TMCBLOG.com – Jorge Lorenzo dalam debrief pasca race MotoGP Catalunya 2019 menjelaskan perkara Crash dirinya yang berujung membawa serta 3 pembalap Top dari dua Pabrikan Rossi, Vinales dan Dovizioso Ikut Crash ” Saya melakukan start awal yang baik, memperbaiki posisi dan saya merasa baik dengan motor. Lebih baik dibandingkan kemarin kemarin dan saya mengerem jauh lebih baik. Lalu di akselerasi sebelum kejadian, Maverick menutup gas untuk menghindari menabrak Marc dan saya memanfaatkan dengan menggunakan slipstreamnya dan bersiap untuk overtake. Namun mungkin saya berusaha melewati Maverick di waktu yang salah dan Khususnya di tempat yang salah. Saya tahu ini adalah tikungan yang tricky, seperti tikungan pertama Austin. Dan saya melihat banyak crash seperti ini di semua kategori, ini juga terjadi di saya di 2016 bersama Iannone. “
Lebih lanjut Jorge melanjutkan ” Jadi mungkin saya terlalu senang( antusias) karena mengetahui punya feeling bagus dan perasaan bisa lebih cepat dan jauh lebih cepat. Saya tidak melakukan Pengereman yang aneh aneh. Saya kurang lebih di samping Maverick dan mengerem dengan normal, Masalahnya ada banyak sekali pembalap berdekatan. Di depan ada dovi yang sangat bersiap dengan tikungan dengan pintu masuk cukup lebar. Jadi saya mendekat ke Dovi dan untuk tidak menaraknya saya lebih keras mengerem sehingga ban depan mengunci.”
” Menurut saya di waktu yang sama namun di tikungan lain itu tidak akan terjadi. Juga itu tak akan terjadi jika saya tidak memutuskan untuk melewati pembalap lain. Jadi ini adalah kombinasi beberapa faktor. Yang pasti hal terburuk adalah crashnya saya membawa serta tiga pembalap Lain. Mereka fight untuk Championsip, saya tidak fight buat Championship, (Point) saya sangat jauh dan Tak masalah jika saya Crash. Saya melakukan start yang baik, namun saya inginnya crash sendirian saat ini. Saya mengerti Permintaan maaf tentu tidak cukup saat ini (namun) Harus minta maaf dan ini adalah kesalahan besar “
Bagaimana Komentar tiga pembalap yang terefek dari Crashnya Jorge Lorenzo? Maverick Vianles adalah yang paling keras menanggapi Insiden ini. yap Gestur kekesalan maverick sudah terlihat semenjak ia berdisi memungut Motor di Track dan Bahkan saat disorot kamera. maverick seperti memberikan pesan Khusus ke Jorge Lorenzo. ” Sulit sekali saat ini Recovery 25 point di MotoGP. Kamu dapat melewati saya di Straight dimana Kami ‘slow’ . Kamu ( Lorenzo) cuma butuh menunggu, tinggal 4 tikungan lagi. “
Maverick mengatakan bahwa hukuman yang pantas buat Jorge adalah Start dari posisi paling belakang dengan apa yang telah ia Lakukan. ” . . Jika ia mengenai saya atau Valentino, Kami tidak fight buat Championship, hanya racing incident, tidak terlalu buruk. Namun ia membawa Andrea yang fight buat Championship, Ia merusak balapan Saya, Valentino dan Kans Championship Dovizioso. Saya Harap RD tegas seperti mereka tegas Ke saya kemarin (soal penalti 3 grid start) “
Valentino Rossi juga mencoba menceritakan kejadian dari sudut pandangnya ” Saya di belakang petrucci, saya sedikit lebih cepat darinya dan ingin mencoba melewatinya. Namun saya overtake di waktu yang salah. Saya hadir lebih cepat di T10 dan setelah saya melihat Carsh di depan sayangnya saya tidak bisa menghindar dari Motor Jorge. Saya berusaha untuk tidak Jatuh namun Motor datang di bawah ban saya dan akhirnnya saya ikutan jatuh. Saya masih sakit di Tungkai kaki karena kaki saya berada diantara dua Motor, namun seperti ini, ini balapan dan hal ini kadang memang terjadi “
Lebih lanjut, valentino Rossi melihat Tikungan 10 ini tidak Pas Buat motoGP. ” Seperti Tikungan di supermarket, Buat saya ini bukan Tikungan tipe sirkuit balap “ begitu cara vale mengkritisi T10. ” Saya nggak tahu, katanya Barcelona ingin punya Layout Track yang normal Untuk balap sepedamotor di dua tikungan terakhir. Mereka banyak melakukan hal di Daerah run off. Namun kenapa Kita masih memiliki tikungan ini ? Buat saya ini bukan tikungan sirkuit balap, dan ditikungan seperti ini mudah untuk terjadi insiden “
Orang pertama yang terkena Imbas atas jauhnya Jorge Lorenzo di T10 itu adalah Andrea Dovizioso. memang sih karena DnF kerja Dovi kedepan untuk mengejar championship Jadi harus lebih keras, karena di Catalunya ini marc berhasil menjauh 25 point dari kejaran Dovizioso. ” Yang terjadi di Lorenzo sangatlah jelas, Jorge di posisi yang bagus, ia memiliki kecepatan dan ingin tetap berada di barisan depan. Lalu ia melakukan kesalahandi tikungan dimana mudah sekali melakukan kesalahan. Itu merupakan kesalahan kecil yang berimbas besar. Jorge sebenarnya tidak melakukan yang besar, mengerem di tikungan tersebut sangat ribet, bahkan saat sendiri karena tidak ada referensi yang jelas. “
” Jorge harus memikirkan empat pembalap di depannya, Itu Bukan Kesalahan besar namun dilakukan karena terlalu antusias. “ Saat ditanya apakah Lorenzo harus di kasih hukuman atas perbuatannya ini, Dovizioso menunjukan bahwa di Moto3 mereka diberi ganjaran hukuman atas manuver seperti ini dan menurut Dovizioso hal ini juga harus diberlakukan ke semua orang.
