Home MotoGP Joan Mir : Semua Pembalap berimajinasi menggunakan Warna Repsol Honda

Joan Mir : Semua Pembalap berimajinasi menggunakan Warna Repsol Honda

19

TMCBLOG.com – Mengenakan warna Tim Repsol Honda untuk pertama kalinya, Juara Dunia MotoGP 2020 Joan Mir menceritakan bagaimana pendekatannya terhadap tantangan yang akan dihadapinya selama dua tahun ke depan sebagai pebalap pabrikan Honda. Joan Mir berbicara tentang perasaan, tujuan, dan etos kerjanya dalam penampilan pertamanya sebagai pembalap untuk tim tersukses dalam sejarah MotoGP.

Apa kesan pertama Anda tentang tim Repsol Honda melakukan debut di Valencia?  “Kesan pertama saya tentang Tim Repsol Honda saat tes sangat bagus. Ketika Anda berasal dari tim yang berbeda, Anda harus terbiasa dengan orang-orang dan dinamika pekerjaan, yang sama sekali berbeda dari yang pernah saya ikuti, dan saya menyukainya. Ada banyak orang di garasi, dan saya menikmatinya. Kami melakukan Pengetesan yang hebat dan rasanya seperti hari pertama kembali ke sekolah.”

Bagaimana Anda menyesuaikan diri dengan tantangan baru ini? “Saya mencoba beradaptasi dengan tantangan baru ini dengan optimisme dan keinginan untuk memulai dengan baik di tim baru. Secara pribadi, saya selalu menikmati tantangan seperti ini, mengenal hal-hal baru: Bagaimana timnya, motornya dan bertemu dengan semua orang di tim… Saya menikmati tes dan proses ini, dan saya berharap dapat bertemu lebih banyak orang di tim.”

Dari sisi fisik, bagaimana latihan fisik (mu) agar siap menghadapi tahun depan? “Secara fisik saya tidak mengubah pendekatan persiapan saya. Saya hanya memberikan sedikit lebih banyak intensitas. Setiap tahun, Anda memberikan lebih banyak intensitas untuk mencoba menjadi lebih bugar. Terutama tahun ini, karena saya tahu motor Honda itu [ sangat menuntut ] fisik. Saya suka berlatih secara teknis dan fisik. Tahun ini saya mungkin melakukan lebih banyak latihan fisik daripada latihan teknis karena saya pikir, saya akan membutuhkannya. Secara keseluruhan, saya tidak mengubah hampir semua hal.”

Datang ke Tim Repsol Honda, tim paling sukses dalam sejarah MotoGP, apa yang Anda pikirkan saat pertama kali menandatangani kontrak? “Perasaan saya ketika saya bergabung dengan tim seperti ini sangat luar biasa. Saya pikir setiap pembalap membayangkan dirinya dengan warna-warna ini, jadi menjadi bagian dari ini membuat saya sangat bangga tiba di momen manis dalam karir saya. Saya pikir saya sedang dalam momen yang manis dan saya juga masih muda untuk mencoba mengulangi lagi apa yang telah kami lakukan di masa lalu. Jadi, mari kita lihat apa yang bisa kita lakukan.”

Anda berbicara tentang bermimpi dengan warna-warna ini. Ketika Anda masih kecil, apakah Anda pernah mengenakan werpak replika ( Honda Repsol ) ? “Saya pikir saya mungkin melakukannya, meskipun saya tidak ingat apakah saya memakai warna-warna ini di masa lalu. Dalam mimpi saya, saya melakukannya dengan pasti, jadi itu adalah sesuatu yang sangat bagus.”

Apa arti warna-warna ini? Apakah ada tanggung jawab, sedikit tekanan ekstra untuk melanjutkan warisan itu, sejarah itu? “Tentu saja menjadi bagian dari tim ini berarti lebih banyak tekanan, karena hanya menang adalah hasil yang bagus di sini. Kami tahu bahwa kami tiba di saat yang sulit, tetapi pendekatan untuk balapan harus sama: berusaha secepat mungkin untuk membawa warna-warna ini ke tempat yang layak.”

