Home MotoGP Mengenai Lubang Tangki bahan bakar Yamaha YZR M1 Yang Pindah kebelakang ....

Mengenai Lubang Tangki bahan bakar Yamaha YZR M1 Yang Pindah kebelakang . .

52

Bro sekalian, Yamaha YZR-M1 Model 2016 sebenarnya telah diujicobakan dalam Real Race semenjak MotoGP Motegi Oleh Katsuyuki Nakasuga, Pebalap wildCard Yamaha Factory Racing Yang sat itu menggunakan Motor dengan Livery Khusus dengan Grafis Kuning Bumble Bee 60 Tahun Yamaha  . ..  Nah Memang jelas Terlihat bahwa Motor M1 yang dipakai Oleh Nakasuga, dan Akhirnya digunakan Oleh Lorenzo dan Rossi pada Test Valencia setelah race Finale memang memiliki Lubang Bahan Bakar yang berada di belakang . . . Gimana analisannya ?

TMCBlog belum menemukan Foto Sneak peek seperti apa bentuk Fuel Tank sebenarnya yang berada di dalam Fairiang dan Sub Frame tersebut . . . Namun Yang menarik adalah melihat kenapa Yamaha sampai mengubah Jalur Input Bahan bakar sampai ke belakang ? . . . Kalau analisa tmcblog ini memang ada hubungannya dengan regulasi MotoGP 2016 yang menambah bahan bakar maksimum bagi team yang awalnya Tahun 2015 hanya 20 liter untuk team Factory Class, menjadi 22 liter untuk semua team di tahun 2016 nanti . ..

untuk gambaran, berikut adalah gambar Yamaha M1 versi 2015 yang tmcblog jepret saat di test Sepang Februari 2015 :

Fuel tenk memang biasannya punya tempat di tengah . . . Bukan apa apa, Fluida seperti Bahan bakar minya tentunya memiliki bobot dan paling aman adalah menempatkan fluida ini berada di posisi paling sentral dalam hitungan titik Pusat massa dari Motor  . . . paling gampang adalah . .. ditempatkan di tengah . . . dan hampir seluruh Motor yang digunakan di MotoGP menempatkan Fuel Tank di tengah karena perhitungan fisika mengenai Titik pusat Massa ( Centre of Grafity )

Nah Gimana Untuk 2016 ini ? TMCBlog memperkirakan letak Tangki bahan bakar utama Untuk Yamaha M1 versi 2016 masih tetap berada di tengah karena perhitungan fisika mengenai titik pusat massa ini  . . . Lubang kebelakang adalah semacam Lubang ekstensi (tambahan) . . . Kenapa arahnya ke belakang? . .. kenapa Bukan Ke depan ? Karena kalau kedepan . .. Spacenya sudah nggak cukup sob  lihat lagi deh

nah di depan fuel Tank M1 2015  itu ada semacam Box filter udara yang dibagian atas umunya merupakan letak dari ECU dan peranti elektronik . . . jadi istilah anak anak kampung sini sih . .. Udah mentok . . . padahal kapasitas naik 2 liter. Kapsita fuel tank  mau digedein ? bisa saja nanti akan membuat streamline Motor akan berubah dan riding feel pebalap berubah karena letanya berada di bawah jok  . .. istilahnya akan membuat M1 makin ‘gemuk’  . . .

IMHO so salah satu solusi paling aman adalah dibuat ekstension memanjang ke arah belakang . . . yang fungsinya selain sebagai tempat Ngocorin bbm ( Filler cap ) juga sebagai space tambahan ekstra 2 liter . . . So tmcblog masih memperkirakan Bukan full Fuel Tank pindah ke belakang . . . Bukan apa apa . . . saat awal race isi 22 liter bahan bakar ditaroh dibelakang,  itu M1 kayaknya akan punya feeling yang sangat berbeda . ..  biasannya 20 liter ditaroh ditengah, ini 22 liter ditaroh dibelakang hehehe .  . ya kalo pengen ngerasain gimana rasannya sih silahkan Pake motor bawa bensin 22 liter taroh di box givi belakang deh ..  monggo silahkan  . . .