Marc Marquez yang sempat bersitegang dengan Lorenzo di FP3 saat ia menilai Jorge saat itu menghalangi racing line punya pendapat berbeda dibandingkan Pembalap Lainnya ” Tentu, Orang mungkiberkata ‘ apa yang telah diperbuat Lorenzo?’ namun bagi saya tidak seperti itu. Lorenzo berada di (Racing) Line, tak beruntungnya dia kehilangan (grip) ban depan Dovi dan Vinales tidak berada di (Racing) line, sehingga mereka ada di sana dan motor (jorge) mengenai mereka. Ketika ada dua atau tiga motor MotoGP di depan hadirlah slipstream dan dapat terjadi hal seperti yang terjadi di Straight GP Australia atau empat tahun lalu ketika Iannone menabrak Jorge. Faktanya aksi Iannone lebih buruk “
Marc Menutup analisisnya dengan berkata “ Lorenzo Tidak lepas kendali, namun tidak beruntung bagi mereka bahwa ia kehilangan grip depan di mana sangat mudah terjadi di sana (T10) “
Taufik of BUitenZorg
Gimana pun juga mesti mendapat warning
Karena banyak merugikan pihak lain
yoi si Lorenzo memang mau ga mau harus di pinalti
setidaknya agar terasa “fair” & rider yg yg jadi korban bisa terkurangi rasa marahnya
Marah ato tidaknya pembalap g ada hubungannya dengan peraturan brow .. selagi jolor g bisa disalahkan dengan peraturan yg ada ya g bisa brow …
makanya gue nyebut kata2 “mau ga mau” pada komentar sebelumnya
dan kata fair gue beri tanda petik
dan fair disini bisa bersifat subjektif
secara objektif, maka menurut aturan mungkin tidak ada pelanggaran yg dilakukan Lorenzo, tetapi tetap aja ada kesalahan yg Lorenzo lakukan dan (apalagi) sdh dia akui
si papoy dan misba ngirain hukuman dan aturan di moto gp itu pake perasaan
wkwkwk ada yg baper
Disini jolor berkata n mengakui salah karena membuat dovi dan duo yamama g bisa lanjut balapan dan membuat prrebutan championship jd melebar memang bener adanya tp diperaturannya motogp yg tertulis g ada yg namanya bersalah kalau membuat pembalap yg merebutkan championship ndlosor gara2 perkara yg tdak disengaja,yg perlu digaris bawah i disini jolor kan kepleset dan mengenai dovi dan bukan krena jolor nabrak.. apa lg jolor ada dirace line nya …. Lawong yg disengaja melebar agar pembalap yg dibelakangnya keluar lintasan aja aman kok g kena pelanggaran .nah
YAM*HA TIDAK PERNAH MENYURUH FANS-NYA FANATIK BUTA DAN MEMUTARBALIKKAN FAKTA…
HANYA MEMINTA UTK MEMBELI PRODUK2NYA…
SEKIAN.
ntah bnr ato tidak,petruci lebih ngotot duel sama rins drpda dgn fq.itu scra kebetulan mnutup gap championship antara dovi dan rins.smlm klo rins naik podium dah tau kan,dia utk smntara runner up klasemen dgn crashnya dovi..
Ya, setuju, pertarungan sebenarnya adalah Petrucci adalah menghalang Rins finis no 2.
Dan memilik komentar Marc Marquez sebelumnya di GP Italy “lebih baik Petrucci daripada Dovizioso”, mungkin dalam benaknya, Marquez bersyukur sekali dengan kejadian kemarin,
Gap menjadi semakin jauh dengan Dovizioso.
Ya itulah gunanya rekan satu tim.
Sebenere biar mereka seneng gampang kok, yg start di grid terakhir next race bukan hohe tapi marc ?
kalau si agan level 7 ini mencalonkan diri jadi RD atau deputi ngkong ezpeleta bidang penyelenggaraan acara
ane jamin dia akan didukung penuh kelompok dari garpu tala dan team pabrik udut
@asisten haySayang = ?? aq malah meluruskan brow .. kalau dimotogp g ada rasa sayang .. kok malah aq yg dituduh hhhh
Kayaknya aman…
Jlo.. ndlosor.. baru kena yg lain…
Ianone nabrak Jlo baru ndlosor…
wak kira2 bisa analisa si jl bsa nyodok ke 4 gak
Klo kata pak pulisi
Kecelakaan pasti didahului oleh pelanggaran.
