460x110-indent-now

 

Pict : Shean Kris | Suzuki GSX-R150 Indonesia
Pict : Shean Kris | Suzuki GSX-R150 Indonesia

TMCblog.com – Bro sekalian seperti Kita ketahui Suzuki mengklaim Maximum output yang dihasilkan mesin Suzuki GSX-R150 dan GSX-S 150 adalah maksimum Power  (kw / rpm)     14.1/10,500     14.1/10,500 dan  Maximum torque (Nm / rpm)     14.0/9,000     14.0/9,000 . . Angka  pengukuran based on Crank ini jelas mengungguli kompetitor kompetitor di keasl 150 cc baik supersport dan nakedbike  ..  plus juga Jika dibandingkan dengan sodara se ibunya Yakni Suzuki Satria F150 yang hanya 13,6 kw /10 rb rpm .  terlihat memang GSX-150 series punya power dan torsi yang lebih tinggi . . Nah dari awal Szuki sudah bilang, salah satu resepnya adalah injector yang berbeda ..  nah beruntung satu gambar kiriman bro Shean Kris di FP suzuki GSX-R 150 Indonesia memperlihatkan gambar di atas

MBtech - TMC sep16

tnt25_tmcblog

Jika kita lihat kembali di gambar pertama, terlihat secara dimensi Injector Satria F150 dan Injector GSX-R150/ GSX-S150 mirip banget sob . . perbedaan yang bisa dilihat adalah : injector Suzuki Satria F150 FI memiliki dua pasang lubang / Spray Nozel Sedangkan pada Suzuki GSX-R150/S150 terlihat ada 5 pasang lubang pada sistem dual spray.

power-graph-gsx-s150

TMCblog belum menerima spek diameter lubang spray Satria F150 dan GSX-R150/ GSX-S150  .  Namun secara kasat mata bisa sobat Klik dan zoom gambarnya maka akan dapat terlihat bahwa sepertinya Lubang Nozel pada Injector Suzuki GSX-R150 punya diamater lubang lebih kecil . . whics is artinya, hasil semprotannya berupa embun yang lebih tipis lagi, dan kalo menurut tmcblog akan membuat campuran antara Udara dan bahan bakar lebih homogen lagi . ..  dan hasilnya tenaga Puncak hasil pembakaran yang sempurna Bisa Lebih dicapai/ Bisa lebih besar.

suzuki-gsx-r-gsx-s-150-031

gsx-r150-rev

Yang ajdi pertanyaan menarik adalah . . . Gimana jadinya kalo  Injector Suzuki GSX-R150 dibenamkan ke Suzuki Satria F150 ? wiiihhhhh, punya potensi lebih kencang nih ? Silahkan share opini mu sob . . semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

Silahkan bersilaturahmi dengan TMCBlog melalui

[GTranslate]

76 COMMENTS

    • ekekekek…

      juoss onda semakin lama semakin kencang ..
      tidak heran motor onda dibikin irit
      irit = panas
      panas = kencang ..

      ??

      Guest
    • Kalau volume penyemprotannya sama , yang bedanya adalah seberapa besar diameter kabut hasil semprotannya
      dibanding kan FU ? da yang punya data, apakah lebih boros atau lebih irit ?

      Administrator
    • Klo Susi buooroozz kuenncengg rek.

      Tp klo tetangga itu tuuhh buorozz BBM haus oli juga.. digeberr 8000rpm ngebuell bul bul bueell.. wkwkwk..

      Ujung2n ambrol bin protol.

      Guest
  1. Haiya laku laris aja lom tentu.wong dealernya pada tutup.mikir 100 kali klau beli nih motor ntar lg R15 brojol nyesel.

    Guest
    • Kenapa harus nyesel bro??
      Konsumen itu beragam keinginannya. Ada yg mau DOHC kencang bisa beli GSX. Yg mau DOHC irit bisa beli CBR. Naah..ente mau SOHC pelan&boros beli R15 aja bro. Cocok tuh buat ente 😆 wkwkwk

      Jadi konsumen tuh yg asyik2 aja bro. Ada banyak ragam pilihan ya disyukuri aja. Gak perlu jadi brand minded lah 🙂

      Guest
    • kalau ente dendam bgt sama laskar ya jgn ngebc dong. org juga mau kali nyobain sensasi mesin kenceng. masa dipaksa beli motor sohc gigi ganjil jaman gl pro. ntar pas 8000rpm ngebuel rompal protol bin ambrol lagi.

