Tulisan ini terispirasi tulisan-tulian teman-teman blogger tentang mentahnya rencana launching FZ-16 di Indonesia. Pernyataan Indra Dwi Sunda, promotion manager, PT YMKI yang dapat dimaknai bahwa kemungkinan launching FZ-16 cuma sekitar 20% menurut saya akan memberikan steriotipe yang nggak baik bagi korporat, YMKI pada khususnya…Ya steriotipe RAGU. Saya Nggak Tahu dan belum mendapatkan data hasil test ride yang dilakukan ‘intern’ YMKI terhadap motor ini. Tapi melihat Antusiasme umumnya biker dan spesifikasi motornya, keputusan mentahnya launching FZ-16 sungguh membuat kekecewaan dan tanda tanya yang besar.
Kenapa ya kira-kira? . . . kalu ditelisik dari spek mesinnya yang (mohon maaf) nggak terlalu advance ; sohc, 4 tak, air cooled . .. kayaknya dengan spek ini, adalah hil yang mustahal bila motor ini dibilang nggak sesuai/cocok dengan jalanan di tanah air 😉 memang sih dalam dunia bisnis semua harus dihitung untung ruginya . . . YMKI mungkin saja melihat secara bisnis ( baca = finansial) Berjuala FZ 16 nggak prospektif, entah melalui survei apa, hanya laporan diatas meja RnD nya yang tahu. Atau YMKI merasa tahu diri bahwa kapasitas produksinya yang masih terbatas, bisa menyulitkan langkah selanjutnya bila FZ16 jadi dilaunching . . karena ujung-ujungnya, bila permintaan membludak, Konsumen pasti dikecewakan karena panjangnya daftar antrean inden, bahkan bisa jadi kasus prioritas pembelian dengan kredit oleh dealer ‘iseng’ bisa terjadi lagi seperti dulu kasus V-Ixion . . . karena saya korbannya juga neh 😛 (curhat mode)
Atau bisa jadi keraguan YMKI ini, didasari oleh pengalaman blunder suzuki dahulu saat ‘mensuksesi’ Shogun 110 dengan shogun 125? dalam hal ini Penjualan V-Ixion dangan FZ16 yang dikhawatirkan akan saling mengkanibal . . .tapi. . . kayaknya jauh deh dari alasan yang terakhir ini. Secara Kasusnya beda.. dulu Shogun 125 kan belum di uji opini publik secara masif sebelum peluncurannya .. . sedangkan FZ 16 ini . . . yah YMKI Bisa nilai sendiri antusiasme konsumen. Prediksi saya, Kemungkinan besar dengan FZ 16 ini akan menimbulkan sebuah dorongan First Mover, seperti sejarah yang dicetak oleh Mio . . . so apakah YMKI mau kehilangan kesempatan ini? kalo prediksi saya benar . . . siyap-siyap rugi lho (minimal rugi momentum) 😀 Semoga Berguna
kalo mau jadi raja motor sport ya sekarang momentumnya, jual fz16 aka bison nya pak ! satu gerbong dengan scorpio, vixi, apalagi vixi dah mantap tuh jualannya.
nebak pikirannya YMKI kira2 begini :
Vixion udah mulai indent lagi
Mio produksinya digeber udah pol abizzz , tapi yang beli belum abis2
new vega zr udah mulai naek pamornya
tapi kapasitas pabrik belum cukup
tambah lagi diudak2 suruh juwalan fz16. PUUSIING ..PUUSIING…!
Saran buat YMKI, kapasitas pabriknya ditambah aja lagi pak ! kalo bisa produksi sampe 350 rb unit / bulan. Yakin deh akhir tahun YMKI bakal menang. Dealer YMKI ngabisin motor segitu mah eces kali pak !
iya bener Pa,, se7.. klo YMKI seperti ini, waahh bisa ke duluan sama yang laen,,beberap hari kemaren baca otodetik katanya MegaPro bakal “berubah” dengan Style yang lebih Muantabbbt,, So klo gitu Yamaha (YMKI) “hati-hati” aja,, ga bakalan jadi yang terdepan lagi dah. *hehe*.. 😀
Pantes dulu thn 2007 dan brapa lupa, di demo krywn’y. Masa pesangon jg G dpet sblum ada demo itu, kbangetan bget. YMKI untung’y bwt trans 7. Krywn’y nlangsa
emang ni,,kok akhir2 ini,,ymki mlempem inovasinya,,emang dalam menghadapi pasar harus hati2,,namun pasar juga butuh gebrakan dan inovasi produk,,kliatan nih,,segmen sport udah jenuh dalam model,,meskipun si vixi masih banyak demand,,tapi itu brapa lama???
Ikutan ah…
Klo mslnya mesinnya dirasa biasa aja, knapa gak dicopot bajunya aja yg keren trus templokin ke msn scoozy ato msn fiksen tanpa injeksi, ditnggng maknyuss
Kalo di luar negeri kebanyakan produsen yg nurut sama konsumennya, nah klo di indonesia mah,konsumen yg mesti ngerti keinginan dan keputusan pabrik. jadi yaaaah di sabar2 in aja deh, klo misalnya kagak jadi jg g ap2lah paling citra YMKI bakalan sedikit menurun terutama di mata pecinta motor sport touring
dpt bocoran nih dr tmn yg kerja di slh satu perusahaan motor jepang… 2010 ada perusahaan yg jadiin indonesia sbg mother plant R2 krn ktny indonesia potensiny bagus… top secret loh..
Kyknya Yamaha ga mau kue penjualan V-Ixion jd berkurang cz kbr launching FZ-16 bocor, makanya mrk bikin statement seperti itu…
Siapa yang ga ngiler dengan tampilan macho n futuristis walopun mesin msh konvensional apalagi harga di bwh Vixy…
BTW KLX 150 yang mesinnya msh konvensional tp harganya di atas Vixy penjualannya jg lumayan tuh… So, dengan senjata desain yang relatif baru ni kyknya bakalan cukup signifikan mengalihkan calon pembeli Vixy…
Kalo menurut gua sih Alasannya emang yang masalah kapasitas Produksi, Inget gak untuk memperbaiki Kapasitas produksi V-ixion aja harus menggunakan Tumbal RX-king. Nah kalo sudah begini Motor apa yang mau di korbankan oleh yamaha untuk Menyumbang kapasitas produksi ? soalnya sekarang line up yamaha Moderate semua, Dibilang laku gak selaku sebelahnya, dibilang gak laku juga gak bisa, Apalagi kalau melihat Rencana Fazer pada tahun 2010. Nanti akhirnya Daftar indennya 5 buku sampai habis.
^34.
Yup… Make Sense…
Mg2 aja yg dibilang Bro Sugeng tu Yamaha Motor Corp.
Biar Indonesia jd salah satu basis industri roda dua terbesar di dunia.. Ato jgn2 malah Honda? Amin…
mode ngarep : on
setelah saya amati, bujug buneng gw udah dioperlaps 36.. FZ16 gk perlu masuk kemari dah, cm ganggu jualan vixie.. Bodynya aje bwt gnti scouzi.. Scouzi aje nyang perlu dipermak, tinggal ksh oil cooler, rem blkng cakram n body FZ16.. huehehehe..
yup2 setubuh, eh setuju mas!
sudah banyak yang kebelet pingin nih motor! ymki iki piye to?
semakin banyak varian kan semakin sip. konsumen gak akan lari ke merek lain. Secara si tiger biru sudah ku jual nih. ayo gmn yamaha?
walah masa FZ16 sih yang diharap2in keluar, kenapa ga sekalian fazer 160, secara mesin sama cuman beda di bodi doang. FZ16 di india sana juga udah diganti ama model yang gini. masa biker sini masih ngarep model yang gak laku di luar. klo fazer yg keluar baru YMKI top bgt.. tp klo FZ16..alamaaakk,,kayak keluar dari mulut harimau masuk ke mulut buaya, disangka dikasi produk fresh ternyata ga gitu..hheheheheh
@Nick
Sampeyan msh mendingan,
Aku pake 2 no cantik Telkomsel yg satunya sdh 5 thn kupake nggak masalah,tapi yg satunya(yg no blkgnya 00000)bermasalah.Kupake sdh setahun lebih,sama Telkomsel Banjarmasin diblok sdh 2 bulan ini,alasannya itu no.itu milik operator,jadi sdh dua bulan ini nggak bisa kepake.hanya bisa terima tlp n terima sms.tiap kucek tagihan terjawab nggak ada status,pdhl dulu ada.Lucunya lagi biarpun nggak pernah kupake tlp n sms tagihan terakhir 200rb lebih.tp tetap kubayar,biar nggak keblokir.Karena banyak kenalan yg sdh pada tau no itu.siapa yg pake coba?lucu ya?bisanya operator egede gitu ngaco.hehehe…
Pdhl aku mulai thn ’96 (sjk tinggal di Surabaya)selalu pake Telkomsel sampe skrg lho.
