Bro sekalian . . . Nikung miring di sebuah kurva dengan sepeda motor memiliki sensasi tersendiri yang nggak bakal didapatkan saat membawa Roda empat . . . Tapi tahukah bro seklian ada Blind spot menanti di depan kita. Blind spot menurut wikipedia adalahย  . . .ย  A blind spot in vehicles are part of areas that cannot be directly observed under existing circumstance. Atau dalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai daerah disekitar posisi riding yang tidak dapat kita lihat secara langsung. Nah Bila ada sesuatu di daerah tersebut kita tidak dapat secara cepat melakukan respons. Nah Kali ini saya akan membahas Blind spot di area tikungan atau Blind spot at the curve Road.

Terus terang saya terispirasi oleh video kecelakaan yang menimpa bro Bjo dari komunitas BTC yang sempat terekam kamera saat melakukan group tour riding dengan beberapa rekan pengguna Suzuki Thunder 250. Mohon maaf, saya bahas videonya bukan untuk memaparkan suatu kejadian tragis, tapi antuk memberikan leasson Learned bagi kita semua. Kejadian yang menimpa brother kita ini terjadi di sebuah Tikungan Di jalan Purwakarta 169 Km 3 dimana Motor GS 250 yang dikendarainya berbenturan dengan sebuah Motor Bebek yang sedang berpindah jalur. Untuk lebih jelasnya bro bisa lihat time line kejadiannya di gambar-gambar berikut.

๐Ÿ™„ di sebuah tikungan ke kiri Rider GS250 hanya melihat bebek yang searah dengan nya

๐Ÿ™„ Saat Rider GS 250 berkonsentrasi over salip bebek, ada bebek di kiri bersiap nyebrang

๐Ÿ™„ jarak keduanya terlalu dekat hanya beberapa meter saja

๐Ÿ™„ pengendara GS250 mencoba menghindar dengan counter ke kanan

๐Ÿ™„ sesaat sebelum Crash .ย  . memang sulit untuk merespons jika seuatu berjalan begitu cepat

Saya Yakin Pengendara GS 250 awalnya tidak melihat gelagat pengendara bebek yang hendak menyeberang, dan begitu pula pengendara bebeknya . . . Bagi kedua rider daerah setelah tikungan yang dihadapinya merupakan daerah Blind Spot yang sulit diprediksi, inilah yang disebut dengan The Curve Danger. Ini dapat terjadi bagi siapa saja bila kita riding di public road. Yang bisa kita lakukan adalah mengurangi dampak Blind spot di tikungan dengan cara :

  1. Mengurangi kecepatan saat di tikungan
  2. Jangan berpindah jalur di daerah tikungan
  3. memasang fish eye mirror di tikungan sebagai alat pengamat area sebrang tikungan
  4. ada yang mau nambahin? . . . monggo

semoga berguna-Taufik of BuitenZorg

Foto pertama dan ke 2 . . . nyatol di Blognya Bang Bona

Foto paling bawah : freefotobank.com

silahkan simak Videonya bro :

153 COMMENTS

  1. Pemilik sim di indonesia kebanyakan pake jalan korupsi, termasuk sy..hehe jd wajar saja pengetahuan tentang tata tertib minim. Solusinya?..tahu sendiri lah.

    Guest
  2. terlepas dari adanya blindspot, terlihat pengendara gsx tidak mengurangi kecepatan saat memasuki kawasan traffic yang padat, kemudian reflek menghindar yang salah (seringkali posisi rider melebar ke kanan) & terlihat sekali tidak ada konsentrasi terhadap kondisi sekitar (enjoy dengan diri sendiri) sehingga respon pengereman terlambat ( biasanya yang jadi kambing hitam bebek lagi.. bebek lagi.. :mrgreen: )

    semuanya ditentukan oleh feeling & perhitungan yang tepat, tp klo namanya musibah bisa menimpa siapa saja, jd tetap waspada & hati2 dalam berkendara sesuai judul diatas

    oh iya bang Taufik pulang dari tanah suci ke tanah air insya Allah tanggal 9 Desember 2010, insya Allah jadwal posting akan kembali normal seperti biasa kedepannya… dan tugas saya selesai untuk menjaga warung ini

    klo ada kesalahan, mohon dimaafkan
    terima kasih
    keep brotherhood

    admin

    Guest
  3. ga safety riding..setiap kali mo mendahului hrs ksh sign kanan..awal video sign kiri hidup cukup lama..menyesatkan kendaraan di belakang…trus setiap kali masuk ke daerah ramai seperti pasar seharusnya mengurangi kecepatan..ah well komentar lebih gampang dari melakukan sendiri.. ๐Ÿ˜›

    Guest
  4. oh iya satu lagi yg hrs di perhatiin..arti line pembatas di tengah jalan,seandainya dia putus2 anda boleh memotong..tapi seandainya lurus dan tak putus2..dilarang memotong..karena berbahaya..byk yg kurang mengerti arti garis pembatas di tengah jalan..semoga kita semua bisa belajar dari video diatas..

