460x110_rev (2)

GT125Garuda_460x140

aksel-xride2

Bro sekalian, setelah menggunakan race Logic Performance Box untuk Motor Sport, kali ini tmcblog gunakan alat yang bahkan dipercaya oleh Top Gear ini untuk mengukur akselerasi dari Yamaha X-Ride . . . Masalah Catu daya masih sama menggunakan Power Port yang dicatu langsung Ke Aki . ..  cuma masalah penempatan aja yang bingung . ..  akhirnya dapet solusi yakni menggunakan Tas kecil diamana Performance Box di masukkan ke dalam tas tersebut simak di gambar atas deh .  .

460x110_mei2013

Proses pengambilan datanya adalah . ..  Tekan rem belakang kuat kuat, mulai betot gas sedikit demi sedikit, tahan ketika rem mulai akan kalah . ..  pas jalanan aman buka rem dan X-ride pun melaju . ..  lalu biarkan Performance Box Mengukur berdasarkan data GPS externalnya . ..

data_aksel1

aksel-xride

Total sebanyak 7 kali tmcblog melakukan drag ini hasilnya beda beda, dan akselerasi tercepat diperoleh pada percobaan ke 4 dimana akselerasi 0 – 60 km/jam dilakukan dalam 7,91 detik . . . Jika di analisa kunci dari akselerasi tercepat ini adalah data 0 – 10 km/jam yang tmcblog catat pada percobaan ke empat ini diperoleh dalam waktu 0,67 detik dan ini paling cepat dibanding 6 percobaan yang lain . ..

data_aksel3

data_aksel4

Jika dilihat grafik nya diatas terlihat nilai akselerasi  0-10 km/jam adalah sekitar 4,145 m/s2 lalu untuk 0-20km/jam adalah 3,85 m/s2 untuk 0-30 km/jam adalah 3,29 m/s2 untuk  akselerasi 0-40 km/jam adalah sebesar  2,89 m/s2. Akselarasi 0-50 km/jam sebsar 2,46 m/s2 dan 0-60 km/jam adalah sebesar 2,1 m/s2  . . . akselerasi dihitung menggunakan hukum fisika > Akselerasi = Perbedaan kecepatan/ waktu tempuh. . . . terlihat akselerasi tertinggi adalah di awal . . . sepertinya memang X-ride ini mementingkan torsi awal . .. maklum peruntukannya memang buat kegiatan cross Over nih he e he  . ..  so bro sekalian, what do you think? semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

tmcblog youtube channel
TMC ADS

67 COMMENTS

  1. perlu ada parameter pembanding kang untuk kelas matic. mgkin WTF Kang Taufik dirumah bs dijadikan benchmark. karena kalau cm angka2 aja bagi orang awam kurang memiliki gambaran yg jelas.
    atau mgkn nih X-Ride bakal jd patokan untuk tes akselerasi matic berikutnya..

    Guest
  2. gk tertarik matic utk off road,,,,disinyalir gk bakal tahan lama tuh v-belt nya imho,,beda sm yg pake rantai,asli bwt off road.

    matic kn cm bwt riding santai…

    Guest
  3. mau lebih kenceng??? oprek ECU nya
    tahap awal kenalan dulu ama ECU
    Titip mas http://motogokil.wordpress.com/2013/06/03/belajar-ecu-bag-1-ecu-ternyata-benar-sesuatu-yang-menakutkan-bagi-mekanik-sepeda-motor/

    Guest
  4. semalam liat di parkiran xbata…laki bgt bodinya, walo iklannya lebay kenapa siy pengen diadunya sama klx, sekedar cukup ga gasruk poldur sama jalan rusak bekasi lbh nyaman keknya

    Guest
  5. ku kira X-ride hanya tampang offroad ,,, ternyata yamaha bener-bener mensetting motor untuk xstrem,,, tinggal ganti velg n Ban tahu motor ini siap melahap medan Exstrem,,,, kalo dijalanan masih sepi ,,, ya wajar aja kan pabrikan baru bikin 1000 unit di bagi seluruh indonesia, n sepertinya baru beberapa aja yang sudah delevery ke konsumen , sisanya sebagai sample di deler,,, makanya anakku indent dapetnya agustus broooo….

    Guest
  6. om, mau tanya u.record matic yg di jual umum di indonesia untuk 0-60km/jam dipegang siapa ya om? oh ya untuk suzuki skydrive apa om tofik dah pernah test drive? thx before…:)

    Guest
  7. kencengan nex 7.2 detik, mio j 7.6 detik. data dari gus tri.. padahal dari segi bobot penguji kayaknya berat gus tri.. 😀
    berarti akselerasi x-ride “seakan-akan cepat” tapi setelah 30km/jam malah lebih lambat akselerasinya dari mio j sekalipun.

    Guest
  8. berarti setting ecu dan perbandingan rasio cvt beda dg mio j. memang dirancang buat nanjak, harus kuat diputaran awal. efeknya pasti ngos-ngosan diputaran atas. artinya buat jalan santai di trek datar bakal lebih irit dari mio j. cocok deh buat kondisi jalan rusak dan bbm naik tinggi….susu tak terbeli…(Iwan Fals)

    Guest
  9. Aku mah gak ngurusin angka akselerasi dan top speed. Sepanjang maju jalanan bagaimanapun gua tarik gasnya. Dan pada dasarnya Mio J mau. Namun aku berurusan dg ground clearence dan shock. Jadi tolong asih info :
    1. Part fork minimal apa yang harus aku ganti dari fork Mio J agar setinggi fork X-Ride ?
    2. Apakah rear shock X-Ride bisa plug and play dipasang di Mio J ?

    Guest
  10. coba tes bareng si x-ride bareng nex. kayaknya masih kalah si x-ride timbang nex 0-60km/h 7,2. si x-ride 0-60 = 7,91. yg ngetes si abang tmc sendiri.

    Guest
  11. Testimoni sendiri.dirmah ada tiger ,honda win ma yg baru x ride.percalah x ride adalah motr matic ternyaman bahkan dibanding tigerpun. Kcuali ma win masih ttp emukan win

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here