Home MotoGP Herve Poncharal Buka Bukaan latar belakang pindahnya Tech3 Ke KTM

Herve Poncharal Buka Bukaan latar belakang pindahnya Tech3 Ke KTM

45

TMCBLOG.com – Jika selama ini Kita menyangkanTech3 Pindah dari yamaha Karena Yamaha Hanya bisa memberikan Support motor berusia setahun lebih tua dibandingkan Motor yamaha M1 team Factory, sepertinya itu tidak etrlalu tetap sebagai latar belakang Pindahnya salah satu Tim Privateer Tech3 dari Yamaha ke KTM . . Ada hal lain yang lebih prinsipil dan menantang di KTM. Apa itu Coba simak paparan Herve Poncharal ini ketika diwawancara Oleh motorsport.

Saya ingat pada tahun 1998, saya berada di 250cc dengan Honda HRC dan mereka adalah motor terbaik di sana. Tetapi untuk beberapa hal saya merasa tidak sepenuhnya bahagia. Yamaha meninggalkan kejuaraan 250cc, mereka berkonsentrasi pada 500cc di pentas dunia dan mereka berlatih 250cc di kejuaraan domestik mereka di Jepang.

“Kemudian mereka ( Yamaha ) mendekati saya dan saya berkata, ‘jika Anda siap, saya siap’. Banyak orang mengatakan kepada saya, ‘Anda gila, Anda pergi ke sana demi uang’ – saya tidak mendapatkan uang. – ‘dan motornya tidak kompetitif, Anda tidak bisa meninggalkan Honda untuk pergi’. Kami pergi ke sana, saya tidak mendengarkan saran saran tersebut dan tahun berikutnya kami memenangkan kejuaraan (di 250cc).

“Kami menghabiskan 20 tahun bersama Yamaha, itu adalah kemitraan yang hebat dan luar biasa. Kemudian di akhir 2017, awal 2018, saya berpikir kami berada di akhir petualangan kami dan saya membutuhkan sesuatu yang lebih untuk membangunkan saya, untuk memberi saya lebih banyak ‘rasa’ saat sarapan setiap pagi. Itu tidak berarti saya tidak senang di sana dan tidak ada hal buruk untuk dikatakan, tetapi saya membutuhkan sesuatu yang berbeda. Saat Anda mengikuti balapan dan olahraga, Anda harus menyukai tantangan.

“Motor itu ( KTM RC16) berada pada awal pengembangan dan tidak kompetitif. Tapi saya memiliki perasaan yang baik, saya ingin pergi ke sana. Saya berfikir bahwa ‘kami akan bersenang-senang, kami akan menjalani petualangan kami. Kami akan memulai dari awal dan mudah-mudahan kami akan mencapai puncak. Ini tidak akan mudah, mungkin kami tidak akan pernah mencapai puncak.  Tetapi saya ingin melakukan ini. Saya agak bosan karena (saat di yamaha ) semua berlangsung mudah. Setiap tahun sama saja, hanya gonta ganti pebalapnya. Kemudian saya menonton orang-orang KTM ini, mereka gila, sangat bersemangat. Motornya liar dan Anda bisa melihat antusiasmenya, luar biasa, dan mereka menyentuh hati saya. Kami mulai berbicara sedikit, dan pada tahap tertentu kami berdiskusi tentang [melakukan] operasi team satelit dan hampir seketika ketika saya berbicara dengan [bos KTM] Pit Beirer, saya tahu saya akan siap.

“Saya pergi ke kantor pusat mereka dan ketika saya melihat Slogan ini ‘Ready To Race’ – ini adalah slogan mereka – dan saya bertemu dengan bos dan saya melihat betapa gilanya dia pada balapan, saya berkata, ‘inilah yang saya inginkan’.

“Tidak mudah meyakinkan beberapa staf saya, karena mereka mencintai Yamaha. (Mereka berkata) ‘mengapa kita pergi? Lihat hasilnya’. Saya berhasil meyakinkan mereka dan mereka semua setuju ketika saya menjelaskan kepada mereka mengapa dan apa tujuannya. Dan dari saat saya berjabat tangan dengan Pit Beirer, saya tahu ini akan menjadi petualangan yang mengasyikkan.

