Home MotoGP Potensi Preseden Yang Tidak Bagus Dibalik Kasus Skandal Mesin Yamaha MotoGP

Potensi Preseden Yang Tidak Bagus Dibalik Kasus Skandal Mesin Yamaha MotoGP

187

TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui Yamaha secara factory dan kedua team MotoGP aktifnya di 2020 ini memperoleh sanksi pemotongan point championship manufaktur dan team oleh FIM MotoGP stewards. Yap, FIM MotoGP stewards kurang sekali memberikan penjelasan sampai saat ini mengenai apa yang terjadi di dalam sana. Mengenai nama part yang diganti sendiri FIM tidak memberikan penjelasan yang jelas, waktu kejadian pun tidak dijelaskan oleh FIM stewards. Media hanya bisa menduga-duga dan mengekstrapolasi berdasarkan pengurangan point yang diderita Yamaha akibat pelanggaran regulasi ini yang memang arahnya ke seri Jerez 1.

Namun secara umum sampai tulisan ini ditulis belum ada informasi lebih lanjut apakah ada sanksi yang akan diterapkan kepada para pembalapnya. Secara umum saya sendiri melihatnya seperti seakan akan semua pembalap Yamaha tidak tahu-menahu terhadap detail pergantian part mesin itu sedikit pun (dan memang mereka mengaku tidak tahu di artikel sebelumnya )

Mereka terkesan hanya diketahui ‘terima bersih’ dari pabrikan dan team mengenai motor yang akan mereka gunakan di race weekend. Namun biar bagaimanapun tetap ada catatan un-official yang melekat ke diri mereka (catatannya adalah bahwa mereka membalap di Jerez dengan ‘mesin ilegal’) yang mau nggak mau ‘tetap akan jadi catatan’ apapun yang mereka peroleh di akhir musim nanti  .  Misalnya, Quartararo menang di Jerez dengan ‘mesin ilegal’, begitu kira-kira.

Kalau TMCBlog sendiri berpendapat mungkin ada bijaknya jika ‘ada yang harus dibayar’ oleh para pembalap untuk bisa menebus kesalahan yang mungkin sebenarnya benar-benar tidak mereka niatkan atau sengaja lakukan. Ini tentu akan bisa paling tidak membuat ‘nyaman’ pembalap jika misalnya nanti pasca Portimao, Vinales juara, atau Fabio juara atau Morbidelli juara . . Namun yang jelas hanya FIM Stewards, Yamaha dan Tuhan yang tahu segalanya mengenai kisah kasus ini.

Juara dunia dengan musim yang spesial saja sudah merupakan sebuah catatan tersendiri, apalagi juara dunia dengan catatan pernah dalam satu seri menggunakan atau bahkan juara seri tersebut dengan menggunakan ‘mesin ilegal’ . . Mungkin lebih baik terima hukuman, lalu mulai dari awal . . Hukumannya ? Bisa pengurangan point, bisa hukuman jenis lain semisal start dari pit lane, long lap penalty dua kali atau apapun  . . ini cuma opini lho yaaa, terbuka buat ppini lain tentunya.

Selain Itu, segala yang telah diputuskan oleh FIM Stewards Ini berpotensi menjadi sebuah preseden buruk. Buat sobat yang belum ngerti dengan arti preseden . . Jadi preseden adalah sebuah kosakata yang dekat dengan kata Role Model atau acuan . . hal yang telah terjadi lebih dahulu dan dapat dipakai sebagai contoh”  . . . Bisa dibayangkan, kalau misalnya kita mulai berandai-andai nih  . . .

Misalnya kita bikin skenario: Satu pabrikan non-Yamaha dalam 3 race ke depan misalnya bongkar, lepas segel mesin malam malam sebelum race untuk melakukan pergantian parts tanpa sepengetahuan pembalap lalu tiba-tiba di race Valencia pembalapnya bisa sangat kencang luar biasa dan di race bisa menang dan bahkan ujung-ujungnya mungkin keluar sebagai juara dunia . . . Pabrikan tersebut dengan 100% sadar melakukan dan berniat melakukannya karena tahu, FIM MotoGP steward tidak akan memberikan Hukuman apapun kepada pembalap, hanya kepada team dan pabrikan.

