TMCBLOG.com – Bro sekalian, race MotoGP Brno 2018 akan jadi milestone khusus buat Marc Marquez karena ia akan menjalani Race ke 100-nya sepanjang berkarir di kelas Primer MotoGP. Nah di artikel ini kita akan sama sama membandingkan Data Valentino Rossi dan Marc Marquez di Sama sama race ke 99 ( jelang race ke 100) mereka sob, Ya memang sih kondisinya sudah jelas berbeda jaman Marquez dan jaman Rossi terlebih lagi Awal kelas Primer Rossi adalah Jaman GP500 2 tak . . namun apa salahnya membandingkan, toh keduanya sama sama memenangkan race ke 99 mereka di kelas primer . . Marquez di sachsenring 2018, Rossi di Losail 2006 . .. cekidot deh . .
Data Marc Marquez
Di race Ke 99 di sachsenring 2018 Marc Marquez yang hanya race di 1 jenis Motor yakni Motor Honda RC213V telah menorehkan Kemenangan seri sejumlah 40 kali lalu 70 kali naik podium 48 kali pole possition dan point sebesar 1.699 Point. Juga jangan lupa semenjak Qatar 2013 sampai di sachsenring 2018 Marc Marquez telah mengantongi 4 kali Juara Dunia dan sekali Posisi 3 Championship
Data Valentino Rossi
Race ke 99 dari Valentino Rossi semenjak memulai Karir kelas primer di tahun 2000 adalah di sekitar tahun 2006 . . which is artinya Saat itu Rossi telah mengumpulkan gelar Juara dunia sebanyak 5 kali straight dari 2001-sampai 2005 plus sekali di posisi dua saat tahun rookienya di 2000.Plus Rossi sudah dua kali menggunakan Brand Berbeda yakni Honda dan Yamaha plus dua jenis Motor berbeda yakni 500 cc dua tak dan Motor 4 tak
Dan dari 2000 sampai race seri ke 2 musim 2006 ( race ke 99 nya Rossi ) yakni di Losail Qatar dimana Rossi berhasil finish podium pertama, Rider Italia ini telah menorehkan 54 kali kemenangan seri, 82 Kali podium, 30 kali pole Possition dengan jumlah point sebesar 1.944 Point
Terlihat memang dengan segala macam perbedaan keadaan, regulasi, umur dan lain lain, Perolehan Marc Marquez sampai race ke 99-nya atau di Saat jelang raihan Race ke 100 memang kalah banyak dari valentino Rossi jika di head to headkan pas di race ke-99 keduanya.Dan bahkan di sama sama race ke 100 nya nanti dapat dipastikan Marquez belum bisa melewati mileage Rossi ini.
Data Giacomo Agostini
Namun Bicara jelang race ke 100 ada pembalap yang di race ke 100nya boleh dibilang memiliki raihan yang fantastis yakni Giacomo Agostini. Menurut data yang dikumpulkan Manuel Pecino, Ago di race ke 99-nya di Finlandia 1975 telah mendulang 8 kali juara dunia semenjak seri pertamanya di kelas primer 500 cc tahun 1965.
Ago juga mendulang 84 kali podium dan 67 kali kemenangan seri di race ke-99nya . .. dan jangan lupa Ago dizamannya membalap di dua kelas 350 cc dan 500 cc ( data diatas hanya mengikut sertakan hanya data GP500 dari Agostini ) . .Semoga berguna . . .
Taufik of BuitenZorg
sumber data :
GUNAKAN KOLOM KOMENTAR DENGAN BIJAK..!!
GAK PERLU PAKE URAT, KARENA GAK ADA GUNANYA ENTE BERDEBAT DIMARIH..
😀
Wealah pertamax Nug 😀
Artikel yang rawan dihuni fansboy sumbu pendek mas.. Hahaha….
Saya amankan kolom komentar biar bersih
Kalau babat Boleh??
Respect buat ketiganya.