Hehehe malah ngomongin operator seluler tpi emang iya juga nelpon pake simpati sering mantul bikin boros pulsa kadang sampe 5kali baru bisa.Maaf mas mau ngomentari fz16 dah capek gak juntrung keluar
Probabilitas kehadiran FZ 16 emang cuma 20% coz yg 80% adalah probabilitas kehadiran Yamaha Byson. Emang rugi banget kalo ampe batal coz para vendor dah bikin partnya, mau dkemanain kalo tu project ga jadi?
kalau aku sih idem sama ymki soale kalau jadi f16 keluar akan menjadi bumerang sendiri di kubu yamaha ,, bisa jadi benar apa yg di katakan bung taufik ,, akan terjadi saling makan memakan ,, juga kalau di lihat dari speck mesin juga kurang untuk pas untuk wangsa pasar kita ,,, orang cenderung ke mega pro atau tiger untuk jenis mesin yg kayak gitu cuma di tubuh f16 aja yg macho tapi mesin udah jadul … mungkin ini yg menjadi pertimbangan ymki bung taufik
^Jika menyasar segmen low entry menurut saya sih langkah YMKI masukkin Bison adalah langkah tepat. Di segmen tersebut konsumen membeli produk yg bener2 dibutuhkan n sensitif dgn harga. Kalo kata blog om Giri mah kategori “Dumb”. Populasi konsumen tersebut ga sedikit lho. Coba kita liat, penjualan AHM n YMKI ditopang type apa? Trus knapa Thunder sempat booming? Padahal apa yg bisa “dibanggakan” dari Revo, Vega n Thunder? Trus knapa produsen HP macam Nokia yg identik dgn Hp canggih memilih bikin juga hp2 murah yg minim fitur? Ya karena konsumen yg mementingkan fungsi n harga jumlahnya ga sedikit, merekalah pasar yg dominan.
Lantas jika secara mesin n fitur minim (sbg kompensasi dr rendahnya harga jual) apa yg bisa dijual? Desain/penampilan lah yg dijual.
So, dengan harga terjangkau, desain yg bagus n semakin meningkatnya Brand Awareness Yamaha, Bison adalah jualan yg potensial.
@Mas Topik
kali yang dimaksud tuh 80 persen gak keluar di 2009, jadinya 2010.
Soalnya dari beberapa bocoran “orang dalem” tuh motor dah didaptarin di departemen…… (aku gak tau daftarnya di departemen mana ya ??? ekekekekek)
Yang pasti bukan departemen agama…….hahahaha
CMIIW… (pake singkatan2 ahhh biar kerennnnnn)
@73moncer…
hasil penjualan Megapro dan Tiger yg masih terhitung lumayan meskipun Vixion yg memimpin adlah menjadi alasan BISON ini akan dijual…
penerimaan pasar masih menunjukan bahwa motor dgn design konvensional ternyata masih diperlukan.disamping Suzuki Thunder yg belum berubah…
ingat efek domino…ketika produk yg heboh ( sy tujukan ke MX,Vixion dan BISON kalau jd ) maka akan banyak orang ke dealer/showroom dan efeknya produk lainnya akan kena getahnya..imho….
haduh aku lagi pusing neh, lebaran gak mudik, berantem sama calon istri di bulan ramadhan. bener2 gak khusuk puasa tahun ini. rencana mo ke palembang naek motor tapi dapet nasehat “jangan deh, sumatra kan gak seperti jawa”
maap mas opik jadi curhat, mudik naek bison enak gak yah? (biar nyambung) 😀
Kartu im3 koq banyak masalah yaq,, gw juga pake, baru dapet setaunan sih
Tapi gak bisa mms-an babar blas, koneksi internet juga lambat..
Kartu xl ku malah yang memuaskan, udah umur 7 taon mau mms bisa, 3G oke juga, buat online lumayan
Tapi tarifnya agak mahal
😀
bukannya kalo mengeluarkan produk yang merupakan spek down dari produk sebelumnya, kenapa harus malu mengeluarkan produk spek down. YAMAHA juga sudah 2x melakukannya?? (CMIMW)
1. Setelah Jupiter Z dikeluarkan untuk mengantikan VEGA, yamaha kembali mengeluarkan VEGA R (100cc dan 110cc).
2. Setelah VEGA R di stop, di ganti dengan VEGA ZR (yang feature dari VEGA R dikurangi, spt gear positioning tidak ada dan foot step belakang yang cuma dari besi di tekuk).
Om Dewo tentu pernah denger istilah flagship, produk yg jadi flagship inilah yg diharapkan membawa image positif trhadap produsen scr umum, dalam kasus YMKI ini adalah aplikasi teknologi. Lantas jika si produsen mengklaim dirinya identik dgn teknologi terdepan lantas “haram” membuat produk “pahe”? Tidak, karena image tadi sudah “diamanatkan” ke si flagship tadi (dlm hal ini Vixi n MX), sementara produk2 di bawahnya cukup mengharapkan efek ikutan dari si flagship. Atau yg disebut efek domino seperti om Yahon bilang.
Bagaimanapun kue Thunder n Megapro terlalu renyah untuk dilewatkan gt aja, n BISON jawabnya. Masalah Vixi, bisa dinaikkan valuenya dengan memberi tambahan sentuhan. cmiiw
Bener Bro. Kalau saya lihat, sekarang ini YMKI lebih cenderung mengedepankan teknologi tingginya. Tag line ini telah men-drive mereka sendiri. Termasuk Vega yg kapasitasnya pun dinaikkan menjadi 115 cc supaya dapat meninggalkan kompetitornya.
Jadi upaya ini nampaknya dilakukan YMKI tidak hanya bagi flag ship-nya saja, tapi sudah mulai untuk semua lini produk-nya.
Dan YMKI terasa mengingkarinya jika mengeluarkan “motor baru” tapi “teknologi lama.” Seperti kita tahu, biasanya motor baru itu identik dengan teknologi baru/tinggi. Sayangnya itu tidak didapat dari FZ-16.
Kurang lebih demikian pendapat pribadi saya yg sederhana Bro. Mohon dikoreksi jika salah.
Gua sih gak perlu teknologi baru, tongkrongan lebih sangar, klo mau kuenceng di oprek aja.
Klo perlu dikasih 2 option FZ16 , injection ama non injection.
klo punya duit lebih pilih aja yg dah injection.
Naksir berat gua ama ni motor.
@om Dewo
IMHO, saya kira Vega ZR yg cc-nya lebih gede dibanding kompetitor bukan bagian dr tagline teknologi smakin d depan, tapi lebih condong ke implementasi strategi diferensiasi yg biasa dilakukan YMKI selama ini (125cc vs 135, 200 vs 225).
Dalam itung2an bisnis, ZR n Bison diposisikan untuk mengisi segmen low entry besar sekali porsinya. Jika YMKI memaksakan diri memasuki segmen ini dengan motor yg full fitur n hi tech maka akan sulit skali tercover karena akan berkorelasi dgn product cost yg tinggi
hmm…aku rasa ini bakalan jadi strategi jitu…banyak orang jadi tambah penasaran khan??
contohnya comment di Blog ini, top hits banget, aku dapet angka 93…
soo…think YMKI has choose the right path, due to the rush situation
@cuxx
benar sekali, omongan 20% seperti yg diucapkan Dwi Sunda tuh dah biasa diucapkan orang2 ATPM. Bukan hal baru. Sama aja kyk kalimat “belum ada rencana”, “kita masih pelajari” dsb, n tau2 brojol. Tujuannya macem2, bisa u psy war, mancing animo publik dsb. Dengan adanya pembicaraan seperti ini justru menjadi publikasi gratis, sama kyk gosip artis. Itulah yg dharapkan pabrikan
Tambahan lagi, fakta2 di lapangan menunjukkan indikasi yg kuat akan kehadiran Bison. Coba aja tanyain Bison deh ama orang2 dealer (jangan nanya FZ 16, mereka gak ngeh).