“Saya tidak dapat memberi tahu Anda bahwa saya tahu kami akan menang pada pertengahan tahun kedua. Tetapi saya tahu itu akan menyenangkan dan saya ingin bersama orang-orang ini dan membantu orang-orang ini, karena saya menyukai gairah dan kita membutuhkan gairah.

“Kontak pertama dengan motor, Miguel datang dari Moto2, Hafizh (Syahrin) datang dari Yamaha MotoGP, keduanya dari dunia yang berbeda. Itu tidak mudah, karena ketika Anda meninggalkan sesuatu – terutama ketika Anda menjadi mekanik atau teknisi – Anda berharap menemukan hal yang sama, karena Anda punya kebiasaan.

“Seorang mekanik melakukan gerakan yang sama setiap hari, rutinitas yang sama setiap hari. Dan setiap pabrikan memiliki cara yang berbeda. Sepeda motor (KTM) adalah V4 dengan rangka baja tubular dengan suspensi WP. Kami terbiasa memiliki 4 inline dengan suspensi Ohlins (di Yamaha). Jadi, berbeda dan Anda bisa melihat seluruh prototipe masih harus dibuka kuncinya, disetel dengan baik.

“Tapi kami tidak pernah panik. Kami tahu itu akan datang. Kami harus meyakinkan pebalap, kami harus meyakinkan semua orang bahwa itu akan datang. Saya sudah bersama banyak pabrikan berbeda, tapi kecepatan pengembangan, jumlahnya bagian baru datang setiap balapan, saya tidak pernah melihatnya (selain di KTM). Dan terkadang ketika Anda sedang dalam masalah Anda akan memiliki orang-orang yang sedikit down, yang kehilangan motivasi. Dan ini Tidak pernah terjadi di sana ( KTM).

“Dan pada titik ini saya harus mengatakan bahwa Mike Leitner adalah anak panah luar biasa yang selalu menembus hati Anda dan menyakitkan! Dia tidak pernah menyerah, mendorong semua orang dan memberikan kekuatan, bahkan jika Anda mengalami akhir pekan yang buruk.

“Tentu saja, pada saat itu kami memiliki kelonggaran jadi kami menguji lebih banyak dan lebih sering dari siapa pun. Saya pikir komentar keempat pembalap sangat membantu karena para insinyur mendapat lebih banyak informasi dari empat pembalap berbeda, empat gaya berkendara berbeda dan empat perasaan berbeda. Dan di atas itu, sangat penting, (KTM) mendapatkan Dani (Pedrosa) sebagai pembalap tes. Jadi ada lima, dan tim penguji bersama dengan pembalap, berbagi informasi, berbagi masalah, berbagi ide adalah rahasianya. Dan orang-orang ini bukan orang orang Penakut.

“Inilah yang saya suka di sebuah perusahaan. Kadang-kadang orang mengira mereka berbicara terlalu keras tapi, percayalah, inilah yang terjadi di dalam. Mereka tidak takut untuk bekerja, mereka tidak takut dengan tantangan. Motivasinya adalah luar biasa.”

taufik of BitenZorg | @tmcblog

45 COMMENTS

    • fix Motor setahun lebih tua bukan alasan Tech3 Poncharal …

      buktinya dia bisa sering juara tim satelit dan independent dan melahiirkan pembalap yg dianggap biasa menjadi diperhitungkan dgn cara “normal apa adanya”..

  1. Herve Poncharal ini seperti anak punk. anti kemapanan. gak enak klo sarapan paginya tidak ditemani “keresahan”

    suka mencari jalan yang sulit

    • Bukan anti kemapanan, emg sudah dibatas nya, udah jenuh. Butuh tantangan baru. Klo anti kemapanan mah, ga akan Join ma yamaha ampe 20 tahun

    • Anti kemapanan tp bisa bertahan dgn yamaha 20thn,..
      Kata “tantangan” itu cm alasan klasik, yg bener adalah tech3 kecewa sama yamaha krn permintaannya tidak di gubris,. Sama halnya saya saat kerja dengan salah satu perusahaan dan merasa sudah tidak cocok maka saya akan pergi dengan alasan ingin cari tantangan baru,..sbrnya ngga ada orang yg rela keluar dari zona nyaman demi tantangan baru,..

      • itu kalau alasan kamu udin colut dr tempat kerja ?

        kan udah dijelaskan cari tantangan
        ngapain pergi lha wong dia udah dapet segalanya bersama Yamaha sering Juara tim satelit independent …

        • Dapat segalanya anda bilang? Tech3 juara di kelas primer setelah gabung KTM woy 20 tahun sama yamaha di kelas primer paling mentok podium 2 ampun dah.

