Bro Sekalian, Ahir pekan Yang Lalu saya mendapat Surel dari Bro Haryanto Yang mempertanyakan Yamaha Bysonnya yang tidak bisa digeber sampai rpm diatas 3.000 . . . Padahal ini motor Baru Lho, Nah Langsung Deh saya Keingetan Kasusnya Bro Iwan Banaran Blogger sang pengguna Byson Yang kayaknya pernah mengalami Kejadian serupa. Sebenarnya ini Motor Baru, dan Saya sudah akan menganjurkan agar Bro Haryanto untuk membawanya kembali ke Bengkel Resmi Yamaha. Namun sebagai Sebagai Pertolongan Pertama Pada Kemogokan saya minta beliau cek dulu aja keadaaan Intake Filter Udara yang letaknya di Bawah Jok . . . Berikut Naskah Percakapan saya dengan Bro haryanto :

Bro Haryanto Via SuRel :

Malam Om taufik , gua mau tanya donk, ga tau ini kendala normal atau tidak , gua kan baru turun motor Yamaha Byson , jadi gua pergi isi pertamax ga banyak seh 3 liter-an , Nah kenapa pas saya nge-Gas Motor ane sampai Rpm 5000 tenaga langsung hilang and Gasnya ga bisa lewat 5000 Rpm dan kalo dipaksakan cendrung motornya mati. Soalnya gua ga dapat manual book yamaha. And saya juga awam soal motor. Mohon pencerahannya ya om taufik..

Saya Jawab begini :

Bisa jadi Setingan karburator atau di filter udara bro. Untuk filter udara coba cek fikter udara di bawah jok ada yang nutupin kayak lap atau plastik atau apa pun, udara harus bebas disana gak boleh ada yang nutupin 🙂
Kalo ok baru lari ke karbu, kalo yang ini mending bawa ke bengkel yamaha karena tentu masih garansi

Selang beberapa puluh menit Lalu Bro Har Menjawab

Thanks om taufik atas informasinya , saya coba langkah pertama dimana saya cek dibawah jok itu ada yg nutupin Benda ga , ternyata memang ada semacam Plastik trs saya angkat dan saya coba kembali ngeGas motor bisa mencapai Rpm 7000.. Thanks ya om :)

Naturally, Ketika kita betot gas semakin kenceng, maka asupan udara ke filter udara juga akan semakin bertambah . . . dan Bila Lubang Intake Udara di Filter tersebut terhambat, maka Udara Akan Terhambat Pula sehingga rasio Udara-BBM, akan Kaya BBM (walau menggunakan bensin kismin 😉 ) . . . So Lesson Learn ya adalah, Apapun motor yang kita gunakan, kita harus mengetahui dimana letak intake Filter udara Motor kita dan Usahakan Jangan ada Yang menghalangi Masuknya Udara di Lubang tersebut . . . demikianlah semoga bermanfaan

Taufik of BuitenZorg

86 COMMENTS

  1. saya jadi sering mendengar ttg tersumbatnya filter udara di byson ini … apakah di motor yang laen ada kasus yang sama … ?

    Guest
  2. @ Kang Opik
    cuma mau mengomentari Foto sampeyan yang dikiri atas…
    baru ngeh kalau di ganti…
    kenapa kehilangan identitas, atau mau membuat image baru…
    Xixixixixiiii…..

    Guest
  3. @ bn
    ya iyalah …
    cuma masalahnya ada yang rentan dan ada yang fine-fine sajah, mungkin ini menyangkut posisi filter itu atau desainya ????

    Guest
  4. ya wong ditutupi sendiri ya bisa, kalo motor lain ditutup sendiri lubang ya sami mawon..gitu aja kok repot..cari cari pembenaran..

    Guest
  5. ada bagus nya utk para penjual mokas(motor bekas) hingga baru baik untuk showroom ataupun pribadi agar ketika menjual tunggangan nya tersebut kudu ngasih tau mengenai letak atau pun tidak bole menutupi lubang intake filter tsb,utk injector jgn di tutupi ECU nya karena juga bisa menghambat laju tunggangan.

    smg yg kubagikan bermanfaat utk para agan” di sini 😉

    Guest
  6. ya wajar lah, ibarat ny lubang idung di sumpel sebelah lalu mulut di tutup masker di suruh lari muter-muter lapangan yooo megap-megap toh brujung ke error kyk kang udien…loh loh
    *kabooorrr xixixixi

    Guest
  7. @16. 1001nickname
    gak ada maksut apa2 cuma refreshing azaa :mrgreen: soale itu poto terbaru, poto yg kemaren itu adalah poto saat turing sama mas barto ke bandung

    @24. Schutzstaffel
    ya kupikir nggak perlu lah 🙂

    Administrator
  8. Lhaa msalahnya ada gak motor sport filternya gak dbawah jok???

