TMCBLog.com – bro sekalian, Jika saat ini baru Honda, yamaha dan kawasaki saja yang memiliki sosok Motor sport twin DOHC di segmen nya . ..  Ninja 250, CBR250RR dan R25 . . Suzuki sebenarnya sudah punya namun GSX-250R bukanlah apple to apple dengan ketiga sport bike ini dalam hal karakter mesin . . yap GSX-250R menggunakan mesin twin SOHC itu salah satu yang paling kentara . .

nah baru baru saja ini suzuki mendaftarkan Patent dari Sosok Suzuki GSX-R300  . . Nahhh bisa jadi ini juga akan menajdi Sosok Suzuki GSX-R250 yang santer akan juga di produksi untuk pasar Indonesia sob . . foto full fairingnya adalah seperti gambar di atas lengkap dengan headlamp yang sepertinya ikut ngumpet dan kemungkinan besar LED . . wew Bagaimana jeroan mesinnya sob ?

Gambar diatas menunjukan banyak hal . . yang pertama adalah soal mesinnya yang merupakan mesin DOHC terlihat ada dua bulatan yang menunjukan posisi poros camshaft dan hadinya dua pipa leher knalpot yang mneunjukan bahwa motor ini akan menggunakan mesin twin . . dilihat dari bentuk nya knalpot untuk Suzuki GSX-R300 atau GSX-R250 akan merupakan knalpot 2 in One dimana hasilnya akan menuju ke satu end Muffler

Dari gambar patent diatas terlihat juga bentuk sasis yang merupakan model twin spar berbentuk Trellis / teralis dimana masing masing bentangan terdiri dari dua bilah batang turbular yang menyambung ke pagian poros tengah. Terlihat pula tangki bahan bakarnya punya mekanisme buka tutup dengan engsel di bagian belakang . . Suspensi depan masih belum terlihat apakan telskopoik atau upside down . .

Suspensi belakang Monoshock dengan link, Roda Velg bintang 5 dengan dua jari di tiap tiap spoke nya . . . braket rem depan samar samar terlihat seperti penempatan kaliper radial, cmiiw. Spatbor belakang menggantung, handle bar sporty, jok terpisah antara rider dan pembonceng  . . dan swing armnya terlihat cukup mantab, sepertinya sudah alumunium

 

Jika melihat mulur dari dua intake manifold yang mengarah ke atas, tmcblog memperkirakan bahwa Suzuki GSX-R300/GSX-R250 akan menampatkan Box filter udara juga di daerah Tangki bbm . . wah wah wah, down draft nihh ? di bagian tengah di bawah seat ada semacam tanki apa tuh ya ?

Dan Gambar terakhir ini memperlihatkan bahwa model filter olinya menghadap ke depan dan semakin memperkuat dugaan bahwa box filter udara berada di bawah tangki bbm juga . . . wah wah wah silahkan dikunyah kunyah sob

Taufik of BuitenZorg

90 COMMENTS

  1. Jadi basis mesinnya apa? 2 mesin satria/gsx jadi 1?😂
    Kebanyakan motor dgn mesin 250 4 silinder si suzuki

    Guest
  2. Fork depan kayaknya bakal USD wak… Terlihat dari lekukannya dan spatbor depan yang dibaud ke bagian bawah dari fork dekat as velg… Kalau teleskopik biasanya baud spatbor agak ketengah dekat pinggiran ban…

    Guest
  3. Menarik nih, airbox nya downdraft. Tinggal posisi penempatan air intake nya kudu pas. Lebih bagus pake air ram modelnya macem gsxr 750 posisinya di deket headlamp. Jadi udara masuknya lurus n minim belok macem cbr250rr

    Patut ditunggu.

    Guest
  4. Paten bulatan di atas suspensi belakang itu apa kira” yah wak? Apakah pengatur ketinggian suspensi?

    Guest
  5. Dri Bennetts co uk.. Katanya kemungkinan mesin ini pengembangan dri GSX-R150 wak.. 147,3cc di buat pararel jdi 295cc GSX-R300? Klo di perhatiin bagian crankcase bagian kanan memang ada kemiripan sih sma crankcase dari mesin GSX-R150 ya?

    Guest
    • Bagus…. nyampai sini tinggal bore down, dari mesin 125cc nya yg di lakban jadi 2 pas deh jadi 250cc…. lagi2 trik ngirit Suzuki bisa ditebak namun kali ini cukup bagus

      Guest
    • Ya untuk 300 cc, logis dengan ukuran GSX-R150 ditempel .. . walau tentu akan ada banyak lagi perubahan2

      Administrator
    • logis si, buat pasar indonesia suzuki juga udah punya mesin hasil boredown dari GSXR150, GSX-R125 buat pasar ngeropa.

