Bro sekalian, Jika salah satu Pabrikan sangat Mendominasi Market Ditakutkan Inovasi akan terhenti . . . apakah memang bakalan begitu ? itu adalah Judul artikel diskusi yang tmcblog hadirkan sebagai pembuka hari ini 17 desember 2015 . . . sebenarnya ini bukan hanya sekedar judul namun terinspirasi dari beberapa komentar pengunjung blog yang menuliskan pandangan dan kekhawatirannya setelah melihat salah satu pabrikan roda dua cukup mendominasi Market, katakanlah jika sudah mencapai lebih dari 70% . . . artinya pabrikan lain cuma di kasih 30-an persen doang . . .
Artinya hipotesa kita semua akan berada di sinyalemen bahwa JIka satu pabrikan menguasai secara mutlak dan sangat mendominasi market, maka inovasi akan terhenti karena merasa mereka sudah nggak punya saingan lagi . . . atau boleh dibilang saat tidak ada lagi kompetisi maka tidak ada lagi inovasi. No Competition = No Innovation apakah memang begitu ?
Jawabannnya bisa ya Dan Bisa nggak . . . Mayoritas bilang Ya karena mereka sangat ingat bagaimana dahulu kala mereka hanya disuguhkan motor yang boleh dibilang lambat banget inovasinya . . .banyak yang bilang hanya ganti body dan ganti striping doang, mesin dan teknologi itu itu doang . .. Yap Competition makes us better. It drives us to innovate
Namun ada Teori juga yang mengatakan bahwa Inovasi tidak melulu bergantung pada Kompetisi namanya kalo nggak salah adalah disruptive innovation. Ia tidak bergantung pada Kompetisi secara langsung namun ada beberapa faktor eksternal yang membuat bagaimana sebuah pabrikan harus melakukan Inovasi terhada Produknya walaupun tidak ada Kompetisi sekalipun. Misalnya saja Tuntutan Jaman . . .
Contoh soal, Nokia . . . Boleh dibilang Nokia mungkin agak telat dalam hal merespon style Ponsel Cerdas dengan sistem operasi yang atraktif, user fiendly dan umum . . . namun untungnya nggak sampai kolaps, Nokia segera menyadari hal tersebut .. . dan masih memperoleh moment untuk survive.
Nah Bagaimanakah dengan Dunia Sepeda Motor ? Mana yang lebih dominan : Inovasi karena Kompetisi atau disruptive innovation ? silahkan dodiskusikan, dikomentari dan semoga berguna
Taufik of BuitenZorg
Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui
- email : taufiknmotorcycle@yahoo.com
- instagram : tmcblog
- whatsapp : +62818103404 ( whatsapp only )
- Facebook TMCBlog
- Twitter Resmi TMCBlog @motoupdate
- blog alternatif ; http://ringpiston.com
- Video Blog : http://tmcvlog.com
- Android App : Google Play Store
- iOS App : App Store
Setuju, sama dengan sepak bola
Menurut ane sih ya, dari internal Astra begitu jor2an dalam marketing, kayak AHM. Wajar MS AHM 70%. Ibarat klo di mobil, Kayak Toyota walau banyak insinyur dari Yamaha tp toyota di bawah ketek Astra, Honda prospect motor pun bertekuk lutut kalah sm Astra Toyota.
Intinya sih wak, jor2an dalam marketing..
Inovasi mah nomor sekian. Liat aja Beat jadul lebih enak dibanding new beat. Tp lebih laris new beat? Karena jor2an dalam marketing.
Sales AHM emang berani malu, joget2 smbil ayan juga pada mau.
Sales YIMM kerjanya cuma tidur. Plang plongo liat MS sndirii.
Sales SIS no hope lah
Sales KMI, mungkin udah kerjasama dgn gojek buat afilasi warna motor buat dongkrak penjualan wkwkw
kita tunggu honda sama yamaha merger klo gitu haha
Nanti jadinya Yamanda dong ?? .. Cap sayap ketusuk garpu sendok ?
Motornya bakal mix jadi..
Yamanda MT250R
Yamanda XABRE150R DOHC 6 SPEED
Yamanda Mio Fincoopy 125 BlueCore LED..
Saya pasti support.. ❤❤❤❤❤????
65 jt obral jadi 65rb
maklum lagi diawasi plokis
ngoahahaha
Wekekek
Koplak bgt komentare..
Suka bgt tante niki
#$aveFBY
era akhir 90an sampe 2007 jangan sampe terulang
pendobrak generasi motor2 canggih itu adalah Vixon dan Ninja 250R
Yamaha dan Kawasaki…..
Sayangnya vixion dan ninja 250 juga stuck, gonta ganti baju, cat, dan striping doang, mesin masih itu-itu aja sampe sekarang. Honda, yamaha, kawasaki, suzuki, dll sama aja kalo gak di senggol kompetitor ya stuck tanpa inovasi. Imho, cmiiw
Bisa ya.. Bisa tidak..
Kalau mau laku,ya pabrikan harus menyesuaikan dengan jaman..
Kasus nokia bener juga.. Gagal move on dari symbian sama windows phone..akhirnya bisa ditebak..
Kalau nokiem mah opini yang beredar ada permainan dari ceo nya yang mantan ceo microsoft, gak boleh pake ngandroit, kedodoran juga akhirnya. Pertaruhan terakhirnya makai ngandroit tapi setengah setengah, yo bablas akhirnya
Betul tuh penyusupan ceo kyknya…. Kultur Findland dihancurkan sama mikocok….
Setelah nokiyem lumia diakuisisi sekaligus ceo mantan dari mikocok jg diangkut ke mikocok lg ternyata melempem jg
Tenang….. nokiyem masih megang lisensi phone basic (non smartphone) untuk saat ini dan nokiyem akan buat smartphone lg setelah perjanjian dgn mikocok selesai
bagaimanapun Honda tetap lebih unggul,,
Honda bukan nokia, jadi honda ga akan bernasib seperti nokia,
orang indonesia kalo di tanya motor jawabnya ya Honda,,
merk lain cuma penggembira,
jadi yg dominan itu disruptive innovation wak haji
Ya honda itu abadi, honda unggul di dunia akherat.
Ya rasanya bosan wak klo market 2w sudah di kuasai oleh 1 brand..
Market 70% aja produk nya gak bagus” amat kok wak..
