Home MotoGP Marc Marquez Berhasil Raih Pole Position MotoGP Aragon 2024

Marc Marquez Berhasil Raih Pole Position MotoGP Aragon 2024

12

TMCBLOG.com – Sesi Kualifikasi MotoGP Aragon dimulai dengan kondisi trek yang kering dan temperatur yang ideal. Setelah banyak karet ban melapisi aspal baru sirkuit Aragon, diharapkan akan terjadi kembali pemecahan rekor catatan waktu yang ditorehkan Marc Marquez kemarin.

Pada awal sesi Q2 dimulai, Jorge Martin alami crash sebelum mencatatkan waktu. Sementara Marc Marquez langsung tampil impresif sesaat setelah masu ke trek dengan langsung bertengger di puncak timesheet. Pedro Acosta pun tidak kalah impresifnya, menempel catatan waktu Marc dan mengungguli dua rider KTM factory yang berjibaku di sesi Q1, Binder yang lolos ke Q2 belum mencatatkan waktunya di awal sesi.

Sisa waktu 7 menit, crew Pramac Racing berhasil menyiapkan motor kedua untuk Martin dan ia langsung masuk ke trek untuk mencatatkan waktu putaran. Pecco Bagnaia berhasil menempatkan diri di posisi 3, di atas rider Franco Morbidelli yang juga memakai Ducati GP24.

Raul Fernandez beberapa kali mencoba time attack namun masih belum mampu memperbaiki posisinya di P6, sementara pemandangan tak biasa ditunjukkan oleh Johann Zarco yang berhasil membawa Honda RC213V di dalam top 10 dengan posisi 7 dengan selisih 2 detik dari Marc di posisi teratas.

3 menit tersisa, Martin sudah mencatatkan waktunya di posisi 3 menggeser posisi laptime Bagnaia sementara ini. Tetapi Marc langsung menjawabnya dengan sisa waktu Q2 langsung gaspol dan laptime-nya semakin kencang, menajam sejauh 0.712 detik dari laptime dia sebelumnya. Acosta yang towing di belakang Marc juga ketiban untung dengan menajamkan laptime dia sebelumnya.

Tak lama formasi Marc, Acosta dan Bagnaia bertahan, Alex Marquez berhasil improve ke posisi 3 dan dua detik kemudian Martin kembali menggeser Acosta dari posisi 2. Posisi sementara Marc, Martin, Acosta dan Alex. Setelahnya Bagnaia langsung merespon, posisi Martin digeser, posisinya menjadi Marc (GP23) diikuti Bagnaia (GP24) dan Martin (GP24) dengan gap waktu 0,8 detik lebih dari Marc. Zarco masih bertahan di sepuluha besar, lebih kencang dari Vinales dan Aleix Espargaro sampai 50 detik terakhir sesi.

Bendera kotak-kotak dikibarkan, sesi Q2 berakhir dan seperti yang diprediksi, Marc Marquez berhasil merebut pole position MotoGP Aragon 2024. Unggul sejauh 0,840 detik dari Pedro Acosta yang lolos dari Q1 dan diikuti kemudian Pecco Bagnaia di grid ke-3. Menarik menunggu bagaimana berlangsungnya Sprint race nanti malam yang sepertinya akan berlangsung seru.

Unggul 0,840 detik dari yang lain adalah margin pole terbesar dalam kondisi kering sejak Grand Prix Valencia 2011, di mana Casey Stoner unggul 1,014 detik di depan.

12 COMMENTS

    • Ngga juga sih bang, kan banyak yang keluar juga banyak yang masuk lagi ahahahha… jadi tenang aja Pak Kaji

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version