Home Pabrikan Yamaha Bongkar Kirian Yamaha NMAX ‘Turbo’ . . Banyak Bedanya !

Bongkar Kirian Yamaha NMAX ‘Turbo’ . . Banyak Bedanya !

31

TMCBLOG.com – TMCBLOG memperoleh kesempatan mengikuti workshop yang diadakan oleh Yamaha Indonesia di dealer Mekar Motor Cibinong – Kabupaten Bogor dan di sini TMCblog memperoleh banyak banget penjelasan lengkap mengenai detail jeroan terutama dari bagian CVT kiri [atau sering disebut ‘kirian’] NMAX ‘Turbo’ yang bisa dibilang beda banget!!

Mulai dari pulley primernya yang beda karena sudah tak lagi menggunakna roller karena sudah digerakkan dengan dikombinasikan sistem motor listrik Two-Way dengan gigi reduksi yang menggerakan slider ulir maju dan mundur untuk memvariasikan jepitan pulley primer ke CVT. Selain itu YE-CVT dari NMAX ‘Turbo’ juga menggunakan dua sensor pulley di primer dan sekunder dimana ini tidak ada di sistem CVT NMAX konvensional.

Walaupun kubikasi mesin sama, VVA juga mirip, namun dimensi dari hampir semua part ‘kirian’-nya dipastikan sangat berbeda dibandingkan dengan NMAX konvensional, dimensi dan bentuk pulley primer, sekunder, gigi reduksi di poros pulley, dimensi lebar van-belt CVT, COG dari CVT semua bedaaa . . Sobat sekalian bisa lihat lebih lengkap di video yang sudah TMCblog rilis di channel Youtube.

Beberapa poin yang menurut TMCblog bisa dibilang terobosan di NMAX ‘Turbo’ YE-CVT ini adalah mengaplikasikan model sistem penggerak CVT mobil yang lebih memiliki potensi ‘atur-able’ alias bisa dikendalikan yang lebih tinggi. Ini dibuktikan dengan pemberian tombol Y-Shift yang bisa diaktifkan untuk boost akselerasi ataupun menghadirkan sensasi downshifting yang menghasilkan ala ala engine brake dan yang kedua bisa dibilang Yamaha sukses mengupdate sistem YCC-AT di Majesty 250 2007 terdahulu menjadi lebih simpel dan iptimal di mesin dengan cc yang lebih kecil.

Taufik of ButenZorg | @tmcblog

31 COMMENTS

  1. Maintenance nya gimana tuh?
    Pastinya bengkel biasa blm bisa handle, bahkan bengkel resmi Yamaha aja blm tentu semua montir nya uda dpt training

    • ini seperti awal jaman matik, awal jaman motor berpendingin cairan, awal jaman motor menggunakan sistem pengabutan injeksi.

    • Maintnce apaa! Lha itu tuasnya kan mekanis,diatur oleh cervo,cervo diatur oleh ecu! Udh! Apa yg perlu dimantnce?
      Ga semua yg gratis harus lo borong lol 😂😂😂😂😂

  2. Pada ributin gimik kalimat turbo. Lha itu di bis malem malah pake istilah jetbus. Padahal nggak ada turbinnya babar blass 😂😂

  3. Wah detail banget wak. Yakin, rival sayap kepak akan auto “ATM”, amati, tiru, modifikasi.
    Yamaha selalu jadi pioner dalam hal inovasi.
    Mudah-mudahan kedepannya jadi trend setter matic dengan engineer brake dan cost jadi lebih murah karena riset sudah dilakukan diawal NMAX Torsi Brutal ini. Matic kecil dibawah 250cc jg butuh teknologi ini. Sangat safety. Proud of Yamaha Electric CVT. Mudah-mudahan kelak harga lebih bersahabat.

  4. Dengan harga segitu, gak yakin AHM mau menyaingi dari aspek fitur. Paling banter pasang VTEC dulu. Atau malah naik CC dengan tambah stroke yang otomatis langsung terasa torsinya tanpa perlu penambahan fitur seperti ini. Layar TFT pun belum tentu juga. Karena versi atasnya aja belum.

  5. Emang bnikin ngilerr sih ini. Tapi pas liat slip gaji, udah bersyukur aja sama Fazzio yang baru 1 tahunan di rumah.
    Saya rasa, sejak Fazzio release, Yamaha banyak melakukan inovasi, first mover untuk sektor mesin. Keren sih, kerasa aja make fazzio sama gear punya bapak, ada perbedaan tarikan, halus mesin, dan keiritan.
    Cuma, marketing nya aja kayak kurang greget, masalah pemasaran. Bahkan, waktu pertama, Gw pake fazzio, orang pada nanya, ini motor listrik atau china? Auto sedih sih. Tapi juga auto dilirik orang orang. Maklum, kayak nya di sukabumi, masih kehitung pake jari waktu itu.
    Tapi pas banyak sliweran, mulai deh pada ngeh, pada nanya, gimana feeling, BBM, handling. Bahkan, tetangga aja ada yang langsung auto ngangsur ke leasing, setelah istri bawa jemput anak ke TK.
    PR terbesar yamaha, bukan kualitas, mesin, atau keiritan saat ini. Tapi, marketing mereka yang terkesan diam di kandang, paling banter jauh nya ke mall. Padahal, pabrik, kampus, bisa jadi ladang cuan tuh. Beda sama AHM yang tiap gajian pabrik, ada aja yang nyebarin brosur, malah ada share komisi sama pelanggan nya. Kalau si pelanggan bisa bawa pelanggan baru. Bahkan di salah satu kampus, pas penerimaan mahasiswa baru, marketing mereka udah stand by dengan senyum lebar
    Beda sama yamaha, jarang liat mereka depan pabrik atau kampus..Mungkin, ini bisa jadi masukan

    • bener, mending promosi di kampus, fokus ke market anak muda karena anak muda pasti bakal beli motor untuk kemana-mana (meningat uang anak muda gak banyak) dan mereka sangat peduli sekali dengan desain dan rasa berekendara. Market anak muda juga bakalan selalu ada, market bapak-bapak ibu-ibu lama kelamaan akan berkurang… seperti yang dialami Harley di Amerika penjualan mereka terus turun karena terlalu mengandalkan satu market yang sama (orang-orang midlife crisis) dan enggan untuk menggarap pasar anak muda…

    • Klo fazio sih IMHO ga terlalu tampak. Nah Grand Filano tuh yg bener2 bikin perhatian lebih. Model cakep, mirip bgt sama verspa..

  6. Dulu juga banyak yang ngomong pake ecu ribet, harus setting pake komputer etc etc…
    Tapi sekarang banyak jasa remap 🤣🤣🤣

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version