Bagaimana rasanya sekarang berbagi box dengan Marc Márquez? Anda telah sering berpacu dengannya, tetapi sekarang dia adalah ‘tetangga’ Anda. “Berbagi box dengan Marc adalah tantangan sejati, karena dia pembalap terbaik di grid dan yang paling banyak meraih gelar. Ini adalah sesuatu yang bisa sangat bagus di satu sisi dan mungkin lebih sulit di sisi lain. Anda dapat berbagi beberapa data dengannya dan Anda dapat belajar banyak dari dalam, tetapi jika Anda tidak tampil seperti yang Anda inginkan, Anda selalu memiliki pembalap tangguh di sisi lain garasi.”

Dan sekarang setelah Anda berdua mengendarai motor yang sama, adakah yang mengejutkan Anda atau yang Anda pelajari tentang bagaimana Marc mengendarai yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya? “Selama tes saya bisa melakukan beberapa lap dengannya dan juga berbagi beberapa data. Dia tahu bagaimana motor ini bekerja dengan sempurna. Dia bisa berkendara dengan cara yang diminta oleh motor: melaju sangat cepat ke tikungan, yang mungkin lebih cepat dari motor yang pernah saya coba sebelumnya. Kemudian, cara motor memberi Anda tenaga berbeda dengan yang saya coba sebelumnya. Saya harus membiasakan diri dan Marc tahu bagaimana melakukannya dengan sangat baik.”

Apa target Anda untuk tahun 2023? “Pertama-tama, kita harus realistis. Kami tiba di saat yang sulit. Kuncinya adalah beradaptasi dengan cepat pada motor ini,  kemudian mencoba membangun kepercayaan diri dan kecepatan selama balapan pertama. Lalu, dari pertengahan musim, tujuannya adalah mencoba untuk lebih dekat ke podium dan mendapatkan hasil yang luar biasa.”

Apa yang bisa Anda bawa ke Tim Repsol Honda? “Sebagai pebalap muda dan pebalap baru, saya bisa membawa kesegaran bagi tim. Pengalaman saya di tim yang berbeda adalah sesuatu yang selalu memberikan informasi yang baik kepada tim. Saya pikir kami memiliki tujuan yang sama: yaitu memenangkan gelar lainnya. Inilah yang bisa saya berikan kepada tim.”

Kami melihat Anda dan Marc berbicara di akhir tes. Apa yang kamu bicarakan dengan Marc? “Mengobrol setelah ujian adalah sesuatu yang normal. Ketika seorang pembalap baru datang ke box dan mencoba motornya, Anda ingin mendengar perasaannya. Dalam hal ini, kami berbagi arah yang ingin kami ikuti. Mendorong bersama dalam hal yang sama arah sangat penting, alih-alih setiap pengendara berjalan sendiri-sendiri. Kami ingin mengambil jalan yang benar bersama, dan dalam hal ini, kami mengobrol tentang ini.”

19 COMMENTS

  1. mungkin yg di bilang mir adabenar nya tapi mungkin yg dimaksud waktunya bukan disaat rht terpuruk tapi disaat rht diatas, kebanyakan rider pasti bermimpi bisa nunggangin motor juara kan?

