26Juli_banner

TestZX14R_12

Bro sekalian, Per Jumat kemarin seperti yang dilansir banyak media, Menteri Keuangan (Menkeu) RI Chatib Basri berbicara masalah pajak penjualan barang mewah (PPnBM) dari yang sebelumnya 75% menjadi 125-150%  . . . ini artinya PPnBM Naik Hingga 2 kali lipat. Mendengar Berita ini, langsung saja tmcblog bertanya kepada Pak Eko Prabowo, General Manager Marketing Communication & Community Development PT YIMM Pada acara halal bil Halal Media dengan Yamaha Indonesia kemarin dan Mempertanyakan bagaimana hal ini jika dihubungkan dengan rencana Yamaha indonesia memboyong banyak sekali varian Moge di akhir tahun 2013 ini seperti Yamaha R1, R6, TMax dan VMax.

banner-cb150r-440x100_2

MV_agusta#14

Mendengar pertanyaan ini, Jika memang nanti klausul barang mewah termasuk juga Motor motor ber cc gede ( diatas 250 cc ) langsung pak Eko bilang bahwa fakta ini tentu akan mempengaruhi angka / bandrol Jual dari Varian varian yang direncanakan akan dirilis Yamaha di atas. Serem Mas bro . . . Misalnya saja dengan PPnBM 75% satu unit Moge akan dijual 200 juta . . . maka dengan PPnBm 120-150% maka bandrolnya bisa jadi hampir menyentuh angka 300 jutaan . . . nahhh

tmax1

Nggak Hanya Yamaha, Pabrikan Pabrikan Lain yang Juga ikutan bermain di segmen MoGe seperti Kawasaki, Suzuki, MV agusta, Ducati  akan terkena imbasnya . . . Harga ER6, Ninja 650, ZX6R, ZX14R, dan Z800 bisa jadi akan terkoreksi setelah Peraturan Menteri Keuangan (PMK) soal PPnBM ini diteken dan ditandatangani oleh pak Menteri . ..  Yah memang sih ini kan segmen teratas piramida, secara langsung nggak bakalan ngaruh sama kita kita segmentasi menengah dan bawah juga  . . .

so jika memang klausul PPnBM ini nyangkut juga di MotorGede . . . beruntunglah yang sudah mengambil moge sebelum harga PPnBM kemarin naik he he he . . . Trus gimana lagi? Ya dengan nukik naik 2 kali lipatnya PPnBM memang jadi agak susah jualan moge jika mindset dan niat awalnya adalah jualan secara massal . . . akan tetapi buat yang menginginkan ekslusifitas, bisa jadi ini adalah angin segar tersendiri . . . plus harga seken Moge pun bisa terkoreksi naik juga  . . . Memang kalo bicara moge kadang mindset kudu sedikit diubah ya h eh ehe okelah atau produk premiumsemoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

109 COMMENTS

  1. hihi….kawasaki yang paling pusing…udah stok banyak…naiknya luar biasa..Jawaban dari doa yang inden pulsar 200ns….

    Guest
  2. Pajak aja terus yang ditekenin. Ini itu kena pajak, nilainya juga fantastis, ga tanggung-tanggung. Tapi apa daya, jalan sama infrastruktur tetep aja ga layak pakai alias cuma sekedar sampah hiasan aja. Hasil pajaknya mana oeeey? Ko ga dipake buat benerin jalan ato infrastruktur lainnya? Mending ga usah bayar pajak aja skalian, enak kasih ke fakir miskin aja, tujuannya lebih jelas, tepat sasaran!!!!

    Guest
    • Untung ya cuma bisa untung sekali. Pas beli murah pas jual mahal karena pajak moge baru juga naik. Tapi kalo si owner mau beli moge baru ya tetep aja ikut harga naek.

      Ya sama aja boong lah untung didepan doank sekali hehehe

      Guest
  3. ya kalo yg bener2 dah banyak duit,,
    segitu mah ga ngaruh,,
    kalo buat yg menengah kebawah mah,,
    buat dp nya aja kudu nabung 1-2 tahun mungkin..

    Guest
  4. wak…haji, kalau ninja 250 &cbr 250 kena PPnBM ga? terus kalau beli second pas balik nama kena juga ga? syukron.

    Guest
  5. Menteri model begini diturunkan saja.
    Pantes dollar naik gila2an karena pada balapan impor barang sblm ppnbm naik.

