Bro sekalian, pada saat test ride Honda new megapro kemarin . . . hampir semua blogger yang mencoba new Megapro berjar bahwa Motor baru Honda ini cukup responsif. Nah pada artikel khusus ini mari kita sama-sama share apa kira-kira penyebab nya? Setelah mendapatkan penjelasan Produck knowledge dari Honda, saya mengambil kesimpulan Fokus kerja pada enjenir Honda tertumpu pada dua hal . . . Mesin dan Body. Kedua bagian ini ditune sedemikian sehingga power yang dihasilkan dapat lebih efesien ditransformasi menjadi energi Gerak. Oh Ya menurut Klaim Honda .. . new megapro memiliki Top speed yang dapat dipacu sampai 106,6 kpj dengan gambaran akselerasi 0-200 meter dengan kecepatan awal 0 km/jam ditempuh dalan 11, 7 detik.
Dari mesin, New megapro menggunakan Roller Rocker arm yang cukup signifikan mengurangi gesekan mesin, plus bobot piston yang dikurangi dari 144 gr megapro lama menjadi hanya 89 gram NMP 150cc. Ini membuat kerja mesin lebih efesien, power loss di tekan. Kedua effort di efesiensi ini ditambah pula sistem pendinginan yang maksimal dengan penggunaan Oil jet untuk menurunkan suhu piston dan Teknologi 2 way air jacket yang mendingankan inlet dan busi. hmmm hampir mirip dengan apa yang dilakukan Yamaha dengan teknologi Air RAM yang mendinginkan juga daerah busi . . . apa karena sama-sama dari india ya?
Untuk Efesiensi kerja dan performance yaa .. paling mudah kita lihat power to weight ratio, selain efesesnsi power, aspek Bobot Motor pun harus juga dipertimbangkan Oleh karena itu Honda berusaha meminimalisasi bobot yang tidak perlu terutama yang letaknya jauh dri titik Konsentrasi massa/ Centre of Gravity. Apa saja yang dilakukan Honda : menggunakan monoshok, memperingan bobot pelat cakram, penggunaan pelk alumunium alloy, menggunakan alumunium sebagai bahan dasar footstep, Triple T dan juga penggunaan bahan nilon pada grip belakang. selain itu menggunakan ban yang tidak terlalu besar juga dapat mengurangi potensi friksi yang dapat mempegaruhi keresponsifan akselerasi motor, silahkan share komentar bro semua, semoga berguna
weuew…. padahal NMP dengan Byson selisihnya hanya sekilogram untuk urusan berat. tapi NMP lebih responsif, dengan sekiloan tadi bisa diabaikan. berarti karena jeroannya ya???
Mungkin karena ini yang membuat NMP powerfull tapi tetep irit:
Untuk dapur pacu, unit ini menggendong model baru Extra Responsive Performance berkapasitas 150cc, 4 tak, SOHC, 5-percepatan. Dilengkapi throttle position sensor + CDI dengan 12 ignition mapping. Fungsinya, meningkatkan ketepatan respons mesin pada putaran gas dan membuat pembakaran lebih sempurna.
(kompas.com)
Dari sisi mesin, New MegaPro dibekali dengan mesin baru XRP Engine (X-tra Responsive Performance Engine) berkapasitas 150cc, 4 tak, SOHC, 5 percepatan, yang bertenaga.
Mesin baru ini juga telah menggunakan Low Friction Parts seperti Piston Bertekstur (Rough Surface Piston), Roller Rocker Arm dan Crankshaft Bearing yang berfungsi mengurangi gesekan sehingga membuat mesin menjadi lebih efisien dan menghemat penggunaan bahan bakar.
(detik.com)
Mungkin karena ini yang membuat NMP powerfull tapi tetep irit:
Untuk dapur pacu, unit ini menggendong model baru Extra Responsive Performance berkapasitas 150cc, 4 tak, SOHC, 5-percepatan. Dilengkapi throttle position sensor + CDI dengan 12 ignition mapping. Fungsinya, meningkatkan ketepatan respons mesin pada putaran gas dan membuat pembakaran lebih sempurna.
(kompas.com)
Dari sisi mesin, New MegaPro dibekali dengan mesin baru XRP Engine (X-tra Responsive Performance Engine) berkapasitas 150cc, 4 tak, SOHC, 5 percepatan, yang bertenaga.
Mesin baru ini juga telah menggunakan Low Friction Parts seperti Piston Bertekstur (Rough Surface Piston), Roller Rocker Arm dan Crankshaft Bearing yang berfungsi mengurangi gesekan sehingga membuat mesin menjadi lebih efisien dan menghemat penggunaan bahan bakar.
(detik.com)
bannya keliatan kecil, kebalik sama headlampnya, keliatan indihe banget, tapi lumayan keren lah di banding kakanya megipret yang lama
ada kemajuan…. gak pelit ngeluarin barang bagus sekarang AHM,
udah nyadar ada pesaing berat di sebelahnya secara MS
jadi binun… byson yang hp-nya lebih gede dari NMP tapi kok kalah responsif..? apa memang nggak ada kaitannya antara horse power dan kerja responsif dari mesin? piye to ki kamsudte…???
@get4rich
Nyantai aja mas bro, klo mas taufik’a OL dijamin langsung dikeluarin koq… Sing penting sabar…
*mendelik2 liat juragan warung…pasca insiden tadi pagi…
om topik..kalo memang masalah bobot yg jadi persoalan ,secara berat bison hanya 1kg lebih berat dari NMP,
kalo dibandingin dengan yg naek motor berat badannya juga bisa beda 1-2kg jika ditotal keseluruhan kan bisa aja sama .
kenapa hasilnya bison bisa dibawah NMP ?
IMHO
H dan Y menggunakan 2 pendekatan yg berbeda utk improvement daerah pembakaran. kalo Y dengan improvement material di daerah comp head dan dengan tambahan forged piston dengan harapan ruang bakar jd lbh keras dan licin sehingga tahan gores ketika piston turun naik. klo pabrikan H mungkin lebih fokus utk mengurangi atau memperkecil volume terjadinya gesekan itu sendiri dengan yg mereka sebut low friction engine….yg mulai diterapkan di bberapa produknya.
khusus kasus NMP kyya low friction engine berpengaruh besar terhadap responsifitas unit motor itu sendiri. tp menilik byson kynya akan kemahalan bila diacyl cylinder dan forged piston disematkan di mtr ini makanya tenaganya sedikit ngedrop…blm lg tambahan sistem exhaust yg makin menghambat tenaganya…..sprtinya konsumen byson butuh sedikit usaha dan uang utk mengupgrade powernya spy bisa setara vixy….
CMIIW
Yg gue salut dari motor2 honda sekarang ya itu…. responsif, powerfull tapi tetep bisa irit banget!!
padahal cc-nya lebih kecil lho…??
jd kinerja enginenya bener2 efisien…
yups, aplikasi roller rocker arm meminimalisir gesekan, daripada system konfensional dimana rocker arm bergesekan langsung dengan permukaan cam/ noken as.
aplikasi roller rocker arm pertamakali di aplikasi pada motor lokal: bebek kharisma
nah di kharisma juga sebenarnya ada pendinginan yang mirip air jacket coba diceck, di bawah tutup setelan klep out ada lubang air scoop, nah lubang tsb ber ujung pada bagian disekitar busi…… mohon diralat jika salah (tapi saya pernah bongkar sendiri)
sedangkan oil jet pendingin piston juga pernah ada di jupiter-Z & satria FU (2-2nya juga pernah bongkar)
selain karena desain dan pemilihan part yg bagus, yg membuat engine NMP begitu powerfull tapi tetep irit disinyalir karena teknologi XRP dan LFP seperti teknologi EFT-nya abs revo.
(sotoy.com)
35. mangjaja – Agustus 22, 2010
……………………………….
yang satu jual Body Muscle, alias Tampang-Otot Gahar
===============================
Bagaimana kalau yang ini kita ganti nama Bang Tigor. Itu yang TV, kan berotot.
Seharusnya begitulah paradigma yang harus digunakan produsen motor. Mengacu ke efisiensi BBM, dengan power meningkat. Wujud tanggung jawab dalam hemat energi demi anak cucu ke depan. Salut Honda.
mungkin dari yang berotot itu masih ada kekuatan terpendam buat di permak sama ahlinya biar larinya macem Badai… “””” WUUUSSSSSHHHH”””
seperti komplotan lamanya yang kalo standart kaya kuda, kalo dah di permak kayak kuda di pasang NOS trus di kasih minum pertamax plus, anunya di kasih balsem biar hot, dll. ngacir dah tuh
Gear ratio persneling dan finish gear juga ngaruh bro. Kalo di entengin top speed berkurang sedangkan kalo diberatin topspeed nambah.
Tapi yang ini walau enteng tapi konsumsi bensin tetep irit.
Nggak kayak kucing tetangga.
sama kayak Mega Pro lama dibandingin ama Pio ane. Ringan Mega Pro, cuman tiap produk punya kelebihan dan kekurangan masing2. Kalau mau ringan dan gampang, pakai New Mega Pro, kalau mau yg mantab, pakai Byson.
Stuju 1000% dg Bro Taufik.
Ulasan yang sangat genius mengapa NMP lebih responsif dari Byson. Kuncinya efisiensi power.
Parnah baca di artikel MotoGP, pabrikan2 harus keluar duit milyaran hanya untuk nurunin bobot motor beberapa gram saja supaya lebih kompetitif. Walau memang ada batas bobot minimum, tapi kalau bisa ngurangin bobot yang tidak perlu untuk meningkatkan power.. itu kuncinya..
Terjawab sudah kenapa Byson cuma jual tampang.. karena banyak bobot yang tidak perlu..
@76. masterXeon
spertinya 106,6 itu real speed yang diukur via alat khusus seperti vericom atau GPS
setahu saya bro Pringgo mengaku geber motor sampai 104 atau 108 githu tapi yang tercatat di GPS cuma 97 . . . saya ada bukti oto data dari bro pringgo
jadi bisa jadi ada benarnya kalao 116 di speedo merupakan angka 106 di real speed
mudah2han ini mengakhiri kontroversi
terlepas dari segala kontroversial speedometer yang mungkin ada, motor ini buat kepentingan harian di jalan umum. jadi kecepatan 80 kpj aja udah ngeri banget tuh. begitu pula dengan turing.
hem…
tetap pilih byson…..
kalau Catalytic Converter ini di lepas, maka berat/bobot turun 5 kg, dan yang paling penting perangkat yang paling menghambat performa ini (read:catalytic converter) ini lepas.
udah kebayang…
bobot turun 5 kg, dan penghambat performa juga lepas…
hem…pasti moncer….
performa jadi meningkat, dan tampilan udah gak butuh upgrade.
hahaha…,
apa bedanya dengan motor yang gak pake catalytic…..?
Catalytic itu bukan untuk menghilangkan asap bro…?
Jupi MX yang ganti knalpot juga gak jadi ngebul asapnya tuh…
AHM selalu mengikuti trend dunia dalam melincurkan produknya. Tidak sekedar menuruti maunya konsumen yang kadang-kadang tanpa pertimbangan matang.
Contohnya NMP ini. Konsumen mintanya performa. AHM menjawabnya, dengan tanpa mengorbankan efisiensi dan emisi yang rendah.
88. masterXeon – Agustus 22, 2010
========================
Bahan racun dari gas buang, bukan hanya yang tampak ngebul saja itu, bro. Justru yang tidak kelihatan, yang lebih berbahaya. Masih ingat, kasus beberapa pengendara mobil meninggal, beberapa waktu lalu? Mereka menghirup racun dari gas buang yang sama sekali tidak kelihatan, bahkan tidak berbau.
jadi penasaran nih.. berat total catalyc converter ninin 150 brp kilo yak?? klo lebih ringan dari catalyc nya byson, berarti ni byson emang lebih parah emisinya daripada mesin 2tak..
Q: kenapa Hnd NMP cukup responsif?
