TMCBlog.com – Bro sekalian, Di Paruh Kedua race MotoGP Silverstone 2017 kemarin asap Putih tebal dan banyak keluar dari mesin Motor Honda RC213V saat dirinya berada di posisi 3 di belakang Rossi dan Dovizioso. Masalah teknis yang menimpa Honda RC213V ini termasuk yang jarang menimpa Marquez dan Boleh dibilang ini adalah DNF pertama Marquez yang disebabkan masalah teknis, cmiiw . . . Marquez mengatakan secara umum bahwa tidak ada tanda tanda sebelumnya mengenai masalah ini, Mesin V-4 ini tidak megalami kehilangan power sebelumnya . . Pokoknya .. Bammm . . tiba tiba jebol saat Marc Membuka Gas lebar di satu straight SIlverstone . . Saat itu Juga Marc sadar dan untuk menghindari Crash ia menekan kopling dan melebar ke area Run Off di samping kirinya . .. Dengan kejadian ini, Marquez DNF, No Point dan Harus turun ke posisi dua kehilangan status pimpinan Klasemen dengan kalah 9 Point dari Andrea Dovizioso . .
MASSIVE MOMENT! Marquez is out of the #BritishGP! 😱 pic.twitter.com/cphHNo9enc
— MotoGP™🏁 (@MotoGP) August 27, 2017
Kalau ditanya kapan terakhir Motor Honda RCV emengalami masalah saat race ? mungkin beberapa rider atau bekas rider honda akan mengerenyitkan dahi karena memang sulit untuk diingat ingat . . Mungkin terakhir terjadi 10 Tahun yang lalu ketika Motor RCV yang dibesut mediang Nicky hayden rusak di GP Phillip Island 2007 . . . dan Dari semenjak itu baru kali ini Honda HRC mengalami masalah kerusakan mesin saat race berlangsung . . . Pertanyaan pertama adalah Itu mesin yang mana Yang jebol ? . . untuk menjawabnya silahkan sobat lihat engine-list Marc Marquez Official yang dikirimkan dorna ke tmcblog.
Mesin yang rusak di race MotoGP Silverstone 2017 ini adalah mesin No#4 yang notabenennya menjadi mesin pemenang di race Flag-To-Flag MotoGP Brno 2017 . . dan seperti Yang tmcblog pernah bahas beberapa kali di artikel artikel sebelumnya mengenai pemakaiaan mesin MotoGP . . Repsol Honda baik Marc Marquez maupun Dani pedrosa memiliki pola pemakaian mesin yang terkonsentrasi pada dua mesin saja setiap race Weekend. Sementara team lain seperti Ducati team dan Movistar yamaha biasa mengunakan strategi 3 mesin per race weekend.
Yang jadi pertanyaan apakah yang jadi penyebab utama masalah Mesin RC213V di Silverstone? Jelas akan ada banyak dan tmcblog yakin Honda nggak akan buka untuk umum penyebab detail dari masalah mesin Marc Marquez ini . . top secret kayaknya . . wong sekelas AHRT saja, masalah Jeroan Mesin CBR250RR di Thailand akan tetap jadi Konsumsi internal honda, apa lagi ini kelas Super duper primer MotoGP. namun begitu tak Haram pula kita menganalisa dari apa Yang bisa terbaca, terdengar dan terlihat dari Luar . . berikut 3 analisa ala tmcblog yang mungkin saja jadi penyebabnya . .
Pertama Jika melihat Strategi jumlah penggunaan mesin bisa saja sinyalemen ke arah fatique dari durabilitas salah satu Part jeroan dari mesin karena pemakaian mesin yang terlalu di Push akibat tidak terlalu sering dirotasi. Mesin Yang jebol ini adalah mesin yang dipakai semenjak FP2 dimana Marc Marquez Crash dua kali di sesi tersebut. Namun tmcblog nggak tahu mesin yang bermasalah ini adalah mesin RC213V yang jatuh parah pertama atau mesin RC213V yang jatuh biasa saat kedua kali.
kedua Jika melihat Kolom komentar ada juga beberapa analisa cerdas pengunjung tmcblog yang mengaitkan aksi slipstreaming Marc Marquez sebagai sinyalemen penyebabnya. Seperti kita ketahui di race ini Memang marc Marquez lumayan sering berada dalam posisi slipstreaming baik itu di belakang Rossi, Dovi maupun Vinales . .slipstreaming memang ampuh untuk mengurangi efek gesekan udara penghambat, namun ada sinyalemen entah volume udara atau kualitas udara yang masuk Via Kanal ram air di depan juga berbeda jika dibandingkan dengan saat berada di depan sendiri . . apakah ini jadi penyebab, bisa ya bisa nggak
Ketiga . . ini adalah analisa yang agak nyeleneh . . yakni karena nature dari Track Silverstone yang bumpy . .. analisa ini berdasarkan salah satu analisa penyebab jebolnya Mesin Yamaha M1 Rossi dan Lorenzo di GP Mugello Tahun 2016 yang lalu dimana berlebihannya putaran mesin ( Over Rev ) mengakibatkan rusaknya Piston dan Klep. Kerusakan Mesin Valentino dahulu disebabkan oleh Over Rev ( putaran mesin yang melebihi limit) dan terjadi saat ban belakang melompat dengan keadaan Throtel gas terbuka penuh di ujung straight . . Nahhh bisa jadi karena Tracknya Yang bumpy jadi ada kondisi dimana ban Belakang RC213V Marc Marquez di silverstone ini juga mengalami kejadian melompat dengan keadaan Throtel gas terbuka penuh yang muaranya juga Over Rev ( Cek video Facebook di atas deh Bro )
Dalam Press releasenya HRC dan Marc Hanya menyebutkan Engine Failure, So walaupun nggak yakin HRC akan buka masalah secara terbuka, Namun Opini opini cerdas dari sobat sekalian pengunjung setia tmcblog.com mengenai insiden ini sangat dinantikan ..
Taufik of BuitenZorg
joss
Joooss, Marquez mengasapi vinales dalam arti sesungguhnya
Yg paling keren saat mark ngerem pake bantuan sepatu..gila dah. Mesin kelas moto gp dianggap motor trail..joss tenan kui. Soale belum pernah liat ada pembalap lain yg melakukannya.