    Menteri sesat

    Makin banyak yg bodong lagi deh

    Tinggal nunggu ambruk saja ini negara. Bobrok semua instansi dan aparatnya

    Guest
  6. Dampaknya ada dikalangan menengah keatas tapi gapapa kok, memang sdh seharusnya kayak gitu dan pemerintah telat.

    Guest
  7. @peyek
    alhamduLILLAH kita DO’A-kan.
    biar para ATPM sadar dan mau membangun pabriknya di Endonesa
    ================================
    kalo bwtnya produknya 250cc ke bawah gk pa2,kalo 250cc ke atas sama aja..termasuk brg mewah..contoh ktm duke 390 harga indihe 29 jt rp masuk sini kemungkinan 72 jtan,itu kalo lgsg dr indihe kalo ngaku2 dr austria y…………

    Guest
  8. omitohud…

    pajak emang buat mensehjaterkan rakyat

    pejabat juga rakyat

    mohon segera ditingkat keshjateraan pns

    pesawat ri1 boeing 777 ganti ama airbus a380

    mercy 600 ganti ama rr phantom masa kalah ama brunei
    stnadara mobnil mentri mercy 600

    gaji pns jadi 95% apbn

    LANJUTKAN GENJOT PAJAK
    UBAH TARIF KAYAK NEGARA SOSILAIS SEPERTI SCANDINIVIA

    95% pajak untuk orang kaya
    65% untuk orang miskin

    yang ngangur ditunjang BLT

    Guest
  9. @25. jaelan..
    roda empat juga kena, bahkan kalo baca baca berita di media online kemarin . . . kebijakan ini memang sebenarnya lebih mengarah ke mobil2 mewah cbu seperti porsce, Lamborgini, ferarri, dll

    @27. abu tsaqif
    kayaknya nggak, untuk motor klausul barang mewah, salah satunya adalah treshold kubikasi 250 cc, cmiiw

    Administrator
  10. Hayo aja Pajak Dinaikin,, Pelayanan pajaknya NOL BESAR..!
    Sebel beli motor cash , STNK dikasih yg sementara..BPKB jg blm keluar2…!!

    Guest
  11. wahh rakyat di jajah ama negara. dlu di jajah ama jepang n blnda dll..skrang rakyat d jajah ama negara yg sedang klimpungan cz ada krisis mini .gimna ..pajak selangit ko rakyat tetap kere.bnyak pngemis d mna2 …pemerintah b*b*.tempe pun naik 25%.bang*a*

    Guest
  12. Hadeh pemerintah ne gak perhatian bgt seh naikin pajak pakai lebay.
    Moga harga rondo moge gak lebay naik nya.

    Guest
  13. Harus komen……. Pemimpin Kita Gila Pajak, pabrikan ingin menekan PPnBM, Pemerintah malah menaikkan harga??? tapi ambil hikmahnya saat nya pabrikan bikin produk motor 250cc semi moge….. ayo pabrikan Indonesia…. pabrikan mobil dan importir umum menjerit….

    Guest
  14. ada hikmah buat pabrikan lokal saat nya bikin 250cc semirip mungkin dengan moge………..terus harganya di overpricing dah

    Guest
  15. yg punya duit, cepetan borong moge kawasaki, ducati, mv agusta dll sebelum harga naik. kl dah naik untung bisa berlipat lipat, kyk kasus thn 96 – 97, beli kijang capsul pertama harga 65 jt an baru, tahun 98 – 99 harga baru kijang dah hampir 110 jt.

    Guest
  16. bagus tu pemerintah.. biar pabrikan merakit ato bahkan mroduksi di sini..
    pemerintah membaca semakin banyak pabrikan yang main di sini dan pasarnya juga semakin besar sehingga sudah saat nya mereka merakit di sini..
    waduh gimana perasaan kawasaki ya?? tersambar petir di siang bolong pasti rasa nya…

    Guest
  17. Kalau kita menilik jauh kebelakang pasti tidak akan heran lagi karena dalang, demit dan para sengkuni nya ternyata mereka mereka lagi.

