2. perbedaan skrang klo RPM tinggi mungkin 7000rpm baru kebuka downstream valvenya, jadi mungkin mirip2 super kips ninja kali yach..:D
3. kelebihan pengkabutannya lebih sempurna seperti gas, jadi mudah di bakar.
4. pengkabutan yg bentuk swir, memberkan efect lebih ke power dan torsi..
5. kekurangannya, injector lubangnya sangat halus, apa ini ngak masalah untuk motor yg nenggak premium, secara ini motor buat level2 bawah..apa ngak cepet mampet tuh injectornya..?
6. penempatan injector lebih dekat ke mesin, lebih efisien.
7. apa kah ada auto koreksi ecu, seperti menaruh sensor o2..?sehngga klo kelebihan dan kekurangan dibaca sensor dan langsung di umpan kan ke ECU untk di stel ulang secara otomatis
TQ
Semoga bagus….
Wah,,,,, g sabaran nunggu yamaha launching nih……… Dag dig dug
Makin kecil lubang injektornya maka harus makin bagus juga kualitas bahan bakarnya..
wahhh,, mau dong punya motor ky gini injeksi nya..
btw sistem injeksi cbr 150 gmn tuh mas?
secanggih vixion? ato lebih canggih ato kurang?
gmn dengan produk2 honda lain nya?
hehe,, kudu bersaing neh antara 2 pabrikan,,
biar konsumen di untungkan.. 😀
yg lebih penting lagi ramah lingkungan..
@virus emang belum
tapi cbr 250R, cbr 150R, dan supra x pgmfi udah injeksi stage 3 cloose loop, sdng yamaha masih open loop. So ? Canggih mana ?
inti nya perbedaan mendasar kalo dibandingin sama pgm-fi step 4 kyk gmn?
waahhhh lebih hebat yah, pertama buat new mio series (Mio, XEON, dan SOUL) dan kedua buat new vixion dan Next Scorpio (moga2 aja R15 V2 versi injection terbaru yg brojol) buat indonesia….
kalo teori sihh mudah untuk menjabarkan
butuh pengujian performa untuk membuktikan Teori d atas
NEW INFOTATIONS….
Yang paling penting adalah kapan akan diluncurkannya? Dan bukti bahwa teknologi baru yamaha emang benar2 irit n ramah lingkungan.
@18. pasukanlangitpasukan langit: si K mah santai aja, rata2 penggunanya setia, udah pake K, jadi males ke lain hati.
Mantab dah
wih canggih..injeksi vixion diaupgrade ke YMJET-FI bsa g ya? 🙂
http://tovavanjava.wordpress.com/2011/12/23/spion-twenty20-di-vixion/
Tapi ini masih open loop kan ? Tetap aja masih di bawah honda yg udah cloose loop
mantep inovasi trus.. ayo pabrikan2 laen menyusul..
waduh klo gini PGM-FI nya honda bisa kalah nih….
tarik mang….
hari ini nambah lg ilmu & nambah kosakata baru ….
Sip, artikelnya kang…
mantap ulasan yang lengkap YMJET-Fi dari yamaha salut buat tmcblog, salam persahabatan
http://www.moto9.us
karo petromak podo po ora yoo???
#penasaran
brojolin YZF-R15 2.0 dengan YMJET-FI, itu baru mantaf boss..
mencerahkan…
thanx, kang taufik…
lubangnya kecil yah…. nggak takut sering buntu…
kualitasnya harus bagus itu….
pgmfi mah kagak ada apa2nya sama yg ini.
kapan motor berbahan bakar tinja di produksi..
ane kira lebih ramah lingkungan..
mas taufik,,,,klo yg sistem PGM-FI pernah di ulas ga mas ????klo ada,,mnta linknya….terima kasih !!!!
Tambain after burner bisa gak? Minim2 turbo charger gito.