Cuma ya brand H ini kuat di sumberdayanya.. Iklan promosi even” lainya media online media cetak dll mereka udah menang di situ..
Contoh lah pas rilis satu produk 150cc ayago.. Dari mulai media cetak smpe online smpe iklan komparasi semua di menangkan sma brand ini..
Lah padahal produk nya mah biasa” aja..
Dan susah nya lgi brand H ini khusus nya di ina ya cuma ngekor market kompetitor
yg laris.. Tinggal ATM aja udah sukses
Jdi ya kompetitor pun ga bsa berkutik
Tpi bodo amat wak perusahaan org jepun ini
Bisa bli ya alhamdulillah tinggal pke di rawat biar awet wkwkw
Sambil ngelus” yg ada
tahun 90an semua harus puas dengan mesin astrea yg di pasang di grand. impresa dan supra series
lah , kita gak bisa juga nyalahin ‘pabrikan itu’ om..
yang menjadi pertanyaan , pada zaman itu kompetitor pada kemana??
Dana talangannya din. Pabrikan lain minim modal. Sedangkan AHM dapet sokongan dari jardin Singapur, terus china.
Pada jaman itu,kompetitor masih bermain di 2 tak.
yg jelas yg dlu prnah tebukti sja wak Haji,
Nokiyem udh bs d ktakn g lg survive, wak.. Gnti brand Mikocok skrg ?
Nokia dikekang mikocok cuma sampai 31 desember 2015, habis itu nokia boleh bikin smartphone lagi.
Pertahan terakhir nokiem, pakai ngandroit setengah hati, pasar reaksinya juga setengah hati ekekeke
Sigit@ moga pas keluar dari kekangan mikocok, nokiem pakai ngandroit sepenuh hati
liat matic skarang aja deh wak…suda berapa tahun model2 matic ahm sperti itu terus…contoh yg sangat nyata saat yimm mengeluarkan nmax, sapa yg bakal percaya kalo nmax yg mempunyai dek tidak rata (yg katanya tidak diminati oleh pasar indonesia) bakal laris seperti skarang…??
dan juga liat kasus satria fu skarang, setelah kehadiran sonic, sis langsung bergerak cepat…
oiya oot dikit wak, nokia suda ganti nama microsoft device, divisi ponsel nokia suda tidak produksi dgn branding nokia..dan juga blackberry dgn bbm nya yg tidak eksklusif lagi, karena mereka terlalu terlena sama kejayaan mereka…
competition=innovation
kena moderasi dehhh….
Masih produksi feature phone…… Untuk smartphone di 2016 bisa buat lg dgn brand nokia
Time will tell aja deh… toh sekarang pun dengan konsep common parts dikasih nya teknologi mesin motor itu2 doang, cuman nambah fiture.
Yah kenyataannya all new cb150sf near square itu nggak akan lahir kalo old cb150sf bisa ngalahin nvl ditahun 2014.
Dengan catatan allnew cb150sf adalah inovation update bukan downgrade dari old cb150sf
teknologi tercipta pasti ada yg mengawali wak.. jd lari nya ya tetap COMPETITION
zaman kegelapan ane rasa kagak bakal keulang lagi deh wak…
sekarang masyarakat udah pada pinter dalam menentukan value kendaraan…
informasi pun mudah sekali didapat dengan kemajuan teknologi..
dan setiap produk yang paling laku, pasti suatu saat bakal ada penantangnya..
market R2 indonesia gurih dan basah , mana mungkin pabrikan gak tergiur untuk menjadi leader 😀
GL series terlalu lama meraup ‘cash cow’ akhirnya babak belur dibuat Vixion…
Mio gen awal juga nasibnya sama dibuat BeAT..
sekarang NVA mulai tergerogoti MS nya , apakah itu karena NMAX , NCB atau karena pemberitaan calon MT-15…
Dahulu, tahun 90an-2000an, honda bisa unggul krn mesin 4langkahnya, yang lain msh blm bisa buat mesin 4 langkah..
Konsumen beralih к̲̣̣̥є̲̣̥ mesin 4 langkah krn mudah, gak pke oli smping, ramah lingkungn,
Kmudian yamaha berinovasi dng mtiknya, dan berhasil, krna merasa NYAMAN, mio nyaris TANPA inovasi, sehingga d̶̲̥̅̊i̶̲̥̅̊ ambil alih honda yang dtg dgn mtiknya yang udh ada inovasi teknologi injeksi, esp, helmet in, Abs, idling stop, dll
Krna msyarakat menilai teknologi dan inovasi hnda lbh unggul..
Dan ingat, honda unggul krna 3s nya, Sales(dealer paling banyak) service(bengkel) dan Sparepart,
Sehingga msyarakat lebih percaya pada honda.
taun depan brand nokia bakal balik kok, malah produk smartphonenya pakai OS Android (android versi lengkap dgn layanan khas google, bkn android setengah hati yg dipake nokia x series)
Mantab.. semoga tar ada Nokia Nexus.. ane pasti beli nih..
Sugesti memang lebih seram dari kunti, sejak kita didalam perut sudah di sugesti bahwa merek A yg paling the best
jelas sekali wak hji, ambil contoh dlo honda dengan supra mesin c seriesnya, yamaha vixion sbelum kluar nva, ataupun satria fu yg jelas2 upgrade injeksi gara2 sonic keluar ..waktu sudh membuktikan, dan gk lama lgi klo AHM bnar2 bisa mruntuhkan dominasi sport Yamaha bisa di pastikan thun2 brikutnya upgrade teknologi dan fitur stop di stu sja, wong sgitu ajh udh unggul ngapain d kasih lebih..hehe
yamaha r1 dan r1m kena recall karena masalah gearbox
http://pertamax7.com/2015/11/25/recall-yamaha-r1-dan-r1m-2015-akibat-gearbox-bermasalah/
Kompetisi tetap harus ada..
Nokia mati karena banyak alternative lain yg lebih baik.. ada serie galaxy, xperia, iphone. itu artinya kompetisi juga.. bukan sekedar karena tuntutan jaman..
Dulu gl series berjaya karena tidak ada produk lain yg bisa memberikan value lebih..Tidak ada kompetisi..