    Guest
  5. setuju dengan mas bro2 di atas, tetap safety riding, jgn hanya mengandalkan felling

    dan

    komentar lebih indah dari pada pelaksanaan :mrgreen:

    Guest
  6. jadi serasa di sirkuit ya,,
    wah mas taufik tgl 9 des? masi lama..
    btw om admin help dong,,
    komen saia banyak yang nyangkut,, ๐Ÿ™
    padahal no sara..
    susah bener mo komen..

    Guest
  7. @20
    sabar bro
    memang biasanya orang konvoi seringkali arogan karena mereka merasa penting dan bawa masa.
    ya mengalah saja dari pada cari perkara
    CMIIW

    @ bro admin
    mas taufik kapan balik bogor??

    Guest
  8. Satu lagi yg penting nih:

    Jarak antara motor di belakang sama di depannya. Belum tau “2 seconds rule ya”?? Artinya jaga jarak GAP 2 detik* sama motor di depan, kalau pakai patokan meter, pelan atau ngebut ga ada bedanya, tapi kalau pake patokan GAP, semakin kencang semakin jauh jarak dengan motor di depan. Jadi ga perlu ada kejadian motor yg pasang kamera itu juga ikutan nabrak yg di depan..

    * GAP 2 detik kira2 sama waktunya dengan menyebutkan 5 suku kata dengan cepat

    Guest
  9. Ada lagi: “expect the unexpected”

    Yang artinya memperkirakan apa yg tidak terkira. Kayak ada motor tiba2 nyebrang, atau mungkin aja ibu2 naik bebek itu tiba2 belok.. semua harus terlintas di pikiran jadi pengendara lebih waspada ..

    Guest
  10. bagus sekali artikel ini.. sangat bermanfaat.. setuju sekali tuh dengan memperlambat kecepatan saat di tikungan..
    Kalo waktu itu pake simulator Honda Raiding Trainer, sering banget tuh nabrak-nabrak orang di tikungan, gara-gara ga awas dengan mempertahankan kecepatan tinggi..
    keep safe in riding ๐Ÿ™‚

    Guest
  11. Trims atas infonya tentang blind spot dan juga tips and tricks nya…

    nambahin ah tips nya..temen saya perna bilang klo naik motor itu harus “expect the unexpected” — intinya harus selalu waspada sih emang. klo di kasus ini pengendara GSX250 emang turut andil menyebabkan kecelakaan. Nyalip ga pake lampu sign dan juga speeding di jalan yang berkelok-kelok 2 arah nan sempit. Dan (klo yang ini emang bener2 harus punya kontrol tubuh yang bagus) refleks menghindarnya dia salah. Harusnya pengendara GSX250 menghindar ke kiri, bukannya mengikuti si bebek yang mengarah ke kanan. tapi namanya juga kaget di kecepatan tinggi yaaah…mo diapain lagi..heheh..so sorry to him..smoga dia bisa belajar dari kejadian ini..

    Guest
  12. artikel yang sangat baik.. mengurangi kecepatan saat di tikungan itu sangat perlu, mengingat kita seringkali ga bisa memprediksi apa yang ada di depan..

    Makanya banyak ATPM yang udah nyediain simulator untuk riding di jalanan, dan kalo gw make, seringnya tuh nabrak di tikungan, gara2 masih mempertahankan kecepatan tinggi

    Guest
  13. Terlihat GS 250 yg salah, menyalip ditikungan, krn kondisi menyalip itulah dia tidak mengurangi kecepatan saat menikung tp malah menambah kecepatan.
    Dan yg bw kamera juga sama saja ingin mengikuti jejak si GS didepannya sama2 tdk mengurangi kecepatan, so jatuh juga. Semoga dapat menjadi pelajaran bagi kita semua
    …. waspadalah di jalan raya bro ….

    Guest
  14. Menurut saya kedua motor tersebut salah. Kenapa? Bisa dilihat garis marka jalan tempat kejadian tsb adalah garis solid. Artinya TIDAK diperkenankan untuk mendahului karena BERBAHAYA. Disini letak kesalahan motor GS 250. Mungkin karena merasa sudah ahli membawa motor apalagi touring bersama teman2, rambu2 termasuk marka jalan tidak diperhatikan lagi.

    Sudah selayaknya memasuki tikungan kecepatan kendaraan dipelankan. Jika jalan lurus boleh lah untuk ditingkatkan kecepatannya dengan tetap memperhatikan rintangan yg mungkin dan akan terjadi di depan.

    Lantas apa salah dari motor bebek? Dia juga salah karena masuk ke jalan di dekat daerah tikungan. Apalagi jalan tersebut adalah jalan yang digaris solid.

