Home MotoGP Paolo Ciabatti: Puig Salah Interpretasi

Paolo Ciabatti: Puig Salah Interpretasi

126

TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui bersama, Alberto Puig melakukan counter attack ke Paolo Ciabatti yang sempat menghadirkan statement bahwa “Honda telah mendesain motor untuk Marquez, namun dibalik itu selalu berakhir menjadi sebuah Yamaha atau sebuah Ducati, jadi adalah Marquez lah yang harus kami lawan.”  Puig yang saat itu merespon dengan catatan bahwa dalam sejarah Honda menang dengan banyak pembalap di masa masa lalu selain Marc. Dan respon Alberto Puig ini pun didengar oleh Sporting Director Ducati Corse, Paolo Diabatti yang kepada Motorsport menganggap bahwa respon dari Team Manager Repsol Honda tersebut Salah Interpretasi.

Yap, Mmenurut Paolo Ciabatti, Alberto Puig telah salah mengunyah-ngunyah apa yang telah ia ucapkan. ” Puig telah salah menginterpretasi statement saya dengan keinginan membuat kontroversi. Dengan cara ini Ducati dapat diserang dengan mudah. Saya hanya menghadirkan fakta sederhana yang relevan dengan akumulasi kemenangan Marc (Marquez) dan titel yang diperoleh Honda semenjak debutnya di MotoGP tahun 2013. Dengan segala hormat Saya kepada Honda, angka-angka ini akan sangat berbeda tanpa Marquez walaupun (Honda) memiliki pembalap bagus seperti Dani Pedrosa dan Cal Crutchlow, dalam kasus ini semenjak 2015.”

year Class Race Win Pod Pole fastlaps Points
2013 MotoGP 18 6 16 9 11 334
2014 MotoGP 18 13 14 13 12 362
2015 MotoGP 18 5 9 8 7 242
2016 MotoGP 18 5 12 7 4 298
2017 MotoGP 18 6 12 8 3 298
2018 MotoGP 18 9 14 7 7 321
2019 MotoGP 9 5 8 5 6 185
117 49 85 57 50

 

Secara umum memang sudut pandang Paolo Ciabatti mungkin ada benarnya, TMCBlog bilang mungkin karena ini matranya adalah menilai sesuatu yang belum pasti hehe. Namun memang faktanya dari 117 seri race semenjak debut Marc Marquez di MotoGP sampai dengan seri Sachsenring 2019 pembalap ini menang sebanyak 49 kali dan meraih podium 85 kali. Yang dimaksud Ciabatti adalah ia membicarakan raihan Honda dalam rentang waktu 2013-2019 ini saja . .

Taufik of BUitenZorg

126 COMMENTS

  1. Selow Bro, Selow. Yuk kita ngopi…..
    *setelah terbukti mengeluarkan pernyataan yg ambigu

    Mungkin karena saking dekatnya Ferrari dan Ducati, sampe pola manajemen timnya di gelaran dunia pun sama.

  2. Ciabatti ini terlalu banyak omong ya,terakhir soal lorenzo,,sampe daligna kesel karena lorenzo malah dibuang…pdhl cm dy yg bisa lawan marquez di ducati.
    Drpd sibuk komentarin pabrikan laen,mending urusin tuh ducatinya yg bener…ga di MotoGP or WSBK
    Cm bisa dikamplengin pabrikan jepang…ngakaka

  3. Tapi cuma satelit hodna yg bisa juara 1 beberapa kali,gak cuma masuk podium aja
    Bahkan motor yg rider friendly kayak M1 atau motor sempurna kayak Desmo masih belum bs nganterin para satelitnya ke puncak podium

    • Sejak 2013 yg menang pake rcv:mm93,dp26,,miler,cc35
      Gp:dovi,petrux,ianone,lorenzo
      M1:rosi,lorenzo,vinales
      Suzuki:rins

      • Rcv dan gp series sama” bisa bawa 4 pembalap juara seri,tapi bedanya yg juara seri pake gp keempatnya membela team factory,sedang rcv 2 pembalap team factory,1 lcr,1 marc vds,jadi walaupun dari thn 2013 tetap unggul rcv dibanding gp series

  4. Banyak bacot, mending rayu Livio suppo buat balik ke Ducati,dibanding sekarang petinggi nya yg kebanyakan koar koar di media

  5. tp dari statement” orang ducati rata rata lagi muji marc. hmmm ada udang di balik bakwan kah? jadi lapar.

