Home MotoGP RESMI : Jorge Martin ke Aprilia Racing MotoGP 2025

RESMI : Jorge Martin ke Aprilia Racing MotoGP 2025

44

TMCBLOG.com – Salah satu jawaban besar Silly Season 2025 terungkap dengan resmi. Pimpinan klasemen sementara pasca gelaran GP Mugello, Jorge Martin resmi pindah ke Aprilia Racing pada MotoGP 2025. Jawaban dari apa yang disebut sebagai “keputusan Ducati” mengenai siapa yang akan dikontrak sebagai rekan setim Francesco Bagnaia (Tim Ducati Lenovo) untuk tahun 2025 telah juga siap terjawab oleh keputusan Aprilia ini.

Dalam rangkaian acara pasca-tes yang sangat cepat, pabrikan Noale memberikan pengumuman pada pukul 18:00 waktu setempat hanya 15 menit sebelum peluncuran dan membuat olahraga tersebut langsung ramai dan berpotensi menjadi salah satu pengumuman pembalap terbesar tahun ini.

Yap Aprilia via direkutrnya Massimo Rivola, merilis pengumuman mereka mengukuhkan Jorge Martin, yang saat ini bersama Prima Pramac Racing, sebagai pembalap Aprilia Racing mulai tahun 2025 dengan kontrak multi-tahun. Keputusan diperkirakan akan banyak membuka efek domino berikutnya dari silly season paling plot twist sepanjang masa.

Kisah Senin Di Mugello Test adalah sebagai berikut : Diawali dengan Pernyataan manajer Aprilia Romano Albesiano dalam sebuah wawancara pada hari Senin adalah Sinyalemen awal yang memicu rumor tersebut. Dia ditanya apakah Martin akan tampil baik di RS-GP Jika bergabung dengan Aprilia, yang dijawab oleh Direktur Aprilia racing itu dengan senyuman dan sedikit gembira: “Tentu saja. Dia adalah salah satu pembalap tercepat di lintasan. Pasti ya.” Begitu jawaban Rivola

Departemen media sosial Aprilia memposting gambar pada pukul 17:44 di mana mereka akan mengumumkan pesan penting – tepat pada pukul 6 sore Waktu Mugello. Spekulasi langsung muncul: Jorge Martin atau Enea Bastianini? Keduanya menginginkan motor pabrikan dan bergabung dengan tim pabrikan. Pada Senin sore, ada kabar dari seorang rekan Spanyol yang berpengetahuan luas bahwa Marc Marquez akan mengemudi di tim pabrikan Ducati pada tahun 2025.

Konfirmasi pertama terjadi beberapa menit setelah jam 6 sore: bos balap Aprilia Massimo Rivola sedang duduk di trailer truk Aprilia di kantor. “Biar saya tunjukkan pebalap baru Aprilia yang akan menggantikan Aleix Espargaro,” ujarnya. Di latar belakang dia membukakan pintu untuk Jorge Martin, yang masuk dengan pakaian netral dan menjabat tangan Rivola.

MASSIMO RIVOLA: KUTIPAN

Seberapa senang Anda merekrut Jorge?

“Saya jelas sangat senang, saya tidak bisa membicarakan detailnya tetapi saya dapat memberi tahu Anda bahwa itu adalah kesepakatan yang sangat cepat dari tadi malam hingga hari ini. Kami menandatangani kontrak pada pukul 17:30 dan mengumumkannya pada pukul 18:00, jadi ini adalah keputusan yang cepat dan pindah untuk kami tapi saya sangat senang dia bergabung.”

Seberapa besar pengaruh yang dimiliki Aleix dalam penandatanganan kontrak?

“Anda tahu bahwa Aleix dan Jorge sudah seperti saudara dan sejak Aleix memutuskan untuk pensiun, yang awalnya kami sepakati akan diputuskan pada saat yang sama  di Mugello tetapi karena Barcelona adalah balapan kandangnya ​​​​dia akan mengumumkannya sebelumnya dan itu sangat bagus dan emosional. Setelah itu, saya mulai melihat pasar pembalap di paddock dan banyak manajer tentu saja mengetuk pintu saya, tetapi saya pikir kami mendapat solusi terbaik.”

Bagaimana perasaan Maverick tahun depan?