Foto tapak sepatunya dong wak. Bisa jadi kolektor item ntar tuh??
Fbh silahkan menghibur diri dengan STATEMENT kekanak-kanakannya.. ??
Kebanyakan songong sejagad Blog sambil ngemil micin akhirnya KENA KARMA… Modaro!!
Ekekekek ???
Kemampuan Marquez tidak diimbangi kemampuan mesin, fix kalau MM93 gagal jurdun kesalahan ad pada motor dan team
Nang ndi ae Mooo, bar mati suri. Ngasah cocot ta?
Analisa mbh darmo yg mnghibur dri gr2 sesembahannya bru menang kali ini diajang manapun. Ckckck
suzuka 8 hours MELEDUK
IRS cebong MELEDUK
bengkel di gresik MELEDUK
eh motogp juga MELEDUK
wakakakakakakaka
mbing mbing masih aja oon
muehehehehe
itu merupakan konspirasi global dorna wak agr poin gak jauh2 amat……….wkwkwk
Nahahahhh g yamaha n hond mesin jeboll ckckckc malu cung sama suzuki …
Fix mesin nhebul yamaha n honda parahh
@mbah darmo
Tensioner gak ada hubungannya sama piston
Posisi ny beda tempat
Jebol pun gak akan mungkin masuk k area piston
Dari komen anda
Saya dan mungkin otolover yg lainnya jadi ragu atas ke kurang pahaman mbah darmo dalam ilmu otomotif
Sekian
Kalo analisa saya lebih seperti di mesin 2 tak kalo nge jim, klo 2 tak itu biasanya pengaruh dari kualitas oli samping atau settingan oli samping kurang pas krena fungsi oli selain melumasi kan jg mendinginkan mesin, nah analisa yg sy tangkap mkin sperti itu wak klo di 4 tak , dari riding style marques yg agresif, oli mesin terlambat melumasi bagian yg vital kayak dinding cylinder , mesin jd stress , tp kayaknya masalahnya beda kayak yg dialami rossi tahun lalu soalnya asap yg dkeluarkan nggak sebanyak motor rossi
Salut sama mbah duarr_mo tentang analisa tensionernya..berarti motor ymh gitu ya mbah,secara kan mbah duarr_mo kan gx pernah naek hnd.
kalau saya sih wak nganggepnya karna piston macet. bisa karna terlalu panas akibat slepstreaming. indikasinya kan ban belakang mengunci (marc menarik kopling biar nggak crash) ini terjadi di megi ku dulu yang piston ngunci karna kurang pelumas.
@modar
Setubuh,marquez is the best.
@randy
Hustt biarin,semerdeka Mbah darmo aja
Ngah ngah
Klotok klotok tuh… jadi ngebull
Dampak wabah wereng kah..
Slah satu fby yg senang krn bru aj sesembahannya menang. Komentar yg berbobot cuy. Jgn ngiri dong. Hahaha
waduh copas nickname
Analisis ke 3 kykny wak yg mungkin masuk akal..
Kalo masalah slip stream kurng masuk,soalny nggk cuma d motogp silverstone ini aja marquez serring melakukan slipstreamig…
Pedrosa sudah berpengalaman, dia tidak ingin terlalu push karena dia tau batasan mesin rcv, 11 tahun di rcv tanpa gelar
Pengen liat mbah duarr_mo naek ymh..duarr2 gx ya..
Rossi mlorot.. marques dnf.. indonesia kalah.. untung mu menang..ada hiburan sedikit..?
Hahahaa kok kita smaa. Andai mu kalah. Kayak gak da semangat gtu. Abis nya Indonesia kalah ..
Mu tahun ini kandidat kuat juara
Wee pnggemar MU jg trnyata.
Hehe…sama ama saya bro….
apalagi liat rekaman video muka wasit bulutangkis bro!….geram
Kalo bulutangkis mending, ganda dan tunggal putra menang di final ngasepin malay
Masih mending kalian..
lah saya, Conor kalah, Indonesia kalah, marq dnf, arsenal hancur..
Tapi kesialan sehari cukup sehari kok, hari ini gw bahagia #curhat
MVK lambat panas, untung aja podium
MU penyelamat malam minggu wkwkw, calon kuat juara EPL, ini enaknya epl juara gantian gk kayak liga sebelah 4L muluu
Over rev lebih masuk akal sepertinya..
tetep fby nggak terima wak… kayak rossi dulu fbh juga nggak terima… heee
Wong koq senengane gawe adu-adu..gawa2 penboi sebelah.
Flamming lu ga mutu, tong.
Mau meleduk apa kaga ngga ngaruh sama MS AHM,,,
Mau meleduk sampe akhir musim juga ngga ngaruh sama MS AHM,,,
AHM fine fine aja,,,
???
Semua FBH terima engine damage RCV,,,
Wong ngga ngaruh kok sama MS,,,
Sirkuit yang mulus kaya gitu masih ada kekurangannya (bumpy) ya wak, semakin ngenes/malu indonesia cuman bisa punya sirkuit sent** yg kondisinya mengenaskan.
Ga usah di sensor bro tulisan sentulnya…dunia dah tau sentul sirkuit bumpy aspal retak dll…wkwk
sentul parah, dbandingin ma jalan raya masi bagusan jalan jalan raya…hh
Takut kena UU ITE mungkin dia masbro..
Pakai Nick Name apapun kalau sudah ketahuan IP Address nya..ya wassalam
Lebih bijak lah dalam berkomentar mulai sekarang
@mustard, IP mah udah ngga jaminan bro karena ada IP dinamis.
edan,bisa nikung pake satu ban depan gitu ya,posisi sdh mireng ban belakang bisa mlompat²
Honda baru skli mleduk ya … Joss … Niru kok mleduk 🙂
Dari sini ketahuan antara mesin Y & H,,,
Kalo mesin Y ngebulnya kebangetan karena mesinnya makan oli,,,
Kalo mesin H ngebulnya ngga terlalu banyak karena ngga makan oli,,,
Itu saja pencerahan dari ane,,,
Pfffttt,,,mau tensioner jebol,rusak,gosong masyarakat taunya tentang motor ya Honda,,,
Emang ymh sering meleduk ya..kasihan honda kok niru ya…
tapi seru wak…. fbh simalakama wak… berharap rossi yg menang karna terkait dengan poin … tp rossi pake yamaha… ripal berat honda!!! hasil ini masih bisa di terima… yg fenting nggak yamaha yg menang …. ini analisa yg masuk akal… mhueheehheeheehhheee….