    • Bisa jadi. Tapi kl cuma ngomong di media, mending langsung rekrut AM73 buat naik GP20. Kemungkinan besar MM93 pasti ngikut…..

    • Marc93 jadi rebutan…
      Tapi bukan sekedar honda saja yg memiliki marc93 namun juga repsol..
      Dan honda masih punya peluang besar dalam mempertahankan marc93.. Karena repsol dan honda sudah ibarat amplop dan perangko..

      Jika ingin mendapatkan marc93 maka rebutlah dari honda dan juga repsol..

      Mampukah ducati untuk bajak marc93 dgn dari honda dan repsol..??

      To be continue. .

      • dalam masa sulit pun repsol sama hodna. sama kaya T7 sama yamama. alesan ga ganti sponsor T7 bilang karena dalam hal kerja sama itu lebih enak sama yang sudah kenal kasar nya . salah satu team yang ga kesulitan sponsor ya hodna. kalo pun repsol cabut kaya nya ga sulit untuk reptor dapet sponsor baru. (redbull mengintai) CMIIW

  6. Jadi Ducati iri nih sama hodna yg dapat berlian yg udah di asah sama Repsol dr kecil?

    Makanya bikin perjenjangan yg jelas bambang!?!?!?!? Mau sampe kapan ngandalin Dove

  7. Hmm.. Lucu yah
    Dulu MotoGP panas karena para pembalapnya yang jujur jujur mengatakan ketidaksukaan mereka pada rider lain.

    Sekarang malah Para atasannya yang mengatakan ketidaksukaan pada pabrikan lain dengan argumen sendiri.. Wkwkwk

    Great rivalries sekarang sudah berubah polanya

      • Betull… Justru saya kangen era dimana pembalap saling membenci dan ada “awkward” Momentnya ketika di Podium berbarengan ?.. Hehehe
        Gk seperti sekarang yang pada munafik (menurut bang Schwartz)

  8. Menurut saya mungkin anggapan team Ducati merekalah yg paling pantas dan layak atas gelar Jurdun beberapa tahun belakangan krn merasa lebih unggul dibandingkan team Honda, namun krn adanya Marquezlh yg lebih konsisten dibanding rider Honda lainnya berhasil membuat kekurangan team Honda tertutupi.

    • Masuk jg opini ini (y)
      Ibarat kata klo motor D sama H udah selevel (ato bahkan level D sdh di atas H) tinggal faktor pembalapna yg nentuin siapa pemenangnya. Dan disitu hadirlah MM93.
      Baperlah si D. .

      • Iya bner, kayakny Duc baper banget gagal jurdun 2017, 2018 yg notabene katanya memiliki motor terbaik saat itu tp dikalahin seorang rider dr team lain yg levelny dianggap dibawahnya. Dan juga mgkn baper krn Lorenzo dibaiat oleh HRC disaat mulai kompetitif dgn Desmo.

    • Sy juga sependapat dengan anda ghani,,, eh taiyo… Honda hebat tapi peran mm untuk saat ini sangat signifikan terutama mental dia…

      • saya setuju, motor mana yg bisa juara tanpa seorang pembalap?! dan pembalap mana yg bisa juara tanpa sebongkah motor?!

    • bisa diliat pada kemampuan motor massalnya kayak gmana. klo motor itu yg stabil dipakai kebanyakan orang. pendapat saya. D,H wajar mtrnya sma v4 yg ssh belok trus krn mrasa hy MM yg ganjel jurdun ducati maka duc blg tanpa MM H bkl kyk DP,CC,JL.

  9. Poinnya Duc mengakui MM adalah rider hebat, Duc merasa lebih pantas Jurdun beberapa tahun belakangan kalo tk ada MM yg konsisten di Hon krn merasa lebih unggul, yg paling gk enaknya adalah Duc meremehkan kekuatan Hon.

    • kalahkan kami di sirkuit
      setelah kalah beneran malah lebih banyak cuap2 di media, padahal musim baru separuh jalan hehehehehe

  10. sebenarnya ini pancingan pihak sana agar HRC dan marquest nanti saling claim siapa yang paling berpengaruh atas kemenangan ini, dan yang menikmati bola salju ini yang mengeluarkan statment ini pertama kali. ada kemungkinan pihak sana ingin juga mengunakan jasa marq.

