Suatu Hari saya menyambangi Kang Rashim, Mekanik Andalan Komunitas HTML Bogor yang memiliki workshop sederhana di Jalan dr Sumeru Bogor. Di sela sela pembicaraan kami, dari mulut beliau muncul berita bahwa Di Bogor akhir-akhir ini seringkali Motor-motor yang menggunakan Knalpot Racing terjaring Razia Polisi. Bahkan pada Malam Ahad kemarin (24/10/09) beberapa rekan-rekan HTML Bogor terkena Razia knalpot Racing ini. Alkisah semua member HTML yang terjaring razia menurut kang rashim dilepas dengan  berbekal petuah hamba wet bahwa Knalpot mereka harus di ‘standarkan’ Kembali. Alhasil kang Rashim Pun banyak dapat Order men-Standarkan Knalpot motor.

uuNo22#2

🙄 permintaan brader di fesbuk

uuNo22Bro sekalian Tanggal 22 Juni 2009, Presiden SBY telah mengesahkan Undang-undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan. Undang-Undang ini dibuat bukan untuk dilanggar Lho, akan tetapi sebagai Koridor berperilaku di Jalan bagi semua pengguna Jalan. Apresiasi mendalam dari saya sebagai pengguna Jalan kepada pemerintah yang sudah berupaya menghadirkan UU yang cukup Komprehensif ini. Bro sekalian akhir-akhir ini Kita sering mendengar adanya razia terhadap pemakaian Knalpot racing. Razia yang dilakukan Pihak kepolisian ini dilakukan berpedoman kepada pasal 58 UU No 22 ini yang berbunyi

Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan dilarang memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas.

Apa maksutnya pasal 58 diatas, mari kita copas penjelasan undang-undang No 22 pasal 58, disana tertulis :

Yang dimaksud dengan “perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas” adalah pemasangan peralatan, perlengkapan, atau benda lain pada Kendaraan yang dapat membahayakan keselamatan lalu lintas, antara lain pemasangan bumper tanduk dan lampu menyilaukan.

racingonlyJika Penggunaan Knalpot Racing di jalan Raya merupakan pelanggaran terhadap pasal 58 ini, maka dapat diartikan bahwa pemakaian Knalpot racing termasuk kegiatan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas. Peraturan ini tentu sangat mengagetkan bagi banyak pihak, terutama pengguna Knalpot racing. Bagaimana Nggak, selama ini kan kita sepertinya bebas-bebas saja menggunakan Knalpot Racing . . . dan tiba-tiba saja kebebasan itu terbelenggu . . . pastilah ada yang berontak . Selain itu Bagi beberapa orang, Knalpot Racing menentukan mengepul atau tidaknya Dapur mereka (alias sebagai mata pencaharian). Tapi kalo bro sekalian mau sedikit detail, cobain deh cek perlengkapan saat membeli Knalpot, terutama knalpot racing impor macam Yosimura, twobrothers, leoVince, dlsb . . . Biasanya disana tertulis ” For Race Use Only” atau “Competition Use Only

Jelas Pasal 58 terbaca sangat umum dan butuh penjelasan yang komprehensip, agar nggak di jadikan Pasal multitafsir. Penyelenggara negara sebagai pengemban amanan UU ini haruslah melakukan penjelasan dan Sosialisasi secara mendalam tentang semua yang ada dan tercantum dalam UU ini termasuk Pasal 58. Satu yang menurut saya yang seharusnya juga jadi sasaran empuk Pasal ini adalah para pengguna mika stoplamp bening yang dikolaborasikan dengan bohlam berkaca bening . . . silau meen 😀 . Nah Bagaimana menurut Bro sekalian??  . . .monggo di share kembali, cmiiw, thks,  semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

tmcblog youtube channel
TMC ADS

355 COMMENTS

  1. Engga jamin peraturan ini akan berjalan baik di jalanan. Selama sosialisasinya masih buruk. Semua UU akan sia2. Yah seperti di larang belok kiri langsung. Masih banyak pengguna jalan yg belum tahu UU ini.

    Guest
  2. klo sy sh ng mslh,krn pngunaan knalpot racing tsb mmg trasa menggangu alias polusi bunyi. dan biasax ada pengendarax yg mengendaraix dgn cpt di dlm kota dgn ugal2an,shg bg sbgian org mmg tmpk mmbhaykan pengguna jln lainx.

    Guest
  3. yang adil mungkin ditentukan batas kebisingannya… setiap produk knalpot racing distandarisasi maksimum ‘db’ nya

    Guest
    • betul itu mas bro.. skg sudah keluar knalpot baru merk Nobi Neo Silent Sport. Di prediksi knalpot berjenis racing ini sangat ramah polusi kebisingan krna suaranya mirip dengan suara knalpot standart. kebisingan di bawah 100db kok.

      Guest
  4. @Adul
    nah maksut saya begitu . . . jadi pelarangan itu musti jelas aturannya . . .berapa nilai batas ambang kebisingannya . .. soale kalo ukur db nya knalpot Originalnya Harley Davidson tetep aja MENGGELEGAR he he he he eh 😀
    cmiiw

    Administrator
  5. Lha iya, harusnya lebih detail peraturannya dengan menentukan batas maksimum desibel suara knalpot kendaraan bermotor
    😀

    Nah, klo mika bening buat stop lamp
    Itu yang harusnya nomer 1 diurus sama polisi dong daripada knalpot racing
    Saia jg benci banget dah klo ada motor stoplampnya silau gitu

    Guest
  6. ironisnya petugas yg dilapangan kadang ga mau tau main “pukul rata” yg pake knalpot bukan standar drazia… setuju skali klo yg dtindak motor yg pake mika bening bikin silau…

    Guest
  7. wedew… baru sepekan yang lalu ganti kenalpot meski cuma yosingmurahan (sempet di protes ama mbokdhe J.A gara2 ngomong yosingmurah asli, kamsudnya asli murahnya hixhixhix…)
    masah baru juga dipasang mesti dilepas lagi… mana dompet bobol kemrin. ampun pemerintah….

    Guest
  8. rasain… hehehehe.. klo gw mah setuju bgt!!
    berisik! bikin polusi suara ajah, jgn cuma motor aja, mobil, bajaj, truk bis, becak, skateboard, otoped, sepada *sisanya becanda* hahaha.. juga diterapin peraturan kyk gt..
    Inget postingan disebelah yg bilang, klo suara knalpot yg keras itu bisa membangkitkan emosi, adrenalin, keinginan utk menguasai, dll.. toh, cuma merugikan pengendara lain kan jdnya?
    udah lah, alon2 aja, ngebut di sirkuit aja sono..
    hehehe..
    yah semoga aja peraturannya bener2 jalan, bener2 diterapkan, kan ujung2nya balik lg ke penegak hukumnya, percuma di kasi motor kenceng polisi klo ngejar bebek dgn suara kaleng rombeng aja gak mau, hehe..

    Guest
  9. kalo saya sangat setuju kalo ada aturan perlengkapan kendaraan bermotor harus “standar”, terutama kenalpot.

    kenalpot “racing” kan jelas tuh buat “racing” alias buat balapan, kenapa pada pake di jalan raya, berisik euy, bisa nambah berapa % tenaga sih?

    gw sendiri merasa sangat terganggu sama knalpot2 berisik nggak jelas dijalan, mending kalo kenceng beneran, kadang ridernya dah nunduk2, pantat mundur kayak orang ngedrag, tp jalannya kayak keong.

    apalagi mayoritas motor di jalanan kan moped & skutik 100~135cc mentok2 paling 12hp, di korak-korek paling berapa sih? ganti kenaplot naek berapa sih? kalo emang pengen kenceng ya beli aja motor 225~250cc 4 tak, atau 150cc 2 tak, daripada moped di kenceng-kencengin(suara knalpotnya). kalo masih kurang kenceng nabung buat beli 600cc, masih kurang? beli lagi yg 1000cc.

    ga punya duit? sekolah yg bener, kerja yg bener.. nabung..

    Guest
  10. trauma sih nggak bro, gw rider juga, baru 1 orang koq temen gw yg tewas keseruduk treker balap liar jahanam, jd gw lom kapok bawa motor.

    cuma kelakuan orang dijalan makin parah bro, dari knalpot brisik, lampu belakang putih, sekarang ada lagi tren di daerah cileduk, lampu depan merah, wtf ~_~.. gw pernah hampir nabrak motor ngwlwan arah, yg lampu depannya merah, gila. ~_~…

    jadi kalo polisi mau standarin motor di jalan raya, gw dukung lah. buat keamanan bersama. kita sebagai rider ya harus tau diri juga, namanya part racing ya buat racing, silahkan racing di tempat yg selayaknya.

    Guest
  11. kalau saya pribadi lebih tertuju pada suara atau db yang dihasilkan knalpot, walau racing kalau didb yang dihasilkan masih pada taraf dibawah standar yang ditetapkan gak masalah dipakai dijalan umum

    Guest
  12. Yang dimaksud dengan “perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas” adalah pemasangan peralatan, perlengkapan, atau benda lain pada Kendaraan yang dapat membahayakan keselamatan lalu lintas, antara lain pemasangan bumper tanduk dan lampu menyilaukan.

    disini tidak dituliskan masalah knalpot, jadi kayanya bisa berargumen dengan polisi kalau ditangkap.
    coba dibaca dan diresapin

    Taufik:
    kalo Pulisinya bilang . . .”kan disono tercetak kalimat ‘ANTARA LAIN’ . . .berarti yang lain masih banyak”

    Guest
  13. Gua sih mau ganti knalpot YoshiMura Ori cuma duitnya gak nahan, makanya pake yang standar ajalah.
    Buat point ” para pengguna mika stoplamp bening”, 100% gua setuju, karena sangat menggangu dan membahayakan orang lain di jalan, gak itu mobil atau motor yg menggunakan stoplam bening emang wajib ditindak, Maunya keren cuma bikin orang lain kesilauan.

    Guest
  14. @bung kemal….
    masalahnya bukan kita mau gitu aja kasih duit…
    toh polisi itu kalopun kita pilih sidang, bukan SIDANG namanya: Karena sudah ditentuin harga yang harus kita bayar di LOKET SIDANG POLISI. kita gak bisa kluarin unek2 kita dan alibi kita sama skali. mereka udah nentuin duit yang harus dibayar gitu aja. Akhirnya juga bayar juga. gak jauh dgn apa yang kita keluarin di jalan. SO, PILIH SLIP BIRU aja, biar duit kita bener2 digunakan untuk membangun infrastruktur daerah/negara.

    Guest
  15. untuk artikel ini, aku yakin banyak kontroversi…
    aku termasuk yang paling gak suka kalo polisi mulai mencampuri hak asasi pemilihan pipa gas buang ini… kcuali bila yang dirazia adalah yang terbukti knalpotnya benar2 bising dan gak ada tenaganya. saya pilih knalpot racing karena lebih efektif tenaga shingga bensin gak terbuang percuma. wong saya beli knalpotpun bukan buat merugikan yang lain dan tetap respect dgn pengguna jalan lain… apalagi kalo ada pak polisi pasti saya usahakan tuk lebih berhati2… so bagi pak polisi jangan sentimen sama kita2 donk… saya gak membenci anda kok… titik

    Guest
  16. Gw setuju ama bro emanrais… gw jga sebel bngt ma rider2 sok2 the doctor… mending lah klw motor mendukung… nie motor ga jelas sok2 the doctor wanna be… minimal ninja ke, klw mw sok2 racing mah… apa lgi yg pke mika bening ama lampu putih, busyet…silau maaan ! lampu taman jangan di pake di motor donk…

    Guest
  17. Kalo knalpot racing yang udah dipasang DB killer gimana yaaa???
    Secara suara dah nggak kenceng lagi tapi masih lebih halus knalpot standart…
    Apa tetap dilarang juga… 🙁

    Guest
  18. yahh..,gara2 polisi gak tambah tentram malah bikin berantem..
    Ridernya geblek,polisinya semprul,sami mawon!!!
    yang pasti kalo motor anda gede,mau knalpot racing yang suaranya kayak geledek sekalipun gak bakal kna tilang,takut tuh polisi!!!

    Guest
  19. wak klo mika bening di stoplamp mah gw juga kesel banget. sangat..sangadht.. mengganggu sekali, pernah sekali negur yang pake mika bening. habis kesel banget…
    kembali kemasalah senalpot, iya juga setuju sama bro adul mending di tentuin ambang batas db_nya biar jelas…
    tapi sejauh ini (maksudnya sepekan ini) selama saya memakai senalpot yosingmurah belum mendapat tindakan apa2 dari aparat kepolisian di bandung… mungkinkah belum sampai bandung peraturan itu…

    Guest
  20. yoshimura masih enak dan nyaman didengar. lagipula ngaruh ke tarikan kok. so kalo polisi masih mau nangkep ya awas aja…
    kalo mika bening? ngeselin….

    Guest
  21. Sebaiknya kita dukung aja program pemerintah dan polisi, toh peraturan dibuat untuk kebaikan kita juga, ane sih setuju masalah kenalpot racing diatur.

    Kasihan deh yang pada beli motor tapi gak ada tenaganya kalau gak pake knapot racing….

    Guest
  22. yang buat kita jadi berpikiran negatif ya yang ga jelas gini ini.. “cuma cari2 alasan aja”

    mereka biasanya liat fisik atau dari suara mas opik?, kalo dari suara coba pas ngelewatin pak polisi teken kopling,, lepas gas.. biarkan motor meluncur sunyi…

    Guest
  23. stujuh bgt bang opik….knalpot racing yah dgunainnya buat race dong bukan djalan raya….. tp emg ninin bang opik kl pk knalpot standar jd kayak banci gt lembut bgt suaranya gak sangar… betul bang???
    tp sebenarnya gk papa pk knalpot racing yang gk terlalu berisik…tp PR kita bersama peraturannya harus diperjelas lagi kita harus bikin pengajuan class action sama pemerintah mengenai hal ini kita bikin konsepnya n semoga dtetapkan jd sama2 enak…..

    Guest
  24. harus ada juklak ama juknis nya yang jelas…biar g multitafsir…
    kan emisi, suara knalpot g bisa cm diliat dr jenis (baca:bentuk) knalpot aja….

    Guest
  25. sebaiknya dalam UU tersebut dicantumkan batas desibel knalpot racing, agar yang di-tilang juga ikhlas. Selain itu Pak Polisi mesti bisa membuktikan knalpot yg ditilang memang melewati batas desibel tersebut. Untuk menilang Pak Polisi mesti punya alat pengukur desibel.

    sebagai pencinta knalpot standar, sy menyambut baik aturan baru ini. Namun dibandingkan knalpot, saya kira LAMPU REM MIKA BENING itu LEBIH KURANG AJAR.

    Itu jelas2 MEMBAHAYAKAN pengendara dibelakangnya. Wahai brother yang masih pakai mika bening. Alasan supaya lampu rem terlihat lebih terang itu sama sekali tidak perlu. Kami dapat melihat lampu rem anda lebih jelas dengan warna lem standar.

    Bagi Pak Polisi yang mau menilang pengendara motor. Saya usulkan untuk memberi tilang yang lebih besar bagi pemakai mika rem bening dibandingkan knalpot racing

    Guest
  26. Neee parah…. Bagussss bgt klo ad… Peraturan gtu…..

    Jadi keinget pas pulang kampung kemaren… Ketawa ketwi…ndiri…

    Udah stoplamp putih knalpot berisik… Bgt….ad rider… Yg sok2 blayer2.. Di lampu merah.. Dy g nyadar klo di belakang.ny ad 2 r6 sm si demon red250.q..
    Pas ijo…. Dy ngebut…. suara.ny dah ngganggu abisss… Yo ezzz… R6 tdi ngebut.. Wuzzzz..wuzzzz..di salip 2 r6… Lgsng agk negak..kan badan dy… Pas disalip motor.q cm dikecepatan 100kpj di spido.q… kedengar suara blukk.bluk knalpot.ny batuk… Ternyata dy udah melanin kecepatan.. Wahaahahha pas q rem n q liad spion…dy cm nguntit di belakang.q doank… Wkwkwkwkkw jadi ketwa ndiri….. Jgn deh nyoba2 moped… Ganti bgtuan.. Berisik tw g.. Iya klo tenaga.ny mumpuni klo g… Malu sendiri kan… Heheheh setuju…. Peraturan pemerintahhhhh

    Guest
  27. mas opik. kalo knalpot moge tu gmana?? kalo di moge bukan knalpot racing, tapi suaranya sendiri udah serasa dugem di jalan.

    aturan yang ga jelas peruntukannya. apakah mengincar knalpot racing “aseli” or knalpot “racing wannabe”. sekarang juga ada knalpot racing yang suaranya adem. pernah dengar kapan hari di jalan

    Guest
  28. Khusus bagi knalpot – Pasal kok dibuat ambigu/banyak penafsiran.. Apa tdk ada disebutkan pd bagian penjelasannya masbro Taufik? (biasanya kan ada tuh di belakang UU yg dibuat). khawatirnya aparat tdk bs (tdk mau) mendengar penafsiran/justifikasi dr qta, dimana batasan2, apa ukuran2 yg digunakan/dimaksud dengan “Mengganggu keselamatan berlalu lintas”

    Salam jabat erat!

    Guest
  29. definisi ‘racing’ kan sebenernya lebih menunjuk ke fungsinya, bukan ke suara maupun bentuknya.

    knalpot standar pun kalo udah dibobok kan jadi berfungsi ‘racing’ juga karena pasti menambah tenaga walaupun tidak seberapa.

    sebaliknya yoshimura juga kalo dipasangi db killer juga bisa menghilangkan fungsi ‘racing;nya karena tenaga pasti tersunat.

    menurut saya, tentukan saja standar suara maksimal yg diperbolehkan. trus polisi kalo mau razia juga bawa dbmeter biar ga semaunya sendiri main tilang yang notabene makin menunjukkan kebodohan sendiri.

