Home Pabrikan Honda Mengenai Kuatnya Market Ninja 250R . . . Kesimpulan Kafemotor adalah...

Mengenai Kuatnya Market Ninja 250R . . . Kesimpulan Kafemotor adalah Karena Masalah First Mover

126

Bro sekalian, kuaget tenan tmcblog setelah mengetahui bahwa tulisan analisa Merket Ninja 250R danCBR 250R yang tmcblog rilis sebelum zuhur mendapat tanggapan dan pendapat positif dari reakn rekan pengunjung blog plus sebuah kehormatan ditanggapi pula secara mendalam pada inspirator tmcblog sendiri yakni Bro Ilham kafe motor. Dalam artikelnya bro Ilham menjabarkan secara komprehensif opini analisanya kenapa grafik Ninja Fluktuatif.

Bro bisa baca di sana, bro ilham lebih menyandarkan opininya pada karakteristik konsumen sport 250 cc yang dibumbui oleh alur historis, mindset, loyalitas dan hal hal lain yang menarik untuk dibaca. Namun Yang menarik juga, bro Ilham menuliskan kalimat seperti ini di akhir artikelnya

Memang lebih mudah merebut juara, tapi untuk mengalahkan sang raja, selalu butuh dua kali lipat upaya dan kecerdasan

hmm, yup itulah filosofis dari First Mover yang pernah di tuangkan sun Tzu dalam buku fenomenal The Art of war . . . coba kita refresh  sebentar bro . . .

The speed with which a position is occupied is critical. Those who own a position early may need to expand less resources defending it than those who come later and must try to occupy that position. The defense of an occupied position is always less costly than the expenditure required to take that position.”

Namun, Honda dengan segala kesuperioritasan sumber daya, memiliki track record yang cukup positif dalam membongkar pertahanan first mover. Yup wlaupun memang membuktikan omongan sun tzu bahwa butuh perjuangan yang hi-cost . . . namun hasil Mereka menggoyang Yamaha di segmen Skutik secara cukup signifikan akhir akhir ini. Namun apakah akan diaplikasikan juga di segmen Sport hi-end 250 cc? Perlu dipertimbangkan juga sebagai dasar analisa bahwa Market Skutik sangat lah timpang bila dibandingkan dengan market sport 250 cc . . . apakah AHM mau habis habisan hanya untuk membela segmen yang cuma se kecil ini? IMHO, Kayaknya sih nggak bro 😀 . . . sedangkan bagi kawasaki . . . market sport memang sudah menjadi salah satu ‘core’ bisnis mereka. Silahkan share komentar bro semua . . . semoga Berguna

Taufik of BuitenZorg

-6.558885106.782303

126 COMMENTS

  1. Gen NINJA sangat kuat aka motor kencang. Honda dulu NSR, lama vakum trus CBR. Bth kerja keras utk leading. Beda dg ASTREA / SUPRA sdh mengakar, sulit di kalahkan

  2. Tujuan honda yg utama bukan untuk mengalahkan mutlak ninja (cuma meminta porsi kue yg sedikit dari diferensiasi market) makanya tidak dibikin produk yg aple to aple, dan mungkin lebih jelasnya nanti bisa dilihat secara market global
    cmmiw

  3. .. dari dulu seneng ma honda, tp klo punya uang nanti ga mau beli cbr250 mending beli n250 (motornya 2 silinder), pake cbr ? sama ama peke tiger … (secanggih apapun cbr250 suara nya khas motor 1 silinder …dah bosen dengernya)..jangan2 tiger kalo dimodif bisa tuh jadi cbr250… tp tiger dimodif jd n250 tetep aja ketauan … dari suara nya beda ..

  4. setuju sama kafemotor… intinya penjualan cbr250 naik cuman karna orang penasaran aja pertama2 nya… kesini nya ? bisa diliat sendiri.. turun karna “kecewa” kah ?

    kawasaki emg kyknya udah ga mikirin penjualan “bebek” nya.. mereka fokus bermain motor sport ber cc besar..