Absolute legend
siap mas nugie.. hehehe
PErtamax
Klw brani y ma Kim Jong Un sana… Nek pengen d sumpel Nuklir! ??
ya sudah,,kalo tidak boleh pake urat….pake kikil aje bang…
wkwkwk…… salah satu kontributor udah komen duluan, all capslock pulak, hahaha…..
https://internetbermanfaat.com/kalo-jualan-online-mbok-ya-jangan-harga-pm/
Setuju…
Pakai telor aja deh…
oh mai gad,om Nugi capslock nya jebol ???
dijamin nggak ada yg berani debat kusir,mending debat di kasur ??
menurut saya Rossi itu kaya ROCKY BALBOA motogp
saya masih ingat bagaimana dia fight dengan Biaggi (Apollo Creed)
dan sampai era Marquez (Dixon) tetap tidak kehilangan sentuhan,meskipun tentu saja tidak setajam dulu
Tapi dia tidak lambat
Legend is legend…mau marquez juara dunia 20x Rossi tetap legend pada tempatnya
Siiip!
Sayangnya saat kejayaan mbah Ago ane blom lahir ?
Wak tanya.. saya belum tau pasti ttg motogp era rossi dan opa ago.
Apakah dulu jumlah sircuit yg di gunakan dalam 1 musim lebih banyak atau lebih sedikit atau sama jumlahnya dgn era sekarang..??
@Agista
sebenarnya bisa dilihat dari link2 wikipedia yang saya hadirkan di footnote artikel ini semisal tahun 2000 kala pertama rossi ahdir disana bisa dilihata da 16 seri,
lalu jamannya Opa ago tahun 65 ada 10 seri
Hahaha…pertamaxnya keren..
Mbah Agostini… MV Agusta ??
Mbah Agos mantap.. sulit sepertinya melampaui prestasinya..
Mbah agos ini katanya jurdun 15 kali yah wak?
Bener banget
Sy jg respect sama surtess, dan bener banget dia bisa pegang roda 2 dan 4 dan jd juara
Masa depan mungkin vale ada inspirasi jd pembalap roda 4, krna dia punya passion di motorsport lbh dri atlet motorsport yg lain
Om Sutres warrrbyasah.. ?
Surtis bapak saya
saran, di bar grafis harusnya sumbu y jumlah race, (0-99).
sedangkan point dan world champion di keluarkan dan dibuatkan grafis sendiri sehingga klasifikasi nya tidak tercampur.
saran dipertimbangkan 😀
mm bakal jdi no 3 nih sepertinya
Cuman jaman ago ga ngalahin rosii, jaman rossi ga ngalahin marc, jaman marc ga ngalahin yg ngalahin rekorbmarc nanti.
Cuma ngalahin rosii.. Ups
inget fit, yg diomongin si tobey itu jg fakta. jadi ga usah ngegas boy
joss. Rossi Legend lintas generasi sepeda motor from 2 stroke to 4 stroke
Agostini Legend pencapaian terbanyak dan tak lekang oleh waktu
Marquez calon legend Rookie terbaik dan juara termuda
Marques still the hero… now and next !
kids jaman now detected….wkwkwk….
cuma mau ngasih saran wak, kedepannya hati hati kalo menggunakan data yang bersumber dari wikipedia. karena wikipedia itu bersifat umum artinya setiap orang bisa merubah data di wikipedia
ya saya juga menggunakan data pembanding lain koq, aman
mantap wak, iya wak jangan sampe salah data karena wikipedia.
profit: nah kadang sumber gak jelas bisa dimasukin bro tanpa sumber pun kita bisa merubah data diwikipedia. nih contohnya kaya misalnya juara dunia motogp 2015 mau kita rubah nama kita misalnya juara dunia 2015 profit, itu bisa ko dibikin kaya gitu wkwkwk
nahh ini orang kalo diartikel motogp lain sok bijak nih, ketika dia mengatai pembalap lain dan dibully sama komentator lain ngakunya bukan fans rossi tp fans rossi. nah di artikel ini pasti ketauan aslinya wkwkwk
salam gambling bro wkwkwk
Iya..
Tp sampean ingat tahun 2015.. Rossi 2 marc 3
Semua ada era dan jaman masing2…
Gak usah debat kusir nikmatin aja sirkus moto gp ini..