Dah gitu part2 yg udah dibikin ama vendor mau dkemanain coba?
enaknya ngabuburit sambil baca comment si moncer ama dewo..
bikin rasa laper ilang, terbius ama comment2 mrk…seru bgt…
TAPIIII, gw sebel tuh FZ16 keluar or gak seh!!!!
@97 jafo
dah kepanjangan nih tulisannya ane hehe.., apa mending dibikin blog skalian aja ya?
Sabar om, indikasinya sih kuat bakal keluar bulan depan, ato paling gak November bareng jupiter ZZ
Di satu sisi itu memang strategi differensiasi yg biasa dilakukan oleh YMKI. Tapi strategi differensiasi YMKI ini sebenarnya sesuai dgn tag line-nya, yaitu “Yamaha semakin di depan.” Selain teknologi, bisa juga kapasitasnya yg dinaikkan. Namun harganya tetap lebih kompetitif dibanding kompetitornya. Prinsipnya: teknologi, fitur, kapasitas lebih, tapi harga sebanding atau lebih murah. Inilah yg disebut sebagai “selalu yg terdepan.”
Kalau Vega ZR posisi marketnya (segmen) sudah jelas. Sedangkan FZ-16 (Bison) bisa kalah bersaing dibanding kompetitornya karena cuma mengandalkan “tampang” tanpa dibarengi fitur teknologi. Nah, ini bisa jadi bahan olok-olokan bagi kompetitornya. Apalagi jika harganya lebih tinggi dari Honda Megapro (kompetitor sekelas) atau Bajaj Pulsar 180, bisa-bisa tag line “Yamaha semakin di depan” harus diturunkan alias diganti.
Di sisi lain, jika FZ-16 keluar, bisa jadi pasar V-ixion terganggu. Namun opini saya bisa saja salah. Hehehe… lha wong saya ini seringnya sok tahu.
wah menarik banget baca komen mas dewo dan moncer memberikan kesegaran baru sambil menunggu bedug magrib 😀
menurut aye..YMKI secara sepihak mungkin telah menganggap motor (bison) ini cukup cangih paling tidak di segmen motor 150 cc dengan harga 16-18 juta,atau dengan kata lain worthy laaaa
apasaja yangbisa diklaim cangih?
kalau mesin dan rem belakang tentu saja masih belum bisa dibilang canggih 🙁 . . . tapi gak papa…toh megapro pun mesinnya ngak terlalu advance
lain ceritanya bila dikomparasi dengan cbr 150 atau (alm) fxr 150
tapi trend midship mufler, ban belakang bertapak lebar, spedometer digital dan bentuk berotot khas faktor keturunan genetik Farian FZ 1 lah membuatnya bisa dibilang cukup ‘didepan’ ..
cmiiw
tentu ‘didepan’ ini bila dibanding motor2 segmen 150-160 cc yang beredar sekarang maksutnya 😀
FZ 16 = Telor setengah mateng
Mega Pro = Telor yang dipaksa mateng, ko ge betelor lagi
Tiger = Telor yang terpaka mateng, telor terakhir..ga bisa betelor lagi..
Scorpio = Telor gagal..
Vixi = bener-bener telor 🙂
Sambil nunggu sahur, iseng coment
@om Opik, yah seperti yg saya tulis di koment sebelumnya ni motor menjual desain. karena menyasar segmen sport low entry, mau gak mau Bison dibandrol dengan harga miring dengan konsekuensi mesin n fitur lainnya ga trlalu advance. Lantas apa yg dijual? Desainnya! Untuk ukuran sport lokal, desain Bison ini mempunyai keunggulan komparatif. Kalo yg lain pointnya 7, Bison ini layak dapat poin 8 atau 8.5 lah.
Bisakah konsumen menerima Bison yg minim fitur mesin n teknologi? Bisa, mayoritas konsumen kita didominasi type konsumen Dumb yg menekankan fungsi n harga sehingga harus disiasati dengan desain yg cantik. Ibaratnya ga peduli gadis ato janda, yg penting cantik n sexy hehe.. Buktinya? Angka penjualan Megapro, Thunder n Miyo bisa jadi contoh. Belum lagi Minerva 150 n KLX 150 yg lumayan fenomenal. Dah gitu Megapro n Miyo meraih ICSA d kelasnya. Padhal secara mesin n teknologi ga ada yg bisa “dibanggakan” dibandingkan pesaingnya (Meggy vs Vixi, Miyo vs Vario-Beat). Gitu jg Thunder, Minerva n KLX 150, Fiturnya biasa aja tp bisa laris khan? Di rentang harga yg sama cuma ada Pulsar yg dari segi mesin n fitur sedikit lebih unggul, tapi kan gak disupport sm jaringan 3S n brand image.
Bisakah Bison memangsa Vixion? Bisa terjadi jika pricingnya ga pas. Disparitas harga yg tegas (yg diimbangi peningkatan Value Vixi) bisa menciptakan segmen masing2 sehingga tidak saling memakan. Bukankah Vega n Jupi Z penjualannya sama2 bagus n punya segmen masing2 meskipun basic motornya sama?
Apakah Yamaha bakal diolok2 jika Bison keluar? Biasa terjadi itu mah n bisa dialami siapa saja. Toh Yamaha udah biasa diolok2 (n juga mengolok2 hehe..). Sebelum meluncur, ZR juga sering diolok2 n kerap dibanding2kan ama Blade yg begitu dipuja-puji (saat itu kehadiran abs revo luput dr perhatian shg ga masuk perbandingan) tapi nyatanya nasibnya berbanding terbalik kan? ZR ternyata bisa sukses meski harus dibayar dengan strategi marketing yg sangat menguras tenaga. Sementara Blade nasibnya lebih ngenes. Contoh lain, meski Nokia memproduksi hp murah yg cuma bisa nlp-SMS tidak lantas membuat jatuh pamor Nokia yg identik dg Hp kaya inovasi kan?
IMHO, dengan desain yg cantik Bison punya starting poin yg lebih baik ketimbang ZR yg berpenampilan (maaf) seadanya. Dengan demikian, nanti YMKI ga harus terlalu menguras energi seperti saat menjual ZR.
Last, dengan faktor2 d atas menurut saya Bison berpotensi jadi motor sejuta umat kayak Thunder ato Meggy. Jangan anggap remeh segmen Low Entry karena di sanalah pasar sesungguhnya berada. So, inilah kesempatan menjungkalkan dominasi Honda secara telak. Now or Never!!
Taufik:
wooooww . . .great coment…bisa dijadiin satu artikel sendiri niy 🙂
ini motor sport low entry biarpun jadul mesinnya, tapi megapro dan tiger juga sama2 jadul. Cuma FZ16 body muscle, spedometer digital, muffler keren , ban gambot abisss !
Dibandrol 16-17 juta gimana ? secara teori harusnya mega pro sama tiger keok ! Tapi AHM beruntung, masih punya konsumen yang loyal sama motor bermesin jadul.
YMKI paling jago bikin motor murah dan awet, murah dalam arti price and value nya seimbang. Tiger ? 24 juta dgn mesin jadul kayak FZ16 ? OMG !!!!
FZ16 dimodalin 160 cc, buat yang cinta motor konvensional ga masalah, paling siap2in obeng buat oprek upgrade sampe 200 cc, atau 250 cc ?
Lengkap kan jadinya kalo FZ16 keluar aka dijuwal ? yg hitech ada ! yang konvensional juga ada ! Tinggal kita mau pilih yang mana ? Kalo saya memang udah niat, kalo FZ16 jadi dilaunching , mau saya “asuh” berdua dengan kakaknya si vixi.
Kemungkinan malah bisa jadi kecil2 cabe rawit , jadi giant killer barunya yamaha setelah vixi.