Yg dipertanyakan harusnya kompetitor ngapain aja ko nyampe bisa gemuk gitu saingannya
Masa iya nyalahin pabrikan yg punya ms besar krna dia bisa ngasi produk yg di inginkan konsumen pada jamannya, apa musti bikin petisi biar pabrikan tersebut ngurangi fitur dimotornya ato mengecilkan ukuran ban biar sebanding sama kecil dgn kompetitor biar seimbang persaingan
Btw salut sama yamaha pegang teguh prinsip, konsumen maunya ban aga besar buat metik first movernya tapi yamaha punya prinsip lebih baik g laku daripada merubah prinsip, mo ban gede noh… dah ada xride kata y sama sperti mesin vixi ni dah prinsip pke sohc, klo pun ada dohc mungkin buat motor baru bukan vixi titik
saya kurang sependapat wak haji, bukan bermaksud membela hondiah, point saya segala sesuatu itu ada waktu dan tempatnya. lebih kepada dinamika siklus saja, artinya begini: jaman dahulu hondiah mendominasi, mengapa mendominasi? karena ada preferensi dari konsumen terhadap brand tersebut dibanding brand lain, mengapa? karena pada akhirnya konsumen juga yang menentukan pilihan terbaik untuk dirinya pribadi.
artinya apabila jaman tersebut kita beri predikat sebagai jaman kegelapan, setidaknya konsumen juga berkontribusi pada kegelapan itu, dan yang juga penting, ada apa dengan pabrikan lain sehingga konsumen tidak/kurang melirik produknya? make sense? secara tidak langsung pabrikan lain juga “menciptakan” jaman kegelapan itu…..
here is more, seandainya pada jaman kegelapan tersebut, brand terbaik di mata konsumen saja disebut buruk atau jelek, terus predikat apa yang pantas disematkan kepada pabrikan lain yang menurut konsumen jelek/kurang disukai?????? as ugly sh*t of motorcycle as hell????
yang terbaik di mata konsumen saja dibilang jelek, lantas yang jelek di mata konsumen dibilang apa?? apakah saat itu mereka gagal membaca gejala “alam” atau sekedar duduk manis menunggu kebaikan “alam” ?????
satu hal lagi, kita tidak bisa menilai semesta hubungan produsen dan konsumen pada saat itu dengan standar semesta hubungan produsen dan konsumen yang sekarang, terkait itu pelayanan, bagaimana produsen memanjakan konsumen, purna jual, ketersediaan parts dan aspek2 lainnya….. sama seperti membandingkan kedigdayaan ac milan di awal tahun 1990 an dengan kedahsyatan barcelona di 5 atau 6 tahun terakhir ini…..gak bakal ketemu….
there’s is always time and place for everything…..either it is good or bad ….
Mantap om, ane tercerahkan
Comment of the day. . .
Mantap ini baru komen yg the best…
Tpi ada jg istilah terlaris belum tentu terbaik.
Otomotif itu rumit mas.. Inovasi muncul karena adanya permintaan pasar. Peluang, dan persaingan.
inovasi itu tetep harus ada walau gak ada kompetisi… untuk mencegah kejenuhan konsumen…
yamaha tidak jadi bikin mobil?
http://www.forbes.com/sites/bertelschmitt/2015/12/15/yamaha-ceo-says-no-to-auto-ambitions/
logical approach nya mungkin begini:
sekarang:
berubah atau “mati”
dulu:
mau dipaksain berubah sampai kek gimanapun tidak ada satu jaminan pun otomatis bakal “hidup”
Banyak Motor Baru = Spare part Baru = Banyak Variasi Model “x” modal = Gak punya modal gede Bengkel tutup.
Ada tiger ada scorpio, om-om lupa kaaah???
Tetap saja, agar kreatif untuk berinovatif diperlukan tekanan baik dari internal maupun dari eksternal. Kalo mengharapkan tekanan dari internalnya koq ya sulit karena inovasi itu kan mahal karena harus dibarengi dengan penelitian serta percobaan yang butuh waktu lama dan biaya besar. Mana ada ada manajemen perusahaan yang mau menghabiskan biaya besar, adanya malah downcost kecuali ada tuntutan dari eksternal aga bisa “bersaing” untuk “bertahan” atau “menang” dari pesaingnya. Kalo tuntutan eksternal dari pihak konsumen saya rasa ga akan digubris selama tidak ada tekanan dari produsen pesaing karena memiliki nilai tawar yang rendah. Konsumen tidak akan memiliki banyak pilihan sehingga meski tidak didengarkan keluhannya oleh produsen konsumen mau tidak mau tetap akan membeli produk yang tidak disukainya karen “minim pilihan”. Meski banyak produsen tapi bila terdapat kesepakatan pembagian pasar sehingga mereka saling bekerjasama mengelola dan mengontrol pasar, hasilnya sama dengan monopoli dalam bentuk kartel. Yang terbaik adalah menciptakan kondisi persaingan sehat antar produsen dengan menumbuhkan produsen dengan brand/merk baru, karena pemain baru biasanya all out dan selalu menciptakan differensiasi produk agar bertahan dalam persaingan (meski butuh modal besar agar bisa bersaing dengan market leader yang sudah ada). Pasar bebas merupakan salah satu upaya mengkreatifkan dan menumbuhkan inovasi.
Time will tell
Semua komentar sangat baik
Cuman kelupaan 1 aja
Disitulah peranan para Blogger dimana memberikan informasi dan edukasi otomotif kepada masyarakat, agar tidak terjadi pembodohan otomotif akibat bahasa iklan yang dikeluarkan oleh pabrikan misalx Blue Core, Sport Underbone, Hyperunderbone, dll…. serta info up date teknologi terbaru di negera lain, contoh yang baru misalx PCX 125 udah pake immobilizer di vietnam, Fino 125 yang udah LED di thai, dengan info yang di sajikan oleh blogger qt dapat menilai teknologi yang kita dapatkan di Indonesia…
So Independen & Kredibellah wahai blogger..
Ya kompetisi : inovasi ga sepenuhnya benar sih mas. Semua tentang kejelian sebuah pabrikan membaca ceruk / peluang pasar juga. Contoh kasus di mobil yaitu Avanza di segment low MPV. Di era sebelum 2004, apa ada atpm yang concern di segment low mpv ? Toyo*a melihat itu sebagai peluang maka di desainlah low mpv Avanza/Xenia, dan di tahun 2006 dicangkokan mesin DOHC vvti di sebuah Low Mpv yang ” murah “. Walhasil 2004 – sekarang Avanza masih Raja hingga meski di serang berbagai produk kompetitor.
