Bro sekalian, selain perkembangan elektronik seperti penggunaan Torductor yang bisa membuat RC213V terlihat begitu adem melibas tikungan, salah satu isu yang berkembang dan menjadi pembicaraan enthusiast MotoGP di Indonesia ( mungkin juga di dunia) adalah penggunaan Seamless gearbox yang dipercaya memiliki banyak sekali keuntungan teknis . . . so silogismenya, siapa yang memiliki seamless gearbox lebih canggih punya kans terbaik menguasai jalannya MotoGP ketika parameter power dan torsi sudah 11-12 antar pabrikan. Nah Via artikel hari jumat ini tmcblog mau share perkembangan sampai akhir musim 2014 mengenai Seamless gearbox dari dua Pabrikan yang menguasai 3 besar pemuncak perolehan Point di MotoGP 2014 Yakni Honda dan Yamaha melalui analisa data . . . silahkan simak ya bro
Matoda analisa ini terinspirasi oleh metoda yang dilakukan serupa oleh David Emmet, Blogger/ Jurnalis MotoMater,s inspirator tmcblog yang sempat membuktikan bahwa saat Yamaha M1 diberikan updgrade Upshift seamless gearbox, kecepatan upshiftnya naik sampai 58% . . . lanjuuut . . .
Seamless gearbox saat Upshift
TMCBlog mencoba menganalisa dua data suara perpindahan gear yang bisa di dengar, Suara yang tmcblog peroleh adalah rekaman suara resmi yang di rekam oleh DORNA dan bisa didengar kanal Youtube MotoGP. Sound wave dari dua motor Honda RC213V dan Yamaha YZR-M1 yang dihasilkan oleh software dicompare dan hasilnya adalah dua gambar berikut
Yap kedua data ini sudah tmcblog usahakan analisis dengan sangat telitiii banget sesuai dengan kemampuan tmcblog. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa Honda RC213V Repsol Honda hanya butuh 0,008 detik untuk upshift di straight Valencia sedangkan Yamaha YZR M1 Movistar Yamaha butuh 0,012 detik di tempat yang sama . . . yap beda 0,004 detik doang mas bro . . . tapi jika dikali dengan berapa kali upshift yang dilakukan oleh rider . . . bisa jadi banyak . .. kan ingat pepatah ” sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit ” halah jadi pelajaran bahasa indonesia hehehe . .. lalu gimana saat downshift ?
Seamless gearbox saat Downshift
Data soudwave di atas adalah data soundwave Baik RV213V maupun M1 ketika downshift dari gear 6 ke gear 1 . . . jika bro selakilan mendengar suaranya jelas sekali bahwa secara suara, RC213V Repsol Honda hanya kedengaran wueng wueng wueng . . . kalau M1 Yamaha Movistar masih terdengar suara back torque blep blep blep saat berpindah gear walaupun sangat kecil bila dibandingkan back torque superbike jalanan . . . silahkan simak suaranya bro di bawah. FYI Bagian depan adalah RC213V saat downshift, bagian belakang adalah M1 saat downshift di tempat yang sama selepas straight Valencia :
Dentuman suara M1 bisa direpresentasikan berupa impuls impuls gelombang di grafik . . . itu baru secara suara alias secara subjektif pendengaran . . . bagaimana bisa disimak secara data angka angka?