Skarang gmana kalo kompetitor beratnya (AHM) ingin menjegal Bison? Megapro yg konon hendak dganti mau gak mau harus bermain d segmen yg sama yaitu sport pahe n mesti dpasang d span harga yg setara. Ujung2nya ya adu cantik penampilan n harga, bukan ke aplikasi teknologi.
Kalo misal pengganti Megapro ini punya spek mesin n fitur yg lebih advance ketimbang Bison/Megapro sulit rasanya mengharapkan New Megapro seharga Megapro skarang. Selain terhambat faktor product cost, juga melihat trend slama ini apa AHM rela memasang harga lebih murah/setara dengan mesin n fitur lebih unggul?
Dengan Megapro skarang yg udah 19jtan, mau gak mau penggantinya baik yg versi pahe maupun versi advance bakal lebih mahal lg (19-20). Dengan demikian pengganti Megapro nantinya akan tetap head to head dgn Vixi seperti skarang, bukan Bison. Gimana jika pengganti Megapro ini dipasang d span 17-18jtan sebagaimana rencana Bison? Susah, sebab harus mempertimbangkan eksistensi CS1, terlalu mepet. CS1 bisa makin nelangsa lagi Kecuali jika CS ini dilikuidasi n dijadiin sport sekalian.
Jadi jika Bison tetap bermain di harga 17-18jtan maka posisinya aman tanpa saingan. Jarak harga dengan Vixi maupun Megapro yg skarang pun sudah cukup aman. Saingan Bison praktis cuma Thunder ama sport India (Pulsar n Apache), tapi India masih bisa dikesampingkan karena faktor support 3S dan Brand Image. Dengan keunggulan desain yg lebih cantik, mesin yg lebih besar dan brand image yg semakin kuat, Bison bisa mengatasi Thunder yg belum menunjukkan tanda2 bakal direfresh
^
Moncer, ente bener2 pengamat motor buanget nih… top dah..
lanjutGan comment mu…:)
bisa kebayang tuh mulai dari CS-1,megapro, thunder ama mongtor “nehi-nehi” bakal makin kurang peminatnya, mulai beralih ke bison euy..
kok gw skr mulai ngiler ama bison lagi yah? jiakakak…
Bpk2 di YMKI pada baca nih blog gk yah?
moga aja mrk baca, trus jd nafsu n kalap abis baca comment moncer, trus produksi tuh bison cepat2… kompor, mode : ON
@Mas Taufik..Moncer , Jafo , CHM
tak tambahin ya Dab….
Trend midship mufler, ban belakang bertapak lebar, spedometer digital dan bentuk berotot khas faktor keturunan genetik Farian FZ 1 lah membuatnya bisa dibilang cukup ‘didepan’ ..ditambah MONOSHOCK , telah menjadi fitur yg tidak dipunyai oleh kompetitor besarnya “AHM”
jelas kalah telak 5 = 0 , sedangkan mesin boleh dibilang 11 12 lah..imho
keculai Megapro reborn..
para modifikator-pun sudah ancang-ancang untuk mengambil kaki2 kekar Bison ini…( dibanding kaki2 limbah )….
@Mas Dewo
Walaupun statetement dari YMKI 80% gagal…
Tapi beberapa testimony dari orang yang bertanya ke mekanik2 di BERES yamaha . . .para mekanik berbaju merah maupun biru sudah banyak yg bertestimoni bahwa Yamaha akan merilis ‘motor sport baru’ . . . kayaknya beneran sibison ini . ..
kapan? only time will tell 😀
@Mas Topik 114
Bener Kang… pendaftarannya katanya dah bulan kemaren masuk..
berarti kira2 awal taun 2010……….
momennya pas… pas, soalnya ada alasan naik harga…
kekekekekek
@99 moncer, rekananku yg orang marketing supplier yamaha pernah bilang dapat order part motor yamaha yg modelnya sekilas seperti cs-1. motor apakah itu ?
pernyataan yang bener yang mana? jadi ngeluarin or ngak? jangan ngeluarin yang ngak2. ngemeng aja neh, fazar dah berapa tahun diberitain mo turun tapi mana?
Momnetum saat ini, ketika sampai menjelgn kwartal 2 byson blm jga muncul. AHM bisa memanfaatkan peluang. tentu dengan biki kejutan produk yang lebih baik dari byson… tapi apa ya…?
bener kang taufik ayo yamaha keluarin FZnya walaupun ngak pake pertamakkk heheheh
di tunggu2 akhirnya pertamakk juga hehehhe
dimaklumin aja soale fanatik berat Blog ini peace ahhh
masih pertamax kah aku ini????
tul bang…. banyak konsumen yang pingin beli ni motor…
kalo mau jadi raja motor sport ya sekarang momentumnya, jual fz16 aka bison nya pak ! satu gerbong dengan scorpio, vixi, apalagi vixi dah mantap tuh jualannya.
nebak pikirannya YMKI kira2 begini :
Vixion udah mulai indent lagi
Mio produksinya digeber udah pol abizzz , tapi yang beli belum abis2
new vega zr udah mulai naek pamornya
tapi kapasitas pabrik belum cukup
tambah lagi diudak2 suruh juwalan fz16. PUUSIING ..PUUSIING…!
Saran buat YMKI, kapasitas pabriknya ditambah aja lagi pak ! kalo bisa produksi sampe 350 rb unit / bulan. Yakin deh akhir tahun YMKI bakal menang. Dealer YMKI ngabisin motor segitu mah eces kali pak !
Sori ya mas taufik, out of topik.
Podium tiga!
Rilis ga rilis,tetep neotech 97…Rugi?Yo wis ben..
Wah,isin aku…Ditlikung 2 rider di tikungan..
Yagh penonton kecewa..
Smakin gak asik nih yamaha
😛
@nick
sabar .. . kita tunggu berita abisa lebaran tentang si bison
ilang selera….
ilang selera….:P
@Jafo
kelamaan nunggu ya?
Kompas otomotif kemarin bilang thn 2010 akan dibanjiri motor sport. berdoa yuk supaya jadi kenyataan.
yamaha kali aja wait and see kompetitor..
tapi kalo kelamaan wait ya see u….
🙄
iya bener Pa,, se7.. klo YMKI seperti ini, waahh bisa ke duluan sama yang laen,,beberap hari kemaren baca otodetik katanya MegaPro bakal “berubah” dengan Style yang lebih Muantabbbt,, So klo gitu Yamaha (YMKI) “hati-hati” aja,, ga bakalan jadi yang terdepan lagi dah. *hehe*.. 😀
YMKI rugi ??
Karyawan 75% kontrak = gaji minim.
Puasa G dpet bngkisan, su2 2 kaleng sminggu, voucher blanja, bngkisan lg pngganti snack.
Sepatu krja pke sepatu biasa di bgian trtentu, beli sndiri lagi. Lembur brg habis di suruh pulang.
Pantes dulu thn 2007 dan brapa lupa, di demo krywn’y. Masa pesangon jg G dpet sblum ada demo itu, kbangetan bget. YMKI untung’y bwt trans 7. Krywn’y nlangsa
20% tuh kyknya cuma permainan kata2 doang. Inget dulu Vixion gt, Dion Betty bilang belum ada rencana meski dah ada spy shot. Buktinya brojol
Mas opik, coment ane di artikel Fz 16 sblumnya kok mental mlulu ya?
emang ni,,kok akhir2 ini,,ymki mlempem inovasinya,,emang dalam menghadapi pasar harus hati2,,namun pasar juga butuh gebrakan dan inovasi produk,,kliatan nih,,segmen sport udah jenuh dalam model,,meskipun si vixi masih banyak demand,,tapi itu brapa lama???
Mas Taufik, coba tanyakan pada YMKI (YIMM & YMMWJ)
kalau bisa langsung ke Yoshiteru takahasi
Yamaha oh yamaha..
Ada apaaa denganmuuu..
^
Hanya malam dapat meleburkan
Segala rasa yg tak terungkapkan
Tapi mengapa ymh tak berubah
Ada apa dg mu……….
(sambungan lagu fraziel mode on)
🙂
Apa ga takut lg yagh ymh kalah bulan ini
Padahal fz ini udah ditunggu and digembar gemborkan akan masuk,tapi…….
