Home MotoGP Pecco Makin Mendekat ke Martin . . . Rekap Championship Pasca MotoGP...

Pecco Makin Mendekat ke Martin . . . Rekap Championship Pasca MotoGP Mugello 2024

30

TMCBLOG.com – Cocoklogi kemenangan Ducati yang berkaitan dengan nomor start pembalapnya terhenti di angka 89 setelah kemenangan ke-93 Ducati dimenangkan oleh pembalap bernomor start 63 – Pecco Bagnaia. Dari hari Sabtu TMCBlog sendiri sudah berani memprediksi bahwa Pecco akan jadi pemenangan di balapan Grand Prix Mugello. Bukan apa-apa berdasarkan data, Pecco ini jika sudah dapat setup yang bagus maka race pacenya akan sangat konsisten cepat walaupun berbau metronome. Selain itu karena sangat percaya diri dengan GP24 yang ia geber, ia bisa seakan mempermainkan race pace. Ia bisa mundurkan, bisa juga ia tancap gas. Di Tissot Sprint, Marc Marquez yang jadi korban, pada Grand Prix giliran Jorge Martin yang kena ‘dikerjain’ Pecco. Selain itu Enea Bastianini juga tampil sangat smart di balapan kali ini. Tidak mau terprovokasi saat pertama dilewati Marc Marquez, ia berhasil getok palu di setengah balapan, namun juga akhirnya berhasil nge-prank sosok Martin di tikungan terakhir Mugello sehingga akhirnya membuat podium MotoGP ke-12 Enea dan Ducati Lenovo bisa finish 1-2 di kandang mereka.

BTW, selama tujuh balapan Grand Prix pertama tahun 2024 sampai Mugello, rata-rata selisih kemenangan di MotoGP adalah 1,042 detik, yang tetap menjadi yang terendah di era MotoGP. Dengan kemenangan di Mugello, Francesco Bagnaia adalah pembalap pertama yang memenangkan balapan Grand Prix MotoGP berturut-turut dalam satu musim sejak ia melakukannya pada tahun 2022 dengan empat kemenangan berturut-turut dari Assen hingga Misano. Dengan Bagnaia, Enea Bastianini dan Jorge Martin naik podium, ini adalah balapan Grand Prix MotoGP keempat berturut-turut dengan tiga pembalap Ducati sapu bersih podium.

Ini adalah kemenangan ke-22 Bagnaia di MotoGP, yang seluruhnya diraihnya bersama Ducati. Kini ia hanya memiliki satu balapan lebih sedikit dari legenda MotoGP Casey Stoner, yang merupakan pembalap Ducati tersukses di kelasnya.

Ini juga podium ke-40 Bagnaia di MotoGP, semuanya bersama Ducati. Ia kini sejajar dengan legenda MotoGP Andrea Dovizioso di posisi kedua dalam daftar pembalap Ducati dengan podium terbanyak di belakang legenda MotoGP Casey Stoner dengan 42 kali. Ini juga merupakan podium ke-63 selama karir Bagnaia di Grand Prix – nomor balapnya sebelum menjadi #1.

Bagnaia memenangi GP Italia di Mugello tahun ini dengan mengungguli rekan setimnya Bastianini, yang merupakan tim Ducati Lenovo atau tim pabrikan pertama yang unggul 1-2 sejak Spanyol 2021, saat itu Jack Miller yang unggul di depan Bagnaia. Ini juga merupakan tim pabrikan Ducati pertama yang menang 1-2 di Mugello sejak 2018 dengan dua legenda MotoGP saat Jorge Lorenzo menang di depan Andrea Dovizioso.

Pasca balapan seri ke-7 di Mugello, Martin masih memimpin championship pembalap dengan 171 poin, namun jaraknya ke Bagnaia kian dekat yang kini hanya berjarak 18 poin saja. Pecco punya potensi menyalip posisi Martin di balapan race weekend selanjutnya di Assen, Belanda. Bahkan Marc Marquez yang kini berjarak 35 poin ke Martin juga punya kesempatan yang sama walau lebih sulit. Ducati menguasai top-4 klasemen pembalap dan Pedro Acosta menjadi pembalap non-Ducati tertinggi sementara posisinya di klasemen.

Ducati kian kokoh memimpin klasemen pabrikan/manufaktur dengan jarak 101 poin ke KTM di posisi dua, sementara Honda berada di dasar klasemen manufaktur jelang sisa 13 seri kedepan. Ducati Lenovo memimpin klasemeen tim dengan 267 poin dan Ducati kuasai top-3 klasemen tim sementara.

Jorge Martin memimpin klasemen pembalap satelit/independen sementara dengan jarak yang cukup jelas sejauh 35 poin dari Marc Marquez diikuti Pedro Acosta, Fabio Di Giannantonio dan Alex Marquez di posisi top-5.

Seirama dengan bagusnya kombinasi hasil balapan Martin dan Morbidelli dalam 7 balapan pertama musim 2024, Prima Pramac Racing memimpin 15 poin dari kejaran Gresini Racing di klasemen sementara tim independen MotoGP 2024.

