Bro sekalian, tmcblog datang ke acara sharing dan workshop cbr 250r membawa 28 pertanyaan yang berasal dari bro bro semua pengunjung blog. Nah salah sti pertanyaan yang akan tmcblog ulas disini adalah pertanyaan bro niko p (komen no 46) dimana beliau mengatakan : jika kita mengganti dengan part seperti knalpot atau filter, apakah ahm bisa (mau) membantu setting ulang ecu nya? Tmcblog bawa ke forum diskusi ini bagaimana tanggapan ahm?

Jadi begini, seperti di v-ixion,  dengan batuan bengkel resmi kita bisa mengubah mode pilihan setingan campuran bahan bakar-udara menjadi seimbang, kaya bbm, atau kaya udara. Nah bagaimana di cbr 250r ini? Mas Sriyono dari AHM menjawab bahwa honda cbr 250r tidak bisa diubah setingannya, so untuk opsi penggantian knalpot, maka setingan sistem mesin akan berjalan apa adanya dan tidak akan ada yang berubah setingannya. Akan tetapi untuk besaran power dan torsi output tentu masih memungkinkan berubah Nilainya. Ini dikarenakan karena gas buang akan lebih bebas tak ada hal yang menghalangi seperti katalitik konverter maupun sistem muffler yang bolak balik. Lagi pula hal ini diperkuat dengan posisi sensor O2 yang berada diblok silinder, jadi mau diganti knalpot secara full, ya sistem pgm-fi tidak akan bermasalah, cmiiw

foto: http://www.otomotif-modifikasi.info

Namun bagaimana jika kita mau menyeting motor misalnya untuk ikut ke kejurnas 250 cc? Sepertinya kita harus me replace ecu cbr250 dengan piggyback sehingga motor lebih leluasa diseting. Hmmm ngarepnya sih hrc kedepan bisa mengeluarkan ecu racing untuk cbr 250 guna mensuport kegiatan balap motor ini ke depan. Pertanyaan pertanyaan lain akan saya keluarkan secara berseri nanti… And last.. silahkan di komentari, semoga berguna

Taufik of Buitenzorg
*post by email

86 COMMENTS

  1. apa ngubah campuran bahan bakar – udara gitu kaya ngubah setingan CO di vixion lewat F1 diagnostic ya ?? . .

  2. menurut aq sih pabrikan buat suatu produk sudah di setting berdasarkan standar dan ukuran yang seharusnya..
    kalau memang banyak settingan yg harus diubah, mending gk ush ganti knalpot deh krn nanti malah bikin kurang nyaman..

  3. pabrikan udah melakukan uji pemakaian dan tes lainnya sebelum mendistribusikan unitnya termasuk cbr 250 ini. standar pabrikan telah teruji.. jadi udh pas bgt deh..
    tapi yg pengen buat settingan yg sesuai dengan selera sendiri… yahhh dipersilahkan…
    tapi tuh motor jadi g standart pabrikan… ntar garansi malah g berlaku lagi donk…

  4. @ smash merah
    Tau aja ente
    Slamat ya yang punya cbr yang katanya teknologinya canggih, ternyata lebih gampang ninin nyetingnya wkwkwkw

  5. fa diagnostic bwt vixion aj 3 bln sjak peluncuran, full piggy back maping ecu vixion lewt laptop butuh 3 thn baru ada itupun yg bkinan anak2 club vixion, pa lagi nih cbr 250r, klw fa diagnostic sh kyakny pke punyanny hsx 125 mngkin bisa, tpi klw piggy map yg bisa ngatur timing pengapian, pngaturan sensor2, geser limit rpm dll kyakny bakalan lama deh, mngkin bertahun-tahun, bgi yg beli nh mongtor harap sabar2… 😛

  6. “Lagi pula hal ini diperkuat dengan posisi sensor O2 yang berada diblok silinder, jadi mau diganti knalpot secara full, ya sistem pgm-fi tidak akan bermasalah”
    IMHO, sensor ni yang akan endeteksi perubahan di saluran buang dan mngirim input ke ecu supaya bisa menyesuaikan semprotan bbm dan udara…

  7. hm…gak bs di setting alamat klo ganti knalpot engine kering kerontang, coz ketika pembuangan lancar debit bbm masuk tetep sama alias itu itu aja…wedeee

  8. Hmmm ngarepnya sih hrc kedepan bisa mengeluarkan ecu racing untuk cbr 250 guna mensuport kegiatan balap motor ini ke depan.
    ========
    motor ini kan baru berumur beberapa bulan, berarti harus ada opsi lain ke depannya ….

    btw:
    ngomong-ngomong ada arepan gak kang ????