😛
dalam hatinya berkata: ” untung waktu gua bilang JL pantes dipinalti, gak ada yg dukung.. hehehee… thanks JLo..!”
mamam tuuhh… hahahaa…
Maq ngmg gt soalnya ga kena tabrak..
Cb kl dia yg jatoh, yg laen selamat..
Ngoceh pasti ky dia dihalangi pas fp3..
Marc kan udah minta duluan (sebelum race day) agar Lorenzo dipinalti
eh malah dinyinyirin
nah kejadian kan
lg pula sebagai rekan setim yg jelas2 TELAH DIUNTUNGKAN akan aksi si Lorenzo, masak Marc harus ikut juga “ngebully” si Lorenzo ? mau ngancurin total mental si Lorenzo ?? mau bikin suasana tim makin rusuh & panas ??
“mau naburin minyak di sekam membara” ??
@makimaki: iya.. sepertinya komen Dovi plg masuk yakni Jorge melalukan kesalahan kecil tp berimbas besar krn apesnya malah kena 3 pembalap top aplg Dovi. Berat ngejar Markes dgn selisih sgtu kecuali Markes jatuh lg. Mgkn klo Jorge sendirian, klo dia agak telat ngerem sdkt pst berusaha meluruskan motornya (out wide sedikit). Bukan lgsg mematahkan front end nya gtu (krn tkt nabrak Dovi).
Tp komen MM ada benarnya kok brow …
serahkan semuanya pada pihak yang berwenang. para pembalap tersebut telah mengungkapkan opini mereka masing2, hormatilah pendapat mereka.
HRC dua kali ya, tahun lalu pelakunya DP26 di jerez, korbannya JL dan Dovi
HRC dua kali ya, tahun lalu pelakunya DP di jerez, korbannya JL dan Dovi. Kebetulan banget…
Vina 3x ditabrak ,3pabrikan beda pula ,yamaha,ducati,honda :v :v
2 × sial
Sebelumnya kena pinalty mundur 3 great
nah itu salahnya kenapa cuma mundur 3 grid, coba kalo hukumannya mundur 6 grid kayanya ga akan kena efek tabrakan jorge tsb wkwkwk
#justkidding
anda benar jbat
wkwkwk kurang suzuki, ktm, aprillia neh
Vinales di serok Morbidelli “aku Rapopo”
Vinales di serok Bagnaia “aku Rapopo”
Vinales di serok Lorenzo “Dianc#$@&+k!!!”
Kalau morbi ma peco mugkin dia masih maklum ,karna anggp mereka masih anak bawang.
Nah kalau seorang jl 5x juara dunia ,masak bikin kesalahan kayax gitu + cm semalem dia bisa start bagus dan di barisan depan
mungkin lorenjo di anggap lord dan bukan manusia. toh yg udh paling berpengalaman ajh masih suka salah cmiiw.
vinales lama2 jadi titisan DP26 bertalenta tapi kena sial terus hhe
ah,prestasi Vinales mah gak ada seujung kuku kalo dibandingin DP26
DP 3 kali jurdu
vin cuma sekali
DP bolak balik Runner up, Vinales pernah apa nggak ya,males searching
jleb
marq turing
dan akhirnya tidak ada pinalti bung, sedangkan Smith yang enggak sengaja melebar sehingga menabrak Aleix kena pinalti ???
Emang lorenzo sengaja gitu? Minyak boleh beku, hati ya jgn donk ???
nah sama-sama tidak sengaja, tapi beda pinalti. situ belajar baca di mana sih? ?
emangnya waktu rossi jatuh dan membawa serta stoner jatuh di gp jerez 2011 rossi dapet hukuman apa?
kita ngomongin sekarang bung, faktanya Smith langsung kena penalti ?
loh emangnya waktu morbidelli nabrak vinales di gp argentina 2019, morbidelli dapat hukuman apa?
jelantah beku ,,
wkwkw
smangat amat
Smith kan melebar dari raceline .. berrti kalau Dia nyenggol pembalap lain ya pasti kena pinalti
. Kalau kasus loren ini kan dia dirace line nya .. dan apesnya dia ban depan kepleset gtu aja .. toh bukan menabrak dovi lorensonya tp keplesetnya mengenai dovi .. berrti tanpa kesengajaan .. dan masalah duo yammama dia kan g dirace line dan malaah mereka yg nabrak loh bukan ditabrak
ya memang sama-sama tidak “disengaja”, tapi outcomenya kenapa berbeda? malah yang dirugikan jauh lebih banyak. mungkin perlu regulasi yang mengikutsertakan besarnya impact dari sebuah pelanggaran dan “kesalahan”
@misba duo yamama yg nabrak malah? Bro liat race gx? Yg paling jelas itu si vina kena hantaman dari motor dovi n jorge
Dan si rossi mana bisa dia ngehindar dari posisi kayak gitu
Jangan buta lah bro
Wkwkwkwk dibilang gitu aja ngegas broe brow … Keliatan bnget loh klau kmu fans akud .. kmu blang kalau rossi mana bisa menghindar dri posisi kayak gtu .. nah apa lg jolor brow
emangnya waktu rossi jatuh dan membawa serta stoner jatuh di gp jerez 2011 rossi dapet hukuman apa?
jangan2 ini mah konspirasi HRC biar JL jatuh deket dovi, inget rantai dan waktu di ducati dulu si JL jatuhnya jg aneh aneh
Dan lagi
Para fans buta merasa lebih pintar dari race director?
lah lah lah, kemaren waktu ducati pakai alat baru dan sudah ditentukan legal oleh technical director, kurang banyak apa fans yang merasa lebih pintar dari mereka? jangan standar janda bung
Woi ini urusannya soal pembalap ngapa ngelantur jauh banget ke technical director
kumpul2 deh lu para manusia2 standar janda, makin keliatan tabiatnya ? namanya perbandingan kasus bung, pernah sekolah kan? ?
