Home Pabrikan Honda Dari Spek Power-Torsi New Vixion dan CB150R apa yang bisa di analisa?

Dari Spek Power-Torsi New Vixion dan CB150R apa yang bisa di analisa?

333

vixi_cb150r

Bro sekalian, Baik Honda maupun Yamaha sudah sama sama merilis spesifikasi Power-Torsi dari New Vixion dan New CB150R. Mesin Honda CB150R bisa menghasilkan Daya Maksimum : 12,5 kW (17,0 PS)/ 10.000 rpm danTorsi Maksimum : 13,1 Nm (1,34 kgf.m)/ 8.000 rpm sedangkan dari data tpt uji tipe dari New Vixion diperoleh Daya Maksimum : 12,2 kW / 8.500 rpm danTorsi Maksimum : 14,5 Nm / 7.500 rpm. dari data data ini mari kita mencoba sebuah analisa awal yang tentu harus dibuktikan dengan pengetesan.

walaupun tetap butuh pembuktian lapangan mengenai komparasi spek ini dari kedua data diatas dapat diketahui bahwa memang power dari CB150R sedikit lebih tinggi dari power Vixion, akan tetapi power maksimum CB150R itu baru keluar di RPM yang cukup tinggi yakni 10 ribu sedangkan Vixion hanya butuh 8.500 rpm untuk bisa mengail power maksimum . . . gimana power to weight rationya . . . mirip mirip bro secara Bobot kosong vixion 128 kg dan bobot kosong CB150R 129 kg.

dari ipanase

Spek ini memang memperlihatkan ke-khasan mesin SOHC diamana umumnya power bisa di kail di rpm lebih rendah dari mesin DOHC dengan kubkasi yang sama, dari spek dimana power maupun torsi yang keluar di rpm yang lebih rendah, tmcblog mensinyalir New Vixion lebih enak dipakai untuk stop n go sedangkan CB150R memang memiliki trah racing di mesinnya dimana nafasnya panjaaang dan memang mirip banget sama sifatnya CBR150R. Sehingga kalau di adu akselerasi trek pendek, mesin SOHC akan ngacir duluan. Gimana efeknya dengan konsumsi bahan bakar? dengan power yang diperoleh di rpm lebih rendah artinya memang nggak butuh putaran mesin tinggi untuk memperleh tenaga yang diinginkan . . . artinya ? nggak heran kalo nanti Vixion bisa lebih irit . . . tapi ini hanyalah analisa pribadi tmcblog di atas kertas . . . pembuktian empirik dilapangan tetap dibutuhkan mas bro . . . mudah mudahan dapat kita ketahui secepatnya ya . . . silahkan dikomentari dan semoga Berguna, salam dari Yogya

Taufik of BuitenZorg

-6.558885106.782303

333 COMMENTS

    • harusnya dijelaskan saja setelah selesai test mas.
      baru bandingkan dengan spek di atas kertas,,
      jgn kalah donk, harus bs berdansa sperti bolgger sebelah..
      xixixixi

      berlebihan gk ya berdansa?

    • Yth biker mania pembaca blog. Mari renungkan:

      Suzuki RC 100 bravo, 9,5 PS-11 Nm – 81 kg – Rp. 1500rb-2000rb (kondisi sehat)
      Power to weight ratio : 0.117 (1 PS menarik 8,53 kg beban)
      Power to value ratio : 4,75 x 10-6 (1 PS = Rp. 210.526)
      Harga jual kembali stabil

      Suzuki Spin 9,4 PS-8.7 Nm – 87 kg – Rp. 3500rb-5000rb (kondisi sehat)
      Power to weight ratio : 0.108 (1 PS menarik 9.25 kg beban)
      Power to value ratio : 1,88 x 10-6 (1 PS = Rp. 531.194)
      Harga jual kembali stabil

      Honda CB150 R, 17 PS – 13,1 Nm – 129 kg – Rp. 22,5jt (kondisi fresh)
      Power to weight ratio : 0.131 (1 PS menarik 7,58 kg beban)
      Power to value ratio : 7,5 x 10-7 (1 PS = Rp. 1.294.117)
      Harga jual kembali kena nilai susut rerata 2jt d thn pertama.

      New Vixion, 16,8 PS – 14 Nm – 125 kg – Rp. 21,5jt (kondisi gress)
      Power to weight ratio : 0.134 (1 PS menarik 7,44 kg beban)
      Power to value ratio : 7,8 x 10-7 (1 PS = Rp. 1.279.761)
      Harga jual kembali kena nilai susut rerata 3jt d thn pertama.

      1. Motor baru/motor biasa= +- beda 15menit rumah-kantor-rumah.
      2. (Rp 22jt= toyota dx = suzuki carry = daihatsu zebra = nissan sunny = mitsubishi lancer)
      3. Klo punya uang lebih mari kita bersedekah, dan berinfak, membantu sodara2 kita yg kesulitan. Buat kerja dan turing pake motor biasa z. Selebihnya buat tabungan ‘masa depan’. Salam.

      • 17,0 PS @ 10.000 rpm VS 16,59 PS @ 8500 rpm
        13,1 Nm @ 8.000 rpm VS 14,5 Nm @ 7500 rpm
        129 isi vs 129 kosong.

        Kalo yg ngerti spek mesin, gak perlu komparasi lapangan sudah pasti CB diasepin.
        – Selisih torsi 1,4 Nm itu sangat signifikan (10%)
        – Kalo dibikin linear untuk menyetarakan dgn rpm vixion , power CB di 8500 rpm hanya 14,45 ps. Selisih 2,14 PS. Nilai yang sangat-sangat besar…

        Mau ngebut di kota? di keramaian? di sikuit yg tentu saja banyak tikungan? Wassalam CB

      • CB150R jelas lebih ganteng..

        Vixion tampang aneh, kaya motor setengah jadi..
        mana keliatan bgt kopong bawahnya.. serius deh..
        tapi klo di fairingin kaya yg di Pameran JMC keren jg, tp modal harus kenceng. blom lagi klo customannya berhasil, kebanyakan customan bodyworksnya di indonesia masih kasar.

        CB150R lebih padet, ditambah undercrowlingnya bikin keliatan sportynya.. beli yg warna putih keren sumpah..
        ga perlu di fairing2in cz ini emang niatnya motor naked, klo mau fairing kan udah ada CBR150..

        Soal mesin + Teknologi yakin honda Ga kalah bagus.

        sayang motor ane masih belum ada masalah jadi blom niat buat beli motor CB150R… 🙁

      • Assalamualaikum wr.wb saya ALI ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang pengamen jalanan yang pendapatannya tidak seberapa,buat makan saja nda cukup apalagi untuk beli obat buat ibu saya karna belakangan ini ibu saya lagi sakit sakitan jadi saya harus membantin tulang buat ibu saya dan adik saya karna bapak kami pergi meninggalkan kami entah kemana,,saya dapat nomor KI NAWE dari teman saya..awalnya sih saya ragu tapi nda ada salahnya juga saya coba karna sudah banyak paranormal yang saya hubungi tapi tidak ada yang berhasil malahan cuma uang saya aja yang terkuras habis dan akhirnya saya menghubungi KI NAWE dan mengikuti 4D nya yaitu 4350 dan alhamdulillah berhasil..!!! Kini kehidupan kami sudah tidak seperti dulu lagi dan akhirnya saya juga sdh punya usaha sendiri dan bagi anda yang ingin seperti saya silahkan HBG 085 396 941 787 KI NAWE nomor ritual KI NAWE meman benar2 100% tembus.

        ?????????

    • dorce baal2 pake ban kuyus keying biar gak ngeden larinya.
      r4ngk4 pipa tipis dibilang ter4lis.
      tutup t4ngki jend0l kun0.
      untung ditemplokin gambar s4yap.
      kec0aknmp buyuk yupa g@g@l jilid 2.
      indent ah buat dibbaakkaarr!

    • kalau aku sarnkan jangan beli produk honda indonesia baru dulu, dilihat 1 th kemudian, pengalman kalo produk ahm baru bnyk revisinya.