Berharap Mbah Ros yg juara, poin klasemen pasti lebih greget… Silahkan urung…
Setuju dari alasan 1
Mesin tidak dirotasi apalagi yg bekas (BIG) crash …
Krn apa mekanik sudah menyeluruh periksa mesin sampai jeroan,
ada yg longgar, rapuh, bengkok dll. Who knows …
Tertinggal 9 poin bisa kembali andai Marc P1 dan Dovi P3 / lbh rendah
di next race … tapi dgn motor GP17, saya rasa Dovi bisa menang
di hampir semua sisa sirkuit … tenaganya itu lho …
Setujaaa
Motor ducati mendekati sempurna
Di semua sisa race,Ga peduli markes, vinales maupun rossi, blm tentu menang melawan desmodovi
Spekulasi yg kedua dan ketiga ada faktor lain, Marc pakai ban belakang Harder option, dimana Ros dan Vin pakai softer option. Menurut saya dgn karakter Marc yg gak mau tercecer dia akan push ban belakang dgn (sedikit) berlebihan, tambah lagi track Silverstone yg cenderung datar (walau bumpy) dan tikungan2 lebarnya terbilang enak utk pebalap melakukan diajak rear wheel steering.
Nah gaya RWS kan akan memaksa puteran mesin lebih dr normal riding style pada umumnya (balik lagi ke prediksi di artikel perihal over rev engine).
Dugaan mesin over rev akibat slip streaming, seperti anlisa saya atas M1 di Mugello 2016 yg dulu dibantah temen2 fans MotoGP di grup Telegram taun lalu .. #curhat .. paling masuk akal tapi memang ada celah utk diperdebatkan, karena bukan faktor utama mengingat durabilitas dari material mesin MotoGP yang super duper spesial.
Tapi 3 alasan diatas masuk akal semua kok mas, dan sangat bisa dipertanggungjawabkan.
Kalo mau berdebat, semua pendapat benar, dan kalo mau tau sebab yg shahih ya kudu ada official press release dr HRC soal peristiwa blown engine tsb, dan itu pun sesuatu hil yang mustahal. Bheheheheee…
susah juga dianalisa soal ban
apalagi sebenarnya ban Marquez dan Rossi itu sama
depan belakang sama sama Hard
Betul seperti teman-teman bilang, selain mesin sudah lelah(fatique), kemungkinan crash ketika FP sangat mempengaruhi durabilitas mesin, pengecekan mekanik on site mungkin ada miss atau bisa juga defectnya terlalu kecil sehingga terlewatkan. Ditambah ketika race Marc memaksa mesin diluar batas kemampuannya untuk terus menempel pembalap didepannya.
Analisa masuk akal…wak bahas motor M1 rossi sama Vinales di sirkuit ini sama masalah bannya udah sembuh apa belom? soalnya Vinales pake Ban Soft belakang beda ma rossi pake Hard
lagi dicari infonya bro
agak anomali sih..rossi yang pake hard-hard aza sampe kedodoran di lap2 akhir..
maverik yang pake belakang soft malah fight di lap2 terakhir…
entah M1-nya Rossi yang masih bermasalah…atau M1-nya Vinales yang udah sembuh…
tempat dan waktu kami persilahkan untuk wak haji
Klo ga salah denger, kata Bung Matheo di Fox Sport kemarin, Vinalez sepertinya mulai mempelajari & mengikuti gaya riding Zarco yg smooth dalam memelintir pedal gas motor serta jarang2 melakukan latebraking pada beberapa lap awal (10 lap awal klo ga salah), sehingga ban belakang Soft bisa lebih awet penggunaannya
@testaja.. berarti development n riding style nya JL emang plg cocok buat m1 ya..kan dulu bawanya selalu smooth..
Jelas ini akan jadi misteri.
Semuanya pasti kepo, tapi kayanya yfr ga bakal mau jujur.
Ada berapa versi sasis di 2017 ini?
Bisa jadi.karena penggunaan sasis yg berbeda antara vr dan mv.
Riding style jelas berpengaruh.
Tapi antara hard dan soft itu beda jauh banget lho. Kalo cuma beda riding style, kayanya mv bakal habis juga di akhir.
Padahal mv lumayan ngepush juga dari awal, paling tidak dia ngikutin rytmenya pembalap didepan. Dia kadang bikin fastest lap juga kok
waktunya dovi juara dunia sudah semakin dekat
Betul bro..dan makin menakutkan kompetitor lain..mesin kencang, durabilitas Ok, sudah jago d ajak nikung motornya, pembalapnya s Dovi makin ok bgt, lihat aj d straight beda lebih cepat 10km/jam d banding rcv maupun m1
Bener walaupun saya fans mm, tp memang peluang dovi buat juarw terbuka banget. Aplagi ducati makin balance aja, asal konsisten ane yakin juara itu dovi
Sory Wak, kalo berfikir over Rev di dasarkan pada video itu sangat kurang setuju. Rossi dimugello over Rev jelas karena lompatan berada diujung straight berarti gak ada penurunan kecepatan. Kalo divideo marc tersebut justru itu Marc lagi late braking, jadi putaran mesin malah sedang diturunkan. Bahkan pake gaya flat track/dirt bike pake kaki dipakai penyangga sampai berasep sepatunya.
ya kemungkinan nya lebih kecil, karena lompatannya emmang terjadi kebanyakan saat keluar tikungan
Dan yang pasti Marc emang super alien, yang tidak dibarengi durabilitas rcv. Karena mengingatkan Rossi ketikan perebutan juara dunia dengan mendiang Nicky Hayden dimana alien Rossi tidak dibarengi durabilitas M1 sehingga meleduk diseri Pamungkas yang mengaburkan titel ditahun tersebut.