FI lebih ramah lingkungan, bagus untuk bumi kita.
bro taufik kalo pakeknya injeksi langsung berarti kan ga perlu intake lg ya?
trrus berarti apa mungkin ga perlu klep masuk lagi,,hanya ada klep buang ? sori klo prtanyaan ane ga bebobot 😀
Jangan hanya bicara tentang teknologi injeksi, tp bagaimana penerapannya, klo satu model dikeluarkan dengan 2 teknologi berbeda, ada injek tp ada carbu…yoo sama aja boong, karna orang akan tetap memilih carbu. Karna karbu lebih mudah diutak atik.
http://myskywave.wordpress.com/2011/12/23/bisa-punya-motor-tapi-ngak-bisa-punya-jas-hujan/
Yamaha Inovasi Tiada Henti.
Cuma kurang semprot pul pairing doang.
Semoga ke depan juga bisa bikin rangka yg tahan KARAT, mono shock tahan AMBLESSS komstir tahan OBLAK,dan segitiga tahan PATAH!! performa oke kalo kurang safety ya kelau aje..
Berlaku juga untuk pabrikan lain terutama si tangki ngowosss…
Teknologi Yamaha mantap2, bikin fairing tahan oblak, bikin tangki tahan bocor, bikin rantai anti brisik, sekarang bikin injeksi canggih super irit tenaga joss, beginilah seharusnya yg musti dibrojolin bukan hanya gonta ganti baju, siap2 ada pabrikan latah siap ngekor hehehehe
———————————————————————————————
Juga bikin starter yang anti bletak mestinya.
open loop, close loop,
injeksi level 3 maksud ny ap?
open loop dan close loop itu tergantung penggunaan juga sich, klo untuk race atau balapan malah bagus yg open loop, karena bisa settingan basah, untuk bisa teriak di RPM tinggi, malah banyak CBR2 untuk race sensor o2 nya di copot untuk bisa disetting basah, soale klo race disetting kering, bakal jebol tuch mesin..:D
klo close loop lebih bagus utnuk harian, tanpa oprek, lebih hemat, dan irit karena sensor o2 dengan sendiri menseting kecrotan bensin klo dideteksi basah atau terlalu kering..
CMIIW
wah lebih irit lagi donk nih..
Langit indo jd makin biru, tp di isi premium pa ga mampet tu? Scara lubang injector makin kcl
maaf nitip artikel ya mas
http://temonsoejadi.wordpress.com/2011/12/23/siapa-sih-temanmu/
semoga bermanfaat
Apaan sih ini? ga penting, gkgkgkgk
ne teknologi injeksi diciptain khusus buat motor2 cc yamaha kecil wilayah asia tenggara yaa.
brarti cc gede ga cocok dunk
si dendy nge BC mulu komennya.. disinyalir kehadiran YMJET─FI membuat mas dendeng jadi galau.. takut jualannya nggak memenuhi target..
rajin bagi2 brosur kreditan montor ke orang lewat yah, pasti target nyalesnya terpenuhi
hayo jangan asbun..ini lebih hebat dari itu..ato sebaliknya…banyak yang dah pada tahu injeksi tuh….ayo telorin lagi artikel2-nya yang mencerdaskan
wah.. artikel menarik.. adem juga gak bakar bakaran komennya.. tapi kayanya ada fbh yang kebakar satu..
teknologi yang akan dibenamkan pada tahun 2012…. lebih hemat 30% wah mau saingan adu irit ma honda….
NITIP KUMBAHAN http://baygrindline.wordpress.com/2011/12/23/honda-cbr-1000-rr-2012-keren-banget/
@pio rider
xixixixixixixixixi, ane tahu orang nya FBH yg kebakar itu…
PGM-FI supra helm in / spacy lebih hemat hingga 17%
YMJET-FI yamaha lebih irit 30% lebih,
apa betul seperti itu? ayo ayo ditest, menunggu mio injeksi, test spacy dulu
Te2p z Honda yg prtama pke injeksi, yg lain cuma ngikutin n ngembangin doang.
Waah semakin bertambah nih pabrikan yang menggunakan teknologi Injeksi..