      • Memang bener. Produk pertama AHM sering bermasalah, liat tu vario 125 dan vario 110.
        Setelah tahun pertama, kebanyakan ga ada keluhan.

        Liat periode satu tahun dulu dah.

    • tetep raja jalanan kawak br200a, power 23,52 ps at 9500 rpm, torsi 18,30 at 8000, mantap harga sama tapi 200 cc, 4 klep, 3 busi, delta box, radiator, ktm dna…

      • klo vixion dr jilid 1 dah pakai premium g ada mslh tuh,ga ngrlitik jg. kata petinggi AHM CB bisa minum premium tp di”SARANKAN” minum PERTAMAX,jd yg diuji di Sentul dpt speed 120km/jam wet race & konsumsi 1:36 adlh pake PERTAMAX,jd klo dah masuk konsumen wassalam deh pasti ngelitik pake premium,rx king ane yg 2tak msh bisa 1:40 lha ini 4tak 1:36 boros!!

      • setau saya kompresi diatas 10 seharusnya pakai pertamax.tapi bisa disesuaikan dgn setting mundurin timing pembakaran. CMIIW

  1. Bagi pengguna VARIO 125 harap WASPADA! Pasal nya motor ini adalah motor yg BANYAK DIINCAR MALING! Saya disini hanya mengingatkan karna slh 1 teman DICURI Vario-nya.

    Keep safety riding

  2. bang haji, nitip comen pertamax…
    ditunggu review dari hasil pengetesan…
    ane dah penasaran nich…

    salam, wong solo…

    • Betul, RPM beda dikit…
      Untuk jarak dekat mau ngebut maksudnya?
      Ane masih pilih CBR soalnya mesinnya lebih tinggi speknya daripada New Pixy Whitening…

      AHMannntaaabs

  3. mas taufik, saya Bru saja test ride cb 150r di senayan. memang berasa diputaran rendah power kurang menggit. berasa alot ketika akslerasi awal. mungkin kalo ada kesempatan ditrek lurus panjang bisa ngrasain tendangan rpm tingginya. maklum sirkuit tes ride pendek2. hanya sy sempat kagum ketika gas sy puntir pol di posisi brenti. berasa sekali rpm yg ercapai sgt tinggi. bagai tanpa limiter. mesin bisa menjerit kas dohc. saya tunggu saja hasil tes mas tufik di jalan paris.. parangbtritis. titip geplak d bakpia ya broo

  4. Ditunggu komparasi belekane mesin wak haji. Gear ratio, kopling, sensor, bahan bakar yg cocok (bukan bb yg bisa dipakai sesuai buku petunjuk), ama uji tanjakan. Kalau perlu. Di uji tim top gear dr bbc dg test yg aneh aneh hehehehe

  5. New Vixion dah selonjoran di lampu merah…CB 150 masih berusaha nyalip bajai…. (CB 150 kompresi kepala 11…New Vixion tetep 10.4:1) Ndang di kunyah2…Arep Ngebut neng endi?

    • katanya dohc kenceng, kok pake ban kuyus keying?
      alamat gak enak buat ngebut, mau ngebut dimana seh? .. dicongor efbeha!
      ban kuyus keying bahaya buat nikung ntr dlozor.
      gak septi nih cebong150r.
      woii gue ngebeeceek teyus neh!
      nyoyot dong!

      • Bro bro, mau nikung seberapa tajem emang bro? Motor 150cc kan dibuat bukan buat kebut kebutan melainkan buat dipake sehari hari di dalkot. Kalo mau ngebut sekalian beli motor 1000cc bro, balapanya ya di sirkuit kalo ga miskin bukan dijalanan.

  6. Sekarang ganti ah, bagaimanapun juga Yamaha lebih unggul.. 😉 “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ “̮ :p….™ …kayane dah gak ribut DOHC / SOHC lagi, soalnya yang SOHC udah didepan duluan..

  7. Emang NVL mantap, tanjakan pasti menang krn torsi lbh gede. Power cm kalah sdkt dibanding cb. Tp kl irit jauh vixi kemana-mana. Desain oke bangetlah, lbh fresh dibanding cb.

  8. Walaupun Torque menang NV tapi CB Close rasio 6 Speed. Aktual dijalan bisa berbeda..belum tentu CB kalah..Torque bisa diatasi dengan Rasio Gear.tapi Untuk mencapai Pick Power dengan mengandalkan permainan Rasion Gear susah. Just Opinion..gara2 Drag Racing he he..

    • pendapat sampeyan sangat benar bhwa torsi bisa diakali dg perbandingan gear, mau ditambah jumlah gearnya atau memperbesar mata gearnya banyak cara kok.
      cb150r kan gear blkang lbh gede 2 mata dr cbr150. trus giginya ada 6 dibuat rapat-rapat.itu utk memaksimalkan kecilnya torsi terus pas top gear nya didapat rasio 0,923 hampir sama dg rasio top gear new vixion (gigi5) yg 0,958.
      artinya new vixion nafasnya panjang2 sdangkan cb nafasnya pendek2.
      kan power hampir sama satunya 16,59 vs 17 ps beda tipiiiisss.. bisa dianggap sama sehingga yg menentukan nanti adalah ban yg pnya rolling resistance rendah, body yg aerodynamic, gaya ridernya dsb krn pas ukur power itu semua dg metode on crank bukan on wheel lho ya…

      • close ratio 6 speed membuat pertambahan kecepatan menjadi lebih ringan dan cepat. Tenaga ngisi terus. Nggak “ngeden” dan berat. Dan setuju klau torque bisa diatasi dengan gear rasio.

  9. honda dan yamaha sama2 merubah imej,yg dlu dsbut motor kuno skrg jd motor canggih,yg dlu dsbut motor boros skrg jd motor irit…
    Y kalo sy sh kalo pilih diantara keduanya milih yg gratis aja alias hadiah motor
    heu
    heu

  10. Klo mao laju2 an, NVL ganti aja ama ban Ɣªήğ sma dgn CB..
    Psti ktinggalan dah tuh CB…
    Mo ϑĭ buat track pndek ato jauh jg ttep ktinggalan…
    =D

  11. Wah akhirnya Wak Haji ama mas IWB sama2 gabung d acara test ride CB 150 R d JOGJA to ….?
    d tunggu liputane wak haji …

  12. Menurut saya yang mempengaruhi pencapean power max di rpm berapa itu adalah over bore ato over stroke bukan DOHC ato SOHC, buktinya CS1 yg over bore power max di rpm 10rb

    • ane sependapat sama ente bro, sohc atau dohc bukan penentu utama karakter mesin, namun lebih kepada bore x stroke silindernya, sementara sohc/dohc cuma opsi mekanisme bukaan klep untuk menyesuaikan atau mengoptimalkan karakter alami yang dihasilkan oleh kombinasi bore x stroke tersebut, meskipun benar bahwa memang dohc pada rpm tinggi memiliki tingkat keakuratan pengaturan keluar masuk gas pembakaran yang lebih baik dibanding sohc, sehingga dohc sangat pas diaplikasikan pada mesin overbore dimana peak power dicapai di rentang rpm yg cukup tinggi
      akan tetapi dohc juga memiliki kerugian berupa gesekan yang lebih besar jika dibanding sohc, oleh sebab itu mekanisme sohc akan lebih cocok diaplikasikan pada mesin overstroke yang peak powernya cukup dicapai pada rpm yg relatif rendah

  13. blognya pola pikirnya keliru…
    bukan krn sohc dan dohc yg menentukan power dan torsi suatu mesin sob..
    yg benar krn overbore vs overstroke.
    gitu… kan sohc nya vixion jg 4 klep sm dg dohc nya cb150 yg jg 4 klep.

    kebalik malah di mobil sob…
    honda jazz itu sohc 4 klep per cyl trus rivalnya macam yaris, fiesta, swift semua dohc 4 klep juga per silinder tapi…
    kenapa powernya honda jazz bs 120 dk sdngkan semua rivalnya gak ada satupun yg bs menyamai semua dibawah honda jazz, krn bukan diloat dr sohc atau dohc nya coba liat spek berapa diameter (bore) sama langkah (stroke) silindernya, itu yg menentukan torsi dan power sob.