“Seperti yang saya katakan, Maverick adalah bagian besar dari teka-teki dan dia adalah prioritas besar bagi saya, tetapi sayangnya semuanya begitu ketat dan dilakukan dengan tergesa-gesa sehingga saya tidak punya waktu untuk berbicara dengannya, seperti yang saya katakan, kami telah melakukannya dari pukul 17:30 hingga 18:00 untuk mengatur segalanya di depan media yang tidak cukup. Mari kita lihat apakah dia senang tinggal bersama kami dan kemudian kami akan menemukan kondisi yang baik untuk membuatnya bahagia apa yang ditawarkan pasar dan mungkin kami akan menemukan pembalap bagus lainnya, tapi kami jelas memikirkan Maverick dan Jorge yang akan luar biasa.”

Apakah Anda berhubungan dengan Bastianini dan Bezzecchi?

“Ya, tentu saja mereka semua adalah pembalap yang fantastis, tapi mari kita lihat karena prioritas kami adalah Maverick.”

Seberapa menyenangkan rasanya mengambil pemimpin kejuaraan dari Ducati?

“Ini adalah poin yang sangat bagus dan merupakan hadiah yang bagus bagi perusahaan yang setiap tahunnya mendorong pertumbuhan, meningkatkan kinerja, dan melawan pebalap dan pabrikan papan atas dan kami sangat senang telah merekrut pebalap seperti dia. Maverick adalah pasangan beberapa tahun yang lalu menerima tantangan ini ketika kami tidak berada di posisi ini dan sekarang berkat dia kami berada di posisi ini. Kami perlu bersyukur atas pekerjaan yang telah dilakukan oleh perusahaan dan juga para pembalap.”

Menurut Anda bagaimana Jorge akan beradaptasi dengan motor dan tim?

“Saya pikir kami diakui sebagai tim yang bagus sehingga orang-orang merasa nyaman dan para pembalap merasa hebat. Adaptasinya akan menjadi tanda tanya, tapi menurut saya itu tidak akan memakan waktu lama dengan gaya berkendara dan tingkat bakatnya.”

Apakah penandatanganan Martin mempengaruhi keputusan Aleix Espargaro untuk tetap menjadi pembalap penguji?

“Ini poin yang bagus tapi saya pikir Aleix ingin mendapat tantangan berbeda. Dia adalah bagian dari sejarah kami dan kami bersyukur atas hal itu, jadi mungkin dia akan menemukan tantangan yang lebih baik di masa depan dan kami mendoakan yang terbaik untuknya.”

44 COMMENTS

    • Aleix Espargaro kalo beneran pengen “tantangan yg berbeda” kyaknya jadi test rider Honda.

      Tinggal nunggu berita resmi factory ducati ngontrak marc, dan bestia ke pramac.

  1. Geger geden, tapi bersyukur akhirnya satu domino penting udah tumbang,
    Sepertinya mbah Gigi lebih memilih Marc 95% utk factory Duacti (tanpa mengesampingkan chance Bestie tetap bertahan disana), yg cukup menarik justru fakta kalo ttd kontrak dan pengumuman resminya cuman punya jarak 30 menit, kira2 apa yg membuat Martin dan manajemennya tiba2 memutuskan utk ttd kontrak Aprilia ? Apakah mereka udah yakin tersingkir oleh Marc ? Atau lebih parahnya lagi Marc sebenarnya udh ttd kontrak duluan utk factory Duacti ? Atau emg Martin pengen pindah aja buat pembuktian dan kena spik2 sama Pak RT ?

    • Iya,waktu jadi komentator t7 gp catalan,Wak haji udah menceploskan kalo yg bakalan dipilih adalah Marquez,yg padahal media Italia malah memprediksi yg terpilih bahkan udah diputuskan dr jauh hari itu Martin

  2. ini sih yg jadi pertanyaan, cepet amat ttd kontrak lalu 30 menit kemudian pengumuman resmi.. pasti ada alasannya, atau mungkin demi Martin sendiri agar tenang jalani sisa musim.. karena bisa jadi akhir2 ini agak kendor karena kepikiran saga kontrak/silly season..

  3. Kita lihat nih apa dia akan jg jadi rider develop yg bagus saat menghandle motor yg belum terlalu matang

    • Klo gitu berarti hak veto pecco kuat bgt,buat menentukan tandem doi yg tidak terlalu membahayakan buat doi 😂

  4. Seperti yang udh gw komen beberapa hari yg lalu, kalo udh urusan sponsor ducati bisa apa? Apalagi kalo yg komen sponsor gede. Bisa di setop biaya nya. Komen terakhir ducati kan mempertimbangkan nilai pemasaran.