    Guest
  15. dua-duanya salah tuh

    thunder 250:udah tau tikungan dan tempat padat,gak ngurangin kecepatan juga

    bebek : nyebrang depan tikungan,jalannya di jalan antar kota lagi

    sebuah kesalahan fatal yg sering tak disadari pengendara yg nyebrang di depan tikungan
    sangat tidak disarankan karena jarak pandang kita melihat seluruh jalan jadi terbatas

    Guest
  16. mas, kok artikelnya jarang2 skrng? kemana aja? kok ga uptodate lagi? biasanya tiap hari bikin artikel, dan artikel yg ada skrng kok terkesan lemes…

    Guest
  17. bebek2 nakal… nyebrang gak liat2… lgan bebek yg mau disalip Thunder 250 jg sdh sangat dekat… mau buru2 gak memperhatikan safety…:D

    Guest
  18. Pelajaran yg bisa dipetik:
    – Kurangi kecepatan di tikungan, Valentino Rossi aja
    saya yakin nggak berani
    – Perhatikan marka jalan
    – Jadilah contoh teladan bagi pengendara lain, jangan
    sampai orang lain mendoakan yg jelek apalagi
    sampai mengeluarkan sumpah serapah karena kelakuan
    kita di jalan.

    Guest
  19. lapor, semalam saat perjalanan touring muter2 jogja-malang via magelang-selo membelah merapi, terjadi kecelakaan maut di nganjuk jatim, pengendara motor keluar dari kampung mau nyebrang,beberapa saat didepan saya terlindas truck, motornya jadi kerupuk orangnya juga, hhmmmm serem hingga berceceran saya sampai minggir ke rumput biar ga menginjak ๐Ÿ™

    keep safety mas bro… nitip artikel adem:
    http://azizyhoree.wordpress.com/2010/11/22/tanjung-lesung-pantai-exotic-di-ujung-barat-p-jawa/

    Guest
  20. seperti nya pengendara GSX harus belajar lagi Tata Krama ehh Safety Riding dan meningkat kan skill berkendaranya
    terutama dalam mengasah feeling, skill terutama Hard Breaking.

    sok tahu Mode On
    xixixixixi

    Guest
  21. Sharing ya bro, kalo ada yg salah mohon dikoreksi.

    Untuk marka jalan ditikungan berupa garis solid (bukan putus-putus) menurutku intinya bukan berarti “ngga boleh nyalip” tapi mempunyai arti “tetap di jalur/lajurnya atau dilarang memotong jalur”.

    Arti “ngga boleh nyalip” bukan berarti salah tapi liat dulu jenis kendaraan dan kondisi jalanannya.

    Untuk kasus seperti di atas, jalanannya dua jalur dengan masing2 jalur cuma ada satu lajur (patokan mobil).
    โ€ข Kalo untuk mobil dengan kondisi jalan kayak gitu jelas “ngga boleh nyalip” karna kalo nyalip pasti akan keluar jalur atau memakai jalur lawan arah.
    โ€ข Trus gimana kalo motor? Kalo di depan motor tersebut adalah mobil, ya si motor “ngga boleh nyalip” karna cenderung akan keluar jalur juga. Tapi gimana kalo yg di depannya motor seperti kasus diatas? Kalo menurutku “gapapa nyalip” karna space jalur yg dilalui masih cukup lebar dengan “catatan” jangan sampai keluar jalur dan atur kecepatan sesuai batas aman. (kayak jaga jarak, makin kenceng harus makin jauh jaraknya)

    Contoh lagi, kondisi jalanan satu jalur tapi ada beberapa lajur (berarti jalanannya lebar) trus ada tikungan dengan garis solid.
    โ€ขJika di depan ada kendaraan di lajur kiri dan kita ada di lajur kanan trus mau nyalip ya “silakan aja nyalip”, gapapa asal tetap di lajurnya.
    โ€ขGimana kalo kendaraan yg mau kita salip satu lajur dengan kita sedangkan kendaraan sudah masuk ke marka garis solid padahal lajur yg lain kosong? Kalo kondisi kayak gini kita ya harus nahan dulu “ngga boleh nyalip” karna pasti bakal motong lajur yg lain.

    **Cuma kalo diperhatiin sering banget nemuin pas tikungan (mau ada garis ato ngga) ada kendaraan yg ngikutin gaya racing line.
    Jadi sebelum tikungan ada di lajur luar tapi pas nikung masuk ke lajur dalem. Ini yg disebut nyari penyakit tapi kalo keseruduk tetep maki-maki karna merasa bener. ๐Ÿ™

    Maap yak kalo kepanjangan. ๐Ÿ˜€

    Guest
  22. Luar biasa sekali mas, sangat berharga untuk pembelajaran kita semua, tapi kok aku tidak bisa putar videonya, kalau mau downlaod dimana ya?

    Guest
  23. betul pengendara thunder “asyik dengan dirinya sendiri”, liat saja sense kiri lama sekali menyala, malahan waktu dia menyalip ke kanan, sense kiri tetap berkedip-kedip

    Guest
  24. Luar Biasa Mas Taufik dan Mas di @ Busa_tio21. sangat menginspirasi kita untuk lebih berhati-hati. tapi videonya kok nggak dibisa di putar ya? kalau mau download dimana?

    Guest
  25. kemudian di tikungan harusanya mengurangi ke cepatan, dan si rider thunder ini salah ambil antisipasi, harusnya dia ambil antisipasi ke kiri bukan ke kanan …

    Guest
  26. mutlak salah tu thuder, knpa ngebut2 kaya jalan punya mbahnya, apa lg dr td tiap tikungan ngebut dan akhirnya pengendara bebek jd korban..
    smoga tu org kapok..