  9. Suara knlpot mempengaruhi kesan mtr sport
    di ninja pnya suara khas yg ga dimiliq macbr250
    Masalah jumlah penjualan ninja kalah pd bln prtma
    bisana orang qta pd latah pengen jd yg pertma punya
    dn brlanjut smpe bulan ke 3
    Bln ke 4 baru tau brapa barang itu tersera ke konsumen
    Qta tunggu ja smpe bln ke 4
    Apakah si ninja msh punya samurai
    to kah siCBR dg sayapna bs trbang tingi melampoi penjualan si ninja…

  10. sensor O2nya yang menyesuaikan sendiri di ruang bakar butuh berapa bnyk bang? ecu’nya ikut sensor di depan mesin itu? besok juga ada coaching di kenjeran surabaya… bisa jadi bahan pertanyaan..

  11. Banyak yg nggak mudeng, kalau ganti knalpot, krn ada sensor o2, jumlah bahan bakar akan disesuaikan secara otomatis oleh ecu. Kecuali perubahannya ekstrim, seperti utk balap, baru ganti ecu utk racing.

  12. Piggy back buat mesin satu silinder sudah ada yang buatan dalam negri, katanya cocok buat Yamaha Vixion dan Supra X Injeksi, jadi mugkin saja cocok buat CBR250R coz sama-sama satu silinder PGM-Fi. Ni artikelnya dari Otomotifnet.com
    http://otosport.otomotifnet.com/read/2011/04/08/317684/113/20/Speedspark-Unlimited-Dynopiggy-Buat-Semua-Motor-Injeksi

    Atau mungkin bisa menggunakan ECU Programeble dari motorcross Honda CRF250 injeksi so.. sama2 250cc PGM-Fi CMIIW.
    http://www.tokyomods.com/honda/99-06%20CRF250%20RX.html#ecuvrtx

    Nitip post om Taufik
    Hasil QTT Kejurnas Supersport dan Superbike Seri 1 2011
    http://lutfi117.wordpress.com/2011/04/09/hasil-qtt-kejurnas-supersport-dan-superbike-2011/

  13. Yakin deh, HRC akan support, CBR 250 dengan racing part. HRC thailand mah dah pengalaman, tinggal nunggu waktu aja bakal bermunculan (buat bisnis dealer jg).
    ECU racing
    knalpot racing
    suspensi racing (mungkin dah pake gas, ky suspensi showa racing hrc buat cbr 600).
    dll.

  14. Yup nunggu…penjelasan lbh masuk akal, berarti secanggih apa tuch setting O2 nya, mpe bsa nyetting sendiri…..btw..mending standar aja…nonton earth from above di metro mlm minggu jam 11…betapa menakutkannya kerusakan lingkungan bumi kiat!!!!!

  15. @ dendy
    Justru lebih maksimal drpd seting karburator. Contoh sehari2, di gunung oksigennya tipis, jadi kalau dari kota main ke gunung, seharusnya bensin dikecilin setelah sampai gunung. Apa sempat ganti spuyer karburator? Kalau diinjeksi, penyesuaian ini sudah otomatis. Makin banyak sensor ecu, makin bagus penyesuaiannya. (nggak disesuaikan juga nggak apa2, tapi air to fuel ratio nggak maksimal)

  16. Di thai kan dah ada piggyback bwt cbr 250. Ane bc di tabloid. Tinggal tnggu masuk indo aj. Paling beberapa bln lg jg masuk. . .

  17. ribet bener motor satu ini,,

    enggk Friendly bener ni sama speed lovers,,
    rumit buat di oprek,,

    ningkatin nilai kecepatan aja kok ribet musti pake piggyback & ban yg bener REally really tepat kalo enggk bisa error smua sistem ECU nya,,,,,belum lagi mahal,,

    ga kebayang kalo tu service trus garansi mesinnya abis …

    waw,hi cost for ngurus this bike,,

  18. lho kok pada blang ribet ?
    dngr penjelasan bro joko malah sensor Oksigen yang akan mendeteksi jadi gak usah di setting apa2 lagi. Malah praktis dund ?
    dan katanya CBR 250R ini close loop lo ?
    kalo di mobil hasil modifan close loop lbh presisi di bnding open loop punya vixion.

  19. Salam kenal ya..
    Newbie nih

    sekedar menambahkan sepengetahuan saya, namanya injeksi close loop itu menggunakan 2 (dua O2 sensornya ditempatkan sebelom dan sesudah katalis. kalo melihat di fotonya, O2 sensornya cuma satu jadi masih open loop ya?

