TMCBLOG.com – Sungguh menarik mendengar komentar dari Alberto Puig yang videonya di publish oleh MotoGP.com. Dalam komentarnya itu Alberto tidak menyembunyikan keadaan bahwa Honda sedang bermasalah “Yang anda katakan adalah benar, jika ia tidak bisa turun di GP berikutnya akan sulit atau dalam kata lain ‘rumit’. Tapi sejujurnya, siapapun yang . . . Misalnya kami tidak bisa melakukannya (hadir race). Saya berfikir bahwa orang-orang yang sedang memimpin (championship) tidak dapat benar-benar bangga atau senang (saat) memenangkan gelar (juara dunia) tanpa (partisipasi) pembalap terbaik di dunia.”
“Kejuaraan ini tidak akan sama jika Marc tidak ikut balapan dan saya pikir semua orang tahu itu.” Begitu kata Alberto Puig. Oke paparan di atas terlepas dari akurat atau tidaknya TMCBlog melakukan translate secara bebas adalah fakta yang mau TMCBlog share ke sobat-sobat sekalian tanpa mau TMCBlog tambah atau kurangi. Dan sekarang saatnya untuk berkomentar dan beropini akan hal di atas hehehe. Menurut TMCBlog, terlepas apakah apa yang dikatakan itu benar atau nggak, soal ‘opini pembalap terbaik’, boleh lah, namanya juga opini. Namun sampai nyenggol pembalap lain? Perkataan tersebut selain bernada meng-inferiorkan pembalap lain, namun menurut opini TMCBlog juga berpotensi meng-iritasi legitimasi kejuaraan ini.
Bisa jadi memang adalah tugas dari Mr. Alberto untuk mengatakan hal seperti itu . . TMCBlog nggak tahu job des sebenarnya. Kita tahu Alberto aktif banget merespon beberapa komentar-komentar pedas kompetitor terhadap Honda. Namun itu baru sebatas dua arah saja. Kali ini? Ruang lingkupnya luas banget, ‘semua kena cubit’ begitulah kira-kira.
Jika hal tersebut di katakan oleh komentator atau jurnalis bisa jadi itu akan menjadi sebuah opini belaka yang jika di adu debat paling-paling hanya akan se-hangat apa yang sedang di perdebatkan antara Simon Craffar dan Paolo Scalera saat ini. Namun dengan jabatan yang diemban oleh Alberto sekarang sebagai team manager dan bahkan menjadi ‘bagian’ dari Dorna (talent scout and talent promotion director Dorna – [mohon tmcblog diupdate posisinya saat ini] )? Sepertinya agak membingungkan jika ada yang meng-iritasi kejuaraan yang dipromotori tempat seseorang bernaung di dalamnya. imho
Terlepas dari jabatan-jabatan itu, menurut TMCBlog, biarlah semua hasil kejuaraan ditentukan apa yang terjadi di lintasan. Apa yang terjadi di sini maksudnya adalah siapa yang menang-kalah dan termasuk semua kejadian di dalamnya baik itu teknis maupun non-teknis, jangan dibumbui oleh hal-hal berbau premis ‘bani andai andai’ seperti ini. Toh TMCBlog yakin Marc sendiri punya mentalitas seperti “Ayo buktikan di track!”. Semua hasil akhir kejuaraan adalah kombinasi dari semua yang terjadi dalam satu musim. Ya kondisi dunia, performa mesin, performa pembalap, kekuatan team, dan tentunya hal-hal yang tak terduga lainnya yang bisa terjadi seperti salah satunya adalah cidera.
Lagi pula apa mau dikatakan titel juara dunia mendiang Nicky Hayden di 2006 sebagai raihan yang ‘tidak dapat dibanggakan’ dan menyenangkan karena motor Yamaha M1 yang dipakai oleh pembalap terbaik dunia kala itu – Valentino Rossi sedang dalam fase yang tidak bagus karena didera chatter tak berkesudahan plus beberapa kali sang pembalap dunia terbaik kala itu crash karenanya. Nggak mau begitukan?
Lagian di Tower Thropy MotoGP hanya ada tulisan nama pembalap dan tahun. Nggak ada tuh opsi tulisan ‘if’ di sana . . .
Taufik of BuitenZorg | @tmcblog
Puig Puig, kesian Banget ?
Masuk dalam bani andai ternyatahh…
Sama kek fans nya dimarih… ?
Juara tetaplah juara..
Bukan gelar people champion..
Kapan lagi, peluang sangat besar (80%) didepan mata..
Walau musim singkat dengan pebalap dominan tahun lalu (Marq, Dovi, Rins) tidak ikut serta dengan maksimal karena cedera patah..
Seperti yg di bilang wak haji waktu kualifikasi.
Jika quartararo berhasil membuat tekanan buat marc, maka ada peluang marc over limit, over limit dekat dengan kesalahan. Dan quartaro berhasil membuat marc dalam tekanan sampai akhirnya marc crash.
Jadi kemenangan quartararo tetap sangat membanggakan.
FBH FBM ngumpet dulu..heee
gelar mark yg 8 ksli itu ga berharga krn tukang mancing g ikut naik desmo, simoncelli ga ikut balap juga…
Setuju banget sama pendapat TMC, karena bisa dibilang jatuhnya MM93 ya karena kesalahannya yg terlalu push. Bahkan ‘andai’ yg dikeluarkan HRC ‘MM93’ bisa menang bila ga crash ya bullsh*t. Lah jatohnya aja artinya udah diluar limit (rider n motor). Dan dgn race yg sempit menurut saya legowo 3rd pos. paling logis. So, juara tanpa MM93 ya tetap juara. Karena MM93 sudah melemah dalam decision.
Iya memang itu maksudnyah.
Walopun memang benar Marc terbaik saat ini, blak-blakan silakan aja, tapi pernyataan ampe sejauh itu yg harusnya gak boleh terucap dari seorang pejabat Dorna. Kalo udah mulai mendiskreditkan pembalap selain Marc, udah cedera esensi dari kejuaraan. Gausah lah ada 20-an pembalap dalam satu race. Dibikin aja model sayembara : “sesiapa yg mau dapet tropi jurdun silakan duel dogfight lawan Marc!”
Ya toh….
Nah betul…
Semua pembalap punya resiko yg sama, pun punya target yg sama pula jadi juara dunia apapun itu kondisi yg mendukung usaha2nya jadi juara dunia spt yg disampaikan Wak Haji…
Semua ada masanya,mau juara bakal diganti juara baru. Dan kmrin race sudah dimulai..kecepatan fabio membuat mm overlimit sepanjang race sebelum jatuh. Itu blm cukup ya buktikan saat sudah bisa balapan lagi. Bbrp race musim lalu fabio dikapahkan last lap, andai motornya fabio lebih kencang dll. .. jni bani andai
Marc maksa… wide out..
Lanjut dari P18 (deadlast) ke P3,
sebelum crash.. wow…
Oua pakai andai andai segala.. Dibalikin lg seandainya thn kemaren m1 fabio agak kencengan dikit, ya si marcawet kesalip dan banyak jungkir baliknya tuh.. Dan seandainya vinales tdk ada problem pada m1 nya, ya si marcawt juga keok.. Dan seandainya rosi m1 nya ga masalah, ya si marcawet banyak kalah dan sewotnya.. Persis kaya fbh nya, pakai seandainya, pake nyinyir, pake teriak2 maling.. Silahkan para fbh berkoar2nya di warung sebelah, jgn disini.. Kondisi seperti ini juga fby biasa aja, sebaliknya kejadiannya menimpa fby, wuiiihhh fbh kaya setan nyinyirnya.. Jadi…. Marcawet mending pensiun dini aja, blagu kemaren balapannya.. Sebelum rosi pensiun..
pembalap terbaik sudah terluka saat bertarung. pasti ngertilah
Baru disebut pengendara hebat kalau dengan tunggangan yg berbeda juga…
Marquez dari thn jebot smpe skarang di honda ga brani pindah. Jamannya rossi udh brp kali pindah pabrikan. Lebih gilanya lagi rossi 41thn msh aktif balapan. Balapan ga pandang umur yg penting mental masih ada ga wkwk
Diakui atau tidak…
Balapan tanpa ada markes akan jadi garing karena sdh tdk akan ditemukan salip salipan yg menegangkan
aq setuju dengan anda
Ungkapan ini sama spt no rossi no party ya wkwkwkwkwk
Masih menarik sih tanpa mark jika iannone, miller, dan zarco dikasih pabrikan. Miller ducati, ianone Suzuki, zarco yamaha. Jasjesjos
Syarat dan kondisi Yamaha jurdun rahun 2020;
1. MM cidera
2. CC cidera
3. Rins cidera
4. Dovi tdak fit
5. Jumlah race minim.
6. M1 tidak parkir di pinggir trekkkk aka mogok.
Syarat2 di atas sudah terpenuhi di tahun ini. Keterlaluan jika zonk mahhh
Terus secara gak langsung ente mo bilang kalau kualitas rcv itu cm sampah yg ga bs d pake kecuali sm marc? Gtu kang om Stevapem?