    Guest
  18. Pemerintah ini aneh, kenapa gak pajak mobil aja ditinggiin??? Walaupun saya jg pemakai mobil, tp saya sadar kalo semakin banyak mobil baru turun ke jalan ya semakin padat jalanan ibukota. Ini krn berdasar pada ukuran kendaraannya lo. Jadi intinya yg bener2 mampu secara finansial aja yg bisa pakai mobil. Tp ya susah, krn pihak2 tertentu udah pasti punya kepentingan sendiri di dalamnya, gak usah diutarain deh, tau sendiri, tau sama tau aje.
    Kalo moge kena ama pajak jenis ini ya gak pada tempatnya. Apa efeknya coba? Dipakai pun jarang, krn bukan kendaraan sehari2. Lagian ukuran moge jg gak segede mobil. Ini kalo dihubungin ama mslh kemacetan di kota2 besar.
    Kalo saya menilai ini pasti ada pihak2 tertentu yg turun tgn. Alasannya jelas… kepentingan bisnis, jurus nusuk dr blkg, hahaha…

    Guest
  19. Korupsi nya gedein lagi ah untuk tuku barang mewah … ( Korupsi = keserakahan akan 3 ta )
    Negeri kacau Negeri Antah Barantah…Negeri Ngeri…

    Guest
  20. moge non jepang bisa bernapas lega jika kebijakan ini diberlakukan…moso harga moge 100jt an, itu sih ngacak ngacak harga dan image moge… jadi kurang ekskluif lah.. orang naik moge tuh harus diatur sedemikian rupa biar yang bener bener mapan aja yang bisa beli… jangan rumah masih di gang, diperkampungan padat, eh pada beli moge gara gara ngerasa mampu bayar DP nya… udah2nya malah ngga mampu melihara, 6 bulan dijual lagi.. jadi kalo harganya nanti minimal 300jt an, yang kekayaannya nanggung mikir berkali kali lagi buat bayar DP nya..apalagi anak mami yang suka ngerengek minta dibeliin motor mewah buat nampang di kampus…biar bapaknya mikir2 lagi dah….hehehehehehe….

    Guest
  21. wiuww.. kapan bisa naik kelas klu gini caranya.. hedehh… membuat indonesia selalu di kelas bawah ni… baru aja mau naik..

    Guest
  22. PPnBM itu jg kena ke mobil mewah lho, n barang2 mewah lainnya…
    Pajak PPnBM naik justru org2 kere yg diuntungkan, eh dimari malah sok2an menentang….kyk punya duit aja buat beli moge sm mobil2 mewah,wkwkwk
    Efek positifnya apa?smakin mendesak atpm utk memproduksi moge d dlm negeri utk neken harga. Pajak naik brarti anggaran utk mensejahterakan rakyat naik, toh ini pajak yg hanya dikenakan utk org2 yg mampu beli brg mewah. Korupsi?klo tau ad pjabat kyk gitu y dilaporin, mari kita bantu KPK.

    Guest
  23. Reblogged this on .archirsyad and commented:
    Wah, purpose dibalik kenaikan pajak ini apaan ya? Penekanan jumlah angka kendaraan bermotor atau peningkatan keuntungan negara? hahaha…
    Apapun itu, sepertinya perlu lebih giat menabung nih untuk memiliki moge.. harga yang beredar saat ini saja masih jauh dari jangkauan..
    fuuuuhhh…

    Guest
  24. @10
    Tanya pemda lu lah…d tempat gw sih jalannya mulusssss…
    Syg jalan antarkotanya yg rusak, msh blm dpt prioritas dr pemprov. Gw ngerasa kok efek pajak yg gw bayar, sbulan gw kena PPh 50rb…tp gw nikmatin subsidi BBM bernilai 100rban per bulan, blom lg klo berobat…atw skolah…gw malu msh blm bisa kasi ap2 bwt negara.
    Emg lo byr pajak brp sih smpe koar2 kyk gitu, gaji lo 6jt aj pajaknya cm 50rban perbulan.
    Pemerintah kerjanya yg ga bener y kita laporkan ke KPK, DJP itu cuma administrasi pajak yg kita setor ke bank, bukti setor itu yg kita kasi ke kantor pajak, klo ad pgawai pajak yg minta pungli, tinggal lapor ke 500200, sbutin namanya, beres…kita jd ikut serta bikin negara lebih baik. Jgn cm jd warga negara yg ngerengek minta fasilitas ini itu tp ga mau partisipasi….

    Guest
  25. dampaknya :
    – yg sok kaya (pdhal pas-pasan) ga jadi beli moge
    – makin keliatan mana org kaya mana org miskin
    – akhirnya pd beli mobil (alesannya takut kepanasan kehujanan gengsi pdhal rumah aja msh ngontrak)
    – jalan2 tambah macet tp uang yg dikorup makin gede (kan pajek mobil lbh gede drpd motor)
    – yg kaya makin sombong (pdhal beli motor mewah banyak-banyak buat apa ya? mending duitnya buat disedekahin fakir miskin baik duit buat ngerawat motor, beli bensin, bayar pajak… masih banyak yg kelaparan di negri ini lho… trus alesannya ‘kan udah bayar zakat… pdhal zakat & sedekah yg dibayarin lebih kecil drpd uang buat ngejabanin motor-motornya)
    – pengurus negara mah santai ga mikirkin gimana cara menaikkan income negara dr sektor non pajak (silahkan cek APBN di situs kemenkeu) giliran dollar naik pd menjerit yg dagang njerit yg mau beli ga bisa beli… krn banyak barang kebutuhan pokok diimpor