    Guest
  27. rider kaya gini neh yg perlu dibina..sakan.
    kesel gw tiap x ngliat ni video. ๐Ÿ‘ฟ

    bayangin kalo kluarga anda yg lg nyebrang

    Guest
  28. Saran gw sih, terlepas dari ada ato tidaknya daerah blindspot sebaiknya didaerah tikungan para pengendara mengurangi kecepatannya, biar lebih safe aj.

    Guest
  29. Pembahasan yang sangat barmanfaat bagi kita semua, karena ada contoh nyata pada video di atas.. ini adalah salah satu ilmu safety riding yg patut kita pelajari…

    Ane sendiri baru mulai concern sama ilmu2 safety riding setelah 6 kali kecelakaan..

    Emang masih banyak orang baru bisa sadar akan pentingnya ilmu safety riding setelah kapok mengalami celaka di jalan..

    Guest
  30. Ya itu td,kadang kita suks keasyikan saat nemu jalan ky gt.Q jg sering mlayu n ambil racing line. tp di jalan searah (Bambu runcing sampe sebelum Garasi P.O Ramayana Muntilan)tp kudu wapada.walau searah,tp kadang bnyak org yg “nyari enak” dgn melawan arus.
    Btw,nunggu komennya Bang Benny ahh…
    mst blg “gara-gara bebek” :mrgreen:

    Guest
  31. Td sore ane ngalamin, ampir sama kejadiannya, cuma ane posisi di jalan lurus & redbull ane melaju dg kec 25 km/jam, tiba” pengemudi di depan berbelok scara tiba” tanpa kasi sein terlebih dahulu, untungnya handling si redbull mantap….

    Guest
  32. kok banyak yang mbela si bebek karena kasihan ya??? jelas sibebek salah melanggar aturan lalin, menyeberang di tempat yang garisnya ga putus2. harus ditilang tuh, sim nya cabut juga biar kapok.

    Guest
  33. Pengendara Thunder dan pengendara bebek sama-sama kena blindspot.
    Entah bebek atau sport atau apa aja menyeberang seperti pada posisi dalam video sangat-sangat berbahaya. Jika menyeberang setelah tikungan seperti itu apakah yakin dari arah berlawanan / arah tikungan sudah kosong??
    Hal yang terjadi diatas itu sama aja dengan menyeberang dengan kondisi ada kendaraan yang mau lewat…

    Guest
  34. ilmu safety riding tuh apaan sih, kok sepertinya udah pada expert ?? mohon pencerahannya.
    apakah itu berarti pelan di tikungan ???
    apakah dibenarkan nyebrang di blindspot ?
    kok banyak bener yang nyalahin pengendara GS 250 tanpa melihat dosa si penyeberang ?

    “safe bukan selalu berarti pelan, dan ngebut belum tentu ugal2an”

    Guest
  35. Sebetulnya lokasi semacam itu sudah diantisipasi oleh LLAJ, misal denga adanya garis tidak putus. Seharusnya pengendara tidak menyalip pada posisi seperti itu, meskipun ada ruang.

    Guest
  36. 78. Cowfatters –
    Betul juga, yang nyeberang kurang waspada. Tapi ia berpatokan pada motor bebek yang di depan thunder. Jadi, kalau thunder tidak menyalip bebek di depannya, tentu aman semuanya. Sekali lagi, thunder nyalip pada garis atidak putus. Itulah kesalahan utamanya.

    Guest
  37. moga aja yg nabrak itu bkn ketuanya..
    kalo ketuanya mendingan bubarin aja tu club, jalan semena mena, ngebut2 mentang2 konvoi, tau diri doooong…!!! ๐Ÿ‘ฟ

    mbah dukun pernah nulis tata tertib berkonvoi..
    gak ugal2an kaya gitu, lbh membahayakan ketemu mreka dr pd konvoinya FPI ๐Ÿ‘ฟ ..

    Guest
  38. @78. Cowfatters – November 22, 2010

    ilmu safety riding tuh apaan sih, kok sepertinya udah pada expert ?? mohon pencerahannya.
    apakah itu berarti pelan di tikungan ???
    apakah dibenarkan nyebrang di blindspot ?
    kok banyak bener yang nyalahin pengendara GS 250 tanpa melihat dosa si penyeberang ?

    โ€œsafe bukan selalu berarti pelan, dan ngebut belum tentu ugal2anโ€

    ————————————————————————————–

    woi ini indonesia bung, emangnya ada jembatan penyebrangan buat motor ???
    di indonesia kalo nyebrang ya kaya gitu.
    emang dibenarkan kalo konvoi ugal2an kek gitu?
    emang dibenarkan kalo nikung kenceng kaya gitu?
    emang jalan bapa lo,

    please hormati pengendara lain,
    jujur ane jg sering ngebut di jalan pake N250 tp gak ditikungan, gak zigzag, gak mau bikin orang lain kaget krn kesalip dgn jarak yg dekat, gak bagus tuh bs disumpahin org..
    ane ngebut cuma keadaan jalan lurus n kosong..