Setiap pebalap akan ada masanya, bisa karena faktor umur maupun faktor kesehatan yg terjadi saat race maupun penyakit bawaan lahir.
Ente salah ambil kesimpulan..RCV motorhebat ditambah rider hebat..tapisemua tdak diakui sama fb akut broo
rcv itu motor hebat..buktinya mark ndlosor..alex juara ….ya step?
….
6. M1 tidak parkir di pinggir trekkkk aka mogok.
7. Sales e Honda sing gantiin MM.(Maklum isok mung bully)
yg trcatat dalam buku sejarah balap GP, adalah pembalap dan tahun siapapun dia yg mmenangkan kjuaraan, bukan gak ada sipulan, dan bukan karena cedera, dan bukan krna ini dan bukan krna itu, bgtulah mksud @TMCBLOG tdi
Prediksi sy tetap mm bagaimanapun juga konsistensi tetap penting
harusnya puig bilang begini
“HONDA TANPA MARQ MARQUEZ TIDAKLAH MEMBANGGAKAN DIMOTOGP”…saat ini faktanya begitu…
karena cuma marq doang yg bisa bawa tuh honda ke podium….
malah ngecilin pembalap lain
auto ditabok om preman….siapa tuh yg orang jepang gondrong, lupa lagi ah namanya
MM selalu menembus batas, resiko crash, jadi absurd… Saya rasa bgmn setiap race start posisi akhir saja kalau pingin dianggap wah… Mau…?..
Salah siapa punya kartu as 1 doang?
?
Kalo kejadian pait kayak gini nih, bubar dunia persilatan.
GWS deh mamakez, biar seru.
Traslate yg benar adalah : Menang Ora Kondang
Kalo sampe MM jurdun di Motogp 2020..bakal heroik banget!!
Hmm
statement yang selalu multi tafsir dan provokatif 🙂
Dia lagi menghibur diri, ga ada cal & marc honda mau menang bakal susah ?
Menurut saya benar yg dikatakan Puig, namun tidak perlu diumbar ke Public , cukup diinternal mereka.
Memang kemarin sepertinya ada yg kurang krn Marc tidak ikut adu duel dgn FAbio utk berebut juara…
FAbio memang pantas lah juara seandainya marc gak Jatuh krn jarak gap yg lumayan jauh..
Ada Marquez pun Quartararo dan Vinales tetep 1 & 2. Perkataan itu cuma pantas dikasih ke Dovi karena seinget gw pace Marquez memang ga bisa ngejar duo Yamaha. Puig cuma berusaha mendiskreditkan pencapaian pembalap lain aja. Dia lupa Marquez bisa juara dunia 2016 karena Lorenzo punya konflik internal, bisa juara dunia 2017 karena musuh utamanya sibuk adaptasi, dan bisa juara dunia 2018 karena Lorenzo punya konflik internal (lagi). Kalo cuma mau bilang pembalap X bisa menang tanpa kehadiran pembalap Y, ya itu jg berlaku buat Marquez, dia selama ini bisa menang kan karena ga ada lawan sepadan. Begitu liat Quartararo ngacir aja langsung tunggang langgang sampe crash hebat, kaya gitu dibilang pembalap terbaik? Cuihhh kalo gw bilang. Marquez memang terbaik secara jumlah kemenangan, tapi dibawah tekanan dia cupu. Terbukti di akhir 2019 sering crash sendiri cuma lawan pembalap bau kencur yg naik spek B, dan taun ini pun udah gemeteran liat Vinales mimpin berusaha ngejar lagi tapi overlimit sampe crash. Kalo memang Marquez terbaik, cuma lawan Vinales apalagi Quartararo dia ga bakal sebegitu tertekan sampe jatoh sendiri.
Gila lo bang, statement lo bkin ceker satu hati ama lo anjir, gua nunggu balesan mentegobs a.k.a ceker ayam mentega
Wkwkwk gw jg penasaran. Apa disaat gw ngeluarin statement gini dia bakal jatuh cinta ama gw? Xixixixi
Masih ada tg buta soal skill MM..pasti nih orang ke tusuk benda karatan utoknya..
Ngaku2 netral tapi nicknya valeban wkwkwk
Jgn bawa2 data lah, dan jgn di inget2, kan ada cacing tawuran…race Pace Marc ga bisa kejar duo Yamaha? Setelah race kemarin semua crew chef baru tau Honda selalu menyembunyikan kekuatannya!
Apakah seperti itu ya aslinya? Melihat reaksi santi dkk kok kyk optimis pas mark nyalib2. Mungkin benar lagi sembunyiin powernya
Di cacing tawurang juga keliatan kan biarpun beberapa lap Marquez cetak lap tercepqt tapi kenyataannya dia ga konsisten. Dan dgn kondisi laptime Quartararo yg konsisten sekalipun Marquez ikutan finish dia cuma kedua ato malah ketiga doang. Mana ada ban yg sanggup digeber dari pertengahan balapan sampe finish? Ngimpi! Kalo udah disiksa buat naik posisi dari 17 ke 3, tinggal megap2 doang itu ban kalo ibarat ikan. Dan terbukti Marquez crash bukti nyata ban dia udah ga sanggup.
“Mana ada ban yg sanggup digeber dari pertengahan balapan sampe finish? Ngimpi! Kalo udah disiksa buat naik posisi dari 17 ke 3”
nah ini data lagi yg di bahas dan terbuka jadi kemarin yg mentok motor duo M1, ban atau pembalapnya? yg jelas mereka tidak menyiksa!
dan secara langsung data jenengan soal marc menyiksa motor dari posisi 17 ke 3 menggambarkan kekuatan motor honda dan marc yg sanggup bekerja di PACE “segitu”dan ban yg tidak sanggup! gitu kan ya maksud
Semua pembalap bisa kalo cuma ngepush motor tanpa mikirin usia ban. Dulu Bautista, sekarang Kal Kroco pun sering gitu bikin laptime bagus beberapa lap doang kemudian mundur teratur karena ban abis. Inget ya laptime, bukan pace. Yg lu sebut pace itu laptime karena dari reply lu keliatan belum paham apa itu pace. Cuma pembalap mature doang yg sanggup maintenance ban dari awal sampe akhir.
Lu paham pace ga? Pace adalah kekonsistenan laptime, kasarannya laptime stabil ga jauh dari rata-rata, pace Marquez buruk karena naik turun. Baca data laptime aja masih belum bisa apalagi disuruh ngatur kurva pengapian 2 tak 2 silinder lu. Dan kalo di cacing tawuran sampe ada yg jomplang, lap sebelumnya pelan tiba2 kenceng, itu tandanya rider ngepush overlimit, tinggal tunggu waktu doang bwt crash ato mundur teratur.
Pembalap hebat itu yang bisa finish duluan, itu mutlak.
Betul itu Mr puig? mulai menyusun strategi mirip 2k15 program juara asal bukan fq , feeling si pasti Marc bantu Dovi apa Vinales ,kalo Marc ikut balap lagi di sisa musim ini posisi nya mirip 2k15, menentukan siapa yang juara dunia tahun ini ?CATET wkwkkw
menurut saya, sepertinya terlalu jauh kalao sampai ke sana
saya yakin ini adalah pendapat pribadi dan hanya terbatas sampai di sana saja tanpa ada tujuan sistematis mau merusak legitimasi siapapun yang Juara nanti
Kalo menurut saya , bebas aja si puig ngomong gitu mau dinternal atau diexpose keluar …bukan berarti puig merendahkan yang juara dunia nanti, tapi hanya merasa ada yang kurang pas karena juara dunia mengalahkan dari yang terbaik, berlaku baik balapan dimasa lalu atau masa sekarang…. itu saja.