      Guest
    • cap sayap malah bengkel nya banyak, tp ttp ngantri. mana yg servis asal2an lagi

      enakan yg bengkelnya jarang, gak ngantri sparepart ready. kg hrs pake oli pabrikan servis memuaskan
      lagian motor cap S jarang rusak jd ngapain sering2 ngebengkel

      Guest
  2. Maaf menjelaskan sedikit:
    Jumlah bbm yg disemprotkan tergantung luasan total diameter nozzle dan tekanan pompa (laju kecepatan bbm yg melewati lubang per satuan waktu). Jika dikatakan boros tidaknya harus melihat dimensi lubang nozzle dikalikan dengan jumlah lubang dan tekanan pompa injektor.
    Pembakaran sempurna jika nilai stokiometri pas, biasanya untuk bbm bensin ada faktor excess air 10%.

    Guest
    • Energy yg dihasilkan dari pembakaran bisa dikatakan maksimal jika energy kimia bahan bakar tidak hilang dari jumlah udara yg berlebih atau kebanyakan bbm yg tidak terbakar mendekati siklus ideal carnot

      Guest
  3. Yg paling kelihatan bedanya ya pada jumlah lubang / hole di injectornya. Pada FU Fi cuma 4 lubang, sedangkan GSX ada 10 lubang meskipun kecil2. Tapi ngaruh tuh ke peningkatan power.

    Guest
  4. gonta ganti injector tidak berpengaruh, asalkan injectornya normal dan berfungsi baik sesuai debit yang diperlukan. tenaga yang besar itu pengaruhnya dari efisiensi volumetris.

    mungkin perbedaan fufi dan gsx adalah pada camshaft, atau inlet port, atau airbox, atau exhaust, atau kedua/ketiga/keempatnya. dan pasti gsx lebih besar efisiensi volumetrisnya.

    udara yang masuk akan lebih banyak, dan untuk mengimbangi udara yang lebih banyak, injector dirancang agar bbm lebih bisa bercampur/homogen dengan udara yang volumenya lebih banyak. hasilnya dirancanglah injector yang berbeda.
    jadi komponen engine itu saling berkaitan satu sama lain, tidak ada yang berdiri sendiri. tidak ada namanya ganti injector saja tenaga naik.
    kalau membandingkan, parameter harus sama, misal ukuran, desain, bahkan debit/aliran fluida harus sama juga, baru bisa disimpulkan, pemakaian injector A lebih baik dari injector B. semua desain itu diperuntukkan sesuai kebutuhan.

    Guest
  5. perancangan injector pun tidak sembarangan. semua berdasarkan efisiensi. kalau bisa pakai injector 4 lubang, ngapain harus buat 10 lubang. kalau pakai 4 lubang kurang maksimal (karena debit udara lebih banyak), ternyata yang efisien injector 10 lubang, ngapain buat injector 15 lubang, kira2 begitu.
    jadi kalau cocoknya pakai 4 lubang, belum tentu cocok pakai 10 lubang (kondisi standar) lain soal kalau lepas filter, modif sana sini, dsb, tentu makin besar debit udara, diperlukan banyak lubang untuk mencampur bbm dengan udara.

    kesimpulannya bukan injectornya yang wow, tapi apakah yang berubah dari engine hingga perlu rancangan injector yang berbeda.

    Guest
  6. Jangan lupa juga wak, perbedaan power sampai 0,5 kW lebih tinggi pada GSX dibandingkan dg FU Fi juga karena ada perbedaan max power rpm. Peak power FU Fi @ 10000 rpm. Sedangkan peak power GSX @ 10500 rpm. Walaupun cuma naik 500 rpm tapi ngaruh banget ke peningkatan power utk GSX selain dari jumlah lubang injector yg juga lebih banyak dibandingkan FU Fi. Remapping kurva pengapian sangat berpengaruh terhadap peningkatan power wak.

    Guest
  7. wah keren nih jika satria F injeksi pakai part 2 GSX-R150, makin ngacir gas pol
    pertamax7.com/2016/12/14/motor-listrik-selis-type-volt-mirip-honda-zoomer-x/

    Guest
  8. hmmm. . .info yg sngat brguna bro taoefik. . .
    anda sangat teliti dlm mencerna sesuatoe hal . . .teroes beri informasi mencerdaskan anak bangsa . . .

    Guest
  9. yak betul, naiknya rpm, kalau torsinya terjaga tidak drop, tenaga akan naik. naik rpm cuma 500, tapi debit udara sudah meningkat banyak (500 kali hisapan per menit). dan kurva pengapian sangat berpengaruh selain debit bahan bakar.
    bisa jadi mesin sama plek (agar murah/common part), tapi punya fufi yang sedikit dibatasi dari pengapian dan bahan bakar/desain air box yang sedikit berbeda.