🙁
Aduh koq YMKI jadi meniru tetangga sebelah sih ?
Apa karenana dah merasa “cukup” untung kali ya?
^
ehm…ehm…ehm….
Fraziel masih satu keluarga ma ariel peterpan yagh,abist namanya hampir mirip……
Xixixiiiiiii……..
coba scuozy digantiin ma fz16 ini,saia yakin duetnya dg vixion makin terkenal and laris………………………
🙂
Kalo menurut feeling saya tuh motor 99% pasti brojol.
@beng2
Oh noo,, jangan di blow up disini om
Ntar ketauan kalo saia itu sesungguhnya adalah ariel peter pan yang menyamar
Hohoho
😛
@coco
Setujuuu..
Menurut laporan intelijen saia juga ni motor pasti brojol
Tapi kapan, wah ndak tau saiaa..
Biasanya yang tau beginian bro yahon..
intinya satu…! konsumen berSABAR aja sambil ngelus DADA betul??:P
keren post . . .
datang and kasih komen yha di bloq qu http://qtime2009.wordpress.com/
Ikutan ah…
Klo mslnya mesinnya dirasa biasa aja, knapa gak dicopot bajunya aja yg keren trus templokin ke msn scoozy ato msn fiksen tanpa injeksi, ditnggng maknyuss
Kalo di luar negeri kebanyakan produsen yg nurut sama konsumennya, nah klo di indonesia mah,konsumen yg mesti ngerti keinginan dan keputusan pabrik. jadi yaaaah di sabar2 in aja deh, klo misalnya kagak jadi jg g ap2lah paling citra YMKI bakalan sedikit menurun terutama di mata pecinta motor sport touring
^fraz
Ketik reg spasi primbon kirim ke 6969
Utk mengetahui nasib fz
🙂
@26
Gw tambain,
Sambil istighfar
Dah eneg duluan..YMKI mesti belajar banyak ma Yamaha india..
Bukankah YANG PERAGU dan TERLALU BANYAK PERTIMBANGAN yang bakal… eh sudah menang ??? Pis!
dpt bocoran nih dr tmn yg kerja di slh satu perusahaan motor jepang… 2010 ada perusahaan yg jadiin indonesia sbg mother plant R2 krn ktny indonesia potensiny bagus… top secret loh..
Kyknya Yamaha ga mau kue penjualan V-Ixion jd berkurang cz kbr launching FZ-16 bocor, makanya mrk bikin statement seperti itu…
Siapa yang ga ngiler dengan tampilan macho n futuristis walopun mesin msh konvensional apalagi harga di bwh Vixy…
BTW KLX 150 yang mesinnya msh konvensional tp harganya di atas Vixy penjualannya jg lumayan tuh… So, dengan senjata desain yang relatif baru ni kyknya bakalan cukup signifikan mengalihkan calon pembeli Vixy…
Kalo menurut gua sih Alasannya emang yang masalah kapasitas Produksi, Inget gak untuk memperbaiki Kapasitas produksi V-ixion aja harus menggunakan Tumbal RX-king. Nah kalo sudah begini Motor apa yang mau di korbankan oleh yamaha untuk Menyumbang kapasitas produksi ? soalnya sekarang line up yamaha Moderate semua, Dibilang laku gak selaku sebelahnya, dibilang gak laku juga gak bisa, Apalagi kalau melihat Rencana Fazer pada tahun 2010. Nanti akhirnya Daftar indennya 5 buku sampai habis.
2014 pasar otomotif di prediksi lesu
^34.
Yup… Make Sense…
Mg2 aja yg dibilang Bro Sugeng tu Yamaha Motor Corp.
Biar Indonesia jd salah satu basis industri roda dua terbesar di dunia.. Ato jgn2 malah Honda? Amin…
mode ngarep : on
barang saya juga jadul nih….
udah puluhan tahun…
ha ha ha ha
ups…sori
kemarin liat 2 FZ 16 sekaligus di t4 parkir..
keduanya warna putih…
udah saya liat kiri kanan..atas bawah..
gak ada yg spesial kok…
paling-paling tanki kondomnya yang gede itu…
he he he…
kayanya vixion masih lebih bernilai..
setelah saya amati, bujug buneng gw udah dioperlaps 36.. FZ16 gk perlu masuk kemari dah, cm ganggu jualan vixie.. Bodynya aje bwt gnti scouzi.. Scouzi aje nyang perlu dipermak, tinggal ksh oil cooler, rem blkng cakram n body FZ16.. huehehehe..
pokoke, mo nongol, mo kagak, gw gk peduli dah…
Ini kan Motor Buangan, di India sono Gak laku…
yup2 setubuh, eh setuju mas!
sudah banyak yang kebelet pingin nih motor! ymki iki piye to?
semakin banyak varian kan semakin sip. konsumen gak akan lari ke merek lain. Secara si tiger biru sudah ku jual nih. ayo gmn yamaha?
@26 xxl123
ingat bro, hanya dada sendiri saja yg dielus2… (jgn yg lain)
@Adesum: setuju bro!
body fz mesin pio! maknyus tuh!
Spec down, cuma karburator, rem belakang tromol. Tampang doang digaharin. Apa kata dunia ? Teknologi terbelakang ?
kalo emang 80% gak jadi diluncurin..beuh..jadi,ga napsu makan.. 🙁
moga -moga yang malah lauching YZF-R15
Scorpio berbaju fz trus vixion jdiin r15, pasti laris manis n ndak memakan korban product yg laen
Disini gunung disana gunung ditengah2 pohon kelapa. Atpm bingung konsumen bingung nungguin produk yg gak jelas jluntrungannya…
(opera van java mode) YAAE!
Amunisi FZnya blm cukup kali yah (baru 20% maebe)??
YMKI nunggu sampe produksi FZ 16nya cukup, biar indentnya nggak numpuk kayak Vixy lagee..
Hehe 😉
Ganti striping kang blogna? Hehe 🙂
mungkin test ride-nya belum ada yang sampai sekian puluh ribu kilometer…
semoga launching bukan hil yang mustahal 🙂
Takut vixion kemakan?jadikan dia R15.FZnya buat gantiin t4 vixy.toh yg dilawan cuma Mega pro,ga usah canggih2 lah
@sugeng + rider
Menurut penerawangan saia sih Yamaha kayaknya..
Honda..?? Masih jauh deh..
😀
Body sih gw acungin jempol. tapi masak motor baru cuma segitu teknologinya. trus apa bedanya sama Megapro? Ini sih sama aja ama Megapro ganti casing.
Waduh gimana nih..kok jadi mentah lagi..
padahal kalau jadi di telorkan pasti banyak yang nunggu..
bagaimana YMKI …..
walah masa FZ16 sih yang diharap2in keluar, kenapa ga sekalian fazer 160, secara mesin sama cuman beda di bodi doang. FZ16 di india sana juga udah diganti ama model yang gini. masa biker sini masih ngarep model yang gak laku di luar. klo fazer yg keluar baru YMKI top bgt.. tp klo FZ16..alamaaakk,,kayak keluar dari mulut harimau masuk ke mulut buaya, disangka dikasi produk fresh ternyata ga gitu..hheheheheh
@15, pan sekbagian dah mencelat.. ada yg ke adm, ada yg ke kompetitornya
mending diambil alih aja ama Minerva, ga pake basa-basi… langsung brojol…
Go… KMI & MMI…!!
😀
Ymki sharusnya membuka segmen sport dg cc yg lbh besar..
Minimal 250cc lah..
Gimana kalo berjubah mirip2 r6 lah..
Pasti mantab..
Kmi aja brani,msak yg jualannya lbh laris gak brani?
Xixixi…
Mastaufik numpang oot.
Dimana gw harus bicara dgn cco mentari?
Gw pake m3 n tanya cco mengenai no.mentari, katanya suruh contact to 100 pake no.mentari langsung,
*cco im3 bilang,jangan pake m3 ya bapak..
Oke..,skrg gw tlpon pake no. mentari ke portal 100 n gw tanya ttg mentari, katanya salah,
*Maaf ini cco Im3..
Hhhhhh…
malas gw jd bola..
Disuruh bolak balik tanya..
lama2 hbs nich pulsa 🙁
Ada yg tau ga?
