Home WSBK Bautista Protes Keras Aturan Bobot Kombinasi WSBK 2024

Bautista Protes Keras Aturan Bobot Kombinasi WSBK 2024

20

TMCBLOG.com – Seperti Kita ketahui WSBK Mulai 2024 akan memberlakukan Regulasi Bobot Kombinasi Motor + Pembalap dimana Detailnya Bisa sobat Baca langsung di artikel yang lalu. Namun Pada dasarnya Siapa pun yang berbobot di bawah angka bobot referensi 80 kg harus menambahkan 50 persen selisih bobotnya dengan Bobot referensi pada sepeda motornya sebagai bobot tambahan. Nah di Seri Pamungkas WSBK 2023, Calon Kuat Juara Dunia WSB 2023 Alvaro Bautista memprotes keras Regulasi Baru ini dan Bahkan mengancam Pilih Diam di rumah kalau regulasi ini malah berbahaya Bagi dirinya.

“Bagi saya, aturan ini tidak adil,” kritik Alvaro “Mengendarai sepeda motor ini sebagai pengendara ringan lebih banyak kekurangannya dibandingkan kelebihannya. Saya mengalami banyak kesulitan dalam mengubah arah – jika motor menjadi lebih berat, maka akan menjadi lebih buruk.”

“Saat ini saya sedang mencoba untuk mengkompensasi kekurangan saya. Tahun depan saya akan mendapat lebih banyak kekurangan dan lebih sedikit kelebihan, jadi pada akhirnya hal itu akan menjadi dua kali lebih buruk bagi saya.”

“Dulu, semua orang di Kejuaraan Dunia MotoGP mengatakan bahwa Dani Pedrosa misalnya, mengalami kesulitan karena motor ini punya tenaga yang besar dan bobot yang banyak. Dan karena dia sangat ringan, dia kesulitan untuk menjadi cepat dalam segala kondisi. Dan sejak tahun lalu, tiba-tiba menjadi jelas bahwa [ di WSBK ] menjadi ringan memperoleh keuntungan”

” Ini meresahkan, terutama di kejuaraan ini. Saya juga merasa tidak aman untuk menambah banyak beban tambahan pada sepeda motor – saya sendiri tidak bisa menambah berat badan sebanyak itu. Saya akan mengujinya dengan beban tambahan pada sepeda motor.”

” Tapi saya di sini untuk balapan dan bersenang-senang. Jika saya merasa peraturan baru ini akan membuat sepeda motor ini lebih berbahaya atau kurang aman dari yang seharusnya, maka saya akan tinggal di rumah. Saya tidak ingin mengambil risiko hidup saya lebih dari yang diperlukan. Ini bukan aturan anti-Bautista, seperti yang dikatakan banyak orang – tapi pada akhirnya aturan ini diberlakukan terutama karena saya.”

“Mengapa 80 kilogram dipilih sebagai berat rata-rata? Jika Anda mengambil rata-rata di MotoGP, berat Anda tidak akan pernah mencapai 80 kg. Masalahnya adalah ada beberapa orang besar yang berkendara di sini. Tapi itu diluar konteks, kamu tidak bisa membuat tubuhku terlihat seperti miliknya. Pembalap normal lebih mirip dengan saya dibandingkan pembalap besar di kelas ini.” – @tmcblog

20 COMMENTS

  1. Udah dikasih klonggaran ama mbah darno msh aja protes.udah harga motor mahal ada singlet.bgtu motor jepang overpower dan jurdun jg minta oprek regulasi lgsg yurop

  2. Protes karena keuntungan dia mau dihapus, kalau memang skill dia yg jago harusnya santai aja. Lagian aturan RPM dihilangkan yg artinya Panigale tetep masih jadi mesin paling powerful

  3. Menurut pandangan sy . Pembalap yg kaya binaraga macap petruci dan reding harus nya bisa menurunkan berat badan . Seperti di moto gp ada rosi. alex mar . Luxa mar .rins. mereka pembalap yg sangat tinggi . Tp bisa menjaga berat bandan .
    Jd pembalap ya harus ringan . Kl mau kekar berotot jd petinju / binaraga saja

    • Kalo pembalap gede nurunin bobot, yang ada jadi Cungkring atau kurus banget, alhasil malah gak ada tenaganya. Bahkan mau diet kek gimanapun turunnya gak mungkin sampe 60 kg kalo bobot awalnya 90kg, kecuali dia emang mau kurus. Kalo pembalap yang awalnya 60 kg malah bisa dinaikkan sampe 70-75 kg, dan malah nambah massa otot, kalo dilatih yang ada malah jadi keuntungan buat dia.

  4. ngebandingin dengan motobiji jaman dulu yang belum ada winglet, ya udah tinggal lepasin wingletnya dong kalo gitu 🤭

  5. Padahal klo dibaca bener2 jg regubasi 2024 teteup nguntungin dia dan Ductai, cuma digeser aje selama ini yg dikontrol rpm taon dpn bobot. Tapi teteup dia dan Ductai bakal dapet bobot lebih ringan apalagi rpm jg mulai dilonggarin. Ya yg paling untung masih die jg kan. Ngemengin motobiji emg manuk akal kaga pake regubasi bobot kombinasi, krn power up to 300hp, jelas rider kuntet bisa mental klo motor lebih berat belon lg rider kuntet bakal kesusahan dgn otot minim harus bawa motor lebih berat dari yg bodinya berotot kaya kang pukul. Tapi ini kan esbk biarpun namanya wsbk, motor nearly stock, tenaga cuma naek 30hp dari std aka cuma kisaran 240hp. Rider kuntet dikasih motor berat ga lsg mental, power ama bobot masih kepegang, sebaliknya klo dikasih bobot kombinasi teringan ya jelas tinggal betot gas dilurusan udh nyalip manja rider laen yg motornya udh ngeden krn dapet rpm rendah masih empot2an bawa bobot berat rider ama motor. Emang regubasinya kebanyakan settingan, coba balik ke era sebelon diurus Dorna, kalah menang keliatan gentle krn regubasi kaga ngekebiri yg kenceng ato bantu yg loyo.

  6. ada yg bilang menambah ballast ke motor itu jauh lebih merugikan drpd menambah berat badan, setidaknya berat badan itu serasa natural dan ikut berpindah-pindah mengikuti gerak tubuh, sedangkan ballast di motor itu mati dan merusak pwr serta handling motor,
    Mungkin solusinya Bautista harus nge-gendong karung isi beras 20 kg biar ga nambah ballast lagi di motor,,

  7. sapah satu Aturan teraneh dan terkonyol dalam dunia balap motor..
    Harusnya yg bertubuh besar diet ketat biar bobotnya turun.. yg bertubuh kecil aja terus2an berlatih guna memperkuat otot agar bisa menghandle motor.. aturan aneh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version