Semoga aja di Tahun 2012, semua motor sudah memenuhi standar aturan pemerintah yang baru terkait emisi…
Ane demen yg kaya gini.. pabrikan sudah mulai bersaing untuk menjadi yg terefisien dan ramah lingkungan… bukan bersaing untuk jd plg gesit, paling powerfull, paling ngebut dll… udah gak jaman…
pabrikan waras memikirkan lingkungan, bukan kaya kawasaki yang masih aja jualan motor 2 tak yang berisik dan polutan itu…cuma mentingin untung doang…..
Betewe… Sistem injeksi baru ini masih toleransi ga ma BB yg beroktan rendah (ron 88).. Hal sperti ini harus jd bahan pertimbangan jg karena segment ini akan menyusur mid end jd harus bs diterima oleh masyarakat..
Transisi dari karbu ke injeksi harusnya bs mengoptimalkan kinerja mesin, lebih irit, namun dgn pemakaian jenis bbm yg sama.. Itu baru bs diterima masyarakät..
Tapi saluut bwt Yamaha atas Inovasi tiada henti… Eeh “Inovasi tiada henti” kayak jargon tetangga yach..!?!? Kemana ya sekarang yg punyanya.. Nyaris tak terdengar..
penggemar ninja
pada Desember
23, 2011 pukul 2:24
pm berkata:
open loop dan close loop itu
tergantung penggunaan juga
sich, klo untuk race atau balapan
malah bagus yg open loop,
karena bisa settingan basah,
untuk bisa teriak di RPM tinggi,
malah banyak CBR2 untuk race
sensor o2 nya di copot untuk
bisa disetting basah, soale klo
race disetting kering, bakal jebol
tuch mesin..:D
========================
justru untuk race close loop jadi pilihan. Emang ribet banyak sensor tapi hasilnya lbh prestisi. Gak perlu ah pake copot sensor O2. Setahu gue sih kalau ngatur Afr bensin ya pake piggy back atau juice box gitu. Lagipula O2 fungsinya cuma mengatur jumlah udara sama kadar oksigen agar pas sesuai campuran bensin. Memang gak terlalu maksimal tapi bisa di tipu pake piggy back.
Lagipula kalau lo bilang open loop pas buat harian, cek motogp, moge dll Injeksinya rata2 close loop. Wong modif mobil juga lbh enak close loop kok. Lihat aja open loop Vixion punya bro Vr 46 yg udah bore up, cam racing, porting plus2 cuma naik 3 hp dari Std yg 14 hp. Tapi CBR 250R yg di modif bro tommy dari ngayun modal knalpot, piggyback, perkopling dan koil racing tembus 5 hp
akhirnya terbukti 😀 ..bener2 hebat strategy ahm bisa mengendalikan lawan menjadi bala tentaranya …wkwkwk…good job yamaha…thank you , kita tinggal panen ….master of strategic Astra lu lawan , biar kata pemain asing jepang lu lebih banyak ngak bakal ngefek.
irit2 😀
http://asmarantaka.wordpress.com/2011/12/23/becak-terkentjang-se-indonesia/
buat pemerintah.. jangan cuma nekan produsen motor utk berlomba lomba terapin injeksi di motor..
tapi perhatikan dong distribusi BBM semacam pertamax di daerah2..
yah paling tidak di tiap2 ibukota provinsi ada laah..
masa di ambon sampai skrg blm ada pertamax..
pengguna vixi dan motor berkompresi tinggi disini, harus terpaksa minum premium..
tolong diperhatikan..
YMJET-FI ini kebal ga sama BBM kismin aka premium?
ingat spyshoot mio injeksi dipake mbak mbak belanja dipasar buah pake sendal jepit?? disinyalir tu produk memang sedang diuji sesuai kondisi riil dilapangan, utk kedepannya, tau dah hahahahaha
mantap semakin di depan.. yang lain semakin pasrah 😀
AWAS FUEL PUMP-nya bocor lagi lho…
😆
Bener bener artikel pencerdasan otomotif
Komen para pengunjung nya ikut cerdas cerdas
Kecuali komen-komen yg berbau marketing
DUNIA MENCATAT YG BIKIN MOTOR INJEKSI PERTAMA DI INDONESIA ADALAH HONDA.