@harjono
Maaf, di seri pamungkas bukan meleduk, ya, itu murni kesalahan dia, karena terjatuh sendiri, bahkan setelah itu masih bisa ngelanjutin race. Kalau meleduk gak di seri pamungkas, tapi di beberapa seri sebelumnya.
Mantab wak analisanya
Saya jagoin markes semalem, eh mlah mledug, markes yg sabar ya wkwk
Dovi dan ducati semakin juoosss, yamaha welcome back to the fight hehe
Mungkin bisa karena kombinasi ketiganya wak, klo masalah bumpy kmungkinan kan pebalap lain juga mengalami, ditambah posisi slipstream yg akibatnya kualitas udara kurang dan karena mesin udah pernah crash saya rasa jg menyebabkan masalah yg tidak dialami pebalab lain dan menyebabkan malapetaka bagi markes, saya rasa kombinasi ketiganya berpengaruh. Tapi entahlah wak, saya awam hehe
Lebih masuk akal soal mesin gak si totasi mungkin Wak. Dah terlalu capek ibarat orang.
untuk yang jebol motor marquez pemberitaan di Indonesia tidak terlalu masif oleh blogger. coba yang jebol meisn Yamaha pasti pemberitaan blogger masif banget….
sekedar opini
lha ini satu artikel sendiri ngomongin mesin marq
analisa mu sangat berbau politik yang ujungnya mengarah ke blogger
kenapa Nggak ke media massa/ konvensional yang katanya pabrikan masih condong lebih percaya dan mengeluarkan banyak ‘sumber daya’ untuk ke sana
kenapa harus blogger yang beritain ini, kenapa Nggak media konvensional saja ?
Mampus lu ekwkw
Hahahaha….di skakmat sama Om ku yg ganteng…om topiq…….
Kalo dilihat dari umur pakainya (berapa kali run) mesin no.4 ini masih cukup fresh dan setara dgn penggunaan mesin no.5. Maka analisa ketiga jadi lbh masuk akal mengingat insiden ini jg pernah dialami rossi. Bandingkan dgn penggunaan mesin no.1 dan 2 yg bisa dipake 6 race tanpa masalah.
Liat comen di blog wak haji adem penuh pemikiran cerdas…
Kalau kurang di rotasi kayaknya enggak deh Wak, bukannya teknisi sudah menghitung mesin ini siap dipake turun balap atau enggak dengan jumlah kilometer yang udah dipake atau lamanya pemakaian mesin. Over Rev itu yang masuk akal menurut saya.
Berarti itungannya salah Bero!
Nah benar kan ??, Pabrikan Jepang harus waspada nih, Kemenangan di Silverstone kemarin sdh bisa menjadi bukti bahwa Ducati kini sudah punya motor yg lincah dan stabil namun tetap memiliki HP besar. Serta sudah punya 2 pembalap hebat dimana Dovi sdh sangat nyetel & cepat dgn Desmosedici. sementara Lorenzo bs dibilang sdh mulai kompetitif. Apalagi klo Lorenzo sudah bisa nyetel dgn Ducati bisa makin gawat.
btw….Sayang sekali, padahal klo Marquez ga DNF, bakalan ada dog fight yg seru menjelang finish antara 6 rider sekaligus (yah minimal antara Dovi, Marquez Vinalez saat last lap)…
Tahun kemarin Marquez hanya sekali tidak dapat poin, sekarang malah sdh 3x. Raihan poin mungkin akan terus terpaut tipis hingga race Valencia.
Durabilitas mesin Big-bang yg diracik HRC mungkin lebih lemah dibanding mesin Screamernya dulu. Soalnya kejadian sampe mesin jebol saat race sangat langka dialami oleh tim Repsol.
ducati di trek yamaha menguasai…tinggal tunggu di trek honda…wasalam dah pabrikan jepang…
seharusnya Big Bang lebih awet ketimbang Screamer yg terus2an ngitir diRPM tinggi. Pendapat saya si lebih ke efek crash yg lolos dari pengecekan dikarenakan mungkin waktu yang mepet atau sebab yg lain. pendapat lebih sering slipstream menurut saya kurang pas, karena itu akan mengakibatkan mesin overheat. sedangkan mesin overheat pasti terjadi penurunan performa sebelum meledug dan muncul notifikasi kalau mesin terlalu panas. Pendapat over rev karena sirkuit bumppy juga kurang setuju, seperti pendapat teman2 diatas yg dimana titik bumpy adalah saat masuk tikungan.
Bisa jadi kombinasi dr ketiganya. Mesin lelah, plus ngalamin crash. Ada erorr dikit. Strategi slipstrem dan terakhir over revs karena bumpy. Bang! Its over
http://app-okeefe.jfo7syl77y-pxr4kzxnv4gn.p.temp-site.link/2017/08/16/update-lengkap-pemakaian-mesin-motogp-pasca-austria-2017-fokusnya-dovi-soal-penggunaan-mesin/
Wak kalau dilihat data pemakaian mesin marquez di link di atas kok beda datanya wak sama yang sekarang dikasih motogp di artikel yang ini.
Di link atas mesin kelima belum dipake sama sekali, tapi kalau data yang baru malah udah dipake buat race austria.
Thks Yap saya juga melihat hal tersebut . .
Yang pasti data redbull ring yang etrtulis di artikel adalah data yang dikasih dorna
begitu pula data silverstone ini
menurut saya jadi sepertinya data terakhir ini yang lebih update
data redbull ring tsb dirilis sebelum race dan data Silverstone juga dirilis eblum Race silverstone
mungkin setelah race ada semacam perubahan data dari repsol honda Yang di sajikan updatenya di data paling baru ini bro, cmiiw
Dan sepengamatan ane walaupun hard braking di ujung straight, rata2 pembalap hanya menggunakan rem depan sambil menahan gas sedikit terbuka makanya roda blkg tetap berputar dan sering terangkat. Kelihatan jls pada tayangan lambat…
Walaupun terangkat, tapi tidak pada full Rev (limit rpm). Yang ada malah tutup throttle.