Yg pasti sih 2000-2006 lawan nya ga ada marquez, tapi 2013-2018 lawan nya ada rossi. Heee no offense
penasaran rosi vs markez dg satu motor yg sama, tapi rumit juga umur beda jauh.
Atas ane Haters si mbah Ros kayaknya?? wkwkwkwkwkwk….Yang sabar ya cung….Hehehehehe
Jadi gini…
Ketiga nya living legend, itu udah. Mau bacot2an sampe bernanah itu lidah juga gak akan kelar membandingkan keduanya.
Sekian wak.
~mudah2an ni komen lolos dari jebakan betmen~
Tulllll
halah idup sendiri nya juga kayak gitu,,,ngebacotin orang….ini yang dinamakan serigala bermuka cucunguk…gak tau malu nya itu gak nahan brooo…wuakakakaka….
klo ada orang jelekin VR si profit nongol sok bijak. gilaran ada orang jelekin MM si profit bisu, bahkan klo perlu belaga ga tau. yg begitu masih ngelak disebut FBR? hidup aj dibalik topeng wkwkwkwkwk salam belaga bijak dan smart, satu lagu fit lu mending pake bahasa inggris aj biar kata2 dan tenses yg lu pelajarin kepake
Ane jd berhayal kalo marq ma rossi diadu pake gp 500 menang sapa yak ?
Menurut analisis saya ???
Kalo diadunya sekarang saya rasa yg akan menang marquez karena
masih muda (masa keemasannya). Seperti kita tahu motor gp500 itu liar dan tentu menguras lebih banyak energi, sedangkan rossi sudah tidak muda lagi.
Ini si Holiday anak kemarin sore atw hater nya si mbah yaaa?? segitunya belain padahal udah ada datanya…wkwkwkwkwkwkwk yang sabar ya….
udah banyak fansboy nya… wkwkwk…
http://ardiantoyugo.com/2018/07/27/warna-plat-nomor-kendaraan-pribadi-putih-2019/
46 emang joss… BTW email saya ke indomotoblog@gmail.com belum dibaca yaa, ehehe
iya bener bro nugie, btw sy bkn fans berat salah satu pembalap motogp juga bkn fans berat merk tertentu. tapi cuma bikers yg pingin model motor yg sesuai. oiya utk legenda VR46,memang semua pembalap angkat topi,bahkan legenda lain jg salut atas apa yg diraih rossi. Record” tak tersentuh krn msh balapan hingga umur 41th, fans paling banyak,punya murid” hebat beserta team balap papan atas. Saya kira semua pembalap saat ini ingin seperti dia.
Engga juga tuh bro..
KenBlock tetep KenBlock.
Stoner ttep stoner dan Karel Abraham jg dmikian sama sperti yg lain ttp jadi diri sndiri.
Btw2, usia mereka saat melakoni debut sampai race ke 99 berapa ya?
Ada yang tau? mohon inpohnya.
tengkyu
28vs25
Rossi 28 thn
Marc 25 thn
CMIIW
Nah ini juga pengaruh kayanya, coba dengan data diumur yg sama kayanya hasilnya juga beda
Jangan lupa juga Wak… Umur rossi di balap ke-99 28thn, Marquez 25thn… Selisih 3 taun bisa jadi 12x Jurdun loh…
yoi ,lihat di artikel manuel pecino juga ya bro ada tertera disana
umur bukan sebagai pembanding berapa kali juara. Kan sama” balapannya 99seri. apa hubungan sama Umur? klo rossi mulai Masuk ranah Balap sama kayak Marquez marquez. Misal marquez mulai seri 1 nya umur 20 dan rossi saat itu seri satunya umur 20 jg. ttp aja kan saat balapan seri ke 99nya prestasinya ttp d itung dri 99 itu bkan krna dia memulai umur 20? kecuali kalau membandingkan seluruh prestasi hingga Umur Rossi pensiun. dan marc Pensiun maka bsa d bandingkan. tp apakah nanti Marc pensiun umurnya sama Kayak rossi hingga 41 tahun?? Bsa aja kayak Stoner, masih Bentar udh Pensiun. yakan?
yaelah rossi debut di 21thn marquez 20thn,,beda setahun doang x ah,,,ttp aja klo diadu smpe 25thn ttp superior si marquez,jurdun di debut gak akan bisa dikalahin rossi lah
@profit???