@Ade Bangkong: brarti bener kan tips dari Lorenzo? Utk mengalahkan Marc, maka buat dia mempush mtrnya sampe overlimit. Gmn pun caranya. Kmdn lalu Yamaha menempatkan start 2 pembalap jagoannya di dpn yakni Quartararo n Vinales. Berpikir keras Marc sampe balapan pun kembali grasa grusu kyk wkt Marc baru awal2 di MotoGP.. Lol
Ramalan:
Quatararo (M1 KW1) juara dunia..
Petronas juara Tim (+ poin Morbo M1 KW2)..
Asalkan bukan Rossi dan Vinales (M1 Pabrikan)..
Hahaha..
Gua ramal juga nih klaw mm gda kans juara dunia mm pasti bantu vinales kan sesama spanyol masa mau bantu francis
Iya Wak itu pribadi Puig saja masih kebawa emosional heroiknya Marc kemarin! Tapi secara data cacing tawuran kemarin, memang langsung ketahuan kecepatan motor Honda sebenernya ketika palu di getok!! Ngeri Wak…
Gw setuju ini.. mm bakal bantu vinales.. karena quartararo itu musuh masa depan dengan skillnya yg cukup mengerikan..sensornya mampu mempush m1 sampai limit..dia yg punya potensi memecahkan rekor2 pribadi mm93
Bani If If…..
Tapi kasus mendiang Nicky Hayden, dia selalu dikasi ban anak tiri… kecuali di ujung seri
Tidak semua pembalap bisa juara 1, tapi semua pembalap bisa jatuh selama itu yang dia inginkan dan dia tau resiko saat balap.
pembalap yang disalip dengan mudah bukan berarti tidak jago hanya tidak ingin mengambil resiko. Karena cedera dan tidak bisa balap hanya menghasilkan 0 point, apa yang bisa dibanggakan dari 0 poin. Hehehe
Mungkin ini bisa jadi bahan nyinyiran kepada entah siapapun itu, terkecuali mm93 tentu nya. pembalap yang bisa menjuarai musim 2020 nyinyiran seperti “menang karena markes cidera, juara dunia hibah, menang tapi gk berarti dll” Kalau pun ber berarti pinter juga si puig karena kalau pembalap nya gk bisa menang yang jadi pemenangnya dia bisa kasih cap buruk atau minimal mengurangi kebanggaan gelar tersebut
Mantul.. intinya begitu yg di ucapkan si puig. Siapapun yg jurdun, hasilnya gak se “wah” kalo marc (yg jelas2 kontender terkuat jurdun langganan) gak hadir di balapan. Jd jurdun 2015 nya hohe dulu itu bener2 prestige yaa krn ada marc hadir di balapan (terlepas kondisi motor dan kedewasaan marc jg ya). Ah lagian 2020 ini kan musim pendek, berasa gambling bgt kalo sampe cidera 1x aja fatal di balap berikutnya.
Btw wak haji sori to say, ane rasa sampeyan yg baper sama opini puig. Biarlah dia melakukan “tugas” nya nge “mic” di media.. kan tujuan dorna cuma 1, hype motogp wajib tinggi biar byk yg nonton via tayangan, ujung2nya kan mereka yg nonton liat adsense, dan happp, cuan mengalir.. bisnis jalan. Dorna bahagia, selesai
..ksh bonus nama tengah..albert “conyol mk gregor” puig yg tugasnya nge “big mouth” mic di mma..eh motojipi hhhh
Mungkin memang sengaja di setting, Puig dijadikan bemper public enemy… buat lawan ToA Ucio dan Ciabatti…
Biar yang lain fokus di race…
Manajemen konflik…
Bukan baper, gw rasa sebagai pemilik blog beliaw berusaha untuk objektif dan netral, ga kaya elu cuma komentator anonim yg pendapatnya ga pengaruh apa2.
Tul, merendahkan pembalap lain,padahal kemarin semua pembalap melawan ditrek dan mm jatuh itu kesalahan siapa?
Jelas salah pembalap lainlahhh….
Karena jelas-jelas didepannya. Kalau di belakangnya pasti tidak se ceroboh itu
Mau gak mau memang Marc harus diakui bahwa dia adalah pembalap terbaik saat ini. Diapun menjadi benchmark pembalap/pabrikan lain untuk dikalahkan koq. Mungkin ada benarnya bahwa menang tanpa mengalahkan pembalap terbaik di motogp adalah hambar. Ini terbukti dari omongan pembalap sendiri loh. Contohnya Dovi dan Rins, mereka senang luar biasa saat menang head to head battle dengan Marc. Dibuktikan dengan omongannya sendiri waktu wawancara. Akan ada perasaan yang lain untuk menang dimana sang “musuh” tidak berada dalam arena yg sama untuk dikalahkan.
Kalo membandingkan dengan Nicky ya bedaa jauuhh laah, Vale dan M1 masi ada sampe sirkuit terakhir perebutan gelar juara dunia. Nicky peroleh itu dengan berjuang tiap serinya untuk mengumpulkan poin juara sampai seri terakhir penentuan dengan Vale. Hal yang pernah terjadi dengan Marc dan Dovi. Andaikata Dovi menang saat itu, pasti momen itu akan selalu dikenang olehnya karena berhasil mengalahkan pembalap terbaik motoGP saat ini. Itulah yang dirasakan Nicky saat mengalahkan pembalap terbaik saat itu, Vale.
Good point. Setuju bin sependapat.
Gak ada loe gak “rame” juara gue marc..
Sopo sing gak seneng bisa kalahin marc waktu race (dan itu diucapkan berkali2 di wawancara kemenangan dovi, termasuk si rins ya pas menang tipis dr marc).
Hayden ditabrak pedrosa… seri 2 atau 3 terakhir..
Race pamungkas,
Pedro jadi patwal Hayden (merasa bersalah karena tabrak Hayden)..
plus Rossi ndlosor…
Hayden Jurdun…
aku setuju dengan komentar ini, karena jika tidak ada acuan untuk dikalahkan seperti ada yang kurang, karena juara dunia 2019 yang gak podium sekali gak hadir jadi hambar rasanya, tapi gue lebih jagoin Jack miller n Dovi kalau untuk juara dunia 2020, lbh utama Dovi, perjuangannya hebat banget 3x runner up
Yang perlu dipikirkan lagi, marquez jatuh karena apes atau karena tertekan? kalau karena tertekan berarti dia kalah oleh orang yang menekan, kan gitu logikanya.
Kalau mau berandai andai, berati rossi mendominasi di tahun 2000an karena doohan udah pensiun, 2006 hayden juara karena motornya rossi bermasalah, 2007 stoner juara karena pake ban yg lebih bagus dari rossi dan kebetulan mesin yg dipakek waktu itu mendadak jadi paling powerfull karena yang lain belum pakek valve pneumatic, 2010 lorenzo juara karena rossi patah kaki, 2011 stoner juara karena pakai SSG, 2013 marquez langsung juara gara gara lorenzo sempet cidera, 2015 lorenzo juara karena rossi diganggu marquez, dan tiga tahun terakhir marquez kelihatan hebat dan dominan karena musuh terdekatnya cuma dovi?
haduh ???
@anoniMUSE: tambahan.. Marc mudah juara sblmny krn Yamaha melempem pengaturan ECU nya dan krn Dovi ga konsisten (hny terpaku juara di sirkuit yg cocok dgn Ducati). Liat aja thn sblmnya dgn mudahnya Marc mempermainkan Fabio tinggal di lap terakhir aktifin mode kencang di setangnya (dgn komsumsi bensin lbh boros tentunya), lgsg ngacir nyalip di trek lurus dan tak terkejar. Hebatnya di mana klo menang krn lari motor??
Wkwkwk balapan pke andai2..
Emang bener yg dikatakan puiq.
Fq juara tp gak mengesankan.
Man of the race ttp Marc.
Klo fq mau dibandingkan dg Lorenzo pun jauh prestasinya.
Lorenzo di GP 250 adalah juara berkali2.
Fq baru jg kluata
sy jd ingat, mgkin, ap kata mateo saat hayden mndpat julukan mr konsisten.. bahwa tidak mengalami crash maupun error maupun cidera bukanlah kbruntungan, mlainkan trmasuk dlm effort/usaha dari sembalap untuk brkompetisi mndpatkan hasil terbaik…
Suka suka puig lah, suka suka wa haji juga punya opini, bebas. Mari kita liat sisa race sebelum marquez balap lagi.