    Guest
  30. @gadjah

    makanya perlu ditentukan batas kebisingan maximum yang diperbolehkan. Kalo yg punya moge ngotot itu knalpotnya standar yah suruh dia naik tuh moge di kampungnya aja di Amrik. Jalanan Jakarta untuk motor yg sesuai peraturan Jakarta.

    Guest
  31. lampu rem yg menyilaukan pecahin langsung di tempat aja, bikin naik darah tu lampu. kalo alasannya suara nya kencang, motor dua tak lebih sadis suara bising nya. kadang kadang ada motor yg rantai nya lebih berisik ketimbang kenalpot, apa kena tilang juga?

    Guest
  32. Bro Taufik…

    “Yang dimaksud dengan “perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas” adalah pemasangan peralatan, perlengkapan, atau benda lain pada Kendaraan yang dapat membahayakan keselamatan lalu lintas, antara lain pemasangan bumper tanduk dan lampu menyilaukan.”

    Gimana dengan pemakaian Box kanan, kiri & belakang (mirip tukang SOMAY) ??…apa ditilang juga??…itu jelas2 mengganggu biker’s yg laen..gw pernah kesenggol tuh ama tukang somay…

    Guest
    • Om motor ane juga ada box’a
      Tapi itu ngak melanggar
      Karna selama box ngak nutupin sepion
      Itu ngak jadi masalah

      Guest
  33. hikkssssss. truz knalpot satria 120 r gue yang udh dibelah duren gimana yach ? emang zih suaranya itu yang buat orang pada ngelirik 120 r.

    setuju aza dah buat pemerintah. soalnya pemerintah yang paling paham soal ini. hanya saza jangan tebang pilih and polisinya sembunyi di balik pohon truz tangkap.

    Guest
  34. SETUJUUUU !!!!!!!!
    sebaiknya begitu, buat apa regulasi tentang ambang batas suara dan pencemaran udara, lha kalo begitu nyampai konsumen kenalpot langsung diganti yang free flow.
    Udah gitu nich kenalpot berisik buanget, mengganggu pengendara lain. Kenalpot racing, ya buat balapan aja di sirkuit.

    Saya rasa di Thailand sudah duluan, setahu saya disana, motor2 yang berkeliaran bentuknya standar2 semua. Kalo mo balapan ya di sirkuit. Toh pembalap2 thailand masih terbukti jago2 tanpa harus BaLi di jalan2 raya

    Guest
  35. aku cuma urun suara aja. . .
    komen rekan-rekan diatas sudah mewakili pengalamanku dijalan. . .
    ane setuju 100% dan mendukung peraturan baru tersebut .
    efektif kapan neh?

    keep brotherhood,

    salam,

    Guest
  36. knalpot resing, harus di berantas. karena jalan raya bukan sirkuit balapan,,

    udah gitu bau lagi keluar asep, yang kenceng cuma suara doang. jalan sih lelet,,

    biasanya yang pake knalpot resing itu motor butut yang lampu depan, speedo meter, sein pada di copotin.

    skalian donk di tertibin bocah2 smp yang jelas2 ud bawa motor

    *kemaren hampir tabrakan sm bocah smp yg bw motor seenak perutnya*

    Guest
  37. @mbie dan yang lainnya
    kalo pengen liat UU nya secara keseluruhan . .. monggo disambangi link ini :

    http://matanews.com/wp-content/uploads/uu_22_tahun_2009.pdf

    disana dapat terbaca jelas isi UU dan penjelasnnya 🙂

    Administrator
  38. tambahan dikit Gan.

    disinilah sebenarnya tujuan diadakannya SIM. Sebaiknya para pengguna SIM harus terlebih dahulu membaca dan mengerti peraturan Lalin. Sewaktu “ngambil” SIM pertama (di daerah Jatim), saya disuruh baca peraturan2 lalin , walau cuma sebatas membaca.
    Tapi setidaknya mengerti dikit2, mis : kalo berhenti tidak boleh pas di tikungan (min : 20 meter), berhenti di belakang garis putih deelel.
    Tapi SIM2 berikutnya (bekasi) gak lagi dech. dateng, bayar, foto, langsung jadi dech (lewat calo pula….huehehehehe)

    Guest
  39. Saya setuju dengan bro Taufik, yang penting aturannya jelas. Kalau dibatasi, berapa ambang batas kebisingannya, ada alat pengukurnya enggak??

    Contohnya, silencer saya, sudah diganti, tapi suaranya nggak beda jauh sama standar, hanya lebih ngebass. Kalau dipukul rata dilihat modelnya aja mungkin bisa kena oleh polisi, tapi kan model nggak mengganggu orang??

    Guest
  40. @Lutfie
    Harus Jelas dan Tegas, sebaiknya begitu.

    mis, motor keluaran pabrik sebaiknya tidak boleh merubah apa2, bahkan sampai stripe sekalian. Terus skill petugasnya jg harus di upgrade, biar tau , mana yang std, mana yang oprekan.

    kira2 sanggup gak polisinya ??

    Guest
  41. Kalo di jalanan Bandung udah lama perturan knalpot racing/berisik dilarang. Tapi efektif banget utk mengurangi motor ugal2an di jalan, terutama motor2 anak genkster banyak yg tertangkap.

    Tapi skrng ini jadi agak longgar razian knalpot berisik di Bandung. Mudah2an bisa diperketat lagi peraturan ini..

    Guest
  42. termasuk multitafsir..
    disebutkan ‘.. antara lain bla bla bla’..
    brarti modif/penambahan lain bisa diasumsikan mengganggu keselamatan juga dong?
    ya siap2 aja tetep adu argumen dijalan..
    klo saia lebih setuju seperti helm, pengawasan dimulai dari industrinya..
    jadi yg udah sampai dikonsumen ga perlu diutak atik lagi..
    buat aparat, pengawasan dijalan juga lebih ringan.. tapi udah ga ada duitnya lagi hehe..

    Guest
  43. pada pasal 48 emang ada disinggung tingkat kebisingan sebagai syarat laik jalannya sebuah kendaraan, cuman sayangnya disitu tidak dicantumkan parameternya. yang kita tau sih emang kebanyakan knalpot racing itu berisik, lebih2 motor 4 tak (sory bagi pemakai 4 tak, soalnya disekitar tempat tinggalku kebanyakan pemakai knalpot racingnya motor 4 tak). idealnya sih ditentukan nilai maximal desibelnya, gak cuman knalpot standart atawa knalpot racing. tapi nasip ninjaku gimana nih, biar knalpot standart kalo di geber bikin kuping budek juga.

    Guest
  44. pasal 58 di atas klo kita cermati….lbh mrujuk pd persoalan keselamatan pengguna jalan…

    klo lampu mnyilaukan …mmng jelas2 mmbahayakn keselamatan org lian…tp klo suara knlpot? mnurut ane tdk sampe mmbahayakn keselamatan org lain…mngkin skdr mmbuat bising….beda loh pngertiannya. ini bs djdikn argumen buat klo mw dtilang polisi.

    Guest
  45. Setuju UU-nya diterapkan …
    lagian menurut gue … akan lebih Membaggakan klo kita bisa nyalip dgn Suara yg Halus … jd kesannya Power-nya msh blm mentok dan gak Maksa-in … lebih Coooll …. Setuju ga … 😀

    Guest
  46. @all
    Aturan jangan langsung diterjemahkan mentah2 dong.
    Kan ada penjabaran dalam aturan tambahannya, yang
    mungkin akan menyusul secara bertahap setelah sosia-
    lisasi bener2 merata. Ini kan belum.
    Bdw, stoplamp warna putih tuh hancuin saja. Jelas me-
    nggangguorang dibelakangnya yg bukan cuman 1 orang
    saja. Banyak!!!
    Ttrus knalpot juga sdh tertulis “For Race Use Only” ato
    semacamnya…lha kita mungkin (maaf) nggak ngerti boso
    Inggris ntah gmn. Jadinya ya gak ngurus gitu2. Padahal
    yg bikin saja mencantumkan aturan pakénya. Inilah ke-
    salahan mendasar di “sini”. Sering gak taat hal kayak gitu.
    Mau contohh…
    Motor Mio jelas2 untuk di darat malah dipaké di kolamm,
    ini kan salah penggunanya. Bukan salah pabrik Mio-nya…
    iyakannn….(wakakakakakaka,..)
    Trus sepertinya orang macam Rossi, Lorenzo, Pedrosa, &
    Stoner (juga yang lain) nggak paké knalpot motor balap
    mereka untuk penggunaan harian.
    So….kenapa kita harus lebih mentang2 dari mereka yg
    asli jagoan balapan????

    Intinya….aq setuju dengan peraturan pemerintah itu…….
    utamanya demi kepentingan orang/warga yang lebih
    banyak dibanding kepentingan segelintir orang…..
    Semoga bangsaku bisa lebih dewasa dalam berfikir dan
    bertindak. Amin

    Guest
  47. KaLo di luar negri banyak juga loh moge moge sportnya dipasangi knalpot racing kayak termignoni,yoshimura,two brother,dll… Tapi kalo moge kayak R6 gitu di pasangi knalpot racing suaranya keren sih… Gak malu maluin…

    Guest
  48. mudah2 an anget2 tai ayam….masalahnya gw demen denger FU, CBR, N250 pake yoshimura…keren gtu…..klo gw sendiri sich cmn pake knalpot estede….maklum cmn ada 123-135….hehehehe..klo bisa lebih halus lagi dari estede…..

    Guest
  49. @ 60. Dani Ramadian…
    wah bro dani bener2 kompor nih… membangunkan macan yang sedang tidor… mosok sampai bawa2 MIO AMPHIBI segala… itu kan bagian dari pasukan kodok penjinak bomnya detasment 88…
    mari kita sama2 tanya pada nara sumber yang berkompeten untuk mengomentari MIO AMPHIBI ini,…
    benar demikian bro…..
    biar gak OOT…
    menambahkan kesepahaman saya terhadap penerapan larangan buat stoplamp bening, benar2 membahayakan.. coba di cek mongtor kita masing2, jangan2 salah satu dari kita yang komentar masih pake stoplamp bening…
    sambil clingak-clinguk nggolek’i keset nggo nutupi senalpot yosingmurah….. 🙄 :mrgreen: 😆

    Guest
  50. btw klo knalpot racing d gusur total bijimana jadinya tu nasib para produsen resmi kyk NOB1,R9,yoshi,AHM,KP16 dll…?? apa mreka hrs banting stir jd bisnis produksi panci?? (ntar jdnya panci racing tuh…=_=a)

    kyknya sh biar sama2 enak, ya kudu d bkin standar desiblenya tu knalpot, biar ngukurnya bs jelas,tepat n gak seenaknya…n pastinya para produsen knalpot itu nantinya hrs nurutin standar desible yg d kluarken pmerintah,klo masi gak nurut jg yaa monggo cabut aja izin produksinya…

    bwt bro2 yg pnasaran, silahken tanya k pulisinya langsung…

    Email : info@polri.go.id
    Alamat : Jln. Trunojoyo No.3 Jakarta Selatan
    Admin : Pusinfolahta
    Phone : 021 – 7218144

    kira2 gmn yaa jwban pak pulisi??? ehehehe…

    Guest
  51. “Satu yang menurut saya yang seharusnya juga jadi sasaran empuk Pasal ini adalah para pengguna mika stoplamp bening yang dikolaborasikan dengan bohlam berkaca bening . . . silau meen 😀 . Nah Bagaimana menurut Bro sekalian?? . . .monggo di share kembali, cmiiw, thks, semoga berguna”

    wah setuju sekali, gw pernah “menghardik” orang yang pake stoplamp bening ini, silau men! dan pernah di salah satu lampu merah di bekasi, ada polisi yang menilang salah satu bikers yang menggunakan stoplamp bening ini.

    thanks police!

    Guest
  52. Harusnya ada aturan tetap masalah batasan suara-nya… max berapa db, kalo UU-nya cuma gitu doang mah, sebenarnya gak ngaruh/kuat.

    Jadi minimal para polisi bawa perlengkapan untuk mengukur suara dari knalpotnya n UU-nya juga ada aturan yg jelas.

    Kalo main tilang ajah, wah payah tuh.

    Polisi juga harusnya mensosialisasikan UU-nya lewat media masa dan dealer2 motor, sehingga aturannya jelas…

    Perasaan suara knalpot dari bus/metromini/angkot byk yg cempreng, memekakkan telinga dan berasap hitam, mbok ya itu dulu baru ke masyarakat.

    CMIIW… just 4 my cents….

    Guest
  53. Ane setuju sama bro @ Kemal_Mind54 .
    Coba di cek ulang apakah motor kita sudah memenuhi persyaratan dari UU No 22 tahun 2009?
    satu lagi apakah Helm kita sudah Standar SNI atau DOT?
    jadi intinya kesadaran datang dari kitas masing2

    Guest
  54. kenalpot aja diurusin….
    tuh masih banyak aspek yang mesti dibenerin untuk keselamatan berkendara daripada ngurusin knalpot….

    Guest
  55. gw gak bisa ngomong apa2… abis udah pada diwakilin ama bro2 semua….

    cuman mo bilang aja, kalo ada yang masih suka pake knalpot bledukan ama lampu bening itu tandanya si pelaku KADAR INTELEKTUALITASNYA SANGAT2 RENDAH…

    kasian banget dech loh..!!!

    bravo pak polisi, tangkep2in aja tuch..!!!

    Guest
  56. Lampu belakang bening –> sebel banget, apalagi pas ngerem, bikin silau mata, tak punya perasaan mereka.

    Knalpot racing –> kalau yg suka geber2 juga nyebelin sama dengan yang suka klakson sembarangan,

    Guest
  57. 60. Dani Ramadian
    Bwakakakakakak..
    Tak kiro komen serius, lha koq bawa2 mio amphibi barang
    😆

    @pak eddy
    Iya mana guspur ni
    Koq ga nongol dimari

    Guest
  58. Buat bung eman,turut prihatin sama temennya yg kecelakaan itu..

    SAFETY FIRST ON THE ROAD,DAB!Kalopun sampeyan tidak pengin selamat,biarkanlah orang lain selamat dari perilaku berkendara sampeyan.

    Guest
  59. Artinya knalpot STANDART adalah knalpot asli bawaannya jadi TIDAK BOLEH DIRUBAH-RUBAH , ada yang tanya kenapa knalpot HD yang bersuara keras tidak dilarang ??? LHA ya knalpot HD kan aslinya begitu !!! BENER ???? keluar dari pabrik HD kan begitu

    Jadi bagi anda- jangan coba-coba ganti knalpot selain dari spesifikasi pabrik motor standartnya ,hormatilah sesama pemakai jalan

    Kalo mau pk knalpot racing = ke sirkuit saja
    Dukung polisi tertibkan knalpot racing

    Guest
    • Maap yah sebelumnya @pemerintahan yes
      Kalo andai kata ada aturan suara knalpot maksimal 100 dB, trs suara motor H-D 120 dB tp tidak dilarang gara2 asli pabrik? Trs suara knalpot racing yg tipe silent 50 dB dilarang gara2 bukan asli pabrik?
      Ingat loh,semua motor yg masuk ke indo apalagi aptm pasti ada pendaftaran kendaran,jd artinya kl sudah dijual umum pasti sudah di acc sma pihak pemerintah.
      Menurut saya mending dibuat aturan maksimal dB jadi jelas mana yg dilarang mana yg engga.

      Guest
  60. dulu th20007-prtengahan 2008 disolo jg pernah ada razia macam ini
    dan saya jg pernah kena(curhat mode on) kata pak polisimelangar pasal tentang bunyi2antdk pada tmpat’a
    tp saya jg ngeliat motor sport polisi tersebut pakai knalpot mobil
    apakah ini adil????
    wah tapi yo ramudeng
    mungkin brother2 skalian adayg tw alasana????

    Guest
  61. iya tuh padahal lampu yg putih2 silau mennn itu lebih bahaya…
    kalo knalpot racing juga ada bahayanya sih, bunyinya bisa bikin orang jantungan
    mau beli knalpot racing ngga jadi deh 🙁

    Guest
  62. tambahan

    Sekarang waktu nya men-STANDAR-kan knalpot anda,copot knalpot racing anda dan gantilah knalpot orisinil pabrikan.

    Kami tidak akan segan2 menilang anda dijalan .

    Guest
    • Menilang? Emg anda polisi? Emg ada bukti? Emg ada aturan yg JELAS?
      Mending “men-STANDAR-kan” pribadi dan prilaku masing-masing yg bener dulu aja.

      Guest
  63. hehe…pernah baca di warung bro arie sesat, bahwa Indonesia ini termasuk surga bagi pecinta modif, di negaranya michael ballack sonoh orang tidak bisa sembarangan mengganti parts motor. ganti spion selain standar pabrikan aja mesti diliat dulu, itu spion memenuhi standar apa nggak? malah kudu passed sertifikasi ISO segala lho…
    apalagi ganti knalpot? :mrgreen:

    menjalankan peraturan baru memang mungkin berat, karena mungkin kita sudah terbiasa. tapi kalo aparat gak pilih kasih, demi kepentingan bersama insya Allah saya mendukung.

    Guest
  64. Untuk knalpot gw Pro UU, Sorry ya buat Brothers sekalian yang ngak sependapat. Masalahnya sudah sering kali lagi enak-enak tidur terbangun hanya karena knalpot yang suaranya kayak kaleng rombeng. Kadang juga pas dibelakang motor yang pakai knalpot racing di lampu merah perut gw langsung eneck. Kalau mau ganti knalpot silahkan saja tapi jangan di pakai motornya kecuali di Sirkuit

    Semoga suara kaleng rombeng segera berlalu,..

