Home Pabrikan Honda Kasak Kusuk Tiga perubahan Honda CBR250RR MY2020

Kasak Kusuk Tiga perubahan Honda CBR250RR MY2020

116

TMCBLOG.com – Di artikel ini tmcblog akan mencoba mengetengahkan Kasak kusuk yang hadir di Jepang mengenai seperti apa bakalan Update Honda CBR250RR di tahun 2020 nanti. Kenapa 2020 selalu menjadi Tolok ukur? Karena memang 2020 merupakan Kick off regulasi emisi baru Euro 5 sehingga memang mau nggak mau produk Kendaraan yang masih menggunakan Mesin otto harus berpatokan pada regulasi ini. Balik lagi, Seperti apa kasak kusuk Update CBR250RR untuk 2020?

Mengenai Honda CBR250RR fokus update yang menjadi Buah bibir di kalangan media jepang adalah soal peningkatan performa. Sepertinya motor ini akan dinaikkan entah akslerasi maupun top speednya nih. Dan Untuk mengarah ke sana ada beberapa point rumor yang berkembang yakni Yang pertama adalah Pengurangan Bobot.

Yap Pengurangan bobot ini adalah salah satu ide yang uckup mudah dimengerti secara Performa dari Motor biasannya berkorelasi positif dengan besarnya rasio Power-Bobot ( PWR = power/ bobot ) sehingga apabila Bobot dikurangi maka akan menaikkan PWR dari Motor.

Bobot CBR250RR sekarang sudah berada pada angka 165 kg lalu mau apa Lagi yang dikurangi? Paling gampang adalah melihat desain dari double Barrel end-Mufflernya sob . . Kalau saja Honda bisa me-redesign End Muffler itu jadi hanya single end Muffler trus midship pendek, mungkin akan ada 1-2 kg bobot yang bisa dipangkas. Atau ada ide lain ?

Assist and Slipper clutch

Yang kedua berhubungan ke akselrasi sob Yakni Honda CBR250RR MY2020 nanti dirumorkan akan memperoleh update Assist and slipper clutch. Dengan Slipper clutch ini proses Up shift dan Down Shift diharapkan bisa lebih nyaman. yaps Kopling Licin ini bukan barang baru di sport 150-250 cc, so kehadiran CBR250RR di sini boleh dibilang sebenarnya agak telad. Namun better late than Never tho?

Quick Shifter

Yang ketiga adalah masih berhubungan dengan Akselerasi yakni kasak kusuk tentang pengaplikasian Quick Shifter. Yap sudah Assist and Slipper clutch ditambah quick shifter lagi. Disinyalir akan menambah experience ala ala racing Yang lebih kental buat pemiliknya. Buat Honda CBR250RR yang menjadi Pionir dan satu satunya Sport 250 cc Twin Jepang yang menggunakan Ride By Wire ( Throttle By wire ) Quick Shifter tentu bukan sesuatu yang sulit untuk direalisasikan.

Mengenai soal penampakan Motor dan Detail lainnya belum terlalu berkembang. Mimic dari Bodynya disinyalir amsih akan mirip dengan CBR250RR yang sekarang, kemungkinan akan ada perubahan minor di daerah dashboard. Perubahan Nama Mode comfort ke Mode Touring mungkin ? Kita tunggu saja tanggal mainnya sob, silahkan dikunyah kunyah dan semoga berguna

taufik of BuitenZorg

116 COMMENTS

  1. Menurut saya kelas 250cc sudah mentok fitur dan harga. lebih baik beralih ke main silinder 4 250cc. Ditunggu siapa yg duluan ya.

    • Tipikal tukang kasih saran tp gk gelem tuku.. yoiki..

      Fitur dan harga masih belom mentok.. lah itu cbr bisa 59 jt an.. padahal dlu 60-70jt an.. belom lg r25 bisa lbh murah dr itu.. apalagi nakednya, nahhh

    • 4 cylinder 250cc mustahil sekarang, liat aja pabrikan aja udh ogah ngembangin 600cc 4 cylinder. Cuma yamaha dan kawak doang yg masih main, itupun motor nya ga sepenuhnya baru, basic nya masih dr motor lama cuma di tambah elektronik. 250cc 4 cylinder pasti susah lulus euro 5.