A: karena kalo enggak SEDIKIT lebih responsif malu dong sama saingan yg lebih sangar tampangnya. jd minimal punya senjata laaagh. mosok seh mau maju perang cm bawa wajan buat tameng doang sementara lawan bawa basoka yagh minim bawa ketapel laah buat nyerang balik… mbuekekekek…. (becanda yah kondisi bisa berbalik Hnd yg bawa basoka Ymh yg bawa ketapel seiring pembuktian di lapangan…. ini jawaban cm iseng njawab pertanyaan judul artikel…. xixixixiixi )
Sudah pada tahu cara kerja catalytic converter belum ?
kalau belum sini gue kasih tahu :
catalytic converter ( CC ) gunanya adalah untuk membakar sisa hydrocarbon ( HC ) dan carbon monoxide (CO) dengan memanfatkan panas dari gas buang mesin itu sendiri
nah apa itu HC ? sini gue terangin lagi deh :
saat bekerja mesin membakar bensin dan udara menjadi emisi gas buang, lihat rumus pembakaran dalan mesin bensin :
bensin + udara = Carbondioide + air + emisi
atau kerennya :
CxHy + Udara (70% Nitrogen + 20% Oxygen + 10% dll) ==> CO2 + H2O + emisi (NOx, CO, HC/bensin yang tidak terbakar, dll)
nah disinilah tugas CC, membakar sisa HC dan juga CO,
HC dibakar menjadi CO2 dan H2O,
CO dibakar menjadi CO2 yang mudah diuraikan oleh tanaman
CC terbuat dari logam khusus seperti platinum atau palladium, bentuknya mirip sarang tawon tapi agak panjang, saat kena panas gas buang mesin, sarang tawon ini membara kayak obat nyamuk bakar, nah bara ini yang membakar HC dan CO tersebut mirip tukang sate
sebetulnya mesin dengan settting bagus dari awal kadar CO dan HC-nya pasti rendah, CC hanya sebagai pelengkap saja,
lihat saja hasil uji emisi yang dihitung selalu CO dan HC,
CO rendah artinya desain ruang bakarnya bagus dari pabrik atau kondisinya bersih kalau buat mesin yang sudah dipakai lama, sedangkan HC rendah juga demikian desain timing katupnya bagus atau kondisi carburator atau injectornya bersih
gue sebetulnya anak mobil bukan anak motor,
tapi lihat anak-anak motor gontok-gontokan kayak gini asyik juga lho ….HA..HA….HA…
setelah menyimak artikel2 tentang testimoni test ride Byson and NMP,
saya melihat ada suatu “kecerdikan” yang ditampilkan oleh H, dan ini merupakan suatu permainan yang “cantik” dan gemilang ….
saya setuju dengan pernyataan om taufik bahwa Ergonomi dari megapro ini lebih bersifat Daily Touring Bike, dibanding sebuah street fighter tulen …. Sehingga beraura beginner user frendly
( inilah kunci dari pemainan AHM …. )
dengan cerdas H cepat-cepat merilis nich motor dan mengusung THE REAL STREET FIGHTER …..
wow … begitu berani H mengusung the real street fighter, padahal kata om toufik lebih bersifat Daily Touring Bike
euleuh-euleuh …… pintar sekali nich H
dengan mengusung the Real Street Fighter …. konsentrasi Y menjadi lebih terfokus kepada Real Street Fighter, sehingga aspek
power to weight ratio, efesesnsi power, aspek Bobot Motor kurang dipertimbangkan ….
walah-walah ……..
ketika NMP dirilis, kontan saja pihak Byson “mencibir” tampilan NMP, dan dengan bangga Byson cepat-cepat diekspos melalui dunia maya dengan strategi mulut besarnya ….
wow ….. jelas sang Byson sudah masuk ke dalam jebakan Betmen
huhuhuyyyyyyyy
dengan pede Byson menampilkan display yang gahar, gagah dan lebih street fighter ketimbang NMP …
bahkan NMP diledek, ban-nya seperti ban bebeklah, dst……
dan jelaslah sudah sekarang :
siapa yang akselerasinya lebih responsif????
siapa yang powernya dirasa lebih gede????
siapa yang lebih bisa ngacirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr?????
dan cerdiknya lagi….
NMP lebih familiar di iklim Indonesia
dia lebih mudah dikendalikan di jalanan INA baik di perkotaan maupun di luar kota ……
selain itu easy ride menjadi point tersendiri, yang mana tentunya aspek kemudahan mengendarai sepeda motor sudah bukan lagi suatu hambatan berarti, ketimbang Byson yang harus ada penyesuaian terlebih dulu
dan point lainnya :
– harga lebih murah
– inden juga antara 2 – 4 minggu saja
sekarang terjawablah kesangsian2 masterXeon da saudara jaos
siapakah yang mengendalikan permainan sekarang ini bung jaos????
he..he.he.. itu mirip dengan kasus fortuner vs pajero sport
satunya gagah dengan body segede gaban tapi kaki-kaki kayak lidi takut sama jalan jelek dan lumpur,
satunya langsing tapi siap buat dicemplungin ke lumpur dan trabas jalan jelek
@ 113. van bhrengozh
Satu lagi mengenai roller rocker arm atau pelatuk klep dengan bantalan laher,
itu sudah dipakai oleh mitsubishi dari tahun 1980-an di model dan-gan dan eterna, jadi itu teknologi “jadul” tapi sakti lho
==================================
he he bener mas, nah yg saya omongin sebelumnya bener juga to? (versi bebek lokal)
nah versi tekniknya sering juga disebut dengan TOMBLER”
nah, teknologi tombler digunakan di mesin produksi sejak th 70 an….. (spt yg lagi saya setting sekarang ini di pabrik) hi hihi hi sambil manteng blog nya kang taufik
motor 4 tak tanpa katalis pun sebenarnya gak masalah….apalagi klo udah pake yang namanya AIS, atau SASS dan lain2, masih ramah lingkungan.
lain halnya dengan 2 tak.
Yaa elaaah… Pada ngehina catalyc converter Byson….
Mas Taufik bahas juga dunk aplikasi teknologi pada knalpot byson…
Bahan katalisator nya pake bahan eksotis yg ga murah , platinum, rodium ama paladium yg bisa mengubah NOX atau CO jadii H2O, trus teknologi air induction system…
BC aja neeeh………………..wkwkwkwkwkwkwk…
-Apakah catalytic conferter juga dipasang di Bison Indihe?
-Apakah peraangkat ini baru dipasang kalau pihak yang terkait(pemerintah/dephub/depperin) mewajibkannya?
Serius, oot nih.
Berarti byson pembakarannya belum sempurna, belum menghasilkan tenaga maximal, mix gas masih terbuang sia-sia, hingga butuh katalisator. Dan lagi friksi yang belum diminimize. Hasilnya akselerasi kurang, power ngedrop topspeed kalah, bensin boros.
ada yg BC bilangin knalpot kondom ga yaaa….. wkwkwkwkwkwkkk..
Teknologi ramah lingkungan apa salahnya.. Emang paling mahal seh komponen catalytic conferter tuuh, dicopot bisa turun bgt harga byson…
bandingin hasil emisi gas buang nya aja biar ga BC…..
catalytic converter emang teknologi mahal buat saluran gas buang…
Buat yg ga sadar lingkungan mungkin ne teknologi yg lebay buat motor 4 tak…
bro…catalyc converter tugas utamanya buat memecah gas CO yang sangat berbahaya dan tidak berwarna itu. pokoknya kalo keluar udah gak jadi CO…
yang jelas semua motor baru di INA harus lolos euro2 (standard yang berlaku di INA sekarang)
kalo di thailand ma uda euro3, makanya disono pada injeksi…
NMP jelas uda euro2 bro, kalo belum kagak bakalan brojol…
selain pakai catalyc ada metode lain buat mengurangi kadar emisi…
teknologi ramah lingkungan suatu keharusan um…tp kontruksinya apa harus segede gaban gitu????…scara mtr2 pny H,S dan K..jg pake catalytic converter di mufflernya tp ga segede gaban ky pny byson….. butuh penjelasan yg rasional…^_^
bro….. catalyc converter tugas utamanya buat memecah gas CO yang sangat berbahaya dan tidak berwarna itu. pokoknya kalo keluar udah gak jadi CO…
yang jelas semua motor baru di INA harus lolos euro2 (standard yang berlaku di INA sekarang)
kalo di thailand ma uda euro3, makanya disono pada injeksi…
NMP jelas uda euro2 bro, kalo belum kagak bakalan brojol…
selain pakai catalyc ada metode lain buat mengurangi kadar emisi…
rasanya kalau utk motor 4 tak meskipun dengan alasan peduli lingkungan pasang CC segede dan secanggih itu agak2 lebay deh..
kecuali memang kalau misalnya tanpa CC emisinya luar biasa jelek… jadi mau gak mau daripada dikataian bajaj roda 3 sama FBH…
ya dengan sangat terpaksa karena NMP udah launching dan gak ada waktu riset settingan.. ya udah kasih CC aja.. :p
@123
masih perlu dikonfirmasi ke pihak YMKI mengenai bahan penyusun catalytic converter-nya Byson. mengenai catalytic converter secara umum, saya menemukan tulisan berikut hanya tentang catalytic converter, bukan secara khusus membahas tentang CC-nya Byson:
bisa saja CC-nya Byson pake bahan-bahan yang disebutkan itu, yang tentu saja mahal — berimbas ke harga jual??? –; tapi, bagaimanapun juga, kita masih perlu mendapatkan klarifikasi resmi dari ymki.
responsif,mungkin juga karena:
1. final gear ratio lebih besar angkanya,
2. overstroke type dimana panjang langkah piston lebih besar dibanding diameter,
3. kompresi ruang bakar tinggi,
4. desain pengapian lebih fokus di putaran bawah dan menengah,
5. apalagi ya?
komentsku yang nyangkut dah nongol
pertanda barusan kang taufik sempet nengok warungnya
thanks kang …. sekarang lagi taraweh ya
kalo aku gak taraweh…biasa-lah…. terjebak kerja
( ini sudah bakat …. bakat ku butuh …..)
@ndaru
Bozzz … ndak mungkin laaagh motor 4 tak macem Byson… lebih parah daripada 2 tak… !!! Coz tidak ada oli samping yang dibakar… !!! 😀
@aaa
Catalytic converter yang dipakai di byson… yang beratnya 5 kg, menurut gue yang paling mantep yang pernah gue lihat. Bahannya juga nggak murah bozzz…. !!! Jadi kalau soal bicara eco friendly… ataupun yang paling ramah lingkungan… menurut gue Byson ini termasuk yang top markotob. Namun kembali… ada yang dikorbankan… yaaa apa lagi kalau bukan performance.
@ Dasa
berarti perlu satu atau beberapa langkah lagi agar penerapan CC ini tidak mengorbankan performance ….
tapi kalau bicara ramah lingkungan, seharusnya sektor bebek & matic harus lebih mendapat perhatian karena populasinya yang lumayan buanyak …..
lagian Byson ama NMP mengklaim sudah lulus emisi Euro 2 (kalo gak salah) ….
dengan demikian memang banyak hal yang dikorbankan oleh Byson dalam head to head dengan NMP, selain mengorbankan performance … juga mengorbankan pangsa pasar, sebab Byson menjadi lebih segmented …. sedangkan NMP lebih frendly ….
@ 119. van bhrengozh – Agustus 22, 2010
@115 Kang Udien,
he..he.he.. itu mirip dengan kasus fortuner vs pajero sport
satunya gagah dengan body segede gaban tapi kaki-kaki kayak lidi takut sama jalan jelek dan lumpur,
satunya langsing tapi siap buat dicemplungin ke lumpur dan trabas jalan jelek
=========
xixixixi….. oh di mobil juga ada yang kasusnya sama tho ….
Berbicara masalah psikologi konsumen. Sekecil apa pun selisih harga, tatap banyak pengaruhnya. Contoh,banyak temen ambil meong, alasannya lebih murah. Padahal, hanya 100-200 rb.
Kalau NMP dan bison beda 400-1100, jumlah yang lumayan bagi kosumen yang mayoritas datang ke dealer dengan dana pas-pasan. Apalagi kalau pas-pasan untuk DP saja.