Dan ini jelas sebuah harga yang ‘nggak terlalu berat’ walaupun mungkin malunya akan luar biasa . . Ini bisa dilakukan karena ada yang ingin sesuatu yang instan dan karena yang teringat sama semua orang adalah juara dunia pembalapnya sementara juara pabrikan dan juara team boleh dibilang jarang yang kepo ingin tahu.

Yang jelas Jepang adalah sebuah negara dengan tradisi malu yang sangat kuat dan mendarah daging. Kasus skandal ini sepertinya akan menjadi sebuah berita yang mengguncangkan bagi mereka.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

187 COMMENTS

    • Bukan hanya potensi preseden buruk, tapi ini sudah menjadi preseden buruk karena yang melakukan adalah pabrikan besar sekelas yamaha yang melanggar aturan. Kalo memmang pingin ganti ya tinggal mengajukan trus dibuka mesinnya tunjukkin part yang mau diganti, gitu aja kok repot, lagian kan mesin motogp gak ada paten nya dan bukan mesin untuk komersial.

    • Hukuman untuk rider dengan kasus ini harusnya juga ada wak, cmn karna situasi championship jadi prediksi saya menunggu hasil valencia 1, sambil mempertimbangkan opsi2 hukuman tanpa menghilangkan keseruan perrbutan championship. Jelas pabrikan lain pasti protes, mereka juga punya masalah tp tetap ikut aturan dan menderita dgn masalahnya.

    • Kayaknya kedepannya ada yang banding minta poin pembalapnya di kurangin juga, biasanya team yang pembalapnya dekat2 poin kejuaraan

    • @qwandar ada baik nya untuk artikel yg udah tersudut ini dimana Yahama bener” salah mending Lo jangan nongol dlu deh

    • @qwandar? Masa? Itu bos ducati sama bos suzuki lagi pada beropini. Pens yam aka valeban pada nyerang MM krn beropini. Kok pada diem pas yg beropini bos pabrikan yg intinya sama.

  1. misal, seandainya ternyata semua mesin (5) telah dibuka segel dan diganti valve-nya. menurut buku aturan FIM hukuman buat ridernya apa ? misal start dari pitlane ?

      • Harusny semua hasil yg diraih dgn motor ‘illegal’ akan didiskualifikasi. Sperti misalny thun 2018 quartararo pernah menang d moto2 tpi setelah d cek tekanan ban ny di luar dari yg bolehkan regulasi hasilny kemenanganny tsb d didiskualifikasi kan? Atau mv agusta d seri pembuka wss600 d didiskualifikasi juga. Tpi itu dia untuk kelas pndukung merah cepat dan tegas membuat keputusan tpi untuk klas utama mereka lmbat

        • @Nagashima bener kamu, harusnya ada kebijakan mengdiskualifikasi hasil race saat memakai mesin yang telah dibuka segelnya/dicurangi. saya lebih setuju dengan cara ini.
          sangat ringan sekali nanti pembalap Yamaha bilang, “saya kan gak tau mesinnya udah ke gimana, bodoAmat yang penting saya juara dunia”.

  2. Ya harusnya pebalap tetep dapat sanksi,bagaimanapun juga mesin yg dipake melanggar regulasi

    FQ20 pernah dianulir kemenanganya karena tekanan angin ban tidak sesuai regulasi
    Mm93 pernah kena black flag karena telat masuk pit untuk ganti motor

  3. Tapi kan poin aturan di MSMA juga menjadi sebuah halangan bagi pabrikan untuk “telanjang” dihadapan tim lain.
    masa iya ganti part klep mereka harus kasih blue print atau detail jeroan?
    Apakah “regulator” dalam hal ini Dorna atau FIM tidak bisa berdiri sendiri dengan sebuah komite yang ” tersumpah” sehingga jiak ada satu tim yg mau ganti part dan harus menelanjangi diri, mereka yakin bahwa mereka ” telanjang di hadapan” orang/ komite yg kompeten dan tidak akan mengungkap aib nya dan semua tim yg terlibat dalam kompetisi tersebut benar2 mengakui kredibilitas komite tsb.??
    ini berat bang Haji…!!..