Lha ente kali yg standar janda
Kemarin bela sekarang nuduh
Ga tau yang lain
Tp mungkin ente lupa gw koment berdasarkan pendapat ahli aerodinamika
Dan bahkan ketika sidang memang ducati sendiri mengakui bahwa item mereka memang punya efek aerodinamsi
Nah sekarang ane mo balikin ke ente
Dalam kasus smith n jolor, dasar ente apa
lah situ lebih pintar dari technical director? ??? sudah ditetapkan legal loh, kok masih dinyinyirin?
Hadeh dibaca gak sih komen gw
Yg nyinyir siapa?
Susah emang ngelurusin fans buta
Sekali lagi gw gak lebih pintar dr danny aldridge
Tp ahli aerodinamika alfa romeo jelas lebih paham soal aerodinamika drpd D.Aldridge
Loe mo bantah itu?
Dan sekali lagi ducati sendiri sudah mengakui bahwa memang ada efek aerodinamika walau kecil
Dan sekali lagi juga
Dasar loe soal kasus smith n jolor apa?
Tolong dijawab
Biar diskusi nya berarti bukan sekedar debat kusir
susah mau jawab pak, kena modeterasi mulu. dah ahh, makin banyak yang ngambek ntar. udah puas kok gw ngelihat reaksi2 mereka ?
????
Ya sudah lah
Palingan ente juga ngeles seperti biasa
Toh dr komen yg ada ane jg puas, sudah jelas ente yg pk standar janda tp malah nuduh ane yg standar janda trus juga nuduh ane ngerasa lebih pintar dr d.aldrige padahal ente sendiri yg merasa lebih pintar dr race director
N dikomen yg lain ente menyudutkan orang seperti tidak sekolah tp ente malah kena skak soal gps n “understeer n load roda depan”
Pinteran race director yg menilai hal ini. So kita hormati juga keputusan mereka (termasuk pebalapnya jg). Lagian kalo lorenzo dapet pinalti start grid belakang pun (seperti yg diinginkan para haters nya) dia juga gk masalah toh gk ngejar point championship.. apa perlu marc yg start grid paling belakang next race? (Seperti komenan om Level7 wkwk).
Darso aja eneg balas koment si ubin toilet spbu… Udahlah abaikan aja komennya ngak ada maanfaat juga balas komentar si ubin toilet spbu
Minyak beku hati jugak beku bukan begitu bung @Noolan
setuju
orang si dovi yg merasa paling dirugikan aja sadar kalau itu tikungan sangat tricky
isitlah dopi
si JL trlalu antusias
huahahaha.. TOP BGT
Marc lama lama mirip rossi. Kalo di rugiin orang lain ngomongnya this is race. Kalo kena tabok langsung ngamuk ngamuk
setidaknya Marc kaga lgs main jari tengah
dan dia ngamuk2nya masih dlm trek ketika adrenalin masih tinggi
diluar trek / selepas race/ ketika adrenalin udah turun, dia udah nyante lagi, mungkin kecuali klo dipancing
Kecuali kalo kena insiden trus point nya tertinggal dr pesaing..nah pasti ngamuk baper panjang
ingat insiden Argentina 2015 (93vs46)
adakah Marc ngamuk baper berkepanjangan atau koar2 kyk si Vinalez setelah insiden race itu (sebelum sepang clash tentunya)
itu sangat manusiawi lah bro wkwkwk..
Kasian banget Dovi…
Kok banyak yang bilang konspirasi Honda ya… 😆
karena yang bilang itu hatersnya Honda bosque wkwkwkwk
bener kata Dovi, tikungan 10 ini memang ribet karena tidak ada referensi jelas titik pengereman. Cuma bisa duga2 di meter keberapa (klo circuit lain biasanya ada hal/sesuatu yg bs dijadikan patokan titik pengereman).
Coba aja main game simulasinya, dilap-lap awal (kadang2) ditabrak juga dr belakang ama rider2 AI
ya mereka kan bukan AI, mereka semua sudah beratus-ratus lap mengitari circuit de Catalunya, mau alasan apa lagi? ???
haduh kali ini aja dah gue komenin elu
inget WALAU mereka itu rider yg sudah beratus-ratus lap mengitari circuit, mereka juga MANUSIA yg bisa bikin salah / alpa
lu pikir mereka semua God or something ?
lu pikir yg pernah bikin salah semacam ini cuma si Lorenzo ?
kakek legend (sori melebar) yg paling kaya pengalaman balap aja pernah bikin salah karena terlalu “antusias” / “bersemangat” macam si Lorenzo kali ini
Lu pasti kagak pernah nyoba adu balap kompetitip (yg amatir lah setidaknya), silakan coba dan rasakan bagaimana rasanya ketika adrenalin udah “naik sampe keubun-ubun” kombinasikan dengan nervous.