Yg jelas dibeberapa race ini komentator motogp ga akan sempat bilang, “an extraordinary human being”
komengtator GP ngobrol dan sepakat : “He is not human.”
?
Masalahnya itu emang fakta Wak,,,???
Masalahnya itu emang fakta Wak,,,???,
Terlalu kasar ngomongnya opa Puig, pantes suka berkelahi omongan di media sama opa Ciabatti, opa Ciabatti emosional wajar karna omongan kasar Puig.
Urusin juga tuh pebalap honnda tanpa Marc juga gak ada apa apanya,mbok ya mikir bikin motor yg lebih friendly kayak rc211v
Wkwkwk
Cukup setuju.
When disaster is happening. Trus mau apa Hodna?
2019 aja triple crown bisa dibilang 80% berkat Marc.
Kebanyakan make kartu As sih, begitu kartu As nya ilang, masalah sejati nongol.
Dan menejernya cuma bisa bilang : tanpa kartu as gue, gak asik sampeyan-sampeyan wlpn juara juga.
Padahal sbg menejer, lebih keren bilang : tenang aja, gua masih punya 2 kartu as lagi!
Sungguh ironis, marquez yang melakukan kesalahan, pembalap lain yang mendapatkan cibiran juara hibah.
Tul setuju saya pendapat anda. Merendahkan semua diluar teamnya.
Saya suka sekali komen anda. Dan Puig sebenernya udah panik. Soalnya selama ini semua bukan tentang Honda. Semua tentang Marq. Puig bisa ponggah kayak kemaren soalnya aman MM 4th di HRC dan kita sendiri tau kualitas MM kayak apa dilintasan. Tapi parahnya, secara gak langsung dia juga ngerendahin semua pembalap di naungan HRT/HRC. Jadi pemimpin tu ati2 kalo ngomong. Jangan mode panik di dahulukan.
Suka sekali dengan komentar anda. Si Mr.P ponggah gara2 MM masih 4th lagi di HRC dan kita tau kualitas MM kayak apa dilintasan. soalnya selama ini semua bukan tentang Honda, tapi tentang MM.
Sepertinya panik bener kata2nya. Soalnya secara gak langsung Mr.P juga merendahkan semua pembalah di naungan HRT/HRC. Kalo AM jurdun, trus Mr.P mo omg “jurdun apa itu klo gak ada MM?”. Jadi pemimpin tu omg kudu ati2
Tambahan lagi, sudah pada tempatnya Puig ini berkata seperti itu karena dia adalah – di antara berbagai jabatan dia di Honda – laksana PR bagi tim Repsol Honda Team. Saya yakin APABILA keadaan sekarang Dovi yang ada di posisi Marc, orang seperti Tardozzi lah yg ngomong kaya gini hehehe…
Lain halnya kalo yang ngomong si Carmelo Ezpelata… silahkan wak haji ngamuk ngamuk dah, gile banget masa pembalap laen dianggap penggembira, inilah.. itulah..
Kita sebagai komentator atau jurnalis, seperti Paolo Scalera dari Gpone itu bebas aja sih mau sependapat atau tidak. Apa yang mau dipegang kalo kita ini dalam kondisi 0 Wins 0 Podiums dan 0 Start seperti katanya Simon
seperti yang saya tulis, bisa jadi Job desnya memang itu 😀
Opini tsb otomatis akan muncul wak, sy yakin f1/4 pun akan merasa lebih puas kl bisa mengalahkan pembalap terbaik,kl di bulutangkis lee chong wei peringkat satu dunia tp blm lengkap krn g bisa ngalahin lin dan
Yang saya perhatikan memang words dari jurnalis mainstream dunia koq mau aja dibikin repot clarify sama opini dari komentator ya. Sampe bikin thread segala… yaelaah kaya ga paham aja sama fansboy dah. Keadaan ini kan mutar muteer aja sama seperti pada saat Vale lagi jaya jayanya dan dia cidera waktu itu. Opini yang berkembang yaa motogp race will not be the same without Vale in it. Banyak yang butthurt juga, dan dari situ juga kita bisa ngeliat siapa yang ternyata haters.
Yang jelas, race akan terus ada dan yang menang akan terlegitimasi dengan valid di trophy. Masih ingat sewaktu Jorge world champion terakhir dengan Yamaha? It seems seluruh dunia tidak mengakuinya dan menganggap Vale sebagai “people’s champion” waktu itu.. haha menggelikan sekali. Parahnya pun pihak Yamaha seakan tidak mengakui atau tidak sepenuh hati dengan kenyataan itu. Tapi siapa yang tercatat di trophy saat itu? Jorge Lorenzo. Tanpa “if” seperti yang wak haji bilang.
Wak haji, kok udah akhir bulan belum ada pengumuman seri Asia? Batal kah?
Sekalian ngalahin dohan dan lainnya klo gtu. Seorang yg duduk di dorna dan kepala team gak seharusnya berpendapat merendahkan pembalap,team bahkan kejuaraan motogp dgn berpendapat tanpa MM kejuaraan gini gitu. Klo gtu suruh hentikan saja motogp 2020 krn MM cedera.
kalo udh namanya opini, ya begini kadang petinggi ducati juga ceplas ceplos. ga bisa di pasang limiter. memang dalam race, kunci utamanya adalah ‘stay on the bike’ dulu. sipapun juaranya, dia deserve kok. meski emg kerasa beda aja. semua tau itu baik fans ataupun haters 93
Emang si Marquez bakal kaga balap 1 musim apa. Ya nama pembalap jatoh cidera ga ikut race beberapa seri ya wajar. Kecuali Marquez 1 musim ga ikut race. Baru yg juara dunia juga merasa kurang membanggakan. Pembalap lain juga bisa jatuh/cidera di race berikutnya. Musibah dan keajaiban ga ada yg tau puing….
Blogger profesional kok gak paham posisi Puig.
Pahamlah,kok malah singgung blogger neh. Puig tuh cma gaya bossi bkn leader. Dia gak tahu posisi dr segi pembalap,maunya MM push terus dan menang apapun caranya. Eh lupa cri pembalap cadangan yg bs pke tuh motor liar. Buat mesin superkencang semua pabrikan bisa tapi yg dikorbankan pengendalian trutama ditikungan. Nuntut fisik dan jika fisik cedera,kacau.
balapan bukan cuma kencang ja tapi bagaimana bisa finish
Ego seorang pemenang emang begitu bang ?
Yah kalo di sepak bola mah kaya tim yg ngalahin barcelona pas ada messi di tim, daripada ngalahin barcelona tanpa messi. Ada rasa bangga ngalahin tim yg ada pemain terbaik dan performa terbaik di dalamnya, bukan ngalahin barcelona tanpa messi.
Good point.. intinya disitu masbro
setuju, aku kemarin juga berfikiran seperti itu, jadi biar marc semangat Fabio harus juara berturut-turut di race berikutnya. Karena itu seperti tantangan tersendiri, jika Fabio di race berikutnya gak menang marc akan tenang
nunggu komen bro Ganti Cangcut… eh Cangkir,,
btw, ya emg benar Marc adalah pembalap terhebat di Grid, bahkan sangking hebatnya seolah2 rider yg lain ga lebih dr sekedar pelengkap aja,
tapi kalo berkaca dr seri Jerez kemaren, Marc sendiri juga yg berbuat kesalahan, bukan org lain apalagi si FQ,
buktinya si MV bisa ngendaliin emosi nge-pushnya agar tetap terus bisa diatas motor krn dia tau ban-nya ga mendukung utk nge-push, sdgkan Marc seolah2 kembali ke masa2 awal dia di MotoGP yg “menang atau tidak sama sekali”, pdhl sebelum2 nya doi udah menunjukkan kedewasaan dan character development,
utk masalah si FQ juga dia dan timnya memang benar2 pantas menang, seperti yg dijelaskan wak haji di artikel sebelumnya,
jadi menurut ane ga ada istilah “ga ada loe ga rame” atau “kemenangan yg tidak diakui”.
Lagian pihak FQ dan PYSRT juga pasti ga terlalu mikirin hal ini, krn udah bisa menang juara 1 utk pertama kali aja adalah sebuah prestasi yg sangat2 besar bagi mereka yg pendatang baru. Beda dgn tim2 faktori dan rider2 papan atas lainnya tentu aja sebuah prestasi yg sangat membanggakan utk bisa mengalahkan Marc.