    Guest
  65. kalo penambahan part yang membahayakan keselamatan lalu lintas, bisa dilihat pas lebaran, nambahnya ga main2, pake kayu, belum lagi tumpukan beban bawaan…nah, kena razia kagak itu???

    Knalpot, gw sih setuju aja..soalnya rata2 (enggak keseluruhan) yang pasang knalpot racing suka nggeber2, dan bikin panas hati..bener tuh, syukur kalo ngebut, lha gede suara doang, sakit di kuping…

    Tapiii kalo knalpot racing suaranya merdu n makenya bener…fine2 aja, lagian ganti knalpot juga untuk mempercantik penampilan

    Guest
  66. @^^orang2 bejat
    Knalpot Yoshingmurah sebenernya juga ilegah… tapi dibiarin ama pemerintah… hayooooo… gimana hayooooo…??? :mrgreen:

    Sniff… sniff…
    (*mapan turu meneh)

    Guest
  67. menurut gw, uu dibuat emang bener buat ngatur cuman caranya gimana seringnya g ada tolak ukurnya, kayak yg menyilaukan seperti apa, yg mengganggu keselamatan seperti apa, itu g ada yg jelas, dan hanya berdasarkan feeling dari yg nge razia aja, boro-boro ngomongin soal ISO, atau ngitung tingkat kebisingan, yg jalan di trotoar atau motor lewat jembatan pejalan kaki aja masih banyak …..

    Guest
  68. “Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan dilarang memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas.”

    Maksudnya apa negh Pak Pulisi…. Pasal itu multi tafsir… Harusnya pasal tersebut ada penjelasan secara rinci, mestinya mereka itu menilang orang2 yang gak nyalain lampu pada malam hari… itu yang paling membahayakan keselamatan orang lain

    Guest
  69. Paling adil ya silup (baca: polisi) harus punya standarisasi dulu, mana knalpot yang tergolong “mengganggu keselamatan berlalu-lintas”
    Antara lain batas kebisingan, dengan ukuran Desibel. Jadi nggak asal main semprot aja, WOOII, KNALPOT LOE TUH KNALPOT RACING, LANGGAR UU sekian….DENDA SEKIAN…
    Kita sebagai pemakai jalan juga punya hak meminta kejelasan, seberapa betul “tuduhan” tersebut.
    Bukannya membangkang,kalo emang terbukti bener melebihi standar kebisingan, kita juga konsekuen, ditilang dooong….
    Kalau nggak, silup-nya juga gak bisa maksa dooong…
    Paling fatal emang mika lampu rem bening, SILAU BENER….ndeso buat yang pake mika bening, tapi bohlam-nya standart. Payah abis…
    Masih mending mika bening/transparan tapi bohlam digantgi merah…
    PISS buat semua biker….ngomong2, Byson stoplamp-nya merah kan???? gak sabar nih nunggu, inden gpp wis….

    Guest
  70. all
    dengerin ardio OZ dech…. ( oot neh)

    ada razia R2…yang di razia tapi “ban”- nya..karena disinyalir banyak pengguna R2 menggunakan ban ilegal alias selundupan…kalo lokasi pastinya gak tau ( 0z jakarta )..cmn dengerin aja klo pemerintah sedang mencari barang2 selundupan yang utama ban……tpi para pemakainya yg dirazia..lah piye iki….

    Guest
  71. @ashley…
    BAN SELUNDUPAN????
    mana tau konsumen kalo itu ban selundupan….???

    POLISI SEKARANG PINTER CARI TAMBAHAN DUIT…
    DARI EMISI, KNALPOT, EHHH BAN JUGA….

    walah… pak polisi tolong hargai rezeki halal orang donk… kami dsini banting tulang buat cari penghasilan, buat cita2, dan slalu berusaha untuk tetap patuh pada peraturan yang berlaku, tapi jangan gini donk caranya asal tilang gak jelas gitu, slalu ada aja seribu satu alasan buat tilang kami…

    Guest
  72. mungkin knalpot racing di mata para perazia itu identik dengan suara bising yang memekakkan telinga, jadi dikhawatirkan bisa mengagetkan pengendara lainnya. mungkin para biker, pemilik bengkel perlu menyosialisasikan seperti apa sebenarnya knalpot racing dan aksesoris2 modifikasi lainnya.

    Guest
  73. fyi, ini yang paling tidak saya alami bila sudah berurusan dengan polisi(saya ambil dari blognya mas andhi, maaf mas langsung comot) semoga berguna:
    http://asli-malang.blogspot.com/2009/04/sedikit-tips-kalo-ditilang-silup-polisi.html

    Guest
  74. @ Gus Pur
    gus pur gak usah komenlah, paling kalau kerja gak pakek motor, kkakakakakakak,
    wong kerjanya niru gus Dur gimana mau naik motor.
    Bisa nabrak prawan liwat, mak gedebuggggggggggghhhhhhhhhhh gitu kakakakakakak,
    maaf gus.

    Guest
  75. @A Seen
    Jangan salah… dulu jaman aku naek CBR1000Fit ku… yg knalpotnya udah takganti knalpot racing custom bikinan Ahau… RX King aja sampe prothol knalpotnya takkejar… Lha wong dia gak liat belakang cm denger suara berisik dr belakang dikira ada FU korekan di belakangnya… trus dia ngebut sejadi-jadinya… walhasil pas dia gak bisa ngindarin lobang… BLETAK!!!! trooong thong thong thong….!! knalpotnya lepas…. huekekekekekekekekekkkkk… satu orang tertipuuuuu… huhuhuuuuuuu… :mrgreen:

    Sniff… sniff…

    Guest
  76. dilarangny knalpot racing ga berarti jadi aman. Kebiasaan pengguna jalan yg harus ditata. Ni para mentri ma anggota DPR asal2 molo nih bikin undang2, bisanya cari kambing hitam dan bikin undang2 ga penting ujung2ny cuman makan duit dengan rapaat2 yg juga ga penting.

    Guest
  77. lha knalpot racing khan cuma istilah…
    nama aslinya apa yah lupa gw… kalo ga salah ada flow-flownya lah…

    memang harus diakuin pergantian knalpot BIASANYA untuk meningkatkan power motornya
    tapi… tidak semua orang yang mengganti knalpotnya untuk bergaya ala rossi…
    contoh gw ganti pake DBS pelangi karena tertarik dengan fisik (warnanya)
    atw ada temen gw yang ganti knalpot yang kalo panas bisa nyala
    alesannya… yah unik aja…
    apa seperti ini juga dilarang???

    trus masalah peruntukkan…
    tuh ban FDR XR dengan jelas2 tertera RACE ONLY – NOT FOR HIGHWAY USE
    mo dilarang juga???
    padahal jelas2 komponnya lebih lunak daripada ban standart
    efeknya yah daya cengkram yang lebih baik…
    masih dianggap membahayakan pengguna lalu lintas???
    dasar… pemerintah idiot!!!
    back to basic…
    yang ditilang pengendara sok balap2an…
    bukan pengendara yang motornya pake knalpot yang istilahnya “racing”

    bwt orang2 yang sentimen thdp pengguna knalpot modif-an
    yang merasa terganggu karena kebisingannya
    coba pertegas apa yg yang anda benci???
    kelakuan pengendaranya??? maaf tidak semuanya seperti itu
    tingkat kebisingannya??? tuh tunjuk moge + bajaj (bukan pulsar)
    toh kalo masalah kebisingan… klakson juga banyak yg bermasalah…

    kalo masalah lampu gw setuju 100%…
    tapi ga cukup sampe disitu…
    cek juga tuh lampu depan sering naek keatas…
    bukan jalan yang disorot malah mata pengendara dari arah yg berlawanan yang disorot
    dan untuk kasus ini terdakwa yg paling banyak adalah… angkot dan truk!!!

    btw gw juga akuin seh sparepart modif tidak selamanya lebih bagus dari yang standart …
    gw abis ganti footstep nui project + selang rem kitaco, koq rem blakang malah kurang pakem yah???
    ada yang bisa bantu???

    Guest
  78. @madix
    Xixixixixiiiiii… iya tuh…. harusnya yg RX King itu yg ditilang… asli lgs mental gemlonthang gt…. dan sayangnya gua gak bisa nahan ketawa jadi pas nglewatin dia yg lg brenti manyun gua tetep sambil ngakak… kakakaakakakakakakkkkk… :))

    Sniff… sniff…

    Guest
  79. NO NO NO……..
    mendingan yg di tilang knalpot2 bebek yg knalpotnya maen potong aja..
    suara gede power lemot…
    polisi suara…
    kalo mau pake knalpot racing yg dah terjamin mutunya..
    so power dapet suara gk terlalu gahar..
    lumayan jadi dopping masa di larang..
    yg kudu di larang yg maen potong n las asal2an aja..
    HIDUP KNALPOT RACING ……

    Guest
  80. knalpot standar kalo digas ampe mentok ya tetep aja bising,coba aja masuk daerah padat pemukiman pake knalpot standar tapi digeber tetep aja bikin emosi

    Guest
  81. @ 102. madix

    thanks atas infonya…gw kalo bayar mobil bayar tilang langsung ke polisi 100 rebu-an, motor 50 rebu-an

    Guest
  82. Wis lah, kalau udah urusannya dengan penegak hukum mah…ngikut ajah…wong gak ada tutup pentil aja ditilang koq. Mika bening dan knalpot bising juga gitu, bikin gak enak…jadi ngikut aja ama undang-undang. AHRS udah menyesuaikan beberapa produknya dan ada juga yang pake db-killer, jadi suara bisa adem. Undang-undang ini mungkin nggak berlaku buat Betrix (mongtor listrik……nyussssss…)

    Peace ah…

    Guest
  83. Kalo gw sih setuju2 aja ni peraturan di terapin yg penting lebih diperjelas aja berapa DB knalpot racing yg g boleh tuh,dan gw dgr2 jg razia2 knalpot gini bukan dilakukan karena keinginan polisi sendiri tapi karena seringnya laporan dr warga jg,jd laporan warga itulah yg diikuti polisi.

    soalnya pernah kejadian sm temen gw sendiri(posisi di Bndung) gara2 dia pake motor dg knalpot racing pernah dia dicegat sama warga perumahan yg sering dia lewatin, trus hampir mau digebukin, untungnya sempet dilerai jadi msh selamat,meningan kena tilang polisi kan daripada kena gebuk warga,bukan cuma muka yg bonyok tapi motor jg bs ancur.

    Guest
  84. @ 117. eddy…
    meuni keukeuh boZz eddy ti kamari hayeuh we ngiklankeun senalpot made in mbah guspur, gus pans beratmu ki… Xixixixixiiiii…..
    mas piye wis di tebus ta arm GSX kanggo n250 nya… jadi pingin liat hasilnya… email_in gambarnya minta bantuan ama Mbok tuo lah….
    aku belum sempet nyari kondom buat fuell tank mas… kiro2 mahar’e piro mas… nek diatas siji koyone nabung sek paling wulan ngarep…

    tit..tit.. brum..brum…. awaaaaassss minggir senalpot Yoshingpethakilan arep lewat…. brummmmm wuzzzzzzzzz……..

    Guest
  85. @1001
    Hahaha….kalo tertarik bisa pesen kok sama guspur.Macem2 tuh!
    Tergantung sampeyan mengutamakan body ato suaranya.
    Ada yg suaranya kalem,biasa,sampai yg teriak.
    Coba aja kontek dia.Dijamin Maknyos….xixixi……..

    Bukan arm GSX Mas,tapi R1(Maunya sihh).setelah kuukur di bengkel ternyata kepanjangan.Selisih sekitar 5cm dr arm aslinya.Akhirnya kukembalikan n ditukar sama barang lain.Rencananya arm asli dicustom aja spt model R1,krn aku suka bentuknya.Lagi nunggu antrian nih.

    Guest
  86. Dugh
    Gw kok ktinggalan jauh bgt ya

    Yg hrs ditilang tuh mtr yg asepnya banyak bgt
    *td kenyang asep king,disalip gak mau,tp jalana pelan
    Mpe mata perih,dada sesek,kpala jd pusing
    F**king one!
    :mrgreen:

    Guest
  87. setuju bgt ni ma UU nya. iya knalpot emang bikin polusi suara.apalagi klo dipake di motor2 bebek atau matic yg ga jelas darimana asal knalpotnya. yg penting suara brisik.duh ampun de brisiknya. apalagi motor yg mika stoplamp nya bening.itu bahaya bgt. ktika kita ngliat cahaya itu, mata kita akan buta selama sekitar 3 detik. dan di lalu lintas itu, 3 detik itu apapun bisa terjadi bro. makanya setuju bgt ni ma UU ini..dan angkot juga tuh. musuh para bikerz.hehehe

    Guest
  88. baca dari komen nomer 1.. serius banget ..
    giliran sampe di nomer 104 punya Guspur..langsung ngakak..

    iku RX king ga ono spion’e opo?
    cuma di-intimidasi sama “suara” CBR1000Fit.. dah langsung cabut, ga mau kalah.. harusnya lirik dulu di spion.. khan ga sampe jatoh begono.. wakakaka..

    btw, soal lampu rem yg bening dengan mika bening.. Sangat amat setuju sekali klo ditilang.. orang gila tuh yg pake lampu model begitu..

    Guest
  89. walah, klo knalpot gw dah diotak-atik jadi “semi” free-flow dengan bentuk tetap pada bentuk Standarnya dan dari sisi suara ga berubah banyak (malah lebih halus) masuknya kategory “racing” ato bukan yah?

    Guest
  90. ada yg pernah nonton TAXI 1 , 2 , dan 3 ??? tuh kan polisinya keren,,pegang alat pembaca kilometer..gimana klo dibalik jadi pembaca desibel.. 😀 ada ga ya alatnya?? kan enak tuh..biar ga ribet tinggal liat nopolnya trus cek di database..trus kirim dah surat tilangnya kerumah.. 😀

    lho jadi Ide.bs buat bahan tgas akhir.. 😛

    Guest
  91. Salam kenal Bang Taufik.. 🙂
    Undang2 dg kata2 yg multi-tafsir kaya gini nih, yang sering2 bikin salah paham.
    Bisa2, pake pelek racing aftermarket kena tilang dong..!!
    dg dalih: “pake perangkat selain onderdil standard dari dealer = membahayakan”

    Guest
  92. wah, fb gw tuh yg nampang! gw Alif nya nih! hahahaa

    thx bro taufik, di bahas jg:D
    btw pemerintah masih perlu mendefinisikan seberapa bahayanya knalpot racing. bahayanya dmn? kalo brisik toleransi tiap org kan beda2…

    makanya gw tulis di fb harus ada standar desibel yg diteteapkan sbagai standar acuan…

    Guest
  93. ada kok soal knalpot

    Pasal 285
    (1) Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan
    yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan
    yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu
    rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat
    pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban
    sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto
    Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana
    kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling
    banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu
    rupiah).

    Guest
  94. dan ingat, gak ada alat pengukur kelajuan alias speedometer, bisa didenda 250 rb
    pake ban gundul juga (gak tau kalo slick tire) he he he

    oya..lampu depan mesti putih atau kuning, sedangkan lampu belakang merah

    Ayat (2)
    Huruf a
    Yang dimaksud dengan “susunan” terdiri atas:
    a. rangka landasan;
    b. motor penggerak;
    c. sistem pembuangan;
    d. sistem penerus daya;
    e. sistem roda-roda;
    f. sistem suspensi;
    g. sistem alat kemudi;
    h. sistem rem;
    i. sistem lampu dan alat pemantul cahaya, terdiri atas:
    1. lampu utama dekat, warna putih, atau kuning
    muda;
    2. lampu utama jauh, warna putih, atau kuning muda;
    3. lampu penunjuk arah, warna kuning tua dengan
    sinar kelap-kelip;
    4. lampu rem, warna merah;
    5. lampu posisi depan, warna putih atau kuning muda;
    6. lampu posisi belakang, warna merah; dan
    7. lampu mundur, warna putih atau kuning muda;
    j. komponen pendukung, yang terdiri atas:
    1. pengukur kecepatan (speedometer);
    2. kaca spion;
    3. penghapus kaca kecuali sepeda motor;
    4. klakson;
    5. spakbor; dan
    6. bumper kecuali sepeda motor.

    Guest
  95. akhirnya janji SBY terealisasi tidak hanya menaikan gaji polri tapi memberikan uang sampingan tiap hari kepada polantas dengan peraturan baru ini.terima kasih pak SBY akhirnya kami anak2 polantas bisa hidup layak dan makan enak tiap hari dengan hasil tilang yg bapak kami bawa tiap harinya.lumayan jg buat tambahan nyicil motor ninja 250 saya.i love SBY.