  14. CB dengan karakter overbore ala CBR.
    Gear belakang diperbesar, torsi naik dan rasio gigi lebih rapat.
    Sayang sistem injeksi didowngrade jd open loop.
    New Vixi udah close loop kayaknya.

    New Vixi mesinnya ttp overstroke khas SOHC ala motor bebek.
    Karakternya lebih kalem.

    Uji di sirkuit dan jalanan bakal menarik.
    Gak cuma soal mesin yg beda karakter, tapi sasis yang beda pula antara deltabox dan truss frame.

    Sama kyk BiEm VS Merc, Civic VS Corolla, Pepsi VS Cola, McD VS Burger King.
    Menghasilkan debat yang panjang dan abadi.

  15. Vixion kompresinya lebih ramah ya, meskipun tinggi, tp ga sampe 11, kayaknya premium + norival cukup, klo cb 11, hmmm pertamax nih, tp vario juga 11, pada isi premium

      • ane dulu ngalmin itu juga
        tiap bulan ganti busi tp setelah ganti SPBU (pindh rumah) da setahun ga ganti
        jadi mungkin karena kualitas premium di SPBU tertentu lebih jelek.

        just opinion

      • ganti busi sbulan 3x?pala lo bau asep,makany kl gk kuat bli jng ngandalin kata2 orang(user varteck 125,and moge)

      • Kompresi tinggi pake premium busi gue awet2 aja tuh..
        FYI motor ane Satria F tau sendiri kompresinya setara pertamaxPlus, tp 2 tahun baru masalah tuh busi pabrikannya, itu juga gara2 kemasukan air (kerendem)..
        mungkin Busi ente yg kurang bagus kali atau ada faktor lainnya yg bikin busi cepet rusak..

    • “Motor sport ini terbilang
      irit. Dalam pengujian internal
      yang sudah dilakukan,
      konsumsi BBM tercatat satu
      liter buat menembus 36
      kilometer,” kata Chief
      Engineer Honda RnD Asia
      Tenggara, Eijiro Asakawa pada
      peluncuran Honda CB150R
      Streetfire di Sirkuit Sentul,
      Rabu (12/12/2012).

      “Sebenarnya bisa saja memakai
      Premium. Tapi, kami sarankan
      memakai bensin jenis Pertamax
      untuk mendapatkan performa
      mesin yang maksimal,” beber
      Direktur Marketing AHM,
      Margono Tanuwijaya.

      PERTAMAX 1:36 KM/JAM IRIT???

      http://m.okezone.com/read/2012/12/12/53/731219/honda-cb150r-catat-1-36-kilometer

  16. Percuma motor yg katanya dengan mesin tercanggih saat ini tapi harus sering ke bengkel karna banyak trouble dan sering2 ganti busi.

    • nah, ini contoh orang yang kemakan berita. yang ganti busi 1 bulan sampai 3 kali itu mungkin cuma 10 berbanding puluhan ribu pengguna WTF125.
      bukti yang langsung dari ente ada?
      saya pengguna WTF125 dari bulan 4 nggak pernah ganti busi tuh. padahal pakai pertamax juga jarang jarang.

      • palingan motormu pagi2 cuma dilap, dipanasin,trus dimatiin lagi dehh…berangkat skolah/kerja naik bis…(berulang kali tiap hari..) hahahaha…

  17. Wis cukup gawe aku kerjo, kuliah..
    Sikil2 gedhe, tenogo gedhe, sensor2 woke
    sing penting ati ayem, bojo seneng
    Yo ora son?
    (ados, sarapan, ngaciiir nyang diler yamaho)
    ngliwati diler CeBong15r gak nglirik blas aku, iku level e arek enom2 sing gak mikir masa depan.

  18. nvl udah ada di bali sktr 1 thn yg lalu,itu kt temenku yg asli sono…dan rata2 pada bilang bentuknya jelek banget,.disinyalir cb 150 menang mutlak merebut hati biker bali

  19. 17,0 PS @ 10.000 rpm VS 16,59 PS @ 8500 rpm
    13,1 Nm @ 8.000 rpm VS 14,5 Nm @ 7500 rpm
    129 isi vs 129 kosong.

    Kalo yg ngerti spek mesin, gak perlu komparasi lapangan sudah pasti CB diasepin.
    – Selisih torsi 1,4 Nm itu sangat signifikan (10%)
    – Kalo dibikin linear untuk menyetarakan dgn rpm vixion , power CB di 8500 rpm hanya 14,45 ps. Selisih 2,14 PS. Nilai yang sangat-sangat besar…

    Mau ngebut di kota? di keramaian? di sikuit yg tentu saja banyak tikungan? Wassalam CB

  20. dr dulu dohc cbr 150 banyak dibilang downgrade oleh fby.. tpi kenyataannya? tenaga nya gede bnget..
    nah skrng fb smart jg bilang lemod si cb..
    hahaha
    dasar,,
    kata eko ; teknologi vixon lebioh bagus dr smua motor sport di indonesia.. tpi teknologi yg mana ya?
    kok gk dijelaskan?

  21. Klaim power dua pabrikan (Y dan H) mengalami “perubahan”:

    Yamaha New Vixion waktu JMCS 2012 power 15,88ps (11,6kw). Sebagai catatan power Old Vixion

    14,88ps.
    Lihat foto spesifikasi yg dijepret di tempat new vixion nangkring di JMCS 2012. Ada di

    paling bawah artikel:
    http://yanusakti.wordpress.com/2012/12/13/official-magazine-spesifikasi-teknis-new-vixion/

    Kemudian setelah itu klaim berubah menjadi 16,587ps (atau 12,2kW) untuk New Vixion.

    ========================================================

    Honda CB150R di welovehonda.com power 16,3ps.
    Kemudian AHM mempublish menjadi 17 ps,

    =========================================================

    Jadi untuk urusan “ubah mengubah” ini 2 pabrikan Y dan H keduanya melakukan hal yang sama.
    Bukan Y saja dan bukan H saja.

  22. walau begitu…… sik penting desaine !!!!!!!!!!!!
    sebagian besar pemilik motorsport gak suka / nggak berani ngebut?
    sinchannnnn….. gak banget konde….ehhhh ragu
    OLD VIKSION paling pas buat orang indonesia yang gak terlalu besar

  23. lebih berat cb kang ??
    pdhal nvl lbih gambot ya? biasax untk klas yg sma mtor ahm it cendrung lbih ringan ..
    kyknya mang slim namun padet nih cb..mrip old cbr kykx . ato mkin pngaruh mesin?..klo mnrut tes wrtwan rpm menengah ke atasnya lebih “enteng” nih cb..n mnrut ahm insinyur2 mreka lakukn prombakan juga di area buka tutup klep n remapping ecu .untuk rolling2 gas kykx ajib ni..klo ibaratx di surkuit motojipi.(.hayah)
    mkin karakter ni motor cocok ma sirkuit macam philip island yg “rolling engine’
    hahaha cma analisa kang

  24. Ahahahahaha seru nih mulai terkuak faktanya, yak di tunggu hasil dilapangan 😀

    Btw klo dilapangan ampe kalah jg, bakar aja tu ban cungkring, swing arm sempit

  25. Klaim dua pabrikan (Y dan H) mengalami “perubahan”:

    Yamaha New Vixion waktu JMCS 2012 power 15,88ps (11,6kw). Sebagai catatan power Old Vixion

    14,88ps.
    Lihat foto spesifikasi yg dijepret di tempat new vixion nangkring di JMCS 2012. Ada di

    paling bawah artikel:
    http://yanusakti.wordpress.com/2012/12/13/official-magazine-spesifikasi-teknis-new-vixion/

    Kemudian setelah itu klaim berubah menjadi 16,587ps (atau 12,2kW) untuk New Vixion.

    Honda CB150R di welovehonda.com power 16,3ps.
    Kemudian AHM mempublish menjadi 17 ps,

    Jadi untuk urusan “ubah mengubah” ini 2 pabrikan Y dan H keduanya melakukan hal yang sama.
    Bukan Y saja dan bukan H saja.