IMHO, mengapa bison tidak bisa kasih harga kompetitif. Mungkin Y sudah terlalu banyak berkorban untuk ngangkat Vixi melawan MGL pada tahun-tahun awal kemunculannya. Nah sekarang, mengingat beban Y yang lebih berat, termasuk di motoGP, hal itu tidak bisa dilakukan lagi pada bison. Konsumen harus ikut mikul.
sebuah catalyc converter tugas utamanya buat memecah gas CO yang sangat berbahaya dan tidak berwarna itu. pokoknya kalo keluar udah gak jadi CO…
yang jelas semua motor baru di INA harus lolos euro2 (standard yang berlaku di INA sekarang)
kalo di thailand ma uda euro3, makanya disono pada injeksi…
NMP jelas uda euro2 bro, kalo belum kagak bakalan brojol…
selain pakai catalyc ada metode lain buat mengurangi kadar emisi…
Dasa wrote :
Yaa elaaah… Pada ngehina catalyc converter Byson….
Mas Taufik bahas juga dunk aplikasi teknologi pada knalpot byson…
Bahan katalisator nya pake bahan eksotis yg ga murah , platinum, rodium ama paladium yg bisa mengubah NOX atau CO jadii H2O, trus teknologi air induction system…
============================
hodooooh…..
honda dah lama pakai cc gan… dari jamannya mega pro, vario, beat, cs1…..
( lihat belahan knalpot di stand OEM honda waktu event balap HRC )
Tag : “The Real Street Fighter”
benar-benar suatu kecerdikan yang cemerlang ….
Byson yang merasa lebih Fight daripada NMP segera mengekspose dirinya di dunia maya, malah sampai membuka inden online
Byson sangat merasa pede bahwa dirinya lebih Street Fight ketimbang NMP … bahkan test ride bersama blogger pun digelar lebih dulu ketimbang NMP …..
wow ….. walau Byson belum dilounching, tetapi sudah di test sehingga Byson masuk jebakan Betmen-nya NMP tanpa bisa keluar lagi ….
giliran NMP di test-ride oleh para blogger, ketauanlah bahwa Byson itu mengutamakan tampilan street fighter sehingga performa terkorbankan …..
hohohoh …… sudah kita tahu semua bagaimana testimoni dari para blogger …
– akselerasi NMP lebih responsif
– power lebih terasa kuat
– dan nmp akan lebih ngacirrrrrrrrrrr ketimbang Byson
sadarlah byson bahwa performa terkorbankan …
tapi apa mau dikata … Byson udah ditest .. udah digembar-gemborkan bahkan udah buka inden onlien ….
Oke deh jangan mempermasalahkan katalis Byson, belum tentu cuma katalis byson yang mencekik tenaga byson. Lagian byson udah diimbangi cc yang lebih besar dari Nmp.
Gimana dengan mesinnya,
Bore stroke Byson: 58×57,9 (153cc).
Bore stroke Nmp: 57,3×57,8(149,1cc)
Durasi & ukuran klep: ?
Timing pembakaran: ?
Gear ratio: ?
Desain inlet&outlet gas:?
Disinyalir perhitungan efisiensi mesin bagusan Nmp.
Byson perlu diutak-atik lagi.
Dagrex juga udah siap dengan part pendongkrak performa byson. Akhirnya keluar duit lagi.
😆
@ 177 earphane
katanya Byson ini sudah mumpuni sebagai kelas streetfighter, tapi harus dikotak-katik lagi, malah CC-nya harus diganti dengan yang lebih ringan ….. (kata masterXeon lho)…. ckckckckck….
ROUND 4 PETRONAS ASIA ROAD RACING CHAMPIONSHIP
Madras Motor Sports Track, India
UNDERBONE 115cc – RACE 1
OFFICIAL RESULT
1.Fitriansyah Kete/INA/Bikers Indonesia BRT Racing Team/
Yamaha
2.Hadi Wijaya/INA/Kawasaki NHK Rextor MTR Manual Tech Racing
/Kawasaki
3.Denny Triyugo/INA/Yamaha TOP 1 FDR/Yamaha
4.Hokky Krisdianto/INA/Yamaha TOP 1 FDR/Yamaha
5.Md Rozaiman Md Said/MAS/Motul Yamaha Y Y Pang Racing Team/Yamaha
180. moonraker – Agustus 22, 2010
……………………………………
hodooooh…..
honda dah lama pakai cc gan… dari jamannya mega pro, vario, beat, cs1…..
( lihat belahan knalpot di stand OEM honda waktu event balap HRC )
==================================
Ternyata tetap responsif.
@fik, kitiran RPM-nya masih dilimiter atau sudah bisa over red line Kang?, kalo masih di limiter speed sudah 106,6kph (dan itu di peroleh di gear berapa yach?), begitu di unrestricted bisa bablas bener nih motor speednya….., tapi kalo dari pengalaman aye kang, ganti ban gede juga ngaruh ke akselerasi loh..
byson sama NMP sama2 motor bagus.. 🙂
saking bagusnya saya ga bisa beli.. cman bisa mengatakan 2 motor ini motor bagus & keren .. 🙂 saya juga suka vixi..karena ane juga pake..saya suka tigi soalnye ane juga pake.. 😀
2 motor ini udah beda genre..
satu emang genre nya light streetfighter..satunya emang genre light sport touring.. so kembali lagi keselera masing2.. 🙂
maaf kalo jadi curhat.. 😛
Td nonton just alvin, liat aa gym…ya ampun orang kya dia sempet tergelincir, yg bagi dia negatif tapi bg orang2 biasa…gila yah, kya kta ini pernah gak yah intropeksi diri….
Pokoknya, strategi omdo yang diumbar hampir dua tahun, berantakan setelah review hasil tesride para blogger. Strategi melalui dunia maya, berantakan oleh dunia maya pula. Kalau dunia nyata, yang realistis yang akan eksis.
monggo aza plh sesuai selera..byson n nmp puny plus minus..hehe..
Pake cc kalo gak dirawat jg cpet jebol n emisi gas buangny ancur2an..gak pake cc tp ud da teknlg lain yg mengurangi emisi kalo dirawat jg bgus..
So,pabrikan ud memperhtgkan..yg pnting dirawat n sfty 1st.
Salam damai buat bro smua
Monocross istilah dari yamaha, kawasaki ngasih istilah Unitrak, honda dengan proLink, suzuki juga tapi lupa istilahnya.
Itu semua istilah untuk konstruksi monoshock yang dimana sokbekernya tidak berhubungan langsung dengan swingarm.
CmiiW.
detik.com
——–
Minggu, 22/08/2010 16:08 WIB
Jelang Sahur, Perampok Bersenpi Beraksi di Bekasi
E Mei Amelia R – detikNews
Jakarta – Kawanan perampok bersenjata api beraksi di sebuah warnet di Jalan Raya Kusuma Barat Blok AA1 No 10 RT 10/18 Duren Jaya, Bekasi Timur. Mereka berhasil membawa kabur 2 motor yang diparkir di depan warnet 24 jam itu.
“Pelaku diduga membawa senjata api jenis revolver,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kompol Ade Ari Syam Indradi saat dihubungi wartawan, Minggu (22/8/2010).
Ade menjelaskan, peristiwa itu terjadi menjelang sahur atau sekitar pukul 03.00 WIB. Pelaku yang berjumlah sekitar 6 orang itu kemudian mendatangi warnet yang buka 24 jam itu.
Dua pelaku di antaranya, mengambil motor Yamaha Mio milik pengunjung warnet dengan cara merusak kunci dengan Letter T. Sementara 4 lainnya berjaga-jaga sekitar 100 meter dari lokasi.
“Dua motor merek Yamaha Mio dibawa pelaku,” katanya.
Aksi itu sempat diketahui oleh penjaga warnet bernama Hendra dan Iqbal. Mengetahui aksinya yang dipergoki, seorang pelaku menodongkan senjata api ke arah saksi.
“Senjatanya diduga revolver rakitan,” ujarnya.
Karena takut, saksi kemudian mundur. Sementara pelaku berhasil meloloskan diri dari kejaran warga.
Hingga kini, polisi masih menyelidiki kasus tersebut. “Saksi yang sudah diperiksa enam orang,” tutupnya.
——————————
bison ada secure key-nya gak ya ?…hati2 dimalingin…hehehe
feature…feature ….dong…bukan kondom plastik ….
Wah seru banget ya baca-baca komen temen-temen dari AHM, emang ga percuma AHM punya team Sales dan PR yang hebat, sampe-sampe merambah ke Blog-blog buat bikin opini produknya superior dari produk kompetitor. Untung aja dulu gw ga jadi kerja sama buat campaignnya AHM. Kalo nggak dosa banget deh harus Takabur :P.
Jadi inget sama AHM yang perang iklan sama Beijing, (Mandra vs Rano Karno)
Keep riding My Grand Impressa, ampe ngacir dah…
Salam AHM ya Guys
Dulu sebelum byson di rilis, katanya alasan utama gak juga di rilis karena lagi di tes & untuk penyempurnaan & kata petinggi yamaha juga, Byson yang di indonesia spek nya lebih tinggi dr di India, tapi nyatanya sama aja, lalu apa gunanya dong testing lama-lama kalo gak ada perbedaan signifikan, bilang aja gak ada modal buat produksi….
Menurut hemat saya, kenapa kecepatan Byson di kebiri. Agar tidak memakan pasaran Vixion. Kalau mau head to head dengan NMP untuk pemakaian dalam kota. Yamaha cukup melawannya dengan Vixion, secara lebih superior dari NMP.
Lagi pula analisis saya, berdasarkan warung ini dan warung tetangga. Mungkin segment Byson, lebih kearah touring. Berkaca pada ergonimi ketika mengendarainya. Dan pemakai Byson tidak terlalu pusing dengan pemakainan bahan bakar dengan Oktan tinggi, yang jarang di dapat di luar kota-kota besar di Indonesia.
Lalu kalau NMP menurut saya sih. Hanya melanjutkan kasta GL-Pro yang sudah ada. Dia didesain masih konservatif, tidak out of box. Agar semua segment bisa dirangkul. Sesuatu yang menjadi ciri khas Honda selama ini.
======================
Kalao berkaca pada sejarah kedua pabrikan tersebut sih. Kesimpulan saya seperti ini.
Honda = Produk-produk Honda diciptakan agar semua orang dapat memiliki motor pada waktu itu. Waktu dimana Warga Jepang kesulitan memiliki kendaraan ketika pasca perang dunia.
Dengan dasar filosofi itulah. Honda selalu menciptakan mesin-mesin yang bagus. Yang dapat di miliki semua orang. Mereka menciptakan mesin sesuai kemamuan mereka, berdasarkan kebutuhan pasar yang ada. Sedangkan ;
Yamaha = Pada awalnya, Yamaha hanya perusahaan pembuat alat-alat musik. Tapi ketika pasaran roda dua mulai membooming. Yamaha pun mencoba peruntungannya di kancah roda dua.
Karena basicnya dari perusahaan musik. Mereka selalu menciptakan kendaraan yang nyaman di kendarai. Yamaha lebih menggunakan pendekatan personal terhadap setiap produknya.
Karena atas dasar itulah, budaya kedua pabrikan begitu berbeda. Yang satu budaya Kerajaan, sedangkan yang lain lebih Humanis. Yang pada akhirnya ber imbas pada produk-pruduk mereka masing-masing..
Motor Honda sudah jelah tarikan gas nya lebih responsive drpd produk motor Yamaha yg sekarang2 contoh new Jupiter Z dg Blade, klo pas baru start yg lebih ngotot nge-gas ya New Jupi, Blade ditarik gas dikit aj dah bergerak, di gigi2 bawah new Jupi lemot bgt dibandingin am Abs Revo… Nah bgtu jg NMP dg si byson ini yak..,
@masterXeon
apakah yakin jika alat tersebut dicopot jadi lebih responsif dari NMP… KAlo lebih respon dari sebelumnya iya… tapi lebih responsif dari NMP perlu ditest dulu bro…
“new megapro memiliki Top speed yang dapat dipacu sampai 106,6 kpj dengan gambaran akselerasi 0-200 meter dengan kecepatan awal 0 km/jam ditempuh dalan 11, 7 detik”
——————————————————————–
Kayaknya udah jelas (atau saya yang salah menafsirkan :D) bisa dipacu sampai 106,6 km/jam dengan gambaran akselerasi 0-200m dalam 11,7 detik, itu artinya untuk menempuh 200m dari posisi diam dibutuhkan waktu 11,7 detik dengan speed pada saat menyentuh jarak 200m adalah 106,6 km/jam. Bukan begitu kang opik 😀
@218 m.Jikson,
Banyak bro yang telah diriset.