Mengenai race weekend-nya sendiri, sebanyak 156,676 orang penggemar menyaksikan langsung balapan GP Italia di Autodromo Internazionale del Mugello yang luar biasa selama race weekend Gran Premio d’Italia Brembo 2024, menjadikannya acara MotoGP tersukses kedua Mugello – sepanjang masa! – @tmcblog

 

30 COMMENTS

    • Iya knapa ya? Aprilia jg koar2 motor terbaik tp lama2 menurun jg. Kirain progress Aprilia membaik. KTM juga makin ompong Miller n Binder. Tertolong oleh si hiu aja yg bawa motornya overlimit.

  1. Dan hasil 1-2 ini didapatkan dgn livery spesial Azzuri, udh kyk semesta mendukung bgt,
    Utk juara konstruktor mending dikasih langsung aja trofinya ke Ducati,

  2. Honda udah super menderita nih. Kasian, belum dapat resep utama paduan ECU, aero, ban. Tapi ya pantes juga, orde lama masih bercokol juga.

  3. Ngerasa gak sih wak
    Kalau si Ebas udah menjalankan statregi mejaga peco dr kemungkinan serangan MM
    Pace race Ebas saat di depan MM sebenernya bisa lebih cepet dr martin ataupin peco, tapi sengaja menjaga jarak dg martin untuk menjauhkan mm dr kemungkinan melakukan serangan ke peco.
    Martin sengaja di beri kebebsan menyerang peco, karena menurut ebas pecco bisa mengatasi serangan martin.
    Prasangka muncul saat mm ada di depan ebas. Dg jarak semakin mepet dg martin, menunjukan race pace mm di atas marrin dan pecco, dan anehnya ebas malah bisa mengikuti di belakang mm dan mendekati martin. Puncaknya di lap akhir mendahului mm dan last corner mengambil bonus untuk podium2 u tuk dgrinya sendiri.
    Bener gak wak Haji . Coba bandingkan race pace mereka wWak.

    • ga ditahan bastia juga, peco ga akan kekejar MM, GP24 seakan dibuat untuk menyempurnakan performa di mugello…mo dipaksa kyk apapun tu GP23 empot empotan lawan GP24 di mugello

    • duh bang, dikit2 teori konspirasi
      bastianini kan emang selalu begitu, selalu bagus pas di paruh kedua balapan
      pas di Austin juga kemaren begitu ujug2 di akhir kenceng banget
      ya karna dia saving ban di awal
      makannya gripnya gila2an menjelang akhir pacenya kenceng banget
      sama kek tahun 2022 pas battle sama Pecco di Misano
      lagian ya, itu pace Pecco emang gaada lawan di Mugello
      makannya dia selalu menang di 3 tahun terakhir, plus 2 sprint dia juga yang menang
      komentator aja kemaren bilang Mugello sesuai banget sama riding stylenya Pecco
      sadar ga setiap kali tikungan San Donato, Pecco selalu berhasil ngejauh dari Martin karena kuat banget dia disitu
      makannya sampe empot2an juga kagak bisa ngejer itu
      berlaku juga buat Marquez di sprint kemaren
      Lagian Marquez juga jarang tampil bagus di Mugello
      Ngapain juga nahan MM disini, kurang kerjaan

  4. Apakah kalau sudah pegang kontrak pabrikan bakalan jd lebih tajam ?
    Kita liat aja, Krn sepengalaman sebelum2nya ketika di tim satelit bisa fight tp ketika dah di pabrikan jd mlempem

    Semacam tim satelit adalah perusahaan untuk freshgrad buat berkembang dan dpt skill tanpa terlalu banyak tekanan

    Tp tim pabrikan semacam perusahaan gede yg baru aja masuk udah pegang 10 jobdesk dengan tekanan harus menang

    • Kalo di pabrikan diplot jadi ace akan disupport all out. Kalo diplot jadi support ya harus manut sama perusahaan.

      Di depan public aja bilang semua fair dan equal. Tapi ya sepertinya didalam kandang mereka ngga sesimpel itu Fergusso…

      Ducati kayaknya style nya pengen semua terstruktur dan ngikuti grand design mereka.

  5. kalo Marc finish lebih cepat 23 detik dari pemenang tahun lalu berarti mau diterima atau gak GP24 emang superior di Mugello, atau secara keseluruhan emang lebih baik dari GP23..

  6. bahkan dengan gp23 marc ternyata masih bikin gap 5dtk dengan ktm pedro, desmo emang udah terlalu OP jd bikin honda bener2 kelihatan amsyong

  7. Seri ini layak dievaluasi utk muncul regulasi baru. Sdh seperti turing, minim overtake. Entah dari GP24 nya, atau regulasi aero, atau krn 5 rider didepan main aman krn sdh ada di klasemen atas..

  8. martin aprilia
    peco ducati
    acosta ktm
    fq yamaha
    marq balikin aja ke honda😂 biar honda bisa diatas..cuma dia yg bisa bawa honda
    ducati tetep pco sm besti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version