  4. Langkah sembrono yamaha motogp, mencoreng brand image secara keseluruhan perusahaan. Efek jelek tentunya jg berimbas ke dorna dan fim jika menggampangkan masalah ini. Bener2 diluar dugaan

  5. Dogeza semua kayaknya petinggi Yamaha Jepang,
    atau nangis sesenggukan kayak politikus Jepang yg menyatakan mengundurkan diri di press conference nya gegara korupsi (cmiiw)

  6. ini mnrut sy ymha blunder 2 kali. prtma mlnggar aturan, kedua mengekspose kekuatan. jika rumor bnar bhwa yg dgnti hanya valve mesin jerez, bs dktakan prforma di seri itulah seharusnya ymha berada dmna performanya bagus, namun krn kndala Valve maka mesin lain tdk bs mencapai prforma mesin 1 Jerez. tentu ini bs mmbuat pabrikan lain antisipasi kekuatan ymha dgn Valve yg bnar..
    lbh baik sanksi jg dbrikan jg kpda rider, atau selaku pabrikan ymha absen di seri Valencia ini. btw tenggatnya kok lama ya dari seri Jerez ke pengumuman ini, jgn2 wak haji TMC yg mmbongkar kasus ini lewat pertanyaan alokasi mesin kmren ??

    • Nah aneh memang masak alokasi mesin itu rahasia pabrikan?? Kn histori penggunaannya djembreng langsung oleh dorna n spek otomatis semua sama (mncoba khusnudzon) jd klo saya pikir rahasia apaan???
      Ternyataaaaaaaaaa……..

      • bkn yg itu gan, kl penggunaan mesin emg bner djmbreng, tp kl g salah wak haji tnya knp mesin 1 jerez tdk prnh lg digunakan..
        kemungkinannya ada 3: prtma bhwa bnr itu berkaitan dgn strategi tim dn bersifat rahasia, kdua bhwa msin tsb sdh under investigation, ketiga bhwa msin tsb akn dttupi/dsmbunyikan..
        yg aneh adl prosedur stlh race, yaitu scrutineering.. ap yg trjadi stlh race itu slesai, harusnya sdh dr dulu ketahuan kl segel d buka..

      • Makanya saya mikir apakah dari pertanyaan tmcblog yang menanyakan alokasi mesin ke Sumi San dan di jawab dengan kerahasiaan mengundang kecurigaan team Steward MotoGP..patut diacungi jempol nih tmcblog

        • nah bnr, itu yg dtnyakan wak haji, sy bls komen kok g mncul2.. kl data penggunaan mesin ya emg djmbreng..
          kemungkinan ada 3: prtma bhwa bnr itu berkaitan dgn strategi tim dn bersifat rahasia, kedua bhwa mesin tsb sdh dlm tahap investigasi, ketiga bhwa mesin tsb akan d biarkan/dtutupi..
          yg aneh harusnya kasus buka segel ini sdh ketahuan stlah race slsei saat proses skrutinering…

      • jadi bani andai nih. seandainya pembalap yamaha nanti juga kena hukuman, bisa aja cuma race yg pake mesin 1 (mesin yg curang) aja yg poin ny dihapus, bukan semua race. mungkin gara2 itu juga alesan tim yamaha ga pake lagi mesin 1, buat jaga2 kalo ketahuan

    • Di jelasin kok, cuman ga jelas di ganti apa engga. Di penjelasan nya cuma bilang ” menggunakan klep yg bukan hasil homogolasi

  7. Harus banget rider dapet penalty point meski entah tau atau tidak, secara mereka dapet keuntungan atas penggunaan mesin “illegal” itu.