  26. Kok bisa lebih enteng nvl ya?,padahal ban nvl jauh lebih gede dari cb,dan kok cb cuna selisih sedikit banget sama cbr,padahal sudah cbr sudah ditambah fairing sama ban gede?

    *ada yg bisa jawab?

  27. katanya dohc kenceng, kok pake ban kuyus keying?
    alamat gak enak buat ngebut, mau ngebut dimana seh?
    dicongor efbeha!
    ban kuyus keying bahaya buat nikung ntr dlozor.
    gak septi nih cebong150r.
    woii gue ngebeeceek teyus neh!
    nyoyot dong!

    • asalkan yg pakai mtr bener,sampai rpm yg ideal,baru ketahuan siapa yg terdepan!klug bawa kaya alayers seperti lu pasti ga bakalan dpt powernya!dijamin loyo!coba aja si CB di over sampe 10,5rpm,dan vixion sampe 9,5rpm.pasti lbh cepat naik CB karena dua motor tsb sdh ane punya dan rasakan sendiri.cm itu pilihan konsumen aja.kl setia dama yamaha ya pilih lah yamaha.kl honda pilihlah honda.jgn cm komen yg ga jelas gini!trus kl ejek masa gw harus blg dungu gtu!udah qwerty jgn komen kl ga beli!ane mau beli CB cm sdh punya yg r nya.jd ngapain beli 2?bikin macet sj

  28. kl CB 150 itu karakternya mirip dgn cbr old loh?dan lebih ringan.serta torsinya jg lebih besar dari cbr.cm kl sma cbr power nya besaran si cbr.dgn melihat sisi bobot dr new vixion dan CB,mereka mempunyai bobot yg sama.brati blm tentu jg si vixion bsa lbh didpn drpd si CB?cm kl dr segi irit agak menang dr vixion asalkan sdh stel klep dan pemakaian(khususnya putaran throtle)nya sewajarnya.hehe..slama ini dohc irit” sj.kurang tau kl dipake ke CB?yg jelas kl dr segi finishing of quality pegang CB,power CB,tehnologi ya CB.kl vixion kualitas velgnya seperti dari india

  29. pan ada artikel yg dr motor beam,CBR 150 yg DOHC nya aja dikentutin abis2an sm R15 SOHC,berarti data lapangan n realnya udah ada, sama aja dgn versi NVL vs CB.. gagal maning hondut bikin image mtr kencang,lbh baik produksi mtr bwt umur 40 thn keatas lg lah..

  30. ……………
    Selaku pemakai motor Vixion sejak empat tahun terakhir, saya merasa peforma Vixion anyar hanya beda tipis dengan yang lawas, versi tahun 2008. Sekitar tiga jam menelusuri tengah kota hingga pinggir kota Bandung, handling sang ‘Jalan Kilat’ ini, cukup nyaman. Termasuk di tengah kemacetan luar biasa. Bahkan, saat menanjak dan menikung di sekitar kawasan Jl Sersan Bajuri,Cihideung, stabilitasnya cukup nyaman. Tak jauh berbeda dengan Vixion lama saya.

    Bedanya, karena ini motor ‘masih hangat’ dari pabrik, terasa lebih baik dibandingkan yang lama.Lalu, dari segi tampilan memang lebih dinamis, termasuk tanki bensin, fairing, dan speedometer yang semi digital.
    =========
    Copas langsung dari revew Eyang Edo, blogger senior.

  31. Satu sama Lain.. Mempunyai Kelebihan dan kekurangan Masing”….

    Wong Regane Juga Kacek sa titik tok..
    Biarkan Konsumen yang MiLih..
    Mz Qwerty_ dengan anda berkata seperti itupun tidak akan berpengaruh, Malah Ngrusak Go Generasi Muda.. (Sing Baru ngebaca info kyakGini)

    #Harusnya Mendidik komenya..
    Jadi jangan salah kalo indo tambah ancur.. Cz bibit”nya yo kaya sampean iki..

  32. NV itu ibarat kuda angkut beban…
    CB itu ibarat kuda pacu…
    NV itu memang punya tenaga kuat (14,5 Nm / 7.500 rpm), tapi larinya ngos2an (@8500rpm)
    CB itu memang ga sekuat NV (13,1 Nm / 8.000 rpm), tapi CB adalah pelari handal(@10000rpm)

  33. K,lo si cb150r buat dipakai bolak-balik pulang kampung kayaknya cocok bangat,tdk perlu ngekos atou kontrak rumah biar dekat dngn t4 kerja,kuliah atou sekolah ok sob,salam cb…bravo DOHC.

  34. sy kecewa dgn postingan2 terdahulu…terutama sketsa si teralis…tampak luar biasa..tp begitu wujud aslinya keluar…jauuuuhhhhhh dr sketsa.dn sgt sgt mengecewakan…malah wujudnya niru vixi lama…pdahl ktnya yg bikin sketsa udah liat fisiknya di ahm…kalau mau jujur..new vixi lbh unggul…kelemahan cm pd lampu depanya…mustinya yamaha merevisi lampu tsb…bukan dibiarkan..gak cocok buat selera indonesia…selagi blm tertlambat…atau mau menyesal seumur umur kayak kasus mio j….

    .

  35. Kang Taufik.. mana data yang benar yaa ?
    Yamaha New Vixion waktu JMCS 2012 power 15,8ps (11,6kw). Sebagai catatan power Old Vixion 14,88ps.
    Lihat foto spesifikasi yg dijepret di tempat new vixion nangkring di JMCS 2012. Foto ada di paling bawah artikel:
    http://yanusakti.wordpress.com/2012/12/13/official-magazine-spesifikasi-teknis-new-vixion/
    di foto itu jelas kelihatan power New Vixion 11,6kW(15,8ps).

    Kemudian setelah itu klaim berubah menjadi 16,587ps (atau 12,2kW) untuk New Vixion.

    Mana yang benar Kang Taufik ? Konfirmasinya dari YIMM ?

  36. Kira-kira klau ada seorang konsumen yang nggak brand minded yang punya budget 23juta.. dia akan beli yang mana di antara nvl dan cb ya ?
    Secara harga bisa dibilang sama..
    Konsumen tentu ingin memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya dengan rupiah yang dikeluarkan.

  37. Meskipun FBY bc kayak apaapun CB bakal lebin moncer pastinya, jgn sakit ati yah?..so’ale designnya NV nggilani …aku indent 1 neh….ayo yg BC ya BC aja, ……jgn nggondok ya kalau nggak ngaruh….cuciaaan

  38. Milih motor tergantung kebutuhan aja. IMHO, utk yg sering keluar kota, mgkn mesin dohc lbh cocok. Yg tdk sering keluar kota, mgkn sohc lbh cocok (pndpt pribadi lho..). Sy sndiri krn keluar kota tiap mggu utk cari udara segar & lihat pemandangan scra bebas lepas, sy sdh pnya motor batangan dohc (ga prlu nyebutin merek). Jd kita ga prlu saling hina. Buat apa hina2 tmn setanah air &bangga2in produk asing, toh yg tambah kaya mereka jg? Nah kita kapan bs bikin motor bagus sprti mereka? 🙂

      • jujur ajah kalo ane udah ga heran prabik “H”, “Y”, “S”, “K”, bisa kluarin produk yang bagus2, tapi yang ane heran mah, kenapa Indonesia ga mau, or emang ga akan pernah mau, or emang ga ada dukungan dari pemerintah, untuk produksi motor dalam negri yang bagus.. ane sempet menghayal, coba indonesia bisa bikin motor setara sama pabrikan jepang or minimal india lah.. hahaha,

  39. itu spek klingon sinchan yang aseli yang mana ea

    plintat plintut ngibulnya kayak petingginya

    motor tanpa kick starter itu canggih, eh sekarang…?

    mau ngebut dimana?