Hon*a pun sebagai Brand besar Rd2 sudah cukup inovatif mas, cuma kadang kesiapan pasar yang membuat sebuah produk ” kurang siap ” diterima pasar. Contoh hon*a yang pertama kali bawa teknologi bebek 4 tak di INA melalu motor2 dg mesin C series, lalu sportbike ala moge melaui Tiger, NSR Sport 2 tak dengan Radiator & RC valve nya, Mesin injeksi melalui Supra PGM Fi ( yang sempet gagal karena konsumen masih ” belum siap “dg injeksi ).
Intinya ya mas, persaingan & inovasi era sekarang sebenarnya adalah andil dari keterbukaan informasi melalui internet. Entah sosmed , blog , media cetak yang update & dinamis. Konsumen sekarang jadi ” teredukasi ” instan mas. So konsumen jadi lebih terbuka & lebih siap pada Inovasi2 baru di dunia otomotif. Naah, konsumen era SOSMED ini yang menuntut pabrikan jauuh… Lebih berinovasi sesuai ekspektasi mereka. Keuntungan pabrikan jadi ” Bebas ” menjajakan Teknologi / source yang sudah mereka riset jauh-jauh hari ke pasar nasional. Dan untuk kompetisi produk itu hanya Imbas siih ya mas hehe… Selain ketatnya persaingan, tapi juga Seksinya potensi pasar Nasional yang besar tapi juga melek teknologi.
Setuju sama cah cah bagus. Pada dasarnya inovasi san kompetisi memiliki hubungan ayam-telor. Entah mana yang lebih dulu lahir. Karena kompetisi melahirkan inovasi, dan inovasi pun menjadi sebuah kompetisi. inovasi pada pabrikan kendaraan bermotor tidak melulu menanti sulutan kompetisi. Banyak faktor yang mendukung kebebasan berinovasi dari tahun ke tahun. Anda bisa bayangkan perkembangan teknologi komputer yang bergerak secara exponensial, pada era honda grand dan crypton, inovasi tidak secepat hari ini karena teknologi prototyping pada jaman tersebut bisa dikatakan primitif. Hanya superkomputer dan brainware pilihan yang dapat melakukannya. Hari ini, komputer personal bahkan, smartphone pun memiliki kekuatan superkomputer pada era grand dan crypton. Kemudahan ini juga mempengaruhi biaya riset dan pengembangan yang berujung pada inovasi produk.
Masalah GL series, C series, force-1 hingga F1ZR, Crypton hingga Vega. G usah heran. 4G63 milik mitsubishi gak pernah berubah mulai Eterna hingga EVO 9. Dan pada era masing2 evo, bara kompetisi tidak pernah sekalipun padam. RB26 juga tetap eksis di Skyline R32, R33, hingga R34. Artinya, common part sebagai version to version bridge itu tergantung dari kebijakan RnD masing2 pabrikan.
Lain Evo, lain Civic, setelah tahun 95 civic EG6 yang sukses dengan B16A nya gak pernah stagnant di mesin tersebut. Civic EK9, hingga civic FDseries tidak pernah menggunakan mesin yang sama. Dari sini saya bisa bilang pabrikan Honda WORLDWIDE adalah yang paling inovatif. Bukan AHM. “Sori Fbh ” not the best, but significantly innovative .
Hari ini, siswa SMP yang bisa mengoperasikan AutoCAD pun bisa berinovasi. So jangan heran jika smartphone menelurkan sequel produknya setiap 6 bulan. Dan sepeda motor melakukan update setiap 1 tahun. Kembali lagi ke perkembangan CAD dan mikrokomputer.
Wah… Komentar kali ini banyak yang mencerdaskan. Siip
Yamada mah VVota Sevuh Theater nya JKT48 😀
Jangan lupa juga, (sepertinya) rata-rata warga Indonesia mempertimbangkan harga jual kembali.
Motor itu investasi, jika nanti terpaksa butuh uang, harapannya bisa dijual lagi dengan harga yang tidak begitu anjlok.
Artinya, strategi penjualan yang menjaga harga jual lagi juga berperan.
Alih sparepart motogp ke motor bebek … contoh stripping
Yup… kalo ga ada kompetisi.. ya mungkin akan itu itu lagi. Apalagi kalau salah satu brand menguasai pangsa pasar hampir di semua kelas… bisa” tiap tahun cuman ganti striping doang….
tahun 2016 bakal gebug gebugan ini
No Competition = No Innovation
Aku sih yes wak haji.
Dah itu aja, komen diatas udah mewakili.
Alhamdulillah wak, diskusi kali ini kembali enak utk diikuti, jauh dr para fb. *kembali ndeprok sambil manggut2
Jadi inget ahm. Cuma modyal mesin c70 yg digonta ganti striping, tep aja lariiis. Nah sekarang? Org Undonesia makin cerdas coeggg.
Lbh cerdas lagi klo punya brand sendiri. Macam viar yg bisa setara honda/yamaha di Indonesia lah minimal. Amin.
dulu ahaem yg budek.. skrng yimiimi yg budek..
pikson mesin nya gt2 aj.. sm ky jaman dulu gl series.. gren n supri series..
bertahun-tahun gt2 ad kg ad perubahan..
akhrnya dah kebaca.. ditinggalkan oleh konsumen..
Kalau menurut opini ane nih wak
Pabrikan sini mah budeknya setengah mati, kalau gak ada persaingan cuman gonta ganti baju dan lipstik, contoh nyata ahm dengan tigernya dan yang saat ini yimm dengan vixionnya, yang pengembangan di sektor mesinnya sangat kurang terasa, moga aja reaksi yimm cepat untuk menghalau ncb
Biar pabrikan aja yang gontok gontokan, kita sebagai konsumen gak usah gontok gontokan, kalau ada fb gontok gontokan mah cuman buat pemanis dan selingan
Nokia nya udh kolaps Kang… Hehehe menurut Saya.. seharusnya yg banyak ber inovasi ..harus nya bisa jadi pemimpin Pasar (tp kl kapasitas produksi kalah saing ya berat) Cuma aneh nya ya Pasar tidak selalu berhubungan dengan technology… Merobohkan mindset Dan mensmartkan customer itu yg harus mulai di lakukan.. Oleh siapa??ya oleh customers itu sendiri… Kl yg jualan sich pasti bilang jualan nya paling bagus… Gitu Kang
divisi ponsel nokia sudah wassalam. bahkan setelah diakuisisi microsoft pun nasibnya tidak bisa dibilang membaik.
ini gara2 keputusan ‘burning platform’ nokia untuk membunuh hp symbian (padahal konsumennya masih ada biarpun sudah mulai tergerus android) dan megadopsi WP sebagai satu2nya OS di hp nokia. dan kesalahan terbesar nokia adalah belum punya hp WP satupun sampai 1 tahun berikutnya.
kebayang kan? hp WP belum ada, sementara symbian sudah dibuang. ya jelas saja kalau kondisi keuangan nokia langsung hancur karena konsumennya pada kabur semua.