Dan hasilnya di tempat yang sama yakni selepas Straight sirkuit valencia, menjelang tikungan pertama dari data suara yang di provide MotoGP, HondaRC213V Repsol honda butuh 4,858 detik dari gear 6 ke gear 1 sebelum buka gas . . . sedangkan Yamaha M1 Yamaha Movistar butuh 5,042 detik dari mulai turun gas di gear 6 turun ke gear 1 sebelum buka gas selepas apex . .. yap memang benar downshift aja Squad Repsol Honda bisa 0,184 detik lebih cepat . . . bila satu Race 24 kali downshift ditempat yang sama silahkan dikalikan dan tentu saja masih banyak downshift-downshift di tempat lain
Memang sih selain masalah girbox, kelihaian dan keberanian rider saat downshift juga mempengaruhi . .. namun minimal dari data di atas memang di 2014 kemarin memang dari data data yang ada , suka atau tidak suka Seamless gearbox honda memang lebih baik terutama saat downshift dibanding milik Yamaha . . . akankah M1 2015 akan dibenamkan seamless gearbox yang sama dengan Honda . .. ? akankah pekan depan saat test Sepang 1 kita sudah memperoleh jawabannya, atau diundur sampai winter test sepang 2? entahlah . . . silahkan dikunyah kunyah . . . Jika Anda Puas Beritahu Teman dan Jadikan Bahan buat kongkow kongkow ngomongin motor , Jika Anda nggak sependapat dengan analisa ini Beritahu Kami dan semoga berguna 🙂
Taufik of BuitenZorg
Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui
- email : taufiknmotorcycle@yahoo.com
- whatsapp : +62818103404
- Facebook TMCBlog
- Twitter Resmi TMCBlog @motoupdate
- blog alternatif ; http://ringpiston.com
Absen
pembalapnya yang hebat atau motornya…????
lumayan masih besar,, selisih 50%…
wayag, raja ampat, papua edition,, hanya di…
mansarpost.com
“kalau M1 Yamaha Movistar masih terdengar suara back torque blep blep blep saat berpindah gear” Wah kl suara itu sih masih belum ada apa apanya kang.. coba tanya FBY Maho.. denger suara Group MIO Bantet aka Bugel dari knalpotnya.. Bhret Bhret Dhuor bhret Dhuor.. dari kecamatan sebelah aja kedengaran men.. kata orang betawe motor apeeee Tanjidor wkwkwkwkwkwkwkw
ngoahhngoahaahahahaha.. komen lu gokil tong..
HAhahaha, bisa aja nheh…
tpi kbnyakan kok gtu ya
gak sekalian suaranya yamaha mio yang kayak suling tuh “tuliluliiiii tuliluuuu….” sekali betot merdunya bisa nambah 30 hp wkwkwk….
============
Spyshot next daihatsu sirion, tampilannya lebih keren masbro 😯
http: //yudakusuma.com/2015/01/30/hot-spyshot-bocoran-daihatsu-sirion-tampil-sporty-dibanding-pendahulu/
hmmm… awalnya saya juga gak percaya2 amat… plus keknya banyak banget yang gak terima, tapi karena Haji dah ngebuktiin pake data, dan saya gak bisa buktiin apa-apa…
————–
Nmax juga menggangu skutik non jepang.. di kobayogas.com
Hahahahaha…lucu
Tapi koq tenaganya masih jauh tertinggal dibanding motor produksi massal?………….. Jadi balap apaan nih motor?……………..
maksudnya si H2(R) yah bro, koq gak ngerti juga sih? Honda, Yamaha sangat bisa bikin motor bahkan melebihi H2(R), kan mass production bike itu regulasinya lebih bebas, jangan bandingin sama MotoGP dong, ato gini aja MotoGP+Supercharged/Turbo, hayooo… :v
MotoGP Pure buat Riset, hasil risetnya yang buat masspro.
Menilai motor nggak bisa dari segi power aja, coba deh motor H2R pujaan ente diadu barang satu lap aja sama M1 atau RC213V, bisa ketinggalan berdetik-detik tuh motor, apalagi satu race full, niscaya cuma bisa jadi bad marker doang palingan
Coba ajabninja h2r disuruh ikutan motogp, gak usah muluk2 menang, finish 24 aja deh, sanggup gak tu motor?
motogp itu kalau gak dibelenggu regulasi bahan bakar & segala macamnya tenaganya bisa gila2an
Balapan motogp itu bukan cuma power, ada faktor lain yg bisa berpengaruh seperti balance, sasis, suspensi, rem, ecu, pembalapnya, dll.
Cb liat ducati, power gede tp faktor yg lain kalah ya tenggelam deh…
Terus kalo H2R lbh hebat kenapa kawasaki gak ikut motogp?
Kalo balapan motogp itu bukan cuma power, ada faktor lain yg bisa berpengaruh seperti balance, sasis, suspensi, rem, ecu, pembalapnya, dll.
