Home MotoGP Morbidelli : Yamaha M1 Spek A bukanlah paket yang menguntungkan di 2021

Morbidelli : Yamaha M1 Spek A bukanlah paket yang menguntungkan di 2021

42

TMCBLOG.com – Franco Morbidelli akan tetap menggunakan Yamaha M1 Spek A pada musim MotoGP 2021 nanti yang pada dasarnya dibangun berbasiskan Yamaha M1 2019 versi development paling akhir. Motor ini bukanlah motor factory yang artinya paket motor ini boleh dikatakan tidak memiliki development sama sekali di 2020 maupun di 2021 nanti. Di artikel terdahulu kita bisa melihat apa sebenarnya yang membuat Yamaha tidak bisa memberikan Morbidelli paket yang sama sama updatenya seperti yang diperoleh Rossi, Quartararo dan Vinales. Dan kali ini KitKia akan lihat bagaimana respon Franco Morbidelli terhadap kenyataan ini dan apa opininya terhadap Yamaha M1 spek A di tengah persaingan MotoGP 2021 nanti . . . .

Persis seperti yang pernah dianalisa oleh Valentino Rossi beberapa saat yang lalu, secara umum pembalap dengan motor tahun lalu akan terbebas dari jadwal pengetesan dan development part part baru, sehingga mereka bisa fokus pada race weekend saja. Namun tetap saja menrut Franco Morbidelli tidak begitu, buatnya Yamaha M1 Spek A bukan paket motor yang memberikan keuntungan di musim 2021 nanti.

“Tidak, karena motor (spek) baru (masih) bisa berkembang. Anda dapat mengerjakannya, Anda dapat mengembangkannya, Anda dapat melakukan modifikasi, dan pabrik terus memberikan pengembangan. (sementara) Motor saya yang itu itu saja. Saya perlu memaksimalkannya, dari paket itu.

“Tentu saja, ada beberapa part yang bisa saya ambil dari pabrikan dan saya coba diadaptasikan dengan motor saya. Namun saya selalu mengatakan bahwa motor terbaru adalah yang terbaik karena alasan ini dan semua energi dari pabrikan ada pada paket itu. (Pabrikan) Terus berada pada paket terbaru itu untuk membuatnya tumbuh dan berkembang.

“Motor terbaru adalah motor dengan margin terbanyak (untuk ditingkatkan), (sementara) motor saya (hanya memiliki) satu margin terkecil.” Namun begitu saat Morbidelli ditanya apakah dia senang tetap menggunakan sepeda ‘A-spec’ tahun depan, dia menjawab: “Ya, saya senang ” Oh ya sudah kalo gitu, walaupun terlihat belum sesuai dengan harapannya, namun Franco ini sepertinya bukan tipe pembalap yang neko neko juga ya, apa yang diamanahkan itulah yang ia maksimalkan.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

42 COMMENTS

    • Jauh amat perumpamaannya, dia kan ga naik YZR500. Kalo pake perumpamaan jupiter z generasi awal sama jupiter Z burhan baru masuk akal.

      • Wah, jadi inget Jupiter Z yang masih 102 cc waktu itu. Temen saya pernah punya dulu, motor ini dioprek jadi spek road race kelas Seeded tapi dipake buat berangkat sekolah, hehe.

    • Gak usah pusing2, Morbidelli itu ibarat naik motor 2 tak 500cc lawan motor motogp 990cc 4 tak pas dulu di campur musim 2002. Naik podium sih bisa, tapi satupun gak ada yang bisa menang pake 2 tak. Bahkan kalah sama M1 yang masih pake karburator.

  1. Mirip² pol esp ketika ditech3 dlu ini simorbi dipandang sebelah mata,padahal jebolan juara dunia moto2,mending ke rossi aja kasih motor spek tua,dan motor terbaru ke morbi gt seharusnya… sayang sekali org kayak morbi ini disia² kan..

  2. Lebih ngeri Honda lah bakal pakai oval piston plus otak asimo
    Oval piston dibanned plus single ecu polisi software itu buat ngerdilin Honda

  3. Kang tauufik ada deesas deesus raamalan cuuaca katanya desain varioo 150 (157) 2021 nantinya akan berubah kang , min plus nya bentuknya agak killerr dari desain sekarang , gambaran lampu depan alis nya keren banget kang dan ada sebagian desainnya yg mirip aeroxx .. dan untuk desain yg sekarang diwariskan sepenuhnya ke varioo 125 … Tolong kulik kulik kang apa bener nih inpo nya …

  4. Mau mengeluh pun rasanya juga percuma…. ya akhirnya pasrah aja… sadar diri klo dia brda di tim “sultannya” mbah darmo

  5. Apa mungkin yamaha sebenernya ingin mengkomparasikan antara m1 2019 spec a vs m1 2021. Untuk melihat sejauh mana perbedaan nya kelak.. karena morbidelli sejauh ini tampil baik dibanding teman2 yamaha nya.