Nah kenapa Yamaha Bisa melakukan itu ? satu yang bisa tmcblog lihat . .. karena Yamaha memiliki sistem Exhaust Slash cut yang tidak berada di Buntut  . . . Jika sistem Exhaust (knalpot/ muffler ) berada di belakang, maka kalau dipaksakan Filler cap d ibelakang juga ini akan berakhibat . . . Knalpot selain berfungsi sebagai saluran gas buang, juga sebagai ‘heater‘ . .  yang akan memanaskan Fuel Tank . . . Persis seperti yang terjadi di Ducati Desmosedici GP14 series  . . . itulah kenapa pernah satu ketika motor Dovi kayak kehabisan bensin, padahal itu karena bensinnya ‘nguap’ di dalam fuel tank yang panas karena mendapat heater dari Pipa Knalpot, steleh motor didinginin , seketika seperti memperoleh kembali bbm tambahan dari kondensasi bbm kata Gigi Dall Igna dahulu . . . so ini hanya analisa dan opini tmcblog . . . silahkan  dikunyah kunyah sob . . . semoga begrguna

Taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

 

52 COMMENTS

  1. Ada kabar RCV 2016 tangkinya pindah ke balakang juga,,,

    belakang punggung sambil bawa jeligen

    huaakakakakakakakakakakaka

  2. Itu kl Pembalap yaMaho perutnya Mules bisa mundur dikit wak.. pas itu kayaknya… sama kayak di yaMaho nYeMoX kl kebelet pipis kena macet di jakarte bisa maju dikit… Legooooooooooo…..

  3. Wak haji apa sh keuntungan knalpotnya 2 macam desmo ,rcv ?
    Apa khusus buat V engine biar akselerasi makin nampol ?
    Mesin inline 4 kan cuma sebiji. . .

  4. Tapi keknya yang di test Nakasuga di motegi lalu M1 MY 2016 untuk team satelit karena kalau gak salah liat merk muffler nya sakura.

  5. Untuk motor sport salah satu kriterianya ya tank nya di depan – keknya ada yang pernah ngomong gini deh tapi siapa ya hmm..

  6. imho tp untuk rider yg pny postur tinggi kyknya kurang menguntungkan wak… dg penempatan lubang bbm dibelangkang otomatis memakan ruang jok rider… sehingga rider jangkung gk bs berlundung 100% dibalik windshield akibatnya topspeed kalah dg rider pendek…cmiiw

    • Haha lu kate insinyur Yamaha bego. Pasti mereka bakal itung sampai hal paling detail, emang insinyur Yamaha cuma modifikator fiberglass lokal? Yang bikin motor cuma modal kira-kira

  7. Sepertinya ada hubungan juga dengan penggunaan ban michelin.
    Dulu bridgeston gripnya lebih ke front, sekarang michelin gripnya lebih di rear. Analisa sotoy. Hwehwehwe.

  8. gimana misalnya kalo crash trs motornya jumpalitan, apa ga bahaya tuh? soalnya kalo ekornya potong bisa nyembur bbmnya.
    #analisa ngawur

  9. nah itu , kalo crash itu buritan rawankan
    kalo tumpeh2 paling parah terbakar kena percikan saat crash apa nggak dedel duel itu

  10. kalo berat nya agak kebelakang walopun sedikit 2 liter,,
    tapi kan katanya kemaren itu grip ban belakang michelin lebih gede daripada grip ban depan,,
    kl ky gt,, makin kecil tuh grip ban depan? cmiiw,,
    kalo buat ban bridgestone yg ban depan lebih ngegrip daripada ban belakang oke tuh pake tangki ky sekarang,, cmiiw lagi,, hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version