  8. out of the topic..

    kenapa sistem valve seperti vva, vvti dan vtech atau apapun nama dan bentuknya tidak digunakan di motogp ya

  9. mungkin karena pergantian partnya tidak meningkatkan kinerja mesin , makanya rider tidak di sanksi

    Sama seperti yg diajukan yamaha kemarin, minta ganti part klep untuk alasan safety, bukan meningkatkan kinerja mesin, tapi dicancel karena tim lain minta syarat daleman mesin M1 boleh di tonton

    Mungkin ada celah regulasi yg dimanfaatkan yamaha , mengorbankan tim untuk safety pembalap

    • Segala sesuatu yg ada didalam mesin bod*oh rasany klau dibilang tidak berpengaruh/meningkatkan kinerja mesin. Logikany aja klau tidak meningkatkn kinerja mesin mengapa mereka mau menggantiny pas musim sudah berjalan? Meningkatkn kinerja mesin tidak melulu ttg power, membuat mesin mnjdi lebih durable juga termasuk meningkatkn kinerja mesin. Alasan safety itu hanyalh sebuah alasan untuk mengakali regulasi sma seperti yg d lakukan ducati ttg sendok udara yg d bilang tujuanny untuk mendinginkan ban tpi yg sebenarny adlh menambah downforce.
      Memang ada unsur safetyny disitu tpi mslah utamany mslah klep itu adlh membuat motor mereka tidak durable bhkan mogok sperti rossi d jerez1 dan morbidelli d jerez 2

    • kenapa mesti di buka dan mereka mempertanyakan meningkatkan performa atau tidak. kalo pernah baca tentang cara korek motor bebek ajh lah ya. sudut bibir klep itu ada pengaruh nya ketemu sama sitting klep. bahkan cekungan sebelum payung klep jg ada pengaruh nya. walau ga banyak . ini yang mungkin anggota lain pengen tau. material nya ajh yang di ganti atau sudah termasuk sudut sudut di klep nya cmiiw

    • Memang tidak meningkatkan performa, tp berpengaruh ke durabilitas. Yamaha ngakalin durabilitas dengan me limit rpm. Ada dugaan part tersebut diganti, otomatis rpm tidak di limit, balik lagi ke performa awal. Sama aja menguntungkan. Dan ini betul kata wak haji bisa jadi celah untuk kedepannya dan gk baik untuk sportivitas.

  10. Dari 1 kecurangan yg dibiarkan akan muncul kecurangan2 lain entah dari pelaku awal maupun pelaku lain yg melihatnya sbg sebuah kesempatan…

  11. Aq yakin seyakinyakinya insyAllah Tinggal nuggu artikel pengunduran diri,pensiun ato apalah bhsa halusny.dr top manajemen yamaha

  12. Dari kasus team di motogp
    -cekcok antar pembalap dlm team
    -awal2 penyeragaman ecu
    -ocehan petinggi
    -masalah ban
    -engine
    -dan lain sebagainya cuma honda yg perasaan telaten menghadapi masa sulit sekalipun harus puasa semusim untuk menyelesaikan masalah cuma media aja yg heboh padahal hondanya slowrespon dan fokus bekerja beda ama masalah kasus2&masalah team2 lain yg udah heboh dari internalnya sendiri
    Ga salah klo honda selalu menempuh jalan sulit yg ga dilewati team lain…:#koreksi klo salah

  13. Preseden itu sudah ada contohnya wak di kasus winglet, proposal pertama dikatakan untuk downforce lantas ditolak, kemudian diajukan lagi dgn barang sama persis dengan proposal mendinginkan ban, harus diterima ?.

    Prediksiku opsi hukuman rider sudah ada, hanya masih mempertimbangkan keseruan championship jadi belum diputuskan hukumannya, kemungkinan menunggu seri valencia 1 selesai. karna jelas kalau poin 25 dan 20 hilang yah selesai championship.