    Guest
  96. @ 120. eddy …
    sampeyan telat ngasih taunya mas, senalpotku udah aku ganti baru sepekan yang lalu pake Yoshingmurahan, lmyan buget 3,2 bisa nambahin gaya, suara juga gak cupu bgt. cuman sekarang kebentur ama UU diatas mumet ndasku. ntek2an mbobol celengan disikat ama UU…
    sempet diprotes ama mbokdhe J.A gara2 tak sebutke Yoshingmurah asli…. padahal maksudku Asli murahnya……hahahaaaaa…
    yo wes mas semoga sukses nunggu antreannya, ntar klo udah jadi email_in gambarnya ya tak contek..
    gak di patenkan_kan…klo mesti bayar royalti juga harga teman heheheee :mrgreen:

    Guest
  97. lho, knalpot racing justru penting buat yang doyan ngebut tapi suara motornya alus. . . gila aja, pernah waktu lagi jalan nyante, ada pulsar melintas kenceng. . . wew, kaget mak. . . malah bisa bahaya tuh. . .
    waktu ninja 250 r melintas juga gitu. . . kaget cuy :mrgreen:

    apalagi kalo motor di depannya ‘ndlenger’, bisa2 malah kecelakaan. . . soalnya motor ane waktu belum ganti knalpot sering juga waktu lagi kecepatan tinggi, motor di depan ane malah ga sadar, n jalannya miring ke arah ane. . . haduuuuh, hampir tabrakan deh. . . apalagi klakson vixy imut banget 😆

    Guest
  98. @ralat diatas

    bukan doyan ngebut, tapi doyan berkecepatan tinggi (karena motornya mumpuni juga untuk diajak lari) . . . soalnya kalo ngebut kesannya kek ugal2an 😆

    Guest
  99. @ Gus pur
    Wah lama nih berhenti ngakaknya
    kakak………………………
    sampek-sampek susah nulis komen saking ngakanya,
    terus sejak itu langsung gus pur jadi tukang knalpot gitu ya gus,
    gara2 knalpotnya King ilang langsung gus bikinin gitu,
    kakakakakakak

    Guest
  100. @ gus pur
    maaf gu kalau profesi tukang knalpot kayanya nam Gus kurang cocok, biasanya orang jawa namanya sesuai profesi gus contoh liat ni:
    Pandai menanam bunga, diberi nama Rosman.
    Pandai memperbaiki mobil, diberi nama Karman.
    Pandai main golf, Parman.
    Pandai makan orang : sumanto
    Pandai dalam korespondensi, Suratman.
    Gagah perkasa, Suparman.
    Kuat dalam berjalan, Wakiman.
    Berani bertanya, Asman.
    Ahli membuat kue, Paiman.
    Pandai berdagang, Saliman.
    Pandai melukis, Saniman.
    Agar jadi orang kaya, Sugiman.
    Agar besar nanti paNdai cari muka, Yasman
    Suka begituan, Pakman
    Suka makan toge goreng, Togiman
    Selalu ketagihan, Tuman
    Suka telanjang, Nudiman
    Selalu sibuk terus, Bisiman
    Jadi org pelit, Eman
    Nggak kebagian, Ora uman
    Biar jadi penjahit, Jasman
    Pribadinya manis, Legiman
    Indah dipandang, Taman
    Agar selalu sukses, Luckman
    Jadi pemalak, Preman
    Tukang sosor, Kisman
    Biar pinter main game …. Giman
    Biar bisa sering cuti …. Sutiman
    Biar jadi juragan sate …. Satiman
    Biar jadi juragan trasi …. Tarsiman
    Biar pinter memecahkan problem …. Sukarman
    Biar kalau ujian ndak usah mengulang …. Herman
    Biar pinter bikin jus …. Yusman
    Biar jadi orang yang berwibawa …. Jaima
    Biar jadi pemain musik …. Basman
    Biar awet muda …. Boiman
    Biar pinter berperang …. Warman
    Biar jadi orang Bali …. Nyoman
    Biar jadi orang Sunda …. Maman
    Biar lincah seperti mony3t …. Hanoman
    Biar jadi orang Belanda …. Kuman
    Biar tetep tinggal di Jogja …. Sleman
    Biar jadi tukang sepatu handal …. Soleman
    Biar tetep bisa jalan walau ndak pake mesin …. Delman

    Mungkin nama yang cocok kali buat Gus Pur adalah Yosman
    Atau Gus Yosman alias pembuat y osingmurah
    kkakakakakakakakakakakakak………………

    Guest
  101. BETULLL!!!! (sok tau mode:ON)
    guspur bertekad mulia biar gak ada orang yang knalpotnya terbang dan membahayakan jiwa raga pengendara lainnya….

    WKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWKWK (ngakak lagi nihhhhh!!!! masih g bs bayangin)

    Guest
  102. @all…
    waduh…
    Ninja 2tak series , Satria120R , FIZ…meskipun racing look…tetap aman…
    yg 4 tak ganti knalpot……senut..senut…
    akhirnya main PETAK UMPET dan CILIK-BA…….

    Guest
  103. @ 139. A seen…
    bro gw lagi di tempat kerja sampai malu ketawa2 sendirian.. bolak balik tak tutup windowku.. lha piye ora kuat nahan ketawa… nganti saiki aku urung iso mingkem ekekekeekekekekkkkkkk……
    Yosman….. nais idea…

    Guest
  104. knalpot two bros gue langsung pensiun… sekarang ganti standar.

    jujur tuh knalpot emang terlalu keras suaranya, mesti larinya motor jadi TOP BGT. cuma di dusnya aja jelas tertulis : FOR CLOSED CIRCUIT USE ONLY. mbok ya udah, tau diri. kalo turun di sentul baru gue pasang. wong jelas-jelas tulisan dari pabriknya gitu koq ngeyel…..

    Guest
  105. @1001…cidtux..billbull..ashley…A Seen
    kalau nekat…ya main petak umpet…kejar-kejaran…
    kalau ketangkep ya ciluk ba….siapin rp.25rb…khan sudah tradisi….
    kalau ndak punya rp yo wis..eyel2-an wae…..
    hahahahahahahahahaha……
    kalau ndak mau repot ya…kembali ke selera asal…yo tho…..

    peace

    Guest
  106. LHAAAA… SAPA SURUH..MO KENCENG KOQ BELINYA BEBEK..or motor TURING ,AKHIRNYA UPGRADE SANA-SINI, CDI GANTI, FILTER GANTI , KARBU diGEDEin, GANTI CAM, BORE UP, KNALPOT. RACING……..dipake sekolah ,kepasar, kantor ,dsb BUKANYA di sirkuit

    example : ATPM d Singapura cukup jeli mengakomodir regulasi emisi, decibel dsb…..mereka provide motor2 untuk speed freak
    disana bebek SANTAI yg biasa ….MID class 250-400CC sampe SuperSPORTGSX/YZF/CBR ….SEMUA TERSEDIA… emisi knalpot dan emisi SUARA teratasi……keingin buat kenceng tersalurkan…DENGAN CATATAN
    ,YA MUSTI PUNYA DUIT
    he…..he….he…….

    Guest
  107. Setuju sm komenny bro Dudung. Masa ban, master rem dll yg berbau racing ‘namanya’ mau di razia juga. Dan ngk semua pengendara berprilaku sama, jika kita ingin di hargai maka kita harus bisa menghargai diri kita sendiri & orang lain.

    Masalah kenalpot ini sebaiknya di persempit lagi ruang peraturannya dengan menggunakan batas kebisingan dalam DB, jadi tidak meluas seperti sekarang. jika

    Ato ini ajang pencarian, kesempatan bagi oknum2 tertentu, untuk merazia pengendara yg kurang informasi.

    Di bogor memang sedang gencar2nya razia knalpot racing (hampir setiap malam di depan RS Azra) yang lebih parahnya setelah di razia knalpot racing di sita. (kayanya tau aja tuh oknum barang mahal, knalpot yoshimura ori ninin250 8jt bos)

    jika memang tidak di perbolehkan knalpot racing, seharusnya pihak produsen kena razia ato setidaknya teguran, untuk menjual produknya secara terbatas, lebih extreme lagi tidak memproduksi kanlpot racing.

    Tanya kenapa ???

    Guest
  108. Saya yang tinggal di kampung dengan gang-gang sempitnya sangat eneg bin empet sama tetangga yang pake knalpot racing. BRISIK..!!! EGOIS..!!! Mending motornya vixion or ninja, lha ini supra doangan mo begaya racing… HUEKK..!!!
    Saya sendiri tidak keberatan brader2 pake knalpot racing. Tapi plis, tenggang rasa lah sama tetangga di komplek/kampung/jalan. Dunia bukan cuma milik ente dan motor ente. Kalo perlu, tuntun motor sampe keluar kampung, baru abis itu nyalain motor di pinggir jalan raya 😀
    piss…

    Guest
  109. Ujian Baru buat para mekanik …….
    dulu ngandalin knalpot + setting PJ & MJ carbu lha sekarang….

    Orang Indonesia terkenal kreatif…(apalagi setelah ada pelarangan ini itu)
    HAYO …Yang ahli setting motor…..TUNJUKANNNNNN
    TANPA YOSINGMURAH or MAHAL KITA BISAAAA…

    Guest
  110. @^^^^^^
    Asem!… makanya seharian ini aku gak tenang wara-wiri… kuping mbenging… lha kok tyt jadi rasan2an di sini… :-s
    @nofun
    Lha memang kemampuanku cuman segini lho gan… ndak capable bahas yg serius2 kayak ndorone warung… 😀
    Btw, biasa bro… Sembalap kelas seeded 69 alias Tarkam… pake knalpot bobokan tukang las pager trus gak pake spion… kekekekekekekekekekkkkk… 😛
    @A seen
    Lu tuh demen banget yak bangunin gua????… sekali-kali biar gua ngrasain bobo2 siang dg tenang napa??… Ntar malem kan gua harus kerja???… kerja bikin knalpot terbaru… ssssstttt… msh top secret nih… knalpotnya… spec buat kelas Seede MP69… knalpot YOSHINGKELON… :mrgreen: wkwkwkwkwkwkwkwkwkkkkkkk…

    Sniff… sniff…

    Guest
  111. @guspur
    Bhuahaha…..
    Sorry gus,aku nggak berniat ngrusak reputasimu nang kene.
    Aku cuma niat bantu sampeyan punya dagangan.
    YOSHINGKELON ???? ckckckc…
    produk terbaru lagi yo gus?Kapan dilaunching?

    Guest
  112. Ini pasti gara-gara Guspur
    😆

    http://www.detikhot.com/read/2009/10/28/182934/1230516/230/asmirandah-keracunan-soto-betawi

    Guest
  113. Assalamualaikum.. ngambil inspirasi dari artikel ini ya Mas Taufik… tapi susah ngelinknya nih.. maklum gaptek hihi terus komputer rentalnya rada2 aneh nih… danke schön Bro…

    Guest
  114. ahhh memang gitu lah polantas,pa lagi klo pas tnggl tua..macem2 aj alasannya bwt nyari cepretan,,balikin modal…ini itu lah nitip sidang lah…
    cma tutup pentil ga ada aja kena tilang
    kok sempet2 nya ngliat gtu…

    Guest
  115. Kalo menurutku sih, itu masih debatabel. Tapi yang pasti bila pasal itu yang dipakai untukmenjerat pemakai knalpot racing, kurang kuatlah. Kecuali hakim dan jaksa juga berpikiran sempit.
    Harusnya ada aturan berapa batas kebisingan yang boleh dihasilkan oleh sebuah knalpot, bukan racing atau bukan. Ntar knalpot racing (tampilan doang) tapi nggak bisa bikin kencang (malah lebih lemot dari yang bawaan pabrik), suara lebih haaluuusss… tetep dipasal juga. Kan aneh tuh..

    Guest
  116. Ada nyang slalu memuja2 rx king!
    Belajarlah trima kenyataan !
    Motor lu sdh mendekati ajal!
    Gua punya king aja gak fanatikmembabi buta gitu!
    Biasa aja kale!

    Skrg era 4tak bung!
    Buka pikiran lebar2!
    Belajar terima kenyataan!
    Jgn hidup dimasa lalu terus!

    Guest
  117. Kok di peraturan gw gak liat yah ada pelarangan atas knalpot racing or perlengkapan racing? Yg dilarang peralatan yg mengganggu keamanan lalu lintas. Contoh lampu taman hehehe, atau box kanan kiri itu, itu emang bener ganggu. Moge2 kyk Harley, bukan racing jg tp bisingnya minta ampun, mana bodynya jg ganggu.

    Jd selama di jalan gak ugal2an, gak ganggu yg laen, yah gak papa kali yah… Kalo ditilang polisi balikin aja lagi, scra peraturannya jg gak jelas gt…

    Guest
  118. ati2 loh bro… yang suka pake knalpot racng ada tuh kasus pas turing yang motornya ditahan cuma karena knalpot…. alasannya sama gak memenuhi standar….

    padahal ada yang silent db tapi tetep kena…. jadi mikir2 buat beli…..

    Guest
  119. nah kan, yang disebutin jelas, penggunaan bumper tanduk dan lampu yg menyilaukan. Harusnya yg jadi concern utama pokis adalah org-org yg pake lampu rem belakang mika bening sama angkot yg pake bumper segede gaban.

    Guest
  120. klo menerut gw!!!! indonesia suka buat peraturan yg gk penting2 amet!! urusin dulu tuh yang lain!!!!!bukanya buat peraturan yg gk jlass!! skalian aja buat peraturan semua kendaraan harus standar pabrik semuaaaa..aaa…!! dasar pemerintah gk gk aja ni buat peraturan

    Guest
  121. mau tanya nh maz, apa sh kelebihan & kekurangan knalpot yang bentuknya lurus dengan yang melengkung, baik dari performa atau safety? misalnya knalpot Supra125 lama dengan Supra125 baru. kash maz infonya ^_^

    Guest
  122. Duh kalo peke Knalpot Standar ntar di Sruduk sama Bis Kota Lagi, Bis dan Ankot kan kalo belok/minggir asal-asalan….. Klakson dengan suara bising dah dilarang, trus Knalpot dilarang juga mendingan sekalian aj Motornya dilarang Produksi…

    Mungkin diukur aj tingkat kebisingannya… setuju????

    Guest
  123. wah kalo knalpot rcing dilarang, pasti banyak yg melanggar nih.. gw aja pake knalpot racing.kalo ga berisik kan ngga apa2 kli ya??

    Guest
  124. Wah pasalnya pasal karet ya.

    “Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di Jalan dilarang memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas.”

    Menurut statistik, kendaraan yang banyak mengalami kecelakaan adalah yang berwarna hitam dan hijau. Nah pasal ini bisa juga buat menjerat motor2 berwarna hitam dan hijau juga, apalagi kalau polisinya lagi desperate dan lapar buat nilang ga jelas

    Guest
  125. ironis..soalnya jika penggunaan knalpot racing dilarang, seharusnya pak polisi yang budiman atau pemerintah yang buat undang2 bikin dulu peraturan yang intinya larangan terhadap produksi knalpot racing atau larangan import terhadap knalpot racing..bukan hanya menilang enduser karena knalpot2 tersebut toh masih dijual bebas..dan dampaknya akan memperbanyak pengangguran karena banyak juga yang menggantungkan hidupnya pada industri tersebut…terus solusiny gimana donk?…

    Guest
  126. menurut saya sebelum menindak masyarakat seharusnya polisi ngaca dulu, sering saya melihat motornya pke klnalpor racing dan motornya pun dah modif sana sini. .

    tp giliran ditanya ngakunya motor sitaan, motor sitaan kok di parkir d rmahnya sih. .

    Guest
  127. sebagai yang memproduksi knalpot merk domination dan kaliber saya sangat menyesalkan peraturan yang tidak jelas tersebut.peraturan itu sangat merugikan kita sebagai produsen knalpot racing. padahal yang saya produksi kebanyakan atau 80 % suaranya ngebass bukan berisik.maka sangat disayangkan bagi para penggemar knalpot racing sebab yang pake racing bukan cuma buat kebut-kebutan dan bukan cuma kalangan muda aja tapi banyak bapak-bapak yang berumur diatas 40 tahun yang hobi modifikasi dan membuat tarikan motor mereka jadi enteng.sebenarnya solusinya gampang yaitu dengan menetapkan batas kebisingan suara aja.kami punya SIUP,NPWP,HAK PATEN MERK,IJIN DOMISILI USAHA,TDP,samua ijin usaha kami lengkap.pak polisi khususnya daerah BOGOR,BANGKA-BELITUNG,MAKASAR,PEKAN BARU,BENGKULU,SERANG.kami bukan jualan narkoba.penjudi,pembunuh,perampok,koruptor,pokoknya yang jelek-jelek.tapi kami cuma pengerajin knalpot untuk mencari sesuap nasi.kami lebih terhormat begini.daripada kami jadi kriminal atau koruptor,atau sebangsanya yang lebih penting diberantas daripada hanya mengurusi hal tidak penting.jadi janganlah bikin peraturan yang hanya mencari alasan dibalik mencari uang sampingan.terima kasih

    Guest
  128. kalau misalnya kami memproduksi knalpotnya sama seperti asli tapi saringanya dibobok maka suaranya akan jauh lebih berisik daripada racing apakah akan ditilang atau tidak,atau knalpot standar yang sengaja dibobok apakah ditilang juga atau gak,knalpot standar itu harganya juga tidaklah murah,kalau knalpotnya bocor dan lagi gak ada uang buat beli apa ditilang juga.kalau pribadi menurut saya daripada polisi yang tidak-tidak mending kalau lagi tidak ada kerjaan gotong royong aja buat bersiin got-got yang pada mampet biar kalau hujan gak banjir atau melakukan ronda tiap malam biar warga jadi aman.bukan ngurusin hal yang gak penting.thanks

    Guest
  129. Jangan menyerah dengan batasan dan kekangan, Mungkin saatnya kita riset dan ber Inovasi lagi.

    Hingga nantinya muncul knalpot yang street use legal : Bersuara halus tapi mak nyusss.
    Dan ada knalpot free flow yang benar-benar competition use only.