    Palingan cs1 yg g dbawah jok (katanya ahm sih itu motor sport,tp kata yg punya cs1 motor bebek)

    Guest
  9. @ 16. 1001nickname – Mei 4, 2011
    @ Kang Opik
    cuma mau mengomentari Foto sampeyan yang dikiri atas…
    baru ngeh kalau di ganti…
    kenapa kehilangan identitas, atau mau membuat image baru…
    Xixixixixiiii…..
    ==================
    bukannya kehilangan identitas bro,
    kang taufik kan realistik, masa kang taufik yang udah dewasa masih nampilin foto masa abg-nya ….
    itu kan namanya penipuan ID … xixixi

    * kabooooorrrr … :mrgreen:

    Guest
  10. @kang udien…
    loh loh masih nyangkut? astaga masih besar kepala ya…buwakakakak
    *ngeyel di suruh operasi masih aja gak mau…kabooorrr

    Guest
  11. lesson learned versi saya adalah jangan buru2 panik bahwa penyebabnya adalah sesuatu yang serius. ambil contoh kayak ngatur jaringan internet. udah klik sana sini, instal sana sini, kok ya masih belum bisa. mo langsung manggil mekanik pro, ah coba cek sekali lagi n ternyata colokan modemnya belum disambung ke outlet listrik :mrgreen:

    think clear!

    Guest
  12. kasus yang banyak terjadi, plastik pembungkus jok disumpen di bawah jok, sayang kalo dibuang katanya…
    ternyata malah nutupin jalur air cleaner…

    ini hampir di semua tipe sport…

    Guest
  13. bisa jadi sarana pengaman motor tuh klo ditinggal lama di tempat yang enggak aman, tutup ajah tu lubang udaranya ampe rapet, paling klo di gondol maling, nggk bakal jauh larinya.

    Guest
  14. setubuh ma akang @red.rider77, ada sisi bagusnya jg di balik kelemahannya.
    OOT kang, artikel spacy-nya dong.. 😛

    Guest
  15. ya ampun….
    banyak amat masalahnya nih bison….
    besok2 klo ada yang beli baru, coba langsung aja di sumpal tuh slang bensinnya…
    mudah2an ada yang posting atau dijadikan satu artikel ” baru beli motor byson langsung mogok dan gak mau hidup lagi”.

    Guest
  16. pertanyaannya, orang bodoh mana yang masang semacam plastik di lobang filter byson, padahal ini byson baru dari dealer loh..

    Guest
  17. hehehehe binatang BYSON beneran aja klo ngak nafas matiiii…..nunggu sport SUZUKI waelah, katanya nehh suzuki lg nyiapin sport terbaru berbasis mesin SATRIA FU, soalnya kemungkinan GS150 ngak jadi cos dah basi pasti kalah sama produk AHM or YAMAHO…blm tau sport ber fairing or naked bike…coba mas taufik di selidiki kabar tersebut kebenarannya?

    Guest
  18. Emang ababil tuh yang asal ngebacot bilang produk kompetitor jelek…bisa bikin motor kayak byson ga?lah ini masalah kan dah dibahas dari kapan tau..dan penyebabnya ketidak mengertian pengguna..bukan salah motornya..

    Guest
  19. kalo ada bagasinya kenapa plastiknya gak ditaro di bagasi?si penanya sepertinya juga ndak tau kalau ada plastik…apa tekhnisi dealer yang kira2 naruh pada saat akan delivery?kaloorang dealer berarti kasus gini gak cuma sekali.

    Guest
  20. nie motor masalah melulu ya….
    – ga bisa lari diatas 100
    – kasus terbesar mesin mati mendadak, masalah nyawa…
    – lubang udara ketutup. waktu servis rutin apa ga masuk cheklist

    nasibmu le…..

    Guest
  21. @69
    Mau komentar

    – ga bisa lari diatas 100
    masih bisa kok tapi luamaa banget… vixion dah sampe 140 tuh
    – mesin mati mendadak
    Kasus byson temen saya, saklar engine cut off nya bermasalah jadi sering mati mendadak.
    -lubang udara ketutup
    Nah ini mah kesalahan penggunanya aja sepertinya.. 😀

    Guest
  22. ane pernah ngalamin di vixi ane, waktu itu ane taro jas hujan dibawah jok alhasil motor gak bisa digas, dah ane bawa kebengkel pinggir jalan terdekat plus ganti busi masalah lum jg selesai, akhirnya vixi ane ditarik pake honda beat sampai2 beat nya jadi bau kopling kebakar gara2 lewat jembatan layang jatibaru tanah abang, pas same rmh ane cari info di om google ternyata gara2 jas hujan dibawah jok….. pas ane keluarin motor langsung tokcer lagi… oalahhhhhhhhh :hammer:

    Guest
  23. Byson masih untung bisa jalan. Kalo kasus yang sama menimpa NMP, karburatornya mrebet dan mesin langsung mati. Ada 6 kasus di Jogya (baca tabloid OTOTrend Terbaru!!!)