Lu pikir saat kondisi seperti itu gampang berpikir “normal” ??
dan juga kita ngomongin racing line yang kata lu enggak ada patokannya. wkwkwk bodoh amat kali ya pembalap motoGP dan para engineersnya, sudah ada datalogger, GPS, gyro sensor dan sejenisnya masih enggak bisa nentuin titik pengereman yang tepat walaupun sudah beratus-ratus kali muterin tuh sirkuit
sudah kuduga, minyak beku alias makhluk sok “enginer” ini mungkin bukan manusia jadi dia merasa kaga pernah salah barangkali,
dipikir rider motogp itu cuma robot balap yg muter2 cuma pake “data” tanpa ada pengaruh unsur manusiawinya sama sekali.
hehe hehe, manusia memang selalu membuat salah, makannya kita manusia. tapi walaupun selalu membuat kesalahan tetap tidak bisa lepas dari hukuman. kalau sampai lepas dari hukuman berarti???
dan bila ada seseorang sudah dinyatakan tidak bersalah oleh pembuat/penegak aturan, namun ada seonggok makhluk yg nyinyir & sinis serta tidak terima klo orang tersebut sampe lepas dr hukuman (versi kemauan dia sendiri) seolah-olah makhluk tersebut lah si penegak aturan, maka berarti ???
Dimotogp semua rider yg jatuh dari jaman jadul sampek sekarang .. ya karena mereka terlalu semangat bro … Saking semangatnya sampek over … Kalau g over g mingkin jatuh … Gitu aja … Jd jngan terlalu menyalahkan
duh mentega baru dikarbit ya jadi FBY ?itu kan tikungan masih dianggap baru tikungan yg lama kan udh ga dipake lg klo menurut gw tikungan yg lama lebih aman dripada yg baru ini. Dovi sama Rossi aja bilang tikungan ini sulit nah lu pkir lu lebih pinter dari mereka?
Binggo
Poin kesalahan tidak semua ke JL, sy liatnya malah Dovi yg membuka ruang itu, seperti kata dovi di T10 ini tricky, tidak ada patokan titik pengereman jadi tiap rider bisa masuk dengan cara berbeda. Dovi memilih jalur terluar Sehingga menimbulkan “seolah” ada ruang kosong untuk JL masuk, ditambah kombinasi untuk pertama kalinya JL konfidens dan cepat di tranck ini jadinya ia coba masuk saat mendapat racing line yg lebih bagus. Dan sepersekian detik tiba2 dovi juga kembali ke racing line, dari pada nabrak ya mending rem habis dan dlosor sendiri, tp ya itu tadi terlalu banyak pembalap di T10 jadinya efek karambol.
setelah saya tonton lagi dari kamera sudut pandang lain, Jorge racing linenya terlalu dalam, sehingga terjadi understeer dan load ban depan berkurang, langsung lah kehilangan grip ban depan. itu analisa saya
Berarti dovi b0d0h ya?
hahahaha….
mantul brow…hihih
Buat minyak beku:
Lu cobain main race simulaition semacam forza, grand turismo sport / motogp 19
Lu rasain gmn tricky T10
Race simulation gak segampang turun di track beneran
T10 kayaknya emang harus di ganti ke yg lama, terlalu patah banget. Di moto3 aja ada kejadian gitu juga tapi lebih sedikit korbannya, trus si kaito toba juga jatuh di sana pas lagi mimpin di lap akhir.
Si nguono mana ? Jgn bunuh diri ya, tunggu
2021, rossi juara WSBK
Akun nya gak kepegang
Masih sibuk ngeladenin komen2 dgn akun yg lain
Sudahlah , Ronde selanjutnya asssen
Reaksi komentar dari seorang juara dunia (93&46) bersifat diplomatis, sedangkan reaksi komentar yg belum pernah juara dunia sifatnya menyerang dan menyalahkan.
Kasihan JL99
#SaveJL99
klo mbahas poin makin berat seperti yg dibilang vinales, bukannya rossi sendiri juga bilang kemaren di mugello atau lemans gitu bahwa andai marc gak jatuh di austin poinnya sudah jauh.
ya seperti sekarang inilah perbedaan poinnya.
Ya sebenernya fair kalo dipikir2
Kalau Brivio/Rins/Sijuki bisa menganalisis musim motogp sebelum2nya, seharusnya nanti ambil posisi starting grid 3-4 posisi di belakang Lorenjong. Saya melihat Hohe sdh habis masanya, banyakan bad luck, sesekali podium satu habis itu ya ngampas sangat. Bad luck pun juga rame2. Lumayan kan dpt podium hibah daripada DNF.