    Guest
  39. setelah lihat videonya,

    @saptomotok
    betul, bebek salah tp mungkin karena kurangnya pengetahuan si rider bebek. tetapi menurut saya
    si rider GS250 lebih salah lagi, orang yg ngerti pengetahuan turing koq gk menerapkan aturan2 itu, dia kurang ber-hati2 apalagi posisinya paling depan.
    semoga kita lebih waspada di jalan dan selalu diberi keselamatan oleh-Nya. amiin..

    Guest
  40. Kereennn.. Hehe…

    Smoga yg jatuh sudah sehat kembali…

    Dan jangan terulang lagi…

    Smoga kita kalok nyebrang juga hati-hati…

    Smoga kita kalok nyalip juga hati-hati…

    Pastikan selalu, keberadaan kita diketahui oleh pengendara lain di sekitar kita…

    Kalok yg mau nyebrang tau ada motor mau nyalip, tentu dia kaga jadi nyebrang…

    Kalok yg mau nyalip tau ada yg mau nyebrang, tentu dia akan kurangi kecepatan…

    Sering2lah pencet itu klakson… sebelum kejadian…

    Seringnya kita pencek klakson di saat kejadian…
    Ataupun saat kita sudah tidak bisa menghindar lagi..

    Dan itu sudah terlambat…

    Demikian, semoga berkenan…

    Guest
  41. Ada hal kecil tp seringkali sangat membantu…

    Nyalakan klakson buat memberitahukan pengendara lain akan keberadaan kita…

    Guest
  42. saya liat seteleh melewati mobil APV menit ke 1:13 motor mulai mempercepat lajunya karena jalan terlihat kosong dan lurus, sah saja rider termasuk Bro Bjo membuka gas penuh di daerah itu karena kiri dan kanan adalah kebun, sedikit perumahan dan pejalan kaki, namun harap diperhatikan setelah melewati angkot kuning (1:30) kondisi kiri dan kanan jalan adalah PERUMAHAN dan BANYAK PEJALAN KAKI dan ANAK SEKOLAH, saat itulah rider harus sadar dan mengurangi kecepatan…namun yang terlihat justru sebaliknya.

    ini bukan masalah jarak aman 2 detik, ini masalah kondisi psikologis jalan menurut pengalaman saya

    Guest
  43. @84
    woi ini indonesia bung, emangnya ada jembatan penyebrangan buat motor ???
    di indonesia kalo nyebrang ya kaya gitu.
    emang dibenarkan kalo konvoi ugal2an kek gitu?
    emang dibenarkan kalo nikung kenceng kaya gitu?
    emang jalan bapa lo,

    please hormati pengendara lain,
    jujur ane jg sering ngebut di jalan pake N250 tp gak ditikungan, gak zigzag, gak mau bikin orang lain kaget krn kesalip dgn jarak yg dekat, gak bagus tuh bs disumpahin org..
    ane ngebut cuma keadaan jalan lurus n kosong.. .

    =======
    ooww gitu … ini indonesia ya, kalo di luar negri ada jembatan penyebrangan buat motor ya ??? ow ow ow ๐Ÿ˜€
    yaa bener itu boi, kalo skill ente kurang memadai apalagi emosi labil mending ga usah nikung kenceng2, daripada ntar nyungsep :-$
    belum disumpahi ama bapa lo … mbah lo … emak lo … yg lo lo lo deh :-$

    @88 bener bro, lebih maksimalkan fungsi klakson apalagi dalam kondisi riding group, apalagi ini indonesia loh … ga ada jembatan penyebrangan buat innocent rider seperti bebek di atas :p

    Guest
  44. kondisi jlnnya narrow, juga terlihat bbrp pengendara lain, ketika memasuki tikungan dgn jarak pandang yg cukup terbatas ke arah ujung keluar tikungan dg kondisi spt itu apa lagi jlnnya cenderung menurun, sebaiknya mengurangi kecepatan sampai batas dimana benar-benar dpt kita kendalikan.
    Dalam melibas tikungan, jarak pandang menjadi faktor paling penting

    Guest
  45. Yang tinggal di Padang, hati-hati dengan blind spot di tikungan, dekat bank Mandiri jl, Sudirman depan SMA 1 yang lama. kalau bro and sis dari arah sudirman mau masuk ke jalan Agus salim/sawahan, hati-hati dengan Mobil yang tiba-tiba mau belok ke bank Mandiri atawa yang mau keluar dan bank mandirinya, terutama di pagi dan di sore hari.

    Guest
  46. saya pernah kecelakaan pas berpapasan dengan mobil yang makan jalan dengan kecepatan tinggi saat keluar dari tanjakan…

    Guest
  47. @89. Cowfatters – November 23, 2010
    ooww gitu โ€ฆ ini indonesia ya, kalo di luar negri ada jembatan penyebrangan buat motor ya ??? ow ow ow ๐Ÿ˜€
    yaa bener itu boi, kalo skill ente kurang memadai apalagi emosi labil mending ga usah nikung kenceng2, daripada ntar nyungsep :-$
    belum disumpahi ama bapa lo โ€ฆ mbah lo โ€ฆ emak lo โ€ฆ yg lo lo lo deh

    ==================================================================================

    bkn masalah skill nikung, ini jalan umum bkn sirkuit, mikir pake kepala…
    mang di indonesia kalo nyebrang gimana????
    untung aja yg di tababrak bkn bapa lo..