  2. Bisikin ke ATPM nya wak,nut bwt jalu paddock yg di swing arm disediain biar ga pke paddock model L,itu barang kecil tp agak dikeluhin sm owner baby rr

  3. busedd yg sekarang aja udah angker nih motor, mau ditingkatin lagi aja performanya . mau kemana pergi nih nanti wkwk ?
    digelaran balap jepang yaitu MFJ CUP JP250 sendiri ini motor mendominasi loh, katanya ini motor sangat sangat race oriented.

    • power memang bukan segala”nya. tpi tanpa power ente mau apa” ?? inget ini motor legal. bukan motor sirkuit. kebanyakan orang pengen handling &top speed.

  4. USD nya di cabut aja ganti teleskopik biasa…supaya di ap250 bisa membuktikan tanpa USD pun CBR bisa nabok bolak balik semua Rombeng25 baik yg model old maupun yg new ??

  5. Powernya di bikin 42 HP dan revisi knalpot jadi single aja…langsung pakein Yoshimura aja dari pabriknya…harga naik 5 JT ++..
    Tambah safety di keyles sistem…mantap

    • naikin power tanpa variable valve agar lolos euro 5 kayanya tidak mungkin. suzuki sudah punya SR-VVT, yamaha VVA. mungkin CBR250RR euro 5 pake VTEC (timing and lift)

    • ashiappp bosque, lolos Euro 5 tanpa variable valve dan update catalytic converter ?? power naik, emisi berkurang ??

  6. Wak, bilangin ahm dong.. design headlampnya di revisi miripin sama wajah klan cbr yg laen (150, 659, 1000)

  7. Bagian knalpot mending dibuat kayak moge2 dimana pake short single barrel dengan pemasangan slip on dan catcon di taruh di bawah mesin. Jadi secara emisi lebih bisa ditekan dan tampilan juga IMHO bakal lebih bagus daripada current model double barrel.

    Lalu aplikasi ASC dan Quickshifter ditaruh di versi tertinggi saja, versi Black Freedom biarin saja kayak sekarang buat volume maker.

  8. Mau nurunin 3-4 kilo mah gampang, tuh ganti aja kaki-kaki dengan ban cacing, dijamin langsung ngibrit.
    Tp RPM dilimit 2000 aja, lumayan buat mindah pajangan ?

  9. Loh wak, bukannya kasus new ninja 250 kalah kenceng dengan cbr250rr itu karena ninja 250 pake slipper clutch yang buat shifting makin smooth tapi jadi lemot.

    • Kalo menurut saya, Ninja kalah bukan karena ASC.nya tp dihandling karena masih teleskopik, sedangkan Cibiar sudah pake USD otomatis handling lebih stabil. Ninja bisa kencang kayak di ARRC karena suspensi sudah di modifikasi buat race #CMIIW

  10. diem dah bocah2 yang mau ngelawan satu akun aja harus rame2 ??? menyedihkan. lu pada paham standar ganda ga sih? ??? contoh nyatanya lu lu pada ?? iannone dihukum jumpstart, diem, giliran CC dihukum karena kasus yang sama langsung menghujat Dorna ?? sekarang gw bilang guru Bangsa* dibilang ngatain, giliran mereka yang bilang guru Bangsa* cuma bercanda ??? hypocrites

    • Alaaaah ngaca dulu kalau mau nuduh orang. Noh komentar lu di blog Satar ga ada satupun yang “becanda”. Orang kaya elu ga akan pernah ngerasa salah. Paling nanti kalau tiba2 identitas asli elu dibongkar baru tau rasa. Kalau udah kejadian gitu jangan nangis dan pura2 di hack ya?

      • jadi keingat Darso pake nick tak ada mentega di blog guru Bangsa* ?? enggak mau ngaku pula, udah ditanya berkali-kali diem aja ??? kalo emang bukan dia kan harusnya jawab pertanyaan gw, eh malah kabur ???

    • waduh mas nugie gimana nih mas, mosok fitnah dibiarkan saja? situ yang mulai loh. enggak takut dosa? @Nugie TMCblog

      • @Mentega
        Coba liat lagi waktu gue nulis ke Juna si FBY di artikel ‘Satire Massimo Rivola’ tanggal 29 Maret jam 19:27.
        Dengan kata2 “Nickname-mu saya hitung2 ada sekitar 27 nama loh. Mbok ya jangan suka rusuh, komentar seadanya aja mas.. ??”
        Sekarang coba dicek aja, ada gak tudingan ke Mentega/Tak Ada Yang Mampu di sana.