YG NGAKUNYA SEMAKIN DI DEPAN CUMA BISANYA IKUT2AN DOANK 😆
dendeng goblok bandingin kenaikan power 3hp 150 sohc sama 5hp 250 dohc
artikel ini cuma jd ajang bc fb koplak macem drajat jati dkk
dendeng tau apa sih tentang tekno injeksi yamaha …goblok sok pinter komenin sistem injeksi yg di bangun insinyur2 yamaha …
@ancok, sama ya kayak sampeyan kalo lg ada artikel tentang honda juga cuma jadi ajang bc sampeyan di artikel tsb.. setuju?
oh itu si dendy yg punya cbr tapi ga pernah nongol itu ya? brarti hoax dong? ckckck ciann
Komen nyangkut terus sih… Mending titip dagangan aja deh…
http://ayahandra.wordpress.com/2011/12/21/p-adalah-huruf-awal-problem/
http://ayahandra.wordpress.com/2011/12/20/lari-yang-paling-enaaaakkkkk/
berarti close loop itu gak bisa diajak balap yah 😀
Yah lu cok2… Injeksi yamaha itu masih step dasar cok. Belum canggih. Memang close loop itu di buat modif lbh prestisi kok. Gak cuma cbr 250R, cbr 150R injeksi naik 1,5 hp dan belum piggy back. Kalau dah piggyback gimana ?
@ juragan neon
lah kalau gitu wsbk gak ada dong ?
si ancok mana nyampe bahasan kek gini, motornya aja cuman yamaha star 2 tak
@Dendy
close loop itu ngejar Euro 3.. karena gas buang dicek takutnya telalu basah sehingga tidak ramah lingkungan.. jadi auto tune 😀
http://2brk.wordpress.com/2011/12/23/tahun-ini-dunia-otomotif-india-begitu-banyak-mengalami-kasus-cacat-produksi/
Yah lu cok2… Injeksi yamaha itu
masih step 2 cok. Belum
canggih. Memang close loop itu
di buat modif lbh prestisi kok.
Gak cuma cbr 250R, cbr 150R
injeksi naik 1,5 hp dan belum
piggy back. Kalau dah piggyback
gimana ?
@ Dradjat_Djati
DUNIA MENCATAT YG BIKIN MOTOR INJEKSI PERTAMA DI INDONESIA ADALAH HONDA.
YG NGAKUNYA SEMAKIN DI DEPAN CUMA BISANYA IKUT2AN DOANK
—————————————————————————————
sekalian gak klaim… montor yang pertama kali menggunakan spion adalah honda, motor yang pertama kali pakai rem adalah honda… motor yang pertama kali pakai speedo meter adalah honda…
emang menurut lho penemu injeksi honda???
BHUAHAHAA….
ORAG KOPLAK NGATAIN ORG LAIN KOPLAK…
YA WAJAR SIH NAMANYA JUGA ORG KOPLAK…
😆 😆 😆
111. Osebst – Desember 23, 2011
akhirnya terbukti 😀 ..bener2 hebat strategy ahm bisa mengendalikan lawan menjadi bala tentaranya …wkwkwk…good job yamaha…thank you , kita tinggal panen ….master of strategic Astra lu lawan , biar kata pemain asing jepang lu lebih banyak ngak bakal ngefek.
=========================
Komentar paling cerdas dari semua komen di atas.
AHM mengedukasi kalau Indonesia perlu langit biru yang slah satunya dengan pemakaian motor injeksi, Yamaha mengedukasi bagaimana teknologinya, sementara AHM sudah jualan duluan. Bisa seperti kasusnya siaran moto GP, yamaha yang bayar, honda yang ngiklan.
@Dradjat_Djati
DUNIA
MENCATAT YG
BIKIN MOTOR
INJEKSI
PERTAMA DI
INDONESIA
ADALAH HONDA.