Selama hampir setahun ymki telah memodif fz16 menjadi byson diantaranya:
-Ban lebih kecil
-setang lebih pendek
-ada kickstarter
-spek lebih tinggi yaitu 19.9juta.
Soal mesin lebih halus atau lebih berperforma? Hmm(?).
di jakarta yang matjet ato di kota2x besar yang matjet ngapain beli yang lebih sedikit responsif ……..gak ngaruh….kena matjet……pake cakram belakang juga ngapain…lha wong top speed cuman 106km/jam
Makin malem makin rame…
Seperti yang dibilang mas taufik, NMP cocok untuk pemakaian dalam kota…..
Jangan lupa mampir ke lapak ane…. (Mas Taufik nitip…)
Diam-diam AHM launch stripping baru Vario Techno tanpa seremonial, mo tahu lebih lanjut stripping baru Vario Techno
kalo liat performa NMP, emang beda ama tiger..jadi gw nganggap kalo NMP nggak bakalan ngambil segment Tiger..
nah yang gw bngung, antara Byson dan Vixi..kayaknya saling menyerang tuh..pembagian segmentnya kurang jelas..
Kenapa New Mega Pro Responsif ??
IMHO ya karena Motor kompetitor ( Byson ) tidak responsif ….Klo Motor kompetitor responsif judul artikelnya ya nda kaya gini…Gt aja kok repot………………..
:peace
Gan…Catalitic Converter mah bukan cuma ada di Byson ajah atuh..itu NMP juga ada..Infact, Honda malah dah ada di semua motornya, kecuali yang kelas entry level…Itu Vario keluaran awal juga dah ada kok..belek ajah knalpotnya nti juga keliatan
Byson VS NMP std pabrikan.. ditest barengan di sentul aja.. ane yakin seyakin2nya pasti Byson lah yg lebih unggul.. Motor Honda mana ada bisa lari sih.. honda skrg sih yg penting murah dibikin dari material yg murah,biar cepet rusak,biar cepet ganti onderdil yg baru dan pada akhirnya harus mengganti dengan model honda yg terbaru, gak kaya Honda zaman dulu..
HIDUP ASTREA
tamax kah?
weuw….. gak ada yang tau ada brojol artikel baru ya??? 😆
lho, make biru jg ya?
balas dendam dulu….lama gak pernah dapet podium
ya sudah. segini aja dulu….
keduax
kedua kah??
atau masih podium???
back to article….
triple t dari aluminium? mantap juga ya
Hadeeeerrrr…….
Baca dolooo =)
Om taufik,cm mo tny NMP da bagasi bwh jog nya gk,yg bs dbuka tutup?
weuew…. padahal NMP dengan Byson selisihnya hanya sekilogram untuk urusan berat. tapi NMP lebih responsif, dengan sekiloan tadi bisa diabaikan. berarti karena jeroannya ya???
hihihihxxx…yang laen masih ketinggalan…!
pijakan kaki juga aluminium? kok nggak besi dicat aja? kan bisa lebih murah…
masi belasan…
cz bannya g segede bison kali
ijin nyimak
10 besar kah???
cepet banget…cari point aja ah…
10 besarr…!!!!
waduh mentall..!!!
mencelat jauh, ngetik posisi #8 msh kosong, tau2 mencelat di #16
Mungkin karena ini yang membuat NMP powerfull tapi tetep irit:
Untuk dapur pacu, unit ini menggendong model baru Extra Responsive Performance berkapasitas 150cc, 4 tak, SOHC, 5-percepatan. Dilengkapi throttle position sensor + CDI dengan 12 ignition mapping. Fungsinya, meningkatkan ketepatan respons mesin pada putaran gas dan membuat pembakaran lebih sempurna.
(kompas.com)
Dari sisi mesin, New MegaPro dibekali dengan mesin baru XRP Engine (X-tra Responsive Performance Engine) berkapasitas 150cc, 4 tak, SOHC, 5 percepatan, yang bertenaga.
Mesin baru ini juga telah menggunakan Low Friction Parts seperti Piston Bertekstur (Rough Surface Piston), Roller Rocker Arm dan Crankshaft Bearing yang berfungsi mengurangi gesekan sehingga membuat mesin menjadi lebih efisien dan menghemat penggunaan bahan bakar.
(detik.com)
Mungkin karena ini yang membuat NMP powerfull tapi tetep irit:
Untuk dapur pacu, unit ini menggendong model baru Extra Responsive Performance berkapasitas 150cc, 4 tak, SOHC, 5-percepatan. Dilengkapi throttle position sensor + CDI dengan 12 ignition mapping. Fungsinya, meningkatkan ketepatan respons mesin pada putaran gas dan membuat pembakaran lebih sempurna.
(kompas.com)
Dari sisi mesin, New MegaPro dibekali dengan mesin baru XRP Engine (X-tra Responsive Performance Engine) berkapasitas 150cc, 4 tak, SOHC, 5 percepatan, yang bertenaga.
Mesin baru ini juga telah menggunakan Low Friction Parts seperti Piston Bertekstur (Rough Surface Piston), Roller Rocker Arm dan Crankshaft Bearing yang berfungsi mengurangi gesekan sehingga membuat mesin menjadi lebih efisien dan menghemat penggunaan bahan bakar.
(detik.com)
.
@ Bro Taufiq,
ga ada pic spec release dr pabrikan ya??? Ky yg kmaren si Byson kan ada tuh
Totally New… Wah nga nyangka banyak juga yang dirubah yach!!!
Trus dengan penggunaan 95% produk lokal, apakah hal ini mengurangi/menambah kemampuan NMP dibanding dengan Dazzler di India sana mas Taufik?
bannya keliatan kecil, kebalik sama headlampnya, keliatan indihe banget, tapi lumayan keren lah di banding kakanya megipret yang lama
ada kemajuan…. gak pelit ngeluarin barang bagus sekarang AHM,
udah nyadar ada pesaing berat di sebelahnya secara MS
Peace ah
padahal bobot naik kan…
tp makin responsif..mangstab dh
mas taufik, kok sering kena jebakan batman melulu nih.aneh :-(, di keluarin ya komennya .thanks
jadi binun… byson yang hp-nya lebih gede dari NMP tapi kok kalah responsif..? apa memang nggak ada kaitannya antara horse power dan kerja responsif dari mesin? piye to ki kamsudte…???
Absen mas opick.
Lumayan dpt 30gede.
Baca dulu…
absen
NMP responsif, kenceng tp tetap iritttt…hmmm hanya Honda yg bisa spt ini…
salam
motor irit ya pasti honda lah….
@get4rich
Nyantai aja mas bro, klo mas taufik’a OL dijamin langsung dikeluarin koq… Sing penting sabar…
*mendelik2 liat juragan warung…pasca insiden tadi pagi…
om topik..kalo memang masalah bobot yg jadi persoalan ,secara berat bison hanya 1kg lebih berat dari NMP,
kalo dibandingin dengan yg naek motor berat badannya juga bisa beda 1-2kg jika ditotal keseluruhan kan bisa aja sama .
kenapa hasilnya bison bisa dibawah NMP ?
30 besar moco, disik
Hmmmmm,
kayaknya bakal seru nih persaingan NMP n Byson,
yang satu jual Comfort and “technology”
yang satu jual Body Muscle, alias Tampang-Otot Gahar
Let’s the time answer 😀
Honda “The Power Of Dream”
Yang Lain Cuma Bisa Mimpi, Honda Mewujudkan “Kalo Kepepet” Mimpi…
150 cc topspeed cuma 106? ga salah tuh kang?
masa kalah sama motor 125 cc saya…
wah engineer y harus kerja lebih keras lg neehhh…..
masa udah di tunggu2 sampe 2x lebaran ternyata tdk sesuai dengan ekspektasi yg di harapkan…hmm
salam
motor irit ya pasti honda lah….
IMHO
H dan Y menggunakan 2 pendekatan yg berbeda utk improvement daerah pembakaran. kalo Y dengan improvement material di daerah comp head dan dengan tambahan forged piston dengan harapan ruang bakar jd lbh keras dan licin sehingga tahan gores ketika piston turun naik. klo pabrikan H mungkin lebih fokus utk mengurangi atau memperkecil volume terjadinya gesekan itu sendiri dengan yg mereka sebut low friction engine….yg mulai diterapkan di bberapa produknya.
khusus kasus NMP kyya low friction engine berpengaruh besar terhadap responsifitas unit motor itu sendiri. tp menilik byson kynya akan kemahalan bila diacyl cylinder dan forged piston disematkan di mtr ini makanya tenaganya sedikit ngedrop…blm lg tambahan sistem exhaust yg makin menghambat tenaganya…..sprtinya konsumen byson butuh sedikit usaha dan uang utk mengupgrade powernya spy bisa setara vixy….
CMIIW
kalo yamaha gak semaju sekarang, di jalanan mungkin itik2 masih mendominasi. supra dan klonengannya..
Maju terus AHM dan Yamaha, suzuki jangan mau ketinggalan ya. biar lpg 3kg gr makin banyak yang meledak, Duarrrrr,hihihi
wah kena jaring batman lagi, komenku oh komenku 🙁
eh nongol denk.. selamet2. mau numpang eksis. maklum anak baru….$-)$-)$-)
@23. Ariel
ada bro, ntar ta cari dulu
@28. servoG
memang paleng fair bila di test satu orang independen dengan track yang sama dan mengunakan alat seperti vericom, cmiiw
@24. Juragan Bebek
masih belom bisa saya simpulkan terlalu dalam mas . .. lagi menganalisa spek mesin nih
Yg gue salut dari motor2 honda sekarang ya itu…. responsif, powerfull tapi tetep bisa irit banget!!
padahal cc-nya lebih kecil lho…??
jd kinerja enginenya bener2 efisien…
yups, aplikasi roller rocker arm meminimalisir gesekan, daripada system konfensional dimana rocker arm bergesekan langsung dengan permukaan cam/ noken as.
aplikasi roller rocker arm pertamakali di aplikasi pada motor lokal: bebek kharisma
nah di kharisma juga sebenarnya ada pendinginan yang mirip air jacket coba diceck, di bawah tutup setelan klep out ada lubang air scoop, nah lubang tsb ber ujung pada bagian disekitar busi…… mohon diralat jika salah (tapi saya pernah bongkar sendiri)
sedangkan oil jet pendingin piston juga pernah ada di jupiter-Z & satria FU (2-2nya juga pernah bongkar)
bener to mas fik?
nais inpoh….
🙂
mas taufik masa top speed cuma 107 km gak salah ? sama dong sama bebek bebek yang ada!
50
mas Taufik…dibanding yang lama apakah lebih banter yang ini?
selain karena desain dan pemilihan part yg bagus, yg membuat engine NMP begitu powerfull tapi tetep irit disinyalir karena teknologi XRP dan LFP seperti teknologi EFT-nya abs revo.
(sotoy.com)
semakin kuat sinyalnya bahwa NMP akan di trima publik dgn mudahnya…
kalo akselnya segitu, ama ama cbr donk, xixixi
absen salam Ramadhan ,…..!!!
wah mnteb ne…
O iy lam knal ms 0pik..
wuih dah jauh amat…..
Hadir gan….
Absen aja…
35. mangjaja – Agustus 22, 2010
……………………………….
yang satu jual Body Muscle, alias Tampang-Otot Gahar
===============================
Bagaimana kalau yang ini kita ganti nama Bang Tigor. Itu yang TV, kan berotot.
Seharusnya begitulah paradigma yang harus digunakan produsen motor. Mengacu ke efisiensi BBM, dengan power meningkat. Wujud tanggung jawab dalam hemat energi demi anak cucu ke depan. Salut Honda.
mungkin dari yang berotot itu masih ada kekuatan terpendam buat di permak sama ahlinya biar larinya macem Badai… “””” WUUUSSSSSHHHH”””
seperti komplotan lamanya yang kalo standart kaya kuda, kalo dah di permak kayak kuda di pasang NOS trus di kasih minum pertamax plus, anunya di kasih balsem biar hot, dll. ngacir dah tuh
“teramat sangat sotoy mode on”
INI apakah berarti responsifan NMP darupada byson
Gear ratio persneling dan finish gear juga ngaruh bro. Kalo di entengin top speed berkurang sedangkan kalo diberatin topspeed nambah.