Nokiyem ponsel masih ada …… divisi ponsel akan balik lagi secara penuh akhir 2016
Saat ini nokiyem cuma boleh bikin ponsel basic (feature phone) untuk smartphone tidak boleh karena perjanjian akuisisi dgn mikocok
Sering liat kan smartphone Microsoft Lumia? Gak pake Nokia Lumia lg,
karena mikocok gak bisa buat smartphone trus pengen eksis dgn OS WP ciptaannya, maka biar cepet akuisisi lumia berikut lisensinya
selama konsumen endonesah tetap goblok2,maka pabrikan tetap miskin inovasi,penting jualannya laku…
contoh gobloknya motor matic tanpa gigi persneling dijual dgn harga sama dg motor bebek,padahal ongkos produksi matic lebih murah…
NOKIA kolaps, oom…. divisi HP-nya dibeli ama Microsoft 😀
Kolaps??? Ngga tuh…..
Divisi ponsel masih ada walau cm boleh buat ponsel standar
Divisi jaringan masih ada dan besar masih berjaya seperti ericsson (ericsson), siemens, alcatel
Nokia abis ah, bisnis jaringan disikat huaw*i di indo.
siip wak, puas baca tread n komennya, sangat berbobot bin berkualitas….
Honda emang kuat di segala sisi ,salah satuya plan produksi..seperti yang kita tahu honda memiliki bnyak..plan..sedangkan kompetitor sangat minim( maaf klu ngk nyambung)
Betul, no competition = no innovation, krn tdk ada jaminan utk tetap update jika sdh mendominasi. Tinggal konsumen berpikir Out of the box, keluar dari pemikiran yg itu2 aja. Move on dari pemikiran ttg motor yg diwariskan dari nenek moyang. Berani beda.
toyota banyak insinyur dari yamaha ???? sorry bro anda terlalu berlebihan dan berhalusinasi….saya kerja di toyota , insinyurnya dari toyota ……memang toyota punya saham di yamaha tapi itupun hanya 1% something
Lo di toyota mana bro? Yg dimaksud toyota dimarih ada toyota jepang banyak dapet pasokan insinyur dari iwata yamaha.
Elu paling buruh aja belagu. Sok sokan tau saham
Wkwkkw
berkaca dari kasus sebelom2nya c,,
bakalan lambat d kalo soal sepeda motor,,
perkembangan nya ga secepet teknologi hp gt,, imo cmiiw
Nokia udah ga survive wak haji…udh dibeli sm microsoft…
Dibeli lisensi smartphonenya doang,
Dibeli para pekerjanya di divisi smartphone
Nokia ga boleh buat smartphone hingga akhir 2016 (ponsel basic boleh)
Akuisisi Microsoft ibarat pinjam nama berbatas waktu dan beli alat perangkat produksi selamanya
dan paten nya…jangan lupakan itu…
trus coba jawab ini….
ketika tim r&d dan paten sudah diambil alih, apa yang tersisa dari nokia selain merk???
nokia akan kembali dan bikin smartphone lagi??? IYA!
tetapi apakah “rasa” nya akan sama??? TIDAK
@Konsumen Biasa
Nokia dagangannya banyak gan bukan hape doang. Ada divisi2nya. Jadi bukan tersisa mereknya doang.
Rasa HP Smarphone nokia bisa sama ato gaknya relatif gan. Tergantung si Nokianya mau niat buat hape ato ga. Kalo masih setengah hati buatnya kayak Nokia Androidnya yang masih ada feel2 Windows 8nya ya wasalam.
Dritadi belain nokia, gawe nokia ya? Divisi network di indo juga sudah disikat sam huaw*i gan
minoritas vs mayoritas
jika si minoritas tidak ada inovasi maka akan mati, dan agar tetap hidup harus berinovasi.
si mayoritas pun harus mengamati/mengikuti inovasi si minoritas jika nggak mau kecolongan. sebab lengah dikit lewat.
Innovation = identik dg memuaskan pelanggan (konsumen), soal efek di MS (profit perusahaan) belakangan. dan ini adalah sebuah idealisme.
Competition = sebuah usaha utk menguasai market share —> profit besar (money oriented), dan ini murni soal bisnis
Keduanya nggak punya hubungan langsung yg saling timbal balik. Suzuki pada era keemasannya konsisten lakukan inovasi tanpa pusing soal market share.
Dan pabrikan dg MS terbesar hari ini juga (akhirnya) lakukan “inovasi” karena terpicu oleh kompetisi (utk kuasai MS).
Justru kedua hal diatas tadi baru akan ketemu pada satu area yakni: “tingkat kecerdasan konsumen”
Saya setuju dengan “no competition = no innovation”
Banyak banget contoh nya, misal:
– Pertamina, dulu waktu belom ada Petronas dkk liat pelayanannya. Toilet aja bayar.
– Cinema21, dulu waktu Blitz belom nongol harga tiket mahal beut. Begitu pesaing datang, keluar program nonton hemat cuma ceban.
– De el el hehehe
tergantung…..
N250 karbu berubah jdi N250FI pdhal d sni gak ad kompetitornya (Lupakan CBR250)…. wlau sbnarnya N250 ngimport dri thailand :3
tapi
Satria F tu coba klo Sonic gak keluar, smpai 2050 juga ttp mkai karbu n cuma gonta ganti baju
tapi (lagi2)
ada ap dgn Vixi, pdhal klo mw main DOHC z mindset yg pling di agung2kan tetangga tntang mesin DOHC pun psti akn runtuh n gak ad ruang lgi tuk tetangga n akhirnya memaksa berinovasi lgi entah mngkin TOHC :v. . .