Masa anak” sekarang Semakin Pendek. dlu sampe umur 17an aja masih seperti anak” pada Umumnya dan Remaja.. makin kesini. SMP aja udah Mesum”, pemerkosaan,Alay, dll. beda sama Dulu sampe 17 Otaknya masih Ga sekotor anak” sekarang pikirannya , dah membangkan dan sok dewasa.
Perlu dilihat juga sih, jaman rossi dulu 1 musim championship ada berapa race, kalo racenya lebih sedikit ya di 99 race ya pantes rossi dapat lebih banyak gelar jurdun
With all due respect,
#Ago, sejak hailwood (full support pabrikan)1967 mundur maka ago satu2nya full support pabrikan, sementara semua musuh yg tersisa adalah privateer, so literally “seng ada lawan”, one man show.
#Rossi dari 2001 hingga 2005 dapat privillege dari michellin untuk mencicipi ban 1 hari lebih awal dari semua pesaingnya, and that was a huge upperhand favor. Dan ketika privillege tadi dihilangkan 2006, kita semua tahu apa yg terjadi.
#Marquez, secara fair dan square, mengalahkan musuh dengan aturan yg lebih strict, yg berlaku sama untuk semua pebalap (ban, pembekuan mesin, jadwal test dll), mengalahkan legend2 motogp in their prime, bahkan dengan motor yang paling “buruk dan lemah”.
hannibal barca memang bukan siapa2, tetapi dg pasukan ala kadarnya dan jumlah pasukan lebih sedikit dari separuh jumlah musuh, dia berhasil
menumpas (hampir habis) romawi yg merupakan satu2nya negara superpower dunia pada jamannya, legend bukan diukur dr berapa jauh jarak yg telah dia tempuh, tetapi siapa musuh terbesar yg berhasil dia taklukan dan bagaimana dia melakukannya.
Sepertinya saya kenal nih….
@apaansih
Saya sangat setuju, data bisa saja antara si A dan si B lebih besar si A. Ukurannya juga gak ada yg tepat, karena faktor penghasil data tidak ada yg pernah membuat kesepakatan untuk dijadikan ukuran. Dulu dan sekarang dua kata yang didalamnya banyak faktor kita lupakan untuk menghitung point. Kalau mau fair ya hitung saat sama start kapan ( artinya saat si A dan si B berkompetisi bersama, walau si A lebih dulu ada ya sama sama di reset dari sama sama nol), dengan aturan yang sama, usia bagaimana? Tapi nanti mentok difaktor usia yang tidak bisa di reset!! Ya pokoknya semua ada kelebihan dan kekurangan. Tapi sangat betul jika bisa mengalahkan raksasa adalah yg terhebat. Tapi yang tua bisa bertahan tidak kalah hebat. Saya kira walau jaman cangih yang katanya semua dibantu elektronik, tapi aturan mencekik, siapa mampu juara faktanya saat ini dialah yg terbaik
Kalo pembandingan kayak gitu, sampai kapanpun nggk akan fair, penggiringan opini lu gampang banget dibaca, masing2 legend punya kemudahan2 yg didapat, lu nggk nyebutin tuh honda pake seamles gearbox duluan, nyomot insinyur elektronik ecu magneti marelli
@apaansih
Woww banget kata katanya
kayaknya Marquez lebih Apple to Apple sama Raihan mbah doohan, sayangnya ga dicantumkan datanya
sengaja, biar pada melipir ke tulisane om manuel pecino sahabat kami 😀
rekor pembalap dlosor terbanyak tp masih jurdun ?
Profit diem klw dikasi comment aga iseng kreatif namun fakta begini.
inget di atas langit2 mash ada genteng 😀
kami mengerti level dan kedewasaan pembaca 😀
Si profit mah lebih parah dari Fans boy atau sales sekalipun bro….
ini yang dinamakan serigala bermuka cucunguk…gak tau malu nya itu gak nahan brooo…wuakakakaka….