  20. Hiyaaa cbr250 susah mo modif jalanan, kagak jadi beli ah, mending ninin250, performa standar aja udah maknyuss, ngapain repot2 musti ganti ecu dsb, payah….

  21. Gimanapun jg 2 silinder jelas lebih superior, teknologi yg msh bs dikutak kutik dgn mudah & murah merupakan keunggulan tersendiri.
    Nungguin HRC riset & ngeluarin part kompetisi? Mo berapa lama? Trus klo udah ada emang dikira bakalan murah?
    Konsumen pintar pilih Ninja 250!

  22. Anti kemajuan kok ngaku pintar. Justru injeksi lebih luwes, karena air to fuel ratio selalu dibuat pas walaupun kondisi berbeda. Ninja kalau injeksi juga lebih baik. Hanya dibutuhkan orang yg tidak sekedar mengaku pintar utk mengutak-atiknya. Mobil pickup buat ngangkut sayur saja sudah injeksi, motor premium kok nggak boleh.

  23. Juragan sayur sih kagak mau ribet soal mobil, jadi injeksi juga okeh okeh saja. Lha tetapi pick up juga ndak ada yang dioprek buat balap, ngapain juga paling cuma kebut kebutan uber setoran. Nah tapi pada akhirnya kalau troubel tengah jalan amit amit dech susahnya. Aka bengkel sajagat kampong ra ana sing mudeng. Nah mangkanya motor balap harusnya bisa dioprek seoprek opreknya hingga mekanik botak sebotaknya. Okrek ! No limiter for speed lover

  24. Buat harian apa balap sih? Kalau harian ecu standar masih bisa mentoleransi perubahan ringan. Kalau utk balap, modal dong! Nggak mampu kok bangga.

  25. CBR injection close loop, ngak kyk vixion yg open loop, tapi untuk speedfreak, sensor o2 nya sering di matiin, karena klo tidk didisble, itu setingan percuma aja, bakaln kering terus..

    makanya klo tidak pake piggyback, tidak disarannkan untuk open filter, mesin bakal kering bgt..:)

    sekrang dah ada kok piggyback untuk cbr, power commander, bisa setting pake laptop juga..tapi ya itu harga nya jg lumyan..hehe..dan sensor O2nya di pensiunkan..

    Btw, gosipnya yamaha mau open ECU vixion nich, jadi bisa settinga pake laptop di beres, kyk geser limiter, timing kecrotan, ect..?

    bener ngak tuch kang haji..? klo bener mantab jali…

    Piss

  26. @ mas taufik

    sesuai judul mas taufik ,, ganti muffler racing g bs disetting campuran udara m bbm ,,,

    ini kan dah injeksi mas ,, trus ada sensor O2’a segala ,, jd ga usah d setting ,, sensor O2 langsung trigger ECU bwt ngerubah setting’a sendiri ,, cmiiw ,,

  27. Mau laku bagaimana kalau masyarakat sudah kritis,sebenarnya jumlah silinder gak masalah,yang membuat ane kecewa CBR 150 dulu setahu ane full injection bukan fuel injection,kalau fuel injection apa bedanya sama vixion,..hi,hi,..

  28. berdasarkan pengalaman, sebenernya beberapa alasan orang yg menyudutkan cbr jika di komparasi dengan Ninja :
    1. yang ngomong belum pernah cobain CBR tapi udah ngomongnya sok tau banget
    2. yang ngomong udah terlanjur beli Ninja (yang cuma ngandalin 2 silinder doang) trus daripada malu ato nyesel ngeliat ternyata spek cbr yang super Wahh : pake mesin PGMFI, Torsi Besar, Prolink Suspension, Digital Speedometer, desain futuristic, ABS system, hemat bbm, hemat pemakaian oli,
    3. yang ngomong udah terlanjur beli ninja tapi ternyata di jalan orang-orang udah pada gak merhatiin lagi….. lain dengan cbr,,,, selalu jadi incaran tatapan mata dijalanan
    4. yang ngomong ceweknya direbut sama jokinya cbr 🙂

  29. ya ampun, pada ribet2 bener dah…

    emang pabrikan buat motor itu untuk apa sih? balap/harian? kalo emang tujuannya buat harian, ngapain repot2 mikirin modif racingnya gmana, itu kan semua resiko pengguna motornya sndiri, mau racing? MODAL…ganti ini itu..terlepas dari CBR/Ninja, yang namanya racing itu MAHAL…