  5. Yup, kue untuk motor sport memang kecil. Syg klo sumber daya dan dana tersita buat di situ, tetep ada analisa cost n benefitnya.
    Buat konsumen, ini masalah pilihan kok. Mau kenceng n keren? Ada ninja. Mau irit? Ada bebek2 kluaran honda n yamaha. Mau turing? Ada tiger, scorpio, byson, vixion dsb. Kita bicara bukan kelas premium lho…

    Makanya, buat gw pribadi, gk ada tuh istilah FBH, FBK, FBY, dsb. Tinggal pilih produk motor sesuai keinginan.

  6. saya setuju dgn pendapat desain cbr tidak lebih bagus dari pada ninja,,,knp ngga d facelift ato bikin striping repsol honda ky yang 150 cc

  7. seandainya new cbr yg muncul duluan sy kira wlpun first mover jg msh kalah sm ninja. First mover bs sangat kuat krn berkualitas baik model, performa dan kelebihan lainya. Sy rasa ninja menang bukan first movernya tp krn kualitasnya diatas cbr.

  8. sangat setuju, Ninja boleh dikata cuma menang sbg first mover dan 2 silinder doank.
    secara fitur dan teknologi jelas jauh ketinggalan….

  9. “apakah AHM mau habis habisan hanya untuk membela segmen yang cuma se kecil ini? IMHO, Kayaknya sih nggak bro”

    ====================================================

    ane setuju dgn kalimat ini.
    untuk pabrikan raksasa macam AHM pasti gak mau all out…, bertarung abis2an untuk pasar yg seiprit ini.
    mau menagpun paling pasarnya gak lebih dari 2 ribu unit.
    mending all oaut pada skutik dan bebek yg pasarnya sampai 600 ribuan sebulan.
    betul……….???

  10. inget aja Vixion aja butuh 2 tahun buat ngalahin megapro lawas.
    padahal jelas megapro lawas gak ada apa2nya dibanding vixion.
    itulah kekuatan First Mover….

  11. Karna menurut sy honda melakukan pembodohan terhadap potensial buyer cbr (termasuk sy), jelas2 motornya basis vfr di paksain jadi cbr. Sy kira hasil akan sangat beda jika basisnya murni firblade.

  12. Pemilik motor 250cc sudah pasti ingin suara raungan mesin yg gahar,bukan suara silent spt si cibir yg 11-12 dgn megipret

  13. Namanya analisis marketing, yang gagal/salah selalu dicari-cari kesalahannya, seolah-olah itulah penyebab gagal. Sebaliknya yang berhasil cuma dilihat apa yang dipikirnya benar aja. Menurutku, kalau uda bicara soal selera konsumen, paling afdhol ya coba-coba aja, kasih produk ini-itu, biarkan konsumen memilih sendiri. Kenapa Yamaha berhasil mengembangkan matic sementara Kymco ( atau APP-KTM ) tidak berhasil ? Padahal dari awal strategi marketing Yamaha juga salah, dengan memposisikan Mio sebagai motor cewek, belakangan terbukti Mio bukan cuma disenangi cewek, tapi cowok juga, bahkan jadi mayoritas pengguna. Coba kalau waktu itu ada kompetitor yang meng-counter dengan tag spt Bajaj “Masih doyan skutik ?” Apa gak jadi blunder ? Untung Honda nggak mengcounter dengan strategi spt itu, jadi gak malu-maluin banget waktu akhirnya ngikut yamaha ngeluarin Vario.
    So, dalam hal marketing, analisa macem-macem itu gak usah dipikirin terlalu besar, yang penting coba-coba aja, ntar mana yang diserap konsumen, itulah yang digenjot 😀

  14. untuk saat ini memang menang ninja tp liat nanti pasca lebaran haji, byk sapi n wedhus yg bakal jd korban! Dialah yamaho..