    • Di sinilah bagusnya Puig sebagai Team Principal. Dari pada ntar malah ganggu harmonisasi team, y udah dia yang reaktif dan hadapi sendiri. Kl pun ntar ada omongan ato komentar, y larinya cuma k Alberto Puig, bukan k yang lain. Jarvis need to learn from him………a lot

      • youppp semoga tidak ada balesan comment dari pihak honda kembali, karena sudah cukup jelas dan pedes komentar alberto puig yang kemaren… jadi bola salju ini menjadi cair sendiri tampa mengelinding lebih besar

  11. Komennya ciabatti gk salah..

    Realitanya Honda bener2 bisa mendominasi bertaun2 sebelum era markes ya era nya rossi yg trakhir taun 2003.. Berarti honda libur tuh mendominasi selama kurleb sepuluh taun.. Selama 10 taun cuma bisa juara dunia 2x yaitu 2006 n 2011, juara iya tapi gk bisa mendominasi seperti sekarang, jaman rossi n jaman doohan..

    Jadi jangan2 emang bener Marquez nya aja yg jago sama seperti era 2000-2003 Yang jago Rossi nya atau 94-98 yang jago Doohan-nya…

    Yang fanatik ngahaem ya pasti ngebul komen begini

    • yaudah eike setuju deh,bahwasannya sejak era motogp pabrikan yg pernah juara dunia itu karena kehebatan para ridernya.motor mah sama aja.ibarat kata mah gk prlu ada riset sana sini,pengembangan kagak perlu yg penting punya pembalap hebat.

      iam agree with you

    • itu semua boleh dibilang, kombinasi terbaik tim+motor+pembalap, jgn lupa klo kata om mateo yg terakhir adalah keberuntungan

    • Sudaah bising semua..
      Akhirnya semua akan berujung pada balapan speda motor bertenaga Baterai..

      Ngiiiiiiinggggggg uweng …

      Gak ada bagus bagusnya?

    • Hmm.. Jadi keingetan tahun 2004 dimana waktu itu Max Biaggi ke Repsol Honda dan Rossi ke Yamaha..
      Awalnya digadang gadang Biaggi diklaim bisa lebih unggul bawa Honda..
      Tapi justru Rossi bisa menarik perhatian karena bisa bawa yamaha jadi juara buat pertama kalinya di Phakisa circuit..

      Hmm… Jadinya betul balik lagi dengan kombinasi pembalap dan tim (motornya) ..
      Kalau pembalap bagus tapi motor enggak ya memble.. Juga sebaliknya jiga begitu.. ?‍♂

  12. kalau dilihat secara strategi, sebetulnya lumayan jelas bahwa statement ciabatti memang mau menempatkan honda di posisi yang tidak nyaman dengan menganggap bahwa kemenangan honda semata-mata HANYA karena seorang marquez; di saat yang sama juga menempatkan marquez di atas angin sebagai pebalap yang berhasil juara bahkan dengan motor yang bukan paket motor terbaik di grid.

    sudah benar sebetulnya bagaimana puig memberikan respon kepada statement ciabatti, to the deepest point.

    kekurangan honda memang belum bisa membuat motor yang rider-friendly tapi JELAS bisa mengantar rider nya mendominasi 5 kejuaraan dunia di 6 musim terakhir.

    kelebihan ducati jelas terlihat dari power, akselerasi, dan top speed yang belum terlampaui pabrikan lain tapi JELAS belum mengantar siapapun juara dunia di 6 musim terakhir*

    *menggunakan logika waktu ciabatti sendiri

  13. Duc bikin pernyataan kontroversial “mengagungkan” Markez-mengecilkan Hondut-untuk membangkitkan rasa “siapa paling berjasa”. Duc belajar dari kasus Rosidin, pembalap hebat pasti punya kecenderungan egois. Duc yakin kalau Markez – meskipun di media terlihat rendah hati – juga punya keinginan diakui kalau dialah orang yang paling berhasil membawa Hondut juara. Tinggal dilihat apakah cara Duc seperti ini berhasil memercikkan api perpecahan di garasi Hondut?

    Kalau manajer MM93 ternyata ikut terbawa taktik devide-et-impera Duc, bisa jadi ia akan mempengaruhi MM93 supaya memberontak ke Hondut.

    • Sayang, managernya marquez ya itu, bapaknya marquez..wkwk ga semudah itu ferguso.. apalagi selama ini ga pernah ada statemen dri marq/honda yg saling salah menyalahlan.. mereka adem ayem.. mereka juga mesti belajar dari kasus rossi.