Saya rasa sih itu mesin yang jatuh parah yang di fp 2, akibatnya mungkin ada yang retak dibagian mesin.. bisa dilihat dari asap putih yang keluar bukan dari exhaust, melainkan dari bagian bawah mesin.. mesin prototype kelas utama retak sedikit pun yang tidak kelihatan kasat mata akan berpengaruh besar..
Comment: Comment:kayanya kalo retak ga mungkin deh gan soalnya jika retak seharusnya mesin udah meleduk dari awal cz dari awal mesin di berkitir pada rpm tinggi, paling ada sesuatu yang bermasalah di komponen lain seperti radiator yang tersumbat sehingga air tdk lancar mengalir… ngapunten ane orang awam yg ga tau teknologi. . Server langsung down diserang FBY wak… sayang motor jagoanku ngebull… hrc terlalu memaksakan menggunakan mesin lama… semoga di race berikutnya kembali jaya..
Comment:kayanya kalo retak ga mungkin deh gan soalnya jika retak seharusnya mesin udah meleduk dari awal cz dari awal mesin di berkitir pada rpm tinggi, paling ada sesuatu yang bermasalah di komponen lain seperti radiator yang tersumbat sehingga air tdk lancar mengalir, atau pompa oli bermasalah akibat crash.. ngapunten ane orang awam yg ga tau teknologi..
Retak halus gan mungkin ukuran mikroskopis.. retaknya semakin besar karena getaran karena adanya “metal fatigue”
Kalo masalah degradasi ban, intinya harus nyekolahin tangan kanan?
Comment: M1 2016 punya rossi sama lorenzo malah sama2 meleduk gan… Itupun asapnya keluar banyakkk kaya wedus gembel
Comment: M1 2016 punya rossi sama lorenzo malah sama2 meleduk gan… Itupun asapnya keluar banyakkk kaya wedus gembel
Kalo analisa pengaturan score mungkinkah? #Mlenceng topik
Kan sepakbola banyak itu pengaturan score entah tujuannya buat menarik perhatian penonton atau tujuan tim tertentu agar juara.
Mungkinkah MotoGP juga udah terkontaminasi strategi itu semata untuk menarik perhatian penonton atau tujuan lain. Misal : Biar Rossi bisa mengejar tittle ke sekian kali.
Atau agar kelihatan keseimbangan antar tim , antara Ducati ,Honda & Yamaha. Cz kalo ada 1 tim atau 1 pembalap yg terlalu superior pasti Moto GP udah gak menarik lagi.
Kasus blow engine yamaha & honda tempo hari serasa ada kejanggalan non teknis mesin atau sirkuit.
Trus kasus lain aturan Flag to Flag yg mengganggu benak para rider.
Ini hanyalah opini saya, silahkan kalo mau di bully Gan
Sependapat,tapi belum punya bukti lebih baik nonton darmo ayan saja
Ngah ngah
bisa jadi, apalagi ecunya sama. kali aja ada perintah khusus yg bisa diselipin pake kode2 tertentu
akan menjadi pelajaran penting bagi HRC untuk meningkatkan mesin2 gemerasi selanjutnya agar lebih sempurna, karna jarang2 motor HONDA meledukk..
kurang oli kali mesinnya
mungkin juga karna settingan pengapian di ECU yg beda buat atasi kekurangan akselerasi sejak test brno bikin perhitungan durability dari teknisi jadi kabur
Saya pikir itu karna mesin overheat mengingat cuaca silverstone yang panas.. kemudian marquez yg selalu di belakang pembalap lain membuat pendinginan enggine bekerja lebih keras.. di tambah marq yg nge push motornya luar biasa keras kliatan saat di bandingkan max speed honda dan ducati yg beda jauh di lap2 awal.. tapi dengan push dari marquez bisa nyalip di lap pertengahan.. padahal saya pikir sangat mustahil buat ngepepet ducati. Akhirnya mesin yg sudah di pakai berkali kali itu pun melebihi limitnya dan jebol..
paling masuk akal ya karena uda jatuh beberapa kali,,
terus sering banget dipake,,
ky pendapat no 1,,
kalo soal slip streaming kurang setuju,,
aneh aja gt..
sama yg lompatan apa itu,,
ky komen2 diatas itu kan lagi deselarasi,,
jadi ga mungkin open full throtle..
@rdy Hahaha cb mesin M1 sering jatuh juga. Tahan bnting g? Susah klo ngomong sama org yg g pny logika.
Zlubb
Menurut saya engine failure motor marquez pasa saat masuk zona pengereman, dimana marq downshift sejadi2nya. Karena melihat riding style marq yg suka countersteer pake ban belakang dan engine brake. Disaat downshift itu mesin mendapatkan backtorque dari ban belakang. Mesin dapet gaya berkebalikan dari pada saat di gas. Ibarat kena pukulan. Nah ditambah usia pakai mesin jadi lah engine failure berupa mesin nge jim. Soalnya saya penah beberapa kali engine brake melebihi limiter rpm motor cbr 150 old saya yg di 12K rpm. Saya downshift 2 gigi rpm loncat ke 14K
Itulah hebatnya seamless gearbox, jangan disamakan dengan motor mini kelas jalan. Ditambah lagi electronik sudah kelas dewa. Jadi segala perilaku motor termonitor untuk tercontrol.
udah jatuh + kebanyakan sliptrea… apalagi dibelakang ducati, langsung mledus…
Meleduknya Honda RC213V Marc Marquez: http://wp.me/p7LBn5-38V
lw macet ya gak ngebut lh… FBH suka sombong Fby pada tulul habis
koplak semua
Over rev kira2 mungkin gk ya .
Karena kalau kita lihat bengkel service motor.para mekanik justru standar tengah gas d betot ( khusus matic ??) pdhal motor massal
Sport pun ada juga yg coba2 begitu untuk melihat top speed spidometer. ?
Intinya Meleduk jadi mesin Fogging dan FBH mukenya jadi hitam hitam
Hahay fby yg hbs ayan. Ini mleduk skali. Kmrn M1 mleduk brkali2 brti wajahnya ud kyk arang dong?