  15. Menurut saya,IMHO honda sbg prinsipal itu dasarnya kapitalis murni,pengennya untung gede.lihat saja utk mobil juga begitu,overprice.kalo sdh kepepet,contohnya disegmen matic,baru turunin harga dan obral fitur.kenapa?krn yamaha berjaya disegmen itu,dan segmen tersebut sempat membuat yamaha mengungguli honda dalam market share penjualan motor di indonesia di beberapa bulan di 2010.jadi kalo cbr 250 kalah sama ninja 250 ya wajar,krn harga cbr 250 overprice,walaupun ditaburi fitur2 canggih,tapi cuman kosmetik murahan.padahal esensi motor 250cc keatas itu mesinnya dulu,khususnya 2 silinder,dan itu yg mahal,br bicara yg lain.dan honda gak mau krn ingin untung gede.jadi biar saja honda gigit jari,”syukurin”.krn emang hrs digituin,seperti disegmen matic.begitu kebakaran jenggot baru habis2an.so gak usah fanatik merk,gak ada manfaatnya.yg ada di”kadalin”produsen jd iklan gratis.produsen hr dikomporin terus agar bs memberikan produk dan harga yg kompetitif.hidup konsumen!!!

  16. @40 aldo taHER
    Suara knalpot standar n250r sebenarnya juga adem, bahkan kalo untuk kencang malah gak kedengaran. Makanya mayoritas pemilik n250r mengganti dg knalpot after market, suaranya jadi garang banget..

  17. hmmm kyaknya kurang setuju aja kalo First Mover sebagai faktor Ninja 250 yg penjualannya okee

    karena konsumen motor 250cc sendiri bukan konsumen yg awam akan informasi motor (seperti d desa2).artinya saat CBR 250 datang dg menawarkan fitur yg “sedikit” lebih dari Ninja 250 dan dengan harga yang jauh dari Ninja 250,maka konsumen motor 250cc sebenernya udah ngerti akan kalo Ninja 250 itu ada pesaingnya

    jadi meskipun Ninja 250 punya kelebihan first mover,namun bila dhadapkan dengan CBR 250,seharusya lebih laku CBR 250,namun kayaknya Ninja 250 punya faktor X (entah desain,entah 2 silinder,entah karena lebih mahal,dll)

  18. ane setuju dgn kalimat ini.
    untuk pabrikan raksasa macam AHM pasti gak mau all out…, bertarung abis2an untuk pasar yg seiprit ini.
    =====================================================

    hahahahahaaa

    emgnya ente petinggi AHM???

    sok tahu banget smpe bilang AHM gak mau All out d segmen ini.ckckckck jangan NGIMPII

    jadi konsumen doank aja sok2an NGIMPI jadi petinggi AHM,FBH…FBH…

  19. sy setuju dgn kesimpulan diatas.intinya honda itu kapitalis murni,maunya untung gede.dari dulu terkenal kalo honda,baik motor dan mobil selalu overprice,krn mereka mengandalkan brand image dan jaringan.artinya kalo bs untung gede,ngapain kasih harga yg kompetitif.kalo kepepet seperti di segmen skutik br habis2an.dan honda emang anggap cbr250 hanya sbg flagship product,asal ada,syukur2 bs ungguli ninja 250.kalopun tidak,yo uwis.sing penting sesama konsumen hrs bersatu,jgn mau diadu domba produsen.gak ada untungnya,malah dimanfaatin ukt iklan gratis.tdk usah fanatik buta,tdk ada pahalanya,bahkan bisa dosa kalo saling mengumpat.hidup konsumen!!!

  20. yang jelas bernafas sejenak setelah merajai bebek dan sekutik,, lalu beranjak maju lagi ke segmen sport.. begitulah kira-kiranya..

  21. hmmm numpang opini juga ach,
    kalo menurut ane kuatnya market ninja di segmen sport bukan cuma hanya karena first mover tapi karena aura dan taste.untuk orang yang tak terlalu brand oriented melihat dari luar saja antara ninja dan cbr di kelas 250cc ini jelas auranya lebih menonjol ninja.aura moge pada ninja jelas lebih terlihat di banding cbr ini.juga taste sebagai motor sport dengan performa tinggi dengan suara khas dua silindernya inilah yang tidak di dapat pada cbr 250r.untuk apa technologi hitech tapi untuk mengalahkan motor dengan technologi biasa-biasa saja ngga mampu.

  22. mas taufik minta tolong dicarikan marketshare global antara kedua motor… kita tau bahwa consum.behaviour tiap negara beda beda…. disini kelas 250 udah kelas atas pdhal di amrik baru entrtlevel sport.

    makasih sblmnya

  23. mau beli yg itu … mahal,
    mau beli yg ini…. agak murah tapi..kurang gahar
    mau beli yg nanti… nggak nongol-nongol,

    bingunggg.. kebanyakan baca komentator… hahahahha
    akhirnya dana abis lagiii..