    Atau mungkin kita perlu minta tolong Anggodo biar knalpot racing legal digunakan untuk di jalan 🙂 hekekekeke…

    Guest
  130. Padahal klo argumennya demi keselamatan, sebetulnya pelarangan knalpot free flow karena suaranya ga tepat. Info yang pernah gue baca di detik, di luar negeri mobil hybrid lebih berbahaya terutama buat pejalan kaki di banding mobil konvensional. Alasannya mobil ini memiliki suara yang sangat pelan terutama ketika sedang melaju dengan kecepatan rendah, sehingga membuat pengguna jalan yang lain menjadi lengah.
    Klo alasannya pengguna knalpot free flow suka ngebut2an mestinya bukan knalpotnya yang jadi kambing hitam, tapi kecepatan yang perlu dibatasin. Di Indonesia udah dari dulu ada aturan batas kecepatan maksimum, tapi ga pernah ditegakan.

    yang pasti klo mo aman ga mau main kucing-kucingan sama polisi ya ikutin aja.

    gitu aja kok repot… 😛

    Guest
  131. @billbull

    bener sekali pernyatan lo bro…
    hanya saja klo cuma klakson jadi hanya satu pihak yang memegang kendali. padahal sangat diharapkan semua pengguna jalan memiliki peran aktif demi keselamatan.
    contohnya yang paling gampang percuma klakson dibunyikan klo pengendara lain dijalan bergerak mendadak menutup jalan kita padahal jarak sudah sangat dekat. hal ini bahkan tidak jarang justru membuat kondisi yang lebih berbahaya karena gerak reflek yang mendadak dari pengendara itu.

    klo lo tanya lagi itu lah fungsinya lampu sen dan kaca spion.
    hanya saja pengguna jalan bukan hanya kendaraan.
    disana ada sepeda, grobak, becak, dan pejalan kaki khususnya penyandang tunanetra dan anak2.
    belum lagi tidak sedikit pengguna jalan yang ga ngerti, ga tahu atau ga peduli dari masing2 fungsi alat2 itu.

    kembali kemasalah knalpot. gue setuju klo bukan knalpotnya yang di hakimi, tapi suara keras dan kecepatannya yang harus dihakimi.
    begitu bozz.

    NB: klo mo motor kenceng beli aja R1, CBR1000 = klo bisa beli ngapain bikin >> pikiran yang menurut gue sangat tidak maju.

    Guest
  132. kalo menurut ane sih bro..racing g masalah,pengalaman ane pribadi,kebetulan ane pk motor 250 R,waktu knalpot standart pas mau nyalip tiba2 yg di depan belok kanan seenaknya krn g kedengaran,tapi skr udah ganti racing yg di depan g pernah tiba2 ke kanan,,,krn mungkin udah kedengaran suaranya…yg penting g ugal ugalan….

    Guest
  133. UDAH UDAH JAGAN RIBUT MALU MALUIN!!

    SETUJU! AM POST (192. Aswan)
    gw jg pernah gt.. kaget bgt! untung gak kelindes klo kelindes kan enak langsung death!

    pipa gas buang boleh bising asal pake aturan jagan bising di jalan kecil jalan gede yang gak byk penduduk cz polusi suaranya juga cman kedengar ama sendiri jadi mau budek sekalian juga no problem..

    asal jangan ugal ugalan kayak nafsunya setan!!

    so,, pikir juga yang lain, jangan mikirin diri sendiri, kenceng iya ganggu iya,

    PATUHI ATURAN YANG BERLAKU..
    klo gak berlaku jgn di patuhin hueheuheuheu

    Guest
  134. Protes UU no.22 itu Sia-sia, ikutan Ca’ur aah.. Jaman Edan, nek ora melu edan ora kumanan.. Yg di Atas Edan, dibawah ikut2 Edan. Impas tho!
    Menurut gue yg perlu diperhatikan:
    1. Lampu HID dilarang aja.. terlalu silau utk dlm kota Bro!. Lampu Stobo buat gaya2an + Sirene. Lampu dibalik2, blkg pake mika bening/putih depannya merah (di cileduk dan kali malang bnyk nih) gokil bgt.. Lampu nyala siang hari gak perlu.. boros accu, boros bohlam. Lampu Rem tambahan yg menyilaukan: LED biru/ putih.

    2. Knalpot berisik. Yg ini biasanya RX-King, A100, motor trail, rata2 2 tak. dan Harley Davidson!! si knalpot berisik yg di Legalkan. Knalpot racing 4 tak mis: knalpot Kolong, Freeflow, dll.
    Intinya..Kalo knalpot bukan standar tp Low Db/ tdk berisik harusnya tdk apa2. Krn Knalpot standart kalo udh “soak” bunyinya berisik jg..
    Jadi polisi harus bawa alat pengukur Db yg resmi. Jgn maen Tilang, Maen Potong kyk di Bogor & Bandung.. Kejam & semena2.

    3. Belok Kiri tdk boleh langsung. kalo ini bs jd “permainan” krn tak ada kejelasan di tiap2 TL (traffic light). Bentuk jalanan bisa mempengaruhi belok langsung atau tidak loh. Contoh.. TL RS.Pertamina, TL radio dalam, TL bundaran barito, dll. semua bs langsung belok kiri, tp oknum polisi suka ngumpet 100-150m utk nangkep. Knp “oknum tadi” gak jaga pas di TLnya kalo emang mau mensosialisasikan UU. no.22. Jgn sengaja nunggu lengah..

    4. Berantas kebiasaan “oknum” Polisi dlm “menjelajahi kesalahan” alias Cari2 Modus!! Contoh: pura2 mau cek SIM & STNK, tau2 spion, Tutup Pentil, Spedometer, warna Stiker striping, dll dibawa2.. gak sesuai UU tuh.. malu2in..
    ——Udah ah..capek protes mulu! Yg penting SMART RIDDING ajalah 😀

    Guest
  135. emang ada yang sampe striping ya?gila amat tu polkis,di STNK aja ga ada keterangan warna striping,yang ada kan warna body ama warna TNKB hahahahahhahaa….di mana tuh kejadiannya kak???inilah indonesia,selalu membuat UU yang multitafsir,termasuk UU pornografi juga tuh,harusnya diperjelas,bukannya bikin kelompok2 tertentu yang emang udah biasa main hakim sendiri jadi punya perlindungan hukum,ntar dikit2 dibilang pornografi terus ditindak sendiri mau jadi apa negara ini.sekarang kaya sepeda motor minerva (pengalaman pribadi) dari pabriknya suaranya aja udah kaya knalpot pake kaleng krupuk,udah gua bobok biar suaranya kecil malah pake ditilang,ya gua bilang aja ama tu polkis kalo ini kanlpot standard,kalo emang mau nilang kenapa nih motor punya izin produksi dan izin jalan di Indonesia,kalo bapak mau nilang saya silahkan,tapi besok kita berhadapan di meja hijau dengan saksi dari pihak ATPM minerva,saya bisa tuntut bapak dengan pasal pencemaran nama baik dan perbuatan tidak menyenangkan (padahal taunya cuma pasal ini hahahahhahaha,sok tau ane),bapak telah mencemarkan nama baik minerva dengan menilang produk standard yang jelas2 telah lulus uji karena sudah memiliki izin dari pemerintah pusat dan mengakatakan bahwa produk standard ini melanggar hukum indonesia.lgsg dilepas ama tu polkis edan,saking enegnya gua blayer2 tu polkis,ternyata dia bales blayer gua pake satria FUnya dia yang pake knalpot bikinan TIDAR (Surabaya) hahahahahahhahaa…..polkis edan gua bilang,setelah gua tegor balik ngakunya motor sitaan,tapi aku tanya lagi,kok plat nomornya ada tulisan nama bapak (karena gua udah liat Tag name itu polkis) emang udah dibalik nama pake nama bapak ya??beli berapa pak barang sitaannya???eh ngibrit,dasar polkis gila,oknum2 seperti ini yang perlu diberantas,pemerintah selalu memberi UU yang melindungi oknum2 seperti ini,tidak pernah spesifik dalam membuat UU,selalu multitafsir yang pada akhirnya merugikan rakyat kecil.kalo ampe ada polkis motong knalpot gua bener2 gua bawa ke meja hijau tuh orang, eneg liatnya…..
    tetapi bagi pengguna knalpot yang suaranya kaya gledek tapi tenaga kura2 lebih baik tau diri lah,kalian bukannya keren tapi malah mengganggu orang lain,jadi mohon dikecilin lah volumenya,cari yang bener supaya tenaga keluar, ayo mekanik2 handal,berusahalah (bagi RAT motorsport besok saya mau kasih bahan riset,saya mau kanlpot yg ga berisik tapi nambahin tenaga atau ga minimal jangan menghambat tenaga yang ada hahahahhaa….)

    Kalo yg doyan ganti lampu ga jelas,dibalik depan merah belakang putih,siap2 aja kalo ketemu gua,gua balik kepalalu ada di bawah kakilu di atas,rasain gimana rasanya kalo kebalik,biar lu tau rasa,ato gua balik lu yang dinaikin ama motorlu…….

    Guest
  136. DPR harus meninjau kembali isi UU ini, sebab ini tidak sesuai dengan suara rakyat, hak anak 16 tahun untuk buat sim C hilang, dan ini akan membuat orang-orang tambah tidak suka dengan “Elemen2” yang ambil untung di dalamnya. Saya rasa karena yang membuat UU ini kurang mengerti bagaimana rakyat kecil yang harus bersusahpayah mengendarai motor, karena mereka kalau ke kantor naik MOBIL dengan SUPIR

    Guest
  137. Soal larangan warna motor item, ga setuju gw.. Aneh bgt.. Kalo knalpot racing ntar dulu.. Tanya diri sendiri, toh warga juga suka berisik malem2, waktunya orang tidur malah setel musik keras2, pesta2 tanpa mikirin ada orang yang lagi istirahat.. Gw akui knalpot racing emang berisik tapi lumayan ningkatin performa.. Kalo knalpot racing ilegal kenapa di pasaran banyak..? Kalo stoplamp bening baru bahayain orang tuh ancurin aja skalian..

    Guest
  138. menurut gw sich polisi ga bisa semena2 memotong atau memaksa pengemudi yang motor kesayangan nya pakai knalpot racing harus merelakan di lepas…bro skalian kalo pengen tau di eropa yang kita tau peraturannya aja lebih ketat dr sini toh mereka memproduksi knalpot aftermarket yg mumpuni, bagus namun tetap ketat akan aturan tingka desibel yg di haruskan…..kalo knalpot yang gw punya n gw pake di ninja 250 gw tuch merek nya akrapovic slip-on(buat ninja250 akrapovic belum buat yg FS atau cek ke www.akrapovic.com) untuk kualitas power bagus bgt dan suara yang di hasilkan engga berisik apalagi bikin orang tutup kuping….kecuali nengok ”apaaan tuch”…..wah ninja keren….(lebay)….ya bpk2 aparat kudu mempersiapkan alat2 pendukung pengetesan terhadap aturan baru di tindak…..stuju pak????

    Guest
  139. Soal Larangan menggunakan Knalpot Racing, mestinya yg di larang tuh knalpot tertentu aja, yaitu knalpot kolong aja. Terutama bagi pengguna knalpot kolong yg byk beredar di jalan2 umum. Karena sangat meresahkan pengguna jalan lainnya. Klo seseorang pengendara menggunakan knalpot kolong di jalan umum… sudah pasti ngebut di jalan. Untuk itu penggunaan knalpot racing, tentunya harus ada spesifikasi nya. Byk pengguna motor dengan knalpot racing, mereka msh terlihat sopan di jalan umum.

    Guest
  140. Kalo knalpot racing dilarang,nanti kasian para pembuat knalpot lokal dunk….mata pencaharian je.Kaya Purbalingga kan terkenal sbg pembuat knalpot.

    Guest
  141. Sebenarnya sih ini masalah edukasi para rider dijalan dengan baik dan benar. masalahnya banyak rider yang punya sopan santun dijalanan. tahu dijalan lagi padat, macet ehh malah ngebut, mana knalpotnya racing lagi. sebenarnya bukan masalah knalpotnya ya, dimana kalo dalam kondisi crouded, macet dll maka tingkat stress atau adrenalin emosi akan meningkat. jadi suara keras, perilaku arogan dijalan dengan kondisi diatas akan membuat orang menjadi cepet marah.
    sebenarnya knalpot racing yang dibuat oleh pabrikan ternama/punya kredibilitas pasti suaranya nggak akan menyakitkan telinga kok, tapi ya itu tadi jangan ditarik2 kalo pas jalan lagi ruwet. tapi banyak juga para rider yang memakai knalpot racing tapi masih sopan dijalan, jadi knalpot racing bisa untuk mempercantik motor tanpa harus merugikan orang lain…

    Guest
  142. bukan knalpot racing namanya.bro. Tapi knalpot free flow.
    Yang namanya peraturan2 tu dibuat sbg lahan bisnis alias side job bagi polisi. Alangkah baiknya kalo posisi polisi di bawah TNI, spt jaman dulu. So…polisi gak neko2 lg.

    Guest
  143. bro,
    mo tnya nh 1 thun yg lalu gw bli knalpot yoshimura hrga awalnya 350rb tp gw tawar jd 300rb . yg bkin gw brtanya-tanya adlah aslikah knalpot yg gw bli itu .. ?????
    trus ciri”nya yg asli ama yg palsu tuh kya gmna .. ???

    mohon masukannya ya bro” skalian …
    😀

    Guest
  144. gmn ya???
    saya jg bingung dgn perturan ini..
    tp logikanya aja deh, buat apa diproduksi klo emang ga boleh dipake..
    hehehe…
    ya menurut saya boleh2 aja sih pake knalpot racing,asal db nya ga keterlauan bising..

    Guest
  145. di uu no.22 thn 2009 tidak menyebutkan secara jelas bahwa knalpot racing dilarang ! atau harus menggunakan knalpot standar ! Itu bisa dilihat di pasal 58. Jadi polisi seharusnya tidak bisa menilang. Kenapa ? Salah satu syarat undang undang itu adalah harus jelas dan tidak menimbulkan 2 persepsi yang berbeda. Dan pasal 58 sudah menimbulkan persepsi yang berbeda.

    Guest
  146. kl saya sih stuju” aj. . .
    di tangerang aj bnyk polisi pk knalpot racing jg di motor dinas mereka. .
    kl memang praturan’ny mau di jlnin shrs’ny aparat polisi jg memberikan contoh. . .
    jgn mlh pk knlapot racing jg. . .
    =.=

    Guest
  147. @ pemerintah yess
    komentar ala bocah?? ditambah pake acara tilang?? waduh kalu maw komentar di-pikir2 dulu y..!!!!! berlaku buat semua.. lagi nyari solusi permasalahan knalpot malah bikim runyem..

    Guest
  148. kalo menurut ane sih kalo di support sama pengukur desibel juga sama aja kalo polis nya mau curang.
    kan bisa aja itu alatnya diakalin sama “tim sukses” nya dia.

    Guest
  149. Baru aja kemarin ane kena stop di daerah Cipanas bro gara2 ane pake knalpot racing, masa knalpot ane disuruh copot ato STNK di tilang. Ane pulang pake apa donk, bisa2 mesin ane jebol klo STNK tilang masa ane kesono lagi dah gt pengadilannya di Cianjur lagi..(mati dah)..
    Tuh pokis minta 250K buat denda nya, ane blg aja di Jakarta ane pake dah lama gak ada masalah kenapa disini kena..dah gt kenapa motor gede gak ditilang jg, apa gak berani pak pokis..haha..konyol bgt deh..
    Ane kasih aja dah 100K langsung diem tuh, sumpah ane dendam sama tuh pokis..ane gak abis pikir aja, ane ketemu bnyk pokis sepanjang jalan puncak gak kenapa2 pas di Cipanas aja tuh ane sial ketemu tuh pokis..

    Guest
  150. w.t.f buat polisi,
    ane sbagai anggota blacklistmotodify menentang keras atas penjajahan yang dilakukan polisi terhadap kebebasan berknalpot racing,

    buat para bro2 biker libas aj polisi,
    ane dah puluhan x loloz dr kejaran polisi,
    knalpot ane g kalah kenceng suaranya ma motogp,
    ane g takud ma polisi!!!!!!!!

    Guest
  151. motor gw kenceng,kalo polisi berani kejar gw layani di jalan,motor keren ga mantep ga pake knalpot racing

    Guest
  152. tips biar ga ketangkep polisi
    1. jangan minggir2 kalo naik motor.
    2. jangan pelan2 kalo ada polisi
    3. kalo ada razia ngebut aja di tengah jalan,aku yakin ga di berhentiin.( pengalaman )

    Guest
  153. gua mah setuju aja ya untuk pemakaian kenalpot racing asalakan ya di kira kira suaranya jangan terlalu berisik juga lah kasian juga sama orang lain yang sedeng sendeng aja pelan gak kenceng gitu kand enak sama sama bisa ngertiin lah….!

    Guest
  154. Baru 2hari yg lalu gw kena razia knalpot racing di cibodas, razia jam setengah 12malem.
    Tapi pas gw ditilang,ada rx king dgn no pol lokal suara rantang bobokan ga dicegat!
    Gw kesel banget masa yg ditindak cuma no pol jkt doank..
    Gimana klo gantian aja,giliran gw nongkrong di kandang gw ada no pol F-cianjur gw gebukin?

    Guest
  155. ahhh iseng aja polisi itu mah mas, saya juga ketipu , polisi blang mlnggar tentang pasla ini , eh trnyata stelah saya pulang dan mngecek kebradaan UU tersebut , trnyat 180 derajat beda yang tidak masuk akal, memang polisi jaman sekarang pintar dalam nejalankan tugasnya..
    selamat bertugas pak , semoga perut anda tidak bertambah buncit..