Cb liat ducati, power gede tp faktor yg lain kalah ya tenggelam deh…
Terus kalo H2R lbh hebat kenapa kawasaki gak ikut motogp?
joss
Halooooooooooo… FBY mana ya… kl udah bahas teknologi motor gini jaminan para Beruk beruk FBY Maho muka lebar… ostosmastis ngumpet dalam BASKOM di gudang bantar gebang… wkwkwkwkww.. yo MuoooooooooooooooooooDhar..Moo
Ttp aja pedrosa keteteran kejer Vale sm jolor,
Paragraf terakhirnya sudah kayak pepatah warung padang aja mas Taufik. Wkwkwkwk…. 😀
emang copas dari sonoh sob wakakakak kemaren ngetik pas lewat warung padang *jadi laper lagi nih
baru baca sama denger blep blepnya
mantap analisa nya…. pertamax
sadis kang
niat2 temen kang
Mantab wak haji…
wih mpe sgitunya
melu ngabsen
Rcv hampir ga kedenger saat downshift, kalo Rossi dihonda dengan teknologi seperti saat ini, gimana ya?!
jadi tontonan seru om si markus bisa buat bahan mainan om rossi
@semut
kalo Rossi dihonda dengan teknologi seperti saat ini, gimana ya?!
yg pasti jika rossi dihonda dgn teknologi seperti saat ini, dia pasti engga di Yamaha bos
Ente keliru brow…si rossy itu pindah dr honda dulu karna honda klaim jurdunnya karna motornya..rossy termasuk rider yg paling getol usul untk membatasi perangkat elektronik di motogp..
Intinya adalah dngan skill dewa macem rosi n lorenso tpi kl motor tetep lelet macem M1 aka Memble One.. yo sami mawon coy….yo MuoooooooooooooooDhar..Moo.. YaMahoooooooooooo..
Honda bilang Rossi juara dunia karena motornya, emang salahnya di mana namanya juga kejuaran dunia balap motor paling bergengsi di planet bumi.kalau Motornya hebat yah otomatis ridernya juga hebat,masalahnya Rossi waktu muda egonya masih tinggi,tapi setelah masa kegelapan di ducati doi mulai berubah sikap terutama sama lorenzo tapi kalau sama stoner?
yamaha pasti jd sampah cong
Detail banget…
Jos wak..
Wow tenologi lagi
Teknologi motor adalah tema yang paling d benci Beruk Beruk FBY Maho muke lebar… maklum FBY Maho y di utamakan adalah aksesories.. motor Komuter SOHC Operstruk aja maen templok aksesories kanan kiri katanya sport.. wkwkwkwkwkwkw Maho maho
betul, tiger, NMP, verza semuanya SOHC dan ngaku-ngaku sport. sama bebek aja dikamplengin 😀
“tiger, NMP, verza, Gl Max. semuanya SOHC dan ngaku-ngaku sport” wkwkwkw FBY maho Pekok dplihara dmna mana SOHC itu Komuter Cong. begok dplihara… itu semua motor “Laki” aka komuter cong. masak mau balap motor pake GL Max.. wkwkwkwkww maho maho.. CBR,NSR baru motor sport.. MuooooooooooooooooooooDhar..Moo..
Hahahaha….si bruudd pekok bilang pekok…. ente ngeles kayak bajai butut aje…. klo emang cuma komuter gak termasuk sport, lha terus kenape di MS dibawa2 ikut sport?? Belajar lagi tong buat ngeles ngomongin sport…..ngoahahahaha
oh begitu ceritanya
0 kom 00 sekian di kali beribu2 pindah gigi = , wew
http: //pertamax7.com/2015/01/30/testimoni-pembaca-akan-yamaha-byson-injeksi-persis-fz16-fi-india-yamaha-new-vixion-facelift-spakbor-belakang-pendek-headlamp-baru/
kencengan kawasaki lah
ternyata begono… lanjutkan wak…
kurang nih gimana klo ducati…
tinggal ridernya bisa gak otimalkan potensi teknologinya semua, sejauh ini marc mmg paling pinter mainin potensi rcv, pedrosa yg lebih pengalaman aja msh kalah sama rossi n JL yg make M1 pas race,
bedanya mesin cuman seuprit, cuman rider luar biasa yg bisa optimalkan potensi mesin ini utk dikonversi jd kemenangan ….