Tapi yang ini walau enteng tapi konsumsi bensin tetep irit.
Nggak kayak kucing tetangga.
absen ae.
TOP BGT
sama kayak Mega Pro lama dibandingin ama Pio ane. Ringan Mega Pro, cuman tiap produk punya kelebihan dan kekurangan masing2. Kalau mau ringan dan gampang, pakai New Mega Pro, kalau mau yg mantab, pakai Byson.
NMP X-Tra Responsive’y Yahuuuuut.
Tentunya cukup objektif & rasional…
but semua’ny tergantung selera Ummat betul Tidak?
megapro yang semuanya new, mantap…
menanti test ride………
@59
hahahahahahaaaaa 😆
kpan y ada pesaing zx 130?
Top Speed 106.6kpj itu di trek 200meter dg kec dari 0kpj.dg waktu 11,7 detik..
Jadi kalo Treknya lebih dari 200m Top speednya gak segitu kale
Dengan hadirnya kedua spesies baru 150cc H n Y. . .
Bagaimana nasib 2 varian klx144cc?
Di tunggu video testnya di youtube gan….
Dengan hadirnya kedua spesies baru 150cc H n Y. . .
Bagaimana nasib 2 varian klx144cc?
=======
Ditilik dari harganya..
Komplit pake telor
trims Mas ulasannya Maknyus…
Stuju 1000% dg Bro Taufik.
Ulasan yang sangat genius mengapa NMP lebih responsif dari Byson. Kuncinya efisiensi power.
Parnah baca di artikel MotoGP, pabrikan2 harus keluar duit milyaran hanya untuk nurunin bobot motor beberapa gram saja supaya lebih kompetitif. Walau memang ada batas bobot minimum, tapi kalau bisa ngurangin bobot yang tidak perlu untuk meningkatkan power.. itu kuncinya..
Terjawab sudah kenapa Byson cuma jual tampang.. karena banyak bobot yang tidak perlu..
@ Bang taufik
Oh Ya menurut Klaim Honda .. . new megapro memiliki Top speed yang dapat dipacu sampai 106,6 kpj
===========================
klo menurut Mas3 : Beberapa rekan Bloggerz seperti Bro Satar aka Dukun Beranak… bisa membejek top speed 116 km/h.
hem…., bro satar yang jago ngebut atau spidometernya yang jago…?
@Ngawur
kok gak berlaku buat tiger ya
@masterxeon
ragu juga
@76. masterXeon
spertinya 106,6 itu real speed yang diukur via alat khusus seperti vericom atau GPS
setahu saya bro Pringgo mengaku geber motor sampai 104 atau 108 githu tapi yang tercatat di GPS cuma 97 . . . saya ada bukti oto data dari bro pringgo
jadi bisa jadi ada benarnya kalao 116 di speedo merupakan angka 106 di real speed
mudah2han ini mengakhiri kontroversi
terlepas dari segala kontroversial speedometer yang mungkin ada, motor ini buat kepentingan harian di jalan umum. jadi kecepatan 80 kpj aja udah ngeri banget tuh. begitu pula dengan turing.
hem…
tetap pilih byson…..
kalau Catalytic Converter ini di lepas, maka berat/bobot turun 5 kg, dan yang paling penting perangkat yang paling menghambat performa ini (read:catalytic converter) ini lepas.
udah kebayang…
bobot turun 5 kg, dan penghambat performa juga lepas…
hem…pasti moncer….
performa jadi meningkat, dan tampilan udah gak butuh upgrade.
61. earphane – Agustus 22, 2010
Kalau NMP ini trus gimana? Tarikan enteng, topspeed boleh. Dua-duanya bisa berpadu. Ini namanya nilai plus dari inovasi teknologi.
@Ngawur
Byson bukan jual tambpang bro, jangan ngawur anda, tapi byson tuh keren,bro
jual ban “bannya kegedean” kikikikiki
76. masterXeon – Agustus 22, 2010
======================
Kura-kura dalam perahu. Tuh dah dijawab ama Kang Opik.
@Eqien,80
lha klo catalyc converternya dilepas apa bedanya emisi byson sama bajaj roda 3??
78. Taufik.
good info…
baca salah satu hasil compare NMP vs FZ16 versi india Top speed NMP real memang sekitar = 108-110 Kmph, FZ16 =105 kmph.
80. masterXeon – Agustus 22, 2010
======
Mongtor anda jadi gak ramah lingkungan/ketinggalan zaman/kuno/jadul/gak standar URO2
KOK nggak PADA jeli YAH bac Komen lawan bicara, jadinya hanya menangkap sekilas doang makanya suka nggask nyambung
alias morat-marit
83. kucrut_bike’s
hahaha…,
apa bedanya dengan motor yang gak pake catalytic…..?
Catalytic itu bukan untuk menghilangkan asap bro…?
Jupi MX yang ganti knalpot juga gak jadi ngebul asapnya tuh…
AHM selalu mengikuti trend dunia dalam melincurkan produknya. Tidak sekedar menuruti maunya konsumen yang kadang-kadang tanpa pertimbangan matang.
Contohnya NMP ini. Konsumen mintanya performa. AHM menjawabnya, dengan tanpa mengorbankan efisiensi dan emisi yang rendah.
@masterxeon
emang gak bakal ngebul.. cuma kadar emisinya itu lho.. yang gak ramah lingkungan lagi.. 😆
@80
I think 5 kg of exhaust not only the reason why Byson have a bad performance comparing to New MegaPro.
I am sure that Mr. Taufik quite lighter than Mr. Satar.
But you know, Mr Satar can reach 116 kmph.
Tunggu harga moving partsnya, ekonomis dan awet yg mana.
88. masterXeon – Agustus 22, 2010
========================
Bahan racun dari gas buang, bukan hanya yang tampak ngebul saja itu, bro. Justru yang tidak kelihatan, yang lebih berbahaya. Masih ingat, kasus beberapa pengendara mobil meninggal, beberapa waktu lalu? Mereka menghirup racun dari gas buang yang sama sekali tidak kelihatan, bahkan tidak berbau.
90. JOKO – Agustus 22, 2010
============
Ditulis boso jowo eh Indonesia saja bro, biar semuanya paham.
jadi penasaran nih.. berat total catalyc converter ninin 150 brp kilo yak?? klo lebih ringan dari catalyc nya byson, berarti ni byson emang lebih parah emisinya daripada mesin 2tak..
88. kucrut_bike’s
ahahahaha…, tunggu saya konfirmasi ke Bang Opik dulu..
Bang Opik, Byson ini udah pake AIS juga atau belum ya…?
@80. masterXeon
gak kebayang asepnya kayak apa byson klu dilepas Catalyc Converternya.
Yg pake Catalyc converter segede gaban aja baru lulus euro 2 gmn klau dilepas???
😆 😆
@80. masterXeon
gak kebayang asepnya kayak apa byson klu dilepas Catalyc Converternya.
Yg pake Catalyc converter segede gaban aja baru lulus euro 2 gmn klau dilepas???
kalah donk truk tronton…….???
😆 😆
@Mastexeon
Anda mulai tidak ilmiah dan gak peduli lingkungan.
Mengira emisi gas buang hanya yang ngebul saja.
@100. nhd – Agustus 22, 2010
@Mastexeon
Anda mulai tidak ilmiah dan gak peduli lingkungan.
Mengira emisi gas buang hanya yang ngebul saja.
==================================
emangnya FBY ada yg ilmiah??
bukannya cuma asal jeplak doank???
😆 😆 😆
lihat foot stepnya byson……
ya ampuuuuuunn….. Vega ZR banget!!!
😆 😆
Q: kenapa Hnd NMP cukup responsif? )
A: karena kalo enggak SEDIKIT lebih responsif malu dong sama saingan yg lebih sangar tampangnya. jd minimal punya senjata laaagh. mosok seh mau maju perang cm bawa wajan buat tameng doang sementara lawan bawa basoka yagh minim bawa ketapel laah buat nyerang balik… mbuekekekek…. (becanda yah kondisi bisa berbalik Hnd yg bawa basoka Ymh yg bawa ketapel seiring pembuktian di lapangan…. ini jawaban cm iseng njawab pertanyaan judul artikel…. xixixixiixi
Mbeeek…..
waduh, ojo do tawur……….!
sebenarnya niat hati ga pengen bakar2 an, dan
sebenarnya saya sangat senang atas kelahiran 2 varian kompetitif dari YAMAHA ataupun HONDA ,yang menjawab tantangan suara hati konsumen….
walaupun saya lebih cinta CBR saya……. ahhihihih… 🙂
so…….. yang pada akur yo mas……..
check…..
hadirrrrr
http://otomercon.wordpress.com/2010/08/22/kumpulan-motor-konsep-honda-1/
coba catalyc converternya byson yang segede gaban itu dipasang di NMP bisa lulus euro 5 kali yak nih NMP nya..
@106. kucrut_bike’s – Agustus 22, 2010
coba catalyc converternya byson yang segede gaban itu dipasang di NMP bisa lulus euro 5 kali yak nih NMP nya..
==========================
bhuahahaaaa…………
bisa aja ente…
😆
waduh… ojo do tawur…..
sebenarnya maksud hati ga pengen bakar2 an, &
sebenarnya saya sangat senang dengan lahirnya 2 varian dari HONDA ataupun YAMAHA , yg sama2 kompetitif dan menjawab tantangan, suara hati konsumen,
walaupun saya lebih cinta CBR saya……. ahhihihihi :
keep brotherhood mas dab! pilih selera masing2 😀
Sudah pada tahu cara kerja catalytic converter belum ?
kalau belum sini gue kasih tahu :
catalytic converter ( CC ) gunanya adalah untuk membakar sisa hydrocarbon ( HC ) dan carbon monoxide (CO) dengan memanfatkan panas dari gas buang mesin itu sendiri
nah apa itu HC ? sini gue terangin lagi deh :
saat bekerja mesin membakar bensin dan udara menjadi emisi gas buang, lihat rumus pembakaran dalan mesin bensin :
bensin + udara = Carbondioide + air + emisi
atau kerennya :
CxHy + Udara (70% Nitrogen + 20% Oxygen + 10% dll) ==> CO2 + H2O + emisi (NOx, CO, HC/bensin yang tidak terbakar, dll)
nah disinilah tugas CC, membakar sisa HC dan juga CO,
HC dibakar menjadi CO2 dan H2O,
CO dibakar menjadi CO2 yang mudah diuraikan oleh tanaman
CC terbuat dari logam khusus seperti platinum atau palladium, bentuknya mirip sarang tawon tapi agak panjang, saat kena panas gas buang mesin, sarang tawon ini membara kayak obat nyamuk bakar, nah bara ini yang membakar HC dan CO tersebut mirip tukang sate
sebetulnya mesin dengan settting bagus dari awal kadar CO dan HC-nya pasti rendah, CC hanya sebagai pelengkap saja,
lihat saja hasil uji emisi yang dihitung selalu CO dan HC,
CO rendah artinya desain ruang bakarnya bagus dari pabrik atau kondisinya bersih kalau buat mesin yang sudah dipakai lama, sedangkan HC rendah juga demikian desain timing katupnya bagus atau kondisi carburator atau injectornya bersih
gue sebetulnya anak mobil bukan anak motor,
tapi lihat anak-anak motor gontok-gontokan kayak gini asyik juga lho ….HA..HA….HA…
salam dari si ganteng
setelah menyimak artikel2 tentang testimoni test ride Byson and NMP,
saya melihat ada suatu “kecerdikan” yang ditampilkan oleh H, dan ini merupakan suatu permainan yang “cantik” dan gemilang ….
saya setuju dengan pernyataan om taufik bahwa Ergonomi dari megapro ini lebih bersifat Daily Touring Bike, dibanding sebuah street fighter tulen …. Sehingga beraura beginner user frendly
( inilah kunci dari pemainan AHM …. )
dengan cerdas H cepat-cepat merilis nich motor dan mengusung THE REAL STREET FIGHTER …..
wow … begitu berani H mengusung the real street fighter, padahal kata om toufik lebih bersifat Daily Touring Bike
euleuh-euleuh …… pintar sekali nich H
dengan mengusung the Real Street Fighter …. konsentrasi Y menjadi lebih terfokus kepada Real Street Fighter, sehingga aspek
power to weight ratio, efesesnsi power, aspek Bobot Motor kurang dipertimbangkan ….
walah-walah ……..
ketika NMP dirilis, kontan saja pihak Byson “mencibir” tampilan NMP, dan dengan bangga Byson cepat-cepat diekspos melalui dunia maya dengan strategi mulut besarnya ….
wow ….. jelas sang Byson sudah masuk ke dalam jebakan Betmen
huhuhuyyyyyyyy
dengan pede Byson menampilkan display yang gahar, gagah dan lebih street fighter ketimbang NMP …
bahkan NMP diledek, ban-nya seperti ban bebeklah, dst……
dan jelaslah sudah sekarang :
siapa yang akselerasinya lebih responsif????
siapa yang powernya dirasa lebih gede????
siapa yang lebih bisa ngacirrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr?????
dan cerdiknya lagi….