Kalo liat race kemarin sih,marq dan hrc sepertinya baik2 saja…kekalahan marq lebih karena bad luck saja.yah namanya juga race…liat saja nanti ke depannya …
Bad luck? Gw liat sih Marquez kalah KO. Kalah karena jatuh sendiri adalah cara kalah paling memalukan.
Loe tuh tau istilah KO gak ?,setiap pembalap siapapun itu bisa aja buat kesalahan…yah liat saja nanti !!!!!
Satu kata: omongkosong.
?????
saya penasaran respon/analisis alex marquez ttg balapan kmaren.
dari pandangan awam saya AM kayak masih struggle adaptasi, mirip JL pas d honda. yaa memang mungkin ini baru seri pertama.
keputusan dilempar ke LCR berasa lebih masuk akal.
KTM berasa mulai menunjukkan taringnya, khususnya Pol yg bisa fight di depan, oliveira lumayan di p8.
Iki mirip judul sinetron wak..ugal ugalan pembawa petaka ??
Dorna hrs ksi warning tuh ke puig asal jeplak,pembalap lain jg hrs protes direndahkan. Salah dia sendiri gak bisa urus teamnya cm andalkan MM dan terus push mm bukannya kasi saran MM tenang saat melebar. Malah suruh genjot terus,sering saat race gtu. Dikira MM robot oleh Puig, saya salut skill mm tapi puig malah terus manasin dia. Cekcek bakal disuruh race lagi setelah jerez tuh sama puig. Suruh push hingga limit.
Setuju puig gak ksi komando srh MM slow down,minimal pke mode B dlu. Kyk fabio kmrin pke mode B. Dipertengahan race, klo dia push bisa sekecamatan
Komentator terlalu menganggap semua pembalap gp itu “pembalap”…gitu gitu mereka juga manusia, alien mah istilah aja…ahahah
Terserah mau motornya sang juara meleduk atau doi crash gagal race, yg penting mereka menang lah..pada akhirnya sebagian orang juga ingatnya sang juara crash karena mau kalahin pembalap didepannya, bukan karena not human being nya..ahahhaah…yg ga puas menang paling juga sebagian fans aja, tau darimana fq mv ad ga puas podium?
jangan terlalu sombong di atas langit masih ada langit, biar bagaimana pun tujuannya adalah bisa menjadi juara dunia di antara semua peserta motoGP, dan ingat kemenangan jug abis di dapat bagi orang yg beruntung bukan dari orang yang paling hebat
Cerdas, bahkan lucky unlucky jg bisa. Andai JL99 gak pindah pabrikan andai JL gak cedera beda cerita. Dan andai lainnya.
Beginilah kl motor yg bisa juara cm dpegang mm93..skrg glrn kn apes ngomong ngelantur..
Mungkin kl puig baca artikel wak haji bisa malu..
Puiq buat nyenengin diri Motogp still Motogp mau ngga ada MM kek VR kek. Namanya juga hiburan kita mah nonton aja??. Ups mudah2 an AR bisa ikut this weekend race
Ya kurang klimaxs menang tanpa duel dgn sang alien. Ibarat mkn lalapan pakek sambel tp gk pedes. Rasanya flatt.
lo, kok konyol, jatuhnya marc d lintasan adlh bntuk kekalahan dia dri pmblap lain yg brhasil mnyelesaikan balapan di track ini, cedera dia adlh bntuk kekalahan dia dri pembalap yg brhasil untuk tdak cidera, dan andai nnti tdak sanggupnya dia tuk balapan dlam kondisi fit kelak adlh bntuk kekalahan dia dri yg brhasil mnjaga tbuhnya tuk ttp fit dlam mengarungi balapan musim ini. “Tim Anda kalah karena Tim Lain lebih baik dari tim anda itu sifatnya MUTLAK dalam sebuah kompetisi”. ini berlaku tuk kompetisi n olahraga apapun n dmanapun, bnyak aspek yg menentukan baik d dlam ataupun d luar “zona perang”, klo gk krna semua aspek itu gk bakalan Leicester City bisa pernah juara EPL. sungguh kata2 yg tidak layak keluar dri mulut seorang sekelas puig.
Pendapat cerdas
Wow ini komen of the day. Anda pasti ahlinya otomotif.
..agreeee..
KAMI..semua pecinta, reporter dan pembalap beserta crew msng2 tim balap..utk musim ini turut berempati atas nasib kolega kami ( demi gelar 5 juara dunia beturut sd kesialannya )..maka dgn senang hati kami menghadiahkan gelar pembalap, tim dan konstruktor sebagai bentuk simpati utk rival kami.. bagaimana mr puig..anda puas ??
tak nyimak,, kali ini saya nga setuju sama wak ji,
puig lagi mumet kali makanya keluar statment begitu.
Mungkin dia belum ngopi, makanya ngalantur…
Ternyata Marc tifak mengalami kerusakan syaraf kok. Lata kometator di mari Marc udah ga bisa balap lagi kata temennya yg di Jerez. Berarti hoax.
Lata kometator di mari Marc udah ga bisa balap lagi kata temennya yg di Jerez. Berarti hoax
Lata siapa? Kayanya ga ada yg bilang gitu? Kalo lu bilanh ‘lata komentator dimari yg trmrnnya di Jerez’, lata gw gitu? Apa ada kalimat gw yg memastikan itu valid? Tolong jangan kaya Mentega baca separo kemudian nyimpulin sendiri, memang kasak kusuk di paddock saat itu real time begitu makanya gw bilang KEMUNGKINAN. Ngarti ga arti kemungkinan? Dan yg denger isu itu bukan cuma gw, bahkan gw cek di media2 Eropa pun beberapa jam setelah gw denger dari temen gw pada nulis KEMUNGKINAN itu. Jadi yg sebar hoax orang2 di paddock apa elu sendiri nih?
Haahhaha emang benar kok kata om cangkir. Kemaren digosip MotoGP pada nulis berita Marc kemungkinan kerusakan syaraf. Dr. bilang kemungkinan syaraf rusak tetapi akan diketahui setelah operasi. Nah setelah operasi ternyata syaraf OK.
Gw malah nunggu berita Seri Asia tiap hari ga muncul-muncul. Berita Ianone juga.
Naahhhh ini baru orang cerdas, baca komentar orang disaring dulu, kalo perlu langsung korscek, jadi bisa menilai bobot perkataan orang lain. Ga dikit2 nyimpulin sendiri tanpa kroscek, ntar susah sendiri jadi gampang benci ke orang cuma karena ga sependapat, dan gampang dibegoin orang cuma karena terlihat meyakinkan karena pikirannya dirasa sejalur wkwkwk
Dan sayangnya ini jurdun terakhir dia sampe skrg yakk.. buset wes 11 taon ae rupanya. Semoga mbah oci diberi kesehatan dan dpt menghibur semuanya trmasuk semua pebalap motogp. N marc+AR jg gws..
Puig kalo dibaca jadi PUIH!!!! ludah mendarat dimukanya
1/ komentar dari Alberto Puig yang videonya di publish oleh MotoGP.com..( puig/tanpa dibaca hrc & motogp.com..seiya sekata berjalan beriringan..)
2/ jika ia tidak bisa turun di GP berikutnya akan sulit atau dalam kata lain ‘rumit’..( rumit bg siapa tuan puig..?? posisi anda, hrc ato dorna..)
3/ Saya berfikir bahwa orang-orang yang sedang memimpin (championship) dapat benar-benar bangga atau senang (saat) memenangkan gelar (juara dunia) tanpa (partisipasi) “PEMBALAP TERBAIK DUNIA”..
– kompetisi baru jalan satu seri..dan tuan puig sinis seakan-akan balapan tinggal 1 ato 2 seri..
– apakah mm93 tdk akan berpartisipasi dlm sisa musim..dan juara dunia musim ini sekedar hibah..