  24. Sebenernya Ninja 250 punya aura moge cc besar yang nyata yang tidak dimiliki cbr 250…. liat ninja ya liat moge…. Nah klo liat cbr seperti liat motor modifan yang dipaksa agar terlihat besar.. Mungkin disinilah letak kekuatan ninja terlepas dari keunggulan dua silindernya….

  25. Kata kuncinya adalah TOTALITAS.kalo bisa kuat di semua tipe n segmen apa salahnya…klo mo maju jangan cuma setengah2, keliatannya Honda akan menggunakan segala sumber daya yang ada untuk mengambil pole position di Bebek, Skutik, n even Sport.
    Kenapa Sport itu penting?Menurut gw karena Sport It’s all about Image….Honda mau menguatkan imejnya bukan hanya motor yang Hemat aja…tapi juga sebagai motor yang bisa diandalkan kecepatannya..

  26. kalo liat bodi ninin yg lebih gedhe, kayaknya lebih keliatan mogenya
    lha kalo liat bodi cbr yg kecilllll, kayaknya emang gak layak dibilang moge

  27. nama KAWASAKI lebih nye-sport dari pada honda
    sebagaimana nama HONDA lebih mbebek dari pada KAWASAKI

    konsumen suka datang ke the specialist

  28. krn dulu waktu cbr250 laku org2 lom pada tau kelebihan kekurangan produknya.
    org awam cuma tau dari rumor, isu dan penampakan fisik/suara
    begitu tau yg benernya, langsung deh n250 naek lagi

  29. Kalo RTM blognya rondo sebagai first mover, dan IMB sebagai rival TMC, kira di laps berapa analisanya sang “giant killer” TMCblog naik podium…
    Piss akh

  30. inntinya orang yang beli motor di atas >40jt dah tau motor yang pasti ga asal beli.. #lirik cbr250

    ninja250 udah ada di benak orang indonesia sebagai “motor sport kenceng”

  31. yg komentar banyk fby klonengan rupanya.. Kasian yamaho g punya ‘moge’.. So lagu lama!! ngumpet di ketiak ninja wae..

  32. Dengan pasar yg sempit+tdk ada upaya2 spektakuler, artinya memang CBR hanya akan menjadi follower. Sgt dsayangkan, karena dgn cara itu kita bs menyimpulkan AHM masih dgn mindset lama.

  33. Dah, honda masuk aja sbg first mover sport 250cc 4 silinder, sebelum Kawak masukin 250cc 4 silindernya (rumor di taon 2015). Buruan dah…

  34. Kawasaki Ninja 250 memang lebih mantab dibanding CBR, tongkrongan juga lebih ok jantan pula ga kaya CBR kelihatan banci.

  35. @roller
    siapa bilang faktor X? emang bener, salah satu faktor utama larisnya Ninja 250 adalah first mover, tapi ini pun harus didukung ama ‘brand’, mau bukti? Kymco adalah first mover untuk skutik, tapi karena brand nya dan layanan 3S nya acak adut, maka adut acak juga penjualannya.
    apa yang terjadi pada ninja adalah kombinasi dari banyak faktor besar yang secara kebetulan menjadi keunggulan dari kawasaki.
    1. first mover
    2. brand kuat (ninja + kawasaki)
    3. dua silinder
    4. desain sporti dan keren. (size mendekati moge 600cc) bahkan panjangnya beti aja.

    sedangkan ini kekurangannya;
    1. 3S kurang banyak
    2. kemampuan mekanik kurang merata
    3. harga motor dan spare parst cukup mahal 🙁

    namun 3 faktor kekurangan ini masih tidak membendung keunggulannya… jadilah penjualan moncer… faktor mesin jadul (yang katanya warisan 1990 an) tidak diperhatikan konsumen…konsumen uindonesia belum pernah merasakan mesin 2 silinder di produk ATPM,kencang urusan belakangan, toh pembeli ninja 250 belum tentu buat trek2an… beda ama pembeli 150rr, yang memang brangasan dan seruntulan (kebanyakan)… pembeli 250 lebih dewasa dan kalem, mereka beli memang buat gaya, bukan buat kebut2an… (mahall ommm)…. hihihih….