YG NGAKUNYA
SEMAKIN DI
DEPAN CUMA
BISANYA
IKUT2AN DOANK,,
=====================
nggak sekalian klaim.. honda yang pertama kali pakai spion. honda motor perrama yang pake Rem. honda montor pertama yang pake knalpot. honda montor pertama yang pake busi..
cuma orang yang berkepentingan aja yang rela bela mati matian ATPM.. haha,
122. kucrut_bike’s – Desember 23, 2011
@ancok, sama ya kayak sampeyan kalo lg ada artikel tentang honda juga cuma jadi ajang bc sampeyan di artikel tsb.. setuju?
================
Setuju banget.
Dengan keakuratan pada sistem-FI yang akan di pakai untuk mopet skutik baru, Apakah tipe lama yang diaplikasikan di motor vixion tetap dipakai………?
Setelah ini Y harus berani mengadakan adu irit secara terbuka, baru konsumen percaya. Selama ini hanya H yang berani.
Nyepang terus!
Keluarkan produknya, tes keiritan secara terbuka, baru konsumen percaya.
Mantap kang…
http://ardypurnawansani.com/2011/12/23/yamaha-siap-tarung-di-era-injeksi/
@kantong kresek
cbrnya dendy itu gk nongol karena isi bbmnya di bawah jok 😆
ancok semangat banget, dapet bayaran brp Cok dari yamaha?
ga cm teknologi mas3, tp marketing systemny jg kudu mangtab..
liat ksus ‘sepanci’ VZ ‘skiderp’
bgasi sma2 bisa msuk helm tp knp sepanci bsa lbih mongcer?
the answer is ”marketing system”
Aahhh… jangan banyak ngemeng lu den. mana ceboker lu? sini adu sama tiger butut gw
Eh sales yamaha datang
Mio injeksi powernya ga kenceng2 amat kok.. Upss.
mantab, itu artinya YMJET-FI Mio-J bakal di oprek lebih kencang dari Fiore
Yamaha berusaha membangun image kenceng sekaligus irit, mungkinkah? Selama ini si meong kalau diajak irit bawaannya jadi nembak-nembak. Kalau dstel kenceng juga gak kenceng-kenceng amat.
yg jadi pertanyaan apakah seirit yamaha fiore yg test paling borosnya 50kpl..
swirl..
mitsubishi dah punya patennya 20an tahun yg lalu dengan nama cyclone engine.
nyontek ide kah?
@Dendy
Heh su! menengo wae, dasar lambe tombro! Udah bagus yamaha mau buat injeksi disini, koe ki isone nyacat wae.
Pak Haji ikut nimbrung nih.
Pada gambar pertama alinea terakhir tertulis “SISTEM TERBARU INI TELAH DIAPLIKASIKAN PADA MOTOR YAMAHA SEJAK 2009”
Berarti teknologi YM Jet-FI “terbaru” ini sudah lama donk Ada di Ymha.
Terus motor Ymha apa aja yang sudah pakai sistem terbaru ini di Indonesia?
Ane pengen tahu Pak Haji, gak bermaksud BC atau ngompor lpg 50kg :mrgreen
semoga para fbh sedikit tercerdaskan…
134. nhd – Desember 23, 2011
111. Osebst – Desember 23, 2011
akhirnya terbukti  ..bener2 hebat strategy ahm bisa mengendalikan lawan menjadi bala tentaranya …wkwkwk…good job yamaha…thank you , kita tinggal panen ….master of strategic Astra lu lawan , biar kata pemain asing jepang lu lebih banyak ngak bakal ngefek.
=========================
Komentar paling cerdas dari semua komen di atas.
AHM mengedukasi kalau Indonesia perlu langit biru yang slah satunya dengan pemakaian motor injeksi, Yamaha mengedukasi bagaimana teknologinya, sementara AHM sudah jualan duluan. Bisa seperti kasusnya siaran moto GP, yamaha yang bayar, honda yang ngiklan.
===
Kekeke….betul, hendi untung astri untung. Astri untung saya untung. Saya untung kalian semakin sakit hati…
Emang ‘hebat dan dahsyat’ grand extra super plus hyper strategy of super most influential notorious in recalling and insurrance’s claiming of its product amongst japan manufacture that is known as HENDI…kekeke..