    #cmiiw

    • menurut gw, ini opini gw yak, takutnya gw komen gini dibilang epbeha,,,, menurut gw ampe taon ini Repsol Honda masih tim gede, tim kuat, yg jelas diatas KTM ama Aprilia. yg bikin penampilan Repsol Honda bapuk ya ridernya, rider tulang punggung absen mulu berkali2 terancam pendisun dini, eh rider pelapisnya malah ngasal comot segala rookie lah, rider kelas 2 lah. di logika aje, mana ada motor motogp pengembanganya bener kalo rider yg kembangin sendiri bingung itu motor mau diapain. performa Honda secara keseluruhan bisa dibilang akibat ditinggal rider2 top dan diganti rider seadanya doang. Lorenzo masih masa penyembuhan dilepas malah ada isu dia sebenernya dipaksa keluar tapi biar heroik dia yg umumin sendiri, abis itu bebas mau masuk pabrikan laen. Kal Kroco jg pensiun. 3 rider selaen Marquez sejak 2021 ampas semua. gimana motornya mau jadi motor jawara kalo yg naek ga ada yg jawara. akibatnya? jadi pabrikan dgn dana terbanyak kalo diliat dari sdm dan sponsornya, tapi motornya malah terpelan kalah ama KTM yg ketolong Binder ama Aloevera ama Aprilia yg ketolong konsesi. Mirs menurut gw ga serta merta bakal jadi Pedrosa apalagi Marquez jilid 2 di Repsol Honda, tapi minimal Honda udh bener ngehire Alex Rins. itu bocah kribo bisaa dibilang juru selamat Honda taon ini. liat aje ntar bener kaga prediksi gua.

      • setuju gw ama paragraf terakhir lu, prediksi gw rins yang bakal jadi rider terbaik ke 2 honda, dia yang bakal nge back up marc baik di klasemen maupun develeopment. ekpektasi gw tinggi musim ini ama si kribo, potensinya ada.

  2. semir kata2nya bijak banget sama dengan mamakes, tapi jika si neng vina ke repsol ntah lah bisa jinak atau gak soalnya dia runtin gym

  3. Setidaknya saya pernah liat Mir bawa GSXRRR dengan cara sliding bahkan di I4 nya karena tuntutan trek. Semoga bisa finish 2023 di 5 besar dengan Rins.
    Tapi emang gerombolan ducati bener2 gila, motornya bagus, ridernya bagus2, muda dan lapar. Ga normal. wkwkwk..

  4. Entahlah sejak ditinggal DP dan lamanya marqes absen ini rht kayak tim rookie baru icip kejuaraan grandprix aje, dalangnya tuh si puig ngk jg di depak🤣🤣🤣, pressure dia di tim udah beberapa rider 2nd rht kagak bertahan lama🤣

    • dasar opini begini yang menurut ane salah total. Faktanya selama ini dani hanya mengembangkan motornya sendiri karena ukuran fisiknya yang kecil. Dari jaman stoner, marques, acuan bukan pada dani tapi rider pengembang malah cal crutchlow yang ditunjuk. Prestasi pun kalah sama cal cut.

      petinggi HRC di jepang lebih tahu kapasitas dan situasi puig daripada fans dani disini yang selalu menyalahkan puig. Mereka lebih pintar dari pada elu bung

      • dari komen lu gw bisa tau kalo lu ga suka Pedrosa, ama lu gatau motogp ato malah fans baru. motor yg dikatain domba ama Stoner adalah motor yg dibikin buat Pedrosa aka hasil inputan Pedrosa. motor yg bikin Marquez jurdun waktu masih bocah jg motor hasil inputan Pedrosa. Kal Kroco baru kepake buat test medio 2015-2016, disaat Stoner melipir ke Ducati, dan disaat RC213V mulai Marquesentric.

      • prestasi kalah ama Kal Kroco wkwkwk lu gatau Pedrosa berapa kali hampir jurdun? terus kapan Kal Kroco pernah becokol di posisi 2 ato 3 ato minimal 4 klasemen akhir?

      • “Dasar opini yg salah total”
        Bor, elu bilang Crutchlow lebih baik dari pada Pedrosa udah salah.
        Jadi opini elu salah total kuadrat.

        Sesuai opini si Akang, justru motor netral hasil develop Dani yg jadi acuan buat Stoner dan Markes.
        Hasilnya jurdun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version