    • Tapi ane rasa salah waktunya,harusnya perang bibir ini (?) lebih tepat di saat 2015-2017 dimana Hunda saat itu lagi keteteran banget dan Marquez diuji kesabarannya mulai dgn sering crash,power masih loyo waktu ganti ke big bang,engine blow di Inggris

      Kalo sekarang disaat rcv klop banget dgn gaya Marquez,kayaknya cuma dianggap angin lalu

    • saya yakin MM bakal jg mikir tanpa saya liat tuh pembalap lainnya. dan dia bakal minta gaji super tinggi… klo gak sy mau pindah saja. Duc pintar kyk rayu Rossi dlu kale ya. padahal klo rossi msh diyamaha bs jurdun 10x.

    • Lalu Marquez keluar dari Honda tapi pindahnya ke Suzuki bukan ke Ducati, lucu sih kalo beneran kejadian, wkwkwkwkwk ??

  14. Tanpa unified ecu+software, tanpa single tires supplier, tanpa kebebasan mengolah aero device, just nothing, gak usah marc yg turun cukup calcrut aja bisa kalah telak.. orang songong dan besar kepala, juga banyak cakap nanti kalah dan malu sendiri

  15. Seandainya…
    Jika…
    Kalau…
    Koq jadi mirip2 yah..
    Faktanya marc juara diatas rcv
    Udah itu aja
    Jd menurut ane kesalahan ciabatti kebanyakan menghayal
    Terima fakta n berusaha lebih rebut gelar

  16. Mesti ada intrik dan sandiwara…
    Biar motogp makin rame bro..
    biar diluar trek motogp tetep ada entertainmentnya..
    kaya sinetron.. biar motogp makin seru diluar trek..
    kl dibikin sampe sesi kesekian, motogp jadi hot nyuss.. media jadi rame..
    kl udah rame ya sponsor senyum..
    kl sponsor udah senyum.. bisnis makin moncer..

  17. Buset deh sekelas Paolo Ciabatti hrs ngorek2 keberhasilan Honda yg menurutnya hanya krn kehebatan Marquez tok, gk salah komen seperti itu ??? Saya melihatnya lebih dari seseorang yang iri atas keberhasilan orang lain. Geleng2 kepala saya. Kalau team & pembalap Ducati gk bsa jadi juara dunia seperti yg mereka harapkan jgn salahkan Honda & pembalapnya. Jangan cari kambing hitam, kl mau lakukan seperti apa yg sdh dilakukan Honda, kl masih gagal berarti ada yang
    kurang & salah dgn team Ducati … Jgn cari kambing hitam, apa gak malu melontarkan pernyataan seperti itu .. Bener2 stupid

  18. Memang sih semenjak 2013-2019 ducati menjadi motor yang kuenceng, tapi dengan bantuan regulasi dorna. Jadi jangan songong duc!

  19. Kynya cuma empat kali, MasBro, itupun g berturut-turut. Lha, Rossi sejak terakhir juara dunia udah berapa kali dipermalukan mantan timnya??????

    • jilat menjilat…ketek asem ketek harum..gak peduli sesepat apa itu ketek yang penting ada argumen….

  20. yang ngeri itu Yamaha, udah 14 tahun kakek legend dikontrak Yamaha, ternyata cuma bisa memberi 4 gelar jurdun
    rugi ngasi gaji gede
    untung pula ketolong ama Lorenzo
    Honda sepeninggal kakek legend, sebelum era Marc, masih bisa jurdun 2x lho

    • Nah ini, ane setuju, kalo memang faktor oci, hrusny bisa donk balik lg era emasny doi d yamaha spt 2004 sepeninggal lorenzo, tapi…

    • biasanya sih, klo lama ga jurdun2 juga atau keseringan kalah, pembalapnya akan sadar sendiri dan memilih pensiun,
      atau dimutasi / dibarter ke tim lain / langsung diputus kontrak ama tim

      tapi di”sini”, tim nya yg minta maaf ke pembalap

      unik….