      • “sbrnya ngga ada orang yg rela keluar dari zona nyaman demi tantangan baru”

        mungkin anda begitu, tapi tidak semua seperti anda.
        banyak orang (namun bukan mayoritas) yang memang kerjaannya nyari tantangan, kalau kerjaannya repeat tiap hari ya lama-lama bosan. sebagai contoh lihat orang kaya tajir melintir yang masih aja buka bisnis baru, padahal uang udah (bisa kita asumsikan) ga ada artinya buat dia (saking banyaknya).

    • kalo herve poncharal anti kemapanan! mana mungkin bisa membangun sebuah team lebih maju menjadi mapan.

      semua orang butuh zona nyaman, yg bener itu manusia butuh sesuatu yg baru agar otak berkembang dalam memecahkan masalah.

      kalo keluar dari zona nyaman, masuk aja zona kriminal. apakah nikmat hidup dizona kriminal?

      orang yg dulunya dizona kriminal saja berkembang untuk meraih zona nyaman.

  2. Disana tiap tahun begitu begitu saja. Terlalu mudah. Tapi ya begitu begitu saja. Lihat yamaha itu dejavu berkepanjangan. Gitu gitu aja tiap tahun. Tiap tahun masalahnya sama.

    • gada perubahan gada gebrakan sampe kakek legend udah bosen dengan itu2 aja..minta perubahan..yg dirubah cuma slogannya ?

    • Gitu gitu aja,gak pernah juara seri padahal udah Gonta ganti pembalap,bahkan pernah bilang sempat iri dgn Cecchinello karena bs menang dgn Crutchlow, padahal saat mereka bareng crutchlow Raihan paling tinggi cuma podium ?

  3. Mungkin sarapannya masih terasa hambar kalo belum bisa ngalahin Honda + MM.
    Kalo udah bisa ngalahin kombinasi Honda + MM baru bisa terasa gurih.

  4. dan tahun depan sarapan dia akan makin menyenangkan….krn kemungkinan tahun depan akan bertarung dg marq dibarisan depan…

  5. motivasi pedrosa juga wak gimana… masa cuma gara2 ga dijadiin tester oleh honda, pedrosa sakit hati, dan melepas image honda yg selama ini melekat pada dirinya…

  6. Karena waktu di Yamaha Tech3 tidak dilibatkan buat mengembangkan motor,dimana dr awal musim sampe akhir motornya ya gitu aja tetep kagak ada perubahan

    Sedangkan semacam pramac,lcr,dan next KTM Tech3 kan mereka jg dilibatkan dalam proses evolusi motornya,jadi membuat perjalanan jg lebih berwarna karena ada perubahan ditiap serinya

  7. Saya Lbh menduga Ini soal Keuangan. Bayangkan KTM di sokong REDBULL dan ketika Tech3 bergabung Tada Livery Redbull Langsung Full nemplok

    • Ya emang, kalo dulu ktm gak diselamatin bajaj mereka bisa apa?
      Jualan mereka sangat niche, cuma motor garuk tanah dan adventurer kebanggan mereka
      Untungnya ada perusahaan com-patriot, yg punya duit dan ambisi gila

  8. nah seperti yg ane bilang
    Tech 3 mencari tantangan keluar dr zona nyaman di Yamaha. bahkan tiap musim sering menjadi juara Satelite Independen terbaik bersama juga dengan pembalapnya
    di Yamaha pun diberi ke bebas an berkreasi dengan motornya
    suka ngelihat beliau selalu excited menghelai nafas melihat pembalapnya battle dgn pembalap lain…
    kemren juara malah ekspresinya biasa biasa saja…? Congrat Ponch dan Tech3

  9. Baru juga podium sekali dah jumawa si poncharal. Itu jg dlu klo mampu sewa motor pabrikanlah,pasti sering podium. Skrg kan disupport oleh KTM yg baru mulsi dan jorjoran ksi support. Lagian marquez cedera,yamaha mesinnya lg ad masalah. Pembalap ducati jg byk dilema,mulai duo pembalap pabrikan hingga satelit kecuali JM itupun cedera kemarin makanya blm maksimal. Klo g gtu KTM tetap di papan tengah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version