– pembalap terbaik dunia..?? jd inget pesepakbola terbaik dunia..la pulga..LM10 terbaik dunia versi pengamat/jurnalis sepakbola yg dibatasi kode etika jurnalistik..tp utk pencinta sepakbola..terbaik dan terkonyol mngkn sebelas lawan sepuluh..hhh
“Kejuaraan ini tidak akan sama jika Marc tidak ikut balapan dan saya pikir semua orang tahu itu” semoga anda terhibur mr puig..semua pembalap motojipi akan bangga mengalahkan pembalap terbaik..tp mrk tdk segan melalui balapan2 yg aneh..kadang ceroboh dan tdk beruntung..
lha itu kan marc sudah kalah KO, nyatanya dia nggak mampu menang, nggak peduli se epik apapun usahanya, ya tetap dia nggak menang, finish pun enggak, artinya dia sudah kalah bahkan oleh iker lecuona sekalipun
Puig makin lama makin kelihatan sampah HRC doang. Dengan masukin Alex Marquez ketimbang Zarco yg punya potensi ‘ngrecokin’ pembalap kesayangannya, juga ambil Pol Espargaro ketimbang cari pembalap yg lebih bagus biar ‘ga ganggu Marquez’, sangat kentara Puig cuma ngandalin Marquez dan apa yg selama ini gw bilang kalo terjadi sesuatu sama Marquez HRC auto minim prestasi, hampir jadi kenyataan. Kembali lagi ke komen gw belum lama ini, manajemen Puig itu buruk. Dan sekarang lambat laun terbukti. Bukannya kejar Vinales ato Quartararo kalo memang ‘dendam’ ke Zarco dan lebih pilih pembalap papan tengah adalah kegoblokan Puig yg akan dibayar mahal oleh HRC.
Someone at HRC totally must put a muzzle in his mouth. Jelas sekali kalau di balapan kemarin MV12 (bukan FQ20) mengalahkan Marc Marquez.
Dulu, (Misano ’93) Shenton sengaja memilih kompon ban untuk Schwantz dengan kombinasi yang paling tidak sesuai dengan kondisi track. Dengan kompon hard yang tdk memiliki grip yg cukup, sementara kompon soft tidak bisa bertahan sampai akhir lap. Tapi akhirnya Shenton dan Schwantz memilih menggunakan kompon soft untuk memaksa Rainey push dari awal dan berbuat kesalahan. Dan taktik mereka berhasil, Rainey dengan cidera pergelangan tangan dan motor yang tidak sempurna akhirnya harus push dari awal dan akhirnya saat memimpin, di exit T1 saat lap 9 dia crash (with a dire consequence).
Bisa jadi strategi pemilihan ban oleh Yamaha dan MV12 memiliki tujuan yang sama, bisa jadi juga tidak terkait sama sekali. Tp yang jelas, Apa yang dilakukan MV12 berhasil memaksa MM93 untuk melakukan kesalahan, dan akhirnya succumb to his ego saat dia harus push dari posisi 16 hingga ke posisi tiga besar.
Clearly, he’s getting high with the adrenaline, karena akhirnya dia g bisa berfikir jernih dan memaksa untuk memperoleh posisi dua dibandingkan posisi tiga yg sudah pasti. Well, he is MM93, yang saat timnya kasih tahu “2nd” is good di Portugal 2010 tp dia trs push dan akhirnya mempertahankan keunggulan di klasemen dr Terol. Tapi dia juga MM93 yang sama saat dia cukup memperoleh posisi tiga tp tetap push mengejar Cal di Silverstone 2016 dan akhirnya malah keluar track. Put stupid bid, sometimes you win high, sometimes you get stupid prizes.
Ada Marquez atau tidak, the championship still valid. Siapapun yang jadi juara dunia dia memang berhak, karena dia berhasil mengalahkan semua rider. Bahkan saat FQ20 atau MV12 tidak bisa mengalahkan Marc Marquez karena tidak ada di lintasan, mereka berhasil mengalahkan MM93 by putting themselfes in Marc Marquez’s head.
Wuih this the best coment of the month.
mantap gan… nais komen
kalo saya misalnya jadi Manager team Yamaha Petronas, saya akan bilang,. “untuk menjuarai tiap race motoGP dibutuhkan Pembalap dan motor yang memulai balapan dari start hingga finish diposisi terdepan” …!!!
KAMI..semua pecinta, reporter dan pembalap beserta crew msng2 tim balap..utk musim ini turut berempati atas nasib kolega kami ( demi gelar 5 juara dunia beturut sd kesialannya )..maka dgn senang hati kami menghadiahkan gelar pembalap, tim dan konstruktor sebagai bentuk simpati utk rival kami.. bagaimana mr puig..anda puas ??
Terlepas siapapun jurdun 2020, Marc Marquez bakal tetep jurdun 2,3 bahkan 5x lagi..
Semua rider juara MotoGP PASTI mengalami beberapa bad season/ lost season
Stoner lost 2008, 2009, 2010
Rossi lost 2006, 2007
Lorenzo lost 2011, 2013, 2014, 2015
Marquez lost 2015, 2020
Gw sih ga yakin, bisa aja 2019 gelar dia terakhir. Ini persis Rossi jaman patahin kaki, banyak yg bilang dia bakal juara lagi taunya tumpul kan? Apalagi Quartararo taun depan masuo pabrikan dan dia adalah reinkarnasi Lorenzo tapi versu nothing to lose, Lorenzo yg harus nunggu semua hal cocok baru bisa menang aja bisa juara dunia, apalagi Quartararo yg selalu gas it out apapun kondisinya?
Quartararo ?
Marquez ?
Ya suka2 aja sih berharap ngga salah juga,cuma mengharapkan sesuatu yang belum teruji benar belum bisa membuktikan apa2…baru menang satu set…belum bisa diambil kesimpulan…
Bagi gw quart hebat iya,alien jauh ?????
Kayanya jg gw sama sekali ga tanya pendapat elu, jujur aja gw paling anti sama pensboy. Jadi jgn harap gw ‘pengen tau’ apa yg lu pikirin ato penilaian lu terhadap seorang pembalap. Karena bakal subjektif dan ga guna bwt gw wkwkwkwk sori yak.
Puig yang merk windshield, berkelas.. Kalo Puig yang Alberto, recehan.
Wkwkwk sekate2 lu
Mas Nugie punya darah biru ya?
Maksudnya darah biru itu bangsawan?
Ia mas bangsawan. Serius nanya mas.
Sepertinya bukan bangsawan masbro. Rakyat biasa.
Saya setuju mas Nugie. Management puig g bgus terlalu bossy bukan jd leader
Elu Mentega bukan sih?
Mungkin juara dunia 2020 akan dipegang dukati tapi dg syarat mau mbayar markes untuk menjadi PENGRECOK taro biar dovi bisa didepan ya kayak pas jolor juara dunia yg dibantu markes
Sayangnya musuh Dovi kali ini ga cuma 1 rider, Quartararo direcokin Vinales yg untung, orang Dovi cuma sekedar juara seri aja sulit sekarang. Diatas kertas Ducati sulit menang 2020 ini selain di Spielberg, belum faktor Dovi sendiri yg suka lempar handuk sebelum bertarung kalo sadar ‘ini bukan sirkuit Ducati, gw main aman aja’.
Pendapat Puig menunjukkan fakta yang sebenarnya, serta membenarkan kalau Marc lebih superior dari motornya. Puig seolah membuktikan juga kalau mengalahkan rider HRC selain Marc tidak ada pridenya.
Saya yakin betul HRC sudah menyadari celah ini, dan berujung pada perekrutan rider-rider yang punya skill developer sebagai ‘bridge’ dari Marc ke rider HRC lainnya.
Dari gap poin antara Marc dan rider HRC lain, tersirat kalau arah development motor tidak berjalan baik. Istilahnya, Marc dikasih motor model apapun masih bisa menang. Sementara rider HRC lainnya berada di papan tengah aja udah lumayan.
Mr puig ini sangat sangat sangat benar semua akan hambar dan tdk sama lagi layaknya nicky dulu meskipun juara tetap aja rossi bintang’a dn ini FAKTA yg tk bisa di bantah dgn kemunafikan krn saat ini bintang nya adalah MM layaknya dulu bintang’a ROSSI so ap yg dikatakan dia tdklah lah salah hnya tinggal qta mau menerima kenyataan nya ya sprti itu???????? mau pake bicara berbelit sprti apapun fakta penonton pasti kesana dn semua ada masa nya dulu rossi bintang nya saat ini marquez bintang nya jd yg lain hnya pemanis di bisnis ini jd yg sabar aja yah??? krn kenyataan terkadang lebih menyakitkan dri apa yg qta ingin kan wkwkwkwkwk…. ??