Pratamex dax
yes bener, untuk cerita ini ia nulis dalam versi spanish
biasannya inggris sih
Nunggu fansboy aja deh, komen2nya pasti asyik ?
mudah mudahan nggak ada yg hadir 😀
memang walau ada data. tetap tidak bisa disandingkan apalagi karena perbedaan berapa kali pindah Motor, dan berapa kali perubahan regulasi Mesin dll..
tapi secara Logika sih. emang dengan adanya elektronik semua pembalap terbantu dan hanya mengandalkan data. beda dengan dahulu sebelum canggih banget, Kemenangan Pembalap itu berdasarkan Skill.
pasti nanti ada yang bilang hidup jaman batu terus ya? ga mengikuti teknologi?
bukan itu maksudnya. dengan adanya Teknologi ( mempermudah Manusia ). maka Kemampuan Manusia tidak murni d maksimalkan. seperti Feelingnya terhadap motor, ban, sasis, trick tricknya berbelok dll.
Contoh simplenya TPMS ( alat Ngecek tekanan Ban ). skrng tinggal Liat Angka apa bam kempes apa tidak.. dulu cek manual, saat berkendara pake feeling klo ban bocor atau kempes. itu bedanya, dlu kemampuan pengendara yang di tonjolkan, skrng krna Kurang Cepat dikit, liat Angka, liat ini itu, jdi tidak di rasakan.
Mungkin arti “skill” di sini sudah berbeda
Fans marc itu kaya decul dan dedemit alias baru kenal motogp 2010 ke atas,,
Dan fas rossi itu kaya fans serie A,, you know lah perbedaannya,,
Contoh fans Rossi yang belum belum sudah menghina fans marquez… Meski gak semua fans Rossi kaya @ncex tp……
Ennga juga.. dr pertama rosi gp pun gw gak suka sama rosi sampe skrng… gw fans MM93 nonton gp dari tahun 90an..
Gw dah nonton moto gp sejak jaman rossi pindah yamaha tuh, tp ga pernah idolain rossi wkkww
jossh
salut untuk motogp legend
udah hidup dibalik topeng,,ngomong kagak nyambung lagi… wakakakaka
saya atas nama astro mohon maaf bila pernah comment yang kurang baik. insya alloh hanya akan sebagai silent reader saja. terimakasih
The living legends
mantap jiwa.
Rossi bisa juara pake motor tim sattelite saat GP500 itu luar biasa.kalau seandainya bila Rossi tetap terus di Honda lebih lama saat itu bakal lebih banyak gelar dan saat Yamaha motornya masih juara sayangnya dia pindah ke ducati padahal di Yamaha lebih terbuka meraih juara saat itu.
Hnmm . Ramai
hmm .
Wak,soal team sic petronas dah ada bocoran kah ,2 rider yg geber M1..??
Yamaha & honda joss
Seteru abadi dgn pakem tuning masing2 yg warbiyasah..
hehehe teamnya sedniri belum resmi terbentuk kan
mosok ridernya duluan, rumahnya belum ada ? 😀
Data diatas adalah fakta
Rossi gak pernah jurdu setelah marquez naik ke kelas primer juga fakta
Tinggal siapa lihat bagaimana nya aja sih
Masing punya keunggulan masing2
Akan sulit membandingkan secara 100 persen apple to apple
Motor beda, lawan yg dihadapi juga beda
Trus namanya fans juga lebih keterikatan emosional
Kalo fans harua logis berdasarkan data… ya gak bakalan ada fansnya rins, petruci, syahrin atw crutchlow
Tp jd fans jg jgn ngehina orang lain…
Hmm hmm hmmm
Ehemm ehemm.
Lanjut wak..next artikel yg bginian seruu pemirsa..hehe
kalo pikiran dewasa gk perlu diperdebatkan antar fans
harga pencapaian mereka
n bersyukur sampe skrg msh bs nonton Rossi balapan
@holiday klo ngomong hati2 dong, sumbu pendek pada kesamber tuh
profit mah udh pada tau bro gmn wataknya itu bocah belaga bijak. FBR ga tp ga ngaku (ngaku pecinta motogp) wkwkwkwkwk kita dengerin aj lg koment sok bijak dan smart nya
Lek Taufik ni baik benar komen pembaca warungnya banyak yg d tanggapi
klo mm93 baca nih,2020 bakal ganti merk. saya juga bisa juara dunia pake pabrikan lain? gtu kata mm93,mgkn ke yamaha ataupun ducati. Nah beginilah yg dikepala pembalap,pingin cetak record” jg. biarlah mreka saja yg bersaing,masak penonton juga saling lempar botol.