Zlubb
Kalau DOHC klotok- klotok jebol tensioner selama ini tanpa recall kira-kira analisanya apa Wak
artikelnya juara….seneng aku jadi pembacane
Keren yo wakk….markes pake mesin honda recikvi bisa ngasepin motor satu sirkuit….kerennnnnnn abisssssss
Klu menurut saya..
Marc terlalu memaksakan mesin utk kerja diluar batas…seperti terlihat,tarung lawan dovi..kalah power..nyalip di tikungan ,di sikay lagi..sdh beberapa seri spt itu..
Mesin yg gk kuat..ducati kok di lawan di power..ya koit..
Memang ktahanan mesin jepang g skuat pbrikan eropa.
Jebol ya jebol wak..detil banget jelasinnya..hhh
Komen g berbobot hahaha
Zlubb
suzuka 8 hours MELEDUK
IRS cebong MELEDUK
bengkel di gresik MELEDUK
eh motogp juga MELEDUK
wakakakakakakaka
Sampe dealernya meleduk juga ngga ngaruh sama MS,,,Pabriknya fine fine aja,,,
masyarakat paham tentang motor ya Honda,,,
Klo pedrosa memang krn faktor pmbalap. Buktinya kmrn saat mrkes fight sama dovi dy fight brlebih jg gp2. Emang krn faktor jatuh itu yg buat mesin retak. Klo nyinyir jgn brlebihan bs jd snjata mkan tuan.
Zlubb
Analisa yang cukup logis adalah yang pertama. Marquez bilang kalo motor yang mengalami big crash adalah motor utama. Sampai-sampai ban yang di pakai di motor yang crash di pasang di motor kedua. Ini artinya motor yang mngalami crash memang di siapkan di setup untuk race hari minggu. Saya sepakat dengan apa yang di sampaikan bung joni lono semalam, bisa jadi ketika mengalami big crash, ada beberapa part di mesin mengalami goncangan hebat atau bahkan mungkin benturan keras. Ketika di cek oleh engginering mungkin tak terlihat jelas karena mesin memang tidak bisa di apa-apakan lagi karena sudah di sealed oleh penyelenggara (dorna).
Iya betul bro, contoh aj kruk as lari brapa mili aja bisa ngejim. Bisa aja krna benturan dan terguncang
Pak hajii…!!
Biar di jelasin sampe besok siang jg kagak ada manfaatnya buat Fby.
Soale, Fby itu pola pikirnya kayak tapir biru. Susah tuk nangkap pelajaran alias susah buat mengerti…
Otak kanannya udah mentok di mesin VVA Mocin Viar 155 sesehh.
wak asap yang keluar bukan dari knalpot tapi dari mesin. apakah ada yang pecah? kalau over rev kayaknya gak, soalnya kan pas masuk tikungan biasanya ngendorin gas sambil ngerem.
Marquez Yang bilang, jebolnya mesin terjadi saat dia buka gas di pertengahan straight sebelum mulut tikungan
Masih ada bbrapa seri kok ..
Fby pasti muncul lagi niat busuknya,, .
Di otaknya bagaimana caranya Rider honda gagal juara.
Opo hubungan e fby karo niat sabotase MotoGP, coeg?!
Carane piye ??!
Lu dukun yaa ??!
Noh, kumur dulu. Lu bau jigong.
Ekekekeke…
Tipikal penghasut ini orang ???
MELEDUK JEBLUGGG… sukurin Vinales Cal di asepin makan tuh oli repsol EKEKEKEKEK
Benar juga koment saya kmren….hanya DNF yang bikin marq ga juara
Paling asik liat muka bapaknya kalo alex/marq lg kena masalah hehe ✌
Rcv ngepoorr mesinnya g sampe berasap tebal…
Beda sama kasus pak tua losi dan lorenzo.. Ngebuulll , asap fogging menutup sirkuit, terbakar dan jumpalitan dan itu fakta yah berohhh
hahahaha…marngenges..sialan lo mbah…hahaha
Tebal tipis asap kalo MELEDUK ya MELEDUK.. crash lebih terhormat drpd MELEDUK, crash yg disalahin pebalap/ban/trek kalo MELEDUK ya mesin RCV EKEKEKEK
Bukannya honda sdh sering menang coy, klasmen jg diatas duo yamaha, MELEDUK sekali aja PANIK EKEKEKEK
Efek ppsitif bagi tim lain akan lebih selektif dlm pemakaian mesin khususnya buat race
Darmo baru berani nongol…
Mentalmu mentak bicah TeKa moo darmo..
Sunato maneh ae lee…
Lu segitunya bro kalah sekali aja sakit hati bukanya pedrosa mesinnya baik2 aja? anggep dong pedrosa sbg pebalap honda juga wkawkawka
Wooiii ngga ngaruh sama MS,,,
??????
ngah…ngah….pak kabar mbah, sukses yah semedi di gunung kidul kemaren, akhirnya jebol mesin mm…piss yo mbah….
anyway..betul kata cc,,, VR belom habis….semoga kedepannya lebih baik!!!…lumayan dah masuk 3 besar…
Bisa jadi dr aksi slipstreama wak, tdk spt m1 di Mugello 2016 pastimya part nya yg rusak jg beda, knp beda krn klo m1 terlihat ngebul sekali bandingkan dgn rcv yg terlihat spt engine break pd saat akan menikung. mnrt sy sh bearing pada conn rod aus atpn sekitaran piston yg menyebabkan mesin spt berhenti mendadak. Hal ni trjd krn temprature mesin trllu panas akibat dr aksi slipstream tsbt. Itu opini saya wak haji
apa sih yang engga MELEDUK buat honda?
suzuka 8 hours MELEDUK
IRS cebong MELEDUK
bengkel di gresik MELEDUK
eh motogp juga MELEDUK
wakakakakakakaka
Yapp bener banget yg ane salut itu. Tetep berjalan tegak tanpa nyalahin motor nya. Kalo lorenzo waktu crash sampe banting itu motor, rosi begitu terpukul waktu mesin nya meleduk. Tp marq emang kesatria banget mental nya. Ga heran dalam situasi sesulit apa pun, dia bisa keluar.
Tuhan motor kok MELEDUK
katanya makin panas makin kencang?
tapi kok MELEDUK
bohong ya sales honda?
wakaakakakaka
First mover motor meleduk ngebul kelas dewa/moto gp ya M1,RCV ngga kaget,,,
?????