    • Mengganti part dengan resmi aja ada hukumannya, rider harus start dari pitlane. Lah ini mengganti part dgn ilegal. Sayang sih ridernya, mereka emang ga tau masalah, tp bagaimanapun yg dipakai mesin ilegal. Kesalahan yg fatal, padahal 3 dari 4 rider yamaha ada di perebutan championship.

  14. LOOSER!!! Shame on you. Yang lain mencari celah di regulasi teknis, lhaa yang ini cheating parts. Bahkan untuk event balap pasar senggol aja ini dibatalkan seluruhnya.

  15. Berarti mesin yg dipake di GP Jerez baik itu sudah dicoret karena rusak atau masih utuh kayak punya Fabio di eliminasi dr alokasi dong,kan itu jadi barang ilegalnya

    • Kita akan lihat nanti di hari sabtu sore, atau ahad sore karena baru saat itu Dorna Kirim Sheet pengunaan Mesin, sementara ini belum ada mesin Fabio Di jerez yang dicoret walaupun nggak eprnah dipakai setelah jerez

      • Penyelesaian masalahnya gampang. Semua pembalap yamaha di seri jerez 2 dihilangkan pointnya dan 3 seri terakhir start dr pitlane.
        Kan kasihan juga yg balapan bersusah payah banyak juga yg celaka namun ternyata dicurangi sama yg juara

  16. FIM harusnya transparan deh, apanya yang diganti? Cat nya atau kabelnya atau stikernya??
    Bandel bener! Berani melanggar aturan, gak habis pikir

    • Ayoo.. Yamaha keluar aja dari Motogp nanti yg Jepun lain nyusul Suzuki , Honda
      motogp bubar Cakkk… Ducati mau lawan siapa..HD po..

  17. pendapat pribadi:
    D gelaran yg jadi kiblat balapan motor sejagad, ymh melakukan blunder yg sangat besar kalo tdk boleh dibilang memalukan, untuk race enthusiast pasti akan menjadi catatan tersendiri “oh pabrikan ini dulu pernah gini…”

    Semoga sih ini otaknya cm dari satu petinggi-nya aja, tp kalo kesepakatan team… waduh… berat itu urusannya

    tapi tenang aja kalo disini (indo), orangya gmpang lupa & maapin kok hehehe

    No offense ya…

  18. susah dipercaya klo ridernya “sama sekali tidak tahu”
    Mereka yg tahu banget kondisi seluk beluk motornya, power yg mereka rasakan dsb
    Memalukan sekali sebenernya yang yamaha lakukan ini
    Bukan skandal ecek2 sih, ini gelaran motogp lho
    Harus ada perwakilan dari pihak yamaha yg kena cekal

    Dulu aja renault di F1 kena skandal aja akhirnya kena meskipun telah lewat, setelah driver yg dikorbankam ngaku

    • Sya cukup percya klau d bilang riderny tidak tau. Alasanya adlh setelah jerez yg dominan banget seri2 berikutny mereka bergantian mendapatkan hasil yg buruk yg dri penuturan pmblap menemukan mslah2 aneh pda motor. Contoh konkritny ketika vinales mnjatuhkan diri d austria krna keanehan pda rem dan seringny mereka dari posisi terdepan mundur sangat drastis hingga posisi puluhan yg menurut penuturan riderny mereka tidak nyaman dgn motor ada keanehan.. yah mungkin ini efek dari penggantian part mesin tanpa testing yg cukup atau mungkin tnpa test secra langsung d trek. Ini juga d perkuat mereka sperti ogah memakai lorenjo untuk test motor sekaliny ikut test motor mlah d kasih spek lawas yg seadany yg bhkan d bully r1

      • Sangat amat mungkin hasil race fluktuatif itu karena ada andil part ilegal yang gak mungkin bisa dites dalam sikon normal.