Faktanya juara dunia 2006 adalah hayden, mau lu pake bicara berbelit sprti apapun faktanya nama Hayden yg tercatat di buku sejarah bukan Rossi, memang sulit diterima tapi itulah faktanya, krn kenyataan terkadang lebih menyakitkan dri apa yg lu harapkan
Klo menurut saya apa yg dikatakan mr.puig ini menegaskan bahwa kemenangan quartararo kemaren adalah bukan kemenanga yg membanggakan,kenapa?alasannya karena mm93 mengalami crash,kecuali tidak terjadi accident dan mm93 kalah ataupun berada di belakangnya quartararo.ini mengindikasikan bahwa rival2 (pabrikan lain) blom bsa selevel dg mm93 dan HRC.balapan kemaren merupakan bukti kekeuatan mm93 dan HRC
Dominic Toretto: Ask any racer, and real racer, it doesn’t matter how much you win by, winning is winning
Lu tanya marques, emang dia ga bangga apa kalo lawan kalah walo lawan crash? Bukan ga ikut balap, beda antara bego crash sendiri, crash karna org lain, sama ga ikut balap
Setuju pendapat rmcblog, gak ada if – if an, hehehe………….. 😀
HRC tidak bisa membela diri tanpa MM, CC masi cedera, Taka dan Alex jelas tidak bisa diharapkan, finis di 10 besar saja sudah untung (kmrn Taka p10) sekarang baru merasakan ternyata pilar tim HRC itu rapuh, yg utama ambruk, lainnya gak mampu sekedar “menopang”
wah conflict of interest banget dia kalau dua posisinya gitu.
Brarti bs jg berpikirny andai klo MM dipinjemin NSR500 sm hrc dsrh adu best lap timeny doohan&rossi bs ga ya
setuju, seperti hambar walaupun yang lain juara, cz rata-rata tim ducati atau Yamaha ditahun sebelumnya bilang mau mengalahkan MM93 n HOnda repsol, jika MM93 dan Repsol Honda gak hadir terus siapa yang dikalahkan, kalau gak salah diartikel wak haji ada, statement dari Ducati, Yamaha, n Suzuki. Jika marc gak hadir atau gak maksimal, pasti pembalap yang menang akan merasa ada yang kurang walaupun dia jelas hebat
pernyataan menang tanpa melawan MM tidak membanggakan VALID kalau dengan sengaja MM tidak ikut atau ngefoor.
tapi kalau kesalahan yang dilakukan MM sendiri. tidak valid karena otomatis MM kalah dari semua orang yang finish di race tersebut/ angka diatas MM di musim tersebut
ya ini cuma untuk menaikkan moral orang2 pendukung tim dia aja. karena ga akan ada lagi di 10 besar kemungkinan motor dari tim nya
menang itu akumulasi totalitas variabel : tim, mesin, skill, psikis, dana, etc etc etc.
Koyo kamprreett nyinyirree???
Kalau crash ya termasuk salah satu variabel penyebab tidak juara dunia, jatuhnya kurang skill, siapapun ridernya.
Juara tanpa Marquez itu ibarat menang olimpiade, menang Premiere League atau La Liga..
Juara menaklukkan Marquez itu ibarat menang Piala Dunia (World Cup), menang sabuk WBO IBF WBA sekaligus, juara Liga Champion Eropa
Livio suppo:”Piye Kabare? Enak Jamanku Toh?”
Eh itu quote pak Harto deng ???
Marc bakal lama pulih 100 persen, Alex jauh dari harapan…
FQ,MV, AD, JM are still on track, Pol sama Frankie ngga bisa diremehkan..
andai kemarin yg disikan Pol, tentu Puig gak bakal pusyiiing
Udah tau ban dipaksa dari pos 18 ke 4 terus2an , bakalan meranaaaa
klo bisa teriak dia teriak udah boss jangan paksa aku di genjot terus2 an
Dominic Toretto:
Ask any racer, and real racer, it doesn’t matter how much you win by,
winning is winning
Itu mah emang omongan orang yg kalah aja bgtu…kalah y kalah…kalau menang y diem bae g bakal ngomong gtu pffffffttt
Kalau quartararo bisa kalahkan marq dengan motor yang sama Honda RCV gue angkat dia jadi il fenomenon, gue janji
Kayanya dia ga butuh gelar dari elu deh, paedahnya apa?
Kalau lihat ragam komen disini, saya pikir Puig berhasil menjalankan ‘tugas’, framing dan propaganda..
Malah kalau di TMC sini sepi-sepi saja, artinya Puig justru gagal.. ?
Hal tersebut sah-sah saja, yg utama harus dipahami adalah perspektif Puig jelas sangat dipengaruhi uniform dan loyalitas dia..
Akan jadi masalah kalau Puig berbicara as a Dorna, atau otoritas lainnya.
Apakah Usain Bolt tidak pernah kalah? pernah
Apakah Usain Bolt tidak pernah cedera? pernah
Apakah capability Bolt lalu kita downgrade dan ragukan?
Benchmarking bakat dan potensi FQ vs MM, tidak akan merubah situasi apapun..
Pada akhirnya achievement lah yang menjadi tolak ukur, bukan bakat atau satelit bike, atau manufacturing dll..
No, pada akhirnya achievement jadi bahan scoring dalam sejarah..
That’s why, nama VR terus exist sampai hari ini, sebagaimana Rainey, Doohan..
Brad Binder gak pernah dibahas
Ternyata pentolan hrc jg tergolong kaum ” bani andai-andai ” ???
Komentar Puig bikin inget sejarah.
Andai Wayne rainey (yamaha) gak crash parah di 1993 dan kevin schwantz (suzuki) gak resign di 1994, mungkin legenda HRC Mick Doohan bkn apa2… soalnya ketika rainey n schwantz msih race, doohan gak pernah bs juara … akhirnya setelah mereka berdua gak ada barulah doohan bs mendominasi gp500.
Tp ternyata tdk bgitu… sejarah tetap mencatat Doohan sbg legenda GP500
Org gak pernah lihat doohan beruntung bgtu saja…
Doohan beruntung?
Komen cerdas, puig asal jeplak. Trus klo dia remehin pembalap lain. Selama ini MM menang terus levelnya dimana. Kan lawannya gak sepadan ya. Termasuk rekan rekan lainnya di honda pastinya.
Puig kaum andai juga ternyata lol ?
ngecap teroooossss…
pembalapnya yg bikin kesalahan sendiri kok sampe tejungkang…
dia kira dia dewa mau menang dgn cara merangkat dri posisi 17… MIMPI…
melihat cara balapnya saja sdh keliatan bahwa jatuhnya itu tinggal masalah waktu saja..
jatuh ditikungan yg sama wkt dia larut ke gravel artinya dia konsisten bikin salah ditambah ngepushnya sdh over limit motor
sdh keliatan memang ga mgkn finish
Ya udah balapannya ditunda saja dulu menunggu sampai MM benar benar pulih 100 persen. Puas Puas Puas gitu kan mau you
“Dan Mr.P pun bangga setengah hidup dikala MM menang terus selama ini tanpa lawan sepadan.” Kira2 kalau kita balik akan seperti itu.
salah sendiri ngusrup, emang klo MV12 atau Rins42 atau Dov04 ga race krn cidera trus Marq Winner itu membanggakan….puig puig.
Menurut yang ane tangkap dare teks aslinya, bahwa fuig ingin mengungkapkan bahwa kesenangan para pembalap saat ini jika juara tanpa ada MM di dalamnya aakan terasa hambar (dalam hal ini setiap pembalap akan beda persentase kehambarannya). Dan jika saya pun seorang pembalap, saya akan merasa no1 jika saat P1 sempat menyalip, duel, atau diikuti Marc dari belakang, akan lebih terasa 100 persen kemenangannya.. itu manusiawi, karena saat ini Marq memang dicap pembalap cepat, kuat, slonong boy, kalo kita bisa ngalahin secara langsung kan enak tuh bully fansnya juga wkwkwk
Cuma satu: NGAPAIN MAKSA AMAT, KAYAK GA ADA SERI SELANJUTNYA AJA WKWKWKW….
Kan mantap punya Marc, kalo ga ada Marc ya gigit jari aja Honda. Kan motor dikembangin buat Marc doang. Satu lagi, ngapain juga crash hehehe….