kalau punya kawasaki 250fi yang seamless piye kang?
itu lain seamless gearbox kang . . . slipper clutch 😀
waduh,, kalo m1 dipasangin ky ginian,,
ga sabar liat rossi pake neh motor,,
yakin bisa susul mm neh,,
tapi kalo liat balapan,,
top speed rossi di lintasan lurus selalu kecil,,
dibanding jl ma mm,,
entah dia ngerem nya terlalu cepet pas straight atw gmn,,
saya c ngerasa nya rossi terlalu cepet ngerem d,, imho,,
ya apapun itu pasti rossi lebih jago lah lebih tau,,
mudah2an bisa jurdun ke 10 buat vr.. 🙂
begitu ya wak….
pantesan aja MM merajalela.
selain karena talentanya yg emang udah kinclong kinyis-kinyis,didukung pula oleh teknologi Honda yg sedikit di atas Yamaha.
seandainya VR duet ama MM di Honda,pasti selalu posisi 1-2.
Satu lagi ulasan teknik yang elegan ala Om Taufik TMC Blog,gue suka bahasanya !
bang taufik saya mau tanya apakah rcv213 pake 5 silinder. 5 valve per silinder 3 in 2 out. double injektor per silinder .. thanks
RCV dulu dipake rossi V5 skrng2 V4, klo klep klo ga slh dari dulu sampe skrng 4 klep per silinder, yg klep 5 di mesin M1.
4 silinder V bro . . . masing masing menara V nya ada dua silinder
Regulasi motogp 1000cc (mulai 2012) mesin max 4 silinder saja.
Dgn konsep 1000cc 4 silinder, maka tiap silindernya 250cc.
Volume per silinder 250cc didapat dr bore 81mm & stroke 48,5mm.
RC213V pake 4 valve per silinder (2 in & 2 ex).
Motor prototype GP yg pake 5 valve per silinder itu M1 2002-2003.
Mesin motor prototype GP betul pake double injector tiap silinder, yakni satu injector terletak di dekat lubang masuk / intake & satu injector lagi terletak di dalam airbox tepatnya di atas throttle body.
Analisis luar biasa, ini yang membuat tmcblog beda dengan dengan blog otomotif yang lain, setiap pagi buka browser pertama pasti langsung buka tmcblog..
Silahkan diriru Yam…musim ini you fokus riset downshift, si hon hon udh pnya mainan baru yg bhkan blm prnh you mimpiin, wkwkwk.
Paan tuh?? Torductor?? tanya lagi wak haji, yamaha udah pake dari taun berapa tuh… serupa tapi tak sama…
walah cuk, retimu teknologi hondut motogp opo yo gur torductor?
kilas balik ae cuk, awal SSG digunakan hondut, tim lain tidak ada yang tahu. yamahmud protes plus nebar fitnah. hondut bedah mesin & menjelaskan perangkat SSG ke media.
ujung2e yamahmud melu2, jilat ludah sendiri.
torductor hondut hanya salah satu teknologi yang diaplikasikan dan dikuak ke media.
teknologi honda yang belom terkuak masih banyak cuk. ada beberapa hal yg tetap jadi rahasia pabrikan.
hondut ket bien ne omong gak koar2 sok jumawa koyo yamahmud tur ujung2e………
mikiro cuk!
http: //www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2013/08/31/235281/Yamaha-Semakin-Tertinggal
blep blep blep………….. gkgkkgkgkgkg 🙂
Analisa wak haji udah kaya expert bgt nih
kok bs kepikiran sampe kesana wak? Hhe
Soal teknologi honda jagonya…. Yamaha sih ntar ntar klo soal teknologi.