      • Justru ketika hasil antar race fluktuatif, malah rider tahu
        Kenapa bisa cepat di race a tau2 lambat di race b
        Paling terlihat si taro sih musim ini
        Tau2 lambat tapi sejauh ini secada umum rider2 yamaha ketika ditanya jawabannya diplomatis sih
        Justru curiga klo diplomatis ini

        Saya sih gak menyalahkan ridernya secara telak tapi ini jelas yamaha yg paling bersalah

        Bener kata wak sih, sportifitas dorna fim diuji disini
        Dimana yg terbukti curang adalah tim besar, dan 3 ridernya tengah bertarung dan peluang besar juara musim dan sialnya di akhir2 musim
        Kalo dorna fim tegas (dan memang harus tegas) maka kejuaraan motogp 2020 ini berakhir sudah

  19. kayanya lin jarvis harus bertanggungjawab….semua keputusan dri doi kan, manajemen yahaha jepang g tau kayanya hal ini, ini kasusnya spt sendok angin gak wak, atau ini lbh berat. karena yahhah dah sadar…masalah klep

    • ga mungkin principal jepang kaga tau bro,, soalnya yang punya akses ke supplier valve kan principal di jepang, bukan tim Y eropa

      ya ini hasil kolektif mereka

      • gila sih tetep jin jarpis,,, ah tapi dari dulu doi jago mengakali rule, inget gak motor openclass,,, alih2 membuat motor baru yg downspec, malah menyewakan motor yg lebih tua 1 2 tahun untuk pengembangan ecu,,,,

  20. Maybe akhir musim Sumi cabut dari tim yamaha MotoGP mengingat tradisi disiplin Jepang yg luar biasa, untuk sanksi,,?
    Well opini pribadi efek domino dalam olahraga pasti berlaku, harus ada sanksi buat pembalap ( bisa mungkin pengurangan poin ) , Dorna dalam hal ini harus tegas, demi kabaikan MotoGP itu sendiri.

  21. masalah point pembalap ini mesti kelar minggu ini si, soalnya sisa race dikit lagi,, keputusan u/ menjatuhkan sanksi/tidak harus gercep dan clear minggu ini ,

    klo sy sih lebih condong ke opini wak haji yg mengharuskan para rider yamaha start dari pit sbgai sanksi nya,,

      • sy yakin semua rider yamaha sadar akan kasus ini.besar kecilnya pasti akan berpengaruh buat race bsok.
        sejauh ini sih mmang buat rider blm ada sangsi apapun ttpi resiko hukuman itu pastinya sudah terpikirkan di dlm benak mereka masing2,, tnggal tnggu sj perkembangannya

  22. Sudah terjawab kan mengapa lorenjo tidak d pkai ymha dan sekalinya d pkai d kasih pket 2019 yg seadany, pdhal awal jorge lorenjo d tunjuk sbg test rider mereka anthusias banget…. jorge lorenjo itu tipe pembalap yg gak bisa d ajak mslah ginian sma sperti alonso di f1

    • Oh tidak… memblap dgn mesin atau motor illegal ganjarannya adalh didiskualifikasi. Sperti yg dialami mv agusta d wss600 seri pembuka 2020 dan quartararo di moto2 2018

  23. Randy krummanacher saja tahu ada suatu part yg ilegal di pasangkan di MV Agusta F3 nya,apa dia bongkar sendiri atau utak atik motornya sendiri?,kan gak mungkin
    Pasti diberitahu mekaniknya

    Karena dia berjiwa keadilan tinggi dan gak mau juara dgn cara kotor,dia mengadukan timnya sendiri deh, alhasil harus nganggur di 2020 ini dan mau cari tempat di Ducati barni

  24. Ymha sendiri yg menggemboskan timny sendiri. Msma dan tim udah mengijinkan pergantian valve dgn syrat harus d terangkan scra terbuka tpi ymha gak mau. Honda sja yg sejatiny bukan mengganti part nmun lebih krna merekai pkai teknologi yg blum pernah dpkai d motogp tim lain memintany untuk d bongkar dan d jlaskn scra detail honda menyanggupi dan berkat itu ymha dan pabrikan lain meniru dan menerapkan teknologi tsb dan itulh awal betapa kuatny ymha musim 2015 (teknologi ssg)