    Guest
  48. Penglaman saya, di Alun2 ciamis, saya dari arah Barat dari sebelah kiri tiba2 ada yang nylonong memang refleknya ke kanan untung jalan satu arah, nabrak tenga2nya motor yang nylonong alhamdulilah ga apa2, fram slader fairing bengkok bro karena sliding dan gdubrag jatuh deh. utk bro yang touring lewat jalurselatan (alun2 Ciamis) hati2 bro banyak yang nylono dari sebelah kiri.

    Guest
  49. @96 tukang ingsinyur
    emang ente tinggal di mana sih? mbok diceritakeun bedanya cara nyebrang yg benar di Indonesia sama di luar nagri?? sampe njenengan bisa membenarkan cara menyebrang pengendara bebek yg “innocent” itu ๐Ÿ˜€

    siapa bilang di jalan ga butuh skill yg memadai,
    gunanya ujian SIM itu buat apa ??? capede … wkwkwkwk

    “control your bike to the limits of it’s and yourself”

    Guest
  50. memang, kalo belokan ato di perempatan jalan, sebaiknya motor dipelanin, walopun di tengah malam yang sepi. apalagi di tengah malam, kan. orang pikir nggak ada motor/ mobil lewat, tapi jangan-jangan ada orang lain yang sama2 ngebut seperti kita. semakin kencang kendaraan, semakin fatal akibatnya.

    Guest
  51. @54. Busa_tio21

    setuju bro ma ente,, hehe,,
    bole nyusul disitu,,
    tapi tetep ga bole ngebut di tikungan,, hehe..
    sayang nya lom liad video,,
    inet lemot,, males liad nya..
    ———————————–

    yang pasti,, yang sering g liad,,
    sepanjang perjalanan ke jawa itu,,
    motor yang mo nyebrang serasa punya nyawa cadangan..
    g sering liad kadang2 tuh motor keluar dari gang rumah nya,,
    tiba2 langsung nyelonong nyebrang,,
    padahal g c waktu itu bawa mobil,,
    langsung rem mendadak gara2 itu pengendara motor..
    maap2,, tapi di daerah kampung itu kadang2 pengetahuan soal bawa motor kurang pinter,,
    selama bisa beli motor,, bawa ywd aja gt,,
    soal tata krama kurang di pake..
    yang pasti kalo di tikungan ya jangan nyebrang lah,,
    ada blindspot itu d..
    bwa dulu motor nya kesebelah depan yang lurus,,
    baru nyebrang d,, kan lebih aman..
    kalo dah kecelakaan gt c,, mo marah2in yang ngebut jg percuma..
    sapa suru nyebrang disitu,,
    nah ada lagi yang ngomong jalan nya ramai,,
    ya yang bawa motor gede nya jgn serasa di sirkuit dong..
    itu jalan umum,, hormati pengguna jalan yang laen,,
    safety riding,, peace..

    Guest
  52. kalau komen ane sebagai rider thunder 250 juga, dua2nya salah ๐Ÿ™‚ thunder nyelip di tikungan terlalu cepat, itu motor dari depan juga ngaco langsung nyebrang di tikungan… trus reflek thunder ridernya juga ke arah yang salah.. motor bebek ke arah sebrang, harusnya thunder menghindar ke arah belakang bebeknya…

    intinya buat pelajaran bersama bahwa hal ini mungkin terjadi.. semuanya harus berhati2 ๐Ÿ™‚

    Guest
  53. @102. Cowfatters – November 23, 2010
    siapa bilang di jalan ga butuh skill yg memadai,
    gunanya ujian SIM itu buat apa ???

    ======================================================================================

    skill kneeldown cun yg gk dibutuhkan, emangnya disirkuit, akibatnya kaya gitu tuh, yg bawa kamerapun ikut jatoh, kalo gak krn ngebut masa ikut jatoh yg bw kamera. capede โ€ฆ wkwkwkwk

    โ€œcontrol your bike to the limits of itโ€™s and yourselfโ€

    Guest
  54. judulnya hati2 ditikungan bukan hati2 nyebrang..
    jd jelas sapa yg salah.!!

    peringatan : hati2 ada yg ngebut ditikungan. gak ada
    peringatan : hati2 penyebrang banyak

    Guest
  55. @108 rancho
    wew, ane ga punya ninin250 bro ๐Ÿ˜€
    ane ngutip pernyataan tukang ingsinyur di @84
    die tuuh yg ga nyambung
    coba deh dicek lagi ๐Ÿ˜€

    @107
    abangku sayang yang terhormat … yg bilang skill membalap siapa ? ampe kneedown segala
    saya bilang skill yang MEMADAI
    lagian di video itu ada yg ampe kneedown ya ?
    sah2 aja sih kalo mo kneedown, tapi gile aja kneedown di tempat serame itu ???

