Bro sekalian, melalui artikel ini tmcblog mau mencoba sedkit memprediksi bagaimana eskalasi persaingan Sport Mid-end antara Honda Dan Yamaha sebagai lanjutan dari artikel strategy penetrasi new Vixion dari juli 2012 ini sampai kira kira Juni 2013 nanti . . . lho kenapa dua ini doang? sebenarnya ada brand lain seperti Bajaj, suzuki, kawasaki dan TVS  yang bisa mewarnai market Mid-end sport . . . tapi untuk artikel ini dibatasi dua brand aja dulu ya. Sport Mid-end dipercaya menguasai sekitar 80-90% dari total market sport. Sedangkan market sport sendiri  berada di angka 8-9% dari total motor nasional . . . naaah mari kita mulai . .

Di enam bulan terakhir 2012 kita bisa menganggap sebagai awal dari woro woro persAingan sport Mid-end antara dua brand besar sepeda motor indonesia Honda dan Yamaha . . . sampai lebaran nanti sepertinya nggak ada perubahan line up kompetisi sport Mid-end dibawah 25 Juta . . . tetap NMP-Vixion-Byson . . . akan tetapi seperti juga yang banyak dirumorkan ada kemungkinan pasca lebaran nanti atau sekitar september-nopember Honda akan merilis sport Terbarunya entah itu Honda Teralis yang sudah banyak ditulis dengan kode K*5 dan atau Sport misterius kedua berkode K*8 yang banyak prediksi di sinyalemen kan sebagai NMP Injeksi. cmiiw

Yamaha sendiri menghadapi tengat waktu agustus-nopember 2012 ( seperti yang tmcblog rilis di artikel sebelumnya  ). . . disinyalir belum akan merilis jagoan barunya yakni Yamaha 1*A yang banyak dikenal sebagai New Vixion . . . Vixion lama masih akan bermain di level produksi antara 24/25 ribuan di agustus, 30 ribuan september oktober . . . sedangkan di 2 bulan terakhir 2012 persiapan brojolnya sang New Vixion maka Vixion lama akan siap siap berbagi line up produksi dengan Vixion baru.

Gimana nasib Vixion lama Pasca rilis New Vixion?

TMCBlog memprediksi Vixion baru akan dibandrol di atas Vixion lama ( 500-1,5 juta ) atau akan terjadi koreksi harga . . . sehingga diprediksikan untuk memperlancar penetrasi  saat Vixion baru 1*A didistribusikan di akhir tahun, maka Vixion lama tetap akan diproduksi dengan kekuatan setengah dari kemampuan produksi maksimumnya nya yang biasa sekitar  30 ribuan unit ( jadi 15 ribuan/ bulan) . . . So Vixion lama disinyalir akan di TANDEMKAN (sementara) dengan New Vixion 1*A  saat nanti New Vixion brojol . . .

Lho Gunanya apa ini Vixion lama tetep dipertahankan? bro silahkan lihat . . . Honda disinyalir sedang mempersiapkan dua variannya yakni  Honda teralis dan NMP Injeksi . . . Honda teralis diprediksi akan dibenturkan dengan New Vixion, Sedagnkan NMP Injeksi dimanfaatkan untuk meledeni Vixion lama . . . sedangkan NMP Karbu disinyalir tetap dipertahankan sebagai rival dari Byson . . . so terlihat duel satu melawan satu di kurusetra market sport Mid-end nanti, imho

Vixion lama akan diproduksi terus?

Apakah Vixion lama akan terus diproduksi dalam jangka waktu lama? TMCBlog mensinyalir TIDAK . . . sepertinya yamaha tetap akan percaya diri dimasa datang nanti mengedepankan New Vixion sebagai punggawa tertinggi di pasukan sport mid-end mereka . . . Nanti kedepan  varian sport mind-end under 25 million injeksi honda akan diladeni sendirian oleh New Vixion. ‘Nanti kedepan’ itu kapaaaann ? Disinyalir Vixion lama akan terus wira wiri di market dengan setengah kekuatan produksi ( sekitar 15 ribuan unit per bulan) sampai sekitar april 2013 . .  so mei sampai juni 2013 bisa jadi Vixion lama dah diskontinu . . . Buat Vixion lama, cukup sudah hampir 6 tahun masa bhakti fenomenalnya nanti dan akan abadi dikenal sebagai sang Giant Killer 😀

naaah karena nanti New Vixion akan single fighter meladeni teralis dan nmp injeksi . . . maka kapasitanya pun disinyalir bisa ditambah   . ..  bisa bisa di genjot sampai 40 ribu unit perhari bulan mulai mei 2013 nanti