    • setelah liat spek cb150, gelagepan dah yamaha, ubah2 data spek wkwkwkwk

      meragukan nih sinchan,buru2 revisi kick starternya…cacat

  40. CB150 tampangnya tampan tapi lama2 jadi biasa aja,ky liat tiger revo dulu pas baru brojol,NVL tampangnya agak aneh,tp lama2 diliat makin menarik, yg ada CB 150 jd jadul bgt,krna mirip vixion lama,tp kalo NVL jd model baru yang tidak membosankan

  41. yah begitulah,klo kita udah nyembah ama merek ya mo dibilang apa juga gak akan ngefek bang aji,walopun boros atopun irit tetep aja merek jd no 1 bwt nentuin pilihan

  42. kayaknya yang bc mati matian dan mempertahankan vixion cuma qwerty ya.hhehehe kasian kasian.
    tabur bunga ahhhhhhhhhh untuk lengsernya vixion

  43. kayaknya pengunjung sini pembalap semua ya ??? sering maen di sirkuit ??? padahal rata2x konsumen beli bukan untuk balapan atau adu cepat. konsumen beli rata2x ya untuk alat transportasi biasa.. jadi jangan berpikir kedua motor ini untuk balapan degh.. dari pabriknya aja kedua motor ini di buat untuk spec motor harian aka transportasi harian. bukan spec balap atau race ? ngapain debatg siapa yang lebih cepat dan kencang hehehe…

    • nah itu dia sifat kampungan plus dungunya keluarrrr.hehe.smua org tau dan mempunyai selera masing”.bagi fans yamaha ya silahkan beli vixion.kl honda ya CB.beres.masalah slesai.kl gaptek sm tehnologi yg disematkan dlm mtr ya pakai angkutan umum sj!biar ga mubazir belinya

  44. NV bilangnya mau ngebut dimana? tapi di slogan kok ada tulisannya kencang? yang plin plan siapa sih???
    kalo naik hp ah buat nyaingin yang versi lama, mau nantang CB, mimpi!!!
    bayangin saja, jeritan NV tertinggi 8500, 1-60km/jam cepet(karakter overstroke), namun jeritan atas loyo, 60-top speed lama banget!!!
    sedang CB tertinggi 10000, 1-60km/jam lemot(karakter overbore), jeritan bawah loyo, tapi jeritan atas ganas, 60-top speed nampol, ngisi terus tenaganya!!!

    *hari gini masih premium, gak malu???

  45. Tapi bang haji new vixion mencapai kekuatan puncaknya pada RPM 8500 dengan Tenaga 12,2 Kw. akan tetapi Cb 150r kekuatan puncak pada RPM 10.000 dengan tenaga 12,5 Kw. Berarti jika Cb 150r mencapai 8500 RPM kemungkinan tenaganya sama dengan New Vixion. Selain itu, apabila new vixion berakselerasi setelah mencapai RPM lebih dari 8500 maka akan turun tenaganya karena maksimal kekuatan hanya sampai 8500 RPM sedangkan CB 150 R terus meningkat tenaganya sampai 10.000 RPM dan setelah melewati angka itu tenaga baru turun..tapi gak tahu..nunggu tes road aja yang sebenarnya….udah ga sabaran lihat tesnya…hehehehe…

      • ducati monster B 3828 FKB pada
        Desember 16, 2012 pada 9:00 am

        sbulan ganti busi 3x? pala lo bau
        asep,
        kl gak pny mtorny tu jng ngandalin
        kata orang

        ====

        loletter
        pada Desember 16, 2012
        pada 9:05 am

        biasa lah bro.
        dia lebih percaya ”katanya”.
        maklumlah, gak punya tapi belagak.

        ==============================

        silahkan komplen ke redaksi nya…. welovehonda.com

  46. kok ga dari dulu2 aja dua pabrikan ini berkompetisi head to head mengeluarkan motor sport. Kalo sdh seperti ini kan yg diuntungkan kan kita sebagai konsumen. Tinggal pilih mana yg terbaik dan cocok dg selera masing2. cuman sayang pabrikan “S” tdk ikutan berkompetisi…

  47. Wis cukup gawe aku kerjo, kuliah..
    Sikil2 gedhe, tenogo gedhe, sensor2 woke
    sing penting ati ayem, bojo seneng
    Yo ora son?
    (ados, sarapan, ngaciiir nyang diler yamaho)
    ngliwati diler CeBong15r gak nglirik blas aku, iku level e arek
    enom2 sing gak mikir masa depan.

  48. bang haji, ane kurang paham mesin nih, hehehe..
    ane ga suka ngebut-ngebutan bang,
    tapi kalo ane sih suka yang napasnya panjang, soalnya kalo pas lagi jalan di trek lurus n lumayan sepi, kliatan manteb, pas motor laen udah ngos-ngosan, nih DOHC masih bisa ngacir, hehehe

  49. 65. Gantungan Kunci – Desember 16, 2012
    kayaknya pengunjung sini pembalap semua ya ??? sering maen di sirkuit ??? padahal rata2x konsumen beli bukan untuk balapan atau adu cepat. konsumen beli rata2x ya untuk alat transportasi biasa.. jadi jangan berpikir kedua motor ini untuk balapan degh.. dari pabriknya aja kedua motor ini di buat untuk spec motor harian aka transportasi harian. bukan spec balap atau race ? ngapain debatg siapa yang lebih cepat dan kencang hehehe…

    ————————————————————————————————

    betul sekali gan..
    tapi maaf gan, orang di warung ini melihat bagus atau tidaknya suatu produk berdasarkan top speed, tidak mempertimbangkan fungsionalitasnya kenapa suatu pabrikan membuat spesifikasi masing”, mereka sudah mempertimbangkan dengan matang mw dohc ato sohc mah sama aja, tuh motor diisi bensin baru bisa jalan, kecuali salah satuny kalo diisi aer bisa jalan.

    yang pada besar mulut disini bawa motor, kayak tiap pake bakal sampe ke kecepatan maksimumny sebuah motor, HANYALAH OMONG KOSONG.
    baru 100kpj juga uda gemeter bawa motor,,

    kasian sekali liat pengunjung disini,,

  50. motor sport itu identik dengan kecepatan,
    kalau pingin santai naik matic ato bebek lebih irit dan serbaguna lagi… bisa bawa galon dan elpiji.. beras satu karung juga lewat……..

  51. Assalamualaikum mz taufik,.
    Bs ngk mz ane minta kelebihan n kekurangan antra,CBR150,CB150 n NEW VXION,.rencna ane mau beli,.tp msh bingung,..pemakaian lebh utk sering perjalanan jauh,.

    Wassalamualaikum,.ane tunggu mz blsannya

  52. xixixi …gak percya ma spesifikasi new vixion… saya pengguna cs 1 dlu takut bgt klo ktemu jupi mx dan vixion.. spek e wah top speed mx 130 …vixion yg lma 14 hp 140 on speedo jd gemeteran…eh ternyata …hoax semua mx kesalip di 115 kpj on speedo cs 1.. vixion kesalip di 120-122 kpj… on speedo cs 1.. lah ili 140 kpj n 130 kpj dr mna ngitung nya…. di jalan beda bro… 😛

    • Jelas sudah New Pixy Whitening Cuma SOHC (Single OverHead Camshaft) dan CB150R DOHC (Double OverHead Camshaft)

      So Masih gagah si CB150R donk…

      AHMaaaantaaabs

  53. bagi para sales nih yang pasti market si vixi akan terbagi ama si cb jadi,,,sabar bagi sales yamaha
    bagi para pembeli amat jarang pembeli yg ngeliat spek beginian,pertama model pasti,irit ama merk,baru speed jadi,,,jangan pura pura sales jadi pembeli yaaa kalo ga nih pasti buruh di pt.nya haha

  54. Saya yg tergolong speed freak awalnya sangat kesengsem CB DOHC
    17 PS, dan rumor power NVL hanya 15
    koma sekian PS. Ternyata resminya
    malah naik jadi 16,59 PS, torsi naik
    jadi 14,5 Nm. Betul2 kejutan injury
    time!!!Tanpa perlu kalkukasi rumit,
    dipastikan NVL lebih ganas dalam kota
    maupun luar kota

    17,0 PS @ 10.000 rpm VS 16,59 PS @
    8500 rpm
    13,1 Nm @ 8.000 rpm VS 14,5 Nm @
    7500 rpm
    129 isi vs 129 kosong.
    Kalo yg ngerti spek mesin, gak perlu
    komparasi lapangan sudah pasti CB
    diasepin.
    – Selisih torsi 1,4 Nm itu sangat
    signifikan.
    – Kalo dibikin linear untuk
    menyetarakan dgn rpm vixion ,
    power CB di 8500 rpm hanya 14,45
    ps. Selisih 2,14 PS. Nilai yang sangat-
    sangat besar…
    Jangan tertipu PTWR. Untuk jarak 200
    m, justru TTWR (Torque to Weight
    Ratio). Perubahan ratio gir belakang
    CB gak pengaruh signifikan.
    Demikian pula aplikasi ban gambot
    juga gak terlalu signifikan
    pengaruhnya.B. Konsumen akan mantep pinang Vixi. CB bakal diasepin

    Semoga Fans Honda Semakin Pintar…

    • Maksudnya diasepin itu dimana bro? di jalanan jakarta yang macet, dijalanan lintas sumatra yang lengang, atau di sirkui? BTW karakter motor balap itu DOHC dengan nafas yang panjang.