    โ€œcontrol your bike to the limits of itโ€™s and yourselfโ€

    Guest
  56. @106 Markus
    bener bro, dua2nya menurut ane juga salah …
    nah soal refleks ini yg gua agak abu2,
    mungkin yg expert di bidang safety riding bisa menjelaskan …
    kalo menurut ane sih momen si motor bebek nybrang terlalu cepat dan tiba2 buat si thunder
    mungkin si thunder berpikir refleks paling “aman” mencoba counter steering ke kanan, berhubung dia habis menikung ke kiri

    Guest
  57. saya selalu ingat aturan bahwa kalo di tikungan jangan pindah jalur sampai habis tikungan, mau sepi atau ramai tetep di jalur yang sama. (hal ini dilakukan oleh pengendara gs 250)

    biasanya, di tikungan juga saya kurangi kecepatan (hal ini tidak dilakukan oleh pengendara gs 250, terbukti dengan menyusul bebek ke kanan, walaupun arah nyalip sudah benar)

    sedangkan catatan untuk yg nyebrang…menurut pendapat saya, nyebrang dengan cara memotong jalan memang sangat riskan, kecuali jalan benar-benar kosong. untuk yang ramai, biasanya saya, bergerak searah jalan beberapa meter, lalu belok (seperti mengikuti jalur U) sehingga yang dibelakang tidak terlalu kaget…

    berkomentar selalu mudah….semoga tetap waspada

    Guest
  58. Kalo yang in termasuk kecelakaan blind spot bukan? [youtube=http://www.youtube.com/watch?v=fJ9hKpsulmY&fs=1&hl=en_US]

    Guest
  59. hahaha.. jangankan yang tikungan, yang lurus aja ane waktu itu nabrak motor yang nyeberang. gara2 blind spot gerakan tu motor enggak terprediksi, dan kita sedang menyalip kendaraan lain.
    serem..

    Guest
  60. nais inpo, secara ane tiap sabtu minggu turing kampar-pekanbaru pp lewat jalan yg banyak nikungnya, mesti lebih ati2 nih di tikungan

    Guest
  61. tp fish eye mirror di jkt skr pada kena katarak..alias gak jelas, dah gak bening.
    di kemanain tuh duit pajak motor kita, gak ada upgrade pendukung keselamatan.

    Guest
  62. seharusnya sih… ndak usah ngikutin arah motor yang nyebrang itu.. tambah di miringkan ke kiri pasti nggak kena.. secara logika kalo motor diberdirikan jadinya malah searah dengan pandanga…

    Guest
  63. banyak yg terkait dengan kesalahan berkendara,
    semakin mudah memperoleh SIM semakin sering pula pengendara melakukan kesalahan, karena pemilik SIM TIDAK SAMA SEKALI TAHU RAMBU LALU LINTAS, contoh : banyak larangan parkir dan berhenti yang di langgar pengendara, termasuk parkir atau berhenti di tikungan.Tidak adanya etika berkendara seperti contoh video GS 250 yg menyalakan sein terus menerus, padahal kalo konvoi harusnya ada aturanya sendiri, tidak mengurangi kecepatan saat berbelok.Dan pada pengendara bebek saya yakin tidak punya SIM dan atau memperoleh SIM dengan cara membeli(salah yang jual SIM atau yg beli SIM ?)

    Guest
  64. @127
    setuju om, hanya saja, buat ngelawan survival reactions (SR’s) itu sangat sulit. Begitu pula dengan latihannya..

    SR’s by Keith Code:
    1. Rolling off the gas (nutup gas tiba2)
    2. Tightening on the bars (megang stang kuat2/kaku)
    3. Narrowed and frantically hunting field of view
    4. Fixed attention (on something)
    5. Steering in the direction of the fixed attention
    6. No steering (frozen) or inneffective (not quick enough or too early) steeering
    7. Braking errors (both over and under braking)

    nah, semua ciri ini ada di video itu kan?
    artinya, untuk dapat menghindar dari rider bebek tsb, sang rider GS harus mempertimbangkan 7 poin ini dalam waktu sepersekian detik.

    Riding is not easy.. ๐Ÿ™
    dan sayangnya ga ada kursus/sekolahnya disini..

    Guest
  65. nambahin aja .. escape riding yang baik adalah ‘melarikan’ motor ke sisi kiri jalan, bukan kanan. Kenapa ? karena potensi bahaya jauh lebih besar di kanan karena sistem jalur lalin nya ..

    blind spot awareness :
    selalu komunikasi (klakson) saat menuju area tak terlihat, kurangi kecepatan dan terus eksplorasi 6 titik di sekitar motor.

    silakan main-main ke web kami di http://www.jddc-online.com/ (Jakarta Defensive Driving Consulting)

    best regards all,

    Guest
  66. Tambahan… Jangan nyalip kalo ada belokan / kalo mau belok. Jangan ngebut2, + jangan nyalip kalo mau brhnti ddepanny atau belok k kiri…. paling kesal kalo ada orang apa lagi mobil angkot nyalip tiba-tiba dia brhnti d dpan atau belok k kiri. Kalo kita “nubruk” gmna?… siapa yg dslhin?