tikungan ini emang ngeri,kalo.maen ps dan lena selalu nyeleng ditikungan ini wwkk. aku rasa lorenzo gak sengaja. dari tayangan lambat anggle view helikopter, jelo ady late braking sama vinales, vinales nyeleng keluar,jelo nyeleng tapi jalur agak dalam, dan kebetulan depannaya dovi nikungnya juga “nyeklek” khas mesin v4. kalo gak bersentuhan jelo dan vinales pasti nyeleng. rossi salah antisipasi. rossi pasti biaza aja karna pernah jatuhin stoner karna makza. yang agak aneh itu vinales krn dia nyeleng juga. kmrn dihantAm muridnya simbah gak gimana2 padahal. pendPatku sih lorenzo salah tapi dikasih warning lagian ydah minta maaf ngakhu salah. dan gak sengaja. this is racing kata mbah,kalo gak mau senggolan nglamar aja jd pegawai bank
yoi this is racing
terkadang keputusan harus dilakukan oleh pembalap ga nyampe 1 detik
apakah dia akan agresif atau wait and see di setiap kesempatan
Jangan kayak makhluk macam minyak beku di atas yg tidak manusiawi sama sekali. Bahkan komentar sekaliber Dovi pun diabaikan.
Semua dikira cuma pake data tok, Itu mah adu balap robot namanya.
Ciri-ciri orang terbodoh didunia ada dalam diri minyak beku. Mempercayai omongan minyak beku, sama saja dengan menduakan Tuhan…
Seperti kata Petrucci, track emg kotor bgt. Dan sudah terlihat sejak race Moto3, bahkan waktu balapan macam di Pantura, berdebu.
Menurut sy lebih ke apes aja sih.
Ini sebenarnya kesalahan kecil JL yang akibatnya apes besar bagi tiga rider lainnya. Secara objektif menurut Race Director kesalahan JL emang ga butuh penalty. Tapi mengingat rider lain yang terlibat dirugikan besar ya wajar aja kalau banyak yang menuntut JL kena hukuman, terlebih kalau mereka itu Fans dari ke tiga rider tsb masih wajar. Yang gak wajar tuh yang sampai bawa2 theory konspirasi wqwqwq. Kaum segitiga illuminati emang udah beku otaknya
mau di real life ataupun race online , tikungan tsb emg bikin masalah..
klo sy lebih melihat vinales dlm tekanan emosional dan rasa frustasi krn melihat championship tidak kunjung membaik.dan qt semua tau bgmna tabiat vinales serta kepribadiannya yg agak kelihatan smbong.ya cntohnya tdk mau mmberikan maaf.. ttpi kejadian itu mmang perlu infestigasi dan menyerahkan hasilnya kepada RD
kita tunggu gimana keputusan RD ?
Keadaan Aleix espargaro gimana Wak,kok sampe dibopong pas turun dr motor
dia jatoh ditikungan yg sama juga kan,diseret sama
king Bradley
Iya juga yah? Gmna kbarnya? Ksian, smoga baik2 aja
@Kevin Aleix mengalami patah di tulang femur (tulang paha)
wow,gitu masih bisa naik motor balik ke pit
Sambil nahan rasa sakit. Sampai di pit udah gak kuat berdiri di atas kakinya, makanya dibopong.
aduh
bukannya sudah ditetapkan sebagai “racing incident”?
yg jelas salah perhitungan pada tikungan 10 itu, efeknya besar melibatkan 3 rider lainnya
sekelas juara duniapun masih bisa salah perhitungan, tinggal tunggu apakah kena pinalti atau tidak
Klo dianalisa sih bener kata 46 tuh tikungan udah kayak tikungan masuk emol. wkwkwkw penuh tantangan, tapi itu lah race pasti ada cerita gak selamanya normal touring.
“mentega June 17, 2019 at 07:59
…..bodoh amat kali ya pembalap motoGP dan para engineersnya, sudah ada datalogger, GPS, gyro sensor dan sejenisnya masih enggak bisa nentuin titik pengereman yang tepat …….
baca komennya minyak beku bikin ngakak aja, dapet darimana dia kalau MotoGP dibolehin pakai GPS.. duhhh duhh…
padahal dah dibahas sama Wak Haji di artikel ini http://app-okeefe.jfo7syl77y-pxr4kzxnv4gn.p.temp-site.link/2018/12/25/motogp-pakai-setingan-corner-by-corner/
bukan GPS juga pak, tapi pokoknya ada data posisi motor relatif terhadap sirkuit. gw enggak tau nama aslinya, trajectory gitu laghh
wakakak ngikut ngakak Gan…
Tepok jidat dah…
Gps cuma digunakan buat ambil data top speed,biar lebih presisi,itupun gak ditunjukin di layar Magneti marelli motor masing-masing,cmiiw
Komennya bikin kolesterol naek wkwkw
bukan GPS juga pak, tapi pokoknya ada data posisi motor relatif terhadap sirkuit. gw enggak tau nama aslinya, semacam trajectory gitu lah
hayooo kena modeterasi lagi kah?
susah juga debat di sini, mau mempertahankan argumen pun belum tentu bisa gara2 modeterasi. ?
Argumen anda kelihatan dungu. Dungunya anda kelihatan banyak orang dan selama nya akan terus terlihat selagi tidak dihapus oleh admin
iya salah satunya gw….lap awal sangat seru krn Lorenzo bisa nyodok kedepan…
eh terus dia crash hajar Dovi, Vinales, Rossi dan Marc melaju kedepan dan akhirnya yg fight cuma pembalap papan tengah macam petrux, Rins, Quartararo iyaudah gw yakin bgt yg menang pasti MM..langsung auto ganti
lu baca artikel ga wak haji, gua quote buat lu ya..