    • Perlu diuji dulu bro, brp realnya on wheel, scara ukuran ban jg beda. Klo mw fair ujinya ga cm drag, tp uji aksel 0-60, 0-100, topspeed(n dcapai d waktu brp detik), trus uji di sirkuit sentul besar dan sentul kecil brp lap timenya(tes kestabilan), n jg tes d jln raya utk ngetes kenyamanan dan konsumsi bbm. Baru ketauan dimana keunggulan cb atw nv, baru konsumen bs tau mana yg lebih cocok sm kebtuhannya. Byk kasus d jalan motor A yg d atas kertas spec nya lebih tinggi kalah sm mtor B yg specnya lbih rendah, bukan hanya krn skill rider yg beda, tp jg kondisi jalan(lurus, berkelok kelok, tanjakan, turunan, sepi atw macet) dan keadaan yg lebih menguntungkan mtor B(kering, hujan, jalan berbatu,jalan tanah). Makanya byk yg blg mtornya lebih knceng dr mtor inilah itulah…padahal sbenernya byk faktor yg menyebabkan mtor itu bs menang.

  55. satu hal sulit buat streetfire adalah buat irit krena itu adalah karakter dohc yg main putaran atas, 1 ltr : 36 km, klw New Vixion merujuk pd vixion lama 1 ltr pertamax 45-50 km utk eco riding klw gas pool 40 km-an, nh krna sistem injeksi NVL lebih advance krna close loop kemungkinan lebih irit dri yg lama hitung aj sendiri 😉

    • ngga juga om, beberapa hari yang lalu pernah test rute jogja parangtritis pake old vixi 1 liter tembus 50 kiloan lebih kok. tanpa eco riding. area macet mulai ringroad jogja, begitu area persawahan sepi bejek lebih dari 100kpj on speedo.
      total ane nempuh jarak 120 an km cuma habis bensin 10ribuan lebih dikit. itupun banyak terjebak macet stop n go di kota jogja.

    • komen lu soal close loop terkesan g00bll00k bin t0l0l… mio j gw yang close loop jauh lebih boros daripada spacy fi yang open loop tuk trek yang sama tuh… liat aje tuh mio j cw 2nd baru pake beberapa bulan dijual paling mahal 9 juta doang di pedagang motor bekas tuh… tuk soal injeksi, si sayap pincang jauh lebih bagus daripada si m4h0 lebay

  56. sebenernya ane masih meragukan spec pabrikan yamaha…masak cuma selisih 1 dk dari cb150
    bayangin ja cb 150 itu over bore jauuuhhhh amat bhkan dari fu sekalipun otomtis tnganya memng buat atas

  57. 17,0 PS @ 10.000 rpm VS 16,59 PS @ 8500 rpm
    13,1 Nm @ 8.000 rpm VS 14,5 Nm @ 7500 rpm
    129 isi vs 129 kosong.

    Kalo yg ngerti spek mesin, gak perlu komparasi lapangan sudah pasti CB diasepin.
    – Selisih torsi 1,4 Nm itu sangat signifikan (10%)
    – Kalo dibikin linear untuk menyetarakan dgn rpm vixion , power CB di 8500 rpm hanya 14,45 ps. Selisih 2,14 PS. Nilai yang sangat-sangat besar…

    Mau ngebut di kota? di keramaian? di sikuit yg tentu saja banyak tikungan? Wassalam CB

    ===================================================

    Komentar Cerdas!!!

    Belum apa2 CB150 udah keok ama NV, kalah sebelum bertanding, udah gw bilangin Vixion tetep bakal jd raja motor sport, klo CB150 akan meneruskan kegagalan NMP.

  58. persis tebakanku kalau si trellis bakal lebih berat ketimbang New Vixion,karena rangkanya kompleks.

    padahal New Vixion dah pke ban gambot

  59. ngga juga om, beberapa hari yang lalu pernah test rute jogja parangtritis pake old vixi 1 liter tembus 50 kiloan lebih kok. tanpa eco riding. area macet mulai ringroad jogja, begitu area persawahan sepi bejek lebih dari 100kpj on speedo.
    total ane nempuh jarak 120 an km cuma habis bensin 10ribuan lebih dikit. itupun banyak terjebak macet stop n go di kota jogja.

    • vixion ku yng taun 2010 minum premium 1 liter bisa dapt 42km,klo dikasih pertamax bisa dpet 45km/Liter, tapi seringnya sih aku kasih premium,..ini ciyus beneran gak bohong..itu 45km/liter pake pertamax plus bawanya di 60-70km/jam kadang di 80-90km/jam tapi paling sering di 60-70 terus!..mau nya ngebut terus klo pake pertamak plus, habis jadi enteng banget tarikannya!.kalo yng premium dapet 42km/jam..bisa dapet sgitu bawa nya di 50-60km/jaman terus, ya kdang jga di 70km/jam cuma jarang!..owh iya, ban motor Vixion ku udah gede2 mas! pake Veleg ukuran 2,5″ depan, belakang 3,5″..ban pake FDR 110/70-17 depan, blakang 130/70-17!

    • intiny kan bgi penunggang motor cb streetfire siap2 rogoh kantong lebih dalam buat biaya pemakaian pertmax.. 1 ltr : 36 km, klw NVL mngkin bisa 40-45 (mrujuk vix lama) dalam kota atw klw luar kota pasti lebih dari itu

      • jangankan 40-45 kpl. ane yakin yg baru bisa lebih dari 55 kpl kok om kalo keluar kota. dengan penambahan sensor o2, kenaikan torsi dan tenaga.

    • vixion ku taun 2010 minum premium 1 liter dapt 42km,klo dikasih pertamax bisa dpet 45km/Liter, tapi seringnya aku kasih premium,.itu 45km/liter pake pertamax plus bawanya di 60-70km/jam kadang di 80-90km/jam tapi paling sering di 60-70 terus!..mau nya ngebut terus klo pake pertamak plus habis jadi enteng banget tarikannya!.kalo yng premium dapet 42km/jam..bisa dapet sgitu bawa nya di 50-60km/jaman terus, ya kdang jga di 70km/jam cuma jarang!..owh iya, ban motor Vixion ku udah gede2 mas! pake Veleg ukuran 2,5″ depan, belakang 3,5″..ban pake FDR 110/70-17 depan, blakang 130/70-17!

  60. kata siapa sohc ngacir duluan.. kata siapa big torq ngacir duluan.. blm tntu jga. klo mnrtq dohc powernya diatas, jadi saat start btuh skill yg lbh tinggi dr make sohc. yaitu saat start rpm bertahan di power terbaiknya. untuk harian n kota justru enak yg low rpm low power, otomatis dijalan akan jalan kalem gak ugal2an saat boncengan, boncenger jg nyaman. kalo pgen agak knceng tinggal kurangi gigi. kalo hi _power at low rpm biasax torsi ngikut besar, akhirnya sentakan terlalu kuat, kalo sendirian dikota masih enak, tp sentakan terlalu kuat boncenger bd g nyaman n cpt capek. blm lg low rpm kuat yg bawa takutnya bangga, wah tenaganya dahsyat n ugal2an dikeramaian kota. kalo dohc tepat, saat dikota cenderung lembut boncenger g takut sentakan n saat touring bisa kenceng.