    Guest
  67. mantap nih informasi seperti ini,
    Sering2 aja kang kasih informasi seperti ini,
    Jujur saya baru tau informasi ini,
    makasih kang

    Guest
  68. nih info bagus bgt. 2 thumbs up deh. emang pengendara di negeri ini kudu berubah secara perilaku berkendara. para pengendara di tanah air terkadang menganggap berkendara motor hanya utk dirinya. tapi, sebenernya di berkendara baik juga buat org lain. maksudnya adalah, pada saat pengendara berkendara secara ugal-ugalan berarti selain mengancam jiwanya sendiri, dia juga mengancam jiwa org lain. fakta yg sering ane liat dijalan, biarpun kita sudah berkendara dengan baik tp pengendara lain asal-asalan bisa jadi kecelakaan. klo semua sudah sadar, kecelakaan bisa diminimalis.

    Guest
  69. intinya semua pengendara harus sadar berkendara aman harus dilakukan oleh semua pengendara. percuma klo cuma 1 pengendara baik, tp lainnya ugal2an. pasti kecelakaan.

    Guest
  70. yang salah si bebek…
    nyebrang ga lihat kanan-kiri….
    alhamdulillah baru keseruduk thunder…
    gimana kalo sikomo yang lewat (kontainer, truk besar)…..

    tips lewat jalan bandung-purwakarta-karawang….
    klo gw sih setiap mau menyusul, setiap lewat belokan selalu membunyikan klakson….
    ibarat kata permisi gw mau lewat…..

    Guest
  71. eh kalo liat foto2nya itu mirip sama yang saya alami..
    tapi bedanya waktu itu saya benar2 di jalur lurus nan sepi dan emang sedang kosong jam 8 pagi.. ada motor yang nyebrang pake acara berhenti dulu di tengah jalan padahal bener2 sepi itu jalanan..

    kecepatan saya kira2 70 kmpj ga sempat liat spido.. dan saya kagok untuk ambil kiri karena emang perkiraannya bisa lolos kalo mlengos kanan kira2 30 cm..

    nah masalahnya itu orang yang sedang nongkrong di tengah jalan malah ngegas dan saya tabrak ban depan dia.. padahal selama itu saya udah nglakson2 lama banget tiada henti dianya ga perhatian malah liat ke arah sono.. kampret deh..

    pertanyaan gw kenapa harus berhentiii..???!!!
    di tengah jalan pulaaa..!!!!!!

    aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaahh..!!!!!!!!!!!!!!!!

    Guest
  72. hmmh…makanya kalo konvoi jng ngebut..lgpula, ini seh bukan karena blind spot, tapi blind safety…he2 sering banget tuh waktu konvoi..krn yang ada di mata adalah perhatian ke anggota di depannya, dan “kenikmatan” beriringan dengan anggota di depan, nah bagi “frontliner” kdang suka semaunya sendiri maen kecepatan, ga sadar klo dia punya “ekor” panjang,,
    btw, ada usul lho..belajar aja ma pengemudi bus malam..krn mereka lebih disiplin dan punya tanggung jawab lebih gede daripada pengendara motor,,(mikirin nyawa penumpang, mikirin badan bus yang segede itu, mikirin ketepatan waktu, mikirin mahalnya klaim klo nubruk, blum lagi harus selalu konsen sepanjang jalan,he2) menurut saya, kita ini pengendara motor, tapi kadang ke egoisan kita di jalan ngalah2in bus malam, dan menyalahkan pengendara lain, pdahal kendaraan yang paling fleksible itu ya pengendara motor, kita bisa berbuat sesuka hati di jalan, kelak-kelok kiri kanan, geol kanan, geol kiri, jng sampai karena terlalu fleksible itulah yang jadi penyebab rekor kecelakaan yang melibatkan motor paling banyak (selain karena populasi motor terbanyak)tapi seharusnya karena kefleksibelan itulah mestinya kita bisa dan terhindar dari kecelakaan..ya ga seh??he2 sotoy ayan mode on

    Guest
  73. itu yang naek supra malah kagak pake helm.. gara2 mereka tuh temen gua bergumam.. “wah hari gini masih pake kepala standar SNI he..he..he..?” trus meleng.. ke gep.. ciuman dah.. biasa bos.. resiko hidup dijalan.. dari pada nunggu jembatan penyeberangan motor (ada-ada aja..) mending pake tambahan roda dua disamping kalo takut jatoh..

    Guest
  74. tikungan jangan main bajek gas aja,,,pengalaman pribadi kemarin sabtu,,,,ngbut di 120 KM/jam pas belokan tajem langsung countersteering,,,ehh dasar terlalu jelek ambil body position nya ketambah nafsu ngegas mulu ,,,jatuh juga,,,,,,,mana sakitnya gak imbang ama style yang didapet,,heheh lom lagi biaya servicenya,,,beeeeeuh,,,keep safety riding ajaaaah

    Guest
  75. Pengendara mogenya yang punya jalan kali ya?
    *ngebut seenaknya, ga mikir jalannya sepi atau rame, lebar atau sempit, mentang2 konvoi kali*
    Pengendara bebeknya yang punya kampung kali ya?
    *main nyebrang aja dah tau tikungan di depan (atau tidak tau ya, lha kan yang punya kampung*
    Intinya hormati dan hargai sesama pengguna jalan!!

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here