Data diatas adalah yg diambil pada tahun 2014 kemarin…. Dan kami dengar untuk th 2015 Yamaha sudah ada perbaikan disisi Downshiftnya. Sehingga motor Yamaha th 15 sangat kompetitif. Apalagi kleebihan Yamaha menurut Bos Honda adalah ketika menikung cepat.. dan itu di Honda belum bisa menyamai….
Jadi kita tunggu Musim 2015 aja pasti lebih rame…
wkwkwkwk para insinyur honda juga gak diem lah coy. ttp lah melakukan pengembangan, buat apa mahal ngontrak cs27 buat jadi test drive honda tp kagak ada pengembangan. wkwkwkwk
Betul bro… artinya mau honda mau yamaha sama2 ada kelebihan dan kekurangan… selama masih mau berbenah maka akan makin kompetitif kedepannya…IMHO…
gelombangnya lebih rapi milik honda ya…
Moge baru Suzuki:
http: //ardiantoyugo.com/2015/01/30/gsx-s1000-dan-gsx-s1000f-street-bike-cakep-dari-suzuki/
dari suarannya juga sedikit riple dentuman sob, sound wavenya lebih jelas lagi tentu
Wah, mantapp analisanya kang, ini baru satu bagian yaitu girbox, bagaimana dengan geometri sasis dalam menunjang kecepatan di tikungan, bisa dianalisa kang? 😉
bisa tetep, itu seperti praktikun fisika dasar 1 dan 2 saja sebenarnya . . . pake uji puntir dan semacmnya itu . . . tapi kalo saya dengan pralatan seadannya gini , nyerah hehehe
Adakah yang hari ini ketemu sama 2 orang test rider suzuki di daerah bekasi kalimalang?
Ngetest FU150 dengan pakaian ala crosser full protector, FU plat putih.
analisa yang menarik Om
yang kw kualitasnya gak sebagus yang asli. wkwkwkwkw
untung sy ga jd fby. Di bully teruuuuuus sama fbh. ya wajarlah krn memang teknologi honda lbh mumpuni.
Suara down shift M1 khas banget ala yamaha mio, huweng….dar der dor duorr.
makin g sabar nuggu Motogp 2015, Dorna harusnya ngerekrut wak haji ini sebagai perwakilan resminya di Indonesia 😀
Teknologi honda terbaik di motogp saat ini.
cuman sayang seamless gearbox motogp RCV ngga di terapkan di consumer productnya yg memang mungkin harganya sangat mahal.
Jadi percuma hanya pembalap saja yg bisa menikmatinya.
lha khan dah ada motor matic om
puas wak ji
puluhan juta dolar dihabiskan biar transmisinya bisa seperti metic.
absurd sekali. kenapa gak dibolehkan aja pake CVT
karena kalo pake CVT nanti engine brakenya minim sekali
om Taufik, di motogp ada enginebreak nya juga yah? apa gak cepet ngabisi ban?
Oh iya wak haji, untuk suara, kalo format acc atau mp3 biasanya banyak source suara yg ilang, terutama perubahan downshift atau upshift pasti banyak suara lain
Kalo bisa nemuin file flac / lossless dari output video kayanya bakalan berubah datanya,
Heheheh
hehehe you know deh dorna, wong ngerekam video buat ptibadi aja nggak boleh . . . nyari format data musti deketin orang IT nya Dorna . sementara ini baru PR dan Accreditation people yang baru saya kenal 😀
ada perbandingan data MM – DP , VR – JL ,wak haji ? biar tau skill pembalap dengan motor yg 1team
untuk sementara ini belum dapet sob padahal usul bro menarik banget
http: //oto.detik.com/read/2015/01/30/094611/2818583/1217/3/diisi-1-liter-bensin-sejauh-mana-honda-vario-150-bisa-melaju
tenang .. yamaha dah pake teknologi blukor.. jiahaha
GILA suara yamaha romantis bingitss.. beib beb..beibeb…. beb..bebb…
wuuiiiiih……mantap seamless gear perannya penting bgt ya skrg tiap lintasan ada brp tikungan tuch tinggal kalikan wae hehehehehehehe……. 😀
nitip bacaan kang haji
https: //bikerkampung86.wordpress.com/2015/01/29/cilok-jajanan-yang-lagi-trend-dimari-nie/
ga heran kalo suaranya nurunin ke mio… la wong mbahnya gitu…..