Pemerintah harusnya melihat persaingan antar vendor ini sebagai langkah untuk memajukan perekonomian indonesia itu sendiri, kenapa? karena di luar sana masih banyak yg butuh pekerjaan dan tenaga kerja harus terus digenjot oleh pemerintah, harusnya pemerintah lebih tegas kepada para produsen kendaraan, kalo mau niat jualan di indonesia, kasihlah investasi yg sangat besar, bangun lebih banyak pabrik, bangun research and development di indonesia, dan juga harus ada imbal balik teknologi, jangan cuma masyarakat cuma dipakai sebagai pasar untuk mengeruk keuntungan pribadi oleh vendor vendor tersebut, saya pribadi melihat jepang cuma menjadikan indonesia sebagai pasar aja
Waw…
Amazing…
Wak haji ud ngisi pagi kita dengan artikel yang sangat wah…
Mungkin untuk orang awam kesannya AHM yang g punya inovasi dibandingkan YIMM…
Tapi pendapat saya hanya…
Setiap brand punya strategi masing masing, Yimm dengan berani membawa segmen baru pada saat itu (MiO), mampu menggeser kedigjayaan AHM, kemudian terlena dengannya, namun image motor irit AHM tetap tak terkalahkan dan sampai diakui dalam iklan Yamaha ( paling bedanya segini!!, dedy mizwar saat itu numpahin Air sesendok).
Tapi AHM melek dengan Vario yg sudah pake inovasi sw sidestand dan parking brake lock, yang akhirnya diikuti juga sama Yamaha. Kemudian keluar lah beat, yamaha ngejilat lidahnya sendiri dengan Soulnya. Scoopy pun lahir, pada saat itu yamaha ogah ngeluarin skutik retro. Dan akhirnya keluar juga fino. Lagi lagi ngejilat ludah.
Jadi kalo masalah inovasi sya rasa memang honda.
keren2 nih komentarnya,,,, semoga seperti ini terus blog anda Wak,,, mencerdaskan dan objektif
Cung Kyoghi yang beloon nya masih dipeliara…cuma mau nanya aja.
Kalo NSR150RR buatan Astra itu taun berapa yah??
mampu ga daya belinya taun segitu?
Yg cengap cengap 2 tak ga laku siapa yah???
Nah kalo bisa ya begini, diskusi temenan.
Jangan kayak warung sebelah yg cuma bakar bakaran tok isinya.
GoGon oon….
Ninja bukan impropisapi tapi karena produksi global dan ngikutin kiprok eh regulator yuro yuro an maknnya naek ke pul injeksen.
kalo masih jualan karbilator mah production cost nya malah nambah karena ga singkhronz sama line production globo’ol.
Faham…??
fafat dikali fafat bukan fatangfuluhfafat
Ki Jake Bego
Nmax inovatif??
ngutip Mbak Dharmodar aja deh…
abs, cakram dsb mah gampang bikin…produsen cenes dan indihe juga bisa bikin.
Parts Kw nya juga blaratan
canggih itu ESP, Combi Brake, IDS
Ga bisa bikin, ada patent nya dan hasil ide briliant.
Camkan itu
Ids???
Andai saja setiap artikel commentnya seperti ini.
Aku rasa para FB kali ini sedang berasa inferior, tiarap sambil manggut2 tapi nggak ngerti……
Sprtinya utk urusan otomotif n elektronik hmpir sama…no competitiin no innovation…
Kl produknya masih laris…jd pd budeg pabrikan
Kawasaki berinovasi bermula karena penjualan bebeknya melempem dan tidak punya motorsport 4 tak dieranya seperti megapro dan vixi sehingga berat melawan Dua pabrika besar Honda dan Yamaha. Dan saat itu Kawaki hanya terlena dengan penjualan Ninja 2tak yang ngak ada lawan karena pabrikan lain sudah stop produksi.
Akhirnya Inovasi Kawasaki untuk survive di pasar tahah air mencoba bermain di kelas 250cc yang masih kosong dengan Ninbu dan laris manis dengan 2 silinder yang tak ada lawan dan membentuk mindset sebagai first mover 250cc ditambah seteah itu menguatkan image Kawasaki juga nama Ninja dengan main Motor cc besar pertama. Akhirnya image Real Sport dipegang Kawasaki. Yang menarik setelah nanti Honda mengeluarkan CBR250RR 2 silinder peta persaingan semakin sengit dan sempit karena dikelas ini daya serapnya tidak sebesar kelas 150cc. Apakah kawasaki akan berinovasi memaikan blue ocean yang baru dengan mengeluarkan 250cc 4 silinder karena pasti akan terasa berat bagi kawasaki dimana Cow Cashnya saaat ini ya NINJa250FI apalagi harus berhadapan dengan Honda dan Yamaha yang motor 250ccnya diproduksi disini dan tidak kena Imbas Dollar dan bisa menekan sparepart lebih murah dan aftersales yang lebih baik dibanding kawak.
Intinya pabrikan harus terus berinovasi untuk survive walau Honda sekalipun yang sudah menguasai 70% karena pabrikan lain siap mencari celah Honda seperti dulu Mio, Vixion dan sekarang N Max. Tapi yang sangat disayangkan Yamaha pun terlena setelah suatu produknya menjadi Market Leader dan lupa berinovasi akhirnya tumbang satu per satu.
Y
contoh inovasi pabrikan yang telah berhenti = SUZUKI…
sisan Satria doank yang bisa dijual
kenapa ya dengan Suzuki, malah disaat kompetisi semakin padat malah inovasi melempem
Nokia kolaps wak sampai jual diri ke microsoft.skrg emg sdah pisah sma microsoft. Tapi dia bkalan sulit jadi pemimpin besar, kecuali dia berani berinovasi dan mjdi trendsetter di dunia motor. Awareness thdp yamaha mirip dgn nokia, mlihat pula momen kbangkitan suzuki..
Bersambung lwat wa aj wak..
#$aveFBY
Honda mendominasi kan membuat tantangan bagi merk lain untuk menyamai atau melebihi honda. Yamaha unggul di vixion dulu bikin panas honda.sekarang cb kyaknya maka yamaha pasti bercita cita mengalahkan cb. Dominasi berbaya kalau cuma ada 1 pemain.