  61. new vixion muka sinchan ban gambot badan pulsar,,, wkwkwkwk… niru model india nih yahama.. makin ga jelas nih motor..

    mending beli CB150R, dari dulu clan CB atawa clan CBR itu Racing CUYY..

    PIKSEN lawan CB?? hahahaa.. piksen itu motor harian masbrooo.. CB150R itu motor clan BALAP.. mana ada larinya tuh piksen.. wkwkwkwwkkk.. motor rangka delta xob aja ga ada larinya gw asepin sama VAR TEX 125 gw.. wakkkaakkaaa…

    • vartec lo gue asepin sama xeon ane dasar komentar bodoh!!!emangnya ada yg mau dengar omongan besar lo ga ada isi ga ada bukti besar mulut lo !!!!!

  62. Besok di uji aja…22 nya…honda cb150r mampuh menempuh jarak dari 0-200 meter dengan waktu 10,6 detik….apakah vixion mampu memecahkan catatan waktu cb150??????….kalau bisa vixin memecahkan waktu cb150r aku akan beli si vixion……kalau gk bisa …….ya pasti si cbi150r….yg ku pinang….

  63. Masing2 punya kelebihan… Tinggal lihat nanti di jalanan mana yang lebih unggul…!! Kalau harus ke circuit mahal bro…!! Kalau punya nyali ke kalimalang aja gratis tapi mantep tracknya…:p”̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ..”̮ :p Ditunggu hasil testnya aja dari keduanya biar bf puasss…

  64. rame bener nie,sudah lah ef be ha, cbr 150 nya aja di asepin sm r15 v2 yamaha,nasib cb 150 juga bkal diasepin juga sm NVL.. jauhhh

  65. Betul juga ya kalau ngebut pakai ban cungkring itu berbahaya apalagi banyak tikungan.
    Kira-kira apakah hal ini berlaku juga pada Honda CB150R secara dia kan pakai ban cungkring ???

  66. kalo musim hujan gini, mesin cb jadi gampang kotor karena fender depan pendek (kependekan).
    sepatu jadi cepet jebol karena maksa ngungkit gear lever cb pake ujung sepatu.
    dan…style lampu belakang cb koq mirip banget ama megapro lawas sih ?.
    tenaga dan torsi hampir berimbang. pengalaman saya lebih nyaman pake motor yg gak perlu teriak rpm tinggi.

  67. pengalaman saya lebih nyaman pake motor yg main di rpm rendah-menengah daripada motor yg kudu teriak di rpm tinggi.
    gearlever cb bisa bikin sepatu cepat jebol gara2 ungkit pakai ujung sepatu.
    fender depan cb kayaknya terlalu pendek, bikin cepat jorok mesin dohc yg mahal itu.
    thx.

  68. menurut honda bisa pake premium……..
    cuma rekomendasi pertamax
    (cuma kalo ga pingin cb 150 nya sekarat pake pertamax.)
    menurut saya alphard bisa pake premium
    cuma rekomendasi pertamax….

    menurut saya suprax bisa pake premium di campur air sedikit…
    cuma rekomendasi pake murni premium jgn di campur air….

    hmmmmmmm

  69. Yang bela vixion pasti org2 dealer yakin..

    Gue sih klo disuruh milih mending CB150R,
    why?..
    1. Kualitas honda bagus.
    2. Pelayanan maintancenya ga pernah mengecewakan.
    3. Tampilan Bagus.
    4. Napas panjang cck tipe gue yg suka jalan2.
    5. Sparepart 3rdParty nya banyak.. (biasanya)

    • maaf mas bro ane bukan orang dealer….

      kalo ane sih lebih milih New Vixion,
      why?..
      1. kualitas vixion sudah teruji, sudah ketauan dimana saja yang bermasalah, jadi kalo suatu saat bermasalah, sudah banyak yang bisa memperbaiki.
      2. ban + velg lebar, cocok dengan tipe ane yang suka cornerning. jd bs hemat buat upgrade kaki2 dan lagi pattern bannya terkesan ga murahan.
      3. nafasnya pendek, cocok lagi dengan ane yang suka jalan2 di daerah yang jalan lurusnya pendek2.
      4. part racing sudah terbukti banyak, mau upgrade tenaga lebih mudah.
      5. kalo suatu saat mau bongkar pasang mesin, lebih mudah pengerjaannya.
      6. behel invisible, tangki rata, anak kunci model laser cut, DiAsil Cylinder serta forged piston.

    • 1. Sama aja bro skr mau honda ama yamaha..

      2. Maintenance tergantung Kepala Bengkel Resminya.
      Kalo kepala bengkelnya nggak jago mau yamaha maupun honda jadi jelek semua

      3. Relatif. Tapi kalo menurut ane, antar sambungan cover body lebih halus. Diliat dari luar spidometernya NVL lebih halus finishingnya.

      4. Kali sering luar kota oke. Tapi kalo buat kerja, pilih NVL. Bensin irit karena dari rpm bawah udah muncul torsinya. Beda ama streetfire kudu gantung kopling biar nggak mblebek rpm bawah dan itu sungguh tidak nyaman buat dalam kota.

      Biar semua rider pada tahu, membuka wawasan kita, tidak selamanya kita lihat horse power tapi juga torsinya.

      Tergantung pemakaian. Kalo sering dipake dalam kota dan pegunungan TORSI lebih berperan. That’s why kejawab sudah si yamaho nggak update ke 6 speed *walo dia punya barang 6 speed di India sono* karena mayoritas pemakainya buat dalam kota. Kalo dibuat 6 speed terlalu close nggak enak buat dalam kota.

      5. Ah sama juga Sob. Honda ama Yamaha banyak part aftermarketnya.
      Kalo NVL ada boreup 180 ccnya, piggyback full speek ngatur debit bensin dan timming pengapian dari speedspark, camshaft racing, dan terakhir girboks 6 speed.

  70. kebanyakan blog2 yg ane baca emang lebih menyudutkan NVL…ane bukan FBH atau FBY..cuman seorang konsumen cerdas bagaimana mempergunakan uang yg di carinya sendiri. CBR 2003 di rumah ada..ORI thai…bukan AHM beli 33 juta dulu..masih awet, walaupun konsumsi banter 1: 35 ,klo buatan thailand pasti ok punya…tp klo indo??? enaknya cuman 1 – 2 tahun selebihnya dah pada aus2. NVL buat harian OK…udah pernah pake yg versi lama, irit tembus 1:55 harian, tarikan enak., style juga OK. CB 150r setelah konfirm ama ATPM disini emang downgrade dari CBR150 R biarpun spek sama, tp kualitas berbeda belum tentu seenak kk nya CBR 150R. dari pada ribut mending test aja atu2 , kebetulan NVL udah keluar…SO?? gunakan uang anda dengan bijak..jgn tertipu rayuan SALES..mereka hanya mengejar target…

    salam…..

  71. wkwkwkwkwk……sebenernya tinggal disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalanan saja. untuk yang sering daerah perkotaan, memang butuh powermax dan tormax diputaran yang rendah karena paling banter berapa sih panjang jalan lurus yang benar2 kondusif?paling sering itu hanya 300m, sisanya untuk rem.

    kalo mas bro sekalian sering keluar kota atau sering ketemu jalan lurus nan panjang, baru butuh powermax dan tormax diputaran atas karena powerband lebih luas sehingga membantu untuk menebas hambatan angin dikecepatan tinggi.

    jadi New Vixion dan CB150R itu sama2 hebat, tinggal disesuaikan dengan kondisi jalan yang sering dilalui saja.Tidak perlu saling ngotot2an karena akan tampak bodohnya.

  72. betul tuh, kasusnya mirip cs 1, karakter overbore yg nyemburin tenaga max di rpm 10rb buat cs 1 agak kurang enak buat stop and go,tp kalo ketemu trek panjang emang enak buat diajak lari,napas nya panjang..bensin karakter overbore (pengalaman pribadi) lebih boros ..