  36. stuju sih, lagipula desain ninja 250r lebih racy, ditambah warna2 ny yg 1 warna tp mencolok -> merah, ijo, birumura,item,putih,
    y mirip2 warna mobil balap ky ferrarri gt
    sedangkan cbr 250r kan wrna ny bkn gt

    dan emg kalo honda mo kalahin ninja250r, perlu usaha extra
    soalny di mindset orang2 ud tertanam ninja250r

  37. jadi gampang pisahin nich…yg speed freak pilih Ninja 250 R….yg pengen motor user friendly ya pilih CBR 250 R…jd pengen coba Ninja ZX6-R nich…..:p

  38. 89. Mr X – Agustus 22, 2011
    Kawasaki Ninja 250 memang lebih mantab dibanding CBR, tongkrongan juga lebih ok jantan pula ga kaya CBR kelihatan banci.
    =========
    cbr dibilang banci? apanya?
    apa yang membuat cbr banci?
    tiger, vixion, scorpio, byson, nmp…banci kah?
    apakah nmp, vixion dll lebih gagah dari cbr? hahaha
    banci itu 1/2 cewek 1/2 cowok, kalo secara desain ya FU & CS

    hehe…jangan2 ente lagi… naek bebek…wek..wek..wek

  39. …Namun, Honda dengan segala kesuperioritasan sumber daya, memiliki track record yang cukup positif dalam membongkar pertahanan first mover…… yah kan udah dijawab ama mas sendiri, jadi ya pelan2 bisalah kalo menilik sejarah dan pengalamannya

  40. kawasaki memang udah jadi trend image motor sport, jadi ingat binter, motor jadul tapi tenaga kebo…..kawasaki ninja memang punya penggemar fanatik di indonesia, beda dengan CBR yang notabene motor baru, mesin baru, jelas butuh waktu lama untuk bersaing dengan kawasaki.

  41. aku penggila Ninja 250R, aku pun segan cbr 250R.
    buatku baik ninja maupun cbr masing2 punya keunggulan. Sangatlah lucu n bodoh menjelek2an keduanya pi tidak faham spesifikasi masing2, dan maksud tujuan pabrikan bikin produk tersebut.

    Sebagai contoh, dlu udh pnah diproduksi cbr 250RR1991 dengan mesin 4 silinder. Tenaga yg dihasilkan sangatlah kuat, 45hp pada kitiran 15000rpm. Suarapun bisa ditebak seperti apa??
    namun karna kebijakan pabrikan, produk ini hanya diproduksi sampai tahun 1999.
    Yg menjadi pertanyaan, coba kalo produk ini continue sampai sekarang??

    Sekali lagi, tiap pabrikan punya maksud dan tujuan masing2 untuk menjual produknya. dan kita sebagai konsumer harus bisa menyikapi hal tersebut secara dewasa n bijak.

    Keep brotherhood, on road on web.

  42. Aku penggila Ninja 250R, aku pun segan CBR 250R.
    Bagiku baik ninja maupun cbr, sama2 punya keunggulan. Adalah bodoh membandingkan keduanya jika tidak tahu spesifikasinya, juga tujuan serta strategi pabrikan masing2.

    Contoh kecil, dlu pernah dibuat CBR 250RR 1991, dengan mesin 4 silinder, alhasil tenaga pun sangat kuat, 45hp pada kitiran 15000 rpm. suaranyapun bisa ditebak seperti apa??
    namun, karna alasan kebijakan pabrikan, maka produk ini hanya diproduksi sampai tahun 1999.
    yg jadi pertanyaan, coba jika motor ini continue sampe skrg??

    sekali lagi, pabrikan memiliki tujuan serta strategi market masing2 untuk menjual produknya.
    n kita dalam hal ini sebagai konsumen harus bisa lebih bersikap dewasa n bijak.