“Seperti Tikungan di supermarket, Buat saya ini bukan Tikungan tipe sirkuit balap “ begitu cara vale mengkritisi T10. ” Saya nggak tahu, katanya Barcelona ingin punya Layout Track yang normal Untuk balap sepedamotor di dua tikungan terakhir. Mereka banyak melakukan hal di Daerah run off. Namun kenapa Kita masih memiliki tikungan ini ? Buat saya ini bukan tikungan sirkuit balap, dan ditikungan seperti ini mudah untuk terjadi insiden “
Turn 10 baru Catalunya ini sejatinya dibuat untuk mengkebiri kecepatan mobil Formula 1. Faktanya begitu, maka layout Catalunya turn 10 dan last chicane disebut “Formula 1 layout”.
Kini chicane terakhir tsb akhirnya gak lagi dipakai MotoGP dkk, namun entah kenapa Turn 10 yg baru masih dipertahankan.
AFAIK
Permasalahan ada di t13 dianggap beresiko bg keamanan rider
Di f1 t13 diubah menjadi chicane
Motogp pun pernah juga tp vanyak mendapat respon negatif dr rider
Akhirnya chicane ala motogp dihilangkan
Kemudian t10 dimodif supaya speed sebelum t13 bisa berkurang sehingga relatif lebih aman
yups, harusnya sih dikembalikan seperti semula (khusus untuk race motogp)
Tikungan semacam ini memang cenderung berbahaya
apalagi jika racing linenya sempit, dimana rider2 berkecepatan sangat tinggi (terlalu telat ngerem) datang dlm jumlah banyak sekaligus, untuk memperebutkan racing line ideal
Lagipula tentunya motor MotoGP tidak akan bisa sestabil mobil F1 dalam pengereman & melibas tikungan
@makimaki “Lagipula tentunya motor MotoGP tidak akan bisa sestabil mobil F1 dalam pengereman & melibas tikungan”
Setuju banget kang. .
e buset ane ngebales si minyak beku jadi nyasar dimari
lebih tepatnya sesaat setelah para pembalap finish, pembawa acara mgp t7 sedikit membahas dan langsung closing acara. biasanya kan acara mgp t7 selesai jam 20.00 pas, lha ini masih kurang 15 menit udah ganti acara. 🙂
Akhirnya lorenjo ada gunanya buat hrc
Namanya juga balapan.
Tahun lalu juga ada aksi karambol di ducati.
Aksi rossi yg kepeleset waktu dia masih di Ducati dan bawa stoner juga org masih ingat.
Gw malah lebih inget alm.simoncelli waktu di 250cc
Sama2 title cotender
Sama2 berebut juara race
Sama2 dnf
Gak cuma sekali dua kali lagi
padahal waktu awal2 race punya feeling bahwa balapan akan berjalan seru dan ketat di depan, tapi berhubung ada insiden itu buyar deh harapan kita..
kalo soal VR46 jatuh kemaren itu menurut saya lebih karena salah antisipasi, seandainya dia tetap di racing line sepertinya tidak akan ikut jatuh, tapi dia malah memilih melebar dan akhirnya nabrak motornya jorge.
Ga ada konspirasi ah, gw liat langsung, kalo liat langsung disitu jorge keliatan banget mau late brake, liat depannya kosong di sisi dalem doi sdikit maksa dan crash..
Gw malah lebih suka komennya VR sm Dovi, semua di lihat dr sisi lebih luas.. mungkin mereka udh punya kekhawatiran hal sprti ini terjadi, dan akhirnya mereka lah yg jd “korban”.
Mnurut gw ini kesalahan biasa yg sayangnya banyak bawa korban
Dari pada menyalahkan lorenzo rossi lebih mengkritik tikungan 10 yg aneh
yup, wise rossi
wedhus kowe..hahaha
Lha ini, ada yg komen jatohnya mirip Marc di Austin, cuma bejonya Marc didepan sendirian. Ini paduka rombongan.
lah sampeyan itu py, khn lagi main kejar-kerjaran sama markes, markes jadi pencurinya makanya pada diuber
ada yg ngomongin poin championship pdhal pmblap yg benar2 bertarung d championship aja tanggapanny tak berlebihan… lah vinales yg d championship hanya bertarung dengan nakagami kok tanggapanny berlebihan banget ya.
apa krna sblm2ny dia dlm keadaan strugle/barisan tengah lalu d tabrak murid rossi sehingga dia malu, msak bisa sampe di dekati pmbalap satelit bau kencur
haduh, komenku jg sering gak.tampil nih. jd ngrasa useless gt. wait mungkin perlu ikutan playing victim biar lolos modetrashi. wwjkk
dari keempatnya sudah cukup menggambarkan ini murni race accident, dan ini mungkin gambaran jarak point yg terjadi ketika austin marc tidak jatuh ya…
di liat dari race pace marc, apa memang dia layak juara wak di catalunya ini (andai…) ?
untuk kejuaraan masih panjang, kita ga tau apa yg terjadi dengan marc kedepan, atw bisa saja besok vinales yg juara di assen, atw malah dovi bertaung dengan lorenzo untuk podium 1?…masih banyak cerita gaes, simpan energimu! hehe
joss..lanjutken.. 🙂
penemu istilah crash karambol pertama kali itu siapa ya dulu ??
pak sumarto pegawai kecamatan kalasan ??
ubin toilet spbu itu punya warna khas loh. hehe..
gimana.. apa taun depan lorenzo mau ke suzuki ??