Kok sampe bilang cuih hahaha baper, emang pada loyo motor lain, quartararo untung dah ngacir kalo masih di grup bergerombol, udah pasti kena sikat juga sebelum big crash.. Yang ane harepin sekarang semoga Quartararo stabil konsisten, karena dia adalah Next Icon, muda ganteng, cepat dan cerdas apalagi ya hahahahaha
menunjukkan kesombongan team juara
Kayake sudah beberapa kali statement sombong begini
Akhire skrg punya masalah.
Dari video setelah crash, marc gak bisa mengekstensikan jari2nya, potensi cidera radialis besar
Sepertinya awal keterpurukan marq seri ini… bakal susah, tangan patah beda dgn tangan masij utuh
====================
Honda tanpa Marckuwes
Gak ada artinya
Gak berguna motornya.
Wkwkwk
=====================
Suruh siapa dulu arogan Sekarang kena karma nya lu marquz mafia Motogp!
MM sampek bikin kesalahan 2 kali di race kemarin (sampek crash) dan pembalap keduanya cuma ada di posisi 9 (CMIIW) itu bukti bahwa honda blom bisa benerin motornya, bukan bukti balapan tanpa MM gak seruh.
Balapan gak seru, karena rider yg sering salip salipan pada cedera, Dovi kurang fit, Dovi hanya ngamanin poin doang, ntar setelah fit baru ngeburu titel juara dunia, Krn potensi Dovi jadi juara dunia lebih besar ketimbang yg lain, balapan Minggu dpn jg blm tentu menarik, Krn masih pada gak fit tu rider nya yg cedera, Rins, CC, ikut balap blm tentu bisa juara seri, secara cederanya mengganggu saat balapan, tujuan mereka hanya meraih poin dan memangkas jarak agar tidak terlalu jauh dari pemuncak poin,
Menurut ku sih memang terasa aneh jurdun tanpa pesaing yg kuat yg biasa ngejuarai balapan, kesannya gimana gitu. Nah, meraih juara dunia dgn bisa mengalahkan si juara tahun lalu, itu kesannya akan spsial.
Tp begitulah para fans, jika yg menang jagoan nya, Maka akan disanjung2 bak pahlawan.
Semoga balapan 9 Agustus nanti, akan kembali seru.
Wak haji yakin gak quart bisa jurdun tahun ini ?
Seneng jg liat balapan motogp, mulai jaman Luca Cadalora, Doohan, Criville, Rossi waktu race d Sentul (96 apa ya). Komen2nya d blog ini jg berbobot meski ada jg yg kategorinya “nglantur”, sori yo mas2. Mantep blogmu Fik. Buat Mas Puig, yo ojo nedu tho mas, woles bae…
…….sebentar lg jg sembuh mm pasti lupa (sifat manusiawi jg) , hanya sedang galau n menghibur diri ……ya kita maklumin aja,?. …. komment panjang bener ya
Komentar balasan dari pihak Yamaha & (khususnya) Ducati sdh ada kah?
Saya fans berat Fabio,
Tapi kata2 Alberto ini menurut sy disetujui semua pembalap MotoGP musim ini.
Mau gimana pun,Marc Marquez itu Benchmark.
Tolak ukur level paling tinggi di kejuaraan ini.
terus maunya gimana apa balapan ditunda saja dulu karena Honda cuma mengandalkan MM. Jadi semua pembalap menunggu MM pulih total baru balapan dimulai lagi. Inget ini masih pandemi kalau nunggu MM pulih terus nanti ada yg kejangkit Covid gimana bisa bubar balapan tahun ini. Intinya kalau MM besok besok cedera lagi pokoknya balapan berhenti dulu nunggu MM pulih walaupun honda punya pembalap lain karena alasannya ngak ada MM nanti yg jurdun terasa hambar karena dicemooh pendukung MM itukah yg km mau
Rame banget ini.gara gara puig.
Nah.. ini komen yg jernih..
Propaganda Puig berhasil, karena jadi rame se TMC..
Kalau kolom komen adem-adem, berarti Puig gagal..
Dan juga memproganda petinggi pabrikan .terkait nego thn depan.
Saya baca medio online 2 hari lalu, mm lagi putus dgn pacarnya.
Mungkin itu yg sebabkan mm rada ngak bisa mikir jernih.
ciee putus nih apakah cewenya pergi ma cowok lain makanya ngak bisa mikir jernih
Kalu dari sisi pandang org luar,
Juara tetaplah juara, apapun kondisinya.
Tapi dari sisi jiwa petarung seorang rider,
Juara dgn tdak bertarung dgn lawan terkuat yg menjadi bencmark, apapun sebabnya,
akan ada perasan hambar, ibarat kata sayur tanpa garam.
Hohe saja yg jurdun thn 2015 saja dicemooh,
padahal di situ msh ada MM, dp, VR dan dovi sampe selesai kejuaraan.
Yang cemooh kan cuma fbr
jl dicemoh karena kita semua tahu VR kalau ngak dijegal MM disepang dan seri terakhir valencia dipastikan gondol Jurdun karena poin VR saat tiba di malaysia lebih banyak dibanding JL. Semua dunia tahu gimana MM jadi Patwal JL
Setauku justru semua dunia tau kalo Rossi tendang Marquez, cuma FBR yg ngarep banget seluruh dunia percaya teori konspirasi mereka.
jadi terus maunya gimana apa balapan ditunda saja dulu karena Honda cuma mengandalkan MM. Jadi semua pembalap menunggu MM pulih total baru balapan dimulai lagi. Inget ini masih pandemi kalau nunggu MM pulih terus nanti ada yg kejangkit Covid gimana bisa bubar balapan tahun ini. Intinya kalau MM besok besok cedera lagi pokoknya balapan berhenti dulu nunggu MM pulih walaupun honda punya pembalap lain karena alasannya ngak ada MM nanti yg jurdun terasa hambar karena dicemooh pendukung MM
markez mungkin ikut seri jerez II
https://www.gpone.com/en/2020/07/22/motogp/marc-marquezs-crazy-idea-racing-on-sunday-at-jerez.html
Bukan salah lorenzo jurdun waktu rossi patah tulang kaki (2009?lupa)
Bukan salah nicky tirta jurdun waktu M1 bermasalah sepanjang 2006.(tp yg ini nggak plong emang sih… Agak kurang sip jurdun tp cuman menang 2 seri. Almost no fierce battle juga)
Bukan salah lorenzo jurdun saat rossi derecokin mamakes di 2015.
Begitu pula bukan salah siapapun yg nanti jurdun 2020 karena mamakes cidera. Mamakes bukan honda. sekarang aja lagi kontrak disitu. Kalo dia di pabrikan lain dan cedera, lain lagi omongannya
Nah betulll
Menurut ane, ketiadaan MM93 di grid, ya jadi peluang untuk pembalap2 lain bersinar. Masih ada dovi, jack miller, fabio quart, vinalles. Mereka bisa lah saingan, saling balap, saling susul, karena mungkin tidak ada yg dominan di tiap race.
Pak Puig para rider selain MM juga bertaruh nyawa dan bekerja keras…tapi anda hanya menganggap mereka kayak badut saja…Kalau motogp cuma Honda saja alamat ga ada penonton…komentar orang sakit hati…
Komen sy di blog sebelah (I*B) hilang krn tulis “pendapat yg tdk berbobot’ menanggapi pendapat pemilik blog yg tulis “…balapan jadi kayak turing kalau nggak ada Marc”. Lucu ya..?
Sy setuju dgn pendapat wak haji disini krn pembalap menjadi juara dunia krn bertarung hbs2an tiap seri dgn pembalap manapun, bkn hny dgn satu pembalap saja.
Dan percaya atau tidak, suka atau tidak, ini adalah tanda lahirnya generasi juara baru, menggantikan dominasi Marc.
Jg setelah komennya ini, Alberto Puig bakal jd ‘musuh’ seluruh paddock MotoGP.
Silakan dikunyah2..hahahaha
Maaf, sy ralat. Komennya sy di blog sebelah sdh muncul setelah sy refresh dan buka2 kembali 3-4 kali. Sorry..?
Mnurut sy puig melakukan tugasnya dgn baik. Puig bagian koar2 di media. Marc bertugas sbgai rider yg berjuang utk kejuaraan dunia di lintasan.
Tidak sperti tim sebelah, jabatan rider, tukang koar2 di media dan sales motor dirangkap 1 orang. ????
Rasah do nesu, cen nyatane koyo ngono.