    keep brotherhood on road on web

  43. padahal honda udah menyampaikan pesan melalui sponsorship mereka pada Motogp. IMHO honda sudah cukup pas untuk menelurkan cbr series, y itung2 honda sedang menguasai MotoGP. yamaha juga harusnya cekatan, masa ada logo “semakin di depan” pada motor ben Spies dan Lorenzo. tapi di indonesia sendiri untuk produk motor sport mid-end belum ada. walaupun selalu menggadang-gadang vixion, mio, scorpio, dll. IMHo masyarakat sendiri selalu mengidamkan motor sport mid-end yang sesuai dengan pesan YMKI di MotoGP

  44. 88. Dave – Agustus 22, 2011

    Dah, honda masuk aja sbg first mover sport 250cc 4 silinder, sebelum Kawak masukin 250cc 4 silindernya (rumor di taon 2015). Buruan dah…
    ================
    beneran tuh ,, pasti ngeri tuh ,, (jd inget m cbr250rr ,,) hmmm ,,,

  45. kasian si cb250 bonyok terus dibenturin sama ninka………ha ha ha..
    hai fanboi, tak guna la mau bilang cb250 bagus bunyi nya itunya ininya…..di segmen ini gak main tampilan2 kosmetik tak guna…

  46. cbr best motorcycle dalam hal apa ? irit ? iya kalee kwkwkw

    yg jelas orang2 yg beli motor >40jt dah tau daleman tuh motor.. mana mau beli motor yg “banci” #ups

  47. Pada kemana sales cbr yang sering ngoceh di tmc yang merasa cbr paling top, …preeett . Kalau cbr itu emang mantap pasti udah gw beli tapi sayang … Harga emang ngga bohong dech. Buat yang udah terlanjur beli cbr gw mau beli seconnya tapi bukan per unit lho tapi kiloan …. Kaburrrr ahhh

  48. Dunia selalu berputar. Adakalanya sang raja selalu diatas,tapi ada kalanya sang raja turun tahta dan digantikan oleh yang lain. Tidak ada salahnya kan kalau AHM mengimbanginya dengan CBR? Masalah pilihan kembali lagi kepada konsumen dan disesuaikan dengan kebutuhan masing2,ga perlu kita yang susah meributkannya. 🙂

  49. Dunia selalu berputar. Adakalanya sang raja selalu diatas, adakalanya juga sang raja turun tahta dan digantikan dengan yang lain. Tidak ada salahnya kan kalo AHM mengimbanginya dengan CBR? Kalo masalah pilihan,kembali lagi kepada konsumen dan kebutuhan masing2. Tidak perlu kita meributkannya. 🙂

  50. Yang pada anti CBR juga beli ninin kah?Atau cuma penggemar lalu manas2in yang lain? Yang milih konsumen kok jadi kita yang repot. Hmmmm……

  51. Kalo menurutku yg jadi inti permasalahan CBR adalah pada MESIN-nya, bukan masalah first mover ataupun desain.
    Andai saja mesin CBR 2 silinder dan dengan harga sama atau sedikit di atas Ninja, walopun desainnya seperti yg sekarang ini dan mungkin sedikit pengurangan fitur pun tentu ceritannya akan lain. Ini andai lho…..

  52. Brand image Ninja memang kuat!

    Nih buktinya:

    Anak saya waktu lihat cbr lewat dijalan bilang begini “Papa…..papa ada ninja kurus lewat……” peace, maklum anak-anak!

  53. ninja 250R masih bertahan karna sdh pnya community…tp mnurut gw klo CBR 250R sdh pnya community jg kyaknya Ninja bakal kesalip deh. Hari gini masih bandingin motor dari suaranya…dah gak jaman klo mnurut gw. masalahin silinder?? emang mau digeber sampe brapa km/jam bung. Honda mnurut gw mmbuktikan prusahaan yg sgala sesuatunya disurvey…klo mau motor knceng sdh gak diragukan toh di ajang Moto GP aja Kawasaki gak ada apa2nya…malah mundur skrg.
    Ini msalah jualan dan keberadaan geografis…toh pada akhirnya konsumen akan memilih motor yg tepat…dikelas ini klo saya pasti ingin motor yg keren, gagah, cepat tp yg bisa digunakan di jalan di indonesia, suara klo terlalu berisik bisa2 dimarahin warga sekampung akhirnya bikin malu jg ngapain ya. Mungkin itu yg diperhitungkan AHM…semua kembali ke geografis dan adat di indonesia.
    Saya kira CBR 250R dalam waktu 2 Tahun bisa mengalahkan Ninja 250R. Untuk di Indonesia.
    Kecuali di Eropa ato Amerika yg jalannya panjang tanpa ada rumah penduduk (padang pasir)…klo disana cc yg 600 jg masih bisa digebr.
    Sayang ngeluarin duit diatas 40 jt keluar hrus pelan2 krna suara bising, silinder 2 tp gak bisa digeber sampe 200km/jam. IMHO.