Itu la kenapa fanboinya rela antri menyembah dan koar2nya kosong dan tidak sanggup menerima kemajuan para atpm lain…
@153. P135LS
yup . . dari 2009 . . tapi bukan yamaha indonesia . . .melainkan di vietnam
kalo nggak salah di varian Jog Ciao . . . yang berkembang jadi Fiore, cmiiw
kalo di indonesia . . . belum ada yang pakai sejauh ini . .. baru mungkin di awal 2012 nanti Via motor yang disinyalir bernama Mio J, cmiiw
uppps kelepasan xixixiixxi
*kabooor
http://temonsoejadi.wordpress.com/2011/12/24/seberapa-hebatkah-kamu/
Kapan produksi, pengen nyobain rasanya?
ternyata membentuk aliran bbm berupa swirl gk hanya dr bentuk kubah silinder head tp bisa jg pke YMjet-FI wah PGM-FI hondut memang jadul ..
ah… syukuri aja kedua pabrikan dah nerapin teknologi injeksi dan mulai meninggalkan carbu, bukan bahas mana yang duluan masarin tuh produk injeksi, apalagi sampai gontok2x an… kayak anak kecil aja.. persaingan kedua pabrikan besar tersebut malah bagus untuk keuntungan konsumen..semoga semakin banyak produk2x berkwalitas dijual disini. salam adem ayem..
Walau memiliki Main Intake Passage dan Air Assist Pasagealias dua jalur…
Namun belum juga akan mengalahkan iritnya Honda lho…
Klo ada yang bisa mengalahkan FI honda. baru hebat..
hondut makin ke laut semprotan injeksinya gk bisa membentuk swirl aka pusaran …
Pengkabutan segede ukuran atom, makin irit, bakal makin extra hot aja nanti mesin2 mtr yamaha , bisa buat sauna selangkangan. Disinyalir radiatornya bakal makin gede2 ni. Moga2 bener performa nya ga turun, walau bensin dibikin irit gitu. Satu lagi moga2 bensin di spbu ga campur lumpur yg bikin mampet injeksi.
kereeeen…..
cok…cok jangankan pusaran dual Injektor aja bisa.. Wkwkwkwk
ijeksi honda mana nih?
kang haji, habis ini bahas ttg PGM-FI Honda ya. Thx a lot.
Apa beda Honda dengan Yamaha. Honda itu pintar, cerdik dan banyak modalnya.Kalo Yamaha, jenius, cermat Cuma saying modalnya gak sebanyak Honda. Beda ceritanya kalo modalnya sama-sama besar atau sebanding. Bisa Yamaha di atas Honda.
apa yg harus dibahas? 😆
coba honda dan yamaha itu diciptakan di indonesia. bisa jadi yang perang2an di blog orang2 jepang di sana.
bisa apanya buktinya supri spacy n ceboker injektornya 1 …dual injektor cuma bwt moge …
jadi injeksi Honnda masih sistem semprot yah? 😀
ya memang belum tapi kan bukan berarti gak akan kan ? Lagipula pusaran begini sama pgm fi ala honda masih canggihan honda. Sorry ye pgmfi stage 3 udah hampir selevel moge.
YMJET-FI langsung di injek ke kubah bakar PGM-FI di intake baru masuk ke kubah bakar …percumah ngomong sama orang goblok yg fanatik brand .. ❗
fb goblok fanatik brand adalah menutup mata kemajuan sistem injeksi pabrikan laen .. ❗
jgan cuma komen stage aja emk situ tau apa artinya ..apa coba pengertian stage 1 stage 2 n stage 3 …
@168: wuih.. masa sih… PGM-FI ada yg stage 3… teknologinya selevel moge??? mantap,,
klo situ udh mengklaim sistem injeksi yg di bilang stage 3 dlm hal ini supra fi n spacy fi apa kelebihannya di banding YMJET-FI harus di terangkan secara jelas seperti artikel di atas … ❗
nitip lapak pak haji 🙂
http://www.overgear.tk/article-11-ternyata-faktor-pendukung-safety-pada-teknologi-pgm-fi-step-4-ada-yang-dipangkas.html
bwt dendeng jelasin cara kerja PGM-FI di supra/spacy yg katanya stage3 itu trus apa kelebihan di banding YMJET-FI ❗
bro @AHM=asli honda mahal:, ente janganlah ngomong kasar bgitu, menghina orang “goblok yg fanatik brand”…
ente sendri sentimen negatif sama brand(AHM), jd klo, ad org yg memuji AHM ente tentu langsung panas & g suka….