    Tapi harus diakui, motor PGMFI itu emang teknologi lbih maju daripada pake KARBU, dan emang jauh lbih irit di banding karbu <– yang menyangkal berarti anda konsultasi ke montir2 dulu deh…

    dan masalah speed freak, lo beli motor buat dipake untuk jalan harian/balapan? kalo mau balapan n adu kenceng di sirkuit aja bro, di jalanan bukannya untuk tempat adu kenceng2an motor…jaman skarang mikirnya mah irit aja, ramah lingkungan…

  30. menurt sy hrsx pihak bengkel mengikuti keinginan pemilik.jd pemilik tdk mencari bengkel sendiri tuk nyeting motorx.skarang byk part racing yg menurut bengkelx bagus.sy rasa dr pihak ahm sendiri (HRC) menyediakan part racing.pasti para pemilik akan menggunakan part racing keluaran pabrikx.

  31. Waduh2 rame…
    Topik nya apa bahas nya apa..??
    – fuel injector (stock) pabrikan bisa di setting lg ato tdk:
    Dr keterangan klo injector nya (stock) mampu beradaptasi dr sisi lingkup alur pembuangan, bilamana terjadi perubahan dr sistem buang dr knalpot yg berbeda dr knalpot stock/std nya, krn di lengkapi O2 nya pd sistem injector yg sensor nya di terus kan ke ecu nya.

    – eficiensi:
    Pilih mana fi ato karbu? Buktiin aja sendiri mana yg lebih hemat, isi 1ltr jauhan mana jarak tempuh nya?

    – pilihan brand motor:
    Honda,yamaha,suzuki,kawasaki, dll
    Mempunyai kelebihan/kurangan masing2, secara spec pabrikan ( stock ) bukan ready race yg langsung buat pacuan balapan masing2 produk di seting secara std.. Baik maupun class superSport yg berlebel RR sekalipun.
    ♏ªu performa lebih ya di modif.. Kan byk part nya tinggal milih yg resmi kl uda ada ato aftermarket nya, cuma klo ada apa2 pemilik sendiri yg bertanggung jawab atas kemauan nya.

    * satu selinder vs dual inline yg ngebanding2in ini jelas orang yg punya sedikit pengetahuan tentang dunia mekanisme.. Dr jumlah nya aja beda, cuma ada faktor perubahan kinerja aja.. Yg ijo 2 selinder tp bore kecil ϑªn yg satu dgn 1 selinder tp bore yg lebih besar.
    Hasilnya tinggal milih aja yg low-mid end ato top end yang kurang low-mid nya? Tinggal perhatikan aja kondisi jalanan yg sering di lalui.. Banyak tikungan ϑªn hambatan ato yg lempeng trus Gɑ̤̈ pake macet? Jd jgn di persoalkan si a itu cman 1 selinder kalah sama si b yg 2 inline.. Seperti anak2 sma aja br bw motor sok2an kebut2an di jln kalo uda jatoh tobat deh tuh. Sekalian aja bandingkan mesin 2 inline vs 4 inline 250cc gimana? Ato 250cc vs 600cc dll? (˘﹏﹏˘’) deh tuh lama2.

    Hayo2 kita perbyk lg ilmu kita..

  32. HONDA sdh jadi ikon di negeri kita dgn namanya motor roda 2,dmkian halnya dgn mesin sumur pompa listrik pasti di bilang SANYO,dan pasta gigi pasti ODOL,sabun colek pasti WINGS,air putih dl kemasan pasti AQUA. KAlo sdh dmkian,apa jg msh ada yg menyanggah dgn motor HONDA???
    Bahkan di kampung2 di Jawa,para orang tua kita pasti bilang naik HONDA jika org naik motor roda 2. Wlpun sbnrnya dia naik Kawasaki kek…Suzuki kek…Yamaha kek…Tokek kek…dll
    Dan memang benar koq,bhw serasa blm nyaman naik motor roda 2 jika aku(harusnya jg kamu) tdk naik motor yg non HONDA. Dan para ahli roda 2 di Jepang sdh mengakui,bhw Bagaimanapun jg HONDA memang lebih unggul. Mau membantah apa lageee??? Kelaut aja loeee…hahaha…Salam One Heart bersama Honda.

  33. setelah komen 1 sampe 88 pertama sempet was-was, debat sana,debat sini,sorok sana,sorok sini,pengen ane lempar motor ane ee…. setelah lihat komen 60-88 kok pendukung NININ ogah ngetik lagi, tau udah botak apa dia punya kepala, buat ngerendahin si cbr hihihi… one heart ajee brooooooooooowww… mau ninin mau cbr yang penting bisa beli bahan bakar itu aje cukup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here