Sepertinya benar, no competition no innovation, soale udah banyak contohnya, seperti mesin gl series, lalu satria f, vixion series (termasuk mesin jup mx, r15, mt15), cuma gonta ganti baju, cat dan striping. Itu dulu, gak tau ke depannya masih ngaruh apa gak. Imho, cmiiw
tuntutan jaman di kasus nokia kan karena kompetitor juga?
lagipula memang kelihatan ko gayanya AHM, selama produknya laku & ga ada ancaman dari kompetitor, mereka ga akan all out. saya rasa itu juga berlaku buat pabrikan lain
padahal tahun 2010, MS honda dan yamaha pernah imbang, sama2 45%. bahkan dalam beberapa bulan, yamaha pernah unggul dalam penjualan. tapi sekarang ?????? sepertinya produk sport yamaha jalan di tempat tanpa ada inovasi, mesin SOHC jupie dipake jg ke sport, cuma beda cc. mengulang kesalahan honda dengan mesin GLnya yg jadul…… IMHO…
Setuju,,,
Pinter tapi ga cerdas orang R&D Yamaha,,,
@ Putri Cantik : ente betul, tapi kalo melihat secara harga. motor sport yamaha 250 overpreet. masa produk lokal sm dengan harga produk CBU (ninja 250 2slndr). terang aja owner’s lebih milih produk CBU..
kalo vixion gak lahir, megapro pasti masih pake model primus, tiger masih diproduksi, verza enggak lahir, cb150 masih konsep doank
kalo ninja 250 gak lahir, kelas 250cc cuma ada 1 silinder aja, market moge enggak berkembang, krn kelas 250cc adalah jembatan ke segmen moge
Ga ada hubungan langsung antara inovasi dengan kompetisi. Inovasi tergantung kebutuhan pasar. Ga ada yg salah dengan honda yg cuman menghadirkan bebek dengan mesin yg itu2 aja, atau model sport dengan mesin kaizennya. Apakah honda astrea boros? Ngga kan, bahkan mesinnya awet sampe skarang.. Begitu juga dengan gl pro neo technya, yg sampe skarang wara wiri di jalan..
Apa yg dilakukan honda semata2 sesuai kebutuhan pasar, saat itu masyarakat mengiginkan motor murah, perawatan mudah dan dan nyaman..
Sekarang, pola pikir masyarakat sudah berubah, sudah konsumtif. Dan honda mengalah untuk menghadirkan produk2 sesuai keinginan pasar. Yg terjadi adalh setiap produk dijejali fitur2 seabrek yg tentunya lebih baik, tapi jadinya lebih mahal, lebih susah perawatan(harus bengkel resmi) dan juga lebih mahal minyaknya (pertamax)
Dulu masa hp tit tut tit tut nokia 3310, itu hp dicharger 3 hari sekali. Sekarang di masa smartphone rata2 orng mencharger hp 3 kali sehari.. Emang hp skarang menjanjikan segala kemudahan, tetapi bikin kantong boros beli paket, dan boros listrik.. 😀
74. komeng – December 17, 2015
@ Putri Cantik : ente betul, tapi kalo melihat secara harga. motor sport yamaha 250 overpreet. masa produk lokal sm dengan harga produk CBU (ninja 250 2slndr). terang aja owner’s lebih milih produk CBU..
=================================
Ah ngak juga semua owners pilih CBU mau bukti main saja ke group FB R25 owner rame juga disana dan kalau lihat Sunday Race banyak juga tuh owner R25 walau produk baru setahun, kalau belum ngalahin penjualan NinjaFI saat ini I agree kalau harga CBU ninja250FI lebih mahal kok dari R25 standard ngak terlalu operpret bangetlah karena dapat power lebih, handling lebih nikmat dan aftersales yang lebih murah karena produk lokal. Semua produk pasti ada plus minusnya
wah disiini diskusinya enak ya wak
sorry sptnya elu yang pengangguran yang sok tau wkwkwk ….atau lu fby yang gede kepala ..menganggap toyota = yamaha wkwkwk ndasmu pitak ….
nih lu lihat komposisi saham yamaha di website resmi yamaha global :
http://global.yamaha-motor.com/ir/stock/
share toyota hanya 3,61% … jadi itu mah cuma sebesar jigong alias cuma numpang nama , toyota sudah banyak insinyur hebat2 , ngapain insinyur yamaho datang rame2 toyota wkwkwk …mimpi luh tong
Toyota=Lexus,Lexus LFA mesin v10 nya yg nan seksi di buat yamaha… pensboy teriak pensboy
Oh karbu yg gak lolos regulasi trs ganti injeksi tu y?
SOHC yg 4 klep, yg buat DOHC 4 klep dlnya overbore dirubah jadi overstroke (bacanya near square) jg y?
kayanya bener banget tuh 😮
—————————–
Langkah-Langkah Meningkatkan Pengereman
http://rpmsuper.com/2015/12/17/cara-meningkatkan-pengereman-motor/
Yang paling berpengaruh kelihatannya faktor “cuci otak”. Dan di sinilah hebatnya honda dan para salesnya.
Komentar dari atas sampai bawah nyebut2 minta mesin SOHC Yamaha yg 150 cc diganti dengan DOHC. Pertanyaannya: apa perlunya diganti dengan DOHC? Menambah powerkah? Menambah iritkah? Menambah top speed kah? Jawabannya tidak. Lah, lantas koq teriak2 minta DOHC? Karena yg teriak itu lah sales2 merk sebelah.
Mesin kecil 150cc sama2 punya 4 klep baik SOHC maupun DOHC. Bedanya, mesin DOHC jadi lebih ribet karena komponen lebih banyak, dan lebih boros bahan bakar karena putaran mesin lebih tinggi untuk mengail tenaga. Sementara mesin SOHC lebih ringkas, minim komponen, dan sudah teruji bertahun2. Tidak seperti DOHC yg diganti mesinnya setiap 2 tahun.
Lah, tapi konsumen kan minta DOHC? Sudah disediakan di kelas 250cc, malah dikasih mesin dobel silinder pulak. Pada cc yg lebih besar ini baru perbedaan SOHC-DOHC akan lebih signifikan.
Kembali ke laptop… Berkaca kepada masa lalu, Jelas kalau honda dominan maka dunia motor roda dua akan kembali ke masa kegelapan seperti dulu.
Sekarang sudah era digital,,,
Info sekecil apapun cepet menyebar,,,
Buyer dapat melakukan komparasi produk ga perlu repot,,,
Ndoro….