?????
Dukung dovi juara aja deh
flow artikelnya bagus wak, bkin fbh fby naik turun..ganti2an..irs150, irs250, motogp,,,rame nih….
Kemarin saya yg koment gara gara slip streaming.
(pake nickname Mio 800meteran)
Alasannya kenapa?
Bukan mau menyanggah hanya saja, jika :
Pertama Jika itu dari fatique dari durabilitas mesin. Saya rasa para teknisi sudah punya hitungan umur mesin, entah itu jam atau km yg telah ditempuh. & mereka tidak bakalan main coba coba. Mereka cerdas punya hitungan mengubah bensin, udara + sedikit percikan listrik jadi tenaga. So pasti mereka punya hitungan alasan kuat bahwa mesin yg dipakai kuat menjuarai lomba.
Jika itu masalah efek dari jatuh? Kenapa baru terjadi di balapan? Sebelumnya waktu Q2, WUP aman?
Dan saya yakin para teknisi sudah mengecek mesin itu dg seksama tanpa ada yg terlewat & menyatakan mesin siap race. Saya yakin itu, mereka bahkan bisa memeriksa & berhitung kemungkinan fc ktp & kk menjadi keuntungan. Bukankah itu hitungan yg lebih tidak terprediksi? Mungkin memang terbatas karna tidak membongkar mesin karna mesin disegel. Tapi pasti sudah menyeluruh & meyakinkan mesin siap untuk menjuarai balapan. Itu pasti.
Alasan ke2 itu analisa saya begitu.
Alasan k3 :
Jika masalah bumby, kok yamaha aman?
Ingat mugello? 2 Motor yamaha bahkan mengalaminya. Waktu itu honda saja aman kan?
Apa yamaha mengupdate & honda menjadi tertinggal?
Waktu itu yamaha 2 motor dalam weekend, mengenai ke2 pembalapnya. Honda?
Kok cuma MM93? DP26 engga? CC35 engga jg?
Kenapa cuma waktu race?
Yamaha JL99 sebelum race, VR pas race.
Sangat sulit ditelaah..
Yah kesimpulan yg paling memungkinkan adalah :
“Marc memang hebat, Mesin honda memang kuat.
Tapi mereka tetap saja manusia & buatan manusia.
Mesin yg dipaksa sangat keras, 2x mengalami goncangan hebat masih mampu bertahan. Sampai melewati jalan bumpy masih bisa menahan, hingga dipaksa terus rev tinggi dg pendinginan yg kurang karna slip streaming ternya masih kuat jg.
Jengjeng..
Setelah menahan kesemuanya selama 2/3race dimana mesin semakin banyak terpakai, lebam setelah jatuh semakin bengkak, jalan bumpy makin banyak, angin kurang, marc makin ngotot mau nyusul AD04, VR46…
Duarrrr… ”
Sudah jatuh, ketiban tangga, jatuhnya ke krikil keras, ada kotoranya. Sekali 2x masih engga apa, selanjutnya sakit jg.
Sekian, terimakasih..
Fair cuy ga usah nuduh sana sini, fix kemampuan mm tidak diimbangi kekuatan mesin ya gini jadinya,, kalo mm gagal jurdun yg paling pantes disalahin ya mesin n mekanik nya,, ga usah cari kambing hitam.
Kayanya marquez lupa service ganti oli tuh. Mesti dibawa ke Ahass tuh. Motorny kurang perawatan.
Piston bawaan biasanya, ganti merk NPP, atau izumi.
Sekalian korter blok
ke tukang bubut oversize 0.25
Padahal baru sama sama nongol,,,
Kelakuan sejalan sama omongannya,,,
?????
?????
Durabilitas salah satu part engine rc213v kemungkinan ada masalah. Seperti wak haji bilang, kalo mesin yg di pake race adalah mesin yg dipake saat marc crash di latihan bebas. Seharusnya ada SOP yang ketat untuk pemeriksaan engine dari motor yang crash. Jelas ini merugikan marc dalam perburuan gelar juara dunia 2017, perlu evaluasi cepat untuk bisa bangkit kembali.
mesin kan udah diseal. jd kalo abis jatuh gak mungkin dibuka lagi buat cek jeroannya.
pelajaran ajalah buat hrc dan tim lain. kalo dah jatuh parah, jgn dipake lagi.
Bolehlah sy dukung wak haji jd komentator moto gp, kurang sreg setelah matheo ga jd komentator lagi
Lucu ya baca koment mbah darmo..tulisan namanya ja rada alay..semoga mbah darmo diberi ketetapan hati agar selamanya tidak mengendarai ataupun dibonceng menggunakan motor honda..amien..
slipstream dan jalanan bumpy, coba nonton lagi berapa kali Marc ngelakuin slipstream bandingin sama DaPed sama CC.
video yang bakal jelasin di luar data telemetri.
penyebabnya tetap akan dirahasiakan pabrikan & pstinya krn kegagalan part.
klo krn curi angin & trek bumpy (over rev) gak mungkin bro, apalagi tiap motor balap kan udah ada patokan brp rpm over revnya.
contoh GP125/moto3 power max di rpm 13-14rb, sdngkn takometer sampe 16rb (jd ada sekitar 2000 rpm sisa bwt jaga2 klo over rev)…
Lah motor gue aja ada limitermnya kali min
Emange balap tarkam wkwkwk..
Saya ngerep VR yang juara kemaren, udah nyiapin komen (ketika yang muda tidak sanggup menggejar yang Tua). Tp hasil berkata lain.
Sungguh balapan yang azip dan menghibur. Dovi jadi kandidat terkuat Juara Dunia neh kayanya.
Musim 2017 sebenarnya harus milik MM, lihat data :
1. MV dan JL masih adaptasi
2. VR udah uzur
3. DP tidak konsisten
Ternyata datang sosok Dovi yang klop dengan Desmo. Sungguh amazing.
Semoga seri yang akan datang makin tipis selisih poin dan di seri terakhir yang menentukan siapa yang berhak menjadi King 2017.