Thank you in advance
🙂
@Nick
Sampeyan msh mendingan,
Aku pake 2 no cantik Telkomsel yg satunya sdh 5 thn kupake nggak masalah,tapi yg satunya(yg no blkgnya 00000)bermasalah.Kupake sdh setahun lebih,sama Telkomsel Banjarmasin diblok sdh 2 bulan ini,alasannya itu no.itu milik operator,jadi sdh dua bulan ini nggak bisa kepake.hanya bisa terima tlp n terima sms.tiap kucek tagihan terjawab nggak ada status,pdhl dulu ada.Lucunya lagi biarpun nggak pernah kupake tlp n sms tagihan terakhir 200rb lebih.tp tetap kubayar,biar nggak keblokir.Karena banyak kenalan yg sdh pada tau no itu.siapa yg pake coba?lucu ya?bisanya operator egede gitu ngaco.hehehe…
Pdhl aku mulai thn ’96 (sjk tinggal di Surabaya)selalu pake Telkomsel sampe skrg lho.
Hehehe malah ngomongin operator seluler tpi emang iya juga nelpon pake simpati sering mantul bikin boros pulsa kadang sampe 5kali baru bisa.Maaf mas mau ngomentari fz16 dah capek gak juntrung keluar
Probabilitas kehadiran FZ 16 emang cuma 20% coz yg 80% adalah probabilitas kehadiran Yamaha Byson. Emang rugi banget kalo ampe batal coz para vendor dah bikin partnya, mau dkemanain kalo tu project ga jadi?
@nimorate
dapet poinnya, dapet perbedaannya..
@nick
222 udah dicoba?
bilang sama operatornya ‘mas/mbak, dah pernah klilipan sim card ga?’..
apa YMKI mau yang ini dulu:
http://mygoldmachine.wordpress.com/2009/09/13/motor-baru-di-bulan-november-2009/#comment-4730
foto no 1 dan kedua bagus :D, numpang blogwalking, hehehe
di jamin ymki th 2010 bakal masukin yzf 125r.bnyk2 nabung lg..
hahaha … gambar ke-3 mantab! sotosop kah??
mas taufik ngomong2 ikut buka bersama AHM nggak?
kalau aku sih idem sama ymki soale kalau jadi f16 keluar akan menjadi bumerang sendiri di kubu yamaha ,, bisa jadi benar apa yg di katakan bung taufik ,, akan terjadi saling makan memakan ,, juga kalau di lihat dari speck mesin juga kurang untuk pas untuk wangsa pasar kita ,,, orang cenderung ke mega pro atau tiger untuk jenis mesin yg kayak gitu cuma di tubuh f16 aja yg macho tapi mesin udah jadul … mungkin ini yg menjadi pertimbangan ymki bung taufik
^Jika menyasar segmen low entry menurut saya sih langkah YMKI masukkin Bison adalah langkah tepat. Di segmen tersebut konsumen membeli produk yg bener2 dibutuhkan n sensitif dgn harga. Kalo kata blog om Giri mah kategori “Dumb”. Populasi konsumen tersebut ga sedikit lho. Coba kita liat, penjualan AHM n YMKI ditopang type apa? Trus knapa Thunder sempat booming? Padahal apa yg bisa “dibanggakan” dari Revo, Vega n Thunder? Trus knapa produsen HP macam Nokia yg identik dgn Hp canggih memilih bikin juga hp2 murah yg minim fitur? Ya karena konsumen yg mementingkan fungsi n harga jumlahnya ga sedikit, merekalah pasar yg dominan.
Lantas jika secara mesin n fitur minim (sbg kompensasi dr rendahnya harga jual) apa yg bisa dijual? Desain/penampilan lah yg dijual.
So, dengan harga terjangkau, desain yg bagus n semakin meningkatnya Brand Awareness Yamaha, Bison adalah jualan yg potensial.
biarin aja deh…
slogannya diambil lagi aja tuh… jadi ‘selalu menunggu yang didepan…’…
@Mas Topik
kali yang dimaksud tuh 80 persen gak keluar di 2009, jadinya 2010.
Soalnya dari beberapa bocoran “orang dalem” tuh motor dah didaptarin di departemen…… (aku gak tau daftarnya di departemen mana ya ??? ekekekekek)
Yang pasti bukan departemen agama…….hahahaha
CMIIW… (pake singkatan2 ahhh biar kerennnnnn)
@31 nick69
REG GONG LAUNCHING FZ16
6969
send….
Awas Nick kalo hadiahnya ndak dikirim….
xixixixixixixixixixixixixixixixixixixixixixiiii……
@76
wakakakak… beneran bro ?? pake di-blur gak gambarnya untuk daerah2 tertentunya ??
husssshhhhhh puasa…puasa……… astaghfirlullah………hehehehe
emang kalo udah ngidam motor baru ada ada comment untuk motor yang bikin heboh ini
@73moncer…
hasil penjualan Megapro dan Tiger yg masih terhitung lumayan meskipun Vixion yg memimpin adlah menjadi alasan BISON ini akan dijual…
penerimaan pasar masih menunjukan bahwa motor dgn design konvensional ternyata masih diperlukan.disamping Suzuki Thunder yg belum berubah…
ingat efek domino…ketika produk yg heboh ( sy tujukan ke MX,Vixion dan BISON kalau jd ) maka akan banyak orang ke dealer/showroom dan efeknya produk lainnya akan kena getahnya..imho….
biarin dah gak keluar, ane mo nikah aja lah dari pada mikirin beli motor baru.
@lordubay
nah loh…….. bener bro, nikah aja dulu…baru…
kawin …ekekekekek
terus siapa wanita yang ketiban musibah bro..??
hahahah… piss bercanda……..
@ awakku
haduh aku lagi pusing neh, lebaran gak mudik, berantem sama calon istri di bulan ramadhan. bener2 gak khusuk puasa tahun ini. rencana mo ke palembang naek motor tapi dapet nasehat “jangan deh, sumatra kan gak seperti jawa”
maap mas opik jadi curhat, mudik naek bison enak gak yah? (biar nyambung) 😀
ngadat melulu kali?!
L.U
wakakakakakaka
nick
kartu gw em3 dah 8 tahun make..( hoki bgt yah)…tpi gak bisa 3G..an…pdhal dah bolak balik ke provider nyah…
Kartu im3 koq banyak masalah yaq,, gw juga pake, baru dapet setaunan sih
Tapi gak bisa mms-an babar blas, koneksi internet juga lambat..
Kartu xl ku malah yang memuaskan, udah umur 7 taon mau mms bisa, 3G oke juga, buat online lumayan
Tapi tarifnya agak mahal
😀
Lah iki lho malah curhat2an kartu henpon je
bukannya kalo mengeluarkan produk yang merupakan spek down dari produk sebelumnya, kenapa harus malu mengeluarkan produk spek down. YAMAHA juga sudah 2x melakukannya?? (CMIMW)
1. Setelah Jupiter Z dikeluarkan untuk mengantikan VEGA, yamaha kembali mengeluarkan VEGA R (100cc dan 110cc).
2. Setelah VEGA R di stop, di ganti dengan VEGA ZR (yang feature dari VEGA R dikurangi, spt gear positioning tidak ada dan foot step belakang yang cuma dari besi di tekuk).
GAK NIAT……………………..
Justru FZ-16 jangan masuk Indonesia. Kalau masuk, YMKI malah bikin blunder yg bisa diketawain kompetitornya. Mengapa begitu? Berikut analisis saya:
http://dewo.wordpress.com/2009/09/03/kemungkinan-besar-fz1615-tidak-akan-hadir-di-indonesia/
Maaf jika promo-link, tapi faktor yg tulis di situ mungkin yg jadi perhitungan YMKI.
Peace…
Om Dewo tentu pernah denger istilah flagship, produk yg jadi flagship inilah yg diharapkan membawa image positif trhadap produsen scr umum, dalam kasus YMKI ini adalah aplikasi teknologi. Lantas jika si produsen mengklaim dirinya identik dgn teknologi terdepan lantas “haram” membuat produk “pahe”? Tidak, karena image tadi sudah “diamanatkan” ke si flagship tadi (dlm hal ini Vixi n MX), sementara produk2 di bawahnya cukup mengharapkan efek ikutan dari si flagship. Atau yg disebut efek domino seperti om Yahon bilang.