    Guest
  156. wah kayaknya belum ada yg tau ya gimana tu mio klo udah di oprek…
    bahkan ada temen gw yg udah melalang buana di dunia race masih belum bisa mengendalikan MATIC DRAG…
    kayaknya disini 50 : 50 deh… ada yg emank tanggapan tentang undang2 tu bener2 di anggap serius… tapi ada juga yg suka mengejek motor2 lain…
    apa bedanya qta (kalau mengejek motor lain, red) dengan orang2 yg naik motor udah lelet powernya keras pula suara knalpotnya…
    harusnya sama2 biker gak usahlah buat mengejek seperti itu…

    kalau masalah kesadaran bermotor… gw pernah liat sendiri ada 3 polisi dg 3 motor sport macam megapro, tiger, vixion yg ugal2an mentang2 bawa senpi laras panjang, malah ada mobil mau pindah jalur di bleyer bleyer…
    apa itu yg di namakan menegakan aturan perundang-undangan…

    udahlah gak usah atur orang lain dulu sebelum bisa atur diri sendiri (di khususkan untuk aparatur negara dan pemerintah)…

    Guest
  157. kalau menurut sy harus dperjelas UU yang mengatur tentang Kenalpot Racing Karena ada yng beranggapan kl Motor Sport at bodinya besar seperti Tiger, Tunder, Scorpio dan yang lain sejenisnya tidak terkena aturan tersebut yg dijelaskan dalam UU No.22 Pasal 58

    Guest
  158. tujuan pemakaian knalpot racing untuk suara menggelegar itu aneh dan gak masuk akal. sejak pertama kali di desain, knalpot racing ditujukan untuk meningkatkan performa mesin motor. knalpot racing bahkan dapat menjadi penyumbang horse power yang signifikan. sedangkan untuk masalah kinclongnya knalpot, sekarang banyak kok knalpot racing dengan silencer hitam. jadi harusnya nggak masalah

    Guest
  159. masalah gue soal knalpot racing cuma satu: BERISIK!!! kalo mau pake knalpot racing pake aja di kamar sendiri!!! jangan di jalanan!!! bikin panas kuping tau ga??

    gue dukung polisi razia knalpot setan ini!

    Guest
  160. YAA GITU BROO, POLISISSS MEREKA BLUM TAU KELEMAHANNYA HANYA MENCARI KELEMAHAN ORANG LAIN,,,,, semoga allah membalas perbuatan mereka, percuma adu argumen m mereka klw lu padhe gak pake pengacara,

    Guest
  161. gabung ahh…kta.a skarg uda rame lg nih mslah knalpot racing…yg ane mau tanya,ne aturan brlaku g buat bpak” polis wat mtor pribadi ny..soal ny ane liat kmaren mtor pak polis ninja 250 ny pke knalpot R9…gmn nih pak.???

    Guest
  162. Kasus polisi main tilang mengenai kenalpot racing sudah menjadi hal yg biasa. dengan dalih UU ttg perlengkapan speda mtor harus sesuai standar pabrik menjadikan dasar untuk menilang kendaraan yang sebagian partnya tidak standar. sbagai contoh, kenalpot racing. apa benar kenalpot racing itu bukan standar pabrik, tapikan banyak pula kenalpot yg di produksi oleh pabrikan resmi dan mempunyai merek dagang yg sah. apa apabila polisi menilang kenalpot yg mempunyai merek dagang resmi itu juga tidak melanggar hak konsumen, hak produksi, dan hak merek dagang ?
    tolong lah, jgn sampai ada peraturan ttg kepantasan mengenai penggunaan kenalpot racing khususnya, apa lagi perluasan makna, dalam hukum itu benar2 tidak di benarkan.
    sekarang kita tinggal lihat saja, apakah polisi yg menilang kenalpot racing itu sudah bersikap sebagai polisi yg bijak apa bagaimana, itu semua tergantung kita yg menilainnya.
    salam biker’s nusantara

    Guest
  163. salam kenal saya agung dari Civics Hukum Motor Community berkedudukan di Upi Bandung.
    menurut saya tidak ada salahnya yang dilakukan pihak kepolisian.
    Telah lugas disebutkan, “knalpot racing”. artinya aplikasinya memang digunakan di arena balap.
    nah, untuk pemakaian di jalan umum, patut kita cermati pula bila akhir-akhir ini penggunaan knalpot racing mengalami kenaikan secara signifikan.
    hal ini berdampak serius terutama di kota-kota besar.
    bisa dibayangkan polusi suara yang dihasilkan dari kebisingan knalpot racing, jelas-jelas mengganggu.
    dan secara psikologis, penggunaan knalpot racing membuat kita merasa ingin selalu memacu kendaraan dengan sangat kencang.
    otomatis akan meningkatkan posibilitas atau kemungkinan terjadinya kecelakaan.
    apapun yang dilakukan oleh pihak kepolisian, tujuannya mulia, yaitu menciptakan keamanan, ketertiban, kenyamanan dan keselamatan para pengguna jalan.
    sebagai warga negara yang baik, kita wajib mendukung propaganda tersebut.
    akan tetapi, harus ada landasan yuridis sebagai legal-formal atas tindakan tersebut.
    terima kasih..
    salam bikers..
    bravo..!!!

    Guest
  164. setuju dengan Bro Asdfasf. selama ini di kota saya ga da kecelakaan gara gara knalpot, yang ada ma gara gara pake motor tanpa lampu di malem hari, polisi ma kagak mau operasi di malam hari, jadi aman aman aja mereka. Saya sendiri pake nalpot Nob1 aman aman aja di jalan, ga penah di maki orang 😀 kan tergantung begemana kita bawahnya.banyak peda knalpot standar bawah juga ugal ugal’an. malah lebih ngeri, ga da suara tiba tiba da mepet ma motor kita 🙁 kaget da ujung ujung nya. “peace” all bikers all brothers ..

    Guest
  165. di Motor saya Knalpot standar saya ganti Knalpot yg terbuat dari bahan Carbon, karena knalpot carbon setelah dipakai lama tidak akan panas / cuma anget2 aja, dan itu lebih aman untuk keamanan anak saya yg kebeneran sangat aktif. kira2 kena juga gak ya? 😀
    selama pake knalpot carbon sy gak pernah ugal2an dan apalagi ngeganggu tetangga dan pengendara lain.
    seandainya knalpot standar sudah terbuat dari carbon mungkin saya tidak akan ganti knalpot freeflow…
    saya setuju peraturan ditegakkan seandainya di dalamnya termuat batas kebisingan suaranya, klo perlu polisi mengeluarkan stiker atw cap khusus untuk knalpot2 aftermarket yg telah lulus ‘sensor’..
    ataw bikin deh aturan baru, semua motor yg masuk ke Indonesia knalpotnya harus terbuat dari bahan Carbon, kan kaki jadi aman tuh… ^^b

    Guest
  166. polishit.
    kl mnurutku suara2 bis kota,truk2, jauh lebih bising dari knalpot yang terkenal n mahal.
    knapa ga ditilang mereka pak?
    yang adil dong!
    kalo knalpot racing yang mahal bunyinya ga bising, tapi bunyinya mahal.
    gigi 1 mwaaaaaaaaaahaaaaal..
    gigi 2 mahaaaaaaaaaal…
    gigi 3 mahaaaaaaaaaaaaal…
    gigi 4 muwahaaaaaaaaaaaaaaaaaaal…
    turun gigi mah,mah,mah,mah,mah,mahaaall…
    payah ni UU, membatasi kreativitas.
    say yes to knlapot racing.
    say no to bikin gaduh.
    so bawanya yang sopan.
    polisi:semoga dosa kalian diampuni dan tidak masuk neraka.

    Guest
  167. Ga ada yang salah dengan knalpot racing…
    toh bukan berarti dengan knalapot racing korban kecelakaan bertambah banyak…
    yang penting kita mang harus tahu soal bagaimana kita berlalu lintas…
    bukan hanya sok ngebut…
    tapi bisa bertanggung jawab dengan mua yang kita lakuin…
    yang namanya muda…
    pasti punya aspirasi sendiri…
    kalo mank pake knalapot racing tu dilarang…
    knapa masih banyak anak-anak pejabat pake tu knalpot racing..?
    pa hanya yang punya uang yang boleh pake knalpot racing..?
    pikirin juga nasib para pembuat knalpot racing…
    jangan cuma bisa buat undang2..
    tanpa mikirin orang2 yang mencari uang dari kerja itu…

    Buat Jalu…
    SALAM KEPOT….
    he

    Guest
  168. harusnya pemerintah memperjelas aturannya.. harus ada batas ambang kebisingannya atau dB.. jadi ga semua knalpot racing di tilang polisi.

    Guest
  169. peraturan perlu dipatuhi, hanya saja peraturan yg kurang jelas mengakibatkan masyarakat jadi bingung, setidaknya, dijelaskan pada pasal 58 tersebut, sehingga pelanggar peraturan pun mengetahui kesalahannya dan aparat pun tidak seenaknya memvonis dengan mengada ngada, buat peraturan yang logis jangan abstrak

    Guest
  170. Coma sekedar sharing aja, hari ini gw kena tilang polisi pas mo berangkat kerja, gara2nya knalpotnya g ori padahal juga g berisik2 amat suaranya,cm polisi nya bejek tu gas ampe pol n dia bilang berisik (y iyalah gas pol…), gw tanyain standar kebisingan brp dia g tau, diajak test brp desibel gt g ngerti juga.
    akhirnya mau g mau deh, rogoh kocek …

    Guest
  171. padahal ada juga lho polisi yg pake knalpot racing n ugal2an. apa kita bisa nilang juga ya?? hehehehe …

    Guest
  172. modif motor kok dilarang..??asalkan kita gak usah ugal2an, mustinya gk msalah donk..

    peraturan seperti itu malah menghambat kreatifitas anak bangsa..,

    Guest
  173. kalo mau kenceng, belilah motor kenceng…
    jangan beli motor biasa dibuat kenceng, dampaknya knalpot bising ga karuan..

    coba beli motor diatas 250cc dijamin kenceng 😛
    kenceng juga mau kemana sih?

    ini jalan raya bro bukan sirkuit 🙂

    Guest
  174. GAK SETUJU!!!! KARNA DI INDONESIA BELUM ADA DB RULES SEPERTI DI LUAR NEGRI….HUKUM TENTANG KEKERASAN SUARA……GW MASIH SUKA LIAT KO APARAT PAKE RACING MUFFLER…..KALO EMANG MAU DI TEGAKKAN BUAT AJA HUKUM KEKERASAN SUARANYA BERAPA DB YANG UDH MELANGGAR….!!!!JADI ADIL!!!!!TOH KNALPOT RACING GW SM BAJAI RODA3 DAN HARLEY DAN MOGE2 MASIH KENCENGAN MOGE WALAU MEREKA STANDART…..JD SEHARUSNYA DETAIL BERAPA LEWAT BERAPA DESIBEL(DB) YANG DIANGGAP MELANGGAR….JADI BIAR GAK ADA YANG LEWAT LAGI TUH BAJAI RODA 3,HARLEY,DUCATI DAN MOGE LAIN. JADI ADIL….JADI NEGRI KITA DAN PENEGAK HUKUM JUGA DIANGGEP PINTER KALO PUNYA PERATURAN TAU APA YANG DIATUR…KNALPOT RACING GAK MEMBAHAYAKAN.!!!!
    TO GOVERMENT : YANG PINTER DIKITLAH…..KEKERASAN SUARA TUH ADA UKURANNYA,,,DALAM SATUAN YANG NAMANYA DB

    Guest
  175. Saya pengguna Ninja 250, alasan saya mengganti ke knalpot racing adalah karena 3x hampir dipepet kopaja dan mikrolet yang seenaknya belok kanan kiri…sementara motor Ninja 250 dengan bobot 170kg plus rider 140…sekitar 210kg sangat sulit dikendalikan…dan saya harus mengerem sampai hampir terpelanting krn beratnya pengereman…ini juga krn alasan keselamatan…

    ttg uu psl 58 no. 22 tahun 2009,disitu tidak ada disebutkan tentang kenalpot…yang ada hanyalah tentang pemasangan perlengkapan…knalpot bukanlah perlengkapan kendaraan bermotor…itu adalah bagian unit kendaraan..lagipula.knalpot tidak membahayakan orang berlalulintas….selain itu..definisi suara bising itu apa…jelas ini sangat bias…sementara motor 2tax…knalpot standartnya sendiri sudah bising…lalu bajai..

    tp terlepas dari itu klau sampai ada polisi yang menilang dengan alasan pelanggaran pasal ini…jelas ini adalah penyalahgunaan wewenang…dengan membelokan uu untuk mendapatkan keuntungan…

    saya pikir yg perlu ditilang polisi adalah…para polisi bejat dijalan raya…klu perlu..mari masyarakat menilang polisi bejat ini dengan cara kita…yang seenaknya memberhentikan kendaraan motor dalam keadaan kecepatan tinggi,dilampu merah..atau yang menyetop dengan bersembunyi…atau yang bisa dibayar dengan 20rb..ini yang megganggu lalulintas….

    Guest
  176. Saya setuju sekali dengan “rIcks” uu psl 58 no. 22 tahun 2009 tidak sesuai dengan peraturan pemasangan “knalpo racing”
    knalpot bukan salah satu dampak yang mengganggu lalu lintas, belum ada sejarahnya orang bilang

    “JALAN MACET / ADA KECELAKAAN ”

    gara-gara ada yang pakai knalpot racing.

    Makanya kalau bikin undang undang tu yang jelas, misal tentang knalpot ya harus di batasi tingkat kebisingan, kalau masalah lampu ya dibatasi tingkat kecerahan titik terang dll.

    Guest
  177. Waktu ane bkini SIM, pak polisi bilang : “Jangan pke knalpot racing.. kena tilang, bayar mahal!” abis itu, diluar kantor, mopednya polisi pke knalpot racing, di gas kenceng2..!

    saya : “pak, kok motor yang itu boleh?”
    polisi : “yah… kalau polisi, ga apa2”

    Ini bukan humor, ini fakta lapangan!!!

    Guest
  178. udah jelas knalpot racing tu ga enak di kuping orang lain, kok malah nyalahin yg bikin UU…
    klo mo balap2an jgn ditempat umum ato pemukiman donk..kan ada tempatnya..
    silakan salurkan hobi balap dg cara yg benar, klo bisa berprestasi malah lebih bagus..
    tp please,,,jgn berisik ditempat umum, apalgi klo malam hari, ga kasian sm orang tua dan anak kecil yg sedang beristirahat.??

    Guest
  179. tapi kan knalpot racing tidak semuanya menggangu,,jadi harus ada klasifikasinya donk yang mana yang boleh dan mana yang tidak jadi biar jelas,,,,

    Guest
  180. oiii..
    knalpot racing tuh bkin mtor bebek jd keliatan sangar, motor bebek pun g mw kalahx dengan motor berkapasitas mesin 250cc ke ats…
    toh pun mtor satria FU jg suara knalpot standarx kya’ knalpot racing..
    jd knp hrus d larang..???
    trkcuali suara knalpot racing yg kya’ kaleng susu itu bru di larang, krna suarax menusuk telinga eh,…
    klw knalpor racing yg suarax nge bass atw g pecah, enak d dengat, toh org mlah suka kok dngerx….
    ckckckck….

    Guest
  181. toh jg klw msalx pke knalpot racing kan brti suarax itu menandakan klw ad kendaraan yg ingin lewat, ap lg skrng bnyk org berkendaraan roda 4 yg terkantuk d jln, laa mnding klw qta tw msh bs klakson biar pengendara roda 4 itu bngun, laa klw g tw klw tu pengendaran mobilx ngantuk gmn..???
    ap sempet pas ketabrak bru qta klakson..???
    nah gunax kanlpot racing ini agar memberitahukan pengendara lain bahwa adnya pengendara motor atw mobil yg ingin lewat…
    terlalu halusx suara knalpot jg tdk bgus buat touring keluar kota, krna klw msalx ad supir trukx g tw” ad motor d sampingx gra” g kdengeran suara motorx jd d srempet deh, eh tewas deh..
    ahahhaa…
    jd itu untungx qta yg mke knalpot racing…
    HIDUP KNALPOT RACING…!!!!

    Guest
  182. bedain dunk, kalo nalpot racing untuk motor 250cc macam ninja gitu mah enak kok di denger

    lah kalo motor bebek, bujuk dah. mending gak usah lah, cuman menang berisik, suara gak enak

    Guest
  183. Setelah dokter diagnosa permasalahan Knalpot Racing ini maka ada Tiga penyakit yang sama tapi berbeda, Pertama, Knalpot Bobokan yang suaranya berisik yang hampir mirip dengan suara knalpot racing hanya saja jauh sangat berisik (bikin Jengkel orang), yang Kedua Knalpot Racing dengan system Free Flow tanpa DB Killer, karakter suaranya agak mirip dengan Knalpot Bobokan dan yang ke Tiga Knalpot Racing dengan DB Killer yang produksi suaranya sangat nyaman di telinga tapi tidak mengurangi estetika dari motor tersebut, nah masalahnya Pak Polisi sulit untuk membedakan ke tiga knalpot itu, padahal saya tahu mereka juga adalah BIKERS tetapi pada pelaksanaan dilapangan, pemerintah dalam hal ini tidak meng alokasikan dana untuk membeli peralatan semacam DB METER kepada unsur kepolisian, alhasil setiap motor yang suara knalpotnya berisik kenalah tilang atau minimal teguran, padahal alat ukurnya hanya TELINGA METER yang bisa jadi kurang obyektif, kemudian apa obatnya untuk Undang undang yang meresahkan kita para pemotor yang tidak lain adalah rakyat indonesia yang taat membayar pajak untuk menggaji mereka para PNS, bahwa tertuang dalam pancasila SILA KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA, artinya setiap warga negara diperlakukan sama dimata hukum maka kita berhak untuk mengajukan revisi undang-undang kepada Mahkamah Konstitusi, hanya saja siapa yang akan berjuang? saya yakin diantara Bikers pasti ada yang bekerja sebagai pengacara maka inilah kesempatan anda untuk tampil didepan sehingga nantinya populer karena berhasil menolong jutaan bikers di seluruh indonesia, kita harus berani merubah kalau kondisi ini mau berubah, lihatlah keberanian Pak AMIEN RAIS ketika masa masa reformasi beliau sangat berani sampai sampai ada yang bilang urat takut beliau sudah putus karena berani melawan rezim yang sedang berkuasa saat itu,. kita adalah bangsa yang MERDEKA!!!