  21. bahas HONDA yg bagus itu “pembalapnya”!, giliran bahas DUCATI, YAMAHA dan SUZUKI yg bagus itu motornya! asal bukan HONDA aja lah pokonya!
    hahahahahaha…

    • 2 musim belakang di pemberiataan begitu hedon team merah memiliki motor terbaik di lintasan! tidak ada tandinganya..! mereka bgitu bungah percaya diri dengan sanjungan di semua media online maupun komentar masyarakat dunia…ditambah ulasan pembalap mereka begitu cerdas di tikungan terakir, tapi itu manusiawi! tapi di belahan dunia lain, team dengan sejarah panjang di kejuaraan dunia, sampe punya hall khusus memajang motor2 yg meraih trophi juara dunia di kumpulin saking banyaknya! mungkin separuh sejarah kejuaraan dunia ada di hall itu, tapi mereka tetap dengan gayanya yg seakan2 mereka selalu dalam kondisi sulit dan tertekan menggapai juara dunia! sejarah berulang, tapi sang pabrikan tidak mengulangi kesalahan terdahulu!!!

      • @mulyadi
        “…tapi mereka tetap dengan gayanya yg seakan2 mereka selalu dalam kondisi sulit dan tertekan menggapai juara dunia!…”

        salut untuk spirit racing pabrikan ini, inovasi muncul ketika mengambil jalan yang sulit…
        spirit yang sama ketika sang founding father tetap bertahan dengan 4 stroke dan membangun rc 166…

      • @ramuro_ry
        selama masa sulit (ketika di tinggal sang living legend) HRC tetap diam dan terus pada jalur mereka di racing!( mesin dan pembalap) segala upaya dilakukan pun sendiri, tidak dengan “nyenggol” pabrikan atw team lain! dan selalu punya pembalap2 junior yg terbukti bisa juara dengan motor mereka! Pedrosa, Hayden, Stoner, Dovi hingga Marquez.

  22. Udah lelah riset bikin winglet salad box cover ban spoiler ban belakang gak sanggup jurdun akhirnya ngomel ngomel ke hond@ ?

  23. title juara dunia 69. dari bukan siapa siapa dan tidak di perhitungkan dy jadi juara dunia. hmmmm

  24. katanya sih legend
    koq cuma bisa 4x jurdun pake motor yg sama selama 14 tahun, padahal udah dikasi motor yg paling “nurut”.
    10 tahun pula kgk pernah menang dikandang sendiri

    kayak gitu dibilang ngeri ??

  25. Sekaliber sporting director juga bicara soal seandainya, jika, bilamana, jika dan hanya jika juga yak ternyata. Gapapalah wkwkwk

  26. Rosi ngalahin hrc 4 kali,2004,2005,2008,2009
    Hrc ngalahin rosi 7 kali,bahkan lebih dekat 8 kali sama 2019
    Jadi skor sementara hrc 7-4 rosi

  27. saya pribadi bukan fans marq tapi yg perlu jadi catatan adalah ketika marq juara 2013 lalu secara teknis motor itu “motor” pedrosa ya kan? marq kan baru masuk otomatis belum “punya” motor dong ya?.. tapi dia bisa juara pakai motor yg pedrosa sentris, nah klo kemudian dia bisa mendapatkan motor yg bisa mengantarkan dia juara lebih mudah sah sah aja dong..

    hanya saja memang klo kemudia hanya marq yg bisa bawa itu motor lain cerita memang, krna yamaha bikin motor M1 bukan cuma rossi yg bisa juara dan bukan cuma rossi yg mengatakan itu motor enak..
    mgkn itu kali yg harus dipertimbangkan honda

    • krna yamaha bikin motor M1 bukan cuma rossi yg bisa juara dan bukan cuma rossi yg mengatakan itu motor enak..

      tergantung tahun x ya, kalo liat vinales ma rossi 2017dan 2018, ane sangsi dengan kata kata itu.

      • ??????.

        tapi artiannya ketika motor itu lg terlepas dri kondisinya skrg pada masa dia lg hot hotnya juara dulu ada org lain jga yg bisa juara pakai motor itu gan.. dan ketika ada org yg kesusahan dgn motor itu ada org lain jga yg kesusahan jadi imbang gtu..

        tapi marq memang harus diakui dia hebat sih dia anti mainstream dia g baku harus begini harus begitu dgn balapan dia explore semuanya saya rasa itu jg faktor penentu kemenangan

  28. Nah loh…
    Standar ganda itu di satu sisi bilang marc bisa juara krn rcv dibuat khusus untuk dia n marc bukan legend selama cuma juara di honda, disisi lain bilang honda gak bakal juara kalo bukan karena marc