Gini2 nih bkin yimm bangkrut….mungkin lo dlu yg bkin mio ancur….skrg vixion….ngapain ganti mesin kalonsekarang masih bsa jualan….mang lo doang yg make tuh vixion…gak bosen apa lo dikasih nasi aking.,,,, g pgn kfc apa makde….nih nih….oon dipiara…
Intinya inovatif dul
Sama ajanpikiran ngapain ganti mesin gl…kalo ini lebih irit, bisa ngebut juga,,,,nyampe juga ketujuan….
Mikiiiiir woiiii….
Trus lo bilang ada dohc dikasih double pula….mang berapa ribu orang yang sanggup beli 250cc…gw sih jujur aja gak bakal kebeli…makanya nungguin yang murag tapi keren…nunggu doang…biasa bacot aja…
Nikita Mirzami??????????????????? – December 17, 2015
Nanti jadinya Yamanda dong ?? .. Cap sayap ketusuk garpu sendok ?
Motornya bakal mix jadi..
Yamanda MT250R
Yamanda XABRE150R DOHC 6 SPEED
Yamanda Mio Fincoopy 125 BlueCore LED..
Saya pasti support.. ❤❤❤❤❤????
*****************************
Gak cocok klu Yamanda,, harusnya Yamaho atau Hoyama lebih cucok.
Nokia udh bangkrut kan wak? Smpe bos nokia nya nangis2.. ada video wawancara nya
Harusnya begitu kang
—http://otomags.com/index.php/2015/12/17/ide-untuk-pt-kai-untuk-mengurangi-pelanggaran-di-pintu-perlintasan-kereta-api/
http://otomags.com/index.php/2015/12/17/ketika-trek-lurus-sudah-begitu-ekstrim/
inovasi harus, tapi juga harus dibarengi kwalitas, pengalaman ane motor laki pake tiger 1 th rante dah oglek, harganya mboooook rante 1 set, 2 taun bodi belakang pecah, pake silotip dah, 3 tahun bocor tuh tangki las2, lu pikir murah ngelas, sekali ngelas abis biaya 60 ribu, ini dilas sekali minggu depan bocor lagi ditempat lain, akhirnya beli tangki baru, masalahnya tangki warna biru gak ada yang jual, puyeng kan, masa gara2 tangki bocor ganti stnk?, hah??? akhirnya ganti byson 4 tahun cuman ganti karbu, itupun ganti punya king murah 600 ribu pasang sendiri pnp mantap, abis gitu dapat rejeki ganti mt25 puas pakenya, tapi ancuknya kok cakepan mt slaz, gila nih yamaha. intinya ane akuin dah laki yamaha lebih bagus dan berkwalitas dari ahm,
kalo matik yamaha pengalaman pake mio aduh gak usah diceritain dah ancurrrr, ganti ama vario cw 2010 awet ampe sekarang gak ada masalah, matic honda jauh lvlnya ma yamaha, gak heran orang pada beli matik honda, salah lu sendiri bikin motor matic kok gak berkwalitas yamaha, penduduk indo tuh banyak ceweknya makanya laris tuh mbit.
bebek mah pegang honda federal, yamaha ama honda ahm kelaut aja, kecuali yamaha f1zr lho ya, itu dewanya bebek.
simpulannya ane pengen motor laki keren, awet, gak rewel, body gak geter, kuat narik ban gede, mesin dohc hehehehe…., tiger ama byson jauuuuuuh dibanding mt25.
kalo beli motor laki ane beli yamaha lagi
kalo beli matic ane pilih honda lagi.
ane pake polytronjadul wak.. enggak pake nokia lagi..
benar wak, tapi tergantung konsumen juga..kritis apa gak? yg ptg boikot pabrikan yang gak melek sm inovasi
weleeeh, ini penyimakannya antara gadget dan otomotif ya 😀
84. Asem garem – December 17, 2015
Ndoro….
Gini2 nih bkin yimm bangkrut….mungkin lo dlu yg bkin mio ancur….skrg vixion….ngapain ganti mesin kalonsekarang masih bsa jualan….mang lo doang yg make tuh vixion…gak bosen apa lo dikasih nasi aking.,,,, g pgn kfc apa makde….nih nih….oon dipiara…
Intinya inovatif dul
=====================
Pertama, gw bukan sales tapi user roda 2 dan roda 4. Intinya, masalah mesin SOHC-DOHC di 150cc itu cuma soal mind set dan bacot sales ahaem. Apa buktinya? Lihat noh MX King si SOHC 4 klep bermesin Vixion yg sukses menumbangkan DOHC Sonic maupun CB150 di sirkuit Sentuk kecil maupun Sentul besar. Malah DOHC hnda pada meleduk mesinnya gak bisa finish alias DNF.
Jadi suara2 ngotot minta DOHC di 150cc itu untuk apa? Sudah gw tulis sebelumnya, lebih cepat enggak, lebih irit enggak, tapi lebih ribet iya. Paham cong? Isu ini cuma permainan marketing ahaem. Konsumen cerdas seperti di Eropa dan Amerika Utara tidak bisa dibodohi lagi dengan paradigma semacam ini. Sayangnya konsumen di sini kebanyakan tidak seperti itu.
Jangan lupa, Honda Vultus itu SOHC, Verza dan embit itu SOHC, malah klepnya cuma 2, beda sama SOHC Yamaha Vixion yg 4 klep sama seperti DOHC. Ente kalau bukan sales pasti korban pembodohan otomotif pabrikan. Inovatif di 150 cc bisa dengan Blue Core ataupun VVA kayak N-Max yg sudah terbukti efektif, bukan gimmick DOHC abal2 overstroke.
Soal Mio, sudah banyak dibahas blogger masalahnya mulai dari ban yg ketjil, fitur yg sedikit, dan model yg kalah dengan honda. Lihat noh mesin Blue Core Mio M3 yg sekarang mengalahkan mesin Beat dari segi power maupun keiritan. Jadi sama sekali bukan soal SOHC-DOHC.
Analisa dan pnjelasan wak haji trlalu dangkal wak.. Maaf y
Contohny jg krg relevan. Toh nokia jg skrg colaps. Duluny wkt msh mndominasi fiturny gt gt aj dan overprice
Mirip kjadian ahm d thn 90an smp 2000an.. Teknologi seadanya.. Harga mehel
Y intinya teori ekonomi. Biaya minim untung maksi. (Keserakahan)