  5. MM93 fix Ducati lenovo? itu situs berita sebelah malah udah bikin beritanya duluan dibanding berita Martin resmi gabung aprilia

    BTW dengan gabungnya Martin, apakah Aleix jadi test rider Aprilia? mengingat hubungan dekat yang dimiliki keduanya

  6. ane malah kepikiran takutnya malah sengaja MM di kasi factory buat di”sabotase” jadi saingan 2025 jurdun buat pecco boleh dibilang bisa di”kontrol”

  7. Ducati masih dibawah naungan audi, kemarin kan ada slentingan petinggi audi turun tangan nekan ducati agar lebih memilih MM…

  8. Dulu yang nyuruh cabut dari KTM dan ambil Pramac Ducati pak RT? Logis sih pake RT kenal juga lama sama Pramac dan pernah disana

    Sekarang ke Aprilia, rekomendasi pak RT, Martin percaya aja, wong rekomen gak salah juga setelah dijalani

    Ducati gak minat Martin? Yaa gimana kalo lawannya Marquez sang juara dunia terbanyak saat ini di grid, terlebih KTP Spanish, Ducati saat harus milih Bastianini vs Martin aja pilih Bastianini 🥱KTP menang coy

    Sekarang Marquez (Spanish) vs Martin (Spanish) : orang gak faham gp juga bakal pilih Marquez sekalipun Martin jago saat ini dan memimpin klasemen
    Toh Marquez juga memang awalnya cuma jadikan Gresini baru loncatan sebelum pabrikan Ducati, sekaligus pengin tahu rasanya Ducati GP23 apakah mumpuni untuk dia pacu podium, ternyata di 6 round awal terbukti mampu,

    Dari sini Ducati udah bisa memilih, nah daripada Martin kehilangan slot factory lebih baik buru buru ambil rekomendasi pak RT soal Aprilia yang jelas punya potensi juara dunia kedepannya juga Martin masuk factory walaupun bisa jadii gaji Martin naik, tapi bukan itu tujuannya.

    Martin hanya butuh kepastian lebih awal daripada dia menunggu dan bersaing dengan Marquez jelas secara proposional dia kalah

  9. mudah2an bisa top 3 di aprillia , marc dipilih ducati buat marketing di spanyol, karena nilai nya lebih tinggi dari martin.

  10. ett masih bastianini, marc terlalu jumawa ga butuh pramac, ducati kecewa, marc jdnya naek honda maning😅

  11. Sudah jadi JOKE umum, bahwa walaupun juara balapannya saat ini adalah Pecco, Jorge Martin atau pembalap pabrikan lainnya, namun yg diberitakan dan menjadi bahan berita adalah MM93.

    Dan saya lebih percaya Valentino Rossi, dia tidak akan sembarangan memilih seorang pembalap yg sangat dibencinya. Pembalap itu tentunya adalah bukan seorang pembalap biasa.

    Dan Ducati tentu ingin marketing dan pemasaran mass product-nya terangkat dengan kehadiran seorang pembalap yang dianggap special tersebut.

  12. Pak RT kedatangan warga baru. Tapi dari rautnya sepertinya Martil kecewa ngga dipilih Ducati. Moga jd pembuktian skill dia diluar Borgo. Dari statment om Massimo jg spertinya Pak RT akan pilih keluar dari Aprilia. Silly season continues

  13. Kekhawatiran JM89 terjadi:

    MM93 CUMA BUTUH 1 KALIMAT UNTUK BIKIN DUCATI INGKAR JANJI

    Pramac bukan opsi buat saya.

    Kasihan juga sih JM89, tapi mau gimana lagi. MM93 juga sudah berkorban rela keluar dari tim Crazy Rich hanya utk cicipi GP23 di tim Satelit kelas 2. Kalo bukan tahun depan, akan sulit buat MM93 masuk lagi ke tim factory mengingat usia.

  14. Baru juga Vinales mulai bisa agak gacor, pak rt yg jadi patokannya pensiun.

    Kita bakal liat input vinales di akhir musim ini dan awal musim depan apakah sesuai isu “vinales bisa pake doang gabisa develop” saat di yamaha kemarin atau tidak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version