qta disini saling berpendapat tentng permotoran bro.. bkan menghina org.. emang ente dibayar brp sma yamaha, ampe menghujat2 orng..??
paling gampang lah fb bilang sistem injeksi ini lbh canggih etc2 tp klo gk ada penjelasan sistem kerja n kelebihannya ea sama aja hoax org strezz jg bisa kek gto … ❗
ada yg bilang sistem injeksinya mirip moge emk situ tau tekanan injektor moge berapa psi tekanan injektor supra/spacy berapa psi …klo gk tau gk usah ngasal sok tau bget sih … ❗
@kenalpot
ea gw marah & ngatain goblok ama orang sok tau komen ngasal jelek2in hasil pemikiran enginering yamaha & bagus2in hondut lantas situ mau apa gw tanya … ❓
ya paling gak, moge kan udah close loop ini juga close loop, sensor2nya pun lbh banyak lbh canggih. Sedangkan ini sama kan ? Ya moge level 5 ahm level 3. Tapi Ym jet fi level 2. Gitu lo..
http://www.asia.vtec.net/beystock/hondata/
nih penjelasanya. Hehehe
canggih….terus gmn nasib injeksi vixion?
klw diliat liat butuh waktu lama buat promosi tu sistem, soalnya konsumen udah pada percaya pd vixi yg mengusumg injeksi sebelumnya.
@dendeng
link apa itu koq gk bisa …trus APA KELEBIHANNYA dr tadi di banding YMJET-FI elu bilang cuma selevel moge gk ada penjelasan detail …elu kan dh mengklaim lbh canggih tp gk bisa jelasin point2 kelebihannya …
gw kan tanya apa pengertian injeksi stage 1 stage 2 stage 3 ..trus apa kelelebihanya …
klo dh klaim lbh canggih harus bisa jelasin kelebihan secara detail …
gmana komparasi cara kerja YMJET-FI n PGM-FI …
klo gk tau cara kerjannya trus klaim lbh canggih sama aja elu cuma berspekulasi .. ❗
mank ente tau YMJET-FI berapa PGM-FI sensornya berapa n dari cara kerja kan dh beda np situ bisa klaim lbh canggih …
gk usah klaim lbh canggih lah mio karbu aja lbh bertenaga dbnding spacy fi ntar mio YMJET-FI datang makin di asepin si panci fi .. ❗
elu bisanya cuma jwb sensor lbh bnyak gk tau cara kerjanya …
sistem injeksi stage4 honda yaitu spacy fi n supra fi ada sistem yg di kurangi makanya harga lbh murah di banding injeksi yg dulu ..
^^^^^
corongnya yamaha.
dendeng ngatain YMJET-FI masih open loope emk situ tau YMJET-FI ada setelan CO nya pa gk … ❓
itu udah ada penjelasanya di link. So ngapain gue cuap2 kaya orang gak jelas.
mio vs spacy ? Spacy jelas menang.
http://www.2brk.wordpress.com/2011/05/13/uniknya-komparasi-spacy-vs-mio-soul-versi-otomotif/
mank tau YMJET-FI masih ada setelan CO nya ❓ koq situ ngatain masih open loobe ❓ klo gk tau gk ush njeplak
link gto doank mana komparasinya elu kan dh mengklaim lbh bagus ❓ dasar spekulasi doank
blog bonsai cuma mengulas akselerasi doank untuk top matic yamaha jagonya tes otomotifnet jelas bget power mio unggul apa lg klo komresi di bikin sama makin nyungsep dah si panci
yg ada matic mahonda 100kpj lama bget naiknya ..boleh di tes .. 😕
@Ahm=operpreet
Komen lu kaya mau nggebukin maling
ibarat senjata
komen lu ky AK-47
mbrondong trus
kaboor
@ÅHM = asli honda mahal a.k.a. OPER PRESSS
kalem aja masbro komentarnya.
diskusi lebih enak kalau dengan penyampaian yang lebih friendly.
ya Coba aja di penjelasanya ada Sensor O2 gak ? Di penjelasan kayanya masih sistem Injeksi lama dgn modifikasi saluran udara masuk.
lah top speed ?
mio 88 km/jam.
