Home Pabrikan Yamaha Resmi : Yamaha Rilis YZF-R1 Race dengan WINGLET !

Resmi : Yamaha Rilis YZF-R1 Race dengan WINGLET !

7

TMCBLOG.com – Yamaha sudah dari tahun sebelumnya menegaskan bahwa masa depan dan pengembangan superbike YZF-R1 akan sepenuhnya difokuskan pada balapan dan penggunaan lintasan di Eropa. Dan untuk Yamaha YZF-R1 RACE 2025 merupakan perwujudan dari komitmen ini. Mengambil langkah lebih dekat ke mesin YZR-M1 Grand Prix yang menginspirasi estetika dan teknologi R1, R1 RACE dilengkapi dengan winglet aerodinamika yang terinspirasi dari motor MotoGP, suspensi yang ditingkatkan, dan sistem pengereman Brembo yang sepenuhnya baru untuk menawarkan pengalaman berkendara terbaik di sirkuit.

R1 RACE dilengkapi dengan winglet aerodinamika bergaya MotoGP yang dipasang di bagian atas fairing utama. Dirancang dan dikembangkan berdasarkan masukan teknis dari tim Yamaha Factory Racing MotoGP, winglet baru ini memaksimalkan efek elektronik anti-wheelie R1 serta meningkatkan rasa dan umpan balik di front-end saat pengereman dan saat menikung.

Terbuat dari material serat karbon untuk mengurangi bobot seminimal mungkin sekaligus memastikan kekuatan dan tingkat kekakuannya, winglet ini tidak hanya menghasilkan gaya tekan ke bawah, tetapi juga memberikan peningkatan rasa stabilitas dan membawa tampilan R1 selangkah lebih dekat ke gaya MotoGP modern tanpa mengorbankan desain R1 yang ramping.

Garpu suspensi depan up-side down KYB berdiameter 43mm baru pada R1 RACE telah didesain ulang sepenuhnya dan kini dilengkapi pengatur individual untuk peredaman pantulan (rebound-damping) dan kompresi pada tabung garpu kiri dan kanan. Masing-masing dapat disetel secara individual, dengan tabung kanan untuk peredaman pantulan dan kiri untuk kompresi, baik pada kecepatan tinggi maupun kecepatan rendah.

Yamaha R1 Race dibekali mesin 4 silinder Crossplane (CP4) berkapasitas 998cc yang terkenal, dengan urutan firing order pembakaran 270°-180°-90°-180° yang tidak merata menghasilkan torsi linear yang kuat. Mesin yang berasal dari mesin MotoGP YZR-M1 Yamaha ini menghasilkan tenaga sebesar 200PS dengan koneksi yang kuat antara throttle dan roda belakang, membuat R1 dapat dikendalikan dan intuitif untuk dikendarai.

R1 RACE dilengkapi dengan Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T) yang telah terbukti, yang terus menggunakan unit ride-by-wire Accelerator Position Sensor Grip (APSG) yang ringan dan memberikan pengendara sensasi throttle yang luar biasa. APSG terdiri dari pegas, slider, dan roda gigi untuk menghasilkan berbagai tingkat resistensi, meniru sensasi throttle alami dan progresif yang ditawarkan oleh kabel tradisional.

Untuk meningkatkan kemampuan R1 di lintasan, R1 RACE dilengkapi dengan sistem pengereman depan yang sepenuhnya baru yang terdiri dari master silinder Brembo dan kaliper monoblok Brembo Stylema. Master silinder radial dilengkapi piston yang bergerak dalam arah yang sejajar dengan gerakan tuas rem, memberikan tekanan secara linear saat pengendara menarik tuas sehingga menghasilkan rasa kendali yang halus.

Kaliper Brembo Stylema yang ringan menghasilkan daya henti melalui empat piston 30mm dan dirancang untuk memungkinkan aliran udara yang optimal untuk pendinginan yang efisien, mengurangi rem yang memudar di lintasan.

R1 adalah salah satu sepeda motor pertama yang dilengkapi kecerdasan turunan MotoGP dalam bentuk IMU (Inertial Measurement Unit) 6-axis. Dilengkapi dengan sensor gyro dan G-force yang memantau pitch, roll, dan yaw – serta accelerometer untuk mengukur akselerasi maju-mundur, naik-turun, dan kiri kanan – IMU mengirimkan data status mesin 125 kali per detik ke ECU, yang mengendalikan bantuan pengendara elektronik canggih R1 termasuk Traction Control System (TCS), Slide Control (SCS), Brake Control (BC), Lift Control (LIF), Launch Control (LCS), dan Engine Brake Management (EBM) tiga mode. Selain itu, R1 RACE juga dilengkapi dengan Quick-shift System (QSS) dan mode pemilihan Power (PWR) Yamaha. – @tmcblog

7 COMMENTS

  1. Nanggung cuma aero tapi masuk akal karena M1 juga belum kompetitif. Nanti kalau M1 udah kompetitif, teknologi kseluruhannya bisa diturunkan ke R1 mulai dari mesin, frame, aero, dll. Honda juga harus cepat berbenah biar wsbk makin rame. Season sekrang lagi boring.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version