        Lalu coba kasih unjuk gue mana unsur memfitnah nya?
        Bukannya yang pertama curiga kalo yg ane maksud itu sampeyan adalah orang-orang yg selalu cekcok keyboard dengan ente kang bro Mentega? Hehehe . . .

    • kalo kopdar kabar2 ya, gw pengen coba jadi hypocritus kaya lu lu pada. bisa lah share ilmunya, gimana caranya memfitnah orang, memutarbalikkan fakta, dan menutup mata ketika ketidakadilan terjadi (seperti kasus Iannone)

      • @Mentega Kalo maksud sampeyan selama ini usil/iseng dan setelah semua terjadi jadi baper, berarti level usil sampeyan masih pemula kang.

        Usil/iseng itu harus totalitas, tapi jangan udah kepalang usil tapi baper.

        Ane yg sampe ditegor sama wak haji (alias yang punya blog) aja gak jadi baper kok. . Ini cuma nasihat aja loh, gak bermaksud membandingkan individu . .

  11. Emang udah tabiat dia urakan dan suka ngatain orang. Tapi kalau kepergok langsung playing victim belagak suci bak pantat bayi abis ganti popok. Selamanya orang begini akan seperti itu, disini aja kalau ga kena skandal 27 jari ga akan dia jadi “alim”.

    • wkwkwk masih fitnah aja lu sooooo, inget dosaaa, tanya si Nugie TMCBLOG sono wkwkwkw

      Nugie TMCBlog March 30, 2019 at 10:26
      @mentega Di kometar lain saya udah bilang kok kalo yang dimaksud bukan sampeyan mas Mentega. ?

  12. panggilin semua temen2 lu, gw mah seneng, makin kelihatan busuknya lu pada, demennya menghujat komentor2 yang berbeda arus dari kalian. negara bebas, bebas beropini juga kan? ? mau bukti? nih tunggu komen balesan dari lu lu pada ? kalo enggak ngatain ya fitnah, wkwkw enggak level coy ?

  13. Cepetan bikin pake standard euro 5, biar konsumen kagak dicekokin produk ala kadarnya mulu.
    Jamin deh, langsung bisa export ke eropa amerika.

    Malu deh, export ke negara berflower terus.

  14. tambahan: bikin versi homologasi pake close rasio ? CBR250RR SP. kenapa?? krn jaman skrg motor jalanan dibawah 600cc gak ada lagi yg pake close rasio, gak kayak era 1990an kebawah

    • full race spec ya, sekalian aja bikin non road legal version ? versi sultan ? tanpa lampu, spion, dudukan plat, spakbor, pake knalpot freeflow dll ?

      • lah gw mah beneran ngasih ide. bisa jadi pioneer di kelas 250 loh, race spec’ed 250 supersport. kali aja ntar sizuka dan yahaha ngikutin. gw sih paling borong gsxr250 kalo ada, SR-VVT coy, sudah terbukti di GSX-R1000 ?

    • bukan race only,, yg kumaksud disini versi jalanan utk homologasi atau mungkin versi tertingginya. kayak jaman 90an kawasaki KR1S ada KR1R versi topnya pake close rasio, dan bbrp motor lain

  15. Di RL sering ke bully si mentega, makanya dia jadi singa di dunia maya?. Sembunyi di balik nick clone?. Bener2 menyedihkan.

  16. Saya kira ini orang satu akun ama mentega,pas di jelasin mas nugie beda orang ternyata… Wah gara2 lu nih bung enjiner mentega,kau kalau jadi enjiner jangan suka rusuh bung mentega… Ngomong tu ya sewajarnya

    • abisnya gimana ya, gw ngakak lihat komenan dia jaman dulu (sekarang sih enggak lucu), terus ada komentator lain yang selalu bales komentar dia, makin ngakak gw bacanya. jadi ya gw iseng ikutin namanya tapi diplesetin, kebetulan avatar asli gw sama persis, tau kenapa. ???

    • @Noolan. Justru om “Tak ada yang bisa” ini adalah korban pertama mentega, karena bangga2in merk yang amat dibenci Mentega, om tayb harus nanggung fitnah yang di hembuskan mentega, akibat avatar dan nick yang mirip tapi suka ngatain orang/komentator lain, saat itu komentator lain jadi musuhin om tayb hingga pada akhirnya si bencong ini lupa ganti email waktu komen pakai nick Mentega. Ketahuan deh ternyata tak ada yang mampu adalah Mentega.