    Guest
  184. PADA DASARNYA KNALPOT RACING ITU BERBAHAYA BAGI PENGENDARA LAIN DI JALAN RAYA, APABILA KNALPOT RACING TERSEBUT DI COLOKAN KE MATA PENGENDARA LAINNYA. Ini mah mslh classik, dgn dalih kenalpot racing melanggar UU mmg dbenarkan oleh polisi, krn itu menjadi sumber penghasilan tmbhan dgn menilang kendaraan yg menggunakan knalpot racing. lo emg knalpot racing mlanggar UU, mstnya tindakan tegas dberlakukan pula kpd pra produsen n ditributor knalpot racing, jgn hny konsumen yg sllu jd sasaran ? Apa pajak nya kurang besar apa bgaimana ini ..? AMPUN !!!!!!

    Guest
  185. yahh buat gw sih gw setuju dengan peraturan UU yang menyatakan kenalpot resing dilarang di gunakan,, karena itu sangat menggangu orang yg sedang tidur,,apa lagi rumah saya di gang sempit bung,,!

    TAPI SAYA MENENTANG KERAS JIKA PASAL ITU TIDAK DIHAPUS (((((((((( HAPUSKAN PASAL ITU DAN KITA SEBAGAI BIKERS HARUS DEMO DI DEPAN ISTANA DENGAN RIBUAN MOTOR YANG MENGGUNAKAN KELAPOT RESING))))))) Ayooo brother !!!! Let’s do it

    Guest
  186. mestinya harus dibatasi kebisingannya, kan ada juga knalpot racing yg pake db killer, coba bandingin knalpot racing kita sama rx kingnya polisi, bisingan mana? ha ha ha ada ada aja tuh polisi…

    Guest
  187. yuuuups stuju.. racing n rx king bisingan rx king. harusnya kalo mw bkn undang2 lebih dpesifik n jelasin..
    toh racing juga liat dr kebisingannya.. rx king lbh bising ampe ganggu org kalo lg ngbrol.. kenapa g d tindak..
    kita korban tilang d cianjur dengan alesan racing … bikin gondok..
    alhasil kena cepe.. males sidang karena harus sidang di pengadilan cianjur.. pinter juga tuh pa polisi.. karena ngeliat plat motor B…

    Guest
  188. jhaaaaaaaaaa…pro kontra sama knalpot nechh???buat gw yang kontra tu biasanya :
    1. gax punya motor
    2. gx bisa pk motor
    3. punya motor tapi kurang modal
    4. punya motor tapi gx kreatif
    gxgxgxgxgxgxgx hayoo ngaku aza dech….
    klo masalah membahayakan lalu lintas tu masih 50:50 cz banyak motor pk knalpot ori pada ugal-ugalan…pa tu gx bahaya???setuju gx?? n kadang-kadang ada petugas jg kurang tau knalpot racing tu kaya mana, cz pernah suatu hari gw d tilang gara2 pk knalpot racing (katanya)…padahal tu knalpot ori (gw pake Ninja 150R)…udah gw jelasin sama petugas klo tu knalpot ori tapi dia gx mau tau,…trus gw bilang gmn pak klo ninja saya ganti knalpotnya pake Supra bisa gx ea????

    Guest
  189. pengalamann pribadi…

    saya pengguna knalpot racing…
    saya pernah pengen di srempet mobil yg pengemudinya ngantuk…
    (posisi saya lg jalur kanan)
    sekali gaspol tuh supir langsung melek…
    dan langsung ngangkat tangan seperti orang minta maaf…

    gimana ceritanya klo pake knalpot standart??

    jadi knalot racing bukan hanya jadi hal negatif…
    diwaktu tertentu juga bsa jadi hal positif…

    CMIWW…

    Guest
  190. Sekarang ini, asal dilihat aja knalpot kita knalpot racing, pasti diberhentikan lalu ditilang. walaupun dah pake silencer ato peredam. saat diberhentikan pasti nanya apa lagi kesalahan kita, smw lengkap, sampe kita blg knalpot ini dah dipasang peredam jadi ga bising lagi. kemudian sang oknum itu pun tinggal hidupin motor kita lalu tarik GAS PULL, seketika itu pun knalpot kita OTOMATIS jadi BERISIK dan BISING. dan hasilnya, selamat anda ditilang @_@

    Saran saya ke para pengguna motor, walaupun kita dah berusaha meminimalkan KEBISINGAN SUARA KNALPOT RACING BAHKAN DI SILENCE PUN, asal MODEL KNALPOT ANDA KNALPOT RACING, pasti ANDA KENA TILANG.

    Guest
  191. saya pake ninin 250 Knalpot racing sering bgt diberentiin sama polisi dibandung,.kata’y bukan knalpot standar,.apalagi klo pas ada razia udah pasti diberentiin trz ditilang,.ujung2’y keluar duit 20-30rb,padahal suara’y gag bising cuma ngbass,klo diajak debat masalah DB meter polisi’y gag ngerti malah acuh karna yg dia ngerti cuma TELINGA meter,.
    intinya klo bikin peraturan dibikin yg pasti jgn bikin pengguna bingung,.trz adakan penyuluhan bwd polisi supaya ngerti apa itu DB meter,,batas kebisingan,dan jgn pake TELINGA meter,.supaya gag maen tilang seenak’y…
    saya yakin ko polisi diindonesia PINTER-PINTER,.

    Guest
  192. udahlah ga usah bingung, knalpot racing=polisi=20-30rb, dijamin beres, masa beli ninin 48jt mampuh, bayar polisi 20-30 ga mampuh, memang kita jelas salah ya ga usah ngotot, kan polisi doyan banget ama duit sogokan, PISSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS

    Guest
  193. saran ane mendingan maen ke kantor dinas kesehatan atau kantor lingkungan hidup, pasti mereka punya alat pengukur kebisingan ( Sound Level Meter ). nah ukur dech seberapa berisiknya kenalpot ente semua. kalo gak salah nilai ambang batas motor gede antara 80-100 dB, kalo motor bebek antara 50-70 dB. kalo hasil melebihi NAB yah mendingan ganti aja ma knalpot standar. yah kecuali mau buang uang ke pa polkis.

    Guest
  194. http://oto.detik.com/comment/2012/02/23/204441/1850328/1208/index.php

    iseharusnya peraturan teknisnya segera dikeluarkan dan diimplementasikan kepada para produsen knalpot aftermarket

    Guest
  195. Wadu kenalpot saya jg recing tpi suaranya bulat bro n gk kyk yg di jual di pigir jln tu yg 70rbu ato 100 gt yg suaranya kyk bajaj tu yg hrus di lepas kenalpot nya,

    Guest
  196. polisi tdak ada kerjaan…..seandainya ada aturannya brap desibel maksimalnya dan polisi punya alat ukur seandainya suaranya terlalu keras tdk? mau nangkap dan nilang seenaknya aja….orang ngerti hukum tp dlm tugas tdk melaksanakan berdasarkan hukum…dasar negara udah bobrok kok ditambah bobrok lg…..

    Guest
  197. aturannya udah jelas 80 cc, kekuatan suaranya maksimal 77 desibel, sedangkan yang 80 cc sampai dengan 175 cc maksimal 80 desibel…tp seandainya kena tilang polisi dah punya desibel metring kagak? klu ditilang sekedar mereka ukur dengan kupingnya aja bilang aja taruh kupingnya deket knalpot trus kalian gas motornya besar2 biar mereka tuli….

    Guest
  198. regulasinya ngga jelas, polisi harus bawa alat ukur setuju bro,…..klo knalpot racing yg dimotor dilarang kenapa izin impornya tidak dihentikan, secara DBS, yoshimura, dll itu knalpot impor…..knapa yah pemerintah selalu membodohi rakyat…..banyak ko polusi udara di jalan yg tidak hanya berasal dari knalpot racing,…

    Guest
  199. Yang tidak2 saja,yang mengganggu keselamatan kan stop lamp yg bening itu,apa pula urusannya ma knalpot racing.
    UUnya perlu d revisi tuh.

    Guest
    • bukan direvisi,,
      cara anda berpikir yang perlu di revisi,,,
      bayangkan klo anda punya bayi,,,
      punya orang sakit dirumah,,,
      trus ada pengendara menggunakan knlppot racing lewat depan rumah anda….
      itu yang anda byangkan,,,
      jangan cuma mau enaknya saja,,,
      gaya”an pake knlpot racing,,,,

      Guest
  200. itu mah alasan polisi aja buat nyari uang tambahan… polisi polantas di negara kita kan gitu semua… mana ada pasal 58 yg menjelaskan detail tentang pelanggaran penggunaan knalpot racing. itu mah namanya ada-ada aja.
    Giliran bos-bos beruang banyak mana ada yang berani nilang… parah banget, tindakan polantas semakin menjadi-jadi.

    Guest
  201. bukan alasan polisi,,,
    tapi anda-anda yang tidak paham tidak dan tidak tau kpan dan dimana knalpot racing itu bisa digunakan,,
    penggunaan knlpot racing dijalan umum memang sangat mengganggu sekali,,,
    terutama pada tengah”malam,,,
    orang pada mau istirahat,,,
    malah kegenggu dengan ulah anda yang menggunakan knalpot racing,,,
    mana ada anak kecil,,,
    ada orang sakit,,,
    mengerti ngak sih,,,?
    ato ngak pernah sekolah,,,
    klo mau gaya,,,
    bukan djalan umum tempatnya,,,
    masuk arena donk…

    Guest
  202. gw rasa klo kenalpot di permasalahin untuk umun dan alasanya menggannggu keselamatan itu alasan yang sangat bodoh! mengapa????? karena tidak ada sangkut pautnya sama sekali!!! klo masalah suara di jadikan alasan!! yaaaa semua bajai harus di larang juga dunk!! motor sejenis harley juga harus dilaranng dunk!!!! kan suaraya sama kayak racing bahkan lebih besar!!!

    Guest
  203. Kanalpot berisik emang bikin nggak asik. Saya sebagai pembina siswa di salah satu SMKN Bogor. menyarankan para siswa yg menggunakan knalpot berisik ntuk mengubahnya kembali ke yang standar atau di beri peredam. Kebisingannya amat mengganggu, khususnya di lingkungan sekolah pas lagi KBM dan meeting umumnya di luar sekolah. Para siswa yg motornya berknalpot berisik mengendarai motornya lebih agresif dibandingkan yg tidak. Asal tau aja, boleh diperhatikan lebih seksama, yang sering mengalami kecelakaan motor di jalan umum adalah motor yang menggunakan knalpot berisik. Pernah ada kecekalakaan di jalan depan sekolah. Yang nabrak dan yang ditabrak sama-sama berknalpot berisik.Dan sebagai info tambahan, si pengendara motor yg tabrakan tersebut, 5 detik sebelumnya barusan di sumpahin seorang nenek yang kaget pada saat sipengendara menggeber motor nya. bunyi sumpahnya menurut saksi mata kira-kira begini, ‘ …mudah-mudahan jatuh lo..”. Bener aja, gk lama kemudian terjadilah tabrakan maut tersebut.
    JADI YANG MOTORNYA BERKNALPOT BERISIK, HATI-HATI YA! KARENA SEBAGIAN KECELAKAAN ANDA BERKEMUNGKINAN DIAKIBATKAN SUMPAH SERAPAH ORANG LAIN YANG MERASA TIDAK NYAMAN DENGAN KNALPOT BERISIK YANG ANDA GEBER!Trims, Trezka di Bogor!

    Guest
  204. pak polisi…………. mbog ojo kejem”
    biarkan kami bebas berekspresi ,sebaiknya di tentukan batas” suaranya

    klo bwt mika lampu bening ,BRANTAZZZZZ!!!!!!!!!!

    Guest
  205. Yang jadi batasan tuh bising atau standarnya? Kalo batasannya bising, ya jangan diasumsikan knalpot racing itu bising, belom tentu kalo saringannya tetap terpasang. Kalo batasannya semua knalpot racing tidak boleh, kenapa ga dirazia aja pabriknya dan toko penjualnya? Jelas keliatan ditoko accesories kan? Seperti juga pak Polisi dalam hal narkoba, ingin mencari bandar dan pengedarnya kan yang ditangkap? Nah, untuk knalpot racingpun sama, pengedar dan bandarnya udah di depan mata koq ga ada yang ditangkap? Malah cuma pemakainya aja yang dikejar? Kita pemakai harusnya diberi penghargaan karena sudah mengurangi pengangguran, knalpot racing diproduksi untuk dibeli kan?

    Guest
  206. kalo ga pengen ada suaranya ya naik sepeda onthel aja, saya selaku pengguna knalpot racing pasti tau diri di tempat kampung yang kemungkinan padat penduduk jelas ga akan melewatinya.

    suara knalpot juga ga terlalu bising karena saya selalu menggunakan RPM rendah dan tidak ugal dijalan.
    ga sedikit juga orang pake knalpot standart membahayakan .

    intinya, kembali pada diri masing2.

    Guest
  207. tanya aja ma polisinya, ada aturan teknisnya ga?
    trus knalpot membahayakan keselamatan tuh yg kayak gimana??

    yang udah jelas2 melanggar dan dianggap biasa tuh, klakson sirine yg di pasang di kendaraan sipil…

    Guest
  208. baca lagi pasal yg dikenakan kalo pas ditilang, pasal 58 uu no 22…
    yg cerdas dikit dong berpikirnya…
    jangan maksain aturan yg ga nyambung…
    selama belum ada aturan yg jelas, regulasi yg jelas dan UU yang jelas, ga perlu ribut….

    Guest
  209. ribut aj semuanya ni!! saya juga mau numpang ribut kalo begitu 🙂
    baru 2 minggu ganti kenalpot uda kena tilang n ganti yg standar..
    gak semua kenalpot yg gak setandar tu suaranya BRISIK!!
    inget tu! harusnya penilangan didasarkan batas max suara n polusi… jgan asal tilang dong.. karna kenalpot tdk standar trus main tilang atas dsar suaranya yg mengganggu… sedangkan suara knalpot racing aja suaranya kalah ama knalpotnya harley davidson ..
    saya belum pernah dengr polisi tilang pengguna HD..wkwkwkwkw

    Guest
  210. klo menurut saya, knalpot standar thu cuma bikin mesin menderita, soalnya seberapapun menggeber gas ttp aj motor jlnnya lambat…
    soalnya power di tahan ma saringan yang berlapis lapis, so bensin jadi mubazir..

    Guest
  211. Bner bngt tuh,msa kmren ue mau d tilang pake knalpot akrapovik,percma jg xl mau nindak knalpot racing d indonesia,jngan konsumen nya harus nya yang d tindak knpa g langsung aja k produksi or pabrik nya.emang harley davidson suara nya g kya mana,kcuali xl yang knalpot buritan or bobkan yqng g tau dosis tkanan nya.

    Guest
  212. orang polisinya kepengen knalpot racing,,berhubung gag bisa beli makanya rampas punya kita kita…begitu lazimnya brooo
    secara polisi juga sama kanyak m _ _ _ _ g…sama sama manusia maksutnya… 😀

    Guest
  213. ga akan tuntas kayaknya. yg pake knalpot racing blg ga setuju, yg ga pake blg setuju. gw mah minta otaknya yg bkin aturan berjalan aja deh, prcuma gw berkoar dsini jg capek2in ngetik doang. wkwk
    praturan ga masuk akal koq d perdebatkan?

    Guest
    • Tauuu nih w mau pake py takut ditilang,,,,mangkanya w ragu2,,w nanya kesini kesono klo pke knalpot recing bakalan ditilang kaga,,,maunya sie w mu make,,soalnya kerennnn sie,,dari pada kaga udah kaya apa tau motor ga pake gituan culun bget ga pake knalpot racing!!!!!!