  73. Permasalahannya kalo harus rpm tinggi, klo ketemu jalan naik terus macet, bagaimana bro?

    Cos dari blog……… (ane lupa xixixi) yang merupakan pengguna mesin overbore merk “….” (ga gua tulis nanti dikatain BC), ngakuin klo ketemu kejadian itu nyerah.

  74. Secara Spesifikasi masih tinggi CB150R donk, dan nggak terbantahkan…
    So masalah RPM yang bedanya cuma selisih dikit ga begitu jadi masalah toh…

    AHMaaannnttttaaaaabs

  75. –ke-khasan mesin SOHC diamana umumnya power bisa di kail di rpm lebih rendah dari mesin DOHC–

    gak setuju ama pernyataan ini.
    High revving engine atau Low Revving engine
    itu ditentukan oleh panjang Stroke dan spec camshaft atau noken as.

    contoh faktor stroke
    CBR150—DOHC stroke 47,2mm–power keluar di 10.000 rpm
    CS1—-SOHC stroke 47,2mm–power keluar di 10.000 rpm

    contoh faktor noken as
    di indoprix kelas underbone 110cc dan 125 cc kan sohc semua tuh,, tapi powernya keluar di atas 10.000rpm dan redline RPM bisa sampe 14.000. karena yang dipakai noken as durasi tinggi dengan LSA yang tinggi juga. nah kelemahan SOHC itu ada delay buka tutup klep karena ada gesekan dan bobot rocker arm. tapi kelemahan itu diatasi dengan per klep jepang yang kuat dan penggunaan roller rocker arm.

    kenapa SOHC harian rata2 diseting low revving engine, karena punya kelemahan tadi. bisa disetting jadi high revving tapi kelemahannya harus ditutupi. kenapa per klep SONIC banyak dicari? karena di SOHC high revving engine…berarti…per klepnya sangat mumpuni bisa membuat sebuah SOHC menjelma jadi HIGH revving engine

  76. cb150r makin tinggi rpm, makin boros bensin, kompresi tinggi kudu pertamax plus, xD hadeuhh, mendingan NVL aja lah, profile ban nya lebar, pasti stabil di belokan2 apalagi klo lurus ditambah deltabox frame, ajib :D, apalagi klo kena crosswind, ga goyang dah setangnya.. klo di plintir aja tuh di rpm 5000 gigi 5, 60kpj mah dapet kalee. perasaan jalan santay2 ah, tau2 lihat spidometer udah 80kpj 😀

  77. Yang pengen tahu gimana kalo New Vixion Lightning berputar 360derajat, check this dyondra.wordpress.com/2012/12/17/vixion-lightning-rotasi-360-derajat/
    Thanks ya Om, maaf nitip link. 🙂

  78. Yang menentukan bukan PEAK POWER tapi AVAREGE POWER. Percuma peak power besar tapi di bawahnya turun drastis. Motor kan tidak hampir selalu berada di peak power kecuali jalan lurus doang gak ada tikungan dan tanjakan. Usulan saja, setiap ada komparasi disertakan power rata2 nya dong.

  79. JL99 – Desember 16, 2012

    CB150 tampangnya tampan tapi lama2 jadi biasa aja,ky liat tiger revo dulu pas baru brojol,NVL tampangnya agak aneh,tp lama2 diliat makin menarik, yg ada CB 150 jd jadul bgt,krna mirip vixion lama,tp kalo NVL jd model baru yang tidak membosankan.

    ======================================================

    Mas mooosooookk sih perhatikan Speknya mas kalau komen mikir dulu
    hahahaha……
    aneh si mas iki DOHC dan SOHC mana yang lebih jadul mas Lucu bener perkataan lihta dari Modelnya bukan dari Tehnologinya adeeeh . . . . .

  80. tetep kembali ke’Laptop hehe (emang tukul???) maksudnya kembali lagi ke selera konsumen biarkan mereka yg menilai dan menentukan,,.,.

  81. Hmmm…andai FXR & RGR terlahir kembali…kira2 NVL, CB150R, CBR150 nangis kali ya

    Suzi…bangunlah dari tidur panjang mu !!!!!

    FXR : Engine and transmission
    Displacement : 147.00 ccm (8.97 cubic inches)
    Engine type : Single cylinder
    Stroke : 4
    Power : 20.11 HP (14.7 kW)) @ 13000 RPM
    Max RPM : 15000
    Compression : 10.7:1
    Bore x stroke : 62.0 x 48.8 mm (2.4 x 1.9 inches)
    Fuel system : Carburettor. Mikuni BS29SS
    Valves per cylinder : 4
    Fuel control : DOHC
    Ignition : CDI, 9 degree BTDC at 1500rpm
    Starter : Electric & kick
    Lubrication system : Wet sump
    Cooling system : Oil & air
    Gearbox : 6-speed

  82. Jangan bangga CB pake DOHC…
    yang duluan pake DOHC tu Suzuki FXR 150cc yang kemudian di downgrade jadi Satria FU 150…. Jadi, CB tuh Cuma ngikut aja sebenernya…Loe liat aja mesinnya juga 150cc, 6 speed, DOHC… sama to…?
    Jadi, kalo loe bangga2 in mesin DOHC nya CB, jadul bro… ketinggalan jaman…..

  83. jangan keterlaluan kalo ngeye’ bro, DOHC emang jadul, tapi DOHC + Radiator + Injeksi + prolink dengan harga terjangkau sekarang bisa kita nikmati bersama. nanti jangan2 tuh FU dijual lagi, buat DP cbsf..

  84. halah, ribut masalah mesin DOHC-DOHC an, toh semuanya pada kagak bisa bikin motor aja blagu,,,,, yang penting tuh motor buat transportasi sehari-hari,,, kalo adu balap ya gk usah sekedar bacot disini,, noh di sirkuit juga ada,,,,

    #keep safety riding!!

  85. mesin new vixion dan old vixion sama persis tapi naik 2 hp????? performa dan tampilan menang cb 150. new vixion menang komentar

  86. Gila semua ni marketing pada ribut,,gue baru beli CB150R, top speed 140 km/jam (pertamax) agak lama br dpt, itu pun hrs nunduk habis, akselesari gila bener, nafas panjang gk da habisnya,,konsumsi BBM 35 km/liter pemakaian bebas (seringnya gas poolll),,siapa yg mau berdebat lg???mnrt felling saya utk akselerasi CB150R lebih cpt dari satria fu dan NVL (sebelumnya saya pakai Vixion thn 2011) konsumsi BBM vixion lbh irit dan satria fu lbh boros dari CB150R, untuk top speed CB150R lebih joss dari NVL, tp imbang dengan satria FU (adik gue pakai satria FU bisa gapai 140-145 km/jam), untuk pemakaian harian (santai) vixion lebih enak, trus CB150R dan terakhir satria FU,,demikian hasil tes pribadi saya,,semua tergantung selera masing-masing BROOO!!!! Salam damai dari NAD

  87. Halah AHM bisanya nyontek aj.gak cb gak blade.pakai akal sndiri donk. Cb bodi blakang cuma gtu2 aja.cuma tiru2 pakai roda kecil seprti VIXI

  88. desain niru vixion facelift aja bangga, hhaha, makan tuh DOHC 😀 😀 😀 😀 :poop: mana teralisnya ???????

  89. krena hodan terancang di top speed putaran atas.
    dan yamaha di di rancang di top speed putaran bawah brow. .

    putaran bawah menang unggul yamah
    tapi kalo untuk top speed atas unggul di honda

    vixon 150 cc top speed gk lebih di 135 km/jm
    cb 150 cc mampu di top speed 140 km/jm

    dan speed unggul 1 gear di banding vixon

  90. baik SOHC sama2 perlu nyetel klep dan ribet
    #SOHC stel klep dengan baut kayak platina aja=udah usur
    #DOHC juga stel klep dengan diganjal shim=sama2 usur
    #Sama2 tidak presisi kl dah pada aus hanya beda masa pakai, lebih lama DOHC (tidak pakai alunan angklung tak tik tok).
    #kl sudah teknologi mending riset mesin ROTARI sudah ada sejak dahulu kala tidak susah2 stel klep,
    langsung ganti satu set part emang mahal tapi kl produksi massal mungkin bisa murah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version