Yg salah ya dovi, rosi, dan vinales…
Setelah jatuh kenapa gak balapan lg
Bukan. Dovi rossi dan vinales salah karena menghalangi jalur ndlosornya Lorenzo, wkwkwkwk
Ojo nyalahke mm93 dapat keuntungan.. klo marc pokoke gaspol.. rival gak jatuh pun… mm93 pasti juara.. ngapain d kaitkan..wong dia puncak championsiip..
cara lorenzo minta maaf ke markes karena insiden sebelum nya… ga tanggung2, 3 pembalap dihajar
sebenarnya yang sampean pada ributkan itu masalah apa to ?? hehe..
Guspur ama jombloati masih suka mampir kesini gak ya?
Masih, saya masih sering ketemu dan ngobrol terutama guspur snif snif snif .. kamu mau no wa nya ? 🙂
Ane gak sedekat itu sama mereka
Cuma pernah tukar pikiran saja sama jombloati
Kangen sih sama candaan mereka
Pengen nya sih tmc ngadain kopdar sesama komentator
Tp gak berani usul, lha wong ane juga susah kalo ikut ngumpul di p.jawa
Mana ada yang berani?! Paling 3-6 orang doang yg muncul. .
Jangan kopdar kang, avatar pake foto asli aja deh.. ngah ngah ngah [Ketawa sales]
Wkwkwk…
Siapa ya yg suka ketawa kaya gitu
Lupa ane
Caranya ganti avatar gmn si om Nug?
aksi crash terbaik dan menghibur dari motogp. hehe..
https://www.youtube.com/watch?v=moAfIYmV4E4
etdah steward woy.. wkwkwk
puk puk puk
Rajin amir om Nug ladenin Jimboot
?
Kata c pemungut Emas…
” Emasnya buat neng Lucia Rivera… ? “
Benci sama marah boleh, tapi coba berfikir jernih. Kalau memang Dofy (doflamingo) kaga keluar/ melebar dari racing line, bukan cuma dofy yg mencak-mencak tapi Gigi juga ikutan protes keras. Nyatanya, dofy kalem, Gigi kalem mungkin itu sebuah signal buat kita definisikan bahwa mereka merasa berada pada jalur yg salah makanya mereka ngga ngotot
Coba yg ketubruk jolor tu Marquez bukan Dovi.. gw yakin neng vina ga bakal komentar yg mendukung ngejar Championship..ngetek aja bisanya kaya fby
Jomblo ati, guspur itu dicap FBH, garis netral itu yahonsukawaja, FBY itu jaos Nobita, CHM. Peyek & qwerty mah netral kagak jelas.
wedan masih inget yahonsukawaja
Yahonsukawaja pernah komen di beberapa artikel terakhir kok
Nobita mulai mundur teratur sejak ditagih janji ngisep asap knalpot yamaha alfa, doi kalah tarohan ‘penjualan yamaha bakal menyentuh angka 20an persen.
Tkp di warung goldmachine.
Komen anda penuh fitnah segeralah bertobat dari hasad sebelum murka tuhan menghampiri anda dan junjungan anda
ih pada ribut ya … biarin aja broww .. nikmati aja motogp kmarin duel qua-petrux-rins … mm biasanya nunggu (point) dovi kok besok di sisa race yg masih cukup banyak (biasanya lho ya) … mm ngacir/turing sendiri mnurut saya bukan tipikal mm yg kmarin-2 eh ga tau juga deh kalo doi dah berubah ..xixixi
Kebencian anda akan dilihat banyak orang dan bahkan oleh anak cucu anda selagi komen anda tidak dihapus. Salah apakah orang yang anda benci kepada anda. Luapkanlah amarahmu kepada gelas. Wķwkwkwkw
Waduh, gak sempet ikut tawuran gara gara sibuk ?, padahal seru kayaknya
Semangat @mentega, aku di pihakmu ???
Yg pnting mau mngaku salah n brbesar hati dtang k paddock korbanny utk mnta maaf n ga ada yg cidera. Pelajarn brharga utk JeLo. MM bruntung bebas dr krambol,kjadian kyk gni yg paling dtakutn saat dia brgerombol sruduk2an,bs hbis dia jd bulan2n bullyan para haters??
Cub70 hadir… Dulu sering musuhan ama jaos dan thole, wkwkwk
Mas taufik,, kapan2 bikin artikel buat ngundang makhluk2 lama ninja250rrdotordpressdotcom alias warung ijo… Kayaknya seru…
para fans boy koar2 pembalapnya dirugikan, apa kalian tidak sadar bahwa kejadian kemarin itu yang paling dirugikan adalah “pecinta motogp” sudah menanti-nanti pertarungan sengit 12 vs 93. Timesheet dr FP sampe QTT ketat banget, Berharap bisa nonton pertarungan sampai finish….ehhh baru juga dimulai udah sepi gara2 4 pembalap crash.