Spacy 96 km/jam ( klaim Ahm ) any question ?
Dan itu spacy karbu, gmn Injeksi ? Any question ?
@dendy
buakakakakak
udah baca hasil racelogic blm?
mio 88kph (racelogic)
spacy 84.9kph (racelogic) ngakak
any question? no? yes, thanks
dendy bocah sih idupnya cuman di depan komputer nyari fakta yg ga mungkin ke sana kemari kwkwkw ciannn
ramai seru, asyik…hidup …..
Yamaha Pnya DNA Mindset Performa yang Kuat <<=== Waow….
kkabuurrr…….
katanya yg step 3 lebih canggih tp kok yg di spacy bayak fitur dan sensor yg dikurangi , berarti step stepan ala honda bukan berarti peningkatan teknologi dong ya cuman untuk membedakan part lama sama yg baru aja dan yg namanya step stepan itu hanya supaya terkesan canggih aja … sy lupa tuh spacy step berapa 3 atw 4
tapi biarpun gimana sebutannya kan yg penting sama2 injeksi , sama2 canggih , sama2 irit dan gak perlu terlalu repot
ah itu si ahm operpreet mau sharing apa mancing? santai lah komen nya. mau yamaha atau honda juga kita masih BUDAKnya jepang hahahaaa
klo dimobil injeksi terdahulu, ada yg namanya IACV/ idle air control valve, intinya mengatur aliran udara yg masuk ke engine saat kondisi idle/ gas fully closed. klo mesin mobil skrg yg udah pake throttle motor, semua murni dari gerakan throttle motor. mo idle, akselerasi, deselerasi, beban bertambah, semua udara lewatnya throttle valve (berapa derajat membuka tergantung injakan pedal gas)
semua teknologi pd mobil akan (sudah) tertanam di motor (pada saatnya)
hebat…mudah2 bisa diaplikasi di yamaha bison 2010 nih
Makasih Pak Taufik atas informasi yang sederhana…..Berkat saya memahami tulisan ini saya mengikuti lomba blog di kompasian tentang EFI Yamaha….
Sila bagi yang lain untuk mengikuti lomba di http://teknologi.kompasiana.com/otomotif/2012/01/19/ymjet-fi-kala-teknologi-motogp-diperkenal/
Makasih pak atas tulisannnya membuat saya paham dan akhirnya berkat tulisan ini saya mengikuti lomba Blog tentang Yamaha EFI….oia, sebagian gambar bapak Taufik saya pinjam dengan mencantumkan alamat asal…..
Bagi yang lain, sila ikut lombanya…..
http://teknologi.kompasiana.com/otomotif/2012/01/19/ymjet-fi-kala-teknologi-motogp-diperkenal/
seharusnya yg seperti ini yg wjib dbca n dpljari oleh para marketing Y,jdi bkn cma bisa mnjual product aj,tapi jg bner2 mnguasai product dgn sgt baik agar pda saat mnjelaskn product kpd knsmen gk skdar ecek ecek dn knsmen pun bsa bner2 mngrti n fham dgn ap yg djlaskn oleh marketing ttg YMJET FI
brooo,, kalau injeksi mio yg bensinnya pernah tercampur sama air, biasanya sumber masalah utamanya pa yh…..???
thanks
kalo Vixion yang tahun 2013 gimana sistem injeksi nya mas?
Motor ane mio j gan terkadan di saat ane lagi bawa suka mati matian terusss ane minta solusinya dong gan ??? Tolong di bantu ya