Namuan dibalik gegeran tingkat tinggi new Product  antara vixion-nmp-teralis ini . . . disinyalir akan ada juga sedikit penyegaran seperti Byson facelift dan scorpio facelift di september-oktober 2012 . . . dan Honda pun juga di rumorkan akan merilis bebek sport terbaru ( yang biasanya dimasukkan Honda di kategori sport)  . . . yang walaupun bukan ditujukan untk menggerus pasar dari yamaha, namun kehadirannya tetap diyakini berusaha untuk megambil ceruk yang selama ini dikuasai suzuki epyu guna semakin memperkuat hegemoni market share di sport secara keseluruhan . . .

nah sekian opini prediksi sederhana tmcblog terhadap eskalasi sport mid-end yang memang ter gemuk di segmen sport ini  syukur sukur kalo tepat . . . monggo dikomentari, semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

165 COMMENTS

  1. Koneksi lemot gagal podium, maklum di tengah gurun.. Salam kenal bang hadji, meski di tengah gurun ane pembaca setia blog ini…

  2. wah ujung2nya harga motor 150cc bsa nyentuh angka 25juta nh
    uda janjian nh hondo dengan yomoho, riset 3-5tahunan dengan biaya yang gak sedikit dapat tambahan duit yang besar untuk slama lama lama lama lama lama lma lama lama lam alam alam alama lamanya

    • blm ada lawannya cbr150 bro kalo dri yamaha

      positioningnya sendiri oleh AHM sengaja di taro mid sport kelas premium..

      palingan kawasaki ninja 150RR 2tak.. tapi jadi segemented bukan head to head. satu 4tak satu 2tak.. yg pilih 2tak udah pasti pgn tampil beda dan speed oriented.. secara 2tak ga bakal bisa dilawan 4tak dijalan kalo udh betot2an gas..

  3. bertarung dan terus bertarung agar bisa memenangkan dalam kompetisi antar pabrikan.
    dan pemenangnya akan mendapatkan julukan the big company motor cycle.
    wah ranyambung

  4. kalau menunggu teralis lama keluarnya……..!!!
    kalau menunggu new vixi lama keluarnya……….!!!
    kalau beli vixi sekarang takutnya harga jatuh akibat new vixi………..!!!
    kalau beli nmp sekarang takutnya harga jatuh akibat teralis n nmp injek………!!!

  5. “bisa bisa di genjot sampai 40 ribu unit perhari mulai mei 2013 nanti”

    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    beneran nih 40 rebu sehari? bukan per bulan yach?

  6. pilih vixi yg kaki2 dah pake velg lebar tp masih sohc … ato treliss yg kaki2nya kaya nmp tp dah dohc ???
    tetep vote dohc kayanya … hmm ..

  7. Kang mau nanya, kenapa yamah ga ngeluarin motor sport full fairing kaya cbr 150 ? Padahal kan ada r15 v2 yg keren bgt klo dimasukin kesini, yamaha malah ngeluarin vixion baru, byson, scorpio, yg menurut saya gitu2 aja model dan teknologinya, knapa ya dengan yamaha kang ?
    Mohon pencerahannya kang

  8. Namuan dibalik gegeran tingkat tinggi new Product antara vixion-nmp-teralis ini . . .

    =============================================

    tetep setia dgn kata NAMUAN…..
    xixixixi

  9. Honda Trellis (K15) = All New Mega Pro.

    New Mega Pro (NMP) yang sekarang lebih sebagai decoy untuk melihat strategi ke depan. Posisinya kurang lebih sama dengan Vario Techno 110 yang memiliki masa bakti kurang lebih 2 tahun, sebelum munculnya produk berikut yang lebih superior dan valuable dengan harga tidak banyak berubah.

    K18 bisa jadi adalah New Tiger. Sebuah serangan baik berupa ultimate sandwich strategy setelah sebelumnya motor sport kategori mid-end Honda disandwich Yamaha Vixion dan Byson.

    Intinya: K15 keluar, disusul New Vixion, kemudian diserang lagi dengan K18.

    Sedangkan Scorpio dan Byson, meski berbeda, akan dicuri-curi market sharenya dengan varian sport lain seperti misalnya bebek-sport.

    Disinyalir ya, CMIIW :mrgreen:

  10. Kalo di Mid-end sport ( 150cc ) sih Yamaha sumbang hampir selama 6 tahun sendirian dgn vixi nya. Tapi kalo kita prediksi u/ th. Kedepannya menurut saya akan tetap sama, apalagi flagship garputala msh punya amunisi dibelakangnya macam byson & scorpio. Honda bisa saja unggul u/ 2 thn berikutnya dgn seiringnya product-knowledge trelis dirilis..

