Selain Varian KLX 250, KMI memboyong juga varian mini trail KSR 110. KSR 110 sebenarnya sudah jauh lebih terkenal lama dibanding KLX 250 ataupun Ninja 250R. Parts aftermarketnya maupun parts performanya sudah membludak di pasar jepang apalagi parts JDM nya seabreg dah, begitu yang saya dapet dari salah seorang brothers yang mukim di Jepang. Motor ini terlihat seperti motor mainan, walaupun sebenarnya ini adalah sebuah motor serius. Lihat deh mesin selonjor macam mesin bebek berdapur pacu 110 cc, sok depan Upsite down, monoshock, dan ban ring 12 TUBELES. Posturnya kira-kira 3/4 ukuran motor bebek membuatnya pas bila digunakan untuk berkomuter oleh anak remaja atau bahkan orang dewasa berpostur mungil macam saya 😀 . Transmisi Motor ini unik, mirip bebek yang semi otomatis, akan tetapi semua gearnya ke arah atas jadi untuk menaikan gear 1 sampai 4 harus dicongkel semua.

Kebetulan Haji Ato memiliki satu unit KSR 110 yang sedang menunggu nopol untuk dihadiahkan kepada putra sulungnya sebagai hadiah POL berpuasa Ramadhan kemarin. Nah saat saya silaturahmi ke tempat beliau saya sempat menjajal motor ini. Sebelum nyemplak saya agak ragu, bayangan saya impresi ridingnya akan sama dengan sepeda BMX, ternyata . . . . lebih mirip nyemplak bebek, agak ragu karena ….suer dah nggak jago bawa motor bebek saya. Seputer-duaputer halaman belakang showwroom mebelnya H Ato, enak juga dibawanya niy mini supermoto 😉 . Nyobain semua gear ah . . . . geber ke pom bensin Palsi Gunung, lumayan nyobain sampai 80 kpj, tanpa getaran atau feel yang aneh-aneh. mirip nyemplak bebek aja. Saya jadi ingat . . . dulu saat peresmian KNR, ada yang bawa motor ini dari Sunter jakarta sampai Rancamaya Bogor.

Bagaimana sistem pengeremannya?, Double disk bro Ban depan dan ban belakang sama-sama dikawal rem cakram dengan kaliper masing-masing satu piston saja. Saya rasa cukuplah untuk meredam momentum motor saat dihentikan. Lampu ? Lengkap !! head lamp, stop lamp, dan lampu sen. Kaca spoin panjang dan bulet khas retro bike. Ada engine stopnya khas motor-motor SE 😀 .Tapi mana elektrick starternya yah? ternyata cuma dikawal tuas selah doang mirip Ninja KRR 😀 . Ruang Bagasi tersedia dibawah jok cukup untuk memuat mantel ataupun tools set.

🙄 dilihat dari samping keker juga !!

🙄 spesifikasi KSR 110

🙄 di bawah jok, didepan aki, ada bagasi kecil

🙄 areal panel di setangnya cukup lengkap

Berikut Galeri Parts Aftermarket buat Ngomporin Haji Ato 😉

🙄 KSR 110 JDM _ MotoGP Replica KIT

mono shok Takegawa
mono shok Takegawa

berikut katalognya 😀 yang saya dapet dari sinih

semoga berguna

Taufik of BuitenZorg

25 COMMENTS

  1. ^ bro taufik
    numpang mampir
    atpm lain ada yang berani jual mainan kaya gini gak ya? ahm
    dengan monkay, ymki tt 110 r juga suzuki dengan vanvan.
    takegawa kualrin part buat ksr gak bro?

  2. Mas Taufik,
    kalo nggak salah aku pernah baca dimajalah/tabloid,motor ini sdh lama dan banyak beredar di Thailand,trus malah ada klubnya lagi.
    Benar nggak Mas?

  3. keren si pingin juga cma mahal yah 28 juta denger2.

    kenapa kwasaki gak produksi di sini juga yah kaya D-tracker 150 yg katanya mau juga
    siapa tau jadi 18jtan hehehehehe KSR klo di bikin di sini

  4. saya cuma punya spionnya aja (asli jepang) dipasang di skuter saya…hiks3x
    ini motor ada OMRnya klo ga salah di thailand..CMIIW

  5. nafas pendek, bagi yg pernah nyoba kwasaki athlete kayaknya basic mesin sama tp tarikan menang yg ini, .buat nikung dalam kecepatan 60kph tetep enak
    harga sekitar 21jt, saranku jangan ambil ini motor biar gak nyesel ntar, tp kalau buat orang mungil kayaknya pas

  6. nafas pendek, bagi yg pernah nyoba kwasaki athlete kayaknya basic mesin sama tp tarikan menang yg ini, .buat nikung dalam kecepatan 60kph tetep enak
    harga sekitar 21jt, saranku jangan ambil ini motor biar gak nyesel ntar, tp kalau buat orang mungil kayaknya pas 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here