Home WSBK WSSP300 Akan Diganti Kelas Baru Mulai 2026

WSSP300 Akan Diganti Kelas Baru Mulai 2026

18

TMCBLOG.com – Kelas WSSP terutama setelah diperkenalkan WSSP New Generation membuat lanskap dan karakter motor jadi semakin meningat untuk kelas Intermediate balap motor produksi massal . . . Dan kondisi ini membutuhkan kelas entri balap yang diupgrade untuk menjembatani kesenjangan. Komisi SBK saat ini sedang berupaya memperkenalkan kelas entri baru ke Kejuaraan Dunia MOTUL FIM Superbike pada tahun 2026, yang menandai evolusi signifikan dalam lanskap balap. Kelas baru ini akan menggantikan FIM Supersport 300 World Championship (WorldSSP300) yang sukses menjadi kelas pembibitan atau feeder class sejak diluncurkan pada tahun 2017.

Salah satu tujuan utama dari inisiatif baru ini adalah untuk memperlancar jalur perkembangan bagi para pembalap untuk naik ke kelas yang lebih besar, khususnya ke FIM Supersport World Championship (WorldSSP). Dengan menutup kesenjangan kinerja antara kelas pemula dan menengah, tujuannya adalah untuk menciptakan transisi yang lebih mulus bagi pembalap, mendorong perkembangan mereka dan mempersiapkan mereka menghadapi tuntutan kompetitif di kategori yang lebih tinggi.

Selain itu, langkah ini dirancang untuk menarik minat lebih besar dari produsen dengan memungkinkan mereka memamerkan mesin yang mencerminkan segmen pasar yang sedang berkembang. Kelas baru ini akan menampilkan sepeda motor lincah dengan mesin berkapasitas tingkat menengah yang lebih bertenaga, yang rinciannya akan ditentukan oleh Komisi SBK dalam beberapa minggu dan bulan mendatang.

Musim terakhir seri WorldSSP300 akan berlangsung pada tahun 2025, memberikan tim dan pabrikan waktu yang cukup untuk mempersiapkan transisi ke kelas baru pada tahun 2026. Periode ini akan memastikan peralihan yang lancar dan terkoordinasi dengan baik, memungkinkan semua pemangku kepentingan untuk beradaptasi dengan dunia. Peraturan teknis dan olahraga baru. @tmcblog

18 COMMENTS

    • Masih jauh perbedaannya ini kalo naik ke WSSP, paling realistis emang kelas Supertwin yang udah pasti worth it di pake di Irish Road Racing dan MotoAmerica.
      Di Brasil malah ada CBR650 Cup yang balapannya dibarengkan dengan Superbike Brasil. Kalo di Inggris (BB) ada British Superteen yang pake ZX4R, tapi yang ini lebih diperuntukkan untuk penjenjangan, mungkin karena di BSB gak ada Twins Cup.

  1. single silinder pakai mesin MX GP seru kali ya.tinggal rubah transmisi ke balap on road.semua pabrikan hampir semua punya.

    • Sudah ada sih, keknya namanya Moto4, pake mesin 450 cc 1 silinder, lebih tepatnya pake mesin Motor Trail yang dimodif sassisnya aja dan dipake Fairing Prototype. Tapi kurang buat menarik minat pabrikan2 motor.

  2. Apa rumor dua tahun lalu yang bilang wssp 300 diganti dengan kelas Twins cup apa akan beneran kejadian ya? Soale twins cup lagi rame banget kelasnya

    • Semoga kejadian, sih. Soalnya banyak ini tipe motor yang bisa masuk, meskipun tetep paling OP ya Aprilia RS 660, hehehe.

  3. Padahal kove udah susah2 jiplak Dan keluarin source buat nyemplung sini Dan udah sering masuk 10 besar,udah mau ditutup aja

    • Repot sihh, alasan kenapa WSSP hampir gak bubar, kan karena motor yang dijual di jalanan cuma tinggal CBR600. Makanya regulasi dirubah, biar Triumph Street Triple 765 bisa ikutan, MV Agusta F800, dan Panigale V2 955 bisa ikutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version