“RC213V is a Big matic”, kata siapa gt sya lupa, gara2 minim back torque saat downshif
Bener bgt pak topik,biarpun0,004 detik berkali2 jd bnyk
Apalagi yg 4,00 detik Чα”̮ pak (omr R25 vs omr cbr jones)
Apalagi yg 2 detik Чα”̮ pak (sinchan vs cebong)
Apalagi yg 6 detik Чα”̮ pak ( omr muke lele sm omr verza sarungan)
Kambinger’s silahkan ayan
Ngoahahaha
bang Taufik double injektornya gimana ? 1st injektor bekerja pada range rpm berapa dan 2nd injektor pada range rpm berapa ? thanks sebelumnya
Ane bantu jawab y bro.
Injector pertama terletak di dekat lubang masuk (intake).
Gunanya utk memberikan torsi lebih besar pada low-mid rpm.
Injector kedua terletak di dlm airbox, yakni di atas throttle body.
Injector kedua berguna utk menyuplai power di high rpm, sehingga mesin tetap memiliki power besar hingga motor mencapai top speed.
coba di era 2 tak ada beginian, beuh… makin ngeloyor tuh motor
bayangin 2tak 1000cc minim sensor seamless gearbox
.
.
.
.
tinggal nama MM ama rossi
rcv nya MM apa DP kang itu yg di record?
pembalap yamaha dah bisa mangkas 0.002 detik kok….
kalimat terakhir khas penjaga warung makan :v
Tau Pada banyak bachot nh itu kan analisa 2014, makanya buka mata lebar2 klo mo baca, kita cuma sebatas penonton yang berpikir keras tuh Insinyur sama Ridernya yang udah dibayar mahal…
Tepuk tangan yang meriah..prok prok prok prok.
melihat cangihnya teknologi Honda, Yamaho gk mungkin diem aja tuh… tp ujung ujung nya sama Yamaho di kasih jawaban CC mesin di gedein… wkwkwkwwkw Maho maho lagu lama.. yo MuoooooooooooooooDhar..Ae..Moo
Wak.. analisa peserta non Japan gimana teknologinya…
mantab analisany wak
saluuttt
seamless gear.. halusssss…
mungkin di masa depan, semua motor MT sudah pake teknologi ini.. entah tahun brapa.. hahaha…
klo VR rossy sama MM itu mah emg pembalapnya yg keren
kalo DP sama JL tergantung motornya
nah kalo VR sama MM dah ktm setinganya dah pasti yg lain dibelakang
tapi masih hebat org indonesia
balapan motor ga pernah pake helm kalo nikung sampe “kuping”
klo MM sama VR nikung cuma sampe “sikut doang”
wkwkwk
hanya fby yg ga puas wak krn wktu up &downsift ga secepat honda RC 213 V
Bang Taufik untuk penggerak valve atau klep itu pake metode mekanik atau pneumatik , jika pneumatik pake gas apa ? N2 atau compres air atau gas apa ? suwun sebelumnya
Bang Taufik untuk penggerak valve atau klep itu pake metode mekanik atau pneumatik , jika pneumatik pake gas apa ? N2 atau compres air atau gas apa ? terima kasih sebelumnya
Sistem pneumatik bro.
Pake gas nitrogen.
super sekali…….jos buat analisis wak haji
masih unggul honda ya, tapi tergantung pembalapnya juga,,
#lirik daped
bedakan antara Honda Global sama AHM dimarih bro 😀
Setuju wak…. Biarpun telat koment nya.. Maklum kuli… Hehehehehehehehehe
hal lain yg lucu dari komparasi sound ini adalah mesin crosplane inline m1 justru lebih terdengar seperti V4 drpd rcv yg aslinya memang V4
Honda adalah marquez. Tanpa marquez bukanlah apa-apa.
Ngomongiin ao se loe…panas???ckckckkkk ksian amat