Bagaimanapun kue Thunder n Megapro terlalu renyah untuk dilewatkan gt aja, n BISON jawabnya. Masalah Vixi, bisa dinaikkan valuenya dengan memberi tambahan sentuhan. cmiiw
@Bro Moncer #90,
Bener Bro. Kalau saya lihat, sekarang ini YMKI lebih cenderung mengedepankan teknologi tingginya. Tag line ini telah men-drive mereka sendiri. Termasuk Vega yg kapasitasnya pun dinaikkan menjadi 115 cc supaya dapat meninggalkan kompetitornya.
Jadi upaya ini nampaknya dilakukan YMKI tidak hanya bagi flag ship-nya saja, tapi sudah mulai untuk semua lini produk-nya.
Dan YMKI terasa mengingkarinya jika mengeluarkan “motor baru” tapi “teknologi lama.” Seperti kita tahu, biasanya motor baru itu identik dengan teknologi baru/tinggi. Sayangnya itu tidak didapat dari FZ-16.
Kurang lebih demikian pendapat pribadi saya yg sederhana Bro. Mohon dikoreksi jika salah.
Salam.
Gua sih gak perlu teknologi baru, tongkrongan lebih sangar, klo mau kuenceng di oprek aja.
Klo perlu dikasih 2 option FZ16 , injection ama non injection.
klo punya duit lebih pilih aja yg dah injection.
Naksir berat gua ama ni motor.
@om Dewo
IMHO, saya kira Vega ZR yg cc-nya lebih gede dibanding kompetitor bukan bagian dr tagline teknologi smakin d depan, tapi lebih condong ke implementasi strategi diferensiasi yg biasa dilakukan YMKI selama ini (125cc vs 135, 200 vs 225).
Dalam itung2an bisnis, ZR n Bison diposisikan untuk mengisi segmen low entry besar sekali porsinya. Jika YMKI memaksakan diri memasuki segmen ini dengan motor yg full fitur n hi tech maka akan sulit skali tercover karena akan berkorelasi dgn product cost yg tinggi
hmm…aku rasa ini bakalan jadi strategi jitu…banyak orang jadi tambah penasaran khan??
contohnya comment di Blog ini, top hits banget, aku dapet angka 93…
soo…think YMKI has choose the right path, due to the rush situation
@cuxx
benar sekali, omongan 20% seperti yg diucapkan Dwi Sunda tuh dah biasa diucapkan orang2 ATPM. Bukan hal baru. Sama aja kyk kalimat “belum ada rencana”, “kita masih pelajari” dsb, n tau2 brojol. Tujuannya macem2, bisa u psy war, mancing animo publik dsb. Dengan adanya pembicaraan seperti ini justru menjadi publikasi gratis, sama kyk gosip artis. Itulah yg dharapkan pabrikan
Tambahan lagi, fakta2 di lapangan menunjukkan indikasi yg kuat akan kehadiran Bison. Coba aja tanyain Bison deh ama orang2 dealer (jangan nanya FZ 16, mereka gak ngeh).
Dah gitu part2 yg udah dibikin ama vendor mau dkemanain coba?
enaknya ngabuburit sambil baca comment si moncer ama dewo..
bikin rasa laper ilang, terbius ama comment2 mrk…seru bgt…
TAPIIII, gw sebel tuh FZ16 keluar or gak seh!!!!
@97 jafo
dah kepanjangan nih tulisannya ane hehe.., apa mending dibikin blog skalian aja ya?
Sabar om, indikasinya sih kuat bakal keluar bulan depan, ato paling gak November bareng jupiter ZZ
@ Bro Moncer #93,
Di satu sisi itu memang strategi differensiasi yg biasa dilakukan oleh YMKI. Tapi strategi differensiasi YMKI ini sebenarnya sesuai dgn tag line-nya, yaitu “Yamaha semakin di depan.” Selain teknologi, bisa juga kapasitasnya yg dinaikkan. Namun harganya tetap lebih kompetitif dibanding kompetitornya. Prinsipnya: teknologi, fitur, kapasitas lebih, tapi harga sebanding atau lebih murah. Inilah yg disebut sebagai “selalu yg terdepan.”
Kalau Vega ZR posisi marketnya (segmen) sudah jelas. Sedangkan FZ-16 (Bison) bisa kalah bersaing dibanding kompetitornya karena cuma mengandalkan “tampang” tanpa dibarengi fitur teknologi. Nah, ini bisa jadi bahan olok-olokan bagi kompetitornya. Apalagi jika harganya lebih tinggi dari Honda Megapro (kompetitor sekelas) atau Bajaj Pulsar 180, bisa-bisa tag line “Yamaha semakin di depan” harus diturunkan alias diganti.
Di sisi lain, jika FZ-16 keluar, bisa jadi pasar V-ixion terganggu. Namun opini saya bisa saja salah. Hehehe… lha wong saya ini seringnya sok tahu.
~~~
@ Bro Moncer #96,
Emang part2 Bison sudah dibuat rekanan YMKI?
Salam.
Seratus !!
wah menarik banget baca komen mas dewo dan moncer memberikan kesegaran baru sambil menunggu bedug magrib 😀
menurut aye..YMKI secara sepihak mungkin telah menganggap motor (bison) ini cukup cangih paling tidak di segmen motor 150 cc dengan harga 16-18 juta,atau dengan kata lain worthy laaaa
apasaja yangbisa diklaim cangih?
kalau mesin dan rem belakang tentu saja masih belum bisa dibilang canggih 🙁 . . . tapi gak papa…toh megapro pun mesinnya ngak terlalu advance
lain ceritanya bila dikomparasi dengan cbr 150 atau (alm) fxr 150
tapi trend midship mufler, ban belakang bertapak lebar, spedometer digital dan bentuk berotot khas faktor keturunan genetik Farian FZ 1 lah membuatnya bisa dibilang cukup ‘didepan’ ..
cmiiw
tentu ‘didepan’ ini bila dibanding motor2 segmen 150-160 cc yang beredar sekarang maksutnya 😀
Nunggu yg brojol jd H2C nih mas. Aku jd panas dingin.. Hihi
FZ 16 = Telor setengah mateng
Mega Pro = Telor yang dipaksa mateng, ko ge betelor lagi
Tiger = Telor yang terpaka mateng, telor terakhir..ga bisa betelor lagi..
Scorpio = Telor gagal..
Vixi = bener-bener telor 🙂
🙂
Sambil nunggu sahur, iseng coment
@om Opik, yah seperti yg saya tulis di koment sebelumnya ni motor menjual desain. karena menyasar segmen sport low entry, mau gak mau Bison dibandrol dengan harga miring dengan konsekuensi mesin n fitur lainnya ga trlalu advance. Lantas apa yg dijual? Desainnya! Untuk ukuran sport lokal, desain Bison ini mempunyai keunggulan komparatif. Kalo yg lain pointnya 7, Bison ini layak dapat poin 8 atau 8.5 lah.
Bisakah konsumen menerima Bison yg minim fitur mesin n teknologi? Bisa, mayoritas konsumen kita didominasi type konsumen Dumb yg menekankan fungsi n harga sehingga harus disiasati dengan desain yg cantik. Ibaratnya ga peduli gadis ato janda, yg penting cantik n sexy hehe.. Buktinya? Angka penjualan Megapro, Thunder n Miyo bisa jadi contoh. Belum lagi Minerva 150 n KLX 150 yg lumayan fenomenal. Dah gitu Megapro n Miyo meraih ICSA d kelasnya. Padhal secara mesin n teknologi ga ada yg bisa “dibanggakan” dibandingkan pesaingnya (Meggy vs Vixi, Miyo vs Vario-Beat). Gitu jg Thunder, Minerva n KLX 150, Fiturnya biasa aja tp bisa laris khan? Di rentang harga yg sama cuma ada Pulsar yg dari segi mesin n fitur sedikit lebih unggul, tapi kan gak disupport sm jaringan 3S n brand image.