  6. Saya bingung sama pembalap tim pabrikan Yamaha, lebih memilih utk pakai mesin 2019, mungkin secara data lebih bagus, tapi saat itu juga tim tim lain sudah melangkah 2 langkah di depan Yamaha utk musim berikutnya.

  7. Kasian morbi, dia mesti legowo mengalah demi sang guru..
    secara logika disaat fabio hengkang kan harusny morbi yg jadi prioritas di tim tsb

    • Setuju, udah cukup kesempatan yang dikasih ke dia. Udah berapa tahun di pabrikan tapi ga ada hasil yang bikin bangga. Kebanyakan ngeluhnya.
      Gantian kasih kursi pabrikan ke yang muda.

  8. Wak ane kadang bingung, sebenernya kalo tim satelit mau motor terbaru, itu negonya gimana? Apa persentasenya lebih besar ke biaya sewa atau dari pabrikannya yg nyuruh pake motor terbaru? Tahun depan contohnya ngondah pake motor 2021 semua kan? Itu apa maunya pabrikan atau LCR lagi ada lebihan uang sehingga mampu sewa motor terbaru? Atau Honda kasih diskon demi pengembangan yg lebih cepet? Soalnya yg sering sya denger alasan tim satelit dpt motor lawas ya karena biaya.

  9. Ya di kira2 aja motor baru 4 biji ma motor baru 3 biji mahalan mana…? Kasarnya mungkin yg spek 2019 itu motor sisa… hehehe.. mungkin lho ya.. soalnya kan ga mungkin bikin baru trus hanya d pke morbi aja

  10. whaha agak ada sedikit kekeceweaan nih dr morbi,cuman salutnya dia kalem sih di akhir ngucapin “ya saya senang”, terlihat lah mentalitasnya kali ini…
    apa ga mau nih suzuki taun 2022 nawarin morbi tim satelite tapi pake spek pabrikan ?

  11. Bukan soal harga, kalo dari harga sih pasti sama aja. Yg bikin spek terbaru ‘mahal’ karena riset masih jalan, ada biaya rnd disana. Sementara motor lama tinggal cetak ulang partnya.

  12. Tiap opsi ada untung rugi/plus minus.
    Yang di bilang morbidelli bener, yang di bilang rossi juga betul.
    Tapi semua bisa salah di mata netijen.

  13. Yg berat itu SDM nya,yg nanganin pasti bukan sembarangan orang,yg udah senior dan ahli di bidangnya dan jumlahnya pasti terbatas,kalo demand-nya lebih banyak apa gak membebani engineernya itu

    Soal biaya bisa lah di kompromi sana sini

  14. yaa jelas, beli/sewa lebih murah motor+mesin 2019 ??

    tinggal pake saza, gak mikir RnD ,,,, klo potensi mesin 2019 ternyata lebih baik pada race 2021, bisa jadi mesin 2022 bakal pake basic mesin 2019

    • Soal RnD pakai cara HRC dong RnD nya pakai CC35, kalau hasilnya mantep baru dipake ke pembalap RHT, gak usah 4 pembalap jadi RnD semuanya

  15. Tahun ini m1 2019 nempeleng m1 2020,trus rider pabrikan iri semua sama mi 2019

    Tapi jaman mereka dikasi pakai m1 2019 tahun lalu, busuk busuk juga tuh. Malah ditempelin sama Fabio zaman pakai m1 2018 (makantuh katakata spec A, penghiburan doang) di musim 2019 kemaren.

    Jangan” M1 2022 nanti kerjaannya iri sama M1 2020 kalau si Morbi masi di sana dan masi dapat spek lawas hahaha lucu sekali Yamaha ini

  16. Justru saya suka dia pakai mesin spek yg “inferior” dibanding M1 yg lainnya.
    Apabila Morbidelli menang. saya jingkrak2 dia bisa ngamplengin Pabrikan.
    Bagaimana masalah KLEP ? dah Beres ?

  17. Kayak musim 2020 ye bzng, podium 1 paling buanyak% tapi yg juara dunia i4 kw gimana tuh tolong dijelaskan ke kami yg awam ini ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version