  25. Saya mikirnya ini ada hubungannya dengan pertanyaan tmcblog yang menanyakan ke Sumi San tentang alokasi mesin Yamaha dan di jawab Sumi San dengan mengatakan ini rahasia dapur perusahaan, nah disinilah team Steward MotoGP curiga dan mengambil langkah selanjutnya tanpa di ketahui oleh team lain maupun para jurnalis MotoGP…
    Sebuah pertanyaan sederhana tapi mengakibatkan dampak yang luar biasaaaa..

  26. Klo di rencanakan oleh Dorna sih gak Mbah (gak boleh ngomongin politik disini), tapi klo Yamaha pastinya sdh punya rencana ini buktinya ketahuankan..
    Klo saya sih kasian sama para pembalapnya apalagi dengan si kalem relax gimbal Morbido yang cool..

  27. Analogi di dunia martial arts, petarung yang menang bisa bisa dianulir kalau ketauan doping. Walaupun fighter bilang saya gak tau kalau itu ada di menu vitamin yang saya makan. Intinya manajemen dan usernya diberi punishment. Tapi kalau ini gak tau lah.

  28. Kalo udah gini pengurangan point rider menurut saya wajib hukumnya. Kalo franky kan m1 2019, apakah bakal ada pengecualian??

  29. yamaha akan trkenal dengan kata CURANG dan akan melekat menjadi mindset yg bisa mempengaruhi penjualan motor mereka jg,,,

  30. Awal musim :4 pembalap Yamaha akan juara dunia bla bla bla catat omonganku

    Tengah musim:taro akan juara dunia bla bla bla,catat omonganku

    Hampir akhir musim:Y tahun ini gak akan juara dunia,catat omonganku

    Catatanku Abis mbah!! Prediksi kok mencla mencle,kalo ini t0gel atau prediksi bola udah digebukin massa yg masang taruhan lu mbah ??

  31. Brarti taro sama si krebo kmaren menang pake cheat donk
    Ya pembalap harus di penalty juga donk kan dia yang menikmati kemenangan kalo ngga nge cheat pasti tumpul ngga bakal menang..
    Simpel kan xixixixiii..
    Ada ada aja ni mamaha segitunya mau jurdun pake cheat kayak nge game aja

  32. Logikanya kalau bner klep yang diganti brati raungan rpm kembali normal dong, secara raungan tpm motor yamaha sempat kena sunat dan pasti dikasi tau lah kepembalapnya buat maksimal sampe berapa rpm

    • Mesin yang di ganti partnya itu kan mesin di jerez 1 dan 2. Mesin selanjutnya bukannya gak diganti? Itukan kenapa poin yang dikurangi poin waktu dinjerez.
      Bener gak sih? Artikelnya kurang clear kali wak haji. Bantu dong

      • O…mgkn ini jwbnya ketika mesin taro 1 2 kok Sumi g mau jwb,ternyata dlm investigasi dan apes nya ketahuan….point e si g seberapa,malunya …….

  33. Kalo sampe yamaha jurdun berarti cap “menang dengan mesin illegal” bakal nempel sampe kapanpun. Bahkan bisa2 nempel ke kejuaraan motorsport lain dimana yamaha juga ikut bergabung

  34. Itulah gunanya tes pra musim, yang selama ini banyak yg mempertanyakan langkah2 test pramusim tim yamaha, bukan semata yang paling cepat tp juga menguji mesin dalam simulasi race bahkan lebih ekstrim termasuk part2 tersebut. Meskipun untuk kelas motogp sebenarnya ga boleh lagi ada kesalahan konstruksi seperti itu. Tp yah nasi udah jadi bubur, sebenarnya berat jika harus pengurangan point rider dalam situasi kompetisi yg seru seperti ini. Tapi jika tanpa sanksi maka yg lain akan menjadikannya sebagai yurisprudensi kedepannya, besok2 mereka akan melakukan hal yg sama jika yg dikorbankan toh cmn poin team dan pabrikan.