Bisakah Bison memangsa Vixion? Bisa terjadi jika pricingnya ga pas. Disparitas harga yg tegas (yg diimbangi peningkatan Value Vixi) bisa menciptakan segmen masing2 sehingga tidak saling memakan. Bukankah Vega n Jupi Z penjualannya sama2 bagus n punya segmen masing2 meskipun basic motornya sama?
Apakah Yamaha bakal diolok2 jika Bison keluar? Biasa terjadi itu mah n bisa dialami siapa saja. Toh Yamaha udah biasa diolok2 (n juga mengolok2 hehe..). Sebelum meluncur, ZR juga sering diolok2 n kerap dibanding2kan ama Blade yg begitu dipuja-puji (saat itu kehadiran abs revo luput dr perhatian shg ga masuk perbandingan) tapi nyatanya nasibnya berbanding terbalik kan? ZR ternyata bisa sukses meski harus dibayar dengan strategi marketing yg sangat menguras tenaga. Sementara Blade nasibnya lebih ngenes. Contoh lain, meski Nokia memproduksi hp murah yg cuma bisa nlp-SMS tidak lantas membuat jatuh pamor Nokia yg identik dg Hp kaya inovasi kan?
IMHO, dengan desain yg cantik Bison punya starting poin yg lebih baik ketimbang ZR yg berpenampilan (maaf) seadanya. Dengan demikian, nanti YMKI ga harus terlalu menguras energi seperti saat menjual ZR.
Last, dengan faktor2 d atas menurut saya Bison berpotensi jadi motor sejuta umat kayak Thunder ato Meggy. Jangan anggap remeh segmen Low Entry karena di sanalah pasar sesungguhnya berada. So, inilah kesempatan menjungkalkan dominasi Honda secara telak. Now or Never!!
^
Jualan telor ya Bro ScooterMan? hehe..
takut kyk CS1 kali
ini motor sport low entry biarpun jadul mesinnya, tapi megapro dan tiger juga sama2 jadul. Cuma FZ16 body muscle, spedometer digital, muffler keren , ban gambot abisss !
Dibandrol 16-17 juta gimana ? secara teori harusnya mega pro sama tiger keok ! Tapi AHM beruntung, masih punya konsumen yang loyal sama motor bermesin jadul.
YMKI paling jago bikin motor murah dan awet, murah dalam arti price and value nya seimbang. Tiger ? 24 juta dgn mesin jadul kayak FZ16 ? OMG !!!!
FZ16 dimodalin 160 cc, buat yang cinta motor konvensional ga masalah, paling siap2in obeng buat oprek upgrade sampe 200 cc, atau 250 cc ?
Lengkap kan jadinya kalo FZ16 keluar aka dijuwal ? yg hitech ada ! yang konvensional juga ada ! Tinggal kita mau pilih yang mana ? Kalo saya memang udah niat, kalo FZ16 jadi dilaunching , mau saya “asuh” berdua dengan kakaknya si vixi.
Kemungkinan malah bisa jadi kecil2 cabe rawit , jadi giant killer barunya yamaha setelah vixi.
Skarang gmana kalo kompetitor beratnya (AHM) ingin menjegal Bison? Megapro yg konon hendak dganti mau gak mau harus bermain d segmen yg sama yaitu sport pahe n mesti dpasang d span harga yg setara. Ujung2nya ya adu cantik penampilan n harga, bukan ke aplikasi teknologi.
Kalo misal pengganti Megapro ini punya spek mesin n fitur yg lebih advance ketimbang Bison/Megapro sulit rasanya mengharapkan New Megapro seharga Megapro skarang. Selain terhambat faktor product cost, juga melihat trend slama ini apa AHM rela memasang harga lebih murah/setara dengan mesin n fitur lebih unggul?
Dengan Megapro skarang yg udah 19jtan, mau gak mau penggantinya baik yg versi pahe maupun versi advance bakal lebih mahal lg (19-20). Dengan demikian pengganti Megapro nantinya akan tetap head to head dgn Vixi seperti skarang, bukan Bison. Gimana jika pengganti Megapro ini dipasang d span 17-18jtan sebagaimana rencana Bison? Susah, sebab harus mempertimbangkan eksistensi CS1, terlalu mepet. CS1 bisa makin nelangsa lagi Kecuali jika CS ini dilikuidasi n dijadiin sport sekalian.
Jadi jika Bison tetap bermain di harga 17-18jtan maka posisinya aman tanpa saingan. Jarak harga dengan Vixi maupun Megapro yg skarang pun sudah cukup aman. Saingan Bison praktis cuma Thunder ama sport India (Pulsar n Apache), tapi India masih bisa dikesampingkan karena faktor support 3S dan Brand Image. Dengan keunggulan desain yg lebih cantik, mesin yg lebih besar dan brand image yg semakin kuat, Bison bisa mengatasi Thunder yg belum menunjukkan tanda2 bakal direfresh
^
Moncer, ente bener2 pengamat motor buanget nih… top dah..
lanjutGan comment mu…:)
bisa kebayang tuh mulai dari CS-1,megapro, thunder ama mongtor “nehi-nehi” bakal makin kurang peminatnya, mulai beralih ke bison euy..
kok gw skr mulai ngiler ama bison lagi yah? jiakakak…
Bpk2 di YMKI pada baca nih blog gk yah?
moga aja mrk baca, trus jd nafsu n kalap abis baca comment moncer, trus produksi tuh bison cepat2… kompor, mode : ON
pisss ah..
@Jafo
pagi2 dah nyulut kompor he he he he 😆
^mas taufik,
biar hanget nih badan…jib ajib ajib…:P
Setujuh…. puasa-puasa harus diangetin… ya to… enak tooo… mantep tooo…
@Mas Taufik..Moncer , Jafo , CHM
tak tambahin ya Dab….
Trend midship mufler, ban belakang bertapak lebar, spedometer digital dan bentuk berotot khas faktor keturunan genetik Farian FZ 1 lah membuatnya bisa dibilang cukup ‘didepan’ ..ditambah MONOSHOCK , telah menjadi fitur yg tidak dipunyai oleh kompetitor besarnya “AHM”
jelas kalah telak 5 = 0 , sedangkan mesin boleh dibilang 11 12 lah..imho
keculai Megapro reborn..
para modifikator-pun sudah ancang-ancang untuk mengambil kaki2 kekar Bison ini…( dibanding kaki2 limbah )….
peace
Jadi… apakah Bison akan rilis?
@Mas Dewo
Walaupun statetement dari YMKI 80% gagal…
Tapi beberapa testimony dari orang yang bertanya ke mekanik2 di BERES yamaha . . .para mekanik berbaju merah maupun biru sudah banyak yg bertestimoni bahwa Yamaha akan merilis ‘motor sport baru’ . . . kayaknya beneran sibison ini . ..
kapan? only time will tell 😀
@Mas Topik 114
Bener Kang… pendaftarannya katanya dah bulan kemaren masuk..
berarti kira2 awal taun 2010……….
momennya pas… pas, soalnya ada alasan naik harga…
kekekekekek
aduhhh… gimana nich YMKI kok keaknyya mengecewakan beud..
trus terang aja vixi uda bikin gw kuciwa !!! masak motor spot na nanggung mulu !!
@99 moncer, rekananku yg orang marketing supplier yamaha pernah bilang dapat order part motor yamaha yg modelnya sekilas seperti cs-1. motor apakah itu ?
soal byson teranyar
http://otomotif.kompas.com/read/xml/2009/09/16/08484047/Ini.Motor.Sport.Baru.Yamaha..Byson
@Bro rebugs (#118),
Wah, trims link-nya.
Paling tidak bisa membalik persepsi ya?
Sayangnya baru tahun depan.
Salam.
pernyataan yang bener yang mana? jadi ngeluarin or ngak? jangan ngeluarin yang ngak2. ngemeng aja neh, fazar dah berapa tahun diberitain mo turun tapi mana?
panas dingin menunggu kedatangannya… hmm.. langsung pesen satu
semoga bagian R&D nya bisa baca semua komen diatas………..
atau perlu dibacain…….
Momnetum saat ini, ketika sampai menjelgn kwartal 2 byson blm jga muncul. AHM bisa memanfaatkan peluang. tentu dengan biki kejutan produk yang lebih baik dari byson… tapi apa ya…?