      • @darso iye bro untungnya udah di bongkar boroknya ama om editor,wah kacau lu bung enjiner jelek2 in nama orang aja lu,saya yakin kalo ngak kau ubah tu sifat muka ganda bakal kek gitu terus ampe keriputan…

      • Udh biarin, lagian tmbh ksini tmbh punah loh yg lain… Gr2 MS tmbah mgkeret & MotoGP tmbh amburadul ??
        Boleh lh 1-2 d lestarikan… Give him some space ?

  17. saking geli nya banyak owner xmax yg pasang knalpot nih cbr di xmaxnya.
    tar kalo diganti dan xmax gak bisa pake gimana donk ?

  18. loh.. loh.. saya ta menyimak saja, monggo silakan diselesaikan dg baik-baik mas. karena saya dicolek, saya ucapkan, “selamat sore semuanya..”. hehe…

    ada pepatah kuno mengatakan demikian, “hormatilah dirimu sendiri sebelum dirimu menghormati orang lain, supaya orang lain bisa menghormatimu dari dirimu.” hehe..

  19. Aku mah nunggu yamaha keluarin XSR250 atau XSR150 aja krn ku bukanlah pecinta stang jepit.
    Motor harian mah nggak usah kenceng2 bos. Lari 100kmh di jalan umum itu udah ngeri.. hehehe..

  20. mudah-mudahan kabar anginnya benar ya, rpm bertambah kisaran 1000-1500, power jg ada peningkatan kisaran 3-5 hp, semestinya sudah di atas >40 hp. indikasinya dari perubahan mapping itu saja sudah terlihat ada upgrade di sisi engine dan sekitarnya. hehe..
    bentuk fairing spertinya jg ikut berubah sedikit mengikuti jalur “arus angin”. knalpot spertinya jg berubah jadi 1 lobang. ini menurut saya, bukan yg lain. hehe..

    • Hehe… Iya, bauny sbgian yg d goreng d ARRC d pke bwt produksi massal next.
      Aq cm ngarep da tambahan RPM dikit, Slippery Clutch & Quickshifter UP & Down… Biar ntr mumet ma Old RR ??

      • untuk produk kendaraan masal yg berhomogolasi untuk balap memang pasti ada upgrade “race performance” mas Gem. tapi produk yg tidak digunakan untuk race jg tetap ada upgrade tapi “bukan race performance”. lebih ke daily user efficiency. hehe..

    • loh..? komen saya ada yg hilang belum muncul ya? e e e.. jangan-jangan saya tadi salah ngeklik tombol??

    • wah, saya ngulang lagi ini, tapi sudah agak lupa. pada intinya saja, ada keterkaitan dg program dari divisi balap hadno yg memang terfokus untuk target kemenangan mutlak untuk di semua ajang balap. jadi secara langsung pasti ada upgrade dari produk masal yg digunakan untuk bertarung di ajang balap yg diikuti, sesuai aturan homogolasinya. semua pabrikan yg terjun di ajang balap yg menggunakan produk masal jg spertinya melakukan hal yg serupa. baik di r4 ataupun r2.
      kurang lebihnya seperti ini pendapat saya. hehe..

  21. yups ada beberapa part yg sebaiknya diganti, karena kualitasnya masih kurang bagus / setidaknya terlihat kurang bagus.
    diantaranya:
    mika speedo, karet handle, plastik saklar, ama plastik “kulit jeruk” pada buritan.
    windshieldnya juga sebaiknya ganti ke model yg lebih “jenong”.
    Itu dulu yg paling pertama yg perlu diperbaiki (imo).

  22. wak haji ataupun mas nugi mau tanya. andai nih, andai saja QS sama ASC itu beneran diterapin di next cbr250rr,,apakah ada kemungkinan part tersebut dijejalin ke cbr250rr curent? maksudnya berarti itu perangkat gak harus ngerubah mesin atau apalah istilahnya saya kurang faham hehehe. intinya, apakah ada kemugnkinan bakal PnP sama curent cbr..sorry bahasanya jlimet

    • saya pikir bisa, namun dengan programing baru, mungkin seperti instal Firmware baru githu bro, karena elektronik lama kan nggak kenal cara kerja QS dan ASC.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version