Lionel Marquez
gas
setiap rekor pembalap sungguh sulit untuk dipecahkan, bahkan untuk seorang Marquez.
Agostini yang paling sulit untuk dipecahkan.
Stoner > Juara Dunia dengan Ducati dan Honda (jika ingin mengalahkan rekor Stoner harus nambah 1 pabrikan lagi).
Rossi > Juara 5 tahun tanpa putus dengan 3 jenis mesin berbeda, Nastro Azzurro NSR500, Repsol Honda RCV dan Yamaha M1, belum lagi jika ditotal ada 7 gelar juara dunia.
Haiden > rekor Hayden juga mungkin sulit untuk dipecahkan, juara dunia dengan podium 1 paling sedikit.
Dohan > Juara 5x tana putus dengan Honda.
Marquez > Juara dunia termuda
menurut saya Hanya rekor Dohan yang mungkin dilewati Marquez, seandainya Marquez juara dunia 5x tanpa putus, berarti dia sudah mengantongi 7x juara dunia, dan menambah 1 rekor lagi menjadi pembalap Honda paling banyak gelar juara dunia.
Lah..elu sendiri juga lanjutin dong…..masa cuma segitu kemampuan serigala bermuka cucunguk nya….wuakakakkaka…
Seingat ane. Jaman rossi, nggak ada yg setanding (tnpa mengurangi rasa hormat ane ke pembalap yg lainya)…
Jd bisa dikatakan, rossi relatif lebih mudah menang darpada motogp saat ini.
Sebelum badai stoner melanda sih.. hihi.
Dan klo gk salah, rossi pindah ke yamaha bisa dikatakan yg ikut pindah hampir semua crew yg berperan, jd relatif lebih mudah utk beradaptasi dan membangun motor.
Skrang skill pembalap banyak yg ajib, kmampuan motor jg hampir setara. Jadi lebih sulit menang.
rossi dgn segala pengalaman dan skill ajib dia jarang menang.
Faktor umur? Ane rasa jauh lbih penting nilai plus di faktor pengalaman. pengalaman rossi tdk ada yg ngalahin utk sekarang, dan meski begitu tetap saja rossi saat jarang menang.
Entah nanti stelah break…
Saya sebagai fans dan penonton biasa tidak butuh pembalap hebat dengan data statistik yg bagus. Aksi2 menghibur yg dilakukan rossi dan marquez jauh kebih penting. Dan semangat juang yg sangat tinggi dari keduanya, menjadikan mereka layak untuk dijadikan idola yg kita tiru semangatnya
Imho ya, kalau khusus sampai paruh musim 2018 ini, saya Rossi kesulitan untuk kompetitif dalam bersaing karena faktor motor, karena Vinales juga mengeluhkan hal yang sama, sedangkan Marquez menurut saya sedang berada dalam, atau istilahnya in his best form yet, ditambah motor yang hampir tidak ada masalah. Meski saya akui saya salah satu fans Rossi, tapi tetap saja kans Rossi bisa juara dunia tahun ini lebih kecil dibanding Marquez. Tapi ya, karena roda itu bundar apa saja bisa terjadi hehehe.
Setuju karena itu fakta yang gak bisa dihindarkan.
MM is the next legend, while VR will always be a Legend, mau MM pecahin rekor apapun juga.
Intinya ya itu, perbedaan era. Udah itu aja.
Bersyukur aja bisa liat VR clash dengan MM.
compare pas A dan B ketemu bareg disirkuit….., klo bandingin data Marques vs Rossi, ya ambil nya dari taun 2013-2018……, marques menang telak……., semua orang juga tau…..
Rossi vs Stoner
2006-2012
Sama sama juara dunia dua kali, tapi raihan jumlah menang race, stoner menang telak………, 45 : 26