  29. Palo cibi terlalu berpolitis. Terlepas raihan juara berapa kali marques di honda, rasanya sama seperti yg ada di ducati. Dalam 10 tahun terakhir, berapa banyak pembalap ducati yg juara seri…? Dan berapa juga banyak pembalap ducati yag naek podium…?
    Tentunya tidak akan berbeda jauh antar 3 pabrikan besar (yamaha, honda, ducati).
    Sebenarnya pernyataan palo ini untuk menyentil honda bukan apa2 tanpa marquest.
    Tapi bukankan selalu begitu, ada 1 orang yg dominan dalam beberapa thn, kemudian muncul lagi talenta baru dengan skill baru. Dan honda selalu bisa menjawab tantangan.
    Terlepas cepat atau lambat ada yg langsung ada pula yg berjeda. Mungkin juga dalam kasus vaalentino pula. Saat itu siapa yg tidak mengakui talenta valentino…?
    Hanya orang dungu yg mengabaikan hal itu.

    Mungkin mister palo perlu merenung, bukan membuat polemik, rasanya perang urat syaraf anda kembali seperti bumerang. Menyerang mr palo sendiri…..

  30. Palo cibi terlalu berpolitis. Terlepas raihan juara berapa kali marques di honda, rasanya sama seperti yg ada di ducati. Dalam 10 tahun terakhir, berapa banyak pembalap ducati yg juara seri…? Dan berapa juga banyak pembalap ducati yag naek podium…?
    Tentunya tidak akan berbeda jauh antar 3 pabrikan besar (yamaha, honda, ducati).
    Sebenarnya pernyataan palo ini untuk menyentil honda bukan apa2 tanpa marquest.
    Tapi bukankan selalu begitu, ada 1 orang yg dominan dalam beberapa thn, kemudian muncul lagi talenta baru dengan skill baru. Dan honda selalu bisa menjawab tantangan.
    Terlepas cepat atau lambat ada yg langsung ada pula yg berjeda. Mungkin juga dalam kasus vaalentino pula. Saat itu siapa yg tidak mengakui talenta valentino…?
    Hanya orang dungu yg mengabaikan hal itu.

    Mungkin mister palo perlu merenung, bukan membuat polemik, rasanya perang urat syaraf anda kembali seperti bumerang. Menyerang mr palo sendiri…..

    Mari berfikir secara jernih….
    Ini ajang kompetisi, bukan ajang poitik…

  31. Itu hanya permainan kata” wak yg pasti ciabatti ingin bermain lewat kosakata meruntuhkan mental team hrc demi menggaet seorg marquez tp jika puig lihai dn pintar sudah di pastikan semua itu hnya angan” ducati, ciabatti sprti’a memulai perang retorika atau urat saraf namun yg psti smw kembali ke strategi hrc bagaimana mengaman si anak emas ini supaya tdk terjdi sprti jaman rossi

      • S1l1t season nya menarik spt nya. Atau bakal Kaya tahun Lalu. Marc langsung bilang pengen tetep di hodna

    • Sangat menarik utk di raih pabrikan manapun wak aji ??? terlepas dari semua itu sprtinya HRC tdk akn membiarkan si kesayangan berlabuh ke tempat lain tentu’a dgn iming” gajih lebih dn pstinya lampaui rekor rossi akn jd prioritas utama habis itu mgkin marquez akn pindah klau bisa ke suzuki?

    • ya mau gimana
      segala accessories dan fitur udah ditambahkan ke Desmo
      tapi tetep aja sering kalah
      akhirnya mereka sadar
      ada 1 “elemen” yg mereka masih kurang: alien rider yg cepat beradaptasi dlm berbagai kondisi.

      tapi seperti kata bung Taufik, memang akan menarik bila Marc make Desmo yg kenceng, stabil, tapi kaku (tidak boleh mereng extreme),
      akan seperti apa dia berkendara & beradaptasi, akankah seperti Stoner atau Lorenzo, atau dia bisa nemu cara lain, atau malah ikut struggle ???

    • Marc di GP21 kurang menarik! itu motor cuma butuh sentuhan sedikit di tangan marc wak, kalo yg sering di koar2 Marc berani terima tantangan ya harus pegang KTM atw Aprilia! marc kalo ke Ducati atw yamaha itu hanya jadi ego baprikan aja!

  32. Honda berkata andaikata Marc mau pindah : “udh Marc, jangan pindah team. Kita akan memberikan apapun untukmu supaya kamu bisa membuat sejarah baru dan melampaui kesuksesan orang tua itu”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version