  35. Ini squidward dapet hukuman gak y? Khn habis balap tuh motor mesin diperiksa, masa buka segel squidward kagak tau? Aneh sih bisa kecolongan, mosok sekelas motogp segel rusak kagak tau, mosok bisa ganti segel just like that? Klo bener part yg diganti adalah valve, or maybe yg diganti pentil ban x y jd squidwardnya susah deteksi

  36. Diem-diem pasang ECU inhouse? lu kira abis balap kaga ada skrut??? ?
    lha tekanan angin kurang 0,02 bar aja bisa ketauan apalagi ECU

    • Tenang aja..kan yang dihukum cuma pengurangan poin team, bukan poin pembalap ?

      Pembalap tinggal bilang aja “ane kagak tau” wakakakakakak ?

  37. Bro…performa ga cuma tambah kencang aja, durabilitas juga termasuk menambah performa…

    Coba kalo ga diganti itu parts nya… bisa-bisa blow engine tiap seri…

  38. Gegara tekanan angin tidak sesuai aturan saja seorang pembalap bisa di diskualifikasi (padahal si pembalap kagak tahu)

    apalagi ini bongkar segel mesin, ganti komponen (padahal si pembalap kagak tahu(ngakunya)) kagak di diskualifikasi sama sekali? hmm suatu percubaan yang mantapp

    • Ini kok seperti kartu truf…jika mir Nurdin,bisa jd ni kasus di tutup..tp jl slh 1 pmbalap ymh Nurdin,baru itung2an…kl di potong sekarang jd g rame kompetisinya.imbas ke rating kl sinetronya

    • Emang dasarnya suzuki itu sudah bagus dari dulu …

      Jg produk2 yg di jual – kwalitasnya termasuk bagus bahkan lebih bagus dari y

      Sayang penjualan di nkri kayak gini…entah salahnya dimana

      • Ga tau deh, ane kalo beli motor prioritas suzuki, kecuali maticnya. soalnya males lihat desain motor sekarang pabrikan lain kebanyakan bikin shape shape yang ga perlu. Dari sisi mesin sih tergantung ya.

  39. @qwandar ada baik nya untuk artikel yg udah tersudut gini dimana Yahama bener” salah mending Lo jangan nongol dlu deh

  40. kasian H dan S nama japan ikut kebawa2 euy!
    pembelaan pasti ada, andai kata kasus ini di bawa ke ILC pun pasti YRT di bela mati2an sama RG dan kawan2nya menuduh dorna ini oligarki, gak ngerti pancasila, otoriter! semoga bang karni gak bwa kasus ini ke ILC

  41. Saat menang sombongnya setinggi langit, saat kalah sembunyi atau beralibi dewi fortuna, faktor luck. Seolah g respek sama tim lain yg menang.
    Saat curang g ketahuan dan menang bilangnya motor dewa,
    Saat kecurangan terungkap bilang ini skenario.

  42. Pembalap itu bagian dari tim ngga sih?

    Kalo engga, ya engga perlu di kenai sanksi penghapusan point.

    Ehh, tp kalau seorang pembalap bukan bagian dari tim, kenapa tim² pabrikan tidak saling tukar pembalap mereka, biar sama² cari untung kemenangan. Wkwk

    Perlu hukuman yang tegas biar kedepannya balapan bersifat fair, bukan breulah otak atik mesin, demi bisa juara dunia, ehhh

  43. ‘There is a risk we could lose the title but we wanted to play cleanly… If Yamaha win, there will be a shadow on the title.’ –Davide Brivio–
    gokil pernyataan beliau
    ternyata fix yaa ga akan ada banding dari S maupun D untuk menggugat demi sanksi para rider Y

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version