NMP lebih familiar di iklim Indonesia
dia lebih mudah dikendalikan di jalanan INA baik di perkotaan maupun di luar kota ……
selain itu easy ride menjadi point tersendiri, yang mana tentunya aspek kemudahan mengendarai sepeda motor sudah bukan lagi suatu hambatan berarti, ketimbang Byson yang harus ada penyesuaian terlebih dulu
dan point lainnya :
– harga lebih murah
– inden juga antara 2 – 4 minggu saja
sekarang terjawablah kesangsian2 masterXeon da saudara jaos
siapakah yang mengendalikan permainan sekarang ini bung jaos????
huhuhuhyyyyyyy
kut nyangkut??
cukup sudah penjelasannya :
Byson = The Display Street Fighter
NMP = The Real Street Fighter
@100 nhd & ndaru DJL.
hahahahaha…,
pantas jadi agak aneh tanggapannya, ternyata komenku di 89 yang mengomentari bro Kucrut kelebihan tanda “?”.
85. kucrut_bike’s
beda-la antara byson 4 tak dengan bajaj ngebul yang 2 tak”, kadar emisi-nya pun besa.
ntak ngabuburit doeloe ya……….
bakar2an di media on line gak papa yg penting hati tetep dingin…..
dan satu lagi
keep brotherhood
salam………….
😆
H cerdik dengan strategi tutup mulutnya, tapi cukup para tester saja yang bicara …. terjawablah segala kesangsian
Y …. hmmmm terlalu over dosis dengan strategi mulut besarnya, dan cukup terbungkam dengan testimoni para tester ….
ulasanku yang panjang lebar nyangkut di atas awang-awang
huhuhuyyyyy
Satu lagi mengenai roller rocker arm atau pelatuk klep dengan bantalan laher,
itu sudah dipakai oleh mitsubishi dari tahun 1980-an di model dan-gan dan eterna, jadi itu teknologi “jadul” tapi sakti lho
teknologi jadul tapi sakti yang lain adalah TURBOCHARGER, .. ohh yesss,… ohhh nooooo, …….
ulasan pendahuluan untuk ulasanku yang panjang
menurut saya (IMHO) :
NMP menganut style minimalis, engine maksimalis
Byson menganut style maximamil sehinga menghambat maksimalis engine
Akselerasi NMP lebih responsif dan power yang dirasakan lebih kuat sehingga lebih bisa ngacirrrr ketimbang Byson …..
Tampang memang lebih sangar dan lebih kekar Byson
tapi ya itu, karena kelebihan beban alias bongsor sehingga menghambat akselerasi ….
jadi secara tampilan Byson = The Street Fighter
secara maksimal engine NMP = The Street Fighter
kesimpulan saya :
Byson = The Display Street Fighter
NMP = The Real Street Fighter
@115 Kang Udien,
he..he.he.. itu mirip dengan kasus fortuner vs pajero sport
satunya gagah dengan body segede gaban tapi kaki-kaki kayak lidi takut sama jalan jelek dan lumpur,
satunya langsing tapi siap buat dicemplungin ke lumpur dan trabas jalan jelek
mnurut gw NMP lebih pas dsebut sport cruiser mengingat gaya riding yg diusung beda tipis sama MPJadul + style NMP yg kurang SF tapi lebih ke SC
115. uDien D’Kabayan
hahahaha…,
tak tambah-in…..
NMP = The Tag Street fighter.
NMP = The Real Touring Bike (kata Bang Opik)
114. uDien D’Kabayan
Bearati yang pertama untuk dipajang doang
Yang kedua untuk benar-benar dikendarai.
Kalau gitu ya pantes, semuanya serba maya.
@ 113. van bhrengozh
Satu lagi mengenai roller rocker arm atau pelatuk klep dengan bantalan laher,
itu sudah dipakai oleh mitsubishi dari tahun 1980-an di model dan-gan dan eterna, jadi itu teknologi “jadul” tapi sakti lho
==================================
he he bener mas, nah yg saya omongin sebelumnya bener juga to? (versi bebek lokal)
nah versi tekniknya sering juga disebut dengan TOMBLER”
nah, teknologi tombler digunakan di mesin produksi sejak th 70 an….. (spt yg lagi saya setting sekarang ini di pabrik) hi hihi hi sambil manteng blog nya kang taufik
maap om fik OOT
istigfar, istigfar, bagi yang puasa dan eyel2an cepet istigfar,,,
bagi yang ngga monggo dilanjoooottttt……………
@ kucrut_bike’s, nhd.
motor 4 tak tanpa katalis pun sebenarnya gak masalah….apalagi klo udah pake yang namanya AIS, atau SASS dan lain2, masih ramah lingkungan.
lain halnya dengan 2 tak.
Yaa elaaah… Pada ngehina catalyc converter Byson….
Mas Taufik bahas juga dunk aplikasi teknologi pada knalpot byson…
Bahan katalisator nya pake bahan eksotis yg ga murah , platinum, rodium ama paladium yg bisa mengubah NOX atau CO jadii H2O, trus teknologi air induction system…
BC aja neeeh………………..wkwkwkwkwkwkwk…
114. van bhrengozh
ohh yesss,… ohhh nooooo, …….
======================
bah…, belum buka puasa ni bro…
masih di larang mamakai bahasa ariel peterpan.
xixixixixixixi…
Kang Taufik/bro yang lain
-Apakah catalytic conferter juga dipasang di Bison Indihe?
-Apakah peraangkat ini baru dipasang kalau pihak yang terkait(pemerintah/dephub/depperin) mewajibkannya?
Serius, oot nih.
Berarti byson pembakarannya belum sempurna, belum menghasilkan tenaga maximal, mix gas masih terbuang sia-sia, hingga butuh katalisator. Dan lagi friksi yang belum diminimize. Hasilnya akselerasi kurang, power ngedrop topspeed kalah, bensin boros.
^^^^^
Yaelah pake logika darimana tuuuh… Make knalpot berteknologi yg ramah lingkungan apa salahnya………………
Maap ya, bukan bermaksud BC, tapi demi kesempurnaan produk dan kepuasan konsumen.
ada yg BC bilangin knalpot kondom ga yaaa….. wkwkwkwkwkwkkk..
Teknologi ramah lingkungan apa salahnya.. Emang paling mahal seh komponen catalytic conferter tuuh, dicopot bisa turun bgt harga byson…
bandingin hasil emisi gas buang nya aja biar ga BC…..
catalytic converter emang teknologi mahal buat saluran gas buang…
Buat yg ga sadar lingkungan mungkin ne teknologi yg lebay buat motor 4 tak…
bro…catalyc converter tugas utamanya buat memecah gas CO yang sangat berbahaya dan tidak berwarna itu. pokoknya kalo keluar udah gak jadi CO…
yang jelas semua motor baru di INA harus lolos euro2 (standard yang berlaku di INA sekarang)
kalo di thailand ma uda euro3, makanya disono pada injeksi…
NMP jelas uda euro2 bro, kalo belum kagak bakalan brojol…
selain pakai catalyc ada metode lain buat mengurangi kadar emisi…
apakah nmp akan makan pasar dari tiger??mohon penjelasannya mas taufik
teknologi ramah lingkungan suatu keharusan um…tp kontruksinya apa harus segede gaban gitu????…scara mtr2 pny H,S dan K..jg pake catalytic converter di mufflernya tp ga segede gaban ky pny byson….. butuh penjelasan yg rasional…^_^
yang jelas dengan mengusung the real street fighter, ini merupakan jebakan betmen bagi Y … dan sang Byson pun masuk perangkapnya
huhuhuyyyyyy
bro….. catalyc converter tugas utamanya buat memecah gas CO yang sangat berbahaya dan tidak berwarna itu. pokoknya kalo keluar udah gak jadi CO…
yang jelas semua motor baru di INA harus lolos euro2 (standard yang berlaku di INA sekarang)
kalo di thailand ma uda euro3, makanya disono pada injeksi…
NMP jelas uda euro2 bro, kalo belum kagak bakalan brojol…
selain pakai catalyc ada metode lain buat mengurangi kadar emisi…
Lebih gede ya lebih awet, ga perlu sering diganti..Kan bahan2 eksotis nya mahal2.. Harusnya dikecilin aja yaa biar lebih murah.
pengen ngadu sma NMPnya boleh ga ya ha ha haaa….. 🙂
@ 130. Dasa
rasanya kalau utk motor 4 tak meskipun dengan alasan peduli lingkungan pasang CC segede dan secanggih itu agak2 lebay deh..
kecuali memang kalau misalnya tanpa CC emisinya luar biasa jelek… jadi mau gak mau daripada dikataian bajaj roda 3 sama FBH…
ya dengan sangat terpaksa karena NMP udah launching dan gak ada waktu riset settingan.. ya udah kasih CC aja.. :p
hehehe.. bukan nuduh lho .. cuman opini aja..
au_ah dan keluarga mengucapkan
SELAMAT BERBUKA PUASA UNTUK WILAYAH JAKARTA DAN SEKITARNYA…
@ 135 ????
selamat berbuka puasa bagi yang menunaikan nya…….. 😀
ayo kbh wae ng0mbe es dsik..mak cessz..
gue sih ok aja yang penting barang bagus
ada uang
ya silakan beli
haha.. wareg
@bleiyer
sampeyan jogja ne sisih ngendi maz dab?
@123
masih perlu dikonfirmasi ke pihak YMKI mengenai bahan penyusun catalytic converter-nya Byson. mengenai catalytic converter secara umum, saya menemukan tulisan berikut hanya tentang catalytic converter, bukan secara khusus membahas tentang CC-nya Byson:
http://triatmono.wordpress.com/2009/08/04/penerapan-pada-motor-catalytic-converter-buat-ngurangin-polusi/
bisa saja CC-nya Byson pake bahan-bahan yang disebutkan itu, yang tentu saja mahal — berimbas ke harga jual??? –; tapi, bagaimanapun juga, kita masih perlu mendapatkan klarifikasi resmi dari ymki.
Byson is more appealing….than NMP
@141 Penerjemah
menurut mas3 disinyalir CC-nya Byson termasuk yg paling manteb, dari segi bahan penyusun CC…
@ kangjengmasterXeon
udah malem masih mancing mas ….
hue hue hue
responsif,mungkin juga karena:
1. final gear ratio lebih besar angkanya,
2. overstroke type dimana panjang langkah piston lebih besar dibanding diameter,
3. kompresi ruang bakar tinggi,
4. desain pengapian lebih fokus di putaran bawah dan menengah,
5. apalagi ya?