    Guest
  26. Masih ngimpi n250 aja blm keturutan, buyaaar sekarang. Itu duik pajek paling larinya jga bnyk yg ke koruptor2 indon

    Guest
  27. Masih ngimpi n250 aja blm keturutan, buyaaar sekarang. Itu duik pajek paling larinya jga bnyk yg ke koruptor2 indon, bkn ke wong kéré/kismin

    Guest
  28. manteri cm enak tinggal teken,
    lha oprasinalnya dia aja grts dan besar, gak perlu keluar dari kantong sendiri.
    lha mbok yao itu Koruptor yg dimiskin kan. jgn berputar pajak dan pajak.

    Guest
  29. 87. day – Agustus 24, 2013

    untung dah kebeli…
    tapi memang negri kita indonesia pemerintahnya sakit jiw
    ========
    bgt

    Guest
  30. komenya orng2 pinter kok biar pabrikan merakit dan bikin pabrik… kl namanya batas ppnbm 250cc ya tetep aja mau bikin pabrik perakitan 10 ya msh kena 150%. wow er6n dari 100 juta bisa jadi 140 jt wlpun dirakit disini kl cbu bisa2 150 jt.
    semua barang dipajaki, semua barang mahal di indonesia.
    tai ayam yg msh murah ga kena pajak dan harganya cm 200 rupiah/ kg
    ane beli buat pupuk taneman

    Guest
  31. Beginilah kalau negara dipimpin oleh orang2 pekok, menteri bego, dulu jadi menteri pakai nyogok…makin lama bukan rakyat makin senang malah makin ruwet…infrastruktur amburadul, pajak aja digedein…turunkan aja menteri pekok kayak gini.

    Guest
  32. Jangan sampai krisis ekonomi 1998 terulang.
    —————————–
    Pemerintah melansir empat paket untuk mencegah ambruknya rupiah. Langkah ini untuk mengatasi defisit transaksi berjalan dengan
    mendorong ekspor dan mengurangi impor.
    1. Mengurangi pajak industri padat karya, padat modal, dan yang
    30 persen produk untuk ekspor. Impor solar dikurangi dan diganti
    dengan biodiesel. Pajak impor barang mewah juga dinaikkan
    dari rata-rata 75 persen menjadi 125-150 persen.
    2. Defisit APBN 2013 dijaga tetap pada 2,38 persen.
    3.Tata niaga impor daging sapi dan hortikultura diubah dari
    berbasis kuota menjadi berbasis harga.
    4. Layanan investasi diringkas.

    Guest
  33. yang komen kayanya rata-rata cuma pengamat aja (termasuk gue), bukan pengguna langsung kendaraan mewah. Sorry klo salah.
    sedikit kasi pendapat, yang kena tarif segitu kan khusus untuk CBU dan impor utuh, jelas hanya memberikan sedikit sekali pengaruh buat kita rakyat kecil, justru impor barang beginian cuma menambah berat neraca perdagangan Indonesia yang berimbas negatif terhadap ekonomi bangsa. makanya konsumsinya dibatasi. Katanya pro rakyat kecil. BBM, yang sebagian besar dikonsumsi orang kaya, harganya ga boleh naik. ngumpulin tambahan dana dari orang kaya buat nambah subsidi juga ga boleh. yang kaya makin kaya, yang miskin makin belangsak. bayangin dana subsidi BBM 300Triliun buat beli beras, daging, tempe udah dapet berapa? padahal dana pendidikan termasuk gaji pegawainya cuma 90Triliun-an.

    Guest
  34. @96 poty
    klo lihat di detik, yang kena cuma CBU dan Impor Utuh Mas bro.
    Jangan sampe kita di jajah terus sama barang impor.
    klo mereka banyak manfaat disini, bikin pabrik dong, berdayakan sumber daya yang ada, biar ekonomi bergerak. jangan beraninya cuma jadi “Calo” doang.
    untungnya tai ayam udah di produksi disini ya..

    Guest
  35. indonesia kalo yang resmi kebangetan………. makanya banyak yang bodong……. padahal yang resmi juga pungli cuma dah pake nama resmi aja………

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here