Ane demen analisanya bang. Bener, harusnya jadi milik mm nih musim 2017. Untung ada dovi
Comment :
Makanya pake Forged Piston nya Yamaha… Garansi 5 Tahun.. bisa buat Race 5 musim :v .. oli juga pake Yamalube :v
Udah rame kekx, gw gak perlu komeng cukup mantau aja
Monggo mas bilang langsung ke teknisi HRC nya
Pistonny gk kuat wak terjadi gesekan yg membekas segaris rambut begitu jg ketahan piston kit hancuur oli langsung rembes keruang mesin ngebul kuadrat …
Seharusnya kemarin rcv diservice besar dulu tuh.
Besar kemungkinan bosh klep bocor, ring seher kena. Ngebul dah oli nyusup ruang bakar.
Apa mesti mekanik sekelas ibnu sambodo yg menangani.
Gara gara “engine brake ” nya bermasalah….liat tuh baru kali ini sekelas MOTOGP nge rem pake sepatu ridernya…
Kenapa ngak sekalian CBS remnya…
Sudah ku bilang pake oli resmi honda ahm mpx biar mesin awet.
Ko ngeyel pake oli repsol. Jadi meleduklah gak bisa klaim garansi ke bengkel resmi.
coba kita bertanya pada rumput yang bergoyang
Gila pasukan fby yg udah lama sembunyi di gua gunung kidul sekali munculnya militan abis ?????????????
Ga di goreng.lu liat tuh cocot’e darmo,jimo,dkk
marc marques,,, is the best…
fighter sejati…
go 93…
saya nyimak sajalah g tega mau bc..
malah menambah derita fbh..
Ekekekk
Pictnya jangan di perlihatkan donk wak
waktu detik detik motornya mar93mbel MELEDUK..
Ekekekk
Pictnya motor RCV yg meleduk kurang banyak,saran saya harus pake highlight video RCV meleduk,,,
Wong ngga ngaruh sama penjualan & MS di sini,,,
??????
??????
Ga ngaruh ma ms tapi hati loe keiris2 njebluk
Mesin recikvk ancene bosokk
sudah bikin pedrozonk jadi sampah di motogp
kini giliran mar93mbell kena apesnya..MBELDOOOOSSSS
Ekekkk
Dlam sejarahny atau selma dani pedrosa berkarir d kelas motogp, tak pernah sekalipun dani pedrosa gagal meraih jurdun akibat mesin honda “TROUBLE atau MELEDUK” seperti yg d almi marques d silverstone dan rossi d mugello….doi sllu gagal meraih jurdun karena dia “tak pernah konsisten full dlm semusim” atau kasarny doi sering crash yg berujung CEDERA,…..
Pedro pemblap sampah?? Dani punya rekor yg tak tertandingi oleh rider lainya yakni “selalu meraih gelar juara seri” minimal 1x dlm semusim semanjak debutny d kelas motogp sampai dengan saat ini(2006-2017) atau selma 12 tahunn,… berarti pemblap lainy Termasuk rossi dan vinales “lebih rendah dari sampah dong”????
Pedro di HRC sengaja ngga terlalu konsen,pembalap yg santai,,,
Wong anak kesayangan HRC,,,
HRC juga ngga komplain selama 11 tahun,,,
Pabrikan mana di moto gp yg paling loyal sama pedro ngga lain & ngga bukan ya cuma HRC,,,
Misteri motogp 2017:
1. Ban soft bisa lebih awet drpda ban medium bahkan ban hard dengan kondisi cuaca yg normal
2. Setiap ada rider yg “mulai leading” jauh d klasemen, pasti akan ada msalah yg “tak terduga”yg menimpa rider tsb
3. Tak ada rider maupun tim yg dominan artiny bisa menang lebih dari 2x berturut-turut
4. Motor A kencang d trek lurus sirkuit X bisa dengan sekejap lemot d trek lurus sirkuit Z begitu juga sebalikny ( cth ny m1 dan rcv d qatat mugello dan austria
5. Sering terjadi crash yg penyebabnya “tidak dpat d telan akal naluri”,….
Btw,… Unik juga ya motogp taun ini, sampai dengan seri silverstone ini. Ducati memimpin klasemen rider, honda pimpin klasemen konstruktor dan ymha pimpin klasemen tim,…. Sesuatu yg sangat jarang terjdi d motogp slama ini,….
Dorna sukses besar dlm meracik “pertempuran perebutan jurdun yg sengit” …
Super fantastik buat DesmoDovi,,
Good job buat duo ymha, ..
Nyesekkk buat duo repsol honda,……
Kekecawaan sya sedikit “turun” dengan kemenangan yg d raih nakagami d moto2,….
Dorna sukses besar dlm meracik “pertempuran perebutan jurdun yg sengit” …
Tetep saja FBY ngga terima,,,
Btw semenjak marquez DNF,moto gp silverstone kurang seru,ngga ada side by side yg bikin dag dig dug,padahal marquez punya rencana mau ngepush di lap lap terakhir & saya juga punya gelagat bahwa peran MV 25 masih sebatas satu negara sama MM93,doi ngga terlalu ngepush walau beda team,apa ini konspirasi andora clan,liat saja di lap terakhir si MV 25 lebih doyan ngepush 46 ketimbang MM 93,,,
Terbukti ngga ada marquez ngga seru,,,
mungkin overheat gabungan cuaca yg sangat panas ditambah sering slipstream, jadinya di area elektronik kepanasan yg bikin ecu gagal membaca limiter rev dari engine pas lewatin sirkuit yg bumpy
Desmo-ny dovi udah pake forji(4G) maka nya kuenncangg,…
M1-nya vinales dan rossi pake triji(3G) mka ny masih bisa bersaing ,,..
RCV-ny marques pake elpiji(LPG) maka ny meledukkk,…
The power of “RC213v £Sp ¢BS” emang seremm euyyyi.,,
Note : £Sp= £lpiji smart power, dan ¢BS= ¢ombi Bletak dorrr System
Iya bener FBY makin dewasa tapi kedewasaannnya masih di bawah ane,,,
Dan juga komen FBY ngga begitu wah,banyak yg idem/fotocopyan/sama saja/itu itu saja,,,
Orang smart kayak gini komennya?? Frettt