    Guest
  24. berarti engineer si kebo kaga pinter yach, sdh tau klo dibwh jok pasti diisi brg2 kebutuhan rider….

    eehh malah tuh lubang idung ditaruh di disitu jg, apa ga ada tmpt laen apa…

    pantesan di india sono si kebo kaga di lirik sama sekali ama para rider, soalnya mereka udah pd tau klo si kebo ini bnyk cacatnya

    utk pecinta si kebo…selamat yah atas kesulitan berikut yg akan menghadang, bnyk2 sabar yach

    Guest
  25. Wah,saya juga alami hal yang sama dengan bro Haryanto,mesin tidak ada tenaga/tenaga hilang…ternyata pengarahan dari Mas Taufik,saya langsung cek dan memang kantong toolset menutup air flow saringan udara.Setelah dipindahkan, normal kembali walau pada RPM tinggi.Thx Mas Taufik….,Blog ini sangat membantu…Regards.Joe

    Guest
  26. Mas bagi2 infonya dong. byson saya sering heng di tengah jalan. ngeri, kmrin pas mudik hmpr diseruduk mobil. masalhnya bysonku stlh gas benam turun gas trus digas lg gak mau. and lgsng mati. distart lg hdp tp digas ttp mt lg. dah bolak balik kukomplinkan ke beres. tp tetep diblg gkda mlh. heran sih, pas diberes slalu topcer, tb dibw kok topdong. kira2 apanya tu mas. kalo soal kebersihan slalu kujaga tu.

    Guest
  27. betul bgt mas, byson gue jg kayak gitu, saat lagi enak di ajak jalan, pas turunin rpm trus mau di gas lagi, gak mau malah mati…. payah nich byson, di bawa ke bengkel resmi yamaha, tapi gak ada solusi cuma karbu doang yg di bersihkan, namun hasilnya nihil…. gimana ni YMKI solusinya…? jgn bikin konsumen kecewa….?

    Guest
  28. betul bgt tuch mas, si kebo suka nyungsep saat turunin rpm dan mau di gas lagi…. udah di bawa ke dealer resmi, cuma karbu yg di bersihkan, namun hasilnya nihil…. gimana ymki solusi buat nich kebo….

    Guest
  29. hallo balas donk……..yg tenaga hilang jg gw alamin tuh…..namanya aja byson (garang) tp byk masalah…..solusinya mana…..

    Guest
  30. saya penunggang byson.,
    trnyta penyebab motor byson bisa langsam tapi kalo digas mati spele penyebabnya, trnyta jarum skepnya miring shngga saat skep naik maupun turun terhambat oleh jarum skep yg bergesek dg lubang pada mainjet.
    miringnya jarum skep dikarnakan adanya tonjolan pada ring dipangkal jarum skep.
    cara mengatsi tinggal lepas jarum skep dan ampelas hingga tonjolan ini hilang dan posisi jarum lurus dg lubang mainjet..
    alhasil bysonku lancar.,
    smoga membantu tman2.,byonic.,.,

    Guest
  31. saya penunggang byson.,
    trnyta penyebab motor byson bisa langsam tapi kalo digas mati spele penyebabnya, trnyta jarum skepnya rmiring shngga saat skep naik maupun turun terhambat oleh jarum skep yg bergesek dg lubang pada mainjet.
    miringnya jarum skep dikarnakan adanya tonjolan pada ring dipangkal jarum skep.
    cara mengatsi tinggal lepas jarum skep dan ampelas hingga tonjolan ini hilang dan posisi jarum lurus dg lubang mainjet..
    alhasil bysonku lancar.,
    smoga membantu tman2.,byonic.,.,

    Guest
  32. sya mau tanya mtor byson klo putaran langsam bisa hidup tpi klo digas mesin langsung mati.untuk fiter sdh diganti baru

    Guest
  33. untuk mengatasi motor tk bertenaga bbmnya dicammpuri Oktaniol fuel saver. cukup 4 tetes/liter.kmu hub 085294893376.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here