@geroro…
mas3 saha jang???salah kamar maneh…ini warung orang
@kampret
warung tetangga…
cuma skedar sharing info aja, lagian kang opik n agan rondo kan cs-an
hehehee 😀
komentsku yang nyangkut dah nongol
pertanda barusan kang taufik sempet nengok warungnya
thanks kang …. sekarang lagi taraweh ya
kalo aku gak taraweh…biasa-lah…. terjebak kerja
( ini sudah bakat …. bakat ku butuh …..)
huhuhuyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy
Buat yg bisanya cuman BC aja…..
copas dari blog Mas Tri aaah
triatmono – Agustus 22, 2010
@ndaru
Bozzz … ndak mungkin laaagh motor 4 tak macem Byson… lebih parah daripada 2 tak… !!! Coz tidak ada oli samping yang dibakar… !!! 😀
@aaa
Catalytic converter yang dipakai di byson… yang beratnya 5 kg, menurut gue yang paling mantep yang pernah gue lihat. Bahannya juga nggak murah bozzz…. !!! Jadi kalau soal bicara eco friendly… ataupun yang paling ramah lingkungan… menurut gue Byson ini termasuk yang top markotob. Namun kembali… ada yang dikorbankan… yaaa apa lagi kalau bukan performance.
@ 155. gerorogunso – Agustus 22, 2010
betul bro kang taufik sama agan tri rondo itu CS-1 ( kikikikik…… )
@udien
ampun dah nt bener2 sales n FBH sejati gak bisa kagak promo…..
😆 😆
@udin
masa si, bozz?? D0MB4 64RUT donk.. xixixixixi
@ Dasa
berarti perlu satu atau beberapa langkah lagi agar penerapan CC ini tidak mengorbankan performance ….
tapi kalau bicara ramah lingkungan, seharusnya sektor bebek & matic harus lebih mendapat perhatian karena populasinya yang lumayan buanyak …..
lagian Byson ama NMP mengklaim sudah lulus emisi Euro 2 (kalo gak salah) ….
dengan demikian memang banyak hal yang dikorbankan oleh Byson dalam head to head dengan NMP, selain mengorbankan performance … juga mengorbankan pangsa pasar, sebab Byson menjadi lebih segmented …. sedangkan NMP lebih frendly ….
@158
alay detected 😀
hadir
@ 159. yuda p –
aku gak ikutan, pokoke itu perkataan mas ganthole (mas ganteng thole), silakan tunggu teguran dari pihak warung ijo dan juragan rondo ……..
kikikikik……
@ 158. gerorogunso
mlesetin sedikit dari perkataan nt
lumayan low budget hight impact … seperti strategi Y …
kikikikik…..
@159.udien
ga nyambung, otooooong..
di awal kalimat ngomongin CC ujung2nya mengorbankan pangsa pasar, byson segmented
@ gan thole
ya nyambung ujang ….
maksud saya segmented di sini hanya terbatas kepada yang haus sebagai “streetfighter sejati” ….
NMP itu frendly, bisa “merambah” berbagai kalangan ….. tidak terbatas “streetfighter sejat” — itupun dari tampilan doang …
sehingga konsumen byson itu mengkerucut sedangkan NMP itu terbuka …
sok disambung-sambungkeun jang …
kata Dasa nich
harga CC itu mahal
otomatis mempengaruhi harga
sehingga harga NMP lebih kompetitif dibanding Byson .
sok pasti nyambung kalo dipikirkan jang ….
ntu CC.nya byson klo dcpot ngaruh ke handling gag ya??
scara letaknya yg di Konsentrasi massa/ Centre of Gravity…
da yg taw gag brow??
mo nerusin tentang CC, tapi ntar jadi panjang gak berkesudahan…… ya sudah lah. case closed aja dulu mpe di sini……, kecuali emang dibutuhkan… 🙂
@ 119. van bhrengozh – Agustus 22, 2010
@115 Kang Udien,
he..he.he.. itu mirip dengan kasus fortuner vs pajero sport
satunya gagah dengan body segede gaban tapi kaki-kaki kayak lidi takut sama jalan jelek dan lumpur,
satunya langsing tapi siap buat dicemplungin ke lumpur dan trabas jalan jelek
=========
xixixixi….. oh di mobil juga ada yang kasusnya sama tho ….
@167
tunggu kupaz tuntaznya aja dari para juragan warung bro….
@ 170
kalo juragan rondo udah ada kupaz tuntaznya ….
di cs-one kl ga salah ada CC jg makanya hrg knalpotnya mahal
Berbicara masalah psikologi konsumen. Sekecil apa pun selisih harga, tatap banyak pengaruhnya. Contoh,banyak temen ambil meong, alasannya lebih murah. Padahal, hanya 100-200 rb.
Kalau NMP dan bison beda 400-1100, jumlah yang lumayan bagi kosumen yang mayoritas datang ke dealer dengan dana pas-pasan. Apalagi kalau pas-pasan untuk DP saja.
Waduh,,, udah oot banget nich…
*setor nickname aja…
Week… Week…
170. nhd
lebih seksi bro mio-nya..
IMHO, mengapa bison tidak bisa kasih harga kompetitif. Mungkin Y sudah terlalu banyak berkorban untuk ngangkat Vixi melawan MGL pada tahun-tahun awal kemunculannya. Nah sekarang, mengingat beban Y yang lebih berat, termasuk di motoGP, hal itu tidak bisa dilakukan lagi pada bison. Konsumen harus ikut mikul.
sebuah catalyc converter tugas utamanya buat memecah gas CO yang sangat berbahaya dan tidak berwarna itu. pokoknya kalo keluar udah gak jadi CO…
yang jelas semua motor baru di INA harus lolos euro2 (standard yang berlaku di INA sekarang)
kalo di thailand ma uda euro3, makanya disono pada injeksi…
NMP jelas uda euro2 bro, kalo belum kagak bakalan brojol…
selain pakai catalyc ada metode lain buat mengurangi kadar emisi…
Dasa wrote :
Yaa elaaah… Pada ngehina catalyc converter Byson….
Mas Taufik bahas juga dunk aplikasi teknologi pada knalpot byson…
Bahan katalisator nya pake bahan eksotis yg ga murah , platinum, rodium ama paladium yg bisa mengubah NOX atau CO jadii H2O, trus teknologi air induction system…
============================
hodooooh…..
honda dah lama pakai cc gan… dari jamannya mega pro, vario, beat, cs1…..
( lihat belahan knalpot di stand OEM honda waktu event balap HRC )
172. moonraker
lha…, jupie mx dari awal udah ada catalis nya tuh…
sambungan 111. uDien D’Kabayan
Tag : “The Real Street Fighter”
benar-benar suatu kecerdikan yang cemerlang ….
Byson yang merasa lebih Fight daripada NMP segera mengekspose dirinya di dunia maya, malah sampai membuka inden online
Byson sangat merasa pede bahwa dirinya lebih Street Fight ketimbang NMP … bahkan test ride bersama blogger pun digelar lebih dulu ketimbang NMP …..
wow ….. walau Byson belum dilounching, tetapi sudah di test sehingga Byson masuk jebakan Betmen-nya NMP tanpa bisa keluar lagi ….
giliran NMP di test-ride oleh para blogger, ketauanlah bahwa Byson itu mengutamakan tampilan street fighter sehingga performa terkorbankan …..
hohohoh …… sudah kita tahu semua bagaimana testimoni dari para blogger …
– akselerasi NMP lebih responsif
– power lebih terasa kuat
– dan nmp akan lebih ngacirrrrrrrrrrr ketimbang Byson
sadarlah byson bahwa performa terkorbankan …
tapi apa mau dikata … Byson udah ditest .. udah digembar-gemborkan bahkan udah buka inden onlien ….
one again : shiipppp dech jebakan betmennya H …
salam
D’Kabayan
@172 masterXeon , betul betul betul, juga rx king generasi terakhir…
@173 uDien D’Kabayan, nampaknya yg akan terjerat jebakan batman lagi adalah sport 225 cc face lift yg akan diluncurkan…..
Oke deh jangan mempermasalahkan katalis Byson, belum tentu cuma katalis byson yang mencekik tenaga byson. Lagian byson udah diimbangi cc yang lebih besar dari Nmp.
Gimana dengan mesinnya,
Bore stroke Byson: 58×57,9 (153cc).
Bore stroke Nmp: 57,3×57,8(149,1cc)
Durasi & ukuran klep: ?
Timing pembakaran: ?
Gear ratio: ?
Desain inlet&outlet gas:?
Disinyalir perhitungan efisiensi mesin bagusan Nmp.
Byson perlu diutak-atik lagi.
Dagrex juga udah siap dengan part pendongkrak performa byson. Akhirnya keluar duit lagi.
😆
@ 173 Moonraker
apakah itu ?????
@ 177 earphane
katanya Byson ini sudah mumpuni sebagai kelas streetfighter, tapi harus dikotak-katik lagi, malah CC-nya harus diganti dengan yang lebih ringan ….. (kata masterXeon lho)…. ckckckckck….
ROUND 4 PETRONAS ASIA ROAD RACING CHAMPIONSHIP
Madras Motor Sports Track, India
UNDERBONE 115cc – RACE 1
OFFICIAL RESULT
1.Fitriansyah Kete/INA/Bikers Indonesia BRT Racing Team/
Yamaha
2.Hadi Wijaya/INA/Kawasaki NHK Rextor MTR Manual Tech Racing
/Kawasaki
3.Denny Triyugo/INA/Yamaha TOP 1 FDR/Yamaha
4.Hokky Krisdianto/INA/Yamaha TOP 1 FDR/Yamaha
5.Md Rozaiman Md Said/MAS/Motul Yamaha Y Y Pang Racing Team/Yamaha
NMP lebih safety,,, itu aja…
http://otomercon.wordpress.com/2010/08/22/kumpulan-motor-konsep-honda-1/
overal
byson 9/10
megapr 6,5/10
bodolah sales honda mo ngoceh ape
tetep byson lah
@ byson
itulah ungkapan keputus asaan dr byson………
tetep aje yg paling yahuddd y NMP lah…….
🙂 🙂
184. earphane
yuppp
180. moonraker – Agustus 22, 2010
……………………………………
hodooooh…..
honda dah lama pakai cc gan… dari jamannya mega pro, vario, beat, cs1…..
( lihat belahan knalpot di stand OEM honda waktu event balap HRC )
==================================
Ternyata tetap responsif.
@ nhd
Y semakin jelas keliatan tuk jual tampang Byson …..
@fik, kitiran RPM-nya masih dilimiter atau sudah bisa over red line Kang?, kalo masih di limiter speed sudah 106,6kph (dan itu di peroleh di gear berapa yach?), begitu di unrestricted bisa bablas bener nih motor speednya….., tapi kalo dari pengalaman aye kang, ganti ban gede juga ngaruh ke akselerasi loh..
@187 & 188
byson sama NMP sama2 motor bagus.. 🙂
saking bagusnya saya ga bisa beli.. cman bisa mengatakan 2 motor ini motor bagus & keren .. 🙂 saya juga suka vixi..karena ane juga pake..saya suka tigi soalnye ane juga pake.. 😀
2 motor ini udah beda genre..
satu emang genre nya light streetfighter..satunya emang genre light sport touring.. so kembali lagi keselera masing2.. 🙂
maaf kalo jadi curhat.. 😛
salam brotherblog & brotherhood
milih NMP ap VX yh, kykny VX aj deh ha ha haa… 🙂
Td nonton just alvin, liat aa gym…ya ampun orang kya dia sempet tergelincir, yg bagi dia negatif tapi bg orang2 biasa…gila yah, kya kta ini pernah gak yah intropeksi diri….
@brengoz
Gw suka gaya lo, tapi penjelasan elo masih banyak yg g baca…jd tetep ngotot….hehehehehe
191. uDien D’Kabayan – Agustus 22, 2010
Pokoknya, strategi omdo yang diumbar hampir dua tahun, berantakan setelah review hasil tesride para blogger. Strategi melalui dunia maya, berantakan oleh dunia maya pula. Kalau dunia nyata, yang realistis yang akan eksis.
Dian sastro di iklan hp korea…cantik bgt yah….waladalah
@ ashley
gak jadi nich instrospeksi dirinya …
kikikikikik…….
Yess..masuk 200 besar
iklannya baru nongol di rcti..keren..!!!:D
Kompas Otomotif: Jorge Lorenzo Maskot baru Motor Yamaha.
Bisa gak ya, berdaya magnet seperti rossi?
Iklan NMP dah nongol di tv.. Brg juga dah ready dimana2.. Mantap..
klo boleh tau bedanya monocros sama monoshock itu apa ya??
Iklan samsung champ dah beredar di tv….dian sastronyah hadooooh….
Udin
Intropeksi apa neh bro…wakakakakaka, bsa aja
@ ashley
lupa ama omongan sendiri … ahihihihih….