    Guest
    • Yaps. Jadi bisa dianalisis begini :
      upping max power rpm (500 rpm) ditambah lubang injector lebih banyak 6 hole ditambah lagi dg desain airbox sedikit lebih besar adalah formulasi utk meningkatkan power mesin FU Fi sebanyak 0,5 kW agar menjadi mesin GSX 150 series 🙂

      Guest
  10. hmmm. . .pertahan keun bro taofik dlm mmberikan informasi sprti ini agar orang yg awam mesin jdi paham. . .
    Note no Quote:”Berilah informasi yang mencerdaskan kepada seseorang karena tanpa anda sadari, anda telah membantu membangun karakter & cara pikir mereka”

    Guest
  11. itulaj knp klo mau kncang hatus boros…gk da namanya kncang kok irit..itu cm omongn salesss..

    kncang irit ,, ?? meleduk tuh mesin krna pnas..

    klo gk mleduk d pke lm lm part jg gk bkl awet…( klotok klotok berisik).

    Guest
  12. Torsi awal2nya amblas.

    Khas Suzuki gak ada torsi pas tarikan awal.

    Ngefek ke harian?? Ngefek kalo dikota ane, banyak nanjak. Torsi rpm rendah lemah lesu tak berdaya. 125cc cub kalah sama 110cc matik.

    Guest
    • Logis bro. Itu karena Suzuki sejak dahulu masih mempertahankan stroke pendek 48,8 mm. Torsi pada awalan / gear rendah pasti lemah. Tapi kencang di rpm atas. Enak buat jarak jauh / touring. Sedangkan matic 110 cc umumnya pake stroke 55 mm. Wajar saja tarikan awal matic terasa wuss meskipun cc kecil.

      Kalo di kota ente banyak tanjakan ya beli aja motor yg pake spek stroke panjang bro. Cari yg minimal stroke 55 mm. Bisa juga pilih motor2 Yamaha yg umumnya pake stroke 58,7 mm atau motor Honda yg pake stroke 57,9 mm. Pasti lebih enak buat nanjak 🙂

      Guest
    • tinggal main di gear aja kok repot bgt , bandingin akselerasi kok sama matic, heran! 125cc vs 110cc ya jelas akselerasi 110cc lebih cepat krn perputaran ratio lebih cepat + motornya enteng, di adu drag matic 110cc vs 250cc pun pasti yg 110cc ngacir duluan (di awal start doang) coba anda templokin mesin matic di body gsx, yakin akselerasi 110cc masih bs cepet???

      Guest
  13. kalau di mobil injector 10 lubang lebih bertenaga dan lebih irit dibanding yg 8 hole … sekarang banyak yg pakai 12 lubang …

    Guest
  14. faktor internal boros ngga nya mesin bakar ya masih sekitar :efisiensi volumetrik , bobot yg dibebankan ke mesin serta power loss pada transmisi daya.

    meski injektor punya lubang berapa juga
    tapi throttle di panteng pada ranah rpm yg eco drive ya bakalan relatif irit.

    Guest
  15. Klo boros tinggal setting irit dkit.klo lemot tinggal lepas paking bawah blog satu atau paking head atas satu kompresi udh naek ga lemot lagi..udah jd sama klo buat harian.yg g sama klo buat race.motor yg katanya ngeden ngebul haus oli boros itu bisa menang lawan motor yg irit,kencang,ga haus oli,dohc pula..

    Guest
    • Lepas paking ribet bro lagian juga udah kuno, mendingan majuin gear noken as supaya durasi in close lbh cepat menutup, jadi langkah kompresi meningkat.
      Contoh vixion in close 58° ABDC (langkah kompresi 180-58°=122°) memajukan gear noken, in close berubah menjadi 47°ABDC “misalnya” (180-47°=133°) kompresi lebih padet, efeknya torsi lbh nendang. Ini masih belum seberapa dibandingkan verza150/old kecebong, in closenya 35° ABDC (langkah kompresi 180-35=135°)

      Pakem tuning mesin yamaha paling lemah bro, untung crankshaftnya full logam/berat, Shg torsinya lumayan. Rivalnya honda dan suzuki, mesinnya harus mengalah didowngrade crankshaftnya supaya bisa mengimbangi performa standard mesin yamaha.

      Guest
  16. Suzuki ayo bangkit….