  54. @121

    yang pasti beli motor >40jt tuh orang pasti mikir dua kali buat beli..
    jangan sampe beli motor banci si hondut.. #eh
    masalah mesin ? orang motorsport masa buat dibawa pelan? kasian coy mesinnya.. lu aja kali yang ga berani kenceng a.k.a ga punya nyali ya? sentul kan udah ada treknya..
    ga bisa di geber 200km/jam? belum pernah maen ke forum ninja ya?
    kasian amat ini fbh kwkwkw

  55. @121. zig zag

    Bro, emangnya CBR 250 yg bikin AHM? Trus apa CBR 250 cuma dipasarin di Indonesia? Ini produk global bro…

  56. klo SupraX 2 silinder gw beli, klo Satria 2 silinder gw beli, Vixion pun klo 2 silinder gw beli, klo pun CBR 150/250 2 silinder bakalan dibeli….
    Sayang yang 2 silinder cuma ada di ninin250 doank…
    Klo ada duit lebih deh gw baru beli si ninin250.
    alasan gw sih gitu….

  57. CBR 250 produk gagal nih krn satu silinder intinya alias di suara gg merdu… beda ma ninin yg udah jd artis sejati
    ayooo honda keluarin 2, 3, 4 silinder aja lain x…

  58. Saya pemilik ninja 250..awalnya sih sblm mau ambi motor 250cc antara ninja ama cbr,jelas awal liat modelnya dulu.jujur ane ngiri ama cbr udh pk digital spedo ama tampilan lampu depan kl nyala bisa kliatan menyeluruh beda ama ninja musti “picek” matanya karna nyala cm sebelah en spedo terkesan murahan…tp balik lagi ama peforma,nyoba cbr250 msh kalah jauh ama Tiger ane yg udh naek stroke malahan sentakan bawahnya msh enk tiger ane dulu.
    tp begitu nyoba ninja,beuh…badan trasa kesentak dah kl mulai lepas koplingnya….

    ane td baca ad bro koment “Sayang ngeluarin duit diatas 40 jt keluar hrus pelan2 krna suara bising, silinder 2 tp gak bisa digeber sampe 200km/jam”….lebih tepatnya ninja standar 175km/jam bro,en itu bisa dicapai koq di sby *ngejar waktu,biar g telat ngantor..ehehehe*

    Kl mslh suara merdu apa kgk,tu dr konsumen sendiri sih…emg sih cbr merdu abis suaranya,mlah kaya mtr bebek kluaran baru,tp ninja bnrnya sm merdunya kq…tp karna sangking merdunya,malah bikin bahaya bro,enak2 lari 130-140km/jam’an ad motor nongol dr gang kgk bakal tau tuh ad motor larinya kaya setan…bisa celaka kan.makanya ane ganti aftermarket aj biar org depan tau ad motor larinya kaya “JET” dibelakangnya *Lebayyyy..*
    tanggung’kan punya motor 250cc tp g buat ngebut,kl cm pgn naek santai en suara merdu…bisa koq beli motor cina pk batere aki *kalo kgk salah*malah kgk ad suaranya tu…lumayan bisa ngebut 60-80km/jam

    monggo para konsumen pikir 2 kali,mau ambil ninja250 yg notabene sport abis dr tampilan ama peforma..ato cbr250 yg punya tampilan maskulin mewah,en nyaman buat boncengan ama bini *sumpah bini ane lebih suka ane bawa piaggio drpd ninja,secara dia lebih nungging*….sekian bro2….keep ride safety,bravo ninja250R Family

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version