      Guest
  214. klo ane masalah knalpot harus dibatasi menurut decibelnya knalpot std klo dibobok sama aja tetep berisik atau suara moge macam harley atau yg 1000cc tetep berisik dan menggelegar. trus knalpot racing bikinan bengkel pinggir jalan suaranya aja bikin perut mules ama kepala pusing lari motornya gak ada pantes ditertibkan. trus lampu yg aneh-aneh yg bikin mata belek itu juga pantes ditertibkan

    Guest
  215. KALO KNALPOT RACING TU NGGAK MENGANGGU PEJALAN UMUM, JUSTRU YANG HARUS DIBENAHI ITU PERILAKU PARA PENGGUNA JALANNYA, PADAHAL BANYAK MOBIL2 MEWAH YANG LAMPUNYA MENYILAUKAN MATA, ATAU MOGE2 KAN PAKE KNALPOT STANDART TAPI BERISIK

    Guest
  216. ini klo buat peraturan semaunya sendiri, harusnya minta pendapat dari para biker atau pengendara…?? libatkan donk? biar selaras..?? katanya negara demokratis? harusnya ada batasan berapa desibel (db) untuk kebisingannya…misal kendaraan sekian CC sampai sekian CC batasan kebisingannya berapa? gak umum gtu..? masa kendaraan 150cc disamakan dengan yang 100cc? kan suaranya jelas kencang yg 150cc

    Guest
  217. Pake knalpot racing dilarang saya ga setuju ..kita kn beli..seharusnya pemerintah itu harus fokus mengurus perekonomian dinegara ini .lagian kita naik kendaraan menaati peraturan lalulintas

    Guest
  218. jgn cm diliat negatifnya bro…positifnya juga banyak……….mis, yg suka pulang kerja malem…biar g ngantuk (ane ne), buat RIDER YG SUKA MELENG….belok kanan kiri sapenak udele dw…biar jd tanda klo ada motor di belakangnya….cz..yg satu ne walaupun udah di klakson tetep suka ngeyel bro…harus di bleyer dulu biar keder…he..e…lagian pk knalpot racing apa g, juga tergantung penggunanya, pk knalpot racing gue paling banter jln 60 kpj…bandingin sm si supri 125 lari 100kpj..kenalpot std + pcicilan…bahaya mana coba…harusnya bikin aturan yg jelas…brp DB…g asal tilang gt…pd tau juga kan Harley suara knalpotnya ky gmn…tp polisinya kok g pernah nilang???????malah d kawal tu….nah…lo…..pdhl lebih kenceng pisan pisan dr suara R9 lo tu…

    Guest
  219. Yang Jelas Lah BOSS.! Kalo MelanggaR HUKUM Kenapa di Pasaran Bnyak KnaLpot Racing.?? MOBIL Racing Gmana Tuh Kok Ga Masalah.??? Motor Modifikasi Malah Di Tilang, Kalo Mobil Knapa Gak Di tilang Ya..??? Aneh Nya Aku Fikir.. ORg Yang Punya Motor Punya Imaginasi Sendiri Buat Motornya Terlihat Lebih baik Dari Yang lainnya Kok Polisinya Yang REPOT Ya.?? Padahal masih Banyak Juga Para Polisi Itu sendiri Yang melanggar aturan lalu lintas itu sendiri, seperti hal kecilnya dalam memakai helm saja..!

    TOLONG PENCERAHAN .. Terima kasih

    Guest
  220. masalah kaya gini aje pake di bahas polis2. kemacetan, lampu jalan yang berfungsi baik, moda transportasi yang nyaman dan aman, baru dah mikirin hal2 kecil.. kurang kerjaan yang bikin peraturan… hal inih malah bikin keliatan bahwa mereka ga bisa ngatasin masalah di ats, malah nyari hal yang mudah,,, mudah nyari duitnya,,, lw para raider yang ngaku ikutin peraturan pemerintah. gw tanya apakah kalian ga pernah nerobos lampumerah, lawan arah, dan ga nyalain lampu sen kalo belok??? pasti jawabannya PERNAH SEMUA… mendingan perbaikin dulu cara berkendara kita baru bahas peraturan kaya gnian. jujur aje gw pernah mau nabrak motor listrik yang suara kenalpotnya damai banget pas belokan…
    mungkin lw bisa ambil kesimpulannya kan kenapa suara knalpot haram banget kalo ga bersuara….

    Guest
  221. setau saya pasal 48 ayat (3)
    Berikut bunyi Pasal 48 Ayat 3 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tersebut:

    Persyaratan laik jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditentukan oleh kinerja minimal Kendaraan Bermotor yang diukur sekurang-kurangnya terdiri atas:
    a. emisi gas buang;
    b. kebisingan suara;
    c. efisiensi sistem rem utama;
    d. efisiensi sistem rem parkir;
    e. kincup roda depan;
    f. suara klakson;
    g. daya pancar dan arah sinar lampu utama;
    h. radius putar;
    i. akurasi alat penunjuk kecepatan;
    j. kesesuaian kinerja roda dan kondisi ban; dan
    k. kesesuaian daya mesin penggerak terhadap berat Kendaraan.
    YG poin b coba di lihat!!!!

    Guest
  222. Berikut bunyi Pasal 48 Ayat 3 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tersebut:

    Persyaratan laik jalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditentukan oleh kinerja minimal Kendaraan Bermotor yang diukur sekurang-kurangnya terdiri atas:
    a. emisi gas buang;
    b. kebisingan suara;
    c. efisiensi sistem rem utama;
    d. efisiensi sistem rem parkir;
    e. kincup roda depan;
    f. suara klakson;
    g. daya pancar dan arah sinar lampu utama;
    h. radius putar;
    i. akurasi alat penunjuk kecepatan;
    j. kesesuaian kinerja roda dan kondisi ban; dan
    k. kesesuaian daya mesin penggerak terhadap berat Kendaraan.

    Guest
  223. Menurut saya mungkin yang adil itu diberi aturan yang jelas tentang:

    Batas DB / kapasitas CC mesin

    Soalnya kalau kayak Harley kan CC nya juga emang udahgede, dan knalpot standarnya itu pun gak berisik2 banget, gede tapi nyaring.
    Tapi kalau kayak RX-King yang udah pake knalpot racing itu yang bisa dikategorikan berisik, apalagi kalau naek motornya di blayer-blayer + ugal2an gitu.

    Guest
  224. Jelas penggunaan knalpot racing berpengaruh pada keselamatan pengguna jalan. Yang dimaksud pengguna jalan di sini bukan hanya para pemakai kendaraan yg menggunakan knalpot racing saja melainkan semua pengguna jalan termasuk pejalan kaki. Telah diketahui bahwa tingkat desible/kebisingan knalpot racing adalah sangat tinggi, membuat semua orang tidak sangat nyaman mendengarnya. Pun, dengan di jalan umum. Bunyi knalpot yang keras ini tentu akan berdampak terhadap keselamatan pengguna jalan lainnya. Bagaimana tidak, bunyi knalpot racing tersebut dapat menimbulkan kekagetan dan juga perasaan was-was pengguna jalan lainnya mana kala ada kendaraan yang menggunakan knalpot racing tersebut, baik di depan maupun di belakang mereka. Tentu saja antisipasi yang salah dapat dihasilkan sehingga efeknya terjadilah kecelakaan. Dengan demikian tentu saja penggunaan knalpot racing dilarang digunakan di tempat umum. Makanya kenapa kalo ada knalpot racing impor selalu ada tulisan tersebut karena di negara asalnya penggunaan knalpot racing selain di area balapan dilarang keras! !!! Badan safety nasional merekalah yang menelurkan aturan tersebut. Oleh karena itu, jelas di Indonesia pun harus diberlakukan aturan yang sama yakni tidak boleh menggunakan knalpot racing di tempat umum kecuali area balapan resmi. Tks.

    Guest
  225. kalo knapot 2tak gimane? knlpot resing maopun ga resing sm aja, contohnya aja rx king, satria r, f1z r itu,
    gua bngung ma mslh ini gan, polisi maen tangkep seenaknya, cntohnya gua prnah ngalamin ndiri, pas ane pke king om ane yg pake knalpot 3v3, ane mau jalan lewat prempatan gadang(malang) eh tu tiba tiba polisi cepek keluar dari warung secara tiba”, kenak deh ane, trus neh knalpot motor om ane, ehh tiba tiba ditendang tuh ama polisi, leher knalpotnya ampek mau patah as sobek,
    polisi sekarang tuh seenaknya ndiri, maen hakim ndiri, trus yg lebih ngejengkelin lagi tuh polisi bilang, “mas, ane tilang ato damai di tempat” kata pak polisi td, tuh klakuan aparat jaman skarang …
    hehehehe curhat nih kayaknya ane gan 😀

    Guest
  226. ada uud melarang pengunaan knalpot racing tpi knpa ada toko yang di izinkan untuk menjual knalpot racing…..jadi buat apa uud itu di buat klo izin penjualan tetap ada……? 😉

    Guest
  227. Coba saja telinga anda yg memakai kenalpot racing ini didekatkan ke kenalpot anda sambil digeber gasnya…baru setelah itu mengerti mengapa kenalpot racing itu sama sekali sampah….dan selanjutnya anda kapok memakainya….

    Guest
  228. Setahu saya tingkat kebisingan dari sebuah mesin/suara yang dilarang batas maksimal bila mana dalam jarak satu meter kita ngomong gak kedengeran itu sudah kategori dilarang dan tidak di perbolehkan,
    Jadi emang betul perlu cek dan ricek serta pengetesan,•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶̶ ŧђάŋĸ γ☺υ •̸Ϟ•̸-̶̶•-̶̶
    Salam SlipOn,,,

    Guest
  229. k
    Ane kalo diasepin motor berknalpot resing, langsung ane overtake tuh motor. (soalnya bikin kuping ngiung2, gak nyaman banget). Kalau pengen orang lain tau kalau ada motor mau lewat, kita bisa pakai klakson. Kalo klakson gak ngaruh, berarti make motornya kecepetan.
    Kalo semua orang pake knalpot resing dengan alasan yang sama yaitu keamanan (biar orang tau ada motor lewat), sama aja bo’ong. Malah gak bisa denger motor lewat darimana. Sukur2 kalo masih bisa denger klakson.

    Kalo ketemu motor berlampu mika, ane langsung injek dan teken rem, khawatir nyungseb ato nabrak trotoar. (silau men..!!)

    ISebenarnya, cara terbaik menjamin keselamatan berkendara motor dijalan raya adalah menghormati pengguna jalan lain.

    Guest
  230. susah kalau urusan knalpot, saya pernah kena tilang disamarinda simpang lembusuana, gara-gara knalpot racing lumayan 100rb melayang, kata pak polisi kamu sdh melanggar UU nomor… tentang pemakaian knalpot racing untuk 4 tak, jadi saya tanya kalau mtr 2 tak bunyinya nyaring kan? pak polisi jawab y tp jgn dibedel, sy jawab y biar 2 tak tanpa dibedelpun sdh nyaring apalagi gasnya dimain-main suaranya tetap nyaring, lalu pk polisi jwb mtrmu kan 4 tak jadi hrsnya suaranya gk bising, sy jawab trus mtr Harley itu knp suara kayak pesawat mau mendarat, pak polisi jwb itukan bawaan mtrnya, sementara pak polisi berkotbah ada mtr 4 tak pakai knalpot racing lwt tp gk dikejar sm polisi, dlm hati saya mengatakan DIMANAKAH keADILAN.

    Guest
  231. Saya sangat100x setujuu….itu yg pake stoplamp Bening nan bercahaya itu di lepas n di musnahkan di tmpt aja…..

    Guest
  232. buat yang ini “Satu yang menurut saya yang seharusnya juga jadi sasaran empuk Pasal ini adalah para pengguna mika stoplamp bening yang dikolaborasikan dengan bohlam berkaca bening”
    100% setuju..
    kalo buat knalpot bising yg ngebas ya bukan yang nyempreng, kalo ngebas gitu suaranya masih bisa ditolerasi, kalo yang nyempreng gitu yg musti ditindak..
    karna bagaimanapun knalpot yg bersuara itu lebih aman dari pada tak ada suaranya…

    Guest
  233. knalpot racing nggak membahayakan pengendara yang lain ,, ,, yang mbahayain itu ,, pengendara nya,, ,, ,, yang suka ugal2 an ,, coba knalpot racing di pake ibuk2 yang mau belanja ,, ,, nggak bahaya kan ,, ,, 😀

    pliss lah pak pol,, ,, tangkep ja tu ,, ,, yg bikin “silau meeenn”

    Guest
  234. Hai para rider and para polisi,
    gimana dari pada pusing2 semuaya mendingan gak sah pake knalpot smua jadi smuaya pake sepeda saja dan polisi juga harus pake sepeda juga, biar adil dan untuk polisi klo mau tangkap orang harus jelas dong kesalahan ya dimana,kadang pula orang yang tidak salah saja ditangkap padahal dia lengkap semua dah ikutin peraturan UU tapi tetap saja mau di tilang apa damai, itu hanya modos saja buat makan siang Jam polisi banyak beraksi ( Pagi,Siang,Sore ) itu dah pasti sekali dia beraksi

    Guest
  235. kadang pula tidak ada tugas dari atasan mereka untuk menggadakan razia dia malah bikin cndri,,,,,,???

    Guest
  236. dan kalian yang memakai motor cc yang gede jangan terlalu banga motor kalian juga bisa dikalahkan sama motor kecil,,,,!!!! motor bisa kencang bukan dari motor ya karena motor bisa kencang dari yang bawa ya!!!! makaya klo kita juga pake knlpot racing tergantung bawa ya klo mau adam ya bawa ya pelan2 tapi mana ada orang yang pake knlapot racing bawa ya santai pasti bisa di bilang gak maco,nah pada dasar ya bukan masalah peralatan tapi masalah ya ego ya pada gede a

    Guest
  237. yg hrus d tetapkan pemerintah adalah yg dapat menimbulkan mslah kclakaan.tpikan klau knalpot hanya suara aja
    kan ga ad knalpot yg ga bersuara
    smua knalpot klau di geber2 psti sngat kuat suara a

    Guest
  238. bagi yg pake knalpot racing, sebelum meluncur ke jalanan baiknya liat2 tetangga dulu. pas manasin motor ato pas kita lewat keganggu ga sama suara knalpot kita. tetangga saya pun yg pake knalpot standar tp pas manasin motornya suka digeber2 pas lewat saya siram pake air panas. bikin bising soalnya.

    saya juga pemake knalpot racing tp ga pernah tuh digeber2. makanya tetangga yg tua jg muda ga komplen, apalagi pengguna jalan raya kain. karena knalpot racing gag semua bikin suara bising, malah merdu didengernya.

    intinya, pake knalpot racing tuh hak asasi manusia bagi yg pengen tampil mbhee(da) dan yg mampu mbelinya (toh duit duit sndiri) asal ga ngeganggu hak asasi org lain. klo ternyata bikin bising, gada salahnya kita pake kembali knalpot standarnya…pisssss

    Guest
  239. pasalnya kok mengandung multi tafsir y??harusnya ada perincian mengenai batasan desibel…Lagian klo cuma knalpot gk membahayakan pengguna jalan kok.Gmn dgn moge yg suaranya keras?mobil yg knalpotnya gk standart?lbh baik yg dijadikan sasaran motor yg pake mika belakang bening,gk pake lampu,lampu sein gk ada,ban ukuran kecil..knalpot racing skrg jg jd sandaran nafkah para pengrajin knalpot…n pabrikan tentunya.atau di jalan raya hanya knalpot racing yg sdh terdaftat di dinas perdagangan (punya nmr registrasi produk) blh digunakan..diluar itu tilang aja…kalo dipukul rata aturan kyk gni jd multi tafsir.

    Guest
  240. bagi saya knalpot bising tntunya hrs ada batasan seberapa bising maximalnya yg bisa dipakai,jgn cm bikin uu yg ga jelas biar masyarakat tau,krna slama ini bnyak pngguna jalan yg tdk tau praturan lalu lintas trmasuk pjalan kaki, dan polisi jg ga usah sok nilang dgn alasan ini itu mntang2 tau praturan tp masyarakat sndiri g tau praturannya krna kurang publikasi dr pihak polantas, jd kalo bisa praturan itu di bikin sejelas-jelasnya. pihak polantas pun saya yakin tdk smuanya tau tntang praturan brkendara, khususnya tntang kanlpot racing, ketika razia main sama rata aja smua pngguna knalpot racing di tilang, emg batas kbisingannya brp bos maen mbat aja mntang2 bnyak pngndara yg g tau.

    utk pngguna knalpot racing sbaiknya jaga attitude jg, jgn krna suaranya yg enk jd ugal2an jelas itu mngganggu pngendara lain, saya yakin anda smua jg tdk enk kalo di ganggu mkanya jgn ganggu, brkendaralah dengan baik.

    jgnkan mtr yg pke knalpot racing, pke knalpot stndar yg halus jg kdang2 bikin kaget, pke mtrnya jg ugal2an., kalo mslah keamanan pngendara lain bkn cm mtr berknalpot racing doang, yg standaran jg bisa mmbahayakan kalo si pngendaranya geblekk, jd kmbali lg ke diri masing2 lah, bisa ga sih jadi pngendara yg baik.

    itu baru knalpot racing, kalo knalpot bawaan motornya yg bising gmn bos, kyk harley dan kawan2nya, di gas dkit aja tnah udh bergetar..,
    gmn nih urusannya, knalpot ori yg bobokan jg gmn, saya harap praturan tsb diperjelas knalpot apa aja yg boleh, brp batas max kbisingannya, krna mnrut saya lw suara knalpotnya msh enk di dngar sih g masalah, brkendara jg ada seninya.

    Guest
  241. PASAL-PASAL CUMA BEMBER DOANG, YANG PENTING PRIT 50RB. GITU AJA KOK REPOT, LAIN KALI SI POL LANGGAR ATURAN KITA HAJAR RAME2 AJA.

    Guest
  242. Kalo mash bisa disuap ngapaain repot,,emang berapa Duiit tilangnya bapak polisi?cepe,dua cepe,apa tiga cepe w jabanin Ɨƚɑ., Ɨƚɑ., Ɨƚɑ.,
    Ɨƚɑ., Ɨƚɑ., Ɨƚɑ.,

    ː̗=))ː̖
    ^’// _
    ^’

    Guest
  243. Bagaimana kalau yg di razia adalah knalpot yang harganya 5jt up??
    Karena setau saya knalpot yang bising biasanya jarang yg ada dibawah 2jt kcuali yg lokalan dan ga ada lisensi.
    Akan sangat memudahkan jika dari pihak kepolisian ada standard untuk mengukur tingkat kebisingan dr kenalpot tsb jd rider jg punya patokan membeli knalpot yg benar.
    Kan sangat mengecewakan sekali jika harus diambil oleh pihak kepolisian,,
    Hiksss hikssss…

    Guest
  244. Bagaimana dengan knalpot superbike & HD yang gahar dan berisik, apakah petugas juga akan mengandangkan motornya..??
    DiJogja kemarin saja malah dikawal ame motor Patwal.. bagaimana kebijaksanaannya?

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here