Dah selesai???? Ayo istirahat…bsk kerja lagi…masak air, mandiin anak, anter ke sekolah….aduh, bapaknya yg nganter aja belum mandi…hehehe
@203
mono=satu, cross=silang, shock=kejut ….
monoshock = satu peredam kejut
monocros = satu disilang-silang…hmm bingung gw.
xixixi
monggo aza plh sesuai selera..byson n nmp puny plus minus..hehe..
Pake cc kalo gak dirawat jg cpet jebol n emisi gas buangny ancur2an..gak pake cc tp ud da teknlg lain yg mengurangi emisi kalo dirawat jg bgus..
So,pabrikan ud memperhtgkan..yg pnting dirawat n sfty 1st.
Salam damai buat bro smua
Mang mnp gak pake cc
ashley
seingtq pak j.loman pnah bilang kalo nmp g dkasi cc bro.
Kalo yg mgl emang dpasang cc
Monocross istilah dari yamaha, kawasaki ngasih istilah Unitrak, honda dengan proLink, suzuki juga tapi lupa istilahnya.
Itu semua istilah untuk konstruksi monoshock yang dimana sokbekernya tidak berhubungan langsung dengan swingarm.
CmiiW.
http://i270.photobucket.com/albums/jj84/sfsaelendra/ShockMountLower700p.jpg
detik.com
——–
Minggu, 22/08/2010 16:08 WIB
Jelang Sahur, Perampok Bersenpi Beraksi di Bekasi
E Mei Amelia R – detikNews
Jakarta – Kawanan perampok bersenjata api beraksi di sebuah warnet di Jalan Raya Kusuma Barat Blok AA1 No 10 RT 10/18 Duren Jaya, Bekasi Timur. Mereka berhasil membawa kabur 2 motor yang diparkir di depan warnet 24 jam itu.
“Pelaku diduga membawa senjata api jenis revolver,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Bekasi Kompol Ade Ari Syam Indradi saat dihubungi wartawan, Minggu (22/8/2010).
Ade menjelaskan, peristiwa itu terjadi menjelang sahur atau sekitar pukul 03.00 WIB. Pelaku yang berjumlah sekitar 6 orang itu kemudian mendatangi warnet yang buka 24 jam itu.
Dua pelaku di antaranya, mengambil motor Yamaha Mio milik pengunjung warnet dengan cara merusak kunci dengan Letter T. Sementara 4 lainnya berjaga-jaga sekitar 100 meter dari lokasi.
“Dua motor merek Yamaha Mio dibawa pelaku,” katanya.
Aksi itu sempat diketahui oleh penjaga warnet bernama Hendra dan Iqbal. Mengetahui aksinya yang dipergoki, seorang pelaku menodongkan senjata api ke arah saksi.
“Senjatanya diduga revolver rakitan,” ujarnya.
Karena takut, saksi kemudian mundur. Sementara pelaku berhasil meloloskan diri dari kejaran warga.
Hingga kini, polisi masih menyelidiki kasus tersebut. “Saksi yang sudah diperiksa enam orang,” tutupnya.
——————————
bison ada secure key-nya gak ya ?…hati2 dimalingin…hehehe
feature…feature ….dong…bukan kondom plastik ….
Wah seru banget ya baca-baca komen temen-temen dari AHM, emang ga percuma AHM punya team Sales dan PR yang hebat, sampe-sampe merambah ke Blog-blog buat bikin opini produknya superior dari produk kompetitor. Untung aja dulu gw ga jadi kerja sama buat campaignnya AHM. Kalo nggak dosa banget deh harus Takabur :P.
Jadi inget sama AHM yang perang iklan sama Beijing, (Mandra vs Rano Karno)
Keep riding My Grand Impressa, ampe ngacir dah…
Salam AHM ya Guys
COMMENT DI TUTUP LEBIH BAIK TIDUR BUAT NUNGGU ARTIKEL BARU NANTI PAGI…hehehehe
TOLONG YANG KOMENTAR BESOK JANGAN COPY PASTE YA… DI WARUNG SEBELAH n DISINI KOK SAMA PERSIS KOMENNYA…
DASAR TIM PABRIKAN
Dulu sebelum byson di rilis, katanya alasan utama gak juga di rilis karena lagi di tes & untuk penyempurnaan & kata petinggi yamaha juga, Byson yang di indonesia spek nya lebih tinggi dr di India, tapi nyatanya sama aja, lalu apa gunanya dong testing lama-lama kalo gak ada perbedaan signifikan, bilang aja gak ada modal buat produksi….
Menurut hemat saya, kenapa kecepatan Byson di kebiri. Agar tidak memakan pasaran Vixion. Kalau mau head to head dengan NMP untuk pemakaian dalam kota. Yamaha cukup melawannya dengan Vixion, secara lebih superior dari NMP.
Lagi pula analisis saya, berdasarkan warung ini dan warung tetangga. Mungkin segment Byson, lebih kearah touring. Berkaca pada ergonimi ketika mengendarainya. Dan pemakai Byson tidak terlalu pusing dengan pemakainan bahan bakar dengan Oktan tinggi, yang jarang di dapat di luar kota-kota besar di Indonesia.
Lalu kalau NMP menurut saya sih. Hanya melanjutkan kasta GL-Pro yang sudah ada. Dia didesain masih konservatif, tidak out of box. Agar semua segment bisa dirangkul. Sesuatu yang menjadi ciri khas Honda selama ini.
======================
Kalao berkaca pada sejarah kedua pabrikan tersebut sih. Kesimpulan saya seperti ini.
Honda = Produk-produk Honda diciptakan agar semua orang dapat memiliki motor pada waktu itu. Waktu dimana Warga Jepang kesulitan memiliki kendaraan ketika pasca perang dunia.
Dengan dasar filosofi itulah. Honda selalu menciptakan mesin-mesin yang bagus. Yang dapat di miliki semua orang. Mereka menciptakan mesin sesuai kemamuan mereka, berdasarkan kebutuhan pasar yang ada. Sedangkan ;
Yamaha = Pada awalnya, Yamaha hanya perusahaan pembuat alat-alat musik. Tapi ketika pasaran roda dua mulai membooming. Yamaha pun mencoba peruntungannya di kancah roda dua.
Karena basicnya dari perusahaan musik. Mereka selalu menciptakan kendaraan yang nyaman di kendarai. Yamaha lebih menggunakan pendekatan personal terhadap setiap produknya.
Karena atas dasar itulah, budaya kedua pabrikan begitu berbeda. Yang satu budaya Kerajaan, sedangkan yang lain lebih Humanis. Yang pada akhirnya ber imbas pada produk-pruduk mereka masing-masing..
– Sorry OOT –
menurut gw modal 500rb upgrade performa NMP udah bisa setara bahkan lebih dari Vixion standar pabrik..
Motor Honda sudah jelah tarikan gas nya lebih responsive drpd produk motor Yamaha yg sekarang2 contoh new Jupiter Z dg Blade, klo pas baru start yg lebih ngotot nge-gas ya New Jupi, Blade ditarik gas dikit aj dah bergerak, di gigi2 bawah new Jupi lemot bgt dibandingin am Abs Revo… Nah bgtu jg NMP dg si byson ini yak..,
di dealer jogja sudah ada apa belum ya?
kmaren aku ke sidoarjo..hehe udah ngeliat warna item nya udah diangkut bareng suprax sama scoopy… 😀
apapun kate orang tentang Bysen, gue tetep pilih NMP
Yamaha Gitu lohh, tukang ngibul….
@masterXeon
apakah yakin jika alat tersebut dicopot jadi lebih responsif dari NMP… KAlo lebih respon dari sebelumnya iya… tapi lebih responsif dari NMP perlu ditest dulu bro…
Mas topik…itu DSLR (nikon pa canon?) pake lensa berapa mm?…:D
hehehe ko’ pada ngeributin Byosn sama NMP sih…..dah pada punya belum ???
masing2 punya pilihan…..semua motor punya plus minusnya….nyantai aja bro….
@fans_ayanami
sya setuju sama pendapat mas…. performa byson dikebiri biar gak banyak makan pasar vixy…..
http://barudakgudang.wordpress.com/2010/08/22/menilik-hasil-test-ride-honda-new-megapro/
“new megapro memiliki Top speed yang dapat dipacu sampai 106,6 kpj dengan gambaran akselerasi 0-200 meter dengan kecepatan awal 0 km/jam ditempuh dalan 11, 7 detik”
——————————————————————–
Kayaknya udah jelas (atau saya yang salah menafsirkan :D) bisa dipacu sampai 106,6 km/jam dengan gambaran akselerasi 0-200m dalam 11,7 detik, itu artinya untuk menempuh 200m dari posisi diam dibutuhkan waktu 11,7 detik dengan speed pada saat menyentuh jarak 200m adalah 106,6 km/jam. Bukan begitu kang opik 😀
kang taufik, nitip dikit yah catatan soal niat byson dan new megapro ngacak-ngacak kelas 150cc, trims http://edorusyanto.wordpress.com/2010/08/23/byson-dan-new-megapro-obrak-abrik-150cc/
@218 m.Jikson,
Banyak bro yang telah diriset.
Selama hampir setahun ymki telah memodif fz16 menjadi byson diantaranya:
-Ban lebih kecil
-setang lebih pendek
-ada kickstarter
-spek lebih tinggi yaitu 19.9juta.
Soal mesin lebih halus atau lebih berperforma? Hmm(?).
Hmmmm….
Saya heran koq performa Byson dikebiri yah? Untuk apa lagi, kan udah pake kondom…
lampu depannya kurang mantep
Wah…kalau ditujukan untuk usia 25-35, terus kalau yg umurnya diatas 40 tahun cocoknya pake mongtor apa?
RX-KING
diatas 40 th, Harley cocok dech…pan dah mapan penghasilannya 🙂 😛
di jakarta yang matjet ato di kota2x besar yang matjet ngapain beli yang lebih sedikit responsif ……..gak ngaruh….kena matjet……pake cakram belakang juga ngapain…lha wong top speed cuman 106km/jam
Makin malem makin rame…
Seperti yang dibilang mas taufik, NMP cocok untuk pemakaian dalam kota…..
Jangan lupa mampir ke lapak ane…. (Mas Taufik nitip…)
Diam-diam AHM launch stripping baru Vario Techno tanpa seremonial, mo tahu lebih lanjut stripping baru Vario Techno
http://cbr250r.wordpress.com/2010/08/23/stripping-baru-honda-vario-techno/
kalo liat performa NMP, emang beda ama tiger..jadi gw nganggap kalo NMP nggak bakalan ngambil segment Tiger..
nah yang gw bngung, antara Byson dan Vixi..kayaknya saling menyerang tuh..pembagian segmentnya kurang jelas..
Kenapa New Mega Pro Responsif ??
IMHO ya karena Motor kompetitor ( Byson ) tidak responsif ….Klo Motor kompetitor responsif judul artikelnya ya nda kaya gini…Gt aja kok repot………………..
:peace
@ Agan-agan
Gan…Catalitic Converter mah bukan cuma ada di Byson ajah atuh..itu NMP juga ada..Infact, Honda malah dah ada di semua motornya, kecuali yang kelas entry level…Itu Vario keluaran awal juga dah ada kok..belek ajah knalpotnya nti juga keliatan
BTW iya yak..kamana nih Mr. YMH..AKA JAos???
Byson VS NMP std pabrikan.. ditest barengan di sentul aja.. ane yakin seyakin2nya pasti Byson lah yg lebih unggul.. Motor Honda mana ada bisa lari sih.. honda skrg sih yg penting murah dibikin dari material yg murah,biar cepet rusak,biar cepet ganti onderdil yg baru dan pada akhirnya harus mengganti dengan model honda yg terbaru, gak kaya Honda zaman dulu..
HIDUP ASTREA
Apa bedanya mega pro lama dengan new mega pro?
terus masalah torsinya gimana?
saya tunggu saran anda semua
bagaimana cara setting arem belakang gl max untuk modif supermoto
nice info.
tapi lhttp://645.879.myftpupload.com/2010/08/22/kenapa-honda-new-megapro-cukup-responsif/arinya og cuma sampe 118 ya. . . kurang bnget tuch..