  11. bisa bisa di genjot sampai 40 ribu unit perhari mulai mei 2013 nanti

    ==============

    waduuh kang…? ./hari…/bulan…./taun 40ribeng

  12. “cukup sudah hampir 6 tahun masa bhakti fenomenalnya nanti dan akan abadi dikenal sebagai sang Giant Killer”

    Kang Haji, ane suka kata2 yng ni….Mantap si Vixi!! xixixixixix…

  13. Waw makin konsumtif aja ni…
    keduanya sama kuat dan pada praktiknya nanti pasti berbenturan, bersaing ketat.Namun tentu selera masing – masing orang akan menentukan pilihannya. jika melihat sriwing – sriwing desain new Vixion dan honda teralis yang terpampang akhir2 ini hasil penjualan keduanya bisa sangat bagus dan selisihnya pun tak akan beda jauh. Mungkin akan berpengaruh berkurangnya konsmen di Varian bebek – bebek mereka 🙂

  14. kalau seandainya New Vixi gak bisa ngelawan tralis pager mungkin akan ada new sport yamaha yang baru lagi ntar.

    # imho #

    • Sebaiknya biarkan saja dulu vixi lama menghadapi trelis honda, toh vixi yg sekarang sudah cukup powerfull untuk menghadapi berbagai lawan. Nanti kalo dah kalah baru keluarin vixi baru.

      @surya
      Sepertinya terbalik mas, byson blom mampu menghadang nmp, coba cek beberapa bulan terakhir ini penjualannya. Nah nmp yg ngga mampu menghadang vixion.

      • ditunggu artikel tentang R4 kang haji. pake disinyalir pun rapopo.
        disinyalir yimm dah panas kupingnya, tapi masih malu2 kucing.
        mirip kasus pino ya…
        cmiiw

  15. kalo sinyalemen kang haji bener, berarti pertahun 40.000 kali 360 = 14.400.000 vixion pertahun! mungkin distribusinya sampe pedalaman afrika dan amazon

  16. dunia tambah macet n semrawut lagi…

    *lg bayangin kalo bensin ini udah bener2 habis bin tidak ada ….mo diapain ya motor2 didunia ini?????enaknya dibuat apa??

    *******(ra urusan penting duitq buanyak)pikir mereka…………************

  17. spetnya emang New Vixion siap meladeni smua sport kompetitornya, klo vixion lma dimattiin cepat, mubazir sale nya lg tinggi. perkiraan hrg new vixion bermain d angka 24 jt.

  18. dan Honda
    pun juga di rumorkan akan merilis bebek
    sport terbaru ( yang biasanya dimasukkan
    Honda di kategori sport) . . . yang
    walaupun bukan ditujukan untk menggerus
    pasar dari yamaha, namun kehadirannya
    tetap diyakini berusaha untuk megambil
    ceruk yang selama ini dikuasai suzuki epyu
    guna semakin memperkuat hegemoni
    market share di sport secara
    keseluruhan . . .
    #################
    @wak haji : hadoh,jd mau d hajar jg neh si epyu…tlng wak haji,sebisa mgkn utk pihak ahm d himbau,kasian klo smua market dgasak…cukuplah vixion ma kebo sj biar grombolan sampah g bnyk koar2 lg,lain itu smua market uda dpegang ahm…bener kasian kwn2 suzuki,wak haji…

  19. Persaingan semakin memanas antara H dan Y asiiik yang mana ini yang bisa unjuk gigi dengan produk H dan Y Tehnoligi yang lebih – lebih berkembang
    hehehehe
    cahyoooo
    semngat dalam persaingan yg Positif
    🙂

  20. so pasti honda yang bakal memimpin… 🙂 karna honda sudah mempunyai edisi motor sport lebih dulu….

  21. bikin motor baru sih oke2 aja, tapi kalo bicara spare part udah gak beda jauh ama bajaj, hadeh…kasian tuh yg beli NMP pada ngakal2in pake part byson, FU dsb.

  22. Kalau begini artinya apa? Ktm duke sukses dikubur secara politik oleh mafia jepun, dan mereka dengan lenggang menggelontorkan type baru tanpa perlu ada saingan baru. Jadi strategi lama tetap bisa dipakai.

  23. Jadi gak sabaran juga nich melihat persaingan antara New teralis Honda dengan New Vixion..
    Sayang nya masih belum ada kejelasan waktu kapan hadirnya.

  24. saling tikung menikung hahaa
    konsumen tau kualitas yg trebaik….pastinya milih yg benar-benar sip.
    tinggal nunggu bojonya dari honda ane

  25. Analisa yg baik kang mas…
    Tahun2 berikutnya persaingan akan semakin ketat,, berhubung Indonesia merupakan pasar otomotif yg sangat subur.!!

  26. Analisa yg mumpuni Kang Mas…
    tahun2 berikutnya pastinya akan semakin ketat persaingan berhubung Indonesia pasar yg sangat potensial dan terus berkembang…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here