    New KTM RC 390 Dipamerkan di New York IMS
    https://riderxdriver.blogspot.co.id/2016/12/new-ktm-rc-390-dipamerkan-di-new-york.html

    Harga New KTM Duke 250 kabarnya murah
    https://riderxdriver.blogspot.co.id/2016/12/harga-new-ktm-duke-kabarnya-murah.html

    Guest
  17. Mantapz SIS, Trungkap tabir teka-teki part ap yg mmbwt GSX-R/S power!pull,, Matur thank u wak ..Moga bs mnjdi daya tarik calon buyer utk mmilih produk yg akn jd andalan suzuki slain fufi ,,
    #SuaraHatiBiker
    *Kami Butuh Kenyamanan Bukan Kemewahan Apalagi Kemahalan*

    Guest
  18. New KTM RC 390 Dipamerkan di New York IMS
    https://riderxdriver.blogspot.co.id/2016/12/new-ktm-rc-390-dipamerkan-di-new-york.html

    Pesaing baru Yamaha r3 dan Ninja 300
    https://riderxdriver.blogspot.co.id/2016/12/pesaing-yamaha-r3-dan-kawasaki-ninja-300.html

    Harga New KTM Duke 250 kabarnya murah
    https://riderxdriver.blogspot.co.id/2016/12/harga-new-ktm-duke-kabarnya-murah.html

    Guest
  19. Pertama baca judul dan liat foto diatas lgsg kepikiran dipasang ke fufi gmn tuh,mantap pastinya (setelah paking head dikurangi jg biar naek kompresi dikit)

    Hal yg sudah lumrah dilakukan rider honda wak.. injektor vario 125 ditaruh di mesin beat, atau vario 150 ditaruh di mesin vario 125. Hasilnya mayan nampol wak.. ya mirip2 hasil dyno test waktu sensor O2 di kasih resistor 0.67ohm karakter semprotan lbh basah di setiap putaran wak..

    Ane udah coba sendiri dan mantap wak mirip2 pake O2 manipulator. Solusi murah buat naekin power (ibarat kata naekin spuyer karbu). Kalo punya H sih murah wak (130rban v125, 180rb an v150, cbr150 & ncbr150 200an dan semua bs saling subtitusi krn sama kaki2nya kecuali cbr250r jomblo dan supraX125fi gen awal gak sama) gak tau kalo suzuki piroan yoh?? Tembus 700rban kah kyk aftermarket?

    Guest
  20. torsi awal lemot ane ngalamin di skywave standar, pas kopling ganda set diganti pake punya hayate langsung beres, tarikan rendah/awal sampe atas ngacirrrrrr wes ewes ewesss

    Guest
    • mengeser posisi rante keteng dgn memajukan gear noken as nya, torsi rpm bawahnya lebih nampol lagi bro.

      Guest
  21. Maaf OOT, tapi wak haji itu foto GSX R150 yg bawah kok bagian kursi pemboncengnya lebih rendah dan terlihat nempel dgn seat pengendara, beda dgn bentuk desain GSX R150 yg sebelumnya? Mohon pencerahannya

    Guest
    • hehehe itu juga tujuan saya menyandingkan dua foto tersebut . .untuk sementara saya belum peroleh jawaban juga sob

      Administrator
  22. kalau di mobil injector 12 lubang lebih baik daripada 8 lubang, karena kapasitas silinder besar. paling kecil rata-rata 300 an cc.

    kalau di motor 150 jelas beda, di 125 cc juga beda lagi. kalau matic peruntukan harian (rpm max 9000, dipake rata2 5000-6000 rpm), injector 10 lubang keatas malah mubazir dipandang dari efisiensi),
    kendaraan itu ribuan komponen. kalau 1 komponen bisa lebih murah 1000 rupiah saja, dikalikan 1000 komponen, maka kendaraan lebih murah SEJUTA. dan sejuta itu sangat berpengaruh di penjualan. jadi gk gampang mengubah2 komponen pakai yang dianggap “LEBIH”, padahal pakai komponen di bawahnya sudah memenuhi syarat.

    dan harga komponen itu tidak bisa dilihat dari harga spare part yang dijual resmi/non resmi. karena ada pricing strategy disitu. tau sendirilah, bisnis otomotif adalah bisnis, bukan idealisme.
    jaman dulu masih banyak idealisme, kalau sekarang, bisnis is bisnis, apa yang laku di konsumen, itulah yang dipilih. gak bisa mengerti kata hati konsumen (meski produk bagus diatas kompetitor) ya gagal bersaing.

    Guest
  23. ganti injector pada kapasitas engine yang lebih kecil bukan injectornya super, tapi AFR lebih rich. jika standarnya ideal, maka ganti injector yang punya debit lebih besar AFR jadi lebih kaya. efek ke tenaga akselerasi jadi lebih bagus, namun belum tentu ke topspeed (tergantung mapping ECU standarnya). ada yang topspeednya bertambah, ada yang sama saja. kalau debit injector kebesaran malah jadi turun topspeednya.
    dan efek jangka panjang campuran kaya, karbon lebih cepat terbentuk di ruang bakar (lebih cepat berkerak). satu lagi, emisi juga bertambah.
    kalau buat harian mending gak usah ganti2 injector, kecuali emisi mau bertambah, dan jadwal servis carbon clean jadi lebih sering.

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here