      Guest
  6. Headlamp-nya keknya mirip sama 125 nya,dengan lampu utama tetep ditengah khas gixer
    Berharap yg pinggir 2 nya bukan lampu tapi ram air kayak kakangnya

    Guest
  7. Berarti Majalah YM udah megang hamba Patent nya dr dulu ya,itu renderannya mirip mirip sama gambar patent

    Guest
  8. Prototype-nya kemungkinan besar sudah di Hanamatsu, sama kek kejadian Inazuma fairing alias GSX250R dulu, gambar patent kesebar eh gak lama kemudian foto di pabrik nongol, good job Suz!

    Guest
  9. Itu nanti ada 2 air funnel di tengki nomor 63, layaknya air funnel nsr sp.
    Masuk dari nomor3 front fairing.

    #shotoyy
    😂

    Guest
  10. Sayangnya swingarm masih lurus,walaupun kayaknya udah diecast,paling nggak bukan tahu sumedang

    Guest
  11. joknya kurang tinggi dan terlalu rata, masih nanggung seperti gsxr150.

    harusnya seperti R15 sekalian, jok tinggi dan stang rendah. full sporty riding position

    Guest
    • Tapi orang indo maunya yg nggak terlalu nunduk dan nyiksa badan,liat full fairing yg laris kayak cbr150 dan ninja yg masih cukup tegak riding positionnya

      Guest
    • r15 tetep lebih laku dari gsxr150 walaupun harganya lebih mahal dan posisi riding lebih nunduk. jgn bawa2 cbr150r dah, merknya honda pasti laku.

      Guest
  12. semoga ad versi 4 silindernya atau mesinnya mirip 2 silinder Benelli tnt250 yg suaranya moge banget.

    Guest
    • kalo pake firing order itu kayaknya agak susah buat ngelawan performa CBR250RR, R25 dan Ninja 250
      suara sih ok tapi harus kencang juga

      Administrator
    • iya wak..tp mgkn klo suzuki yg buat bakal lbh dr benelli performanya. Bikers indo skrg lg demen suara moge. sampe beli knalpot aftermarket n speaker jg. kayaknya seh mesin Suzuki sdh fix,smoga pabrikan lain yg buat nti. Oiya Suzuki smoga kluarin Bandit 4 silinder ya.

      Guest
  13. Itu yg ngegantung di atas fender belakang apa yah kira” wak? Macam ada 2 fender gtu? Apa stoplampnya di stu?

    Guest
  14. kapan nih honda merilis versi regulasi eropa dari cbr250rr? motor sebagus dan se potensial cbr250rr sangat d sayangkan klau hanya d jual d 2 negra saja. apa cbr300rr(katakanlah demikian) nantinya bkal dirilis bersamaan dengan cbr250rr facelift ya? di thailand vietnam dan philipina ada tuh cbr250rr, tapi kayaknya via importir umum,..

    Guest
  15. Kira2 akan ada SR-VVT kah di motor ini?
    Buat pembeda dari pesaingnya. Toh kayaknya gak mahal, SR-VVT paling simpel dari jenis yg lain

    Guest
  16. Header knalpotnya saling silang. Yg kiri ditekuk ke kanan mungkin supaya ngga mentok atau terlalu dekat dgn filter oli.
    Atau bisa jg supaya pas penggantian filter oli ngga perlu copot knalpot biar praktis?

    Guest
  17. Buletan diatas monoshock apaan ya? ada semacam dua hose/cable tuh dilohat dari kanan. Jangan-jangan monoshocknya bisa distel naik turun dari panel di stang wkwk… kepoo.

    Kotakan diatas spakbor blkg apaan ya? salad box??

    Guest
    • Ngapain pake twinspar pejal…yg kena blunder kan hanya yamaha dgn kampanye r series twinspar pejal(entah alum deltabox/deltaseng/atau nanti deltaplas)..kalo honda,kawasaki,suzuki kan fleksibel,gk harus wajib twinspar pejal..dan harusnya versi eropa lgsg naik 400cc saja baik itu Suzuki maupun honda..kalo okut wssp ‘300’ gk ada yg mewek..

      Guest
  18. Nahhh bisa jadi ini juga akan menajdi Sosok Suzuki GSX-R250 yang santer akan juga di produksi untuk pasar Indonesia sob.
    ###################################
    semoga jadi diproduksi di indonesia. takutnya kaya brugram udah muncul wacana nmax killer, pcx killer eh gak jadi diproduksi di indonesia 😂

    Guest
  19. Buat FBH GAK USAH NGEBC DISINI KARENA SESEMBAHAN ENTE GAK IKUT WSSP ,GAK IKUT DAN GAK LAYAK IKUT JADI YG SABAR YA,SUDAH OVERCC MSH GAK MENANG2 MALU BANGET

    Guest
  20. Kayaknya bakal jadi lawan tangguh cbr 250rr di ARRC
    Lupakan r25 rangka sosis tunggal
    Lupakan ninja 250 no usd n almunium swing arm

    Guest
    • sekarang saja R25 old masih bejaban lihat saja klasmen sementara gimana New R25 hadir pasti sebelah mewek guling guling minta oprek regulasi

      Guest
    • Yah, jgn sok dukun dulu ntar-ntar mulu…

      Lihat kasus kek kemaren-kemaren yg mewek sambil oprek regulasi itu si merah apa si biru..?😝😝

      Guest
  21. Kasarnya:
    2×125(euro)=250 (asia prod)
    2×150(asia)=300 (pasar euro)

    Yg paling penting basis prod nya dimana….

    Guest
  22. kalo mirip yg GSX 250R desainnya udah bagus. paling tinggal penyesuaian sedikit. ikutan nimbrung penasaran sama yg ngegantung diatas tail tidy . apaan yak ?

    Guest
  23. Itu konsepnya light weight super sport juga ya cak kayanya? Sekilas kaya gsx r150 cuman agak gede dikit. Ga kaya 250 lain yg moge look haha

    Guest
  24. Sepertinya produk produk Suzuki yang baru di Design dan di kembangkan untuk jangka waktu yang lama.
    Klo melihat beberapa produk baru Suzuki era tahun 2015 kesini semuanya sudah siap untuk pasar jangka panjang terutama dari segi Engine.
    Engine Produk baru Suzuki era Start 2015 sepertinya dikembangkan minimal untuk masa 10 sampe 15 tahun mendatang yang kemungkinan kompetitor baru menyaingi secara signifikan, jadi selama 10 – 15 yang akan datang di prediksi Mesin Suzuki masih kompetitif dimana saat ini Mesin Suzuki sepertinya yang paling jos.
    Kita lirik mesin Suzuki Era Start 2015 :
    1. Mesin Satria FUFI, mesin ini masih unggul dibanding kompetitor disemua segmen kelas 150 cc Underbone.
    2. Mesin GSX- Series baik itu GSX-R150 atau GSX-S atau mungkin GSX-Bandit atau yang sejenisnya, mesin ini saat ini masih diatas kompetitor paling tidak 10-15 thn yg akan datang di kelas 150 Naked/Sport.
    3. Mesin Address/ dan Nex II, saya rasa mesin andalan Matic Entry Level Suzuki kelas global ini juga masih bisa dikatakan diatas mesin mesin sekelasnya.
    Nah kedepan Suzuki mungkin sedangkan kembangkan :
    1. Maxi Burgman yang juga pengembangannya akan di Set diatas kompetitor untuk jangka yang lumayan lama 10-15 thn.
    2. Trail Suzuki juga sepertinya dikembangkan dengan pola sama termasuk GSX-R250 ini.
    Setelah mengembangkan mesin diatas rata-rata kompetitor kedepan Suzuki tinggal buat Varian yang lain dengan Common Part dengan mesin yang sudah ada, tinggal kubikasinya saja yang disesuaikan.
    Itu terawangan ane

    Guest
  25. Klo soal Engine rata-rata Mesin Suzuki untuk Mass Production emang Superior sih ga yang mesin gede atau mesin kecil.
    Era RG ya paling Superior, Era Cristal dan Bravo jg sama paling Superior, Era FXR jg diatas yang lain, Era Shogun jg diatas yang lain, Era bebek murah Smash jg mesin masih diatas yg lain (soal mesin ya bukan body), Era Thunder 250 jg diatas yg lain, Era Satria F, Satria FUFI, Satria 2 tak, Skywave, dll.
    Nah mulai blunder nih kayanya sih Thunder 125, Shogun Axelo, Nex 1, Shooter sama Lets.
    Mesin sih mungkin masih OK walau ketinggalan teknologi, misal yg lain dah Injeksi dia masih Karbu, dll, belum lg Design kesannya kurang kerja keras.
    Itu terawangan

    Guest
  26. Wak menurut ane yg nongol di deket stoplamp n spakbor itu rekaan stoplampny dehh, mirip kek gsxr 150 coba diputar balikan, n btw keknya air ram ada dua nihh di pojok kiri kanan bawah kira2, klo desain spt rekaan YM, auto laku ini mah, moga2 15000 rpm 40 Hp wak, ane klo ngomongin suzuki paling antusias wkwkkwk

    Guest
  27. Wak menurut ane yg nongol di deket stoplamp n spakbor itu rekaan stoplampny dehh, mirip kek gsxr 150 coba diputar balikan, n btw keknya air ram ada dua nihh di pojok kiri kanan bawah kira2, klo desain spt rekaan YM, auto laku ini mah, moga2 15000 rpm 40 Hp wak, ane klo ngomongin suzuki paling antusias wkwkkwk

    Guest
  28. Lah yang underseat persis itu kan Accu nya Wak.. kalau saya ga salah tanggap dengan yg di maksud